Pendidikan
merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan ini. Bahkan saking
pentinya disini pihak pemerintah sampai mengeluarkan berbagai macam kebijakan
yang memaksa setiap warganya untuk mendapatkan pendidikan dengan layak. Dimana salah
satu contoh kebijakan tersebut seperti 12 tahun wajib belajar. Ya, dengan
adanya kebijakan tersebut membuat setiap anak kecil didalam negara Indonesia
harus mau atau bisa dikatakan wajib untuk mendapatkan minimal selama 12 tahun
dari mulai jenjang pendidikan SD sampai SMA.
Semakin
berkualitasnya pendidikan yang diberikan maka membuat semakin berkualitas akan
sumber daya manusia yang terbentuk. Dengan sudah berkualitasnya sumber daya
manusianya membuat negara tersebut akan bergerak ke arah yang lebih baik lagi
dari pada sebelumnya. Maka dari itu tidak usah heran bahwa kini pihak
pemerintah negara Indonesia terus saja mengupayahkan untuk selalu memperbaiki
setiap permasalahan yang ada didalam dunia pendidikannya.
Berbicara
tentang masalah didalam pendidikan di negara Indonesia memang tidak ada
habisnya. Jika kita paparkan dari hulu sampai hilir akan ditemukan berbagai
masalah didalamnya. Namun ada satu masalah yang kini harus dirasakan oleh pihak
guru ketika sedang berada dizaman yang sudah modern. Dimana permasalahan yaitu
akan keahlian yang dimiliki oleh guru kini dituntut untuk lebih baik dari pada keahlian
guru beberapa tahun kebelakang.
Salah
satu contoh keahliannya kini pihak guru tidak boleh hanya menjadi sosok
pengajar yang hanya memberikan ilmu pengetahuan semata. Alasannya karena jika
sosok guru hanya menjadi pihak pemberi ilmu pengetahuan saja dengan hidup
dizaman yang modern ilmu pengetahuan sudah dapat ditemukan diberbagai macam
cara. Salah satu contoh nyata dengan mudahnya mendapatkan ilmu pengetahuan
adalah melalui internet. Ya, media internet merupakan media yang memberikan
banyak ilmu pengetahuan didalamnya. Ada banyak sekali ilmu pengetahuan yang
dapat dicari mulai dari skill, pengoprasian aplikasi, sampai ilmu pengetahuan
didalam sekolah semua sudah ada didalam media internet.
Tidak
hanya keahlian cara dari penyampaian dari pihak guru kepada para siswa menurut
penulis harus perlahan-lahan diganti. Secara dominan penyampaian guru
menggunakan metode ceramah. Maksud dari metode ceramah adalah pihak guru
menyampaikan sedangkan pihak murid hanya mendengarkan dengan baik. Padahal cara
penyampain metode ceramah menurut penulis memiliki kekurangan didalamnya. Hal
yang paling utama kekurangan dari metode ceramah adalah kurang dapat menarik rasa
penasaran murid untuk mengeksplorasi materi pembelajaran dan timbul rasa malas
mendengarkan karena tidak adanya interaksi antara pihak guru dan murid.
Dari
dua contoh faktor tersebut saja tentunya bisa diibaratkan dapat menjadi sebuah
bom waktu yang dapat meledak sewaktu-waktu. Dimana ledakan yang diberikan akan
memberikan sebuah dampak kurang baik. Alasannya karena para siswa yang
seharusnya dapat berkembang dengan ilmu pengetahuan yang baik malah tidak
berkembang dengan baik. Jika tidak dapat berkembang dengan baik maka pembetukan
sumber daya manusia yang berkualitas menjadi mimpi saja. Padahal saat ini
negara Indonesai sedang membutuhkan banyak sekali sumber daya manusia untuk
merealisasikan cita-citanya. Pastinya ada banyak sekali cita-cita yang mau
direaslisikan namun dalam waktu dekat salah satu contoh cita-cita tersebut
adalah Indonesia Emas 2045.
Indonesia
Emas 2045 merupakan cita-cita yang beberapa tahun lalu digema diberbagai macam
media. Secara sederhana Indonesia Emas 2045 merupakan sebuah kondisi dimana
pada saat itu negara Indonesia sudah dapat menyelesaikan berbagai macam masalah
kompleks dan mampu berdiri secara mandiri diberbagai macam bidang. Tidak hanya
itu saja dimana pada saat tersebut negara Indonesia juga dapat sejajar dengan
berbagai macam negara maju yang sudah lebih dahulu. Maka untuk dapat
merealisasikan cita-cita tersebut maka dibutuhkan perbaikan didalam dunia
pendidikan khususnya dalam keahlian yang dimiliki oleh para gurunya. Berikut ini
adalah beberapa contoh nyata beberapa hal yang harus dirubah keahlian akan yang
dimiliki oleh para guru yang ada di negara Indonesia yaitu:
Pertama
adalah keahlian dalam mengajar yang dapat menarik minat para pelajar untuk mengeksplorasi
lebih dalam akan ilmu pengetahuan yang dimilikinya. Ya, seperti yang kita
ketahui bahwa cara pengajaran yang dilakukan masih didominasi motede ceramah. Terkadang
metode ceramah tersebut membuat para pelajar menjadi bosan. Ketika sudah bosan
maka para pelajar tersebut akan sulit mengeksplorasi ilmu pengetahuan tersebut.
Maka dari itu disini perbaikan yang dilakukan adalah metode penyampaian harus
dapat menarik perhatian dari para siswa. Diawal pempelajaran terlebih dahulu
pihak guru memberikan pertanyaan untuk dapat memancing pendapat para siswa. Ketika
sudah bisa dipancing barulah dimulai materi pembelajaran yang akan disampaikan.
Jika mulai para siswa kurang minat kembali akan pembelajaran pihak guru harus
dapat menyisipkan sebuah beberapa pertanyaan agar para pelajar mau menjawab
pertanyaan tersebut. Jika sudah demikian harapannya dapat terjadi interaksi
yang aktif antara pihak guru dan pihak murid.
Kedua
adalah keahlian yang dapat memberikan contoh nyata akan penggunaan didalam
kehidupan. Memberikan contoh secara nyata akan penggunaan dari berbagai macam
ilmu pengetahuan merupakan cara terbaik menurut penulis agar menarik perhatian
para pelajar. Apalagi jika sudah dipaparkan dengan jelas akan penerapannya
membuat para siswa yang memiliki pemahaman tidak akan berguna bagi kehidupan
sehari-hari menjadi hilang. Dengan diberikan penerapan tersebut kedalam
kehidupan tersebut membuat teori-teori ilmu pengetahuan tidak hanya terjebak
didalam tulisan saja tetapi juga dapat dieksplorasi menjadi sebuah karya yang
bermanfaat bagi kehidupan sang murid karena dapat memahami secara aplikasi akan
ilmu pengetahuan yang diberikan.
Jika
disuruh memaparkan akan keahlian-keahlian yang harus dimiliki oleh guru
pastinya akan ada sangat banyak namun salah satu contohnya telah dipaparkan
oleh penulis. Memang jika membicarakan Kompetensi Guru di waktu Guru Abad 21
memang tidak ada habisnya. Maka untuk dapat mengesplorasi akan keahlian dari
guru dalam membentuk para pelajar menjadi sumber daya berkualitas dibutuhkan
sebuah Platform Mengajar yang
berkualitas. Salah satu contoh Platform Mengajar yang dapat digunakan oleh para guru adalah KOCO Schools.
Apa itu KOCO Schools???
Bisa
diartikan bahwa KOCO Schools adalah
sebuah platform Learning Management System (LMS) yang dirancang untuk
memudahkan akan beberapa hal. Salah satu contohnya adalah dari mulai
administrasi sekolah sampai melakukan kegiatan belajar mengajar yang interaktif
antara pihak guru dengan pihak siswa. Platform LMS Indonesia ini memiliki sifat web-based dan dapat diakses secara
gratis oleh beberapa pihak dari mulai sekolah, guru, dan siswa.
KOCO
merupakan sebuah perusahaan EdTech yang berkembang pesat di kawasan Asia dengan
kantor di negara Singapura, Indonesai, dan India. Aplagi kini dengan masih
terganggunya proses belajar akibat wabah pandemik virus Corona membuat pendiri
KOCO Lenie tahu bahwa harus melakukan sesuatu agar membantu para siswa
beradaptasi dengan pembelajar normal yang baru tersebut. Maka kini KOCO telah
menciptakan sebuah 3 produk yang baru akan dapat membantu komunitas sekolah,
guru, dan orang tua. Dari 3 produk tersebut terdapat KOCO Schools dan KOCO Space yang merupakan platform digital yang
dapat membantu sekolah dan orang tua dalam mengelola studi siswa dan anaknya
menjadi lebih baik. Apalagi kini pihak KOCO juga melakukan berbagai macam kerja
sama dengan perusahaan lainnya seperti Singapore Asia Publishers, Zoom, dan
Google yang dapat memberikan sebuah pengalaman belajar yang terbaik kepada para
siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Jika menganalisis lebih dalam
memang ada banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh KOCO ini dimana salah
satu contohnya adalah sebagai berikut:
Pertama
adalah menyediakan ebook gratis yang berisi pengetahuan. Ya, harus diakui bahwa
didalam KOCO Schools ada banyak
sekali ebook yang disediakan. Bukan hanya banyak ebooknya tetapi harga yang
ditawarkan juga cukup murah dikantong yaitu harganya gratis. Dengan adanya
kedua hal hal tersebut tentunya semakin banyak materi yang dapat diterima
ketika sudah mendownload ebook yang ada didalam KOCO Schools. Salah satu contoh ebook tersebut adalah Hybrid
Learing Pada New Normal. KOCO Schools
berkolaborasi dengan pihak Bu Nadia Cassinie. Dimana pihak Bu Nadia Cassinie
merupakan guru matermatika dan pengembangan Program Matematika di Sekolah Murid
Merdeka untuk memberikan sebuah insights juga sebuah panduan akan Hybrid
Learning sebagai dasar pegangan untuk para guru-guru di seluruh negara
Indonesia.
Kedua
adalah melakukan sebuah webinar agar melakukan share ilmu pengetahuan yang
dimiliki oleh seseorang yang lebih tahu akan ilmu pengetahuan. Salah satu
contoh webinar yang diselenggarakan adalah Webinar Merdeka Mengajar.
#MerdekaMengajar adalah sebuah rangkaian acara dari webinar dan workshop yang
bertujuan untuk dapat mendukung para guru agar dapat mengembangkan sebuah
teknik pembelajaran yang berdasarkan model pedagogik yang terbaru melewati
karakter abad 21.
Didalam
acara sesi tersebut para bapak ataupun ibu guru akan belajar secara langsung
melalui teori dan praktek dari pigak guru yang sudah berpengalaman. Dimana secara
garis besar acara tersebut akan di isi oleh 6 pembicara yang akan berbagai
insights, tips, sampai trik serta dibarengi akan impelementasi dalam bentuk
praktif yang sudah dilakukan sebelumnya.
Tentunya
akan ada banyak sekali akan kelebihan yang dimiliki oleh KOCO Schools tersebut tetapi salah satu contoh dari banyaknya
tersebut telah penulis paparkan didalam tulisan ini. Apakah para pembaca
sekalian memiliki pemahaman atau pendapat yang berbeda akan kelebihan yang
telah dipaparkan oleh penulis???. Jika memang memiliki pemahaman yang berbeda
dari apa yang dipaparkan oleh penulis tidak ada salahnya para pembaca untuk
memaparkan pemahaman tersebut didalam komentar agar dapat terjadi sebuah
interaksi antara pihak pembaca dengan pihak penulis.
Diharapakan
dengan adanya KOCO Schools tersebut
dapat menyelesaikan permasalahan yang ada didalam dunia pendidikan pada negara
Indonesia. Jika sudah terjadi perbaikan tersebut harapan diakhirnya para siswa
yang akan menjadi sumber daya manusia bagi negara Indonesia dapat terpenuhi
serta berkualitas. Diujungnya harapan akhirnya adalah negara Indonesia ini
dapat merealisasikan cita-citanya yaitu Indonesia Emas 2045 menjadi nyata tidak
hanya sekedar teori-teori atau kata-kata manis saja tetapi benar-benar
terealisasikan.
Semoga
tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih.
Sumber
tulisan, gambar, dan video:
- https://www.youtube.com/watch?v=LF6fQiz9erk
- https://www.koco.com.sg/aboutkoco
- https://blog.kocoschools.com/ebook/
- https://blog.kocoschools.com/merdekamengajar/
- https://www.youtube.com/watch?v=1IEBms4yZa4
- https://pixabay.com/id/vectors/pertanyaan-pria-kepala-kesuksesan-2519654/
- https://pixabay.com/id/photos/emas-bar-kekayaan-keuangan-163519/
- https://pixabay.com/id/illustrations/konsultasi-informasi-percakapan-2204253/
Belum ada tanggapan untuk "Keahlian Guru Di Masa Depan Bagi Para Pelajar Dan Platform Pembantunya"
Posting Komentar