Saat
ini hanya mengandalkan satu sumber pendapatan yang berasal dari aktif income
rasanya kurang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup. Apalagi saat ini berbagai
macam kebutuhan hidup baik itu jasa ataupun barang mengalami kenaikan ditiap
tahunnya karena inflasi. Inflasi yang terjadi di Indonesia menurut data yang
dimiliki oleh Badan Pusat Statisik (BPS) memaparkan bahwa tingkat inflasi
tahunan Indonesia bulan Agustus 2022 berada di angka 4,69%. Walaupun tingkat
inflasi mengalami penurunan dibandingkan bulan sebelumnya yang sempat mencatat
rekor tertinggi sejak 2015.
Data
yang dimiliki oleh pihak BPS juga menujukan bahwa inflasi yang terjadi karena
adanya kenaikan harga yang ditunjukan oleh naiknya sebagian besar indeks
kelompok pengeluaran. Salah satu kelompok pengeluaran salah satunya seperti
perlengkapan, peralatan, sampai pemeliharaan rutin rumah tangga yang berada di
angka 4,89%. Tetapi dibeberapa kelompok lainnya seperti informasi, komunikasi,
sampai jasa keuangan mengalami deflasi secara tahunan yang berada di angka
0,29%.
Belum
lagi saat ini di Indonesia sedang hangat-hangatnya terjadi kenaikan BBM. Dimana
BBM sendiri memiliki peran yang sangat penting dalam aktifitas sehari-hari
kehidupan masyarakat. Saking pentingnya BBM dalam kehidupan maka terkadang naik
atau turunnya harga kebutuhan pokok tergantung dari faktor kenaikan dan
penurunan harga BBM. Maka ketika harga BBM mengalami kenaikan maka akan
berdampak pada kenaikan harga kebutuhan barang dan jasa pada masyarakat. Tetapi
anehnya ketika harga BBM mengalami penurunan terkadang harga kebutuhan barang
dan jasa tetap saja tidak mengalami penurunan.
Tidak
hanya itu saingan untuk mendapatkan pekerjaan saja saat ini sangat tinggi.
Alasan munculnya tingginya mencari pekerjaan karena saat ini jumlah individu di
Indonesia sudah tergolong tinggi. Tingginya jumlah individu di Indonesia salah
satu faktor penyumbang karena jumlah kelahiran yang tinggi pula. Berdasarkan
laporan yang dimiliki oleh Badan Pusat Statistik (BPS) memaparkan bahwa jumlah
penduduk di Indonesia sudah mencapai angka 255,58 juta jiwa di pertengahan
tahun 2015. Angka tersebut mengalami penaikan menjadi 258,49 juta jiwa di
pertengahan tahun 2016.
Sedangkan
di pertengahan tahun 2017 saja jumlah penduduk di Indonesia sudah mencapai
angka 261,355 juta jiwa. Jumlah penduduk tersebut mengalami kenaikan di
pertengahan tahun 2018 menjadi sebanyak 264,16 juta jiwa. Di tahun 2019 jumlah penduduk
masyarakat di Indonesia mengalami kenaikan. Dimana jumlah penduduk di tahun
2019 tersebut sudah mencapai 266,91 juta jiwa. Bisa dikatakan bahwa dalam
setiap tahunnya jumlah penduduk selalu saja mengalami pertumbuhan. Akibat
pertumbuhan jumlah penduduk membuat persaingan mencari pekerjaan kian lebih
selektif lagi.
Ada
banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan
selain mengandalkan aktif income saja. Saking banyaknya cara yang dapat
dilakukan setiap orang bisa melakukannya. Salah satu cara yang dapat dilakukan
untuk mendapatkan penghasilan tambahan yaitu dengan berjualan online.
Saat
ini didalam kehidupan sehari-hari masyarakat sedang ramai-ramainnya melakukan
kegiatan berjualan secara online. Terlebih saat ini didalam kehidupan sedang
terjadi sebuah pandemik virus Corona yang sedang menyerang. Kondisi tersebut
membuat banyak orang mengalami perubahan aktifitas contohnya berbelanja. Biasanya
kegiatan berbelanja masih dilakukan secara konvensional. Dimana arti
konvensional yaitu pembeli yang mau melakukan transaksi harus bertemu penjual
di tempat atau toko. Tetapi dengan adanya pandemik kegiatan berbelanja secara
konvensional tersebut berganti menjadi berbelanja secara online.
Tingginya
transaksi berbelanja online juga ditopang oleh para anak mudanya khususnya
generasi milenial. Berdasarkan riset yang dilakukan memberikan sebuah kesimpulan
yang cukup menarik. Dimana kesimpulan tersebut memaparkan bahwa generasi
milenial atau seseorang yang memiliki usia 26-35 tahun. Pada usia tersebut
merupakan seseorang yang menjadi penyumbang terbesar bagi transaksi online saat
pandemik Covid-19 berlangsung. Walaupun tidak menutup kemungkinan banyak juga
seseorang di usia lainnya cukup menopang melakukan transaksi berbelanja secara
online.
Gurihnya
melakukan bisnis online tidak hanya terlihat dari banyaknya jumlah orang yang
melakukan transaksi tetapi ada hal lain. Dimana hal lain tersebut dapat
terlihat jumlah dana yang terlibat dalam melakukan transaksi. Dalam tahun 2020
saja sudah terjadi kenaikan nominal akan transaksi didalam e-commerce. Kenaikan
tersebut terjadi sebanyak 29,6% dari angka Rp 205,5 triliun pada tahun 2019
kini menjadi Rp 266,3 triliun.
Kesenangan
masyarakat dalam melakukan transaksi secara online didalam e-commerce ternyata
didukung pula oleh sistem pembayaran. Biasanya pada saat awal-awal kemunculan
e-commerce didalam masyarakat hanya satu jalan melakukan transaksi berbelanja
online. Dimana satu jalan tersebut yaitu hanya dapat melakukan di transaksi
pada bank. Tetapi kini dengan adanya kemajuan zaman yang dikombinasikan inovasi
yang dimiliki oleh masyarakat maka muncul berbagai macam solusi. Salah satu yang
tercipta untuk menyederhanakan transaksi online adalah munculnya uang
elektronik.
Kini
penggunaan uang elektronik sedang ramai-ramainya digunakan. Ramainya penggunaan
uang elektronik selain kemudahan dalam penggunaan juga terdapat berbagai macam
promo yang diberikan. Promo-promo yang diberikan oleh para penyedia layanan
uang elektronik membuat harga yang ditawarkan lebih rendah dibandingkan
melakukan trasaksi secara tunai atau menggunakan pihak lain seperti bank.
Akibat berbagai macam keuntungan dalam penggunaan uang elektronik tersebut
membuat terjadi kenaikan volume dalam penggunaan uang elektronik transaksi
e-commerce. Didalam kuartal IV 2020 transaksi menggunakan uang elektronik sudah
mencapai 41,71%. Angka tersebut nyatanya dapat dikatakan sudah melebihi pasang
penggunaan metode transaksi bank dan tunai yang masing-masing sudah mencapai
angka 20,23% dan 19,01%.
Jika
dilihat yang telah dipaparkan tentunya bisnis online saat ini bisa dikatakan
seperti gunung emas. Gunung emas tersebut memiliki peluang yang sangat bagus
untuk mencari keuntungan. Tetapi untuk dapat dikatakan sukses dalam melakukan
bisnis online tidaklah mudah. Salah satu hal pertama yang harus ditanyakan
kepada seseorang yang mau memulai melakukan bisnis online yaitu:
Dimana Atau Platform Apa Yang Mau
Digunakan Untuk Berbisnis Online?
Ya,
memang bisa dikatakan pertanyaan diatas merupakan pertanyaan awal dan juga
sederhana jika melihatnya. Tetapi pada kenyataan pertanyaan tersebut memiliki
faktor yang sangat besar dalam melakukan bisnis online. Saking besarnya dampak
dari pertanyaan tersebut dapat membuat bisnis online yang dijalankan tersebut
sukses atau tidak. Memang akan ada banyak sekali perbedaan dalam menjawab
dimana atau platform mana yang baik untuk digunakan dalam melakukan bisnis
online. Jika pertanyaan tersebut diberikan kepada penulis pasti jawaban yang
akan diberikan oleh penulis yaitu Blibli.
Blibli
bisa dikatakan merupakan sebuah produk yang diberikan oleh PT Global Digital
Niaga yang menjadi anak perusahaan dari Djarum dalam bidang digital yang
didirikan pada tahun 2010. Blibli merupakan sebuah perusahaan yang
bergerak dalam e-commerce. Hal yang menarik dari Blibli adalah perusahaan
tersebut merupakan asli dari Indonesia. Dimana fokus dari Blibli untuk membangun sebuah
fokus dalam ekosistem berbelanja dengan pilihan konsumen dan institusi melalui
platform perdagangan omnichannel yang aman.
Sejak
berdirinya Blibli
di tahun 2011 juga telah melakukan berbagai macam produk terkurasi dengan kerja
sama akan para penjual dan kemitraan berbagai macam pihak. Kerja sama tersebut
membuat Blibli
dapat menghandirkan 20 kategori produk yang disesuaikan dengan kebutuhan
masyarakat dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Untuk memudahkan kegiatan
transaksi pihak Blibli
juga melakukan banyak sekali pilihan dalam melakukan pembayaran. Serta didalam Blibli
para pengguna layanan diberikan sebuah layanan gratis ongkir dengan jaminan bahwa
produk-produk yang diterima merupakan produk orisinal.
Didalam
menjalankan bisnis onlinenya pihak Blibli melakukan business-to-business (B2B),
business-to-consumer (B2C), serta business-to-business-to-consumer (B2B2C) yang
terintegrasi secara online maupun offline atau omnichannel. Untuk mendukung
layanan yang diberikan kepada para penggunannya pihak Blibli melakukan berbagai macam
cara salah satunya melakukan akusisi. Salah satu contoh akusisi yang dilakukan
oleh Blibli
dilakukan pada tahun 2017. Di tahun tersebut Blibli melakukan akusisi
terhadap tiket.com untuk dapat mendorong layanan ke dalam bidang traveling
seperti pemesanan transportasi sampai akomodasi. Sedangkan di tahun 2021 pihak Blibli
melakukan akusisi kembali terhadap PT Supra Boga Lestari Tbk. Hasil dari
akusisi di tahun 2021 harapannya dapat menopang pengelolaan berbagai macam
supermartket untuk memperkuat strategi omnichannel.
Pastinya
memaparkan secara permukaan mengenai Blibli tentunya agar lebih lengkap dan jelas
harus dipaparkan pula mengenai sebuah testimoni secara langsung dari pihak
lain. Maka dari itu berikut ini adalah testimoni yang dapat penulis paparkan
ketika menggunakan layanan Blibli sebagai pihak pembeli. Agar lebih
singkat dan mudah dipahami oleh para pembaca maka penulis hanya memaparkan tiga
hal dari testimoni penulis ketika sudah menggunakan pembelian dari Blibli
yaitu:
Barang Dan Penjual Dipaparkan Dengan Baik.
Untuk
lebih jelas mengenai point pertama dapat dilihat dari gambar diatas. Dari
gambar diatas dapat terlihat dan terbaca dengan jelas akan produk-produk yang
dijual belikan pada Blibli. Sehingga dengan kejelasan tersebut
membuat peluang terjadinya kesalahan pahaman dalam bertransaksi belanja online
dapat ditekan. Sehingga akibat sudah ditekan peluang tersebut membuat kerugian
yang diterima oleh pembeli dapat dihilangkan. Harga yang ditampilkan tersebut
juga sangat jelas, apalagi untuk produk-produk yang memiliki diskon. Saking
jelasnya harga yang sudah didiskon dapat terlihat coretan harga sebelum dan
harga sesudah didiskon. Dari harga diskon tersebut tentunya dapat menyimpan
dana tersebut untuk memenuhi kebutuhan lain dalam menjalani kehidupan
sehari-hari.
Pembeli
juga dapat melihat akan lokasi sampai bintang akibat kegiatan dari penjual.
Semakin baik bintang yang dimiliki membuat pembeli semakin yakin bahwa penjual
baik dalam melakukan kegiatan transaksi jual beli kegiatan online. Serta lokasi
penjual juga dipaparkan untuk membuat yakin bahwa memang pihak penjual
benar-benar baik dalam berjualan online. Belum lagi didalam tampilan dalam Blibli
juga dipaparkan akan barang yang telah dijual.
Banyaknya Promo-Promo
Menarik.
Didalam Blibli juga terdapat banyak sekali promo-promo yang menarik untuk para pembeli. Saking menariknya promo-promo tersebut bahkan sampai membuat para pembeli menghemat banyak uang. Tidak hanya dapat menghemat banyak uang terkadang promo-promo yang diberikan juga dapat membuat harga yang sama tetapi mendapatkan barang yang dinginkan melebihi ekspektasi pembeli. Salah satu contoh promo yang diberikan oleh pihak Blibli seperti terlihat dalam sebuah gambar diatas:
Selain promo seperti yang telah dipaparkan ada promo menarik
lainnya. Dimana promo tersebut bisa disebutkan ketika sedang membeli AC.
Biasanya masyarakat lebih senang membeli produk AC dengan membeli secara
langsung karena takut ditipu oleh barang yang kurang bagus. Tetapi kini dengan
adanya Blibli
membeli produk AC menjadi lebih mudah. Saking mudahnya kini ada juga layanan
promo yang diberikan. Promo dalam membeli AC sampai dipasang didalam rumah
sehingga pemilik atau pembeli tidak perlu repot-repot kembali mencari pihak
lain yang dapat memasang AC yang dibelinnya.
Mudahnya Melakukan Pengembalian.
Hal yang kurang dari melakukan transaksi secara online adalah
saat pembeli mau melakukan pengembalian. Dari sekian banyak kasus yang terjadi
melakukan pengembalian sangatlah sulit. Apalagi pengembalian tersebut tentunya
dapat merugikan pihak pembeli. Tetapi kini dengan menggunakan pengembalian
didalam Blibli
sangatlah mudah. Saking mudahnya biaya yang dikeluarkan untuk melakukan
pengembalian bisa dikatakan gratis. Tentunya untuk dapat melakukan layanan
pengembalian didalam Blibli harus terlebih dahulu para pembeli
memahami akan syarat dan ketentuan agar barang yang dibeli dapat dilakukan
pengembalian.
Selain beberapa hal yang telah dipaparkan yang telah
dipaparkan ada beberapa hal lain yang dimiliki oleh Blibli ketika para pembeli
seperti penulis melakukan transaksi secara online. Salah satu contoh beberapa
hal yang dapat dirasakan yaitu:
Setelah merasakan pengalaman melakukan transaksi online yang
dilakukan oleh penulis kini membuat penulis tertarik menjadi seorang penjual.
Apalagi berdasarkan beberapa pengalaman yang telah dilakukan oleh orang lain
menjadi penjual membuat penulis tertarik. Berikut ini adalah beberapa
pengalaman oleh orang lain yang menjadi penjual dengan menggunakan platform Blibli
yang dipaparkan dengan menggunakan video:
Dengan beberapa hal yang telah dipaparkan diatas membuat
penulis memberanikan diri untuk membuka toko. Apalagi kini depan mata atau
sampai saat ini ada sebuah promosi yang sedang digembar-gemborkan didalam Blibli.
Dimana promo tersebut memiliki nama Blibli 11th Anniversary. Tentunya kesempatan
tersebut merupakan kesempatan emas yang harus didapatkan oleh penulis.
Harapannya dengan menjadi penjual didalam Blibli saat promo Blibli 11th Anniversary membuat
penulis dapat mencari tambahan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang
kian hari kian merangkat naik.
Agar mengetahui mengenai promo atau hal menarik didalam Blibli
tidak ada salahnya para pembaca untuk mengikuti sosial media yang dimiliki oleh
Blibli.
Ada banyak sekali sosial media yang dimiliki oleh Blibli salah satunya Instagram
@Blibliseller dan Tiktok @Blibliseller.
Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca.
Terima kasih.
Sumber tulisan, gambar, dan video:
- https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/01/inflasi-tahunan-indonesia-turun-jadi-469-di-agustus-2022
- https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/07/terus-meningkat-jumlah-penduduk-ri-tembus-275-77-juta-hingga-pertengahan-2022#:~:text=Angkanya%20kembali%20naik%20menjadi%20272,periode%20yang%20sama%20tahun%20lalu
- https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/03/riset-milenial-paling-gemar-belanja-online-saat-pandemi
- https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/01/29/nilai-transaksi-e-commerce-mencapai-rp-2663-triliun-pada-2020
- https://id.wikipedia.org/wiki/Blibli
- https://youtu.be/6nUrzLEgztU
- https://www.youtube.com/watch?v=aYsfWXWT7cE&list=PLxKv55ekuqGPMT06bvJXG80-Xnrf2AEce
- https://www.youtube.com/watch?v=ryIRVTSvqIc
- https://www.youtube.com/watch?v=ddract3FQIw&list=PLxKv55ekuqGNhhFshV5BapBTtc1OaeeZO
- https://www.youtube.com/watch?v=nA0jQUHBB60
- https://play.google.com/store/apps/details?id=blibli.mobile.commerce&hl=in&gl=US
Belum ada tanggapan untuk "Mencari Tambahan Pendapatan Melalui Tempat Bisnis Online Terbaik"
Posting Komentar