Cara Menciptakan Generasi Cinta Mesjid


Mesjid merupakan pusat pendidikan atau pembelajaran tentang Islam. Selain sebagai pusat pendidikan maupun pembelajaran mesjid juga mempunyai peranan lain yaitu tempat berkumpulnya para ahli agama Islam yang membahas segala hal yang berkaitan dengan Islam, tempat pembinaan jama’ah, dan tempat beribadah. Oleh karena itu sebagai umat muslim kita seharusnya meramaikan mesjid setiap waktu jika kita ingin menjadi seorang hamba yang sholeh.

Namun seiring berjalannya waktu dan juga semakin berkembangnya teknologi berdampak bagi kehidupan dimasyarakat. Hal tersebut dapat dilihat berkurangnya para remaja yang beribadah di mesjid dari waktu ke waktu. Sehingga akibatnya saat ini keadaan mesjid menjadi lebih sepi dari berbagai kegiatan karena jamaahnya berkurang, para remaja lebih senang bermain sosmed ketimbang berkumpul di mesjid mesjid. 

Banyak sekali faktor-faktor yang menyebabkan mesjid dari hari ke hari menjadi sepi entah itu karena faktor internal maupun external. Faktor dari internal yaitu karena para jamaah sholatnya di rumah atapun tempat lain, jaraknya yang lumayan jauh dari tempat kerjanya maupun rumahnya, waktu yang diperlukan lebih lama dibandingkan jika sholat sendiri. Sedangkan untuk faktor external yaitu kurangnya pengurus mesjid dalam melakukan kegiatan yang menarik jamaah di lingkunganya dan kurangnya sosialisasi untuk mengajak para jemaah untuk datang ke mesjid mesjid dari para ulama ulama  mesjid terhadap masyarakat.

Dengan berbagai persoalan itu tentunya kita sebagai umat muslim harus mencari jalan keluar dari permasalahan tersebut. Pencarian jalan keluarnya harus dapat merangkul setiap elemen di dalam masyarakat dari mulai anak kecil sampai ke para ulama. Salah satu caranya yang paling ampuh untuk memakmurkan atau memajukan mesjid yaitu dengan menggunakan teknologi. Maksudnya yaitu jadi kita sebagai seorang muslim, dalam memakmurkan dan memajukan mesjid harus menggunakan teknologi.

Untuk dapat menciptakan generasi yang cinta mesjid di era teknologi yang semakin canggih ini. Banyak sekali langkah atau proses yang dapat dilakukan oleh setiap umat muslim di seluruh dunia agar dapat membentuk generasi yang mencintai mesjid di zaman sekarang ini salah satunya yaitu :

a.       Setiap mengadakan kegiatan mesjid
b.      Buat kegiatan ceramah dengan masalah-masalah anak muda zaman sekarang
c.       Dalam menyampaikan ceramah ditambah dengan animasi, musik, dan infocus
d.      Bahasa yang digunakan dalam ceramah harus sesuai dengan anak muda
e.       Menceritakan kejayaan Islam di tangan anak muda Islam zaman dulu
f.       Ceramah di media sosial seperti Facebook, line, dan lain-lain
g.      Buat musik yang bertema Islami

Dapat disimpulkan untuk membuat generasi cinta mensjid di zaman era teknologi ini dibutuhkan kerja sama dari semua pihak agar dapat terciptanya generasi yang cinta mesjid, tidak hanya cinta mensjid tapi membawa perubuahan positif bagi umat Islam. Selain kerja sama dalam semua pihak, kita juga harus menggunakan teknologi seperti media sosial agar dapat dengan mudah menyampaikan kebaikan dari satu orang ke banyak orang maupun sebaliknya dan diharapakan dapat membuat generasi mudanya mencintai mesjid.


Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Cara Menciptakan Generasi Cinta Mesjid"

  1. Perkenalkan nama saya zull fikar. Dan saya ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH JONOSEUH atas bantuannya selama ini dan saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sukses dan ini semua berkat bantuan MBAH JONOSEUH,selama ini, saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang2 dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya usaha Restoran sendiri,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH JONOSEUH atas bantuan nomor togel dan dana ghaibnya, dan saya yang dulunya pakum karna masalah faktor ekonomi dan kini kami sekeluarga sudah sangat serba berkecukupan dan tidak pernah lagi hutang sana sini,,bagi anda yang punya masalah keuangan jadi jangan ragu-ragu untuk menghubungi MBAH JONOSEUH karna beliau akan membantu semua masalah anda dan baru kali ini juga saya mendaptkan para normal yang sangat hebat dan benar-benar terbukti nyata,ini bukan hanya sekedar cerita atau rekayasa tapi inilah kisah nyata yang benar-benar nyata dari saya dan bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH JONOSEU di 0823 4444 5588 dan ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang ke 2 kalinya terimah kasih..

    BalasHapus