Kesehatan
merupakan satu hal yang sangat penting dalam kehidupan. Mungkin banyak
orang-orang yang beranggapan bahwa hal yang terpenting adalah uang. Bukti uang
adalah hal yang terpenting karena banyak dari masyarakat yang dalam menjalani
sehari-hari akan selalu mencari uang. Secara umum biasanya seseorang yang
mencari uang didominasi oleh orang-orang dewasa. Tetapi jika melihat secara
langsung dalam kehidupan masyarakat mencari uang tidak hanya didominasi oleh
orang dewasa dari mulai anak kecil sampai anak-anak muda kini mulai mencari
uang. Uang yang didapatkan oleh seseorang yang mencarinya biasanya digunakan
untuk memenuhi kebutuhan hidup serta kebutuhan lainnya. Dengan pembelanjaan
tersebut membuat banyak masyarakat memilih uang dibandingkan kesehatan.
Perlu
digaris bawahi terlebih dahulu disini penulis tidak menyalahkan seseorang
masyarakat memilih uang lebih penting dari pada kesehatan atau sebaliknya.
Menurut penulis sendiri kesehatan merupakan hal yang sangat utama dibandingkan
uang. Seseorang yang tidak memiliki uang tetapi memiliki kesehatan masih dapat
dicari uang. Sedangkan ketika seseorang tidak memiliki kesehatan yang baik
untuk mencari uang menjadi sangat sulit. Walaupun demikian bukan berarti disini
bahwa seseorang hanya memilih kesehatan saja serta mengesampingkan uang.
Pemahaman tersebut menurut penulis kurang benar tetapi alangkah lebih baiknya jika
kedua hal baik itu kesehatan dan uang dapat secara bersama-sama tidak ada yang
ditinggal. Tidak adanya peninggalan dua hal tersebut maka seseorang dapat
mendapatkan uang serta kesehatan dengan waktu yang bersama-sama.
Memang
uang dan kesehatan merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Jika mau
diibaratkan antara dua hal tersebut akan menjadi dua sisi pada koint. Dimana
kedua hal tersebut dapat dipisahkan secara jauh tetapi akan selalu berdekatan
seperti dua sisi pada mata koin. Untuk mendapatkan fasilitas terbaik dalam
bidang kesehatan memang membutuhkan uang yang cukup dalam atau sangat dalam. Setiap
tahun berganti terkadang biaya kesehatan di Indonesia mengalami kenaikan bahkan
terkadang kenaikan tersebut melebihi angka inflasi yang terjadi. Dalam survei
yang dolakukan oleh Willis Towers Watson mengatakan bahwa kenaikan biaya
kesehatan secara rata-rata kotor (gross) dengan jenjang waktu 2017 sampai 2019
sebesar 10 sampai 11 persen. Angka kenaikan harga fasilitas kesehatan tersebut
pastinya berdampak dalam menguras isi dompet sangat dalam bagi masyarakat.
Ternyata
kenaikan harga fasilitas kesehatan tersebut kian besar ketika saat sedang terjadi
pandemik virus Corona. Berdasarkan pengalaman pribadi saja hanya untuk
mendapatkan fasilitas kesehatan saat pandemik rasanya seperti sulit sekali.
Langkah yang harus disiapkan oleh penulis saat mau datang ke dalam fasilitas
kesehatan adalah menyiapkan dokumen seperti kartu kesehatan dan lain-lain.
Ternyata setelah datang ke dalam fasilitas kesehatan yang berada di dekat rumah
ada hal lagi yang ditanyakan oleh tenaga kesehatan. Dimana tenaga kesehatan
tersebut menanyakan sebuah surat yang mengatakan bahwa penulis negatif dari
virus Corona.
Tentunya
tidak ada masalah jika seseorang yang memiliki uang berlebih untuk mendapatkan
surat tersebut. Tetapi bagaimana jika seseorang tersebut memiliki keterbatasan
dalam keuangan serta hanya memiliki uang untuk berobat saja tanpa mendapatkan
surat tersebut. Tentunya jika sudah demikian maka seseorang yang sedang sakit
tersebut akan menjadi lebih sulit lagi mendapatkan kesembuhan melalui fasilitas
kesehatan. Ketika sedang terjadi pandemik mendapatkan fasilitas kesehatan
rasanya cukup sulit. Alasan sulitnya karena para tenaga medis serta fasilitas
kesehatan lebih prioritaskan menangani akan seseorang yang terinfeksi virus
Corona yang saat itu sedang menyerang masyarakat.
Selama
beberapa tahun saat sedang terjadi pandemik virus Corona penulis mengalami dua
kali datang ke fasilitas kesehatan. Ketika sudah mendatangi fasilitas kesehatan
untuk melakukan penyembuhan ada hal-hal menarik yang dirasakan. Pertama adalah ketika
mau mendapatkan fasilitas kesehatan sampai lain-lainnya seseorang pasien harus
menyediakan sebuah surat yang menyatakan negatif virus Corona. Kedua jika pun
seseorang sudah mendapatkan fasilitas kesehatan ketika pengecekan hanya
dilakukan jarak jauh tanpa adanya pengecekan secara langsung oleh tenaga
kesehatan. Mengalami dua hal tersebut rasanya seperti pengobatan jarak jauh
tatapi harus datang ke fasilitas kesehatan.
Hal
yang dirasakan oleh penulis saat sedang melakukan pengobatan saat sedang sakit
di fasilitas kesehatan mungkin bisa dikatakan wajar. Apalagi pada saat itu penyebaran
virus Corona pada masyarakat masih tergolong tinggi. Buktinya bisa dilihat dari
berbagai macam media baik itu yang cetak sampai elektronik banyak sekali
memaparkan akan penyebaran virus Corona. Sampai saat ini juga pasien positif
Covid per 16 Mei 2022 berada di angka 182 orang. Akibat pertambahan jumlah
pasien yang terinveksi tersebut secara total dari mulai awal sampai tanggal
tersebut di Indonesia sudah mencapai 6.050.958 orang. Dimana dari jumlah
tersebut sebanyak 5.889.797 sudah dinyatakan sembuh dari penyakit virus Corona
pada tubuhnya. Sedangkan untuk jumlah 156.464 orang dinyatakan meninggal dunia.
Sebelum
penyebaran virus Corona gelombang pertama tahun lalu dikatakan bahwa kasus
penambahan harian terbanyak terjadi pada tanggal 15 Juli 2021. Pada tanggal 15
Juli 2021 jumlah kasus penambahan mencapai angka 56.757 kasus dalam masyarakat.
Tingginya kasus penambahan juga diperparah dengan munculnya sebuah varian virus
Corona dengana nama Omicron. Rekor penambahan terinfeksi virus Corona mengalami
dua kali pada bulan Februari. Angka penambahan kasus harian dalam bulan
tersebut mencapai 57.049 kasus di tanggal 15 Februari dan 64.718 kasus pada
tanggal 16 Februari.
Tentunya
penyebaran virus Corona yang sedang terjadi pada beberapa tahun yang lalu
sampai saat ini tidak mengenal latar belakang seseorang. Tidak mengenalnya
latar belakang seseorang membuat setiap orang memiliki potensi akan terjangkit
virus Corona bahkan seperti tenaga kesehatan pun turut terjangkit. Tenaga
kesehatan merupakan garda terdepan dalam menyelamatkan sambil melakukan
pencarian solusi akan permasalahan virus Corona yang sedang terjadi. Adanya hal
tersebut maka tidak usah heran jika pihak tenaga kesehatan merupakan salah satu
pihak yang memiliki peluang terjangkit virus Corona tertinggi. Alasan
tertingginya pihak tenaga kesehatan dalam terinfeksi virus Corona. Berdasarkan
data Lapor Covid-19 mengatakan bahwa jumlah tenaga kesehatan di Indonesia yang
meninggal akibat virus Corona sudah mencapai jumlah 2.087 orang hingga 21 April
2022 pukul 09.36 WIB. Dalam jumlah tersebut sebanyak 751 orang atau 35,98%
ditempati oleh tenaga kesehatan yang berprofesi sebagai dokter. Sedangkan untuk
urutan ke dua ditempati oleh tenaga kesehatan yang berprofesi sebagai perawat
dengan jumlah 670 orang setara dengan 32,10% dari total tenaga kesehatan yang
meninggal akibat Covid-19
Banyaknya
jumlah masyarakat serta adanya tenaga kesehatan yang meninggal akibat
penyebaran virus Corona membuat banyak pihak menjadi ketakutan. Ketakutan tidak
hanya dirasakan oleh tenaga kesehatan tetapi juga pada beberapa pihak salah
satunya masyarakat. Salah satu dampak ketakutan yang terjadi lahirlah sebuah
kegiatan yang disebut dengan panic buying. Secara sederhana arti dari panic
buying adalah sebuah kegiatan membeli sebuah hal dengan jumlah yang banyak
untuk disimpan karena takut suatu hal tersebut mengalami beberapa hal yang
tidak diinginkan seperti kelangkaan sampai naiknya harga yang diberikan.
Sepanjang beberapa tahun kebelakang atau bahkan sampai saat ini di masyarakat Indonesia sudah mengalami beberapa hal-hal akan panic buying. Masker merupakan hal pertama akan punic buying pada masyarkat. Untuk mendapatkan masker ditempat seperti biasanya yaitu apotek, supermarket, sampai toko-toko kesehatan rasanya sangat sulit didapatkan. Jika pun mendapatkan harga yang ditawarkan bahkan sampai berkali-kali lipat yang ditawarkan. Setelah masker hal yang mengalami panic buying adalah susu beruang. Susu beruang merupakan salah satu produk susu kaleng yang menjadi incaran masyarakat. Alasan tingginya permintaan masyarakat akan susu beruang tersebut karena adanya sebuah kepercayaan akan susu kaleng tersebut dapat melawan virus Corona. Anggapan tersebut membuat produk susu beruang tersebut mengalami kelonjakan pembeli. Agar semua masyarakat dapat membeli produk susu beruang tersebut beberapa pihak yang menyediakan produk tersebut melakukan pembatasan pembeli. Ternyata baru-baru ini juga terjadi sebuah terjadi panic buying pada sebuah barang yang banyak digunakan oleh ibu-ibu yaitu minyak goreng. Sejak diumumkan oleh pemerintah akan pembelakuan harga tunggal dalam komonitas minyak goreng sebesar Rp 14.000 per liter. Maka banyak masyarakat yang membeli minyak goreng tersebut padahal jika pada umumnya kemasan 2 liter karena adanya pembatasan pembelian.
Dampak
dari adanya pandemik virus Corona memang cukup memukul kehidupan sehari-hari
masyarakat. Dari mulai ekonomi, kesehatan, sampai bidang lainnya banyak yang
merasakan dampak dari pandemik virus Corona. Untuk dapat menyelamatkan beberapa
bidang tersebut disisi lain yaitu pihak pemerintah melakukan berbagai macam
cara untuk setidaknya menekan dampak kurang baik dari adanya pandemik virus
Corona. Banyak sekali kebijakan yang dibuat oleh pemerintah untuk mengendalikan
penyebaran virus Corona serta menyelamatkan masyarakat dari dampak tersebut.
Salah satu contoh kebijakan tersebut yaitu work from home, pembatasan
aktifitas di luar ruangan, pengubahan dari yang tatap muka atau bertemu secara
langsung menjadi sistem online, dan masih banyak lagi.
Secara benang merah dari kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah adalah menekan atau meminimalisir akan kegiatan diluar ruangan yang biasa dilakukan oleh masyarakat. Menekan atau meminimalisir akan kegiatan diluar ruangan membuat penyebaran virus Corona dapat ditekan. Alasan terjadi penekanan penyebaran tersebut karena rendahnya interaksi secara langsung dalam masyarakat. Sehingga diakhirnya tidak adanya kontak penyebaran virus Corona antara satu individu dengan individu membuat penyebaran virus Corona menjadi kian menurun. Tetapi ternyata kebijakan yang menekan atau meminimalisir oleh pemerintah membuat munculnya dampak-dampak lainnya seperti ada udang dibalik batu berbeda dari rencana.
Diawal-awal
kebijakan yang diterapkan memiliki keinginan untuk dapat menekan atau
meminimalisir tetapi ada dampak bawaaan lainnya seperti bayangan hitam. Bayangan
hitam yang dibawa akan kebijakan tersebut adalah telah dipaparkan diatas. Dari
bayangan hitam tersebut ada satu dampak yang cukup memukul yaitu bidang fasilitas
kesehatan. Dimana ketika terjadi pandemik virus Corona fasilitas kesehatan
lebih ditujukan untuk mengurusi seseorang pasien yang terkena virus Corona.
Padahal ketika terjadi pandemik virus Corona masih banyak pula masyarakat yang
mengalami penyakit lainnya diluar panyakit virus Corona. Apalagi terkadang
penyakit yang diderita oleh masyarakat tersebut banyak yang tergolong penyakit
yang berat seperti jantung maupun lainnya. Maka jika seseorang tersebut tidak
ditangani oleh tenaga kesehatan serta fasilitas kesehatan bisa saja seseorang
mengancam jiwa seseorang pasien tersebut. Salah satu cara seseorang saat
pandemik mendapatkan fasilitas kesehatan serta tenaga medis yang dibutuhkan
adalah melalui sebuah aplikasi yang bernama SehatQ.com.
Apa itu SehatQ.com???
SehatQ.com bisa dikatakan merupakan starup yang menyediakan layanan mengenai kesehatan digital yang berdiri di bulan November 2018. Tidak hanya itu saja didalam SehatQ.com juga dapat mengelola kesehatan para penggunan serta keluarga. Apalagi pihak SehatQ.com juga percaya bahwa setiap orang memiliki berbeda-beda dalam mendapatkan fasilitas kesehatan karena memiliki riwayat kesehatan serta kondisi yang berbeda-beda. Maka dari itu dengan adanya pengelolaan kesehatan yang diberikan oleh SehatQ.com harapannya seseorang mendapatkan dengan lebih baik serta lebih spesifik lagi akan penyelesaian akan penyakit yang diderita oleh seseorang. Agar dapat menjaga kesehatan seseorang pihak SehatQ.com juga menyediakan berbagai macam informasi kesehatan. Informasi kesehatan yang diberikan berdasarkan referensi yang jelas serta kredibel yang baik.
Bahkan dibeberapa fitur didalam SehatQ.com juga menyediakan sebuah komunitas bagi para penggunanya untuk dapat melakukan tukar informasi serta saling mendukung dalam melakukan perjalanan kesehatan. Belum lagi didalam aplikasi SehatQ.com juga dapat menghubungi antara pihak pasien dengan tenaga medis maupun pihak penyedia layanan kesehatan yang terlebih dahulu telah disesuaikan dengan kebutuhan kesehatan setiap individu. Setelah berselancar cukup lama di dalam SehatQ.com nyatanya ada beberapa layanan kesehatan yang dapat digunakan oleh masyarakat sebagai pengguna yaitu:
Pertama adalah obat.
Dalam fitur obat ini para pembaca seperti penulis yang membutuhkan informasi tentang seluk obat dapat ditemukan secara lengkap dan rinci. Alasan lengkap dan rinci mengenai informasi tentang obat tersebut karena database yang dimiliki oleh SehatQ.com sangat besar sehingga dapat memuat berbagai ribuan informasi obat. Tidak hanya memiliki informasi mengenai obat-obatan tetapi didalam SehatQ.com juga dapat melakukan pemesanan. Pemesanan obat didalam SehatQ.com tentunya memudahkan seseorang pasien yang tidak bisa berpergian keluar rumah untuk masih mendapatkan obat-obat. Sebelum benar-benar memBeli obat yang dibutuhkan pastikan terlebih dahulu bahwa obat yang dibeli terhadap dosis, efek samping, sampai manfaat didalam obat tersebut.
Kedua
adalah artikel.
Infromasi
mengenai kesehatan pastinya akan selalu mengalami perkembangan dari waktu ke
waktu. Selalu mengalami perubahan dari waktu-waktu tersebut maka terkadang
sangat sulit untuk masyarakat diikuti. Agar memudahkan penyampaian maka disini
pihak SehatQ.com menyediakan artikel
mengenai kesehatan. Artikel yang ada didalam SehatQ.com dibuat berdasarkan kategori sehingga memudahkan para
pembaca mendapatkan artikel yang dibutuhkan. Ada banyak sekali kategori artikel
yang disediakan dari mulai pola kehidupan yang sehat, anak, parenting,
penyakit, dan masih banyak lagi. Supaya artikel benar-benar sesuai isinya
dengan ilmu pengetahuan kesehatan maka artkel yang dibuat sudah diverifikasi
oleh pihak tenaga kesehatan agar dapat menjamin bahwa data, fakta, serta
kredibilitasnya.
Ketiga adalah dokter.
Biasanya
jika seseorang sakit kemudian mau mendapatkan fasilitas kesehatan akan selalu
dihadapkan dengan antrian yang panjang. Antrian yang panjang serta lama membuat
seseorang pasien yang sakit menjadi kian sakit. Seharusnya seseorang yang
sedang sakit membutuhkan fasilitas serta tenaga kesehatan dengan cepat agar
mendapatkan penanganan. Maka dari itu untuk menghindari antrian yang panjang
dan lama kini pihak SehatQ.com sudah
dapat melakukan booking dokter. Pesanan dokter tersebut disesuaikan terhadap
lokasi pengguna sehingga bisa lebih memudakan pasien mendapatkan tenaga serta
fasilitas kesehatan dengan cepat dan dekat. Di dalam SehatQ.com juga terdapat fitur filter dalam memilih dokter yang
didasarkan kepada fasilitas kesehatan serta jadwal prakter dokternya.
Keempat
adalah rumah sakit.
Pada
SehatQ.com juga memiliki sebuah
fitur mengenai rumah sakit. Artinya fitur tersebut siapa saja dalam hal ini
para pengguna mendapatkan sebuah informasi yang secara lengkap serta akurat
mengenai fasilitas kesehatan. Dimana fasilitas kesehatan yang dipaparkan rumah
sakit, puskesmas, klinik, sampai lab. Tidak hanya itu saja didalam fitur
tersebut juga terdapat beberapa hal lainnya seperti jadwal praktek doket sampai
kategori dokter apa saja yang sedang bertugas dalam fasilitas kesehatan
tersebut. Jika dihitung-hitung didalam SehatQ.com
terdapat fasilitas kesehatan yang sangat banyak untuk memenuhi kebutuhan
masyarakat akan fasilitas kesehatan.
Kelima adalah penyakit.
Dalam
kehidupan sehari-hari terdapat banyak sekali penyakit yang menyerang seseorang.
Agar dapat menyembuhkan penyakit yang menyerang tersebut maka dibutuhkan sebuah
informasi. Informasi yang diberikan haruslah detail, lengkap, sampai akurat.
Dengan hal tersebut harapannya dapat ditemukan berbagai macam jenis pengobatan
sampai pencegahan akan informasi tersebut.
Keenam
adalah chat dokter.
Bisa
dikatakan bahwa fitur chat dokter merupakan fitur yang sangat populer oleh para
penggunanya. Alasan populernya fitur tersebut karena kemudahan yang ditawarkan
bagi para pengguna. Fitur chat dokter tersebut menawarkan sebuah konsultasi
dengan pihak dokter secara gratis melalui media chatting. Tidak hanya dapat
melakukan konsultasi didalam fitur chat dokter juga dapat melakukan berbagai
macam hal seperti tanya jawab sampai diskusi. Sehingga fitur chat dokter
tersebut dapat membuat seseorang pasien dapat berkonsultasi dengan dokter tanpa
harus bertemu secara langsung.
Ketujuh adalah forum.
Kurang
lengkap rasanya jika aplikasi kesehatan tidak memiliki sebuah forum kesehatan.
Forum kesehatan tersebut memungkinkan para pengguna aplikasi tersebut untuk
melakukan tanya jawab mengenai kesehatan. Tanya jawab yang diberikan tersebut
tidak hanya dilakukan oleh pihak pengguna SehatQ.com
juga terhadap dokter. Tanya jawab yang dilakukan adanya sekali dari mulai
penyakit, penyembuhan penyakit, sampai obat. Fitur forum juga dapat membuat
setiap orang dapat melakukan berbagi informasi kesehatan yang dialaminya.
Ketika terjadi kesalahan atau tidak benar dalam forum tersebut juga akan ada
selalu pihak dokter yang memperbaiki ketika pembahas melenceng dari ilmu
pengetahuan.
Kedelapan
adalah kegiatan kesehatan.
Pihak
SehatQ.com juga sering melakukan
berbagai macam kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan. Dimana
kegiatan-kegiatan tersebut memiliki tujuan agar para pengguna aplikasi tersebut
dapat mendapatkan sesuatu ketika mengikuti kegiatan tersebut. Banyak sekali
kegiatan-kegiatan kesehatan yang dilakukan oleh pihak SehatQ.com dari mulai olahraga, seminar, pameran mengenai
kesehatan, sampai penyuluhan mengenai kesehatan. Harapannya dengan diadakan
kegiatan kesehatan tersebut pihak SehatQ.com
dapat menciptakan masyarakat yang memiliki kesehatan yang baik sesuai dengan
standar kesehatan yang ada.
Kesembilan adalah promo-promo.
Fitur
chat dokter bisa dikatakan merupakan fitur unggulan yang disediakan oleh SehatQ.com. Tetapi jika kita sudah
berselancar dalam aplikasi SehatQ.com
ada masih banyak fitur lainnya. Salah satu contoh fitur yang dimiliki oleh SehatQ.com adalah prmo kesehatan.
Promo-promo yang diberikan oleh SehatQ.com
ada banyak sekali dari mulai perawatan gigi, medical check up, sampai
kecantikan. Tentunya promo-promo yang diberikan oleh SehatQ.com disesuaikan dengan lokasi para penggunannya.
Ketika
penulis berselancar dalam lautan aplikasi SehatQ.com
memang ada banyak sekali fitur-fitur didalamnya. Tetapi salah satu fitur-fitur
tersebut telah dipaparkan diatas. Dilihat dari sisi menfaat sudah dapat
dipastikan bahwa SehatQ.com memiliki
banyak sekali manfaatnya. Ternyata aplikasi SehatQ.com juga kini telah mendakatkan sertifikat tanda daftar
Penyelenggara Sistem Elektronik Farmasi (PSEF) dari Kementerian Kesehatan.
Adanya sertifikat tersebut bisa dikatakan merupakan regulisai untuk melakukan
penjualan mengenai obat secara online. Sampai 15 Desember 2021 yang tertulis
pada laman PSEF sudah ada lima penyelenggara PSEF yang telah mendapatkan sertifikat PSEF serta terdaftar dalam Kementerian
Kesehatan salah satunya yaitu SehatQ.com.
Berbicara
penghargaan yang telah didapatkan oleh pihak SehatQ.com juga ada banyak sekali. Dimana salah satu contoh
penghargaan lainnya adalah Indonesia Digital Populer Brand Award (IDPBA) 2020
dari pihak INFOBRAND.ID dan TRAS N CO Indonesia di hari Selasa (27/10). Bisa
dikatakan bahwa penghargaan tersebut diberikan kepada SehatQ.com sebagai bentuk apresiasi serta pengakuan yang diraih
oleh SehatQ.com dalam dunia digita.
Bahkan dapat dikatakan bahwa pihak SehatQ.com
meraih prestasi tersebut dalam waktu yang relatif cepat.
Berbicara keamanan dalam aplikasi SehatQ.com memang ada banyak sekali langkah-langkah yang ditempuh oleh SehatQ.com agar dapat menyediakan fasilitas kesehatan yang baik bagi masyarakat. Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan memiliki sertifikat izin pelaksanaan kegiatan. Memang didalam aplikasi SehatQ.com ada banyak sekali sertifikat izin salah satunya yaitu sertifikat PSEF.
Tidak hanya itu saja ketika sedang adanya berbicara mengenai keamana juga didalam pihak SehatQ.com disediakan sebuah pusat kontak yang dapat didatangi atau dihubungi. Untuk tempat yang dapat didatangi berada di Jl. MH Thamrin no. 51, Jakarta 10350 – Indonesia. Sedangkan untuk cara dihubungi bisa melalui nomor +6221-27899827. Semua hal yang datang dan masuk ke dalam kontak tersebut akan dilayani oleh CS siap merespons pada jam 07.00-20.00. Tetapi jika para pengguna merasa kurang akan dua cara tersebut bisa melakukan cara lain yaitu melalui form bantuan. Respon yang akan diberikan jika melalui form bantuan maksimal 1x24 jam. Dengan hal tersebut harapannya keamanan yang diberikan oleh pihak aplikasi SehatQ.com dapat benar-benar sepenuhnya bagi masyarakat ketika mendapatkan sebuah masalah akan keamanan atau hal lain.
Harapannya dengan adanya tulisan ini masyarakat yang ada di luar sana masih tetap dapat merasakan sampai mendapatkan fasilitas kesehatan sampai tenaga kesehatan yang dibutuhkan terutama ketika sedang terjadi pandemik virus Corona. Sehingga masyarakat diluar sana tidak merasakan kesulitan dalam mendapatkan fasilitas kesehatan terutama bagi masyarakat yang terhalang oleh jarak dan waktu. Kini permasalahan jarak dan waktu dalam mendapatkan fasilitas kesehatan dapat dihapuskan dengan adanya bantuan dari aplikasi SehatQ.com.com yang selalu siap membantu masyarakat mendapatkan fasilitas kesehatan terbaik. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca. Terima kasih.
Sumber
tulisan, gambar, dan video:
- https://money.kompas.com/read/2020/08/07/135352226/riset-kenaikan-biaya-kesehatan-lebih-tinggi-dari-kenaikan-upah
- https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/05/16/kasus-covid-19-bertambah-182-kasus-senin-165
- https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/04/21/2087-tenaga-kesehatan-meninggal-akibat-covid-19-hingga-21-april-2022
- https://www.kompas.com/tren/read/2022/01/21/173000765/fenomena-panic-buying-di-indonesia-dari-susu-beruang-hingga-minyak-goreng?page=all
- https://www.SehatQ.com.com/tentang-kami
- https://www.SehatQ.com.com/review/SehatQ.com-raih-sertifikasi-psef
- https://infobrand.id/makin-populer-di-ranah-digital-SehatQ.com-diganjar-penghargaan-indonesia-digital-populer-brand-2020.phtml
- https://www.youtube.com/watch?v=q5K9qJh7P5Q
- https://pixabay.com/id/illustrations/kerangka-manusia-tubuh-manusia-163715/
- https://pixabay.com/id/illustrations/covid-korona-coronavirus-virus-4948866/
- https://pixabay.com/id/photos/kaleng-susu-bisa-susu-pertanian-1659157/
Belum ada tanggapan untuk "Mendapatkan Fasilitas Kesehatan Saat Pandemik Dengan SehatQ.com"
Posting Komentar