“HEIIII, SAAAAYAAAA TIDAK KENAL DENGAN YANG NAMANYAAAAAA S*I!!!” dengan suara yang tinggi serta dibalut dengan kemarahan sudah memuncak.
Saat mendengar
kata-kata tersebut tentunya penulis kaget. Apalagi saat itu kondisi penulis
sedang berada di tempat makan. Dimana yang kita ketahui bahwa saat berada
ditempat makan suasana dibuat nyaman sekali untuk makan. Namun entah mengapa
saat sedang makan sambil mendengar ibu yang mengeluarkan kata-kata tersebut
membuat melakukan kegiatan makan menjadi tidak nikmat.
Suara yang dikeluarkan
oleh ibu-ibu tersebut kian kencang. Bahkan beberapa kali terdengar sebuah
pukulan ke sebuah meja makan. Tentunya hal tersebut membuat menarik perhatian
banyak orang-orang yang sedang makan termasuk dengan penulis. Beberapa orang
mencoba menenangkan emosi ibu tersebut. Ketika melihat kondisi yang mulai tidak
terkendali oleh ibu-ibu tersebut telepon yang diterima langsung saja diputus
secara sepihak. Masih teringat didalam ingatan penulis akan ekspresi ibu-ibu
tersebut. Kesal, marah, sampai sedih semua campur aduk menjadi satu kesatuan
yang digambarkan didalam muka.
Ditelponnya Nomor Di Dalam Kontak Akibat Hutang
Kredit Online
Nomor tidak dikenal
yang dibumbui oleh suara nada yang cukup kencang ditambah dengan makian.
Pastinya ketika mendengar suara tersebut terkejutnya bukan main. Alasan
terkejut karena dua hal yaitu orang tidak dikenal bisa tahu nomor hp pribadi
dan suara yang kencang ketika diangkat. Tentunya biasanya jika sudah kondisi
seperti itu adalah kondisi yang benar-benar genting. Namun ternyata isi dari
kondisi tersebut hanyalah makian yang tidak begitu jelas. Bahkan mungkin makian
yang diberikan penelpon kepada penerima telpon salah alamat karena yang
dihutangi siapa yang menerima makian orang lain.
Kondisi tersebut
ternyata tidak hanya terjadi pada ibu-ibu ditempat makan yang sudah dipaparkan
oleh penulis diatas tetapi kini dirasakan oleh teman penulis. Teman penulis
sebut saja namanya Ali (Nama samaran). Sepengetahuan penulis Ali tidak mungkin
sampai melakukan hal tersebut. Penelpon tersebut hampir setiap hari menelepon
Ali serta cacimakian. Sudah beberapa kali pula Ali tidak mengenal orang yang
berhutang tersebut.
Dari suara penagih
hutang tersebut sepertinya seseorang yang meminjam utang kredit online tersebut
belum melakukan dua hal. Pertama adalah membayar biaya pokok pinjaman dan kedua
membayar bunga maupun denda yang semakin hari makin menggunung seperti jatuhan
es di pegunungan. Dan ternyata nomor Ali tersebut digunakan oleh si peminjam
sebagai jaminan.
Setelah kejadian yang
di alami oleh Ali kini penulis memiliki sebuah tanda tanya yang besar yaitu:
Apakah
Kredit Online Itu Hal yang Harus Dihindari Dalam Kehidupan???
Pertanyaan tersebut
terus saja terbayang-bayang didalam keseharian penulis. Maka ketika sudah ada
pertanyaan tersebut penulis langsung banyak membaca, melihat, sampai
menganalisis akan kredit online didalam internet. Emang apa benar kredit online
tersebut kurang baik apabila digunakan dalam kehidupan sehari-hari?.
Dengan kondisi sedang
berada di tengah-tengah kondisi wabah pandemik virus Corona tentunya menjadi
sebuah peluang yang baik bagi kredit online. Dimana kondisi tersebut karena kebutuhan
sedang tinggi-tingginya untuk kebutuhan hidup serta sulitnya mencari sumber
dana baru karena banyaknya pembatasan aktifitas sehai-hari. Sehingga ketika
seseorang sulit mendapatkan keuangan maka solusinya banyak yang menggunakan
kredit online.
Berdasarkan data dari
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat bahwa pada bulan Mei 2021 sampai berada
di angka Rp 13,16 triliun. Tentunya angka tersebut mengalami kenaikan 8%
dibandingkan bulan sebelumnya. Tercatat penyaluran pinjaman tersebut menjadi
terbesar didalam setahun terakhir. Pinjaman yang terjadi pada bulan Mei 2021
tersalurkan kepada 38,7 juta entitas peminjam (borrower). Dimana secara
mayoritas peminjam berasal dari berasal dari wilayah Jawa sebanyak 33,51 juta
orang.
Untuk dapat mengakses
kredit online juga langkahnya cukup mudah dibandingkan minjam kepada pihak
lain. Cukup berbekal gadget, internet, dan data diri kini seseorang sudah dapat
menggunakan layanan dari kredit online. Maka tidak usah heran bahwa kini
didalam kehidupan masyarakat kita akan dengan mudah menemukan seseorang yang
menggunakan layanan kredit online. Kemudahan yang dirasakan dalam mengakses
kredit online ternyata menyimpan sebuah bom waktu.
Bom waktu dari kredit
online sudah dapat kita temui dimana-mana. Keresahan sampai keluh kesah
terhadap kredit online sudah cukup ramain berkeliling didalam sosial media atau
media online lainnya. Bahkan banyak sekali netizen yang sudah menuangkan keluh
kesalnya didalam media sosial atas hal-hal didalam kredit online yang
digunakan.
Secara nyata banyaknya
keresahan yang sudah dituangkan oleh netizen tidak membuat masyarakat jera atas
menggunakan layanan kredit online. Jika ditanya alasan utama masih tetap
menggunakan layanan kredit online karena kebutuhan mendesak. Dengan alasan
kebutuhan mendesak banyak sekali masyarakat yang tidak melihat persyaratan atau
hal lainnya secara mendetail.
Umumnya tidak ada yang
salah dengan menggunakan layanan kredit online. Apalagi bagi seseorang yang
lancar dalam membayar kredit online tentu tidak ada masalah. Munculnya masalah
dalam menggunakan layanan kredit online ketika sang penerima pinjaman tersebut
tidak mampu untuk membayar uang pokok dan bunga yang telah disepakati. Ketika
sudah tidak mampu dalam membayar hutang dari layanan kredit online maka masalah
seperti menelpon dengan nada kurang baik itu muncul. Maka dari itu untuk dapat
menghindari akan hal-hal yang kurang baik dari layanan kredit online ada
beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum menggunakan layanan kredit
online. Berikut ini adalah beberapa tips dari layanan kredit online yang harus
diperhatikan yaitu:
Pertama adalah
mendapatkan izin dari pemerintah dalam hal ini OJK. Otoritas Jasa Keuangan
(OJK) merupakan pembaga yang dibentuk oleh pemerintah negara Indonesia. Dimana
OJK merupakan lembaga pengawasan yang menyoroti mengenai maraknya aplikasi
kredit online yang meresahkan masyarakat. Dengan adanya izin dari OJK tentunya
setidaknya masyarakat yang mau meminjam dana dari layanan kredit online dapat
diberikan jaminan online pemerintah. Dimana jaminan tersebut adalah layanan
kredit online tersebut akan selalu diawasi oleh pemerintah. Apabila sudah mulai
menyimpang maka pemerintah dapat mencabut operasional dari layanan kredit
online tersebut.
Kedua adalah pahami
kebutuhan serta kekuatan pribadi dalam membayar cicilan. Tentunya ketika dana
sudah diterima oleh peminjam. Peminjam harus membayar cicilan tersebut setiap
bulannya. Disini pihak peminjam harus tau atas kebutuhan serta kekuatan pribadi
dalam membayar cicilan tersebut. Apalagi cicilan yang harus dibayar terdiri
dari dua hal yaitu uang pokok ditambah dengan bunga. Ketika seseorang tidak
bisa membayar disuatu bulan pastinya akan ada biaya tambahan lainnya yang kian
memberatkan. Oleh karena itu disini pihak peminjam harus mengetahui atas dana
kebutuhan dan kekuatan pribadi dalam membayar cicilan didalam mengakses layanan
kredit online tersebut.
Ketiga adalah membaca
dan memahami atas persyaratan dan ketentuan. Terkadang kita bisa melihat sangat
jarang orang-orang yang membaca persyaratan dan ketentuan saat mau meminjam
uang didalam layanan kredit online. Alasannya mungkin ada banyak sekali seperti
terlalu banyak halaman, malas membaca, sampai sudah dibutakan oleh dana segar
yang akan cair didepan mata. Padahal terkadang didalam syarat dan ketentuan
tersebut terdapat sebuah hal yang harus diperhatian. Maka dari itu disini pihak
peminjam harus membaca persyaratan dan ketentuan agar dapat terhindar dari hal
kurang baik nanti didepan mata.
Ketika mendengar kata
kredit online maka ada satu layanan yang terlintas didalam benak penulis.
Dimana nama layanan kredit online tersebut adalah JULO. Kini timbul kembali sebuah
pertanyaan yaitu:
Apa itu JULO???
Nama JULO
diambil dari sebuah istilah yang berasal dari wilayah Sumatera Barat dan Utara
yang bernama JULO-JULO.
Ketika sedang melaksanakan JULO-JULO maka pemilik modal akan memberikan sebuah
kredit kepada orang-orang yang membutuhkan seperti para pedagang tradisional.
Sedangkan apabila diartikan JULO merupakan sebuah perusahaan kredit digital yang sudah melakukan revolusi dalam akses produk keuagan kepada
berjuta-juta anak bangsa. Tujuan didirikannya JULO adalah untuk dapat
memberdayakan masyarakat di negara Indonesia untuk mampu meraih kondisi
keuangan yang stabil sehingga kualitas kehidupannya menjadi meningkat.
Ada banyak sekali
layanan didalam JULO.
Maka agar para pembaca memahaminya penulis akan membahasnya secara kecil.
Berikut ini adalah beberapa contoh layanan yang disediakan oleh JULO
bagi para pengguna layanannya yaitu:
Pertama adalah Tarik
Dana. Didalam layanan Tarik Dana ini terbagi kedalam dua. Tarik Dana dan Kirim
Dana merupakan didalam layanan pertama ini. Tentunya kedua layanan tersebut
bisa dibutuhkan ketika seseorang membutuhkan dana.
Kedua adalah
Pembayaran. Didalam layanan Pembayaran terbagi kedalam beberapa hal seperti
listrik PLN, pascabayar, BPJS, pulsa & paket bayar. Layanan pembayaran ini
berguna ketika seseorang mau membayar atas kebutuhan sehari-hari. Apalagi
ketika sudah memasuki tenor waktu tentunya pembayaran tersebut kian mudah
apabila menggunakan layanan yang ada di dalam JULO sehingga tidak perlu lagi
mencari toko untuk membayar semua kebutuhan tersebut.
Ketiga adalah
E-commers. Didalam JULO juga kita bisa melakukan pembayaran untuk
beberapa e-commers yang digunakan didalam masyarakat. Dengan hal tersebut
tentunya dapat memudahkan seseorang pembeli ketika mau melakukan transkasi.
Apalagi seseorang tersebut kini tidak usah ribet-ribet lagi mencari ATM sebagai
tempat pembayaran didalam e-commers.
Keempat adalah dompet
digital. Didalam JULO juga kita sebagai pengguna dapat melakukan top-up
dompet digital yang biasa digunakan oleh masyarakat. Dengan dapat melakukan
top-up maka seseorang tidak usah ribet-ribet lagi melakukan top-up untuk mau
menggunakan dompet digital ketika sedang menipis uang didalam dompet digital
tersebut.
Dari keempat layanan
didalam JULO
itu saja dapat membuat kita sebagai pengguna menjadi hidupkan hidupmu dengan
baik. Tentunya akan terasa kurang lengkap jika tidak membahas
kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh JULO. Setelah membaca, melihat, dan
menganalisis mengenai JULO ada beberapa kelebihan menurut penulis
mengenai JULO.
Dimana berikut ini adalah beberapa contoh kelebihan yang dimiliki JULO
menurut penulis yaitu:
Pertama adalah platform
kredit digital JULO
sudah memiliki izin dan berada dalam pengawasan OJK. Untuk nomor registrasi
registrasi S-589/NB.213/2018 sesuai dengan Hukum Republik Indonesia dan
Peraturan Otoritas Jasa Keuangan nomor 77/POJK.01/2016. Dengan sudah memiliki
izin tersebut maka JULO pastinya akan selalu melakukan kegiatan
operasional sesuai dengan aturan main dari pemerintah sehingga pastinya sudah
terjamin beberapa hal seperti aman, terpecaya, dan cepat dalam pelayanannya.
Kedua adalah pinjaman yang besar dengan cicilan yang ringan. Pada JULO akan menyediakan sebuah pinjaman online dengan limit Rp 500.000 sampai 8.000.000 dengan jangka waktu pelunasan pinjaman dari mulai 61-180 atau 2-6 bulan dengan bungga 3-6% per bulan (~APR 36% - 72%). Contoh apabila seseorang meminjam uang sebesar 8 juta maka cicilan yang dilakukan perbulan sebanyak 1,6 juta dengan jenjang waktu 6 bulan atau 1,9 juta dengan jenjang waktu 5 bulan.
Ketiga adalah seperti
mendayung satu kali dua atau tiga pulau terlewati. Ya, ketika sudah meminjam
dana didalam JULO
kita tidak hanya mendatpakan dana saja tetapi ada hal lain. Tentunya sebagai
bukti dari point ke tiga ini penulis memaparkannya dari video channel youtube JULO:
Keempat adalah sudah
ada testimoni. Tentunya sangat penting untuk sebuah platform kredit online atas
testimoni. Alasan pentingnya testimoni penting karena dengan adanya testimoni
yang positif maka seseorang akan lebih tertarik menggunakan produk layanan yang
diberikan. Didalam JULO juga bisa kita lihat testimoni cukup
baik. Supaya lebih jelas maka disini penulis akan memberikan beberapa testimoni
akan layanan yang diberikan oleh pihak JULO.
Kelima adalah
menyediakan layanan penipuan. Ketika melihat layanan penipuan yang diberikan
oleh JULO
tentunya hal tersebut merupakan hal positif. Karena didalam kehidupan ini ada
banyak sekali penipuan yang dilakukan seperti SMS, WA, email, sampai pembajakan
akun. Hal-hal tersebut tentunya sangat merugikan apabila dirasakan oleh
seseorang. Maka dari itu untuk menghindari akan hal-hal yang tidak diinginkan
tersebut kini pihak JULO menyediakan sebuah layanan penipuan yang
dapat dikontak. Berikut ini adalah beberapa kontak yang dapat dihubungi ketika
seseorang merasakan penipuan yang terjadi:
Pada dasarnya ada
banyak sekali kelebihan-kelebihan lainnya yang dimiliki oleh JULO
namun salah satu contoh kelebihan tersebut telah dipaparkan diatas. Apabila
para pembaca memiliki pemikiran yang berbeda atas kelebihan yang telah
dipaparkan oleh penulis tidak ada salahnya para pembaca memberikan pemikiran
tersebut didalam kolom komentar.
Setelah membaca tulisan
diatas ada satu kekurangan pada tulisan tersebut yaitu tidak memaparkan akan
syarat pengajuan didalam JULO. Maka dari itu disini penulis akan
memberikan sebuah video yang memaparkan akan syarat-syarat pengajuan kredit di JULO.
Berikut ini video pemaparannya:
Dengan semua hal-hal
yang telah dipaparkan diatas membuat penulis menjadi hidupkan hidupmu bersama JULO.
Hah, maksudnya bagaimana hidupkan hidupmu bersama JULO
dari sisi penulis???
Cara sederhananya
hidupkan hidupmu bersama JULO menurut penulis adalah JULO
membantu penulis mengidupkan lagi kehidupan penulis. Dimana cara yang dilakukan
oleh JULO
adalah dengan memberikan dana atau pinjam uang. Dana yang dapatkan dari JULO
diputar kembali oleh penulis dengan cara dibelikan sebuah laptop. Laptop
tersebut akan penulis gunakan untuk beberapa hal dari mulai berbisnis,
mengerjakan proyek-proyek sambilan, sampai mengikuti lomba secara online. Dari
beberapa kegiatan tersebut tentunya membuat penulis mendapatkan beberapa
pemasukan. Pemasukan tersebut tentunya akan penulis gunakan untuk membayar
cicilan serta membeli beberapa hal untuk meningkatkan skill penulis. Maka
diujungnya ketika penulis melakukan hal tersebut dengan jenjang waktu cukup
lama bisa dikatakan bahwa kegiatan penulis tersebut bersama JULO
seperti hidupakn hidupmu bagi penulis.
Apakah para pembaca
memiliki cerita yang berbeda atas hidupkan hidupmu berama JULO?. Apabila ada sebuah cerita
tidak ada salahnya para pembaca memaparkan didalam kolom komentar.
Semoga dengan adanya tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih.
Sumber tulisan, gambar,
dan video:
- https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/07/12/penyaluran-pinjaman-fintech-lending-capai-rp-1316-triliun-pada-april-2021
- https://www.youtube.com/watch?v=HlnR_gM0gpk
- https://www.JULO.co.id/about
- https://youtu.be/G956ZqFy_og
- https://www.youtube.com/watch?v=CkOMUGJYgy4
- https://www.youtube.com/watch?v=jNpGOXUu84A
- https://www.youtube.com/watch?v=g60MVhEQtwQ
- https://pixabay.com/id/photos/kantor-bisnis-akuntan-akuntansi-620822/
- https://pixabay.com/id/photos/telepon-antik-satu-warna-panggil-3594206/
- https://pixabay.com/id/photos/perdagangan-elektronik-komputer-2301933/
- https://youtu.be/zrrHHYQ8QwA
Belum ada tanggapan untuk "JULO Kredit Digital Bersahaja Dengan Kehidupan Masyarakat"
Posting Komentar