Solusi Permasalahan Plastik



Permasalahan sampah memang bisa dibilang menjadi permasalahan yang sangat serius atau pun momok menakutkan bagi suatu negara jika tidak ditangani dengan benar dan serius. Memang ada banyak sekali dampak yang diberikan kepada masyarakat jika permasalah sampah ini tidak dapat diselesaikan salah satu dampaknya yaitu pertama adalah bau yang tidak sedap sehingga membuat masyarakat terganggu di dalam menjalani kehidupan sehari harinya, kedua adalah akan menjadi peluang tempat bersarangnya sumber penyakit yang akan membuat masyarakat terjangkit sumber penyakit tersebut, dan masih banyak dampak lainnya yang dapat merugikan masyarakat.

Sampah kantong plastic ini merupakan salah satu contoh sampah yang menjadi permasalahan yang paling sering menjadi limbah plastic. Tidak menutup kemungkinan bahwa di dalam kehidupan masyarakat penggunaan plastic ini sangat banyak sekali. Bukti dari masih banyaknya penggunaan plastic adalah bisa kita lihat saja ketika seseorang berbelanja baik itu dari pasar ataupun tempat perbelanjaan maka tempat untuk membewa belanjaannya akan menggunakan kantong plastic, kantong plastic itu yang digunakan itu secara tidak langsung akan menjadi sampah kantong plastic jika tidak diolah dengan tempat dan benar.

Memang ada banyak sekali faktor faktor kenapa masyarakat masih banyak menggunakan kantong plastic yang berpontensi menjadi sampah plastic di bandingkan dengan yang lainnya. Salah satu contoh alasanya adalah pertama lebih mudah untuk digunakan. Tidak dapat menutup kemungkinan bahwa penggunaan kantong plastic lebih mudah dibandingkan dengan penggunaan alat pembawa lainnya apalagi ketika kita membeli suatu barang biasanya kita diberikan kantong plastic sebagai alat pembawanya. Kedua adalah tidak adanya alat pengganti yang lebih praktis dibandingkan kantong plastic dan masih banyak lagi alasan alasan lainnya mengapa masyarakat lebih memilih kantong plastic dibandingkan yang lainnya walaupun kantong plastic ini berpotensi akan menimbulkan sampah plastic di kemudia hari.
ecobricks
Solusi Sampah Dengan Cara Ecobricks
(Sumber)

Setelah mengetahui alasan mengapa masyarakat lebih memilih kantong plastic maka baik itu pemerintah ataupun masyarakat harus dapat mencari jalan keluar dari permasalahan sampah plastic ini. Pada dasarnya ada banyak sekali jalan keluar dari permasalahan sampah plastic ini namun salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan cara Ecobricks.

Ecobricks adalah teknik mengolah sampah plastik menjadi sebuah benda yang bermanfaat. Kegiatan ini dapat membantu mengurangi menumpuknya sampah plastik di dunia. Caranya cukup mudah dengan cara memasukan plastik bungkus product ke dalam botol plastik , kemudian kita susun menjadi sebuah modul-modul. Mengapa Ecobrick? Ecobricks dapat menjaga agar sampah plastik dan C02 ke luar biosfer. Ecobricks meningkatkan kesadaran penggunaan plastik dan ekologis. Berikut ini merupakan gambar salah satu cara dalam menggunakan Marimas Ecobrick :
 
Cara Membuat Ecobricks Dari Marimas
         (Sumber)
Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih.

Marimas Ecobrick 
  Marimas Ecobrick 
     Marimas Ecobrick 
        Marimas Ecobrick 
           Marimas Ecobrick
              Marimas Ecobrick 
                Marimas Ecobrick 
                  Marimas Ecobrick 

Sumber tulisan :

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Solusi Permasalahan Plastik"

Posting Komentar