JULO Kredit Digital Bersahaja Dengan Kehidupan Masyarakat

“HEIIII, SAAAAYAAAA TIDAK KENAL DENGAN YANG NAMANYAAAAAA S*I!!!” dengan suara yang tinggi serta dibalut dengan kemarahan sudah memuncak.

Saat mendengar kata-kata tersebut tentunya penulis kaget. Apalagi saat itu kondisi penulis sedang berada di tempat makan. Dimana yang kita ketahui bahwa saat berada ditempat makan suasana dibuat nyaman sekali untuk makan. Namun entah mengapa saat sedang makan sambil mendengar ibu yang mengeluarkan kata-kata tersebut membuat melakukan kegiatan makan menjadi tidak nikmat.

Suara yang dikeluarkan oleh ibu-ibu tersebut kian kencang. Bahkan beberapa kali terdengar sebuah pukulan ke sebuah meja makan. Tentunya hal tersebut membuat menarik perhatian banyak orang-orang yang sedang makan termasuk dengan penulis. Beberapa orang mencoba menenangkan emosi ibu tersebut. Ketika melihat kondisi yang mulai tidak terkendali oleh ibu-ibu tersebut telepon yang diterima langsung saja diputus secara sepihak. Masih teringat didalam ingatan penulis akan ekspresi ibu-ibu tersebut. Kesal, marah, sampai sedih semua campur aduk menjadi satu kesatuan yang digambarkan didalam muka.

Ditelponnya Nomor Di Dalam Kontak Akibat Hutang Kredit Online

Nomor tidak dikenal yang dibumbui oleh suara nada yang cukup kencang ditambah dengan makian. Pastinya ketika mendengar suara tersebut terkejutnya bukan main. Alasan terkejut karena dua hal yaitu orang tidak dikenal bisa tahu nomor hp pribadi dan suara yang kencang ketika diangkat. Tentunya biasanya jika sudah kondisi seperti itu adalah kondisi yang benar-benar genting. Namun ternyata isi dari kondisi tersebut hanyalah makian yang tidak begitu jelas. Bahkan mungkin makian yang diberikan penelpon kepada penerima telpon salah alamat karena yang dihutangi siapa yang menerima makian orang lain.

Kondisi tersebut ternyata tidak hanya terjadi pada ibu-ibu ditempat makan yang sudah dipaparkan oleh penulis diatas tetapi kini dirasakan oleh teman penulis. Teman penulis sebut saja namanya Ali (Nama samaran). Sepengetahuan penulis Ali tidak mungkin sampai melakukan hal tersebut. Penelpon tersebut hampir setiap hari menelepon Ali serta cacimakian. Sudah beberapa kali pula Ali tidak mengenal orang yang berhutang tersebut.

Dari suara penagih hutang tersebut sepertinya seseorang yang meminjam utang kredit online tersebut belum melakukan dua hal. Pertama adalah membayar biaya pokok pinjaman dan kedua membayar bunga maupun denda yang semakin hari makin menggunung seperti jatuhan es di pegunungan. Dan ternyata nomor Ali tersebut digunakan oleh si peminjam sebagai jaminan.

Setelah kejadian yang di alami oleh Ali kini penulis memiliki sebuah tanda tanya yang besar yaitu:

Apakah Kredit Online Itu Hal yang Harus Dihindari Dalam Kehidupan???

Pertanyaan tersebut terus saja terbayang-bayang didalam keseharian penulis. Maka ketika sudah ada pertanyaan tersebut penulis langsung banyak membaca, melihat, sampai menganalisis akan kredit online didalam internet. Emang apa benar kredit online tersebut kurang baik apabila digunakan dalam kehidupan sehari-hari?.

Dengan kondisi sedang berada di tengah-tengah kondisi wabah pandemik virus Corona tentunya menjadi sebuah peluang yang baik bagi kredit online. Dimana kondisi tersebut karena kebutuhan sedang tinggi-tingginya untuk kebutuhan hidup serta sulitnya mencari sumber dana baru karena banyaknya pembatasan aktifitas sehai-hari. Sehingga ketika seseorang sulit mendapatkan keuangan maka solusinya banyak yang menggunakan kredit online.

Berdasarkan data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat bahwa pada bulan Mei 2021 sampai berada di angka Rp 13,16 triliun. Tentunya angka tersebut mengalami kenaikan 8% dibandingkan bulan sebelumnya. Tercatat penyaluran pinjaman tersebut menjadi terbesar didalam setahun terakhir. Pinjaman yang terjadi pada bulan Mei 2021 tersalurkan kepada 38,7 juta entitas peminjam (borrower). Dimana secara mayoritas peminjam berasal dari berasal dari wilayah Jawa sebanyak 33,51 juta orang.

Untuk dapat mengakses kredit online juga langkahnya cukup mudah dibandingkan minjam kepada pihak lain. Cukup berbekal gadget, internet, dan data diri kini seseorang sudah dapat menggunakan layanan dari kredit online. Maka tidak usah heran bahwa kini didalam kehidupan masyarakat kita akan dengan mudah menemukan seseorang yang menggunakan layanan kredit online. Kemudahan yang dirasakan dalam mengakses kredit online ternyata menyimpan sebuah bom waktu.

Bom waktu dari kredit online sudah dapat kita temui dimana-mana. Keresahan sampai keluh kesah terhadap kredit online sudah cukup ramain berkeliling didalam sosial media atau media online lainnya. Bahkan banyak sekali netizen yang sudah menuangkan keluh kesalnya didalam media sosial atas hal-hal didalam kredit online yang digunakan.

Secara nyata banyaknya keresahan yang sudah dituangkan oleh netizen tidak membuat masyarakat jera atas menggunakan layanan kredit online. Jika ditanya alasan utama masih tetap menggunakan layanan kredit online karena kebutuhan mendesak. Dengan alasan kebutuhan mendesak banyak sekali masyarakat yang tidak melihat persyaratan atau hal lainnya secara mendetail.

Umumnya tidak ada yang salah dengan menggunakan layanan kredit online. Apalagi bagi seseorang yang lancar dalam membayar kredit online tentu tidak ada masalah. Munculnya masalah dalam menggunakan layanan kredit online ketika sang penerima pinjaman tersebut tidak mampu untuk membayar uang pokok dan bunga yang telah disepakati. Ketika sudah tidak mampu dalam membayar hutang dari layanan kredit online maka masalah seperti menelpon dengan nada kurang baik itu muncul. Maka dari itu untuk dapat menghindari akan hal-hal yang kurang baik dari layanan kredit online ada beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum menggunakan layanan kredit online. Berikut ini adalah beberapa tips dari layanan kredit online yang harus diperhatikan yaitu:

Pertama adalah mendapatkan izin dari pemerintah dalam hal ini OJK. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merupakan pembaga yang dibentuk oleh pemerintah negara Indonesia. Dimana OJK merupakan lembaga pengawasan yang menyoroti mengenai maraknya aplikasi kredit online yang meresahkan masyarakat. Dengan adanya izin dari OJK tentunya setidaknya masyarakat yang mau meminjam dana dari layanan kredit online dapat diberikan jaminan online pemerintah. Dimana jaminan tersebut adalah layanan kredit online tersebut akan selalu diawasi oleh pemerintah. Apabila sudah mulai menyimpang maka pemerintah dapat mencabut operasional dari layanan kredit online tersebut.

Kedua adalah pahami kebutuhan serta kekuatan pribadi dalam membayar cicilan. Tentunya ketika dana sudah diterima oleh peminjam. Peminjam harus membayar cicilan tersebut setiap bulannya. Disini pihak peminjam harus tau atas kebutuhan serta kekuatan pribadi dalam membayar cicilan tersebut. Apalagi cicilan yang harus dibayar terdiri dari dua hal yaitu uang pokok ditambah dengan bunga. Ketika seseorang tidak bisa membayar disuatu bulan pastinya akan ada biaya tambahan lainnya yang kian memberatkan. Oleh karena itu disini pihak peminjam harus mengetahui atas dana kebutuhan dan kekuatan pribadi dalam membayar cicilan didalam mengakses layanan kredit online tersebut.

Ketiga adalah membaca dan memahami atas persyaratan dan ketentuan. Terkadang kita bisa melihat sangat jarang orang-orang yang membaca persyaratan dan ketentuan saat mau meminjam uang didalam layanan kredit online. Alasannya mungkin ada banyak sekali seperti terlalu banyak halaman, malas membaca, sampai sudah dibutakan oleh dana segar yang akan cair didepan mata. Padahal terkadang didalam syarat dan ketentuan tersebut terdapat sebuah hal yang harus diperhatian. Maka dari itu disini pihak peminjam harus membaca persyaratan dan ketentuan agar dapat terhindar dari hal kurang baik nanti didepan mata.

Ketika mendengar kata kredit online maka ada satu layanan yang terlintas didalam benak penulis. Dimana nama layanan kredit online tersebut adalah JULO. Kini timbul kembali sebuah pertanyaan yaitu:

Apa itu JULO???

Nama JULO diambil dari sebuah istilah yang berasal dari wilayah Sumatera Barat dan Utara yang bernama JULO-JULO. Ketika sedang melaksanakan JULO-JULO maka pemilik modal akan memberikan sebuah kredit kepada orang-orang yang membutuhkan seperti para pedagang tradisional. Sedangkan apabila diartikan JULO merupakan sebuah perusahaan kredit digital yang sudah melakukan revolusi dalam akses produk keuagan kepada berjuta-juta anak bangsa. Tujuan didirikannya JULO adalah untuk dapat memberdayakan masyarakat di negara Indonesia untuk mampu meraih kondisi keuangan yang stabil sehingga kualitas kehidupannya menjadi meningkat.

Ada banyak sekali layanan didalam JULO. Maka agar para pembaca memahaminya penulis akan membahasnya secara kecil. Berikut ini adalah beberapa contoh layanan yang disediakan oleh JULO bagi para pengguna layanannya yaitu:

Pertama adalah Tarik Dana. Didalam layanan Tarik Dana ini terbagi kedalam dua. Tarik Dana dan Kirim Dana merupakan didalam layanan pertama ini. Tentunya kedua layanan tersebut bisa dibutuhkan ketika seseorang membutuhkan dana.

Kedua adalah Pembayaran. Didalam layanan Pembayaran terbagi kedalam beberapa hal seperti listrik PLN, pascabayar, BPJS, pulsa & paket bayar. Layanan pembayaran ini berguna ketika seseorang mau membayar atas kebutuhan sehari-hari. Apalagi ketika sudah memasuki tenor waktu tentunya pembayaran tersebut kian mudah apabila menggunakan layanan yang ada di dalam JULO sehingga tidak perlu lagi mencari toko untuk membayar semua kebutuhan tersebut.

Ketiga adalah E-commers. Didalam JULO juga kita bisa melakukan pembayaran untuk beberapa e-commers yang digunakan didalam masyarakat. Dengan hal tersebut tentunya dapat memudahkan seseorang pembeli ketika mau melakukan transkasi. Apalagi seseorang tersebut kini tidak usah ribet-ribet lagi mencari ATM sebagai tempat pembayaran didalam e-commers.

Keempat adalah dompet digital. Didalam JULO juga kita sebagai pengguna dapat melakukan top-up dompet digital yang biasa digunakan oleh masyarakat. Dengan dapat melakukan top-up maka seseorang tidak usah ribet-ribet lagi melakukan top-up untuk mau menggunakan dompet digital ketika sedang menipis uang didalam dompet digital tersebut.

Dari keempat layanan didalam JULO itu saja dapat membuat kita sebagai pengguna menjadi hidupkan hidupmu dengan baik. Tentunya akan terasa kurang lengkap jika tidak membahas kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh JULO. Setelah membaca, melihat, dan menganalisis mengenai JULO ada beberapa kelebihan menurut penulis mengenai JULO. Dimana berikut ini adalah beberapa contoh kelebihan yang dimiliki JULO menurut penulis yaitu:

Pertama adalah platform kredit digital JULO sudah memiliki izin dan berada dalam pengawasan OJK. Untuk nomor registrasi registrasi S-589/NB.213/2018 sesuai dengan Hukum Republik Indonesia dan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan nomor 77/POJK.01/2016. Dengan sudah memiliki izin tersebut maka JULO pastinya akan selalu melakukan kegiatan operasional sesuai dengan aturan main dari pemerintah sehingga pastinya sudah terjamin beberapa hal seperti aman, terpecaya, dan cepat dalam pelayanannya.

Kedua adalah pinjaman yang besar dengan cicilan yang ringan. Pada JULO akan menyediakan sebuah pinjaman online dengan limit Rp 500.000 sampai 8.000.000 dengan jangka waktu pelunasan pinjaman dari mulai 61-180 atau 2-6 bulan dengan bungga 3-6% per bulan (~APR 36% - 72%). Contoh apabila seseorang meminjam uang sebesar 8 juta maka cicilan yang dilakukan perbulan sebanyak 1,6 juta dengan jenjang waktu 6 bulan atau 1,9 juta dengan jenjang waktu 5 bulan.

Ketiga adalah seperti mendayung satu kali dua atau tiga pulau terlewati. Ya, ketika sudah meminjam dana didalam JULO kita tidak hanya mendatpakan dana saja tetapi ada hal lain. Tentunya sebagai bukti dari point ke tiga ini penulis memaparkannya dari video channel youtube JULO:

Keempat adalah sudah ada testimoni. Tentunya sangat penting untuk sebuah platform kredit online atas testimoni. Alasan pentingnya testimoni penting karena dengan adanya testimoni yang positif maka seseorang akan lebih tertarik menggunakan produk layanan yang diberikan. Didalam JULO juga bisa kita lihat testimoni cukup baik. Supaya lebih jelas maka disini penulis akan memberikan beberapa testimoni akan layanan yang diberikan oleh pihak JULO.

Kelima adalah menyediakan layanan penipuan. Ketika melihat layanan penipuan yang diberikan oleh JULO tentunya hal tersebut merupakan hal positif. Karena didalam kehidupan ini ada banyak sekali penipuan yang dilakukan seperti SMS, WA, email, sampai pembajakan akun. Hal-hal tersebut tentunya sangat merugikan apabila dirasakan oleh seseorang. Maka dari itu untuk menghindari akan hal-hal yang tidak diinginkan tersebut kini pihak JULO menyediakan sebuah layanan penipuan yang dapat dikontak. Berikut ini adalah beberapa kontak yang dapat dihubungi ketika seseorang merasakan penipuan yang terjadi:

Pada dasarnya ada banyak sekali kelebihan-kelebihan lainnya yang dimiliki oleh JULO namun salah satu contoh kelebihan tersebut telah dipaparkan diatas. Apabila para pembaca memiliki pemikiran yang berbeda atas kelebihan yang telah dipaparkan oleh penulis tidak ada salahnya para pembaca memberikan pemikiran tersebut didalam kolom komentar.

Setelah membaca tulisan diatas ada satu kekurangan pada tulisan tersebut yaitu tidak memaparkan akan syarat pengajuan didalam JULO. Maka dari itu disini penulis akan memberikan sebuah video yang memaparkan akan syarat-syarat pengajuan kredit di JULO. Berikut ini video pemaparannya:

Dengan semua hal-hal yang telah dipaparkan diatas membuat penulis menjadi hidupkan hidupmu bersama JULO.

Hah, maksudnya bagaimana hidupkan hidupmu bersama JULO dari sisi penulis???

Cara sederhananya hidupkan hidupmu bersama JULO menurut penulis adalah JULO membantu penulis mengidupkan lagi kehidupan penulis. Dimana cara yang dilakukan oleh JULO adalah dengan memberikan dana atau pinjam uang. Dana yang dapatkan dari JULO diputar kembali oleh penulis dengan cara dibelikan sebuah laptop. Laptop tersebut akan penulis gunakan untuk beberapa hal dari mulai berbisnis, mengerjakan proyek-proyek sambilan, sampai mengikuti lomba secara online. Dari beberapa kegiatan tersebut tentunya membuat penulis mendapatkan beberapa pemasukan. Pemasukan tersebut tentunya akan penulis gunakan untuk membayar cicilan serta membeli beberapa hal untuk meningkatkan skill penulis. Maka diujungnya ketika penulis melakukan hal tersebut dengan jenjang waktu cukup lama bisa dikatakan bahwa kegiatan penulis tersebut bersama JULO seperti hidupakn hidupmu bagi penulis.

Apakah para pembaca memiliki cerita yang berbeda atas hidupkan hidupmu berama JULO?. Apabila ada sebuah cerita tidak ada salahnya para pembaca memaparkan didalam kolom komentar.

Semoga dengan adanya tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih.

Sumber tulisan, gambar, dan video:

  1. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/07/12/penyaluran-pinjaman-fintech-lending-capai-rp-1316-triliun-pada-april-2021
  2. https://www.youtube.com/watch?v=HlnR_gM0gpk
  3. https://www.JULO.co.id/about
  4. https://youtu.be/G956ZqFy_og
  5. https://www.youtube.com/watch?v=CkOMUGJYgy4
  6. https://www.youtube.com/watch?v=jNpGOXUu84A
  7. https://www.youtube.com/watch?v=g60MVhEQtwQ
  8. https://pixabay.com/id/photos/kantor-bisnis-akuntan-akuntansi-620822/
  9. https://pixabay.com/id/photos/telepon-antik-satu-warna-panggil-3594206/
  10. https://pixabay.com/id/photos/perdagangan-elektronik-komputer-2301933/
  11. https://youtu.be/zrrHHYQ8QwA

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "JULO Kredit Digital Bersahaja Dengan Kehidupan Masyarakat"

Posting Komentar