Tantangan Yang Dihadapi Generasi Milenial Dalam Membangun Ekonomi Digital



Tidak bisa menutup kemungkinan bahwa sekarang ini baik itu perkembangan dan perubahan dari kemajuan teknologi akhir akhir ini bisa sangat dirasakan di berbagai bidang kehidupan. Contohnya saja dengan adanya internet dan hp yang sudah masuk ke berbagai lapisan masyarakat maka memudahkan setiap orang untuk dapat mencari sebuah infomasi yang di butuhkan dalam menjalani kehidupannya. Selain digunakan untuk mencari infomasi dengan adanya internet dan hp ini setiap orang bisa mendapatkan berbagai macam produk produk baik itu barang ataupun jasa dalam satu genggaman. Dengan hal hal yang demikian maka dapat dipastikan bahwa ekonomi digital dapat tumbuh dengan suburnya.

Bukti bahwa ekonomi digital dapat subur adalah ditandai dengan bermunculan ataupun tumbuhnya perusahaan start up yang berbasis aplikasi. Memang tidak dapat menutup kemungkinan bahwa sekarang ini ada banyak sekali start up yang berbasis aplikasi yang dapat membantu masyarakat dalam kehidupannya contohnya saja pertama seperti dapat menghubungkan antara penjual dan pembeli tanpa mengenal waktu dan tempat, kedua adalah dapat membantu masyarakat dalam memberikan sebuah jasa transportasi, dan masih banyak lagi fungsi ataupun kenggunaan dari adanya sebuah start up yang berbasis aplikasi di dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarat.

Memang perubahan ini akan selalu terjadi apalagi perubahan ini juga di picu oleh generasi milenial yang menginginkan di dalam kehidupannya menjadi lebih baik lagi dari pada sebelumnya. Namun pada kenyaataannya para perintis start up berbasis aplikasi ini yang dipicu oleh generasi muda ini tidak selalu mudah kelihatannya akan ada selalu hambatan dan tantangan dalam menghadapai perekonomian digital salah satunya yaitu :

Pertama adalah sumber daya manusia. Dengan peluang pasar yang besar untuk ekonomi digital maka harus dapat diimbangi pula dengen sumber daya manusai yang berkualitas pula. Di era yang digital ini semua orang diharapkan atau dituntut untuk dapat memiliki sebuah keterampilan yang khusus, maka dari itu untuk membentuk ataupun memunculkan keterampilan didalam diri seseorang maka pendidikan saat ini harusnya tidak hanya memiliki focus hanya sebatas pengetahuaan saja namun juga harus lebih ditekan pula pada keterampilan. Diharapkan dengan pengetahuan dan keterampilan yang sudah didapatkan dapat membentuk seseorang tersebut menjadi sumber daya manusia yang berkualitas sehingga dapat menompang akan kebutuhan ekonomi digital di masa yang akan datang.

Kedua adalah fasilitas pendukung ekonomi digital tidak dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Memang sekarang ini untuk fasilitas pendukung ekonomi digital seperti penggunaan hp ini sudah mulai menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Bukti bahwa penggunaan hp ini sudah menyentuh seluruh lapisan masyarakat adalah dari mulai anak kecil sampai orang dewasa dalam menjalani kehidupannya tidak bisa terlepas dari penggunaan hp. Namun yang akan dibahas pada poin ke dua disini bukan penggunaan hp melainkan akses internet. Memang tidak menutup kemungkinan bahwa ada saja beberapa orang kemungkinan tidak bisa mengakses internet di dalam menjalani kehidupannya. Dengan beberapa orang yang tidak dapat mengakses internet tersebut maka pasa ekonomi digital ini kian berkurang akibat beberapa orang belum dapat mengakses internet dalam hidupnya. Maka dari itu diharapkan disini pemerintah dapat membangun fasilitas akses internet bagi seluruh lapisan masyarakat baik itu yang berada di kota ataupun di desa. Diharapkan setelah adanya pemerataan fasilitas dari akses internet ini maka seluruh masyarakat dapat merasakan ekonomi digital dalam menjalani kehidupannya sehari hari.

Ketiga adalah masih ada rasa khawatir dan tidak percaya di dalam penggunaan ekonomi digital. Memang ketika seseorang melakukan sebuah perubahan di dalam kehidupannya pasti saja ada rasa khawatir dan tidak percaya maka begitu pun dengan ekonomi digital ini. Untuk dapat menekan rasa khwatir dan tidak percaya akan ekonomi digital disini pemerintah harus dapat menjamin dan memberikan rasa aman bagi para pengguna ekonomi digital agar masyarakat dapat menggunakan ekonomi digital di dalam kehidupan sehari harinya. Sebenarnya masih ada banyak sekali tantangan dan hambatan dalam menghadapai perekonomian digital namun salah satunya telah disebutkan diatas. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda khususnya bagi anda para pembaca.

Sumber tulisan :

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tantangan Yang Dihadapi Generasi Milenial Dalam Membangun Ekonomi Digital"

Posting Komentar