Tahun
2022 ini bisa dikatakan lebih baik dibandingkan beberapa tahun 2020 atau tahun
2021. Alasan lebih baik karena kini masyarakat di Indonesia sudah dapat
melakukan kegiatan mudik. Padahal saat di tahun 2020 dan 2021 masyarakat mau
melakukan kegiatan mudik tidak bisa dilakukan. Tidak bisa dilakukan tersebut
karena pihak pemerintah melakukan kebijakan pelarangan dalam melakukan kegiatan
mudik. Bahkan untuk mencegah masyarakat yang melakukan kegiatan mudik pihak
pemerintah melakukan pengecekan kepada kendaraan. Kendaraan yang dicek
diperketat terutama bagi kendaraan yang melintas berdasarkan plat nomor luar
wilayahnya.
Dengan
hal tersebut banyak masyarakat yang tidak bisa melakukan kegiatan mudik ke
kampung halaman begituhpun dengan penulis. Walaupun rasanya tidak enak apalagi
setelah sekian lama satu tahun tidak bertemu kini mau ketemu saja rasanya
sangat sulit. Mungkin banyak dari para pembaca yang mencari cara agar tetap
dapat melakukan mudik bertemu sanak saudara walaupun adanya kebijakan
pelarangan. Tetapi untuk penulis rasanya untuk melanggaran kebijakan pelarangan
mudik rasanya tidak bisa dilakukan. Sehingga mau tidak mau selama dua tahun
tersebut penulis tidak bisa melakukan kegiatan mudik.
Memang
harus diakui ada perasaan yang aneh ketika lebaran tiba tidak melakukan
kegiatan mudik ke kampung halaman. Rasa-rasanya seperti orang Sunda makan tanpa
adanya sambel sebagai pelengkap. Pastinya ketika mengonsumsi makanan tersebut
orang Sunda akan merasa ada yang kurang, ya begituhlah penulis saat berada di waktu
lebaran tiba. Untuk melepas rasa rindu yang tidak bisa pulang kampung memang
ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Salah satu cara yang dilakukan oleh
penulis adalah dengan melakukan video call secara bersamaan dengan sanak
saudara. Walaupun terkadang dalam melakukan video call tersebut terhambat
karena internet yang lambat sehingga membuat layar yang ditampilkan menjadi
terhambat. Tetapi dengan kondisi layar tersebut setidaknya dapat melepaskan
rasa kangen penulis terhadap sanak saudara yang melakukan merantau ke kota yang
sangat jauh.
Pertambahan
kasus Covid-19 di Indonesia di hari Minggu (15/5) sebanyak 257 kasus. Jika
dihitung dari mulai awal masyarakat yang terinfeksi virus Corona sampai saat
tersebut sudah banyak masyarakat yang terinfeksi. Dihitung-hitung jumlah
masyarakat yang terinfeksi virus Corona di Indonesia sebanyak 6.050.776 kasus.
Jumlah tersebut memiliki rincian yang sangat jelas diberikan oleh pihak
pemerintah. Sebanyak 5.889.534 orang atau jika dipersentasikan sebanyak 97,34%
masyarakat yang terinfeksi virus Corona sudah dinyatakan sembuh. Serta 156.458
orang atau sebanyak 2,59% dinyatakan meninggal dunia sedangkan sisanya pada
saat itu masih dilakukan perawatan penyembuhan dari virus Corona. Tetapi dengan
sudah berganti hari ke hari pastinya data masyarakat sudah mengalami perubahan.
Melihat
angka yang sudah berada di 6 juta sekian pastinya penyakit virus Corona yang
sedang terjadi sangat berbahaya bagi masyarakat. Lebih berbahaya lagi karena
virus Corona yang sedang terjadi bisa dikatakan merupakan virus baru. Dengan
masih tergolong virus baru maka untuk ilmu pengetahuan sampai cara pencegahan
yang dibutuhkan agar dapat menekan penyebaran virus Corona tergolong lambat.
Pastinya untuk melakukan pencegahan tidak bisa sembarang dilakukan karena jika
salah mengambil tindakan yang awalnya mau niat menyembuhkan malah membuat
kondisi menjadi parah sampai tidak bisa dikenali.
Karena
tidak ada ilmu pengetahuan mengenai virus Corona tersebut maka pihak pemerintah
juga melakukan kebijakan selalu saja berganti. Masih ingatkah diawal-awal dalam
penggunaan masker saja. Diawal-awal penggunaan masker hanya di tunjukan kepada
tenaga kesehatan saja. Tetapi dengan seiringnya waktu serta perkembangan virus
Corona membuat penggunaan masker harus digunakan oleh setiap orang tanpa
pandang bulu saat beraktifitas di luar ruangan khususnya.
Walaupun
dari waktu ke waktu banyak kebijakan yang berubah-ubah tetapi secara garis
besar kebijakan tersebut memiliki manfaat yang sangat dalam bagi masyarakat.
Dimana manfaat yang dapat dirasakan adalah menurunya penyebaran virus Corona
dalam masyarakat. Untuk mencapai tujuan tersebut maka tidak usah heran jika
pihak pemerintah Indonesia melakukan banyak sekali kebijakan yang diterapkan
kepada masyarakat dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Banyak sekali
kebijakan yang harus diaplikasikan masyarakat dalam menjalani kehidupan
sehari-hari dari mulai belajar sistem online, work from home, sampai pembatasan
aktifitas di luar ruangan.
Semua
kebijakan yang dibuat oleh pemerintah secara garis besar memiliki tujuan untuk menekan
masyarakat untuk beraktifitas di luar ruangan. Tidak hanya itu saja tujuan kebijakan
yang diterapkan tersebut menekan masyarakat untuk berada di rumah dalam
melaksanakan aktifitas sehari-harinya. Harapan dengan penerapan kebijakan yang
dibuat pemerintah serta diaplikasikan oleh masyarakat terjadi pemutusan
penyebaran virus Corona. Pemutusan tersebut terjadi karena tidak adanya kontak
secara langsung antara seseorang yang terinveksi virus Corona dengan seseorang
yang tidak terinveksi virus Corona. Dikarenakan tidak adanya interaksi tersebut
maka secara perlahan-lahan penyebaran virus Corona dapat ditekan serendah
mungkin.
Setiap hal yang dilakukan pasti memiliki dampak yang akan terjadi dibelakangnya begitu pula dengan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah. Dampak yang diberikan memang terbagi menjadi dua hal yaitu dampak baik dan dampak kurang baik. Dampak baik yaitu menekannya penyebaran virus Corona pada masyarakat karena sudah ditekannya kontak antara seseorang yang terinveksi dengan seseorang yang tidak terinveksi. Sedangkan dampak yang kurang baik tersebut adalah terhambatnya distribusi sampai ekonomi karena tidak adanya roda perputaran aktifitas masyarakat.
Ya,
dengan masyarakat yang didominasi berada di rumah membuat banyak hal mengalami
keterlambatan salah satunya distribusi serta ekonomi. Untuk urusan ekonomi saja
banyak sekali para UMKM yang mengalami dampak akan masyarakat yang banyak
berada di rumah. UMKM yang paling dapat terlihat pada kawasan kantor lebih
spesifik lagi kepada UMKM yang bergerak dalam bidang menyediakan makan. Biasanya
UMKM tersebut banyak pelangganya didominasi oleh para pekerja kantor yang
membutuhkan makan pagi, siang, atau malam. Tetapi dengan dikuranginya para
pekerja kantor yang berada di kantor membuat para UMKM yang menjual makanan
menjadi lebih sedikit lagi para pelangganya. Mungkin diawal-awal pengurangan
pelanggan tersebut masih bisa diakali oleh para pemilik UMKM tetapi jika
berlangsung cukup lama akan berdampak cukup vatal. Dampak yang cukup vatal
tersebut diakhirnya adalah gulung tikar.
Kebijakan
PPKM dengan Level 4 diberbagai macam wilayah di Indonesia membuat UMKM
mengalami perubahan yang sangat signifikan. Menurut data dari pihak Kadin
mengatakan bahwa pendapatan UMKM menurut sampai turun drastis 70%. Pihak Ketua
Komite Tetap UKM dan Koperasi Kadin Indonesia yang saat itu dipegang oleh Sharmila
mengatakan bahwa sebagain besar UMKM yang bertahan sampai saat ini bertahan
cukup bagus sebab sebanyak 40% UMKM sudah gulung tikar. Sehingga dengan kondisi
tersebut dapat dikatakan bahwa UMKM yang sampai saat ini bertahan serta
berkembang ke arah yang lebih baik lagi.
Dari
data yang diberikan atas survei yang dilakukan oleh Badan Program Pembangunan
PBB (United Nations Development Programme/UNDP) mengatakan bahwa sebanyak 24%
UMKM di Indonesia tak beroperasi saat pandemik virus Corona. Dalam jumlah tersebut
sebanyak 35,2% responen mengatakan salah satu alasannya tidak beroperasi saat
pandemik virus Corona karena kekurangan uang untuk membiayai produksi.
Sedangkan sebanyak 30,2% responden mengatakan bahwa menutup usahanya karena
permintaan atas barang yang dijual mengalami penurunan yang sangat drastis.
Serta 27,5% mengatakan bahwa responden melakukan penutupan usaha karena
regulasi yang dibuat oleh pemerintah. Sebanyak 4,9% responen mengatakan menutup
usahanya karena kesulitan mengakses keuangan internal. Sedangkan sebanyak 2,2%
responen mengatakan bahwa menutup usahanya karena karena kesulitan dalam
mengakses bahan baku yang dibutuhkan. Kegiatan survei yang dilakukan tersebut
dilakukan terhadap sebanyak 3.011 UMKM di Indonesia pada Agustus 2021. Metode
survey yang dilakukan melalui metode SMS blast sebanyak empat kali.
Setelah
dipaparkan beberapa hal diatas nyatanya beberapa hal tersebut memberikan dampak
yang cukup besar kepada penulis. Jika harus dipaparkan secara permukaan dampak
yang dirasakan oleh penulis adalah dalam bidang ekonomi. Karena penulis masih
berstatus sebagai pelajar sehingga keuangan yang didapatkan masih mengandalkan
pemberian orang tua. Ketika orang tua mendapatkan pemotongan gajih yang
diterima atau banyaknya pembelian yang harus dibeli karena seluruh anggota
keluarga banyak di rumah. Kondisi tersebut membuat penulis harus mengalami
pengurangan dana yang biasa diberikan oleh orang tua.
Padahal
ketika sedang melakukan pembelajaran secara online membutuhkan dana yang
berlebih. Dana yang digunakan lebih banyak untuk membeli kebutuhan aktifitas
pembelajaran. Ada banyak sekali barang-barang yang harus dibeli salah satu
contohnya adalah alat-alat teknologi berupa hp, laptop, sampai PC sedangkan
untuk alat koneksi membutuhkan internet. Untuk alat-alat teknologi membutuhkan
sekali tetapi besar sedangkan untuk kebutuhan internet walaupun dana yang tidak
besar seperti alat-alat teknologi tetapi kebutuhan akan internet secara terus
menurus. Dalam satu minggu saja biaya internet sampai beratus-ratus ribu rupiah
dana yang dibutuhkan. Sedangkan jika dihitung secara berbulan-bulan terkadang
dana yang dibutuhkan bisa sampai melebihi akan dana untuk alat-alat teknologi.
Untuk dapat memenuhi kebutuhan sebagai pelajar jika hanya mengandalkan
pemberian orang tua rasanya cukup sulit terpenuhi. Jika dana yang dibutuhkan
tersebut tidak terpenuhi dengan jenjang waktu yang sangat lama maka akan
menganggu aktifitas kehidupan sebagai pelajar. Agar tidak menganggu aktifitas
kehidupan sebagai pelajar maka penulis melakukan beberapa cara yang dilakukan
untuk mendapatkan dana. Dari sekian banyak cara yang ditempuh ternyata penulis
memilih mencari dana melalui berbisnis online.
Saat
ini bisnis online sedang berada di puncak-puncaknya dalam masyarakat. Banyaknya
masyarakat yang tidak mau beraktiftas keluar rumah yang dikombinasi teknologi
yang sudah berkembang pesat membuat bisnis online kian menjamur. Pada tahun
2020 saat terjadi pandemik saja kenaikan nominal transaksi e-commerce mengalami
kenaikan sebesar 29,6% dari angga Rp 205,5 triliun pada tahun 2019 sebesar
266,3 triliun. Tidak hanya itu saja ternyata pesatnya transaksi e-commerce juga
sejalan dengan transaksi pembayaran digital. Kenaikan volume tersebut menyebabkan
pangsa pengguna uang elektronik dalam melakukan transaksi e-commerce dalam
kuartal IV 2020 mencapai 41,71%. Jumlah tersebut jauh melebihi pangsa pengguna
metode transfer bank dan tunai yang masih-masing sebesar 20,23% dan 19,01%.
Setelah
mengetahui akan kegiatan mencari uang melalui bisnis online yang mau dilakukan
penulis nyatanya tidak langsung mendapatkan uang. Hal kedua yang harus
dilakukan penulis adalah mencari tempat atau wadah yang akan penulis gunakan
dalam berbisnis online. Di dalam masyarakat sendiri ada banyak sekali tempat
atau wadah dalam melakukan bisnis online yang mau dijalankan. Sekian banyaknya
pilihan tersebut jika menanyakan kepada penulis akan jatuh kepada sebuah pihak
yang bernama yaitu Blibli.
Apa itu Blibli???
Membahas
sejarah pembentukan Blibli berdiri
di tahun 2011. Sedangkan secara arti dapat dikatakan bahwa Blibli merupakan sebuah e-commerce buatan Indonesia dengan konsep
model bisnis yang memiliki fokus kepada B2B, B2C, dan B2B2C (Business to
Business to Consumer). Blibli juga
dapat disederhanakan sebagai sebuah mal online terbesar serta terpecaya oleh
masyarakat Indonesia. Pihak Blibli
juga menawarkan berbagai macam produk-produk yang memiliki kualitas yang
tinggi. Tidak hanya itu pihak Blibli
juga menawarkan dengan lebih dari 100.000 mitra usaha. Produk-produk yang
ditawarkan juga sangat beragam dari mulai kebutuhan primer, produk elektronik,
sampai kebutuhan sehari-hari dalam menjalani kehidupan. Biasanya permasalahan
dari bisnis online adalah kecepatan pengiriman barang. Pada Blibli masalah tersebut diatasi sangat
terencana dengan dukungan armada BES serta 15 mitra logistik. Agar lebih
menyelesaikan pihak Blibli juga
memiliki 20 gudang serta 32 hub yang diletakan pada kota-kota di seluruh
Indonesia.
Setelah
mengetahui tempat jual bisnis online tahap selanjutnya yang harus dilakukan
oleh penulis adalah mendaftar menjadi bagian penjual dalam tempat tersebut. Untuk
mendaftar menjadi penjual merupakan hal yang males bagi penulis. Alasan
malesnya karena pada umumnya di dalam masyarakat Indonesia jika berurusan
dengan administrasi sulitnya bukan main. Saking sulitnya tahapan yang berkaitan
dengan administrasi membutuhkan waktu yang sangat lama bisa sampai berhari-hari
sehingga banyak orang yang tersulut emosi. Hal tersebutlah masih terbawa dalam
pikiran penulis sehingga ketika mau melakukan tahapan administrasi menjadi
penjual ada rasa malas. Tetapi ternyata hal yang dipikirkan penulis dalam
penulis tidak terjadi dalam melakukan pendaftaran administasi menjadi bagian penjual
barang online. Secara sederhana kegiatan pendaftaran yang dilakukan oleh
penulis ketika mendaftar di Blibli
sebagai berikut:
Mempersiapkan
mengenai informasi seller.
Hal
pertama yang dilakukan oleh penulis adalah menyiapkan berbagai macam seluk
beluk mengenai informasi seller. Informasi yang disiapkan dari mulai nama,
email aktif, password, nomor hp, sampai nama toko. Nama toko merupakan hal yang
harus diperhatikan sangat baik oleh penulis. Bisa dikatakan nama toko bisa
menjadi hoki jika nama tersebut menarik sampai berbeda dapat membuat para
pembeli teringat-ingat akan nama toko penulis. Jika sudah teringat maka secara
langsung peluang para pembeli membeli barang menjadi lebih tinggi lagi
dibandingkan toko bisnis online lainnya.
Menggunakan nomor smartphone yang aktif.
Tahap
selanjutnya yang digunakan oleh penulis adalah memasukan nomor smartphone. Hal
yang harus diperhatikan dalam penggunaan nomor smartphone ada yang menggunakan
nomor pribadi atau perusahaan. Sedangkan untuk penulis sendiri nomor smartphone
yang digunakan adalah nomor pribadi. Alasan menggunakan nomor pribadi karena
nomor tersebut aktif serta digunakan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.
Apalagi kode verifikasi pendaftaran yang dikirim ke nomor yang dikirim sehingga
menggunakan nomor pribadi pengiriman tersebut lebih mudah.
Melengkapi
informasi penjualan.
Setelah
penulis terdaftar menjadi bagian penjual bisnis online di Blibli langkah selanjutnya yang dilakukan oleh penulis adalah
melengkapi informasi yang dibutuhkan dalam penjualan. Didalam pemaparan
tersebut ada tiga informasi yang harus diisi oleh penulis. Pertama kepengkapan
mengenai informasi toko atau gudang. Kedua adalah informasi pembayaran dan
legal. Dan yang ketiga informasi mengenai upload akan produk-produk yang akan
penulis jual dalam bisnis online yang dijalankan.
Mempersipakan dokumen seller.
Pada
point ini ditujukan kepada masyarakat yang mau menjadi seller. Untuk menjadi
seseorang seller dalam aplikasi Blibli
memang ada beberapa dokumen serta beberapa berkas yang harus disiapkan. Dokumen
yang harus disiapkan berupa rekening yang valid. Sedangkan untuk seller yang
dimiliki oleh perorangan membutuhkan beberapa hal seperti KTP sampai NPWP.
Tetapi untuk pihak yang mau menjadi seller yang berasal dari perusahaan harus
menyiapkan beberapa seperti KTP direksi, NPWP perusahaan, Akta Pendirian + SK
Menkeh, Akta Perubahan, SIUP, TDP dan Surat Domisili.
Didalam
Blibli yang merupakan e-commerce
selalu mendukung pihak seller untuk dapat terus berkembang dan meraih kata
sukses. Jika dipaparkan ada banyak sekali hal-hal yang dilakukan oleh Blibli dari mulai membuat training
gratis, kegiatan sharing secara rutin, sampai yang baru adalah memberikan modal
promo sampai Rp 5,6 juta bagi pihak-pihak seller baru. Seller baru yang
bergabung dalam Blibli akan
menikmati segudang keuntungan dari mulai upload produk instant, bonus modal
promo berupa saldo bliklan, dan subsidi seller voucher.
Upload Produk-Produk
Instan
Setelah
penulis menyelesaikan tahapan fase onboarding penulis dapat secara langsung
melakukan proses upload produk yang akan dijual. Produk yang sudah diupload
akan secara langsung dapat tayang secara instan. Agar calon pembeli mengetahui
stok barang yang dijual jangan lupa penulis juga mengaupload jumlah stok yang
dapat dibeli oleh para pembeli.
Bonus Saldo Bliklan
Dalam
bagian saldo Bliklan gratis bisa mencapai lebih dari Rp 5.000.000 serta dapat
bertujuan untuk meningkatkan traffic toko penulis. Cara untuk mendapatkan saldo
sangat mudah. Cara yang dilakukan tersebut yaitu hanya perlu melakukan
percepatan proses aktifasi toko dengan mengikuti beberapa langkah sebagai
berikut:
- Bonus Bliklan Rp 50.000, download dan gunakan Blibli Seller App.
- Bonus Bliklan Rp 300.000, upload lebih dari 5 produk dalam 7 hari sejak toko aktif.
- Bonus Bliklan Rp 50.000, Aktifkan Fitur pengiriman Instant & Sameday.
- Bonus Bliklan Rp 100.000, Gunakan Fitur Promo (Voucher Seller, Combo, Grosir).
- Bonus Bliklan Rp 500.000, Upgrade toko anda menjadi Official Store.
- Bonus Bliklan Rp 100.000, berhasil menyelesaikan pesanan pertama sebelum 30 hari sejak toko aktif.
- Bonus Bliklan Rp 200.000, Aktifkan fitur Click and Collect pada toko.
- Bonus Bliklan Rp 300.000, berhasil menyelesaikan 10 pesanan atau lebih sebelum 90 hari sejak toko aktif.
- Bonus Bliklan Rp 500.000, berhasil menyelesaikan 25 pesanan atau lebih dengan rating toko minimal 85 sebelum 180 hari sejak toko aktif (Silver Badge).
- Bonus Bliklan Rp 1.000.000, berhasil menyelesaikan 100 pesanan atau lebih dengan rating toko minimal 90 sebelum 180 hari sejak toko aktif (Gold Badge).
- Bonus Bliklan Rp 300.000, telah memiliki dan menggunakan fitur FBB secara aktif pada toko.
- Bonus Bliklan Rp 2.000.000, berhasil menyelesaikan 500 pesanan atau lebih dengan rating toko minimal 95 sebelum 180 hari sejak toko aktif (Diamond Badge).
Subsidi Voucher Seller
Disini
juga pihak penulis serta para pemilik toko nline juga mendapatkan subsidi
berupa voucher seller sampai dengan Rp 200.000. Cara untuk mendapatkan atau
mengaktifkan voucher toko dengan melakukan beberapa tahapan. Berikut ini
beberapa yang dilakukan untuk mendapatkan voucher toko yang disedikan oleh Blibli yaitu:
- Membuat voucher diawali dengan kode BLI-xxx
- Maksimal besaran discount 20% dengan maksimum potongan discount Rp 25.000
- Minimal transaksi Rp 50.000
- Periode voucher maksimal 30 hari sejak toko aktif
Seller
seperti penulis pastinya juga dapat mengatur akan besaran diskon yang
ditawarkan dari produk-produk dijual. Tentunya ada ketentuan diskon yang
diberikan yaitu nominal potongan yang diberikan harus berada dalam ketentuan
yang berlaku. Untuk periode akhir penulis ataupun para seller dapat mendapatkan
sebuah cashback diskon dengan dana maksimal sebesar Rp 200.000 dari transaksi
yang menggunakan seller voucher.
Pengalaman Jualan
& Raup Modal Promosi 5,4 Juta di Blibli
Hal
pertama dari pengalaman berjualan di Blibli
adalah kaget. Bagaimana tidak kaget baru saja pertama kali berjualan sudah
mednapatkan saldo bliklan dengan angka yang sangat banyak. Diawal-awal pertama
kali saldo yang didapatkan sebesar Rp 20.000. Saldo tersebut didapatkan karena
penulis berhasil mendaftarkan menjadi salah satu bagian dari #BlibliSeller. Coba bisa dibayangkan
hanya mendaftar saja sudah bisa mendapatkan saldo yang cukup besar bagaimana
jika sudah berjualan pastinya dana yang didapatkan mengalir seperti air
(heheheheh).
Setelah
beberapa menit selang mendaftar penulis melakukan upload mengenai produk-produk
yang dijual. Ada banyak sekali produk yang dijual oleh penulis pada saat itu.
Ternyata hasil upload produk-produk tersebut penulis mendapatkan saldo yang
cukup besar. Belum lagi pada saat itu penulis melakukan beberapa hal seperti
mendownload aplikasi #BlibliSeller
dan membagikan produk dari app #BlibliSeller.
Dari kegiatan tersebut ternyata penulis juga mendapatkan saldo yang cukup
lumayan juga. Sehingga secara total saldo yang dikumpulkan dari awal sampai
langkah terakhir yang dipaparkan penulis sudah cukup banyak saldo yang
dikumpulkan.
Walaupun
penulis saat itu mendapatkan saldo yang cukup banyak. Tetapi dari beberapa
tahap yang dilakukan juga beberapa tahap yang penulis tidak dapatkan saldo.
Banyak sekali tahapan yang kurang beruntung sehingga penulis tidak mendapatkan
saldo. Salah satu contoh seperti untuk task pengisian info alamat pengambilan
sampai info legal pembayaran tidak didapatkan. Alasan tidak didapatkan tersebut
karena penulis melewatkan deadline tersebut sehingga penulis bisa dianggap
telat melakukan penyelesaian tahapan tersebut. Walaupun ada beberapa tahap
tidak didapatkan saldonya tetapi beberapa tahap lainnya penulis masih bisa
kejar saldonya.
Hal
yang saat ini sedang ditunggu penyelesaiannya oleh penulis adalah misi pesanan
pertama. Alasan penulis menunggu penyelesaian misi tersebut karena bonus saldo
yang didapatkan cukup besar yaitu Rp 100.000. Saldo-saldo yang telah penulis
kumpulkan tentunya akan penulis gunakan untuk membantu penulis berjualan. Lebih
tepatnya saldo-saldo tersebut digunakan penulis untuk melakukan booster jualan
sebelum expired dalam jenjang waktu 90 hari. Dengan peluang yang sangat baik
yaitu waktu mendekati lebaran dimana pada waktu tersebut banyak orang memiliki
uang serta memiliki keinginan untuk berbelanja sangat tinggi. Kondisi tersebut
tentunya menjadi peluang yang sangat bagus untuk mendapatkan pundi-pundi uang
untuk merayakan lebaran bagi penulis.
Untuk
mendapatkan modal promosi sampai Rp 5,4 juta nyatanya penilis harus
menyelesaikan berbagai macam tugas-tugas yang diberikan. Setiap tugas yang
selesai maka penulis akan mendapatkan bonus. Penulis sendiri baru saja
menyelesaikan beberapa tugas dari sekian banyak tugas yang harus diselesaikan.
Walaupun masih baru dikit tugas yang diselesaikan tetapi penulis memiliki keyakinan
yang tinggi bahwa semua tugas tersebut dapat diselesaikan oleh penulis dengan
baik (hehehehe). Setelah cukup lama berselancar berjualan online dalam Blibli ada beberapa hal yang menarik
ketika berjualan dengan menggunakan Blibli.
Salah satu hal yang menarik tersebut akan penulis paparkan sebagai berikut:
Jualan makin mudah
apalagi saat menggunakan aplikasi berupa app #BlibliSeller.
Pihak
Blibli bisa dikatakan merupakan
pihak yang benar-benar mendukung para seller yang ada didalam masyarakat. Bukti
nyata dukungan Blibli kepada seller
adalah dengan menyediakan sebuah aplikasi khusus untuk berjualan dengan dua
bentuk yaitu android dan apple yang smartphone menggunakan merek iPhone. Agar
memudahkan dalam berjualan produk-produk secara online maka didalam aplikasi
tersebut juga dapat melakukan beberapa. Salah satu contoh beberapa dari mulai
cek pesanan yang masuk, melakukan pembatan terhadap pesanan, mengetahui stock
produk, sampai hal lainnya yang membantu dalam berjualan produk secara online
di Blibli.
Karena
diawal-awal penulis masih tidak memahami akan seluk beluk dalam berjualan
produk-produk secara online di Blibli
maka pihak Blibli ternyata membantu
memahaminya. Cara membandu Blibli
dalam memahami seluk beluknya adalah membuat sebuah menu Pusat Edukasi. Selain
itu juga pihak Blibli juga
menyediakan sebuah menu domografi. Menu demografi juga terdapat menu analisis
yang dapat memaparkan sangat detail terkait customer dari mulai jenis kelamin,
usia, serta jumlah pesanan. Akibat adanya bantuan demografi tersebut maka kita
dalam hal ini penulis atau penjual lainnya dapat menentukan target market yang
sangat potensial terhadap produk yang mau dijual.
Dapat melakukan jualan dengan teknologi QR Code.
Setelah
sangat lama berselancar dalam lautan dashboard seller dalam Blibli ada satu hal yang menarik untuk
dijalankan saat berjualan. Dimana satu hal yang menarik penulis tersebut adalah
sebuah fitur mengenai promosi lebih tepatnya berupa kode barcode. Kode barcode
tersebut dapat dilakukan scan serta muncul dalam toko tempat berjualan. Akibat
menarik tersebut penulis juga setidaknya mulai tertarik serta mencoba akan
fitur tersebut. Lebih tepatnya penulis mencoba download akan kode QR dan
mencoba mengeprint kode QR tersebut dalam sebuah kertas. Penulis mencoba kode
QR tersebut untuk dipasang didepan toko penulis sehingga seolah-oleh penulis
memiliki toko fisik juga. Sehingga toko fisik penulis seperti sudah menerapkan
kebijakan non-cash sehingga menurunkan penularan virus Corona yang saat itu
sedang tinggi dapat ditekan karena tidak ada kontak secara langsung melalui
transaksi yang dilakukan.
Banyaknya Promo Gratis
Ongkir
Dalam
melakukan kegiatan berbelanja online ada satu hal yang menyenangkan. Dimana hal
yang menyenangkan tersebut adalah gratis ongkir. Ya, masalah ongkir merupakan
sebuah masalah yang harus dihadapi. Tingganya harga ongkos kirim yang dibebankan
kepada para pembeli membuat calon pembeli akan tidak mau melakukan kegiatan
berbelanja secara online. Maka dari itu pihak Blibli kini agar berbelanja online tetap tinggi maka dibuatlah
sebuah hal berupa gratis ongkir. Pihak Blibli
memiliki gratis ongkir yang dimulai 10 Juni 2021 08.00 WIB–30 Mei 2022. Cara untuk
mendapatkan gratis ongkir dalam Blibli
sangat sederhana yaitu dengan cara memasukan voucher gratis ongkir pada bagian
Voucher & Promo saat melakukan checkout. Jumlah biaya gratis ongkir yang
ditanggung oleh pihak Blibli sebagai
berikut:
Adanya ilmu dari webinar dari #BlibliSeller.
Menjadi
pemilik bisnis yang meraih kata “sukses” pastinya dibutuhkan ilmu pengetahuan. Untuk
mendapatkan pengetahuan saat ini rasa-rasanya tidak begituh sulit. Bantuan dari
teknologi kini mendapatkan ilmu pengetahuan mengenai cara berbisnis online yang
sukses sangat mudah ditemukan. Saking mudahnya menemukan ilmu pengetahuan
tersebut membuat seseorang seperti penulis pusing jika harus melahapnya tanpa
adanya batasan. Agar tidak pusing maka pihak Blibli melakukan sebuah kelas webinar secara gratis. Salah satu
kelas webinar yang dilakukan pada tanggal 11 Mei 2022 hari Rabu. Tema yang
diangkap dalam kelas webinar terseebut operasional toko 101 : cara tepat untuk
memulai setelah liburan lebaran. Maka dengan mengikuti webinar tersebut harapannya
penulis ataupun para seller dalam Blibli
tersebut dapat sukses dalam menjalankan bisnis online yang digeluti.
Pusatnya Kegiatan
Bisnis Online Yang Terbukti
Mungkin
awal-awal banyak seperti penulis saat menjalankan bisnis online ada rasa
pesimis. Saking pesimisnya terkadang penulis juga merasa malas untuk upload
jualan. Maka untuk bersemangat dalam melakukan bisnis online maka dibutuhkan
sebuah bukti nyata. Setelah mencari ke berbagai macam hal ada sebuah video yang
telah dipaparkan diatas. Didalam video tersebut menjelaskan sebuah hal tentang “PERNAH DIUSIR KARENA TERLALU LARIS, SEKARANG PUNYA OMZET 20 M SEBULAN! | BINCANG BLIBLISELLER: EP 2”. Adanya video tersebut membuat penulis yang menjadi seller di
Blibli menjadi lebih semangat lagi
bahkan tidak sabar untuk menjadi salah satu pemilik bisnis yang sukses.
Pada
dasarnya jika memaparkan mengenai pengalaman berbisnis dengan menggunakan
aplikasi Blibli akan ada banyak
sekali. Tetapi salah satu hal yang telah dipaparkan penulis atas. Membicara bisnis
online didalam sebuah aplikasi Blibli
pasti harus juga membicarakan sebuah peluang. Peluang dalam aplikasi Blibli masih memiliki peluang yang
sangat tinggi. Blibli sendiri masih
berada di dalam urutan yang sangat tinggi dalam e-commerce dengan jumlah pengunjung
situs terbesar di Indonesia dalam kuartal IV/2020. Lebih tepatnya jumlah
pengunjung situs ke Blibli mencapai
angka 22,41 juta pengunjung. Jumlah tersebut membuat peluang berjualan dalam Blibli menjadi dapat adanya sebuah
penjual akan produk-produk yang dijual oleh penulis ataupun seller lainnya yang
berjualan.
Itulah
pengalaman serta beberapa tambahan yang dipaparkan oleh penulis saat
menggunakan Blibli. Apalagi dengan
adanya bonus-bonus saldo Bliklannya membuat penulis yang menjadi penjual
menjadi senang. Kini tantangan yang harus didapatkan penulis yang mau
didapatkan adalah saldo Bliklan sampai 5,4 juta. Walaupun terasa sulit tetapi
lebih baik berbuat sesuatu agar menghasilkan dana untuk memenuhi kebutuhan
kehidupan sebagai penulis saat pandemik dari pada hanya berdiam diri serta pasrah
akan kehidupan pandemik virus Corona yang terjadi lebih baik berbuat sesuatu. Berbuat
sesuatu yang dilakukan oleh penulis adalah melakukan bisnis online dengan
melalui Blibli. Apakah para pembaca
memiliki pengalaman yang berbeda saat melakukan bisnis online di Blibli???. Jika ada tidak ada salahnya
para pembaca memaparkan didalam kolom komentar. Agar lebih mengetahui akan Blibli tidak ada salahnya para pembaca untuk follow akun media sosial berupa Instagram atau Tiktok.
Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda para
pembaca. Terima kasih.
Sumber
tulisan, gambar, dan video:
- https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/05/15/perkembangan-covid-19-di-indonesia-total-kasus-capai-6050776-kasus-minggu-155
- https://www.idxchannel.com/economics/40-persen-pelaku-umkm-putuskan-gulung-tikar-akibat-terdampak-pandemi
- https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/14/kekurangan-biaya-penyebab-utama-umkm-tutup-usaha-saat-pandemi-covid-19
- https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/01/29/nilai-transaksi-e-commerce-mencapai-rp-2663-triliun-pada-2020
- https://www.Blibli.com/faq/tentang-Blibli/tentang-Blibli-com/
- https://www.Blibli.com/friends/blog/cara-berjualan-di-Blibli-00/
- https://www.Blibli.com/friends/blog/buka-toko-di-Blibli-dan-dapetin-modal-promo-rp-56-juta/
- https://www.Blibli.com/faq/pengiriman/cara-menikmati-gratis-ongkir/
- https://www.youtube.com/watch?v=pQXkaGYyoxg
- https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/11/10-e-commerce-dengan-pengunjung-terbesar-pada-kuartal-iv-2020
- https://pixabay.com/id/photos/jam-jam-alarm-jam-tangan-waktu-tua-1274699/
- https://pixabay.com/id/photos/toko-kota-malam-neon-iklan-tanda-4806610/
- https://pixabay.com/id/photos/iphone-tangan-layar-smartphone-410311/
- https://youtu.be/iMt1PCT3xvg
- https://www.instagram.com/p/CYQ63kePRqq/?igshid=YmMyMTA2M2Y=
- https://www.instagram.com/p/CccFevVJno3/?igshid=YmMyMTA2M2Y=
- https://www.instagram.com/p/Cc9nIn6huMH/?igshid=YmMyMTA2M2Y=
- https://www.instagram.com/p/Ca4d5JkrMvW/?igshid=YmMyMTA2M2Y=
- https://www.instagram.com/p/CZBRRIEIdZ2/?igshid=YmMyMTA2M2Y=
- https://www.instagram.com/p/CXTFbEchWoc/?igshid=YmMyMTA2M2Y=
Belum ada tanggapan untuk "Menjalani Bisnis Online Walaupun Pandemik Demi Menyambut Aktifitas Sekolah"
Posting Komentar