Ada Apa Dengan Infrastruktur Di Indonesia ?



Negara Indonesia dari dulu sudah terkenal dengan keindahan alamnya maka tidak salah jika para wisatawan lokal maupun internasional ingin sekali menjelajahinya. Namun keinginan untuk menjalajahi negara ini tidak berbanding lurus dengan infrastruktur yang ada di negara ini, masih banyak pembangunan infrastruktur di negara ini yang masih belum bisa memberikan pelayanan infrastruktur yang bagus untuk menunjang para wisatawanya untuk dapat menjelajahi negara yang indah ini. Namun apakah anda tau apa itu infrastruktur ? Pengertian Infrastruktur menurut American Public Works Association (Stone, 1974 Dalam Kodoatie,R.J.,2005), adalah fasilitas-fasilitas fisik yang dikembangkan atau dibutuhkan oleh agen-agen publik untuk fungsi-fungsi pemerintahan dalam penyediaan air, tenaga listrik, pembuangan limbah, transportasi dan pelayanan-pelayanan similar untuk memfasilitasi tujuan-tujuan sosial dan ekonomi. Jadi infrastruktur merupakan sistem fisik yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia dalam lingkup sosial dan ekonomi. Seperti yang sudah dijelaskan infrakstruktur diatas menjelaskan seperti jembatan, jalan buat kendaraan, dan masih banyak lagi.

Infrastruktur merupakan sesuatu hal yang sangat penting jika sebuah negara menginginkan pembangunan nasional yang lebih cepat selain itu juga infrastruktur sangat penting karena dengan infrastruktur yang bagus atau baik akan berdampak pada sektor perekonomian. Seperti yang bisa anda lihat di (link) ini, di dalamnya web itu menjelaskan tentang dampak dari infrastruktur mulai dari perekonomian maupun sektor lainnya jadi terangkat atau meningkat karena infrastruktur yang mulai dibenahi. Dengan demikian, pembangunan infrastruktur merupakan sebuah pondasi dari pembangunan ekonomi negara.




Namun untuk membangun infrastruktur yang baik tentunya tidak semudah seperti membalikan telapak tangan tentunya akan selalu ada yang namanya hambatan. Berikut ini merupakan sebuah hambatan yang menghambat pembangunan infrastruktur :

a)      Sumber daya manusia yang masih rendah
Sumber daya manusia merupakan sebuah komponen yang sangat penting dalam pembangunan infrastruktur. Jika sumber daya manusia masih rendah maka pembangunan infrastruktur akan terhambat. Coba anda perhatikan negara-negara di luar sana yang sumber daya alamnya rendah namun infrastruktur sangat bagus apakah itu karena sumber daya manusianya yang berkualitas ? ya tentu karena dengan sumber daya alam saja tidak akan menentukan infrastruktur akan bagus juga. Jadi sumber daya manusia merupakan sebuah komponen yang wajib ditingkatkan kualitasnya agar infrastruktur di Indonesia menjadi lebih baik.

b)      Modal untuk pembangunan infrastruktur
Untuk membangun sebuah infrastruktur yang bagus tentunya membutuhkan modal yang tidak sedikit. Ambil contoh saja untuk membangun sebuah jembatan disebuah desa maka akan dibutuhkan dana yang banyak. Dana tersebut digunakan untuk membayar teknisi-teknisi yangg berpengalaman, material, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu maka pemerintah dan berbagai komponen yang ada di suatu negara itu harus saling bersinergi dalam melancarkan modal, yang dimana modal tersebut akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur dinegara tersebut.

c)      Teknologi dan kualitas pendidikan yang masih rendah
Kualitas pendidikan dan teknologi merupakan dua hal yang saling berkaitan karena dengan kualitas pendidikan yang baik pula akan menghasilkan teknologi baru yang akan menggantikan atau merubah teknologi di dalam bidang infrastruktur menjadi lebih baik dari sebelumnya. Jadi dapat dikatakan untuk menghasilkan sebuah infrastruktur yang lebih baik maka teknologi dan kualitas pendidikan harus ditingkatkan untuk membangun sebuah perekonomian yang lebih baik lagi.


Maka anda dapat menyimpulkan sendiri mengapa jika pembangunan infrastruktur di negara  ini masih tidak bisa merata dari Sabang sampai ke Marauke. Emang tidak salah jika masyarakat di negara ini mengginkan infrastruktur yang merata namun untuk mewujudkan itu perlu beberapa komponen baik itu pemerintah, pihak pemodal, dan masyarakat ikut andil untuk saling membangun dan mendukung dalam pembangunan infrastruktur di negara ini.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Ada Apa Dengan Infrastruktur Di Indonesia ?"

  1. Perkenalkan nama saya zull fikar. Dan saya ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH JONOSEUH atas bantuannya selama ini dan saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sukses dan ini semua berkat bantuan MBAH JONOSEUH,selama ini, saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang2 dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya usaha Restoran sendiri,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH JONOSEUH atas bantuan nomor togel dan dana ghaibnya, dan saya yang dulunya pakum karna masalah faktor ekonomi dan kini kami sekeluarga sudah sangat serba berkecukupan dan tidak pernah lagi hutang sana sini,,bagi anda yang punya masalah keuangan jadi jangan ragu-ragu untuk menghubungi MBAH JONOSEUH karna beliau akan membantu semua masalah anda dan baru kali ini juga saya mendaptkan para normal yang sangat hebat dan benar-benar terbukti nyata,ini bukan hanya sekedar cerita atau rekayasa tapi inilah kisah nyata yang benar-benar nyata dari saya dan bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH JONOSEU di 0823 4444 5588 dan ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang ke 2 kalinya terimah kasih..

    BalasHapus