Saat ini hampir setiap orang dituntut untuk dapat
berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain dengan cepat. Alasan munculnya
tuntutan tersebut karena kebutuhan saat ini yang memaksa setiap orang untuk
dapat berpindah dengan cepat. Maka untuk memuluskan kebutuhan serta tuntutan
tersebut dibutuhkan sebuah alat transportasi.
Berbicara alat transportasi memang ada banyak
sekali. Saking banyaknya masyarakat dapat memilih moda transportasi yang
dibutuhkan. Dari sekian banyaknya moda transportasi salah satu yang banyak
digunakan oleh masyarakat adalah moda transportasi darat. Berdasarkan data yang
dimiliki oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor atau biasa disebut oleh
masyarakat dengan sebuah nama Gaikindo memaparkan bahwa penjualan nasional dari
pabrikan ke diler atau wholesales mobil secara nasional di bulan Juni 2022
mencapai angka 78.911 unit.
Dari angka tersebut nyatanya telah mengalami
lonjakan dibandingkan dibulan sebelumnya yang hanya mencapai angka 49,711 unit.
Penjualan otomotif secara nasional pernah mengalami anjlok yang cukup besar di
bulan April-Juni 2020. Alasan terjadi anjloknya karena pada bulan tersebut
masyarakat sedang terjadi pandemik virus Corona. Akibat adanya pandemik virus
Corona serta menurunnya aktifitas kehidupan masyarakat membuat pembelian
otomotif mengalami kelesuan. Walaupun ketika sudah berada di tahun 2022
penjualan mobil mulai membaik tetapi secara angka jumlah pembelian tersebut
masih berada di bawah sebelum terjadi pandemik virus Corona.
Didalam moda transportasi darat ada satu hal yang
menarik. Dimana bagian body alat transportasi tersebut terkadang ada tulisan “Euro”.
Pernahkan para pembaca sekalian memperhatian tulisan tersebut?. Biasanya
tulisan tersebut dapat dilihat pada bus-bus atau truck. Apakah para pembaca
mengetahui akan maksud dari tulisan tersebut?. Jika belum maka disini penulis
akan memaparkan mengenai secara permukaan akan “Euro”.
SEJARAN KELAHIRAN EURO
Pesatnya pertumbuhan kendaraan bermotor tentunya
menyebabkan terjadinya pula peningkatan pada penggunaan bahan bakar minyak atau
BBM didalam sektor transportasi. Dampaknya peningkatan penggunaan BBM tersebut
membuat gas buangan (emisi) yang mengandung polutan yang dapat menyebabkan
pencemaran kualitas udara.
Emisi yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor
ternyata tidak hanya mengandung gas karbon dioksida (CO2) saja tetapi ada
kandungan lain. Salah Satu contoh kandungan yang terdapat pada emosi kendaraan nitrogen
oksida (NOx), karbon monoksida (CO), volatile hydro carbon (VHC), dan masih
banyak lagi. Tentunya berbagai macam kandungan yang terdapat pada emisi dari
kendaraan tersebut dapat memberikan dampak kurang baik pada manusia maupun pada
lingkungan.
Maka dari itu untuk mengurangi hasil emisi yang
dihasilkan dibentuklah sebuah aturan yang berasal dari Uni Eropa dengan cara
mengeluarkan sebuah teknologi transportasi yang ramah lingkungan. Pemaparan
teknologi tersebut sudah dilakukan diawal-awal 1990 Uni Eropa (European Union –
EU) mengeluarkan sebuah aturan. Dimana aturan tersebut mewajibkan penggunaan
katalis untuk mobil bensin yang disebut dengan standar Euro 1. Semakin waktu
perubahan standar Euro 1 menjadi standar Euro 2 (1996), Euro 3 (2000), Euro 4
(2005), Euro 5 (2009), dan Euro 6 (2014).
Peraturan tersebut juga disamapakan terhadap
beberapa mobil baik itu mobil diesel sampai mobil komersial dengan ukuran kecil
sampai besar. Nyatanya standar emisi kendaraan yang berlaku di Eropa ini juga
digunakan untuk berbagai macam negara yang ada di dunia. Penerapan standar
emisi yang diterapkan juga diikuti oleh peningkatan kualitas dari BBM yang
digunakan. Secara contoh untuk penerapan Euro 1 sebuah mesin yang terdapat
didalam kendaraan harus menggunakan BBM yang tidak memiliki timbal. Sedangkan untuk
Euro 2 mobil diesel harus menggunakan solar dengan kadar sulfur dibawah 500
ppm. Setiap perubahan Euro pastinya membuat dampak yang dihasilkan dari
kendaraan ditekan seminimal mungkin untuk dapat mengurangi kerusakan lingkungan
akibat emisi yang dihasilkan.
Untuk di Indonesia sendiri sampai saat ini masih
menerapkan Euro 2. Hal tersebut karena Keputusan Menteri Negara Lingkungan No
141/2003 tentang Ambang Batas Emisi Gas Buangan Kendaraan Bermotor Tipe Baru
sejak 2007. Walaupun pada kenyataan dilapangan masih banyak ditemukan kendaraan
pribadi sampai umum yang masih menggunakan Euro 1. Tetapi pada tanggal 1 Agustus
2013 pihak Pemerintah RI mulai melakukan perubahan dengan menerapkan Euro 3
pada kendaraan bermotor roda dua. Maka dari itu kini sepedah motor harus
menggunakan BBM dengan standar Euro 3 yaitu dengan oktan 91 serta tanpa timbal.
Jika dilihat dilapangan lagi-lagi penerapan yang dilakukan pada masyarakat
belum maksimal.
Penerapan yang dilakukan belum maksimal tetapi
ada sebuah perubahan yang dilakukan untuk membuat kehidupan menjadi lebih baik.
Ada banyak sekali alasan-alasan mengapa penerapan Euro cenderung lambat atau
sulit pada masyarakat. Salah satu contoh alasan tersebut karena untuk dapat
menerapkan Euro terbaru harus diimbangi oleh BBM yang cocok. Biasanya untuk
menghasilkan BBM yang cocok tersebut dibutuhkan modal sampai Sumber Daya
Manusia (SDM) yang berkualitas. Untuk mendapatkan modal dan SDM tersebutlah
yang cukup sulit sehingga membuat penerapan Euro di Indonesia cenderung lambat
dibandingkan negara lainnya khususnya di kawasan Eropa.
Walaupun dikatakan penerapan cenderung lambat
tetapi penerapan Euro akan terus berkembang di Indonesia. Hal tersebut
dibuktikan dari waktu ke waktu penerapan Euro terus mengalami perubahan. Tentunya
agar perubahan dari Euro tersebut dapat diterapkan secara maksimal dibutuhkan
kerjasama antar berbagai macam pihak. Salah satu contoh pihak yang mendukung
perubahan Euro di Indonesia bernama PT Gaya Makmur Mobil. Kini timbul kembali sebuah pertanyaan yaitu:
Apa Itu PT Gaya Makmur Mobil???
PT Gaya Makmur Mobil atau biasa dikenal oleh masyarakat dengan nama GMM. GMM merupakan sebuah pihak yang menjadi Agen Pemegang Merek (Sole Distributor) dari sebuah perusahaan First Automobile Works (FAW). Jika diartikan bisa dikatakan bahwa GMM merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan truck yang dapat digunakan untuk berbagai macam sektor seperti logistik, konstruksi, pertambangan, kehutanan dan perkebunan.FAW sendiri merupakan sebuah perusahaan atau
pabrikan sebuah otomotif pertama dari Tiongkok yang didirikan pada tahun 1953. Seiring
berjalannya waktu pihak FAW melakukan berbagai macam kerja sama dengan pabrikan
otomotif yang sudah terkenal di dunia seperti Volkswagen, Audi, Toyota, Mazda dan
General Motors. Dengan adanya kerjasama yang dilakukan oleh FAW memberikan
sebuah dampak. Dampak yang diberikan atas kerja sama tersebut yaitu FAW
akhirnya dipercaya oleh pihak Pemerintah Tiongkok sebagai kendaraan resmi.
Dikarenakan digunakan sebagai kendaraan resmi
maka tidak heran jika saat ini banyak sekali para petinggi dari negara Tiongkok
atau negara tirai bambu tersebut menggunakan kendaraan yang diproduksi oleh
FAW. Hal tersebut membuat FAW menjadi sebuah perusahaan otomotif terbesar di
Tiongkok dengan jumlah produksi tahunan mencapai 3,5 juta unit. Tidak hanya itu
saja jumlah persentasi pasar truk atas produksi FAW telah mencapai lebih dari
20% pada pasar Truk-Medium-Heavy No.1 di Tiongkok sampai saat ini.
Akibat kondisi FAW yang
telah mencapai produksi tahunan otomotif yang tinggi serta penguasaan pasar
tersebut membuat pihak GMM tertarik
memasarkan produk otomotif dari FAW. Tidak hanya mendistribusikan otomotif saja
tetapi pihak GMM juga menyediakan
hal lain seperti purna jual, penjualan suku cadang, sampai pelatihan teknik
& mengemudi di jaringan GMM pada
seluruh wilayah Indonesia. Sedangkan untuk visi dan misi yang dibawa oleh GMM sebagai berikut:
Untuk produk-produk otomotif yang dipasarkan oleh
pihak GMM ada banyak sekali salah
satu contohnya yaitu:
Pihak GMM
memiliki banyak sekali Dump Truck
dengan variasi horse power, pay load, sampai spesifikasi sesuai dengan kebutuhan
operasional pengguna. Bahkan dirancang bahwa otomotif yang dipasarkan oleh Dump Truck dapat digunakan untuk
berbagai macam sektor dari mulai pertambangan, konstruksi, perkebunan, oil
& gas maupun forestry. Salah satu otomotif Dump Truck memiliki banyak sekali Horse Power yang cukup variatif
dengan salah satu contoh konfiguransi 6x4 dengan torsi mesin yang besar dan
irit akan bahan bakar. Selain beberapa hal yang telah dipaparkan Dump Truck FAW FD290DT memiliki tenaga
yang kuat namun tetap irit BBM karena DumpTruck tersebut sudah memiliki torsi yang besar dengan dilengkapi oleh RPM
yang rendah. Sedangkan berikut ini adalah spesifikasi dari otomitif jenis Dump Truck FAW FD290DT:
Ada banyak sekali Mixer Truck yang disediakan
oleh pihak GMM tetapi salah satu
contohnya yaitu Mixer Truck DB130MT. Dimana jenis Mixer Truck DB130MT sudah
dilengkapi oleh fitur Full Air Brake System sampai High Torgue Low RPM Fuel Efficient.
Dengan kondisi tersebut dapat membuat Mixer Truck tersebut dapat menghadapi
berbagai macam medan jalan. Tidak hanya itu saja Large Tube Mixing Capacity 3.3
juga memiliki kelebihan. Salah satu contoh kelebihan yang dimiliki yaitu dapat
menjangkau banyak sekali tempat dan campuran beton yang dapat diubah dengan
mudah. Berikut ini adalah spesifikasi Mixue Truck DB130MT yaitu:
Pada produk yang berjenis Tractor Head juga menggunakan sistem penggerak roda belakang dengan
konfigurasi 4x2 atau 6x4. Dimana Tractor Head ini sangat cocok digunakan untuk industri dari mulai transporter
cargo, mining, oil & gas, sampai heavy duty transport. Salah satu contoh
produk Tractor Head yang disediakan
oleh GMM yang telah memenuhi
persyaratan Euro 5 berjenis FD550HT 6X4, FD460TH 6X4, dan DB290TH 4X2. Dimana
setiap jenis memiliki keunggulan yang berbeda-beda disesuaikan dengan kondisi
pengguna.
Untuk produk yang bernama Cargo Truck digunakan untuk angkutan logistik atau transporter
cargo dengan beragam konfigurasi. Konfigurasi yang disajikan kepada para
pengguna oleh GMM dari mulai 4×4,
6×2, 6×4 dan 8×4. Tetapi untuk jenis otomotif Cargo Truck yang telah sesuai dengan aturan dari Euro 5 yaitu FD290CG
(6x4). Berikut ini adalah spesifikasi dari jenis Cargo Truck yaitu:
Jika kita sebagai masyarakat melakukan selancar
didalam website dari GMM pada dasarnya
ada banyak sekali produk otomotif yang ditawarkan. Tetapi salah satu contoh
produk otomotif yang ditawarkan salah satunya telah dipaparkan diatas oleh
penulis. Setelah mengetahui secara permukaan sampai produk yang ditawarkan oleh
GMM maka kini timbul sebuah
pertanyaan yaitu:
Apa
Alasan-Alasan Mengapa Masyarakat Harus Menggunakan Layanan Sampai Produk Dari GMM?
Tentunya setiap pihak yang membaca pertanyaan
tersebut akan ada banyak sekali alasan-alasan yang dapat dipaparkan. Tetapi jika
pertanyaan tersebut diberikan kepada penulis maka ada tiga alasan utama yang
dapat menjawab pertanyaan tersebut. Berikut pemaparan atas tiga alasan utama
mengapa masyarakat harus menggunakan layanan sampai produk dari GMM yaitu:
Asli
Seperti yang telah dipaparkan diatas bahwa GMM merupakan sebuah perusahaan yang
memiliki lisensi remsi dan satu-satunya atas produk dari FAW. Atas kepemilikan
lisensi secara resmi tersebut sudah dipastikan bahwa produk sampai layanan
memiliki standar yang baik. Sehingga produk sampai layanan tersebut sudah dapat
dipastikan memiliki kualitas yang baik. Maka kejadian-kejadian yang kurang
nyaman dirasakan oleh pengguna seperti kurang baiknya produk dapat terhindari. Akibatnya
waktu pemakaian dari produk-produk GMM
yang ditawarkan memiliki waktu pengguna sampai layanan yang baik dan nyaman
untuk digunakan sehari-hari.
Layanan
Lengkap
Didalam produk GMM tidak hanya menawarkan produk otomotif seperti Cargo Truck, Tractor Head, sampai Mixer Truck. Tetapi pada layanan GMM juga menyedian juga pelayanan purna
jual, penjualan suku cadang dan pelatihan teknik & mengemudi. Banyaknya
layanan sampai otomotif yang diberikan dapat dikatakan bahwa GMM seperti obat yang memiliki banyak
sekali manfaatnya. Akibat kondisi tersebut membuat para pengguna tidak usah pusing-pusing
lagi mencari pihak lain untuk memenuhi kebutuhan akan layanan sampai hal lain
dari produk otomotif yang berasal dari FAW.
Jaringan Lengkap
Untuk berbicara mengenai jaringan dari GMM cukup lengkap. Berikut ini adalah
tempat atas jaringan yang dimiliki oleh GMM.
Agar lebih jelas dan mudah dipahami oleh para pembaca maka disini penulis
memaparkan dengan menggunakan gambar yaitu:
Setelah membaca berbagai macam alasan khususnya tiga hal yang telah dipaparkan diatas oleh penulis. Apakah para pembaca sekalian memiliki pemahaman yang berbeda akan apa yang telah dipaparkan oleh penulis?. Jika iya maka tidak ada salahnya para pembaca memamaparkan perbedaan tersebut didalam kolom komentar. Harapannya dengan adanya pemaparan yang diberikan oleh para pembaca dapat terjadi transfer ilmu pengetahuan sampai pandangan antara penulis dan pembaca.
Sehingga dapat dikatakan ketika kita mendengar kata
GMM akan membentuk beberapa kata
lain yang teringat dalam bendak pikiran. Dimana salah satu yaitu:
Mobil Truk, Dump Truck, Tractor Head, Cargo Truck, Truk Molen, Truk Pasir, Truk Tambang, Truk besar, Truk murah, GMM
Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.
Terima kasih.
Sumber gambar dan tulisan:
Belum ada tanggapan untuk "Penyedia Transportasi Darat Dengan Euro 5 di Indonesia"
Posting Komentar