Pengiriman Barang Bisnis Di Tengah-Tengah Wabah Pandemik Virus Corona

Memiliki sebuah bisnis sendiri didalam menjalani kehidupan sehari-hari merupakan sebuah impian yang sangat diidam-idamkan oleh banyak kalangan apalagi bagi anak muda. Ya, anak muda dizaman modern ini seperti sedang terserang sebuah penyakit atas keinginan memiliki sebuah bisnis yang sukses. Dengan hal tersebut tidak usah heran kalau ada sebuah talkshow yang membahas sukses dalam berbisnis dalam usia muda selalu dipenuhi oleh anak-anak muda. Memang ada banyak sekali faktor pendoronganya namun salah satu contoh faktor pendorong tersebut yaitu memiliki uang yang banyak dari hasil bisnis sendiri ketika muda.

Memang ketika bisnis sudah sukses memberikan sebuah kelebihan. Dimana salah satu contoh kelebihan tersebut yaitu materi yang cukup berlimpah. Adanya materi yang cukup melimpah tersebut maka seseorang khususnya dalam hal ini anak muda dapat membeli segala barang yang belum mampu dia beli sebelumnya. Namun jika sudah berbicara mengenai bisnis yang sudah sukses pastinya tidak hanya menawarkan akan materi yang melimpah tetapi juga waktu kebebasan. Waktu kebebasan bisa didapatkan oleh seseorang pemilik bisnis ketika bisnisnya telah dapat berjalan secara otomatis. Dengan adanya kedua hal tersebut terkadang menjadi sebuah dorongan bagi anak muda untuk dapat merealisasikan sebuah bisnis yang akan dilakukannya.

Merealisasikan sebuah bisnis menurut penulis bisa dikatakan cukup mudah dibandingkan mengelola bisnis tersebut sampai sukses. Karena hanya bermodal sedikit kita dapat dengan mudah membuat sebuah bisnis. Tetapi untuk dapat mempertahankan sebuah bisnis tersebut agar dapat meraih kesuksesan merupakan hal tersulit. Bahkan adanya sekali orang-orang khususnya pemilik bisnis ketika awal-awal harus mengobankan beberapa hal dari mulai waktu, tenaga, sampai pikiran sebelum benar-benar meraih kesuksesan dalam sebuah bisnis.

Pastinya didalam menjalani sebuah bisnsi akan ada selalu pasang surutnya. Apalagi kini dengan kondisi wabah pandemik virus Corona yang terjadi membuat menjalankan sebuah bisnis rasanya sangat sulit. Belum lagi adanya kebijakan yang dibuat pemerintah membuat menjalankan sebuah bisnis menjadi lebih sulit lagi. Dibeberapa bulan belakangan ini atau pada awal-awal kemunculan virus Corona di negara Indonesia pemerintah sepertinya telah membuat berbagai macam kebijakan. Ada banyak sekali kebijakan yang dibuat oleh pemerintah negara Indonesia salah satunya yaitu work from home, sistem belajar secara online, sampai PSBB. Semua kebijakan yang dilakukan tentunya memiliki tujuan untuk dapat menekan penyebaran virus Corona ditengah-tengah kehidupan masyarakat.

Walaupun tujual awalnya baik tetapi ternyata dampak yang diberikan dari tujuan tersebut benar-benar memberikan pukulan besar terutama bagi para pembisnis. Bagaimana tidak adanya kebijakan tersebut serta keinginan masyarakat tidak mau berpergian keluar membuat beberapa bisnis mengalami kemerosotan dalam hal keuntungan. Bahkan terkadang pada beberapa pihak untuk dapat menutup biaya operasional saja rasanya sulit. Jika sudah demikian mungkin dampak yang paling buruk yang harus diterima adalah melakukan gulung tikar. Tentunya melakukan gulung tikar merupakan sebuah pilihan yang tidak diinginkan maka dari itu solusi yang harus dilakukan adalah dengan melakukan sebuah adapatasi.

Ya, adaptasi merupakan salah satu kegiatan yang harus dilakukan. Mungkin secara sederhananya yang harus dilakukan adalah dari merubah bisnis yang biasa dilakukan secara offline kini menjadi online. Dizaman yang sudah serba maju bisnis secara online sedang marak-maraknya terjadi didalam dunia perbisnisan. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk para pemilik bisnis agar melakukan perubahan bisnis menjadi secara online.

Ketika sebuah bisnis berubah dari offline menjadi online pastinya akan ada timbul masalah baru. Dimana masalah baru tersebut terkain dengan pihak pengiriman barang. Pihak pengiriman barang dengan bisnis online bisa diibaratkan seperti sebuah dua sisi pada mata koin. Kedua hal tersebut tentunya tidak dapat dipisahkan. Oleh karena itu maka disini pemilik bisnis harus hati-hati dalam memilih pihak yang akan digunakan dalam mengirimkan paket bisnisnya. Bagi penulis sendiri pihak paket pengiriman pastinya akan menggunakan layanan pengiriman melalui pihak TIKI.

Apa itu TIKI???

TIKI bisa diartikan sebagai sebuah perusahaan jasa pengiriman yang terkemuka di negara Indonesia. Awal mulanya didirikan TIKI pada tahu 1970 yang bertepat di Jakarta. Hingga kini jaringan operasional dari TIKI sudah mencapai 65 kota besar di negara Indonesia. Lebih dari 500 kantor perkawikan serta lebih dari 3700 gerai. Dengan jumlah tersebut tentunya TIKI kini telah memiliki penyerapan tenaga kerja kurang lebih 6.000 karyawan di seluruh negara Indonesia.

Dari layanan dan produk-produk yang berada di TIKI kini sudah mendaptkan berbagai macam penghargaan dari mulai Superbrands Indonesia 2017 dari Superbrands Indonesia, Netizen Courier Service Choice 2017 dari Majalah Warta Ekonomi, Top Brand Award dari Frontier dan Majalah Marketing, Service Quality Award 2016 dari Service Excellence, Pertama di Indonesia TIKI Self Service Machine dari Tras n Co, Indonesia Digital Popular Brand Award 2016 dari Tras n Co, Indonesia E-Commerce Brand Award 2016, Indonesia Wow Brand 2015 dari Markplus, dan Indonesia Most Favorite Women Brand 2015 dari MarkPlus. Tidak hanya pengghargaan itu di tahun 2018 saja TIKI sudah dipercayai lagi atas Penghargaan "Indonesia Business Development Award 2018" kategori "The Best Freight Forwarding Company in Service and Customer Satisfaction of the Year 2018" oleh Indonesia Development Achievement Foundation, pada Oktober 2018; Top Brand Category: Courier Service " in recognition of outstanding achievement in building the top brand "; SQ Category : Courier "For achieving excellent total service quality satisfaction based on customer perception survey SQIndex 2018".

Setelah mencoba layanan dari TIKI ada beberapa hal menarik dari dalam pelayanan dan produk. Berikut ini adalah pemaparan atas pengalaman penulis ketika mencoba layanan dan produk yang berada di TIKI yaitu:

Pertama banyaknya jaringan sehingga dimanapun tujuan pengiriman pastinya dapat sampai barang kepada konsumen. Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya bahwa jaringan TIKI sudah sangat banyak. Dari jaringan yang sudah banyak tersebut tentunya penulis ketika menggunakan layanan TIKI dalam pengiriman barang tidak usah khawatir atas barangan kiriman tidak sampai. Apalagi pihak TIKI juga sudah sangat lama beroperasi yang berkaitan dengan pengiriman. Maka pastinya setiap ada permasalah sudah dapat diatasi dengan mudah. Adanya kondisi tersebut bagi TIKI tentunya membuat para pengguna layanan dan produknya seperti penulis tidak membuat khawatir atas barangnya tidak kekirim ke pada konsumen yang membeli barang penulis tersebut.

Kedua banyak pilihan paket produk yang ditawarkan sehingga mempercepat pengiriman barang. Berbicara pengiriman barang pastinya ada banyak hal keinginan dari calon konsumen. Bagi penulis sendiri biasanya keinginanya adalah mengirimkan barang secara cepat sampai kepada konsumen agar penulis dapat merasakan langsung keuntungan transaksi yang dilakukan. Karena banyak keinginan dari para calon konsumen tersebut kini didalam TIKI sudah disediakan berbagai macam layanan paket produk yang dapat dipilih. Agar lebih mudah maka penulis beriga gambar atas paket produk yang dapat dipilih oleh penulis atau calon konsumen lagi ketika mau menggunakan layanan paket produk dari TIKI.

Ketiga dapat mengecek paket yang kita kirim. Didalam website dari TIKI kita diberikan sebuah layanan. Layanan tersebut adalah cek resesi, cek ongkir, dan cek lokasi. Dari ketiga hal tersebut tentunya memberikan rasa aman atas barang yang dikirim. Dengan mengecek resesi dan lokasi kita dapat mengetahui paket kita sudah sampai mana. Serta dengan mengecek ongkir kita dapat mengetahui atas biaya yang harus dikeluarkan. Semua hal tersebut tentunya memiliki tujuan untuk memberikan kenyamanan bagi para pengguna dalam hal ini penulis sebagai pengguna dari layanan dan produk TIKI.

Setelah ketiga hal tersebut dipaparkan ada satu pertanyaan yang akan menganjal didalam diri para pembaca. Dimana berikut ini adalah pertanyaannya.

Apa Alasan Kita Sebagai Pemiliki Bisnis Harus Menggunakan Layanan Serta Produk Dari TIKI Dalam Melakukan Pengiriman Barang?

Agar lebih jelas disini penulis akan memberikan sebuah alasan melalui sebuah gambar dibawah. Dengan adanya gambar tersebut diharapkan para pembaca mengetahui berbagai alasan harus menggunakan layanan TIKI ketika mau mengirimkan sebuah barang.

Diharapkan diujungnya ketika para pemilik bisnis sudah menggunakan layanan dari TIKI seseorang pemilik bisnsi tersebut dapat bertahan bisnisnya serta merasakan kesuksesan ketika wabah pandemik virus Corona sedang terjadi. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca. Terima kasih.

Sumber gambarv tulisan, dan video:

  1. https://youtu.be/toWwY3o0yAU
  2. https://pixabay.com/id/photos/kertas-bisnis-keuangan-dokumen-3213924/
  3. https://tiki.id/id/beranda
  4. https://pixabay.com/id/photos/fantasi-roh-mimpi-buruk-mimpi-2847724/
  5. https://www.youtube.com/watch?v=9vLeF3a61Zs

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengiriman Barang Bisnis Di Tengah-Tengah Wabah Pandemik Virus Corona"

Posting Komentar