Cara Menghadapi Bencana Agar Memperkecil Dampak Negatifnya



Negara Indonesia merupakan salah satu negara yang daerahnya rawan untuk terjadi sebuah bencana. Memang ada banyak sekali bencana yang pernah di alami oleh negara Indonesia ini salah satu contohnya adalah longsor, gempa bumi, tsunami, dan masih banyak lagi. Apalagi di negara Indonesia ini memiliki banyak sekali gunung aktif maka dari itu tidak menutup kemungkinan juga bahwa di negara Indonesia ini memiliki peluang untuk terjadinya gunung meletus.

Peta indeks kerawanan bencana di Indonesia
Sumber : https://www.pemburuombak.com/berita/nasional/item/1750-
indonesia-negara-indah-sekaligus-negara-rawan-gempa-bumi
Tentunya ada penyebab alasan alasan mengapa negara Indonesia menjadi daerah yang rawan terjadinya sebuah bencana. Salah satu contoh alasannya yaitu pertama adalah letak negara Indonesia ini yang berada dipertemuan antara lempeng lempeng teknonik, kedua adalah iklim tropis sehingga membuat hujan dimana hujan tersebut dapat menjadi terjadinya salah satu bencana seperti longsor, dan yang ketiga adalah ulah masyarakat itu sendiri seperti penebang pohon secara besar besar maka akan berdampak pada banjir karena daerah serapan sudah ilang dan masih banyak sekali alasan alasan negara Indonesia ini menjadi rawan.

Memang jika sudah membicarakan hal hal yang berkaitan dengan bencana pastinya harus juga membahas mengenai cara penanganan terhadap bencana tersebut. Pastinya ada banyak sekali cara cara yang bisa dilakukan oleh kita sebagai masyarakat yang tinggal di negara Indonesia ini untuk dapat memperkecil terjadinya kerusakan ataupun dampak negatif dari sebuah bencana yang terjadi. Bahkan sekarang ini dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang sudah sangat maju infomasi infomasi khususnya cara memperkecil dampak negatif dari bencana ini dapat kita temukan di media cetak, media elektronik, sampai social media. Namun salah satu cara yang bisa dilakukan masyarakat salah satunya sebagai berikut :

Pertama mengenali bencana dan mengenali bahaya 
Pertama adalah dengan mengenali bencana dan kenali bahayanya. Dengan masyarakat mengenali bencana dan bahayanya tentunya akan dapat juga mengenai cara cara yang harus dilakukan oleh masyarakat ketika menghadapi bencana tersebut. Contohnya saja ketika masyarakat terjadi sebuah gempa bumi maka masyarakat yang sudah mengenali bencana dan kenali bahayanya akan menghindari akan berlari ketempat yang aman seperti lapangan dan menjaduh dari pohon, kaca, bangunan, dan masih banyak lagi. Diharapkan dengan masyarakat telah mengenali bencana dan kenali bahayanya dapat memperkecil dampak negatif atau dapat kurangi resikonya bagi masyarakat yang diakibatkan oleh bencana yang terjadi.

Kedua menerapkan sadar bencana 
Kedua adalah dengan menerapkan budayasadar bencana bagi seluruh lapisan masyarakat. Memang bencana tidak bisa masyarakat perkirakan kapan datangnya maka dari itu untuk memperkecil dampak yang diberikan oleh bencana tersebut maka masyarakat harus dapat menerapkan budaya sadar bencana. Jadi ketika masyarakat terkena sebuah bencana seperti gempa bumi masyarakat tidak bingung lagi harus berbuat apa dikarenakan masyarakat sudah ditanamnya budaya sadar bencana maka masyarakat ketika menerima bencana secara tidak sadar sudah tau harus berbuat apa dan bagaimana cara menanganinya.

Ketiga menanamkan sejak dini
Ketiga adalah dengan memanamkan sejak dini. Ketika terjadi sebuah bencana pastinya masyarakat sudah secara sadar untuk pergi ke tempat yang aman namun bagaimana dengan anak kecil yang belum tau harus berbuat bagaimana ketika terjadi sebuah bencana. Tentunya jika hal ini terus saja dibiarkan maka tidak menutup kemungkinan bahwa anak kecil tersebut akan menerima dampak yang negatif dari bencana yang terjadi tersebut. Maka dari itu tidak ada salahnya baik itu pihak keluarga, pihak sekolah, ataupun pihak lainnya untuk turut serta dalam menanamkan sebuah ilmu yang berkaitan dengan hal hal dengan menyelamatkan diri ketika terjadi sebuah bencana. Diharapakan anak kacil tersebut dapat menyelamatkan diri tanpa bantuan orang dewasa sehingga dapat memperkecil lagi dampak yang diberikan dari sebuah bencana terutama bagi anak kecil. Memang masih banyak lagi cara yang bisa dilakukan oleh masyarakat agar dapat memperkecil dampak negatif dari sebuah bencana yang terjadi.

Diharapkan setelah masyarakat telah melakukan hal hal seperti yang sudah disebutkan dalam paragraf sebelumnya maka masyarakat dapat lebih siap untuk selamat dalam mengadapi bencana dimasa yang akan datang. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi anda khususnya bagi masyarakat yang mencari infomasi mengenai cara mengadapi bencana. Terima kasih.

#TangguhAward2018 
#BudayaSadarBencana 
#SiapUntukSelamat



 Sumber tulisan :



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Menghadapi Bencana Agar Memperkecil Dampak Negatifnya"

Posting Komentar