Keahlian Guru Di Masa Depan Bagi Para Pelajar Dan Platform Pembantunya

Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan ini. Bahkan saking pentinya disini pihak pemerintah sampai mengeluarkan berbagai macam kebijakan yang memaksa setiap warganya untuk mendapatkan pendidikan dengan layak. Dimana salah satu contoh kebijakan tersebut seperti 12 tahun wajib belajar. Ya, dengan adanya kebijakan tersebut membuat setiap anak kecil didalam negara Indonesia harus mau atau bisa dikatakan wajib untuk mendapatkan minimal selama 12 tahun dari mulai jenjang pendidikan SD sampai SMA.

Semakin berkualitasnya pendidikan yang diberikan maka membuat semakin berkualitas akan sumber daya manusia yang terbentuk. Dengan sudah berkualitasnya sumber daya manusianya membuat negara tersebut akan bergerak ke arah yang lebih baik lagi dari pada sebelumnya. Maka dari itu tidak usah heran bahwa kini pihak pemerintah negara Indonesia terus saja mengupayahkan untuk selalu memperbaiki setiap permasalahan yang ada didalam dunia pendidikannya.

Berbicara tentang masalah didalam pendidikan di negara Indonesia memang tidak ada habisnya. Jika kita paparkan dari hulu sampai hilir akan ditemukan berbagai masalah didalamnya. Namun ada satu masalah yang kini harus dirasakan oleh pihak guru ketika sedang berada dizaman yang sudah modern. Dimana permasalahan yaitu akan keahlian yang dimiliki oleh guru kini dituntut untuk lebih baik dari pada keahlian guru beberapa tahun kebelakang.

Salah satu contoh keahliannya kini pihak guru tidak boleh hanya menjadi sosok pengajar yang hanya memberikan ilmu pengetahuan semata. Alasannya karena jika sosok guru hanya menjadi pihak pemberi ilmu pengetahuan saja dengan hidup dizaman yang modern ilmu pengetahuan sudah dapat ditemukan diberbagai macam cara. Salah satu contoh nyata dengan mudahnya mendapatkan ilmu pengetahuan adalah melalui internet. Ya, media internet merupakan media yang memberikan banyak ilmu pengetahuan didalamnya. Ada banyak sekali ilmu pengetahuan yang dapat dicari mulai dari skill, pengoprasian aplikasi, sampai ilmu pengetahuan didalam sekolah semua sudah ada didalam media internet.

Tidak hanya keahlian cara dari penyampaian dari pihak guru kepada para siswa menurut penulis harus perlahan-lahan diganti. Secara dominan penyampaian guru menggunakan metode ceramah. Maksud dari metode ceramah adalah pihak guru menyampaikan sedangkan pihak murid hanya mendengarkan dengan baik. Padahal cara penyampain metode ceramah menurut penulis memiliki kekurangan didalamnya. Hal yang paling utama kekurangan dari metode ceramah adalah kurang dapat menarik rasa penasaran murid untuk mengeksplorasi materi pembelajaran dan timbul rasa malas mendengarkan karena tidak adanya interaksi antara pihak guru dan murid.

Dari dua contoh faktor tersebut saja tentunya bisa diibaratkan dapat menjadi sebuah bom waktu yang dapat meledak sewaktu-waktu. Dimana ledakan yang diberikan akan memberikan sebuah dampak kurang baik. Alasannya karena para siswa yang seharusnya dapat berkembang dengan ilmu pengetahuan yang baik malah tidak berkembang dengan baik. Jika tidak dapat berkembang dengan baik maka pembetukan sumber daya manusia yang berkualitas menjadi mimpi saja. Padahal saat ini negara Indonesai sedang membutuhkan banyak sekali sumber daya manusia untuk merealisasikan cita-citanya. Pastinya ada banyak sekali cita-cita yang mau direaslisikan namun dalam waktu dekat salah satu contoh cita-cita tersebut adalah Indonesia Emas 2045.

Indonesia Emas 2045 merupakan cita-cita yang beberapa tahun lalu digema diberbagai macam media. Secara sederhana Indonesia Emas 2045 merupakan sebuah kondisi dimana pada saat itu negara Indonesia sudah dapat menyelesaikan berbagai macam masalah kompleks dan mampu berdiri secara mandiri diberbagai macam bidang. Tidak hanya itu saja dimana pada saat tersebut negara Indonesia juga dapat sejajar dengan berbagai macam negara maju yang sudah lebih dahulu. Maka untuk dapat merealisasikan cita-cita tersebut maka dibutuhkan perbaikan didalam dunia pendidikan khususnya dalam keahlian yang dimiliki oleh para gurunya. Berikut ini adalah beberapa contoh nyata beberapa hal yang harus dirubah keahlian akan yang dimiliki oleh para guru yang ada di negara Indonesia yaitu:

Pertama adalah keahlian dalam mengajar yang dapat menarik minat para pelajar untuk mengeksplorasi lebih dalam akan ilmu pengetahuan yang dimilikinya. Ya, seperti yang kita ketahui bahwa cara pengajaran yang dilakukan masih didominasi motede ceramah. Terkadang metode ceramah tersebut membuat para pelajar menjadi bosan. Ketika sudah bosan maka para pelajar tersebut akan sulit mengeksplorasi ilmu pengetahuan tersebut. Maka dari itu disini perbaikan yang dilakukan adalah metode penyampaian harus dapat menarik perhatian dari para siswa. Diawal pempelajaran terlebih dahulu pihak guru memberikan pertanyaan untuk dapat memancing pendapat para siswa. Ketika sudah bisa dipancing barulah dimulai materi pembelajaran yang akan disampaikan. Jika mulai para siswa kurang minat kembali akan pembelajaran pihak guru harus dapat menyisipkan sebuah beberapa pertanyaan agar para pelajar mau menjawab pertanyaan tersebut. Jika sudah demikian harapannya dapat terjadi interaksi yang aktif antara pihak guru dan pihak murid.

Kedua adalah keahlian yang dapat memberikan contoh nyata akan penggunaan didalam kehidupan. Memberikan contoh secara nyata akan penggunaan dari berbagai macam ilmu pengetahuan merupakan cara terbaik menurut penulis agar menarik perhatian para pelajar. Apalagi jika sudah dipaparkan dengan jelas akan penerapannya membuat para siswa yang memiliki pemahaman tidak akan berguna bagi kehidupan sehari-hari menjadi hilang. Dengan diberikan penerapan tersebut kedalam kehidupan tersebut membuat teori-teori ilmu pengetahuan tidak hanya terjebak didalam tulisan saja tetapi juga dapat dieksplorasi menjadi sebuah karya yang bermanfaat bagi kehidupan sang murid karena dapat memahami secara aplikasi akan ilmu pengetahuan yang diberikan.

Jika disuruh memaparkan akan keahlian-keahlian yang harus dimiliki oleh guru pastinya akan ada sangat banyak namun salah satu contohnya telah dipaparkan oleh penulis. Memang jika membicarakan Kompetensi Guru di waktu Guru Abad 21 memang tidak ada habisnya. Maka untuk dapat mengesplorasi akan keahlian dari guru dalam membentuk para pelajar menjadi sumber daya berkualitas dibutuhkan sebuah Platform Mengajar yang berkualitas. Salah satu contoh Platform Mengajar yang dapat digunakan oleh para guru adalah KOCO Schools.

Apa itu KOCO Schools???

Bisa diartikan bahwa KOCO Schools adalah sebuah platform Learning Management System (LMS) yang dirancang untuk memudahkan akan beberapa hal. Salah satu contohnya adalah dari mulai administrasi sekolah sampai melakukan kegiatan belajar mengajar yang interaktif antara pihak guru dengan pihak siswa. Platform LMS Indonesia ini memiliki sifat web-based dan dapat diakses secara gratis oleh beberapa pihak dari mulai sekolah, guru, dan siswa.

KOCO merupakan sebuah perusahaan EdTech yang berkembang pesat di kawasan Asia dengan kantor di negara Singapura, Indonesai, dan India. Aplagi kini dengan masih terganggunya proses belajar akibat wabah pandemik virus Corona membuat pendiri KOCO Lenie tahu bahwa harus melakukan sesuatu agar membantu para siswa beradaptasi dengan pembelajar normal yang baru tersebut. Maka kini KOCO telah menciptakan sebuah 3 produk yang baru akan dapat membantu komunitas sekolah, guru, dan orang tua. Dari 3 produk tersebut terdapat KOCO Schools dan KOCO Space yang merupakan platform digital yang dapat membantu sekolah dan orang tua dalam mengelola studi siswa dan anaknya menjadi lebih baik. Apalagi kini pihak KOCO juga melakukan berbagai macam kerja sama dengan perusahaan lainnya seperti Singapore Asia Publishers, Zoom, dan Google yang dapat memberikan sebuah pengalaman belajar yang terbaik kepada para siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Jika menganalisis lebih dalam memang ada banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh KOCO ini dimana salah satu contohnya adalah sebagai berikut:

Pertama adalah menyediakan ebook gratis yang berisi pengetahuan. Ya, harus diakui bahwa didalam KOCO Schools ada banyak sekali ebook yang disediakan. Bukan hanya banyak ebooknya tetapi harga yang ditawarkan juga cukup murah dikantong yaitu harganya gratis. Dengan adanya kedua hal hal tersebut tentunya semakin banyak materi yang dapat diterima ketika sudah mendownload ebook yang ada didalam KOCO Schools. Salah satu contoh ebook tersebut adalah Hybrid Learing Pada New Normal. KOCO Schools berkolaborasi dengan pihak Bu Nadia Cassinie. Dimana pihak Bu Nadia Cassinie merupakan guru matermatika dan pengembangan Program Matematika di Sekolah Murid Merdeka untuk memberikan sebuah insights juga sebuah panduan akan Hybrid Learning sebagai dasar pegangan untuk para guru-guru di seluruh negara Indonesia.

Kedua adalah melakukan sebuah webinar agar melakukan share ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang yang lebih tahu akan ilmu pengetahuan. Salah satu contoh webinar yang diselenggarakan adalah Webinar Merdeka Mengajar. #MerdekaMengajar adalah sebuah rangkaian acara dari webinar dan workshop yang bertujuan untuk dapat mendukung para guru agar dapat mengembangkan sebuah teknik pembelajaran yang berdasarkan model pedagogik yang terbaru melewati karakter abad 21.

Didalam acara sesi tersebut para bapak ataupun ibu guru akan belajar secara langsung melalui teori dan praktek dari pigak guru yang sudah berpengalaman. Dimana secara garis besar acara tersebut akan di isi oleh 6 pembicara yang akan berbagai insights, tips, sampai trik serta dibarengi akan impelementasi dalam bentuk praktif yang sudah dilakukan sebelumnya.

Tentunya akan ada banyak sekali akan kelebihan yang dimiliki oleh KOCO Schools tersebut tetapi salah satu contoh dari banyaknya tersebut telah penulis paparkan didalam tulisan ini. Apakah para pembaca sekalian memiliki pemahaman atau pendapat yang berbeda akan kelebihan yang telah dipaparkan oleh penulis???. Jika memang memiliki pemahaman yang berbeda dari apa yang dipaparkan oleh penulis tidak ada salahnya para pembaca untuk memaparkan pemahaman tersebut didalam komentar agar dapat terjadi sebuah interaksi antara pihak pembaca dengan pihak penulis.

Diharapakan dengan adanya KOCO Schools tersebut dapat menyelesaikan permasalahan yang ada didalam dunia pendidikan pada negara Indonesia. Jika sudah terjadi perbaikan tersebut harapan diakhirnya para siswa yang akan menjadi sumber daya manusia bagi negara Indonesia dapat terpenuhi serta berkualitas. Diujungnya harapan akhirnya adalah negara Indonesia ini dapat merealisasikan cita-citanya yaitu Indonesia Emas 2045 menjadi nyata tidak hanya sekedar teori-teori atau kata-kata manis saja tetapi benar-benar terealisasikan.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih.

Sumber tulisan, gambar, dan video:

  1. https://www.youtube.com/watch?v=LF6fQiz9erk
  2. https://www.koco.com.sg/aboutkoco
  3. https://blog.kocoschools.com/ebook/
  4. https://blog.kocoschools.com/merdekamengajar/
  5. https://www.youtube.com/watch?v=1IEBms4yZa4
  6. https://pixabay.com/id/vectors/pertanyaan-pria-kepala-kesuksesan-2519654/
  7. https://pixabay.com/id/photos/emas-bar-kekayaan-keuangan-163519/
  8. https://pixabay.com/id/illustrations/konsultasi-informasi-percakapan-2204253/

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Keahlian Guru Di Masa Depan Bagi Para Pelajar Dan Platform Pembantunya"

Posting Komentar