Bertahan Hidup Dengan Website Dan Marketplace Demi Kelangsungan Hidup



Gimana kabarnya saat ini para pembaca?. Apakah kalian para pembaca saat ini masih baik-baik saja ketika masa pandemik virus Corona ini berlangsung?. Semoga kalian para pembaca masih sehat baik itu secara kesehatan ataupun hal lainnya didalam menjalani kehidupan sehari-hari.
Walaupun saat ini masa pandemik virus Corona masih berlangsung tetap saja kita sebagai manusia selalu dituntut untuk selalu menjadi seseorang yang memiliki produktifitas yang tinggi didalam menjalani kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu salah satu cara agar saya sebagai penulis tetap menjadi seseorang yang memiliki produktifitas yang tinggi adalah dengan menulis pada blog ini.

Berdasarkan berbagai macam media baik itu dari dari mulai media elektronik sampai media internet ada banyak sekali yang membahas mengenai dampak dari pandemik virus Corona ini. Dampak yang diberikan dengan adanya pandemik virus Corona tidak pandang bulu baik itu orang dewasa sampai anak kecil dampak merasakan dampanya. Namun yang terlihat jelas secara langsung dampaknya adalah pembatasan kegiatan sehari-hari masyarakat.

Bukan tanpa alasan mengapa pembatasan kegiatan sehari-hari dari masyarakat ini harus dibatasi. Namun salah satu alasannya adalah agar penyebaran dari seseorang ke seseorang didalam masyarakat dapat ditekan. Pastinya akan ada banyak sekali solusi yang dapat dilakukan oleh pemerintah untuk dapat menekan angka penyebaran virus Corona bagi masyarakat ini salah satunya adalah lockdown. Bagi negara Indonesia langkah yang ditempuh saat ini untuk menekan angka penyebaran virus Corona adalah dengan menerapkan PSBB. Kepanjangan dari PSBB adalah Pembatasan sosial berskala Besar.

Adanya penerapan yang dilakukan oleh pemerintah untuk masyarakat diharapkan dapat menekan angka penyebaran virus Corona dilingkungan masyarakat. Penerapan PSBB ini juga menekan setiap orang untuk keluar rumah atau ke luar. Dengan hal tersebut maka kegiatan seperti belajar sampai bekerja diharapkan yang dilakukan oleh masyarakat baik itu anak kecil sampai orang dewasa dilakukan dari dalam rumah. Karena tidak ada orang yang keluar rumah beraktifitas normal maka berbagai macam sektor mulai terkena dampaknya salah satu sektornya adalah ekonomi.

Bidang ekonomi pastinya akan terkena dampak pukulan yang keras ketika aktifitas sehari-hari terganggu. Dengan terganggunya ekonomi pastinya gelombang lainnya akan ikut terbawa salah satunya gelombang PHK atau gelombang pemutusan kerja dari tempat bekerja. Ketika sudah terjadi hal yang tidak diinginkan terjadi pada diri seseorang namun tetap saja kebutuhan hidup harus tetap terpenuhi atau biasa disebut dapur harus tetap mengebul untuk menjalani kehidupan sehari-hari.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh seseorang untuk dapat bertahan hidup ketika hal yang tidak diinginkan itu datang seperti meminjam uang atau berbisnis secara online. Baik itu meminjam uang ataupun melakukan kegiatan bisnis secara online memiliki dampak negatif dan dampak positif yang berbeda-beda bagi seseorang. Untuk langkah meminjam uang dampak positifnya adalah cara cepat jika sudah didapatkan namun dampak negatifnya adalah sulit untuk mencari siapa yang mau minjam uang sampai terkadang sulit untuk mengembalikan uang yang telah dipinjam tersebut. Sedangkan untuk melakukan kegiatan bisnis online positifnya adalah setiap orang dapat melakukannya namun negatifnya membutuhkan kemauan yang besar agar bisnis online ini tetap berjalan.

Ketika awal memulai untuk melaksanakan bisnis online pastinya seseorang memiliki keinginan bahwa bisnis online yang dilakukannya akan berjalan mulus bahkan sukses menjadi mata pencarian dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Namun nyatanya didalam kehidupan untuk dapat merealisasikan keinginan tersebut tidaklah mudah akan selalu ada hambatan sampai rintangan yang menghampiri. Walaupun demikian tetap saja akan ada peluang bisnis online yang sedang dijalankan akan menjadi sukses dan dapat memenuhi kebutuhan hidup dalam masa pandemik virus Corona atau masa depan. Salah satu cara untuk dapat membuat bisnis menjadi lebih besar pelangganya adalah dengan menggunakan website sampai marketplace sebagai media promosinya.

Website dapat diartikan secara garis besar adalah halaman didalam sebuah domain yang ada didalam internet dengan memiliki tujuan yang berbeda-beda. Walaupun demikian website ini dapat diakses oleh orang-orang dengan menggunakan internet. Sedangkan secara garis besar sebuah tempat online yang dapat memberikan fasilitas proses transaksi jual beli. Dapat diibaratkan marketplace ini sebagai sebuah mall dikarenakan konsep dari marketplace ini hampir mirip sama dengan mall. Dimana didalam mall terdapat berbagai macam barang yang dijual untuk dapat melakukan transaksi jual beli.

Pastinya baik itu website maupun marketplace memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Dari sisi kelebihan website bagi seseorang pembisnis online adalah calon pembeli tidak lagi terbatas oleh jarak sampai waktu, melakukan proses perubahan baik itu dari barang atau hal lainnya dapat lebih cepat, dan media membuat pembeli lebih percaya akan produk yang di jual. Namun dari sisi kekurangan dari website bagi seseorang pembisnis online adalah membutuhkan orang yang ahli agar tampilan website menjadi lebih menarik, membutuhkan biaya untuk mendapatkan website yang bagus, dan dampak yang diberikan adanya website tidak dapat terasa bagi pemasukan bisnis online yang sedang dilaksanakan.

Tentunya tidak lengkap jika hanya membahas kelebihan dan kekurangan website tanpa membahas pula akan kelebihan dan kekurangan dari menggunakan marketplace. Kelebihan dari marketplace bagi seseorang pembisnis online adalah banyaknya penjual sehingga pertukaran informasi dapat lebih cepat mengenai sebuah produk barang baru, rasa aman pembeli makin besar maka peluang pembeli makin besar lagi, dan banyaknya promo yang diberikan oleh pemiliki marketplace kepada memilik bisnis online untuk menarik pembeli. Sedangkan kekurangan dari marketplace adalah saingan harga sampai kualitas sangat ketat, harus kreatif sampai inovatif untuk dapat menarik pelanggan, dan masa waktu yang tidak tentu akan keberadaan marketplace.

Dengan adanya kekurangan baik itu yang dimiliki oleh website maupun marketplace dan juga kelebihan yang dimiliki masing-masing maka dibutuhkan sebuah kombinasi. Kombinasi yang dilakukan ini dari dua hal yaitu website dan juga marketplace. Maksud dari kombinasi yang dilakukan disini adalah para pemilik bisnis tidak hanya menggunakan website ataupun marketplace saja tetapi harus menggunakan kedua hal baik itu website maupun marketplace. Harapan besar dengan dilakukan kombinasi dari kedua hal itu akan dapat menekan dampak negatif yang ada di kedua hal dan juga memberikan dampak positif yang besar.

            Ketika sudah dilakukan kombinasi antara website maupun marketplace dalam kegiatan bisnis online maka memberikan dampak positif bagi pemilik bisnis dalam mengembangkan bisnis online lebih maju. Maka ketika sudah dilakukan kombinasi tersebut diujungnya maka diharapkan akan memberikan dampak yang besar dalam kehidupan saat ini yang lagi menghadapi pandemik virus Corona yaitu memberikan kehidupan yang lebih baik lagi dan membuka lapangan kerja bagi orang lain yang membutuhkan kerja. Jadi ayo berubah dan jangan tinggal diam akibat kejadian hidup yang dialami saat ini. Rubahlah kehidupan saat ini menjadi lebih baik lagi dengan menggunakan kombinasi website maupun marketplace. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca khususnya bagi seseorang yang mau mendirikan bisnis online ketika menghadapi kehidupan pandemik virus Corona ini. Terima kasih sudah membaca tulisan ini.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bertahan Hidup Dengan Website Dan Marketplace Demi Kelangsungan Hidup "

Posting Komentar