Komunikasi


Komunikasi merupakan salah satu kegiatan yang sering kita lakukan setiap harinya. Dari mulai kita masih bayi sampai kita menjadi orang dewasa akan selalu melakukan komunikasi. Tentunya akan ada perbedaan berkomunikasi saat kita masih bayi maupun saat kita sudah dewasa. Mungkin saat kita masih bayi untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain salah satu caranya adalah dengan menangis. Namun saat kita beranjak dewasa untuk berkomunikasi dengan orang lain caranya adalah dengan berbicara.

Komunikasi juga bisa dilakukan secara lisan maupun tulis. Dengan melakukan komunikasi juga memberikan banyak manfaat baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Namun salah satu manfaat dari berkomunikasi dengan orang lain adalah mendapatkan ilmu baru, membentuk suatu ikatan, mendapatkan motivasi, dan masih banyak lagi manfaat dari berkomunikasi dengan orang lain.


Seperti yang sudah kita ketahui juga bahwa sekarang ini perkembangan teknologi dari tahun ke tahun selalu saja mengalami perkembangan yang begituh pesat. Dengan perkembangan teknologi yang pesat ini menghasilkan alat alat canggih untuk membantu kehidupan manusia khususnya dalam hal komunikasi. Untuk sekarang ini agar dapat berkomunikasi kita bisa menggunakan alat komunikasi. Salah satu contoh alat komunikasi yang banyak di gunakan oleh masyarakat saat ini adalah smartphone.

Selain dapat digunakaan untuk berkomunikasi smartphone juga dapat gunakan untuk sms, telpon, media social, video call, dan masih banyak lagi. Apalagi sekarang ini banyak sekali produk produk smarphone yang menambah berbagai fitur tambahan agar memudahkan para konsumen dalam membantu kegiatanya sehari harinya. Dengan manfaat dan berbagai fitur tambahan yang ada di smartphone itu menjadikan smartphone ini banyak diminati oleh banyak masyarakat.

Banyaknya penggunaan smartphone di masyarakat ini juga di dorong oleh berbagai hal salah satu nya adalah pendapatan, gaya hidup, dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya penggunaan smartphone ini tentunya akan memiliki dampak salah satu dampaknya yaitu mengakibatkan kecanduan terhadap smartphone. Ciri ciri dari seseorang kecanduan dengan smartphone adalah merasa tidak nyaman ketika smartphone tertinggal atau tidak di bawa, setiap detik memeriksa smartphone, dan masih banyak lagi. Bahkan ada sebagian masyarakat yang menggunakan smartphone ini tidak kenal tempat dan waktu. Lantas bagaimana caranya agar kita bisa terhindar dari kecanduan smartphone. Berikut adalah cara cara yang dapat anda lakukan agar terhindar dari kencaduan smartphone :

Pertama yaitu sibukanlah diri anda. Dengan anda menyibukan diri anda maka secara tidak sadar anda telah mengalihkan perhatian anda yang awalnya untuk smartphone kini beralih ke aktifitas yang menyibukan anda. Kedua yaitu tidak menambahkan smartphone anda dengan aplikasi yang berlebihan. Ketika smartphone anda dipenuhi dengan banyaknya aplikasi seperti media sosial, game, ataupun yang lainnya. Dengan adanya aplikasi itu membuat diri anda ingin terus mengecek smartphone anda maka dari itu anda dapat dengan bijak dalam memasang aplikasi di dalam smartphone anda. Tentunya masih banyak lagi cara cara yang dapat dilakukan agar terhindar dari kecanduan smartphone namun salah satunya telah di sebutkan di atas.

Memang komunikasi merupakan salah satu kebutuhan manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Namun seiring dengan seiring perkembangan teknologi yang canggih membuat  berkomunikasi ini mulai berubah dari yang di lakukan dengan cara bertemu langsung dengan orang yang mau diajak berkomunikasi sekarang berkomunikasi bisa di lakukan lewat smartphone. Dengan banyaknya penggunaan smartphone ini di masyarakat tentunya memiliki dampak negatif salah satu dampak negatifnya yaitu kecanduan smartphone. Maka dari itu kita sebagai pengguna smartphone harus dapat dengan bijak dalam menggunakan smartphone ini agar kita mendapatkan manfaat dari smartphone ini dan dapat menekan dampak negatif dari penggunaan smartphone ini. Semoga tulisan ini sangat bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Komunikasi"

Posting Komentar