Meniti Masa Depan Cerah terhadap Peran cmlabs dalam Meningkatkan Literasi di Indonesia

Dalam menjalani kehidupan serba kompetisi ini sangat penting seseorang memiliki literasi tinggi dalam era digital. Apalagi kini berbagai macam teknologi  terus mengalami kemajuan ditambah dengan berubahnya cara berinteraksi dengan dunia nyata. Dimana kini berbagai macam negara-negara  termasuk ke dalam kategori literasi  tinggi seperti Swedia, Norwegia, sampai Finlandia telah membuktikan akan investasi dalam literasi membawa dampak positif  luar biasa. Dimana masyarakat  literasi tinggi di era digital dapat mampu mengakses informasi  lebih bijak sana, memilah milih informasi  benar dari  palsu, sampai mengembangkan keterampilan teknologi  dibutuhkan dalam memenangkan persaingan pada pasar kerja global.

Selain itu masyarakat  memiliki literasi tinggi di era serba digital memungkinkan setiap individu untuk dapat berpartisipasi secara aktif dalam kehidupan  menganut demokratis. Hal tersebut karena setiap individu dapat dengan mudah memahami akan isu-isu terhadap permasalahan di negaranya serta dapat mengambil sebuah keputusan terbaik diantara  terbaik. Belum lagi dengan adanya literasi  tinggi membuat sebuah negara memiliki warganya bersifat kritis, terinformasi, dan siap menghadapi tantangan masa depan. Maka tidak heran sejak zaman dahulu sampai saat ini banyak sekali negara  melakukan investasi terdahap literasi untuk masyarakatnya.

Melihat ke negara sendiri berupa Indonesia menempati ranking ke 62 dari 70 negara jika dilihat dari tingkat literasinya. Ranking tersebut menunjukan bahwa Indonesia berada di posisi 10 negara terbawah terhadap literasi. Ranking tersebut berdasarkan sebuah survei  dilakukan melalui Program for International Student Assessment (PISA)  di rilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019.

Berbicara mengenai literasi dapat mengacu kepada kemampuan seseorang terhadap beberapa hal seperti membaca, memahami, menilai, sampai menggunakan informasi secara efektif. Sehingga ketika berbicara literasi tidak hanya berfokus kepada kemampuan seseorang dalam membaca dan menulis semata tetapi lebih kompleks. Dimana maksud dari kompleks tersebut dapat mencakup akan penerapan konsep-konsep dalam kehidupan sehari-hari. Maka ketika membicara literasi akan melibatkan akan keterampilan seperti berbicara, mendengarkan, berpikir kritis, dan menilai informasi dari berbagai sumber.

Tetapi jika berbicara secara tradisional maka membahas mengenai literasi juga akan berkaitan dengan kemampuan untuk membaca, menulis, sampai menghitung. Kini dengan perkembangan teknologi sampai informasi kini bidang literasi juga mencakup akan literasi digital. Secara arti literasi digital merupakan kemampuan seseorang dalam menggunakan teknologi infromasi dan komunikasi terhadap mencari, mengevaluasi, mengorganisasi, menciptakan, dan berbagi informasi secara efektif.

Ranking tersebut pastinya memberikan sebuah dampak cukup besar bagi masyarakat Indonesia. Hal tersebut dapat terlihat dari terdahap beberapa hal seperti rendahnya daya saing, rendah indeks pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), sampai rendahnya inovasi. Jika hal tersebut terus terjadi secara terus menerus pastinya akan membuat Indonesia akan tertinggal terhadap negara lainnya dalam berkompetisi. Selain itu dengan jenjang cukup lama pastinya akan membuat bangsa Indonesia seperti terjajah di negaranya sendiri. Hal tersebut dapat terjadi karena SDM dimiliki tidak dapat mampu bersaing dengan SDM dari negara lainnya.

Belum lagi total jumlah bahan bacaan dengan total jumlah penduduk Indonesia memiliki rasio nasional di angka 0,09. Secara arti dalam satu buku ditunggu oleh 90 orang untuk setiap tahunnya. Hal tersebut membuat Indonesia memiliki tingkat  rendah dalam indeks kegeraman membaca. Padahal menurut standar dimiliki oleh UNESCO minimal 3 buku baru untuk setiap orang dalam satu tahun. Untuk negara berada di kawasan Asia Timur seperti Korea, Jepang, dan China secara rata-rata telah melewati standar dimiliki UNESCO. Dimana ketiga negara tersebut secara rata-rata telah mencapai 20 buku baru untuk setiap orangnya.

Program Gerakan Literasi Nasional (GLN)  dirancang oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) di mulai tahun 2018 untuk meningkatkan akan literasi ada di masyarakat Indonesia. Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari amanah berada di UUD 1945 untuk mencerdasarkan kehidupan bangsa maka pihak pemerintah akan menjalankan program tersebut dengan cara mengirimkan perdana buku jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Sekolah Dasar (SD) ke wilayah 3T (terdepan, terluar, tertinggal).

Langkah dilakukan tersebut agar dapat mengatasi adanya learning loss signifikan pada kalangan siswa khususnya pada daerah 3T dan mengurangi angka putus sekolah. Melalui program dijalankan tersebut pemerintah juga turut memastikan bahwa buku telah dicetak dapat memiliki kualitas baik maupun tepat sasaran. Sehingga diakhirnya program dilakukan tersebut akan tepat sasaran demi mendukung pendidikan berkualitas di masyarakat Indonesia.

Untuk mengupayahkan dalam meningkatan literasi pihak pemerintah juga melakukan kerja sama dengan beberapa pihak seperti pihak percetakan dilakukan di Klaten, Jawa Tengah. Kerja sama  dilakukan dapat menghasilkan ribuan buku PAUD dan SD. Sedangkan dalam bidang pengiriman buku hasil cetakan didistribukan kepada wilayah 3T pihak pemerintah melakukan kerja sama dengan PT Pos Indonesia. Tugas dari PT Pos Indonesia untuk dapat memastikan distribusi buku tersebut tepat sasaran agar dapat menyukseskan pada program literasi nasional.

Pentingnya buku bermutu bagi anak-anak merupakan fokus utama pada program dilakukan pemerintah. Berdasarkan hasil Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) Buku Bermutu bagi Anak ada prinsip utama buku bermutu yaitu buku memang diinginkan oleh anak, memiliki variasi tema cerita, dan sesuai dengan jenjang pembacanya. Ketersediaan buku-buku bermutu tersebut ada sebuah harapan cerah dibawanya dalam meningkatkan terhadap minat baca anak-anak sejak dini  dapat membantu perkembangan literasi.

Program literasi nasional juga sudah pasti melibatkan banyak pihak termasuk guru dan fasilitator pendamping untuk tingkat pusat, regional, sampai kabupaten didalamnya terdapat para pegiat literasi  ada di masyarakat. Pendampingan dilakukan memiliki tujuan agar para guru sampai fasiltator mampu mengelola dan memanfaatkan buku pengayaan literasi dengan optimal. Langkah konkret dilakukan tersebut diharapkan dapat menciptakan sebuah perubahan positif dalam literasi masyarakat sehingga membuka sebuah pintu kesempatan lebih luas bagi masa depan.

Tetapi jika permasalahan mengenai literasi hanya ditopang oleh pihak pemerintah semata rasanya sangat sulit. Alasannya karena wilayah Indonesia cukup luas dan masyarakat memiliki latar bekalang  berbeda-beda. Kondisi tersebut membuat penanganan antara satu masyarakat dengan masyarakat lain terhadap masalah literasi pastinya akan berbeda-beda pula. Untuk dapat menyukseskan penyelesaian permasalahan akan literasi dibutuhkan pihak lainnya  membantu. Sekian banyak pihak  membantu tersebut dikenal oleh masyarakat secara luas dengan nama cmlabs.

Dapat dikatakan bahwa cmlabs merupakan sebuah brand khusus di bidang Search Enginer Optimization (SEO) berada di bawah nauangan dari PT. cmlabs Indonesia Digital. Lokasi dari perusahaan tersebut berada di kota Jakarta maupun di Malang. Tujuan didirikannya perusahaan tersebut dalam membantu dalam meningkatan visibilitas sebuah brand di internet agar dapat diketahui melalui literasi. Selain itu perusahaan ini juga menyediakan layanan lainnya seperti SEO Tools dapat digunakan secara gratis oleh pengguna selama 24 jam.

Tentunya cmlabs juga memiliki visi jangka pendek sampai panjang. Untuk visi jangka pendek yaitu membangun sebuah produk dan sistem SEO  lebih baik agar dapat membantu pemasaran secara organik. Dimana cmlabs merealisasikan visi tersebut dengan cara memanfaatkan mesin telusur untuk dapat meningkatan sistem (atau produk)  lebih spesifik dan dapat memecahakan masalah pada hasil performa situs. Sedangkan untuk visi jangka panjang yaitu berfokus kepada optimasi mesin telusur (dalam bentuk produk/sistem/pendekatan) lebih baik dari pada lain. Sehingga pihak cmlabs akan terus berdedikasi untuk selalu mempelajari SEO dan mesin telusur dalam menumbuhkan setiap nilai brand, pemasaran organik, dan SEO itu sendiri.

Dalam menjalankan setiap kegiatan dilakukan oleh cmlabs terdapat nilai-nilai dianut seperti In-depth, Data Driven, Progressive, Analytical Thinking, dan Critical Thinking. In-depth merupakan sebuah pemikiran  mendalam akan dasar kokoh bagi para pengguna untuk dapat meningkatkan terhadap produktivitas dan optimalisasi berkualitas. Data Driven merupakan sebuah tindakan menggunakan data sebagai dasar agar dapat menghasilkan prospek baru menjadi lebih optimal. Progressive akan mempercayai bahwa setiap individi butuh dan berhak untuk terus meningkatkan diri di dalam setiap harinya. Analytical Thinking melakukan kolaborasi dan inovasi data agar siap menghasilkan produk pemikiran luar biasa didalamnya. Critical Thinking merupakan sifat kritis dan peka terhadap kondisi  dapat membuka sebuah peluang dari kontribusi dilakukan.

Semakin berjelajah akan seluk beluk didalam cmlabs nyatanya ada banyak sekali layanan didalamnya. Salah satu contoh layanan diberikan dari cmlabs berupa:

Pertama yaitu Jasa SEO. Dimana Jasa SEO untuk perusahaan merupakan sebuah jasa di mana kami menyediakan ruangan diskusi sekaligus mengeksekusi rencana dan stategi SEO dilakukan oleh para Spesialis SEO dimiliki. Atas penggunaan Jasa SEO akan diberikan penyediaan beberapa hal seperti riset kata kunci, menyarankan strategi on-page dan off-page, menyediakan journey map, lanskap kompetitif, dan proyeksi trafik website.

Kedua yaitu Jasa Penulisan Artikel SEO. Disini pihak cmlabs akan menyediakan sebuah penulisan konten memiliki fokus terhadap aspek SEO-Friendly. Tidak hanya itu saja cmlabs juga menyediakan sebuah jumlah artikel diproduksi dengan sangat fleksibel disesuaikan dengan Objective Key Result (OKR) perusahaan atau kompetisi organik di ceruk tertentu. Bahkan artikel diproduksi sebagai besar terdiri dari 750-3000 kata secara lengkap dengan rencana editorial mingguan maupun bulanan.

Ketiga yaitu SEO Expert Writing dengan menyediakan kualitas konten  terverifikasi oleh para Ahli dan SEO-Frendly. Layanan tersebut juga dilengkapi oleh hasil memiliki kualitas tinggi sama halnya dengan Jasa Penulisan SEO diberikan. Tetapi pada Jasa SEO Expert Writing akan meliputi memiliki performa tinggi seperti Layanan Penulisan SEO, dan juga inklusi validasi oleh para ahli di berbagai industri untuk mendapatkan kepercayaan dalam hal reliabilitas dan kepatuhan dengan standar industri  berlaku.

Keempat yaitu Media Buying. Layanan ini akan memberikan sebuah fasilitas kepada pengguna agar dapat menempatkan konten (artikel) di media atau penerbitan online. Dimana secara lebih dalam layanan pada point ini akan yaitu penentuan target audiens, proyeksi pengunjung, jumlah artikel, dan target engagement.

Di dalam kegiatan cmlabs juga selalu berusaha untuk membuat kegiatan SEO menjadi lebih mudah bagi para pengguna dalam hal ini pemula sampai praktisi dengan tingkat lanjut. Dikarenakan itu maka dibutuhkan sebuah pengoptimalan search enginer  membantu dalam pekerjaan tersebut. Kini didalam cmlabs menyediakan sebuah Tools SEO  terdiri lebih dari 20 jenis yaitu:

  1. Word Counter: untuk menghitung jumlah kata, kepadatan kata kunci, paragraf, dll
  2. Title & Lengths Checker: memeriksa panjang informasi meta
  3. JSON-LD Breadcrumb Schema Generator: menghasilkan skema breadcrumb
  4. JSON L-D FAQ Schema Generator: membuat skema FAQ
  5. JSON-LD How-to Schema Generator: menghasilkan schema markup how-to
  6. JSON-LD Job Posting Generator: membuat skema lowongan kerja
  7. JSON-LD Person Schema Generator: menghasilkan skema informasi pribadi
  8. JSON-LD Product Schema Generator: membuat schema markup produk
  9. JSON-LD Recipe Schema Generator: menghasilkan skema resep makanan
  10. JSON-LD Website Schema Generator: membuat skema website
  11. JSON-LD Local Business Schema Generator: membuat skema bisnis lokal
  12. JSON-LD Video Schema Generator: menghasilkan skema video
  13. JSON-LD Event Schema Generator: menghasilkan skema event
  14. JSON-LD Organization Schema Generator: membuat skema organisasi
  15. Page Speed Test: mengecek performa website di perangkat desktop dan mobile
  16. Sitemap Generator: membuat sitemap dalam skrip kode HTML
  17. Mobile Friendly Test: cek mobile friendliness website
  18. SSL Checker: memeriksa validitas sertifikat SSL website
  19. Robot.txt Generator: menghasilkan robot.txt agar pengindeksan lebih efisien
  20. Redirect Chain Checker: menganalisis redirect link
  21. Technology Lookup: mengidentifikasi teknologi untuk membangun website
  22. Link Analyzer: melacak semua URL  ditautkan ke situs web
  23. Hreflang Checker: mengidentifikasi tag hreflang secara otomatis
  24. Keyword Permutation: menghasilkan serangkaian kombinasi kata
  25. Plagiarism Checker: memeriksa orisinalitas tulisan.
  26. Ping Tool: memeriksa konektivitas jaringan dan situs web.
  27. HTTP Header Checker: mengecek permintaan dan respon pada situs web.
  28. robots.txt Checker: memeriksa validitas robots.txt agar pengindeksan lebih efisien
  29. SERP Simulator: mengoptimasi elemen-elemen dan meninjau bagaimana website muncul dalam laman hasil pencarian (SERP)

Banyaknya beberapa hal telah dipaparkan diatas pastinya para pembaca sekalian. Berikut ini adalah satu pertanyaan tersebut yaitu:

Bagaimana Kontribusi  Dilakukan Oleh cmlabs Dalam Mengangkat Derajat Literasi Di Indonesia?

Saat menghadapi tantangan agar dapat meningkatkan literasi di Indonesia kini cmlabs sebagai salah satu pionier tidak kenal lelah dalam memajukan hal tersebut. Banyak sekali gagasan dibumbui akan inisiatif kreatif dalam mengangkat derajat literasi di kalangan masyarakat. Dimana cmlabs akan menawarkan sebuah pendekatan sangat revolusioner melalui aplikasi pembelajaran digital canggih dengan rancangan dapat memikat hati dan membuka pikiran penggunannya. Adanya teknologi berupe kecerdasan buatan tersebut akan dapat menghadirkan sebuah pengalaman belajar disesuaikan terhadap setiap siswa dengan latar belakang berbeda-beda.

Kontribusi diberikan oleh cmlabs dalam menyelesaikan masalah literasi tidak hanya dari sisi pendidikan menakjubkan saja. Tetapi kini kontribusi dilakukan oleh cmlabs juga membuka sebuah pintu akses lebar kepada dunia literasi melalui alat-alat pendidikan secara gratis. Pada buku elektronik sampai video pembelajaran ineraktif tersebut pihak cmlabs juga memastikan bahwa ilmu pengetahuan merupakan sebuah hak bagi setiap orang tanpa terkecuali.

Banyaknya solusi inovatif diberikan maka dapat dikatakan hahwa cmlabs tidak hanya menjadi agen perubahan dalam bidang literasi semata. Tetapi kini adanya kontribusi dari cmlabs juga menjadi sebah teladan bagi pihak lain agar dapat saling bahu membahu dalam meningkatkan literasi pada masyarakat Indonesia. Ketika sudah meningat literasi maka pembentukan SDM di Indonesia akan menjadi berkualtias. Diakhirnya SDM tersebut akan menjadi roda penggerak dalam merealisasikan cita-cita dimasa depan bagi Indonesia salah satunya Indonesia Emas 2045 akan terjadi di depan mata nanti.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca. Terima kasih.

#EmpowerWithWords dan #cmlabsBlogCompetition

Sumber tulisan, gambar, dan video:

  1. https://perpustakaan.kemendagri.go.id/2021/03/tingkat-literasi-indonesia-di-dunia-rendah-ranking-62-dari-70-negara/
  2. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/07/perkuat-semangat-literasi-siswa-pemerintah-sediakan-29-juta-buku-untuk-daerah-3t-di-ntt-dan-ntb
  3. https://www.youtube.com/watch?v=XlLMjzEfoqU
  4. https://www.youtube.com/watch?v=iel0ifWCD3k
  5. https://www.youtube.com/watch?v=w50dGmkf8m8
  6. https://www.youtube.com/watch?v=XPabWCQTj4k
  7. https://cmlabs.co/id-id

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Meniti Masa Depan Cerah terhadap Peran cmlabs dalam Meningkatkan Literasi di Indonesia"

Posting Komentar