Membentuk Anak Agar Mampu Beradaptasi Di Zaman Modern Melalui Peran Orang Tua

Letak geografis 


Jika melihat dari letak secara geografis negara Indonesia terletak di antara dua samudra dan dua benua. Samudra yang mengampit negara Indonesia adalah Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Sedangkan untuk benua yang mengampit negara Indonesia adalah Benua Australia dan Benua Asia. Dengan letaknya itu maka negara Indonesia masuk kedalam negara yang letaknya sangat strategis untuk jalur perdagangan.

Bukti zaman modern 
Selain letaknya yang sangat strategis untuk jalur perdagangan negara Indonesia juga sekarang ini sudah mulai memasuki zaman modern. Memang pada dasarnya sekarang ini negara negara yang ada di berbagai dunia ini mulai memasuki ke zaman modern. Ada banyak sakali bukti bukti yang menunjukan bahwa masyarakat yang ada di negara Indonesia ini sudah memasuki zaman modern. Salah satu contoh buktinya adalah pertama dalam menjalani kehidupan sehari hari sudah mulai bergantung pada internet, kedua adalah dari mulai anak kecil sampai orang dewasa sekarang sudah bukan hal aneh lagi menggunakan hp dalam kesehariannya, dan masih banyak lagi bukti bukti yang menunjukan bahwa masyarakat yang ada di negara Indonesia ini sudah memasuki zaman modern.

Tentunya dengan negara Indonesia ini memasuki zaman modern banyak sekali keuntungan yang bisa di dapat. Salah satu contoh keuntungan negara Indonesia sudah memasuki zaman modern adalah pertama dapat memudahkan dalam menjalani kehidupan sehari hari, kedua adalah berkomunikasi tidak lagi mengenal jarak dan waktu, ketiga adalah dengan mudah dan cepatnya mendapatkan sebuah infomasi, dan masih banyak lagi keuntungan lainnya bagi negara Indonesia yang sudah memasuki zaman modern.

Keunntungan dan kerugian zaman modern 
Dengan zaman modern yang sudah memasuki negara Indonesia ini bisa diibaratkan seperti pisau bermata dua. Disatu sisi zaman modern ini memberikan berbagai macam  keuntungan seperti yang sudah di sebutkan pada paragraf sebelumnya. Namun di sisi lain zaman modern ini memberikan berbagai dampak yang bersifat negatif salah satunya seperti masalah pornografi, lunturnya nilai nilai yang sudah di dalam masyarakat, malas, dan masih banyak lagi.

Dengan dampak negatif yang di berikan oleh zaman modern ini akan berdampak pula pada pembentukan sumber daya manusia di sebuah negara khususnya di negara Indonesia. Tentunya dengan dampak negatif yang di bawa oleh zaman modern akan dapat merusak sumber daya manusia di sebuah negara tersebut maka apabila tidak segera di selesaikan akan membuat negara tersebut menjadi negara yang tertinggal. Untuk menghindari itu maka diperlukan lah sebuah benteng yang kuat untuk dapat terhindar dari dampak negatif yang dapat merusak sumber daya manusia di suatu negara. Benteng yang di masksud dari kalimat diatas adalah pendidikan.

Untuk jalur pendidikan sendiri berdasarkan UU No.20 tahun 2003 Pasal 13 ayat 1 menyatakan bahwa jalur pendidikan terdiri dari pendidikan formal, pendidikan non-formal, dan pendidikan informal. Pendidikan formal adalah sebuah jalur pendidikan dimana pendidikan tersebut sudah terstuktur dan biasanya pendidikan ini ada yang berstatus negeri ataupun swasta. Pendidikan non-formal adalah sebuah jalur pendidikan di luar dari pendidikan formal yang mana dilaksanakanya tetap secara terstruktur. Sedangkan untuk pendidikan informal adalah sebuah jalur pendidikan yang biasanya dilakukan oleh sebuah keluarga ataupun lingkungan yang berbentuk sebuah kegiatan belajar biasanya pendidikan yang masuk kedalam jenis ini dilakukan secara mandiri. Pada tulisan kali ini yang akan dibahas adalah pendidikan dengan jalur informal yang lebih dikhususkan yaitu adalah pendidikan yang dilakukan oleh sebuah keluarga.

Seperti yang sudah kita ketahui atau bahkan sudah kita sadari bahwa keluarga merupakan dasar dari segala jenis pendidikan baik itu pendidikan social, agama, etika, moral, ataupun pendidikan lainnya yang akan berguna bagi anak dikemudian hari. Jadi dapat diartikan bahwa dengan pendidikan yang berkualitas dan bagus yang diberikan oleh keluarga khususnya oleh orang tua baik dari seorang ibu ataupun seorang ayah maka akan berdampak pula perkembangan anak sehingga anak tersebut mampu menghadapi era kekinian maupun zaman modern di masa yang akan datang. Maka dari itu untuk membentuk anak agar mampu menghadapi era kekinian maupun zaman modern orang tua khususnya ibu dan ayah harus menanamkan beberapa hal kepada sang anak salah satu yang harus ditanamkan orang tua kepada anaknya adalah sebagai berikut :

Hitam dan putih kehidupan 
Pertama adalah keluarga khususnya orang tua wajib untuk dapat memberikan sebuah pemahaman kepada anaknya tentang hitam dan putih di dalam kehidupan yang sebenarnya. Dengan diberikannya pemahaman tentang hitam dan putih kehidupan yang sebenarnya bagi sang anak maka diharapkan anak tersebut ketika di berikan sebuah pilihan di dalam menjalani kehidupanya kelak tidak bingung lagi dan tidak salah ketika mengambil keputusan sehingga keputusan yang sudah diambil anak tersebut tidak akan dampak negatif bagi sang anak di dalam menjalani kehidupannya kelak.

Rasa tanggung jawab 
Kedua adalah memberikan rasa tanggung jawab kepada anaknya. Contohnya kegiatannya adalah orang tua mencoba meminta tolong kepada anaknya untuk memberikan sesuatu barang dengan uang yang berlebih. Jika nanti sang anak membawa sesuatu yang bukan permintaan orang tua, orang tua sebaiknya jangan marah terlebih dahulu namun alangkah baiknya anda sebagai orang tua menanyakan alasanya kenapa hal tersebut bisa terjadi seperti itu kepada anak anda setelah anda mengetahui alasanya anda langsung memberikan penjelasan mengenai dampak negatif dan positif dari tindakan yang anak lakukan. Sehingga disini diharapkan orang tua secara tidak sadar sudah memberikan baik itu sebuah pemahaman mengenai dampak positif dan negatif dari tindakan yang diambil sang anak juga memberikan rasa tanggung jawab kepada sang anak.

Komunikasi 
Ketiga adalah menanamkan cara berkomunikasi dan bersikap untuk jenjang yang berbeda. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa negara Indonesia ketika berkomunikasi ataupun bersikat terhadap jenjang yang berbeda memiliki cara yang berbeda beda. Maka dari itu penting sekali bagi orang tua untuk menanamkan cara berkomunikasi dan bersikap untuk jenjang yang berbeda. Dengan sudah memanamkan hal tersebut di harapakan ketika sang anak besar dan sudah berkerja ia bisa menyesuaikan baik itu cara berkomunikasi dan bersifak terhadap atasan, bawahan, ataupun teman di kantornya sehingga sang anak mampu beradaptasi terhadap lingkungan kerjanya.

Keempat adalah menanamkan sifat disiplin kepada anak. Memang sifat disiplin ini merupakan salah satu sifat dari orang orang sukses. Apalagi dengan keinginan orang tua agar anaknya kelak menjadi seorang individu yang sukses maka tidak ada salahnya orang tua dari sejak dini menanamkan sifat disiplin kepada anaknya. Diharapkan pula setelah sang anak mendapatkan sifat disiplin ini akan berdampak pula pada kegiatan sehari hari sehingga anak tersebut mampun untuk sukses sesuai dengan bidangnya.

Pendidikan Agama 
Agar lebih maskimal dalam membentuk sang anak menjadi sebuah individu yang mampu mengahadapi era kekinian atau zaman modern di dalam sebuah keluarga maka sebaiknya  anggota keluarga khususnya orang tua wajib untuk menanamkan pendidikan agama ke dalam diri sang anak. Dengan diberikannya sebuah pendidikan agama oleh orang tua kepada sang anak diharapkan sang anak di masa yang akan datang baik itu tingkah laku maupun perkataannya akan selalu sesuai dengan pendidikan agama yang diberikannya oleh orang tuanya. Apalagi seperti yang sudah kita ketahui bahwa pendidikan agama merupakan pendidikan yang paling dasar dan wajib yang harus di berikan oleh orang tua kepada anaknya.

Memang pada dasarnya masih banyak lagi pemahaman pemahaman yang harus di berikan oleh orang tua kepada anaknya di dalam sebuah keluarga namun salah satunya telah di paragraf atas. Pada kenyataanya memang sangat tidak mudah dalam memberikan sebuah pemahaman yang akan sangat berguna bagi anak dimasa depannya kelak. Akan ada banyak sekali pengorbanan yang perlu dilakukan salah satu contoh dari pengorbanan itu seperti tenaga, waktu, dan masih banyak lagi. Untuk lebih memaksimalkan peran orang tua anda sebaiknya sebagai orang tua dapat mencari informasi tentang cara untuk mengasuh anak di dalam sebuah keluarga dengan mengakses sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi anda khususnya bagi seorang orang tua dalam membentukan anaknya agar kelak di masa yang akan datang sang anak anda bisa menghadapi era kekinian maupun zaman modern. Terima kasih.
#sahabatkeluarga

Sumber tulisan :

a.       Ruangguru. (2017, 19 September). Letak Geografis dan Letak Astronomis Indonesia. Diperoleh 4 Agustus 2018, dari https://blog.ruangguru.com/letak-geografis-dan-letak-astronomis-indonesia
b.      Ekameliyakin. (2013, 26 Juni). Jalur, Jenjang dan Jenis Pendidikan. Diperoleh 4 Agustus 2018, dari https://ekameliyakin.wordpress.com/2013/06/26/jalur-jenjang-dan-jenis-pendidikan/
c.       Sahabatkeluarga. (-).sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id. Diperoleh 5 Agustus 2018, dari https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/laman/index.php?r=tpost/xview&id=39

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Membentuk Anak Agar Mampu Beradaptasi Di Zaman Modern Melalui Peran Orang Tua"

Posting Komentar