Mendapatkan Fasilitas Kesehatan Saat Pandemik Dengan SehatQ.com

Kesehatan merupakan satu hal yang sangat penting dalam kehidupan. Mungkin banyak orang-orang yang beranggapan bahwa hal yang terpenting adalah uang. Bukti uang adalah hal yang terpenting karena banyak dari masyarakat yang dalam menjalani sehari-hari akan selalu mencari uang. Secara umum biasanya seseorang yang mencari uang didominasi oleh orang-orang dewasa. Tetapi jika melihat secara langsung dalam kehidupan masyarakat mencari uang tidak hanya didominasi oleh orang dewasa dari mulai anak kecil sampai anak-anak muda kini mulai mencari uang. Uang yang didapatkan oleh seseorang yang mencarinya biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup serta kebutuhan lainnya. Dengan pembelanjaan tersebut membuat banyak masyarakat memilih uang dibandingkan kesehatan.

Perlu digaris bawahi terlebih dahulu disini penulis tidak menyalahkan seseorang masyarakat memilih uang lebih penting dari pada kesehatan atau sebaliknya. Menurut penulis sendiri kesehatan merupakan hal yang sangat utama dibandingkan uang. Seseorang yang tidak memiliki uang tetapi memiliki kesehatan masih dapat dicari uang. Sedangkan ketika seseorang tidak memiliki kesehatan yang baik untuk mencari uang menjadi sangat sulit. Walaupun demikian bukan berarti disini bahwa seseorang hanya memilih kesehatan saja serta mengesampingkan uang. Pemahaman tersebut menurut penulis kurang benar tetapi alangkah lebih baiknya jika kedua hal baik itu kesehatan dan uang dapat secara bersama-sama tidak ada yang ditinggal. Tidak adanya peninggalan dua hal tersebut maka seseorang dapat mendapatkan uang serta kesehatan dengan waktu yang bersama-sama.

Memang uang dan kesehatan merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Jika mau diibaratkan antara dua hal tersebut akan menjadi dua sisi pada koint. Dimana kedua hal tersebut dapat dipisahkan secara jauh tetapi akan selalu berdekatan seperti dua sisi pada mata koin. Untuk mendapatkan fasilitas terbaik dalam bidang kesehatan memang membutuhkan uang yang cukup dalam atau sangat dalam. Setiap tahun berganti terkadang biaya kesehatan di Indonesia mengalami kenaikan bahkan terkadang kenaikan tersebut melebihi angka inflasi yang terjadi. Dalam survei yang dolakukan oleh Willis Towers Watson mengatakan bahwa kenaikan biaya kesehatan secara rata-rata kotor (gross) dengan jenjang waktu 2017 sampai 2019 sebesar 10 sampai 11 persen. Angka kenaikan harga fasilitas kesehatan tersebut pastinya berdampak dalam menguras isi dompet sangat dalam bagi masyarakat.

Ternyata kenaikan harga fasilitas kesehatan tersebut kian besar ketika saat sedang terjadi pandemik virus Corona. Berdasarkan pengalaman pribadi saja hanya untuk mendapatkan fasilitas kesehatan saat pandemik rasanya seperti sulit sekali. Langkah yang harus disiapkan oleh penulis saat mau datang ke dalam fasilitas kesehatan adalah menyiapkan dokumen seperti kartu kesehatan dan lain-lain. Ternyata setelah datang ke dalam fasilitas kesehatan yang berada di dekat rumah ada hal lagi yang ditanyakan oleh tenaga kesehatan. Dimana tenaga kesehatan tersebut menanyakan sebuah surat yang mengatakan bahwa penulis negatif dari virus Corona.

Tentunya tidak ada masalah jika seseorang yang memiliki uang berlebih untuk mendapatkan surat tersebut. Tetapi bagaimana jika seseorang tersebut memiliki keterbatasan dalam keuangan serta hanya memiliki uang untuk berobat saja tanpa mendapatkan surat tersebut. Tentunya jika sudah demikian maka seseorang yang sedang sakit tersebut akan menjadi lebih sulit lagi mendapatkan kesembuhan melalui fasilitas kesehatan. Ketika sedang terjadi pandemik mendapatkan fasilitas kesehatan rasanya cukup sulit. Alasan sulitnya karena para tenaga medis serta fasilitas kesehatan lebih prioritaskan menangani akan seseorang yang terinfeksi virus Corona yang saat itu sedang menyerang masyarakat.

Selama beberapa tahun saat sedang terjadi pandemik virus Corona penulis mengalami dua kali datang ke fasilitas kesehatan. Ketika sudah mendatangi fasilitas kesehatan untuk melakukan penyembuhan ada hal-hal menarik yang dirasakan. Pertama adalah ketika mau mendapatkan fasilitas kesehatan sampai lain-lainnya seseorang pasien harus menyediakan sebuah surat yang menyatakan negatif virus Corona. Kedua jika pun seseorang sudah mendapatkan fasilitas kesehatan ketika pengecekan hanya dilakukan jarak jauh tanpa adanya pengecekan secara langsung oleh tenaga kesehatan. Mengalami dua hal tersebut rasanya seperti pengobatan jarak jauh tatapi harus datang ke fasilitas kesehatan.

Hal yang dirasakan oleh penulis saat sedang melakukan pengobatan saat sedang sakit di fasilitas kesehatan mungkin bisa dikatakan wajar. Apalagi pada saat itu penyebaran virus Corona pada masyarakat masih tergolong tinggi. Buktinya bisa dilihat dari berbagai macam media baik itu yang cetak sampai elektronik banyak sekali memaparkan akan penyebaran virus Corona. Sampai saat ini juga pasien positif Covid per 16 Mei 2022 berada di angka 182 orang. Akibat pertambahan jumlah pasien yang terinveksi tersebut secara total dari mulai awal sampai tanggal tersebut di Indonesia sudah mencapai 6.050.958 orang. Dimana dari jumlah tersebut sebanyak 5.889.797 sudah dinyatakan sembuh dari penyakit virus Corona pada tubuhnya. Sedangkan untuk jumlah 156.464 orang dinyatakan meninggal dunia.

Sebelum penyebaran virus Corona gelombang pertama tahun lalu dikatakan bahwa kasus penambahan harian terbanyak terjadi pada tanggal 15 Juli 2021. Pada tanggal 15 Juli 2021 jumlah kasus penambahan mencapai angka 56.757 kasus dalam masyarakat. Tingginya kasus penambahan juga diperparah dengan munculnya sebuah varian virus Corona dengana nama Omicron. Rekor penambahan terinfeksi virus Corona mengalami dua kali pada bulan Februari. Angka penambahan kasus harian dalam bulan tersebut mencapai 57.049 kasus di tanggal 15 Februari dan 64.718 kasus pada tanggal 16 Februari.

Tentunya penyebaran virus Corona yang sedang terjadi pada beberapa tahun yang lalu sampai saat ini tidak mengenal latar belakang seseorang. Tidak mengenalnya latar belakang seseorang membuat setiap orang memiliki potensi akan terjangkit virus Corona bahkan seperti tenaga kesehatan pun turut terjangkit. Tenaga kesehatan merupakan garda terdepan dalam menyelamatkan sambil melakukan pencarian solusi akan permasalahan virus Corona yang sedang terjadi. Adanya hal tersebut maka tidak usah heran jika pihak tenaga kesehatan merupakan salah satu pihak yang memiliki peluang terjangkit virus Corona tertinggi. Alasan tertingginya pihak tenaga kesehatan dalam terinfeksi virus Corona. Berdasarkan data Lapor Covid-19 mengatakan bahwa jumlah tenaga kesehatan di Indonesia yang meninggal akibat virus Corona sudah mencapai jumlah 2.087 orang hingga 21 April 2022 pukul 09.36 WIB. Dalam jumlah tersebut sebanyak 751 orang atau 35,98% ditempati oleh tenaga kesehatan yang berprofesi sebagai dokter. Sedangkan untuk urutan ke dua ditempati oleh tenaga kesehatan yang berprofesi sebagai perawat dengan jumlah 670 orang setara dengan 32,10% dari total tenaga kesehatan yang meninggal akibat Covid-19

Banyaknya jumlah masyarakat serta adanya tenaga kesehatan yang meninggal akibat penyebaran virus Corona membuat banyak pihak menjadi ketakutan. Ketakutan tidak hanya dirasakan oleh tenaga kesehatan tetapi juga pada beberapa pihak salah satunya masyarakat. Salah satu dampak ketakutan yang terjadi lahirlah sebuah kegiatan yang disebut dengan panic buying. Secara sederhana arti dari panic buying adalah sebuah kegiatan membeli sebuah hal dengan jumlah yang banyak untuk disimpan karena takut suatu hal tersebut mengalami beberapa hal yang tidak diinginkan seperti kelangkaan sampai naiknya harga yang diberikan.

Sepanjang beberapa tahun kebelakang atau bahkan sampai saat ini di masyarakat Indonesia sudah mengalami beberapa hal-hal akan panic buying. Masker merupakan hal pertama akan punic buying pada masyarkat. Untuk mendapatkan masker ditempat seperti biasanya yaitu apotek, supermarket, sampai toko-toko kesehatan rasanya sangat sulit didapatkan. Jika pun mendapatkan harga yang ditawarkan bahkan sampai berkali-kali lipat yang ditawarkan. Setelah masker hal yang mengalami panic buying adalah susu beruang. Susu beruang merupakan salah satu produk susu kaleng yang menjadi incaran masyarakat. Alasan tingginya permintaan masyarakat akan susu beruang tersebut karena adanya sebuah kepercayaan akan susu kaleng tersebut dapat melawan virus Corona. Anggapan tersebut membuat produk susu beruang tersebut mengalami kelonjakan pembeli. Agar semua masyarakat dapat membeli produk susu beruang tersebut beberapa pihak yang menyediakan produk tersebut melakukan pembatasan pembeli. Ternyata baru-baru ini juga terjadi sebuah terjadi panic buying pada sebuah barang yang banyak digunakan oleh ibu-ibu yaitu minyak goreng. Sejak diumumkan oleh pemerintah akan pembelakuan harga tunggal dalam komonitas minyak goreng sebesar Rp 14.000 per liter. Maka banyak masyarakat yang membeli minyak goreng tersebut padahal jika pada umumnya kemasan 2 liter karena adanya pembatasan pembelian. 

Dampak dari adanya pandemik virus Corona memang cukup memukul kehidupan sehari-hari masyarakat. Dari mulai ekonomi, kesehatan, sampai bidang lainnya banyak yang merasakan dampak dari pandemik virus Corona. Untuk dapat menyelamatkan beberapa bidang tersebut disisi lain yaitu pihak pemerintah melakukan berbagai macam cara untuk setidaknya menekan dampak kurang baik dari adanya pandemik virus Corona. Banyak sekali kebijakan yang dibuat oleh pemerintah untuk mengendalikan penyebaran virus Corona serta menyelamatkan masyarakat dari dampak tersebut. Salah satu contoh kebijakan tersebut yaitu work from home, pembatasan aktifitas di luar ruangan, pengubahan dari yang tatap muka atau bertemu secara langsung menjadi sistem online, dan masih banyak lagi.

Secara benang merah dari kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah adalah menekan atau meminimalisir akan kegiatan diluar ruangan yang biasa dilakukan oleh masyarakat. Menekan atau meminimalisir akan kegiatan diluar ruangan membuat penyebaran virus Corona dapat ditekan. Alasan terjadi penekanan penyebaran tersebut karena rendahnya interaksi secara langsung dalam masyarakat. Sehingga diakhirnya tidak adanya kontak penyebaran virus Corona antara satu individu dengan individu membuat penyebaran virus Corona menjadi kian menurun. Tetapi ternyata kebijakan yang menekan atau meminimalisir oleh pemerintah membuat munculnya dampak-dampak lainnya seperti ada udang dibalik batu berbeda dari rencana.

Diawal-awal kebijakan yang diterapkan memiliki keinginan untuk dapat menekan atau meminimalisir tetapi ada dampak bawaaan lainnya seperti bayangan hitam. Bayangan hitam yang dibawa akan kebijakan tersebut adalah telah dipaparkan diatas. Dari bayangan hitam tersebut ada satu dampak yang cukup memukul yaitu bidang fasilitas kesehatan. Dimana ketika terjadi pandemik virus Corona fasilitas kesehatan lebih ditujukan untuk mengurusi seseorang pasien yang terkena virus Corona. Padahal ketika terjadi pandemik virus Corona masih banyak pula masyarakat yang mengalami penyakit lainnya diluar panyakit virus Corona. Apalagi terkadang penyakit yang diderita oleh masyarakat tersebut banyak yang tergolong penyakit yang berat seperti jantung maupun lainnya. Maka jika seseorang tersebut tidak ditangani oleh tenaga kesehatan serta fasilitas kesehatan bisa saja seseorang mengancam jiwa seseorang pasien tersebut. Salah satu cara seseorang saat pandemik mendapatkan fasilitas kesehatan serta tenaga medis yang dibutuhkan adalah melalui sebuah aplikasi yang bernama SehatQ.com.

Apa itu SehatQ.com???

SehatQ.com bisa dikatakan merupakan starup yang menyediakan layanan mengenai kesehatan digital yang berdiri di bulan November 2018. Tidak hanya itu saja didalam SehatQ.com juga dapat mengelola kesehatan para penggunan serta keluarga. Apalagi pihak SehatQ.com juga percaya bahwa setiap orang memiliki berbeda-beda dalam mendapatkan fasilitas kesehatan karena memiliki riwayat kesehatan serta kondisi yang berbeda-beda. Maka dari itu dengan adanya pengelolaan kesehatan yang diberikan oleh SehatQ.com harapannya seseorang mendapatkan dengan lebih baik serta lebih spesifik lagi akan penyelesaian akan penyakit yang diderita oleh seseorang. Agar dapat menjaga kesehatan seseorang pihak SehatQ.com juga menyediakan berbagai macam informasi kesehatan. Informasi kesehatan yang diberikan berdasarkan referensi yang jelas serta kredibel yang baik. 

Bahkan dibeberapa fitur didalam SehatQ.com juga menyediakan sebuah komunitas bagi para penggunanya untuk dapat melakukan tukar informasi serta saling mendukung dalam melakukan perjalanan kesehatan. Belum lagi didalam aplikasi SehatQ.com juga dapat menghubungi antara pihak pasien dengan tenaga medis maupun pihak penyedia layanan kesehatan yang terlebih dahulu telah disesuaikan dengan kebutuhan kesehatan setiap individu. Setelah berselancar cukup lama di dalam SehatQ.com nyatanya ada beberapa layanan kesehatan yang dapat digunakan oleh masyarakat sebagai pengguna yaitu:

Pertama adalah obat.



Dalam fitur obat ini para pembaca seperti penulis yang membutuhkan informasi tentang seluk obat dapat ditemukan secara lengkap dan rinci. Alasan lengkap dan rinci mengenai informasi tentang obat tersebut karena database yang dimiliki oleh SehatQ.com sangat besar sehingga dapat memuat berbagai ribuan informasi obat. Tidak hanya memiliki informasi mengenai obat-obatan tetapi didalam SehatQ.com juga dapat melakukan pemesanan. Pemesanan obat didalam SehatQ.com tentunya memudahkan seseorang pasien yang tidak bisa berpergian keluar rumah untuk masih mendapatkan obat-obat. Sebelum benar-benar memBeli obat yang dibutuhkan pastikan terlebih dahulu bahwa obat yang dibeli terhadap dosis, efek samping, sampai manfaat didalam obat tersebut.

Kedua adalah artikel.

Infromasi mengenai kesehatan pastinya akan selalu mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Selalu mengalami perubahan dari waktu-waktu tersebut maka terkadang sangat sulit untuk masyarakat diikuti. Agar memudahkan penyampaian maka disini pihak SehatQ.com menyediakan artikel mengenai kesehatan. Artikel yang ada didalam SehatQ.com dibuat berdasarkan kategori sehingga memudahkan para pembaca mendapatkan artikel yang dibutuhkan. Ada banyak sekali kategori artikel yang disediakan dari mulai pola kehidupan yang sehat, anak, parenting, penyakit, dan masih banyak lagi. Supaya artikel benar-benar sesuai isinya dengan ilmu pengetahuan kesehatan maka artkel yang dibuat sudah diverifikasi oleh pihak tenaga kesehatan agar dapat menjamin bahwa data, fakta, serta kredibilitasnya.

Ketiga adalah dokter.

Biasanya jika seseorang sakit kemudian mau mendapatkan fasilitas kesehatan akan selalu dihadapkan dengan antrian yang panjang. Antrian yang panjang serta lama membuat seseorang pasien yang sakit menjadi kian sakit. Seharusnya seseorang yang sedang sakit membutuhkan fasilitas serta tenaga kesehatan dengan cepat agar mendapatkan penanganan. Maka dari itu untuk menghindari antrian yang panjang dan lama kini pihak SehatQ.com sudah dapat melakukan booking dokter. Pesanan dokter tersebut disesuaikan terhadap lokasi pengguna sehingga bisa lebih memudakan pasien mendapatkan tenaga serta fasilitas kesehatan dengan cepat dan dekat. Di dalam SehatQ.com juga terdapat fitur filter dalam memilih dokter yang didasarkan kepada fasilitas kesehatan serta jadwal prakter dokternya.

Keempat adalah rumah sakit.

Pada SehatQ.com juga memiliki sebuah fitur mengenai rumah sakit. Artinya fitur tersebut siapa saja dalam hal ini para pengguna mendapatkan sebuah informasi yang secara lengkap serta akurat mengenai fasilitas kesehatan. Dimana fasilitas kesehatan yang dipaparkan rumah sakit, puskesmas, klinik, sampai lab. Tidak hanya itu saja didalam fitur tersebut juga terdapat beberapa hal lainnya seperti jadwal praktek doket sampai kategori dokter apa saja yang sedang bertugas dalam fasilitas kesehatan tersebut. Jika dihitung-hitung didalam SehatQ.com terdapat fasilitas kesehatan yang sangat banyak untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan fasilitas kesehatan.

Kelima adalah penyakit.

Dalam kehidupan sehari-hari terdapat banyak sekali penyakit yang menyerang seseorang. Agar dapat menyembuhkan penyakit yang menyerang tersebut maka dibutuhkan sebuah informasi. Informasi yang diberikan haruslah detail, lengkap, sampai akurat. Dengan hal tersebut harapannya dapat ditemukan berbagai macam jenis pengobatan sampai pencegahan akan informasi tersebut.

Keenam adalah chat dokter.

Bisa dikatakan bahwa fitur chat dokter merupakan fitur yang sangat populer oleh para penggunanya. Alasan populernya fitur tersebut karena kemudahan yang ditawarkan bagi para pengguna. Fitur chat dokter tersebut menawarkan sebuah konsultasi dengan pihak dokter secara gratis melalui media chatting. Tidak hanya dapat melakukan konsultasi didalam fitur chat dokter juga dapat melakukan berbagai macam hal seperti tanya jawab sampai diskusi. Sehingga fitur chat dokter tersebut dapat membuat seseorang pasien dapat berkonsultasi dengan dokter tanpa harus bertemu secara langsung.

Ketujuh adalah forum.

Kurang lengkap rasanya jika aplikasi kesehatan tidak memiliki sebuah forum kesehatan. Forum kesehatan tersebut memungkinkan para pengguna aplikasi tersebut untuk melakukan tanya jawab mengenai kesehatan. Tanya jawab yang diberikan tersebut tidak hanya dilakukan oleh pihak pengguna SehatQ.com juga terhadap dokter. Tanya jawab yang dilakukan adanya sekali dari mulai penyakit, penyembuhan penyakit, sampai obat. Fitur forum juga dapat membuat setiap orang dapat melakukan berbagi informasi kesehatan yang dialaminya. Ketika terjadi kesalahan atau tidak benar dalam forum tersebut juga akan ada selalu pihak dokter yang memperbaiki ketika pembahas melenceng dari ilmu pengetahuan.

Kedelapan adalah kegiatan kesehatan.

Pihak SehatQ.com juga sering melakukan berbagai macam kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan. Dimana kegiatan-kegiatan tersebut memiliki tujuan agar para pengguna aplikasi tersebut dapat mendapatkan sesuatu ketika mengikuti kegiatan tersebut. Banyak sekali kegiatan-kegiatan kesehatan yang dilakukan oleh pihak SehatQ.com dari mulai olahraga, seminar, pameran mengenai kesehatan, sampai penyuluhan mengenai kesehatan. Harapannya dengan diadakan kegiatan kesehatan tersebut pihak SehatQ.com dapat menciptakan masyarakat yang memiliki kesehatan yang baik sesuai dengan standar kesehatan yang ada.

Kesembilan adalah promo-promo.

Fitur chat dokter bisa dikatakan merupakan fitur unggulan yang disediakan oleh SehatQ.com. Tetapi jika kita sudah berselancar dalam aplikasi SehatQ.com ada masih banyak fitur lainnya. Salah satu contoh fitur yang dimiliki oleh SehatQ.com adalah prmo kesehatan. Promo-promo yang diberikan oleh SehatQ.com ada banyak sekali dari mulai perawatan gigi, medical check up, sampai kecantikan. Tentunya promo-promo yang diberikan oleh SehatQ.com disesuaikan dengan lokasi para penggunannya.

Ketika penulis berselancar dalam lautan aplikasi SehatQ.com memang ada banyak sekali fitur-fitur didalamnya. Tetapi salah satu fitur-fitur tersebut telah dipaparkan diatas. Dilihat dari sisi menfaat sudah dapat dipastikan bahwa SehatQ.com memiliki banyak sekali manfaatnya. Ternyata aplikasi SehatQ.com juga kini telah mendakatkan sertifikat tanda daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Farmasi (PSEF) dari Kementerian Kesehatan. Adanya sertifikat tersebut bisa dikatakan merupakan regulisai untuk melakukan penjualan mengenai obat secara online. Sampai 15 Desember 2021 yang tertulis pada laman PSEF sudah ada lima penyelenggara PSEF yang telah mendapatkan sertifikat PSEF serta terdaftar dalam Kementerian Kesehatan salah satunya yaitu SehatQ.com.

Berbicara penghargaan yang telah didapatkan oleh pihak SehatQ.com juga ada banyak sekali. Dimana salah satu contoh penghargaan lainnya adalah Indonesia Digital Populer Brand Award (IDPBA) 2020 dari pihak INFOBRAND.ID dan TRAS N CO Indonesia di hari Selasa (27/10). Bisa dikatakan bahwa penghargaan tersebut diberikan kepada SehatQ.com sebagai bentuk apresiasi serta pengakuan yang diraih oleh SehatQ.com dalam dunia digita. Bahkan dapat dikatakan bahwa pihak SehatQ.com meraih prestasi tersebut dalam waktu yang relatif cepat.

Berbicara keamanan dalam aplikasi SehatQ.com memang ada banyak sekali langkah-langkah yang ditempuh oleh SehatQ.com agar dapat menyediakan fasilitas kesehatan yang baik bagi masyarakat. Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan memiliki sertifikat izin pelaksanaan kegiatan. Memang didalam aplikasi SehatQ.com ada banyak sekali sertifikat izin salah satunya yaitu sertifikat PSEF.

Tidak hanya itu saja ketika sedang adanya berbicara mengenai keamana juga didalam pihak SehatQ.com disediakan sebuah pusat kontak yang dapat didatangi atau dihubungi. Untuk tempat yang dapat didatangi berada di Jl. MH Thamrin no. 51, Jakarta 10350 – Indonesia. Sedangkan untuk cara dihubungi bisa melalui nomor +6221-27899827. Semua hal yang datang dan masuk ke dalam kontak tersebut akan dilayani oleh CS siap merespons pada jam 07.00-20.00. Tetapi jika para pengguna merasa kurang akan dua cara tersebut bisa melakukan cara lain yaitu melalui form bantuan. Respon yang akan diberikan jika melalui form bantuan maksimal 1x24 jam. Dengan hal tersebut harapannya keamanan yang diberikan oleh pihak aplikasi SehatQ.com dapat benar-benar sepenuhnya bagi masyarakat ketika mendapatkan sebuah masalah akan keamanan atau hal lain.

Harapannya dengan adanya tulisan ini masyarakat yang ada di luar sana masih tetap dapat merasakan sampai mendapatkan fasilitas kesehatan sampai tenaga kesehatan yang dibutuhkan terutama ketika sedang terjadi pandemik virus Corona. Sehingga masyarakat diluar sana tidak merasakan kesulitan dalam mendapatkan fasilitas kesehatan terutama bagi masyarakat yang terhalang oleh jarak dan waktu. Kini permasalahan jarak dan waktu dalam mendapatkan fasilitas kesehatan dapat dihapuskan dengan adanya bantuan dari aplikasi SehatQ.com.com yang selalu siap membantu masyarakat mendapatkan fasilitas kesehatan terbaik. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca. Terima kasih. 

Sumber tulisan, gambar, dan video:

  1. https://money.kompas.com/read/2020/08/07/135352226/riset-kenaikan-biaya-kesehatan-lebih-tinggi-dari-kenaikan-upah
  2. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/05/16/kasus-covid-19-bertambah-182-kasus-senin-165
  3. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/04/21/2087-tenaga-kesehatan-meninggal-akibat-covid-19-hingga-21-april-2022
  4. https://www.kompas.com/tren/read/2022/01/21/173000765/fenomena-panic-buying-di-indonesia-dari-susu-beruang-hingga-minyak-goreng?page=all
  5. https://www.SehatQ.com.com/tentang-kami
  6. https://www.SehatQ.com.com/review/SehatQ.com-raih-sertifikasi-psef
  7. https://infobrand.id/makin-populer-di-ranah-digital-SehatQ.com-diganjar-penghargaan-indonesia-digital-populer-brand-2020.phtml
  8. https://www.youtube.com/watch?v=q5K9qJh7P5Q
  9. https://pixabay.com/id/illustrations/kerangka-manusia-tubuh-manusia-163715/
  10. https://pixabay.com/id/illustrations/covid-korona-coronavirus-virus-4948866/
  11. https://pixabay.com/id/photos/kaleng-susu-bisa-susu-pertanian-1659157/


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mendapatkan Fasilitas Kesehatan Saat Pandemik Dengan SehatQ.com"

Posting Komentar