Mencari Tambahan Pendapatan Melalui Tempat Bisnis Online Terbaik

Saat ini hanya mengandalkan satu sumber pendapatan yang berasal dari aktif income rasanya kurang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup. Apalagi saat ini berbagai macam kebutuhan hidup baik itu jasa ataupun barang mengalami kenaikan ditiap tahunnya karena inflasi. Inflasi yang terjadi di Indonesia menurut data yang dimiliki oleh Badan Pusat Statisik (BPS) memaparkan bahwa tingkat inflasi tahunan Indonesia bulan Agustus 2022 berada di angka 4,69%. Walaupun tingkat inflasi mengalami penurunan dibandingkan bulan sebelumnya yang sempat mencatat rekor tertinggi sejak 2015.

Data yang dimiliki oleh pihak BPS juga menujukan bahwa inflasi yang terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukan oleh naiknya sebagian besar indeks kelompok pengeluaran. Salah satu kelompok pengeluaran salah satunya seperti perlengkapan, peralatan, sampai pemeliharaan rutin rumah tangga yang berada di angka 4,89%. Tetapi dibeberapa kelompok lainnya seperti informasi, komunikasi, sampai jasa keuangan mengalami deflasi secara tahunan yang berada di angka 0,29%.

Belum lagi saat ini di Indonesia sedang hangat-hangatnya terjadi kenaikan BBM. Dimana BBM sendiri memiliki peran yang sangat penting dalam aktifitas sehari-hari kehidupan masyarakat. Saking pentingnya BBM dalam kehidupan maka terkadang naik atau turunnya harga kebutuhan pokok tergantung dari faktor kenaikan dan penurunan harga BBM. Maka ketika harga BBM mengalami kenaikan maka akan berdampak pada kenaikan harga kebutuhan barang dan jasa pada masyarakat. Tetapi anehnya ketika harga BBM mengalami penurunan terkadang harga kebutuhan barang dan jasa tetap saja tidak mengalami penurunan.

Tidak hanya itu saingan untuk mendapatkan pekerjaan saja saat ini sangat tinggi. Alasan munculnya tingginya mencari pekerjaan karena saat ini jumlah individu di Indonesia sudah tergolong tinggi. Tingginya jumlah individu di Indonesia salah satu faktor penyumbang karena jumlah kelahiran yang tinggi pula. Berdasarkan laporan yang dimiliki oleh Badan Pusat Statistik (BPS) memaparkan bahwa jumlah penduduk di Indonesia sudah mencapai angka 255,58 juta jiwa di pertengahan tahun 2015. Angka tersebut mengalami penaikan menjadi 258,49 juta jiwa di pertengahan tahun 2016.

Sedangkan di pertengahan tahun 2017 saja jumlah penduduk di Indonesia sudah mencapai angka 261,355 juta jiwa. Jumlah penduduk tersebut mengalami kenaikan di pertengahan tahun 2018 menjadi sebanyak 264,16 juta jiwa. Di tahun 2019 jumlah penduduk masyarakat di Indonesia mengalami kenaikan. Dimana jumlah penduduk di tahun 2019 tersebut sudah mencapai 266,91 juta jiwa. Bisa dikatakan bahwa dalam setiap tahunnya jumlah penduduk selalu saja mengalami pertumbuhan. Akibat pertumbuhan jumlah penduduk membuat persaingan mencari pekerjaan kian lebih selektif lagi.

Ada banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan selain mengandalkan aktif income saja. Saking banyaknya cara yang dapat dilakukan setiap orang bisa melakukannya. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan yaitu dengan berjualan online.

Saat ini didalam kehidupan sehari-hari masyarakat sedang ramai-ramainnya melakukan kegiatan berjualan secara online. Terlebih saat ini didalam kehidupan sedang terjadi sebuah pandemik virus Corona yang sedang menyerang. Kondisi tersebut membuat banyak orang mengalami perubahan aktifitas contohnya berbelanja. Biasanya kegiatan berbelanja masih dilakukan secara konvensional. Dimana arti konvensional yaitu pembeli yang mau melakukan transaksi harus bertemu penjual di tempat atau toko. Tetapi dengan adanya pandemik kegiatan berbelanja secara konvensional tersebut berganti menjadi berbelanja secara online.

Tingginya transaksi berbelanja online juga ditopang oleh para anak mudanya khususnya generasi milenial. Berdasarkan riset yang dilakukan memberikan sebuah kesimpulan yang cukup menarik. Dimana kesimpulan tersebut memaparkan bahwa generasi milenial atau seseorang yang memiliki usia 26-35 tahun. Pada usia tersebut merupakan seseorang yang menjadi penyumbang terbesar bagi transaksi online saat pandemik Covid-19 berlangsung. Walaupun tidak menutup kemungkinan banyak juga seseorang di usia lainnya cukup menopang melakukan transaksi berbelanja secara online.

Gurihnya melakukan bisnis online tidak hanya terlihat dari banyaknya jumlah orang yang melakukan transaksi tetapi ada hal lain. Dimana hal lain tersebut dapat terlihat jumlah dana yang terlibat dalam melakukan transaksi. Dalam tahun 2020 saja sudah terjadi kenaikan nominal akan transaksi didalam e-commerce. Kenaikan tersebut terjadi sebanyak 29,6% dari angka Rp 205,5 triliun pada tahun 2019 kini menjadi Rp 266,3 triliun.

Kesenangan masyarakat dalam melakukan transaksi secara online didalam e-commerce ternyata didukung pula oleh sistem pembayaran. Biasanya pada saat awal-awal kemunculan e-commerce didalam masyarakat hanya satu jalan melakukan transaksi berbelanja online. Dimana satu jalan tersebut yaitu hanya dapat melakukan di transaksi pada bank. Tetapi kini dengan adanya kemajuan zaman yang dikombinasikan inovasi yang dimiliki oleh masyarakat maka muncul berbagai macam solusi. Salah satu yang tercipta untuk menyederhanakan transaksi online adalah munculnya uang elektronik.

Kini penggunaan uang elektronik sedang ramai-ramainya digunakan. Ramainya penggunaan uang elektronik selain kemudahan dalam penggunaan juga terdapat berbagai macam promo yang diberikan. Promo-promo yang diberikan oleh para penyedia layanan uang elektronik membuat harga yang ditawarkan lebih rendah dibandingkan melakukan trasaksi secara tunai atau menggunakan pihak lain seperti bank. Akibat berbagai macam keuntungan dalam penggunaan uang elektronik tersebut membuat terjadi kenaikan volume dalam penggunaan uang elektronik transaksi e-commerce. Didalam kuartal IV 2020 transaksi menggunakan uang elektronik sudah mencapai 41,71%. Angka tersebut nyatanya dapat dikatakan sudah melebihi pasang penggunaan metode transaksi bank dan tunai yang masing-masing sudah mencapai angka 20,23% dan 19,01%.

Jika dilihat yang telah dipaparkan tentunya bisnis online saat ini bisa dikatakan seperti gunung emas. Gunung emas tersebut memiliki peluang yang sangat bagus untuk mencari keuntungan. Tetapi untuk dapat dikatakan sukses dalam melakukan bisnis online tidaklah mudah. Salah satu hal pertama yang harus ditanyakan kepada seseorang yang mau memulai melakukan bisnis online yaitu:

Dimana Atau Platform Apa Yang Mau Digunakan Untuk Berbisnis Online?

Ya, memang bisa dikatakan pertanyaan diatas merupakan pertanyaan awal dan juga sederhana jika melihatnya. Tetapi pada kenyataan pertanyaan tersebut memiliki faktor yang sangat besar dalam melakukan bisnis online. Saking besarnya dampak dari pertanyaan tersebut dapat membuat bisnis online yang dijalankan tersebut sukses atau tidak. Memang akan ada banyak sekali perbedaan dalam menjawab dimana atau platform mana yang baik untuk digunakan dalam melakukan bisnis online. Jika pertanyaan tersebut diberikan kepada penulis pasti jawaban yang akan diberikan oleh penulis yaitu Blibli.

Blibli bisa dikatakan merupakan sebuah produk yang diberikan oleh PT Global Digital Niaga yang menjadi anak perusahaan dari Djarum dalam bidang digital yang didirikan pada tahun 2010. Blibli merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam e-commerce. Hal yang menarik dari Blibli adalah perusahaan tersebut merupakan asli dari Indonesia. Dimana fokus dari Blibli untuk membangun sebuah fokus dalam ekosistem berbelanja dengan pilihan konsumen dan institusi melalui platform perdagangan omnichannel yang aman.

Sejak berdirinya Blibli di tahun 2011 juga telah melakukan berbagai macam produk terkurasi dengan kerja sama akan para penjual dan kemitraan berbagai macam pihak. Kerja sama tersebut membuat Blibli dapat menghandirkan 20 kategori produk yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Untuk memudahkan kegiatan transaksi pihak Blibli juga melakukan banyak sekali pilihan dalam melakukan pembayaran. Serta didalam Blibli para pengguna layanan diberikan sebuah layanan gratis ongkir dengan jaminan bahwa produk-produk yang diterima merupakan produk orisinal.

Didalam menjalankan bisnis onlinenya pihak Blibli melakukan business-to-business (B2B), business-to-consumer (B2C), serta business-to-business-to-consumer (B2B2C) yang terintegrasi secara online maupun offline atau omnichannel. Untuk mendukung layanan yang diberikan kepada para penggunannya pihak Blibli melakukan berbagai macam cara salah satunya melakukan akusisi. Salah satu contoh akusisi yang dilakukan oleh Blibli dilakukan pada tahun 2017. Di tahun tersebut Blibli melakukan akusisi terhadap tiket.com untuk dapat mendorong layanan ke dalam bidang traveling seperti pemesanan transportasi sampai akomodasi. Sedangkan di tahun 2021 pihak Blibli melakukan akusisi kembali terhadap PT Supra Boga Lestari Tbk. Hasil dari akusisi di tahun 2021 harapannya dapat menopang pengelolaan berbagai macam supermartket untuk memperkuat strategi omnichannel.

Pastinya memaparkan secara permukaan mengenai Blibli tentunya agar lebih lengkap dan jelas harus dipaparkan pula mengenai sebuah testimoni secara langsung dari pihak lain. Maka dari itu berikut ini adalah testimoni yang dapat penulis paparkan ketika menggunakan layanan Blibli sebagai pihak pembeli. Agar lebih singkat dan mudah dipahami oleh para pembaca maka penulis hanya memaparkan tiga hal dari testimoni penulis ketika sudah menggunakan pembelian dari Blibli yaitu:

Barang Dan Penjual Dipaparkan Dengan Baik.

Untuk lebih jelas mengenai point pertama dapat dilihat dari gambar diatas. Dari gambar diatas dapat terlihat dan terbaca dengan jelas akan produk-produk yang dijual belikan pada Blibli. Sehingga dengan kejelasan tersebut membuat peluang terjadinya kesalahan pahaman dalam bertransaksi belanja online dapat ditekan. Sehingga akibat sudah ditekan peluang tersebut membuat kerugian yang diterima oleh pembeli dapat dihilangkan. Harga yang ditampilkan tersebut juga sangat jelas, apalagi untuk produk-produk yang memiliki diskon. Saking jelasnya harga yang sudah didiskon dapat terlihat coretan harga sebelum dan harga sesudah didiskon. Dari harga diskon tersebut tentunya dapat menyimpan dana tersebut untuk memenuhi kebutuhan lain dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Pembeli juga dapat melihat akan lokasi sampai bintang akibat kegiatan dari penjual. Semakin baik bintang yang dimiliki membuat pembeli semakin yakin bahwa penjual baik dalam melakukan kegiatan transaksi jual beli kegiatan online. Serta lokasi penjual juga dipaparkan untuk membuat yakin bahwa memang pihak penjual benar-benar baik dalam berjualan online. Belum lagi didalam tampilan dalam Blibli juga dipaparkan akan barang yang telah dijual. 

Banyaknya Promo-Promo Menarik.

Didalam Blibli juga terdapat banyak sekali promo-promo yang menarik untuk para pembeli. Saking menariknya promo-promo tersebut bahkan sampai membuat para pembeli menghemat banyak uang. Tidak hanya dapat menghemat banyak uang terkadang promo-promo yang diberikan juga dapat membuat harga yang sama tetapi mendapatkan barang yang dinginkan melebihi ekspektasi pembeli. Salah satu contoh promo yang diberikan oleh pihak Blibli seperti terlihat dalam sebuah gambar diatas:

Selain promo seperti yang telah dipaparkan ada promo menarik lainnya. Dimana promo tersebut bisa disebutkan ketika sedang membeli AC. Biasanya masyarakat lebih senang membeli produk AC dengan membeli secara langsung karena takut ditipu oleh barang yang kurang bagus. Tetapi kini dengan adanya Blibli membeli produk AC menjadi lebih mudah. Saking mudahnya kini ada juga layanan promo yang diberikan. Promo dalam membeli AC sampai dipasang didalam rumah sehingga pemilik atau pembeli tidak perlu repot-repot kembali mencari pihak lain yang dapat memasang AC yang dibelinnya.

Mudahnya Melakukan Pengembalian.

Hal yang kurang dari melakukan transaksi secara online adalah saat pembeli mau melakukan pengembalian. Dari sekian banyak kasus yang terjadi melakukan pengembalian sangatlah sulit. Apalagi pengembalian tersebut tentunya dapat merugikan pihak pembeli. Tetapi kini dengan menggunakan pengembalian didalam Blibli sangatlah mudah. Saking mudahnya biaya yang dikeluarkan untuk melakukan pengembalian bisa dikatakan gratis. Tentunya untuk dapat melakukan layanan pengembalian didalam Blibli harus terlebih dahulu para pembeli memahami akan syarat dan ketentuan agar barang yang dibeli dapat dilakukan pengembalian.

Selain beberapa hal yang telah dipaparkan yang telah dipaparkan ada beberapa hal lain yang dimiliki oleh Blibli ketika para pembeli seperti penulis melakukan transaksi secara online. Salah satu contoh beberapa hal yang dapat dirasakan yaitu:

Setelah merasakan pengalaman melakukan transaksi online yang dilakukan oleh penulis kini membuat penulis tertarik menjadi seorang penjual. Apalagi berdasarkan beberapa pengalaman yang telah dilakukan oleh orang lain menjadi penjual membuat penulis tertarik. Berikut ini adalah beberapa pengalaman oleh orang lain yang menjadi penjual dengan menggunakan platform Blibli yang dipaparkan dengan menggunakan video:

Dengan beberapa hal yang telah dipaparkan diatas membuat penulis memberanikan diri untuk membuka toko. Apalagi kini depan mata atau sampai saat ini ada sebuah promosi yang sedang digembar-gemborkan didalam Blibli. Dimana promo tersebut memiliki nama Blibli 11th Anniversary. Tentunya kesempatan tersebut merupakan kesempatan emas yang harus didapatkan oleh penulis. Harapannya dengan menjadi penjual didalam Blibli saat promo Blibli 11th Anniversary membuat penulis dapat mencari tambahan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang kian hari kian merangkat naik.

Agar mengetahui mengenai promo atau hal menarik didalam Blibli tidak ada salahnya para pembaca untuk mengikuti sosial media yang dimiliki oleh Blibli. Ada banyak sekali sosial media yang dimiliki oleh Blibli salah satunya Instagram @Blibliseller dan Tiktok @Blibliseller.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca. Terima kasih.

Sumber tulisan, gambar, dan video:

  1. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/01/inflasi-tahunan-indonesia-turun-jadi-469-di-agustus-2022
  2. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/07/terus-meningkat-jumlah-penduduk-ri-tembus-275-77-juta-hingga-pertengahan-2022#:~:text=Angkanya%20kembali%20naik%20menjadi%20272,periode%20yang%20sama%20tahun%20lalu
  3. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/03/riset-milenial-paling-gemar-belanja-online-saat-pandemi
  4. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/01/29/nilai-transaksi-e-commerce-mencapai-rp-2663-triliun-pada-2020
  5. https://id.wikipedia.org/wiki/Blibli
  6. https://youtu.be/6nUrzLEgztU
  7. https://www.youtube.com/watch?v=aYsfWXWT7cE&list=PLxKv55ekuqGPMT06bvJXG80-Xnrf2AEce
  8. https://www.youtube.com/watch?v=ryIRVTSvqIc
  9. https://www.youtube.com/watch?v=ddract3FQIw&list=PLxKv55ekuqGNhhFshV5BapBTtc1OaeeZO
  10. https://www.youtube.com/watch?v=nA0jQUHBB60
  11. https://play.google.com/store/apps/details?id=blibli.mobile.commerce&hl=in&gl=US

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mencari Tambahan Pendapatan Melalui Tempat Bisnis Online Terbaik"

Posting Komentar