Berhati-Hati Memilih Musik Saat Berkendara



Mendengarkan music saat berkendara merupakan kegiatan yang dapat menghilangkan rasa jenuh saat berkendara. Dimobil mobil terbaru, memiliki fasilitas sterec audio yang lumayan bagus. Berhati-hatilah dengan jenis musik yang anda pilih saat berkendara, jika tidak music yang anda pilih bisa membahayakan diri anda sendiri.

Penelitian yang dilakukan oleh Phillips research laboratories di Eindhoven, Belanda dan Stanford University di California menemukan bahwa mengubah stasiun radio dari musik cepat ke music lembut dapat menenangkan dan menurunkan tingkat stress pada saat berkendara. Percobaan dilakukan dengan membandingkan antara perubahan suasana hati dari music secara cepat ke music lembut secara bertahap.

Pengemudi kendaraan dengan emosi merupakan masalah besar, para peneliti sebelumnya telah menemukan bahwa pengemudi yang mendengarkan jenis music tertentu dapat berdampak pada cara mengendarai kendaraan dijalan. Studi tahun 2012, Phillips research laboratories di Eindhoven mengemukakan bahwa musik yang di dengar di mobil dapat mempengaruhi suasana hati pengemudi, yang berdampak pada perilaku pengemudi.

Ada beberapa tips khusus untuk memilih jenis musik yang paling cocok bagi pengemudi yang sedang berkendara. Biasanya, musik yang beritme cepat contohnya, rock, metal, heavy metal, dan hip-hop dapat membuat pengemudi kebut kebutan . beat yang tinggi, dapat membuat mood pengemudi lebih semangat dan memacu hormone adrenalin.

Jenis lagu mellow dapat membahayakan pengemudi, karena jenis musik mellow tipikal lagu yang sendu kadang juga dapat menjatuhkan mood pengemudi. Apalagi jenis music yang sedang diputar merupakan jenis music yang membuat sedih, menggalaukan hati, dan juga tidak disukai. Ketimbang membuat mood malah drop, lebih baik memilih jenis musik yang menyenangkan dan menenangkan hati.

Jenis musik yang menyenangkan dan menenangkan hati yaitu musik jazz atau musik klasik. Musik jazz atau musik klasik memiliki tempo dan irama yang sama dengan detak jantung manusia, yang berkisar 60-80 detak permenit. Oleh karena itu musik jazz atau musik klasik sangat cocok untuk pengemudi


Jika anda sudah mengetahui pengaruh jenis-jenis musik pada saat mengemudi, akan lebih baik jika anda memilih lagu yang dapat membantu untuk tetap tenang saat mengendarai. Selain jenis musik yang harus diperhatikan saat berkendara anda juga harus memperhatikan volume suara. Musik jazz atau musik klasik tidak akan member ketenangan atau kenyamanan, jika di setel volumenya terlalu keras, karena jelas suara yang berasal dari luar mobil tidak akan mudah didengar. Lebih baik, jika anda menjaga volume sound di dalam mobil anda. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Berhati-Hati Memilih Musik Saat Berkendara"

Posting Komentar