Dalam
menjalani kehidupan serba kompetisi ini sangat penting seseorang memiliki
literasi tinggi dalam era digital. Apalagi kini berbagai macam teknologi terus mengalami kemajuan ditambah dengan
berubahnya cara berinteraksi dengan dunia nyata. Dimana kini berbagai macam
negara-negara termasuk ke dalam kategori
literasi tinggi seperti Swedia,
Norwegia, sampai Finlandia telah membuktikan akan investasi dalam literasi
membawa dampak positif luar biasa. Dimana
masyarakat literasi tinggi di era
digital dapat mampu mengakses informasi
lebih bijak sana, memilah milih informasi benar dari
palsu, sampai mengembangkan keterampilan teknologi dibutuhkan dalam memenangkan persaingan pada
pasar kerja global.
Selain
itu masyarakat memiliki literasi tinggi
di era serba digital memungkinkan setiap individu untuk dapat berpartisipasi
secara aktif dalam kehidupan menganut
demokratis. Hal tersebut karena setiap individu dapat dengan mudah memahami
akan isu-isu terhadap permasalahan di negaranya serta dapat mengambil sebuah
keputusan terbaik diantara terbaik.
Belum lagi dengan adanya literasi tinggi
membuat sebuah negara memiliki warganya bersifat kritis, terinformasi, dan siap
menghadapi tantangan masa depan. Maka tidak heran sejak zaman dahulu sampai
saat ini banyak sekali negara melakukan
investasi terdahap literasi untuk masyarakatnya.
Melihat
ke negara sendiri berupa Indonesia menempati ranking ke 62 dari 70 negara jika
dilihat dari tingkat literasinya. Ranking tersebut menunjukan bahwa Indonesia
berada di posisi 10 negara terbawah terhadap literasi. Ranking tersebut
berdasarkan sebuah survei dilakukan
melalui Program for International Student Assessment (PISA) di rilis Organization for Economic
Co-operation and Development (OECD) pada 2019.
Berbicara
mengenai literasi dapat mengacu kepada kemampuan seseorang terhadap beberapa
hal seperti membaca, memahami, menilai, sampai menggunakan informasi secara
efektif. Sehingga ketika berbicara literasi tidak hanya berfokus kepada
kemampuan seseorang dalam membaca dan menulis semata tetapi lebih kompleks.
Dimana maksud dari kompleks tersebut dapat mencakup akan penerapan
konsep-konsep dalam kehidupan sehari-hari. Maka ketika membicara literasi akan
melibatkan akan keterampilan seperti berbicara, mendengarkan, berpikir kritis,
dan menilai informasi dari berbagai sumber.
Tetapi
jika berbicara secara tradisional maka membahas mengenai literasi juga akan
berkaitan dengan kemampuan untuk membaca, menulis, sampai menghitung. Kini
dengan perkembangan teknologi sampai informasi kini bidang literasi juga
mencakup akan literasi digital. Secara arti literasi digital merupakan
kemampuan seseorang dalam menggunakan teknologi infromasi dan komunikasi
terhadap mencari, mengevaluasi, mengorganisasi, menciptakan, dan berbagi informasi
secara efektif.
Ranking
tersebut pastinya memberikan sebuah dampak cukup besar bagi masyarakat
Indonesia. Hal tersebut dapat terlihat dari terdahap beberapa hal seperti
rendahnya daya saing, rendah indeks pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), sampai
rendahnya inovasi. Jika hal tersebut terus terjadi secara terus menerus
pastinya akan membuat Indonesia akan tertinggal terhadap negara lainnya dalam
berkompetisi. Selain itu dengan jenjang cukup lama pastinya akan membuat bangsa
Indonesia seperti terjajah di negaranya sendiri. Hal tersebut dapat terjadi
karena SDM dimiliki tidak dapat mampu bersaing dengan SDM dari negara lainnya.
Belum
lagi total jumlah bahan bacaan dengan total jumlah penduduk Indonesia memiliki
rasio nasional di angka 0,09. Secara arti dalam satu buku ditunggu oleh 90
orang untuk setiap tahunnya. Hal tersebut membuat Indonesia memiliki
tingkat rendah dalam indeks kegeraman
membaca. Padahal menurut standar dimiliki oleh UNESCO minimal 3 buku baru untuk
setiap orang dalam satu tahun. Untuk negara berada di kawasan Asia Timur
seperti Korea, Jepang, dan China secara rata-rata telah melewati standar
dimiliki UNESCO. Dimana ketiga negara tersebut secara rata-rata telah mencapai
20 buku baru untuk setiap orangnya.
Program
Gerakan Literasi Nasional (GLN)
dirancang oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa),
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) di
mulai tahun 2018 untuk meningkatkan akan literasi ada di masyarakat Indonesia.
Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari amanah berada di UUD 1945 untuk
mencerdasarkan kehidupan bangsa maka pihak pemerintah akan menjalankan program
tersebut dengan cara mengirimkan perdana buku jenjang Pendidikan Anak Usia Dini
(PAUD) dan Sekolah Dasar (SD) ke wilayah 3T (terdepan, terluar, tertinggal).
Langkah
dilakukan tersebut agar dapat mengatasi adanya learning loss signifikan pada
kalangan siswa khususnya pada daerah 3T dan mengurangi angka putus sekolah.
Melalui program dijalankan tersebut pemerintah juga turut memastikan bahwa buku
telah dicetak dapat memiliki kualitas baik maupun tepat sasaran. Sehingga
diakhirnya program dilakukan tersebut akan tepat sasaran demi mendukung
pendidikan berkualitas di masyarakat Indonesia.
Untuk
mengupayahkan dalam meningkatan literasi pihak pemerintah juga melakukan kerja
sama dengan beberapa pihak seperti pihak percetakan dilakukan di Klaten, Jawa
Tengah. Kerja sama dilakukan dapat
menghasilkan ribuan buku PAUD dan SD. Sedangkan dalam bidang pengiriman buku
hasil cetakan didistribukan kepada wilayah 3T pihak pemerintah melakukan kerja
sama dengan PT Pos Indonesia. Tugas dari PT Pos Indonesia untuk dapat
memastikan distribusi buku tersebut tepat sasaran agar dapat menyukseskan pada
program literasi nasional.
Pentingnya
buku bermutu bagi anak-anak merupakan fokus utama pada program dilakukan
pemerintah. Berdasarkan hasil Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) Buku Bermutu
bagi Anak ada prinsip utama buku bermutu yaitu buku memang diinginkan oleh
anak, memiliki variasi tema cerita, dan sesuai dengan jenjang pembacanya.
Ketersediaan buku-buku bermutu tersebut ada sebuah harapan cerah dibawanya
dalam meningkatkan terhadap minat baca anak-anak sejak dini dapat membantu perkembangan literasi.
Program
literasi nasional juga sudah pasti melibatkan banyak pihak termasuk guru dan
fasilitator pendamping untuk tingkat pusat, regional, sampai kabupaten
didalamnya terdapat para pegiat literasi
ada di masyarakat. Pendampingan dilakukan memiliki tujuan agar para guru
sampai fasiltator mampu mengelola dan memanfaatkan buku pengayaan literasi
dengan optimal. Langkah konkret dilakukan tersebut diharapkan dapat menciptakan
sebuah perubahan positif dalam literasi masyarakat sehingga membuka sebuah
pintu kesempatan lebih luas bagi masa depan.
Tetapi
jika permasalahan mengenai literasi hanya ditopang oleh pihak pemerintah semata
rasanya sangat sulit. Alasannya karena wilayah Indonesia cukup luas dan
masyarakat memiliki latar bekalang
berbeda-beda. Kondisi tersebut membuat penanganan antara satu masyarakat
dengan masyarakat lain terhadap masalah literasi pastinya akan berbeda-beda
pula. Untuk dapat menyukseskan penyelesaian permasalahan akan literasi
dibutuhkan pihak lainnya membantu.
Sekian banyak pihak membantu tersebut
dikenal oleh masyarakat secara luas dengan nama cmlabs.
Dapat
dikatakan bahwa cmlabs merupakan
sebuah brand khusus di bidang Search Enginer Optimization (SEO) berada di bawah
nauangan dari PT. cmlabs Indonesia
Digital. Lokasi dari perusahaan tersebut berada di kota Jakarta maupun di Malang.
Tujuan didirikannya perusahaan tersebut dalam membantu dalam meningkatan
visibilitas sebuah brand di internet agar dapat diketahui melalui literasi.
Selain itu perusahaan ini juga menyediakan layanan lainnya seperti SEO Tools
dapat digunakan secara gratis oleh pengguna selama 24 jam.
Tentunya
cmlabs juga memiliki visi jangka
pendek sampai panjang. Untuk visi jangka pendek yaitu membangun sebuah produk
dan sistem SEO lebih baik agar dapat
membantu pemasaran secara organik. Dimana cmlabs
merealisasikan visi tersebut dengan cara memanfaatkan mesin telusur untuk dapat
meningkatan sistem (atau produk) lebih
spesifik dan dapat memecahakan masalah pada hasil performa situs. Sedangkan
untuk visi jangka panjang yaitu berfokus kepada optimasi mesin telusur (dalam
bentuk produk/sistem/pendekatan) lebih baik dari pada lain. Sehingga pihak cmlabs akan terus berdedikasi untuk
selalu mempelajari SEO dan mesin telusur dalam menumbuhkan setiap nilai brand,
pemasaran organik, dan SEO itu sendiri.
Dalam
menjalankan setiap kegiatan dilakukan oleh cmlabs
terdapat nilai-nilai dianut seperti In-depth, Data Driven, Progressive,
Analytical Thinking, dan Critical Thinking. In-depth merupakan sebuah
pemikiran mendalam akan dasar kokoh bagi
para pengguna untuk dapat meningkatkan terhadap produktivitas dan optimalisasi
berkualitas. Data Driven merupakan sebuah tindakan menggunakan data sebagai
dasar agar dapat menghasilkan prospek baru menjadi lebih optimal. Progressive
akan mempercayai bahwa setiap individi butuh dan berhak untuk terus
meningkatkan diri di dalam setiap harinya. Analytical Thinking melakukan kolaborasi
dan inovasi data agar siap menghasilkan produk pemikiran luar biasa didalamnya.
Critical Thinking merupakan sifat kritis dan peka terhadap kondisi dapat membuka sebuah peluang dari kontribusi
dilakukan.
Semakin
berjelajah akan seluk beluk didalam cmlabs
nyatanya ada banyak sekali layanan didalamnya. Salah satu contoh layanan
diberikan dari cmlabs berupa:
Pertama
yaitu Jasa SEO. Dimana Jasa SEO untuk perusahaan merupakan sebuah jasa di mana
kami menyediakan ruangan diskusi sekaligus mengeksekusi rencana dan stategi SEO
dilakukan oleh para Spesialis SEO dimiliki. Atas penggunaan Jasa SEO akan
diberikan penyediaan beberapa hal seperti riset kata kunci, menyarankan
strategi on-page dan off-page, menyediakan journey map, lanskap kompetitif, dan
proyeksi trafik website.
Kedua
yaitu Jasa Penulisan Artikel SEO. Disini pihak cmlabs akan menyediakan sebuah penulisan konten memiliki fokus
terhadap aspek SEO-Friendly. Tidak hanya itu saja cmlabs juga menyediakan sebuah jumlah artikel diproduksi dengan
sangat fleksibel disesuaikan dengan Objective Key Result (OKR) perusahaan atau
kompetisi organik di ceruk tertentu. Bahkan artikel diproduksi sebagai besar
terdiri dari 750-3000 kata secara lengkap dengan rencana editorial mingguan maupun
bulanan.
Ketiga
yaitu SEO Expert Writing dengan menyediakan kualitas konten terverifikasi oleh para Ahli dan SEO-Frendly.
Layanan tersebut juga dilengkapi oleh hasil memiliki kualitas tinggi sama
halnya dengan Jasa Penulisan SEO diberikan. Tetapi pada Jasa SEO Expert Writing
akan meliputi memiliki performa tinggi seperti Layanan Penulisan SEO, dan juga
inklusi validasi oleh para ahli di berbagai industri untuk mendapatkan
kepercayaan dalam hal reliabilitas dan kepatuhan dengan standar industri berlaku.
Keempat
yaitu Media Buying. Layanan ini akan memberikan sebuah fasilitas kepada
pengguna agar dapat menempatkan konten (artikel) di media atau penerbitan
online. Dimana secara lebih dalam layanan pada point ini akan yaitu penentuan
target audiens, proyeksi pengunjung, jumlah artikel, dan target engagement.
Di
dalam kegiatan cmlabs juga selalu
berusaha untuk membuat kegiatan SEO menjadi lebih mudah bagi para pengguna
dalam hal ini pemula sampai praktisi dengan tingkat lanjut. Dikarenakan itu
maka dibutuhkan sebuah pengoptimalan search enginer membantu dalam pekerjaan tersebut. Kini
didalam cmlabs menyediakan sebuah
Tools SEO terdiri lebih dari 20 jenis
yaitu:
- Word Counter: untuk menghitung jumlah kata, kepadatan kata kunci, paragraf, dll
- Title & Lengths Checker: memeriksa panjang informasi meta
- JSON-LD Breadcrumb Schema Generator: menghasilkan skema breadcrumb
- JSON L-D FAQ Schema Generator: membuat skema FAQ
- JSON-LD How-to Schema Generator: menghasilkan schema markup how-to
- JSON-LD Job Posting Generator: membuat skema lowongan kerja
- JSON-LD Person Schema Generator: menghasilkan skema informasi pribadi
- JSON-LD Product Schema Generator: membuat schema markup produk
- JSON-LD Recipe Schema Generator: menghasilkan skema resep makanan
- JSON-LD Website Schema Generator: membuat skema website
- JSON-LD Local Business Schema Generator: membuat skema bisnis lokal
- JSON-LD Video Schema Generator: menghasilkan skema video
- JSON-LD Event Schema Generator: menghasilkan skema event
- JSON-LD Organization Schema Generator: membuat skema organisasi
- Page Speed Test: mengecek performa website di perangkat desktop dan mobile
- Sitemap Generator: membuat sitemap dalam skrip kode HTML
- Mobile Friendly Test: cek mobile friendliness website
- SSL Checker: memeriksa validitas sertifikat SSL website
- Robot.txt Generator: menghasilkan robot.txt agar pengindeksan lebih efisien
- Redirect Chain Checker: menganalisis redirect link
- Technology Lookup: mengidentifikasi teknologi untuk membangun website
- Link Analyzer: melacak semua URL ditautkan ke situs web
- Hreflang Checker: mengidentifikasi tag hreflang secara otomatis
- Keyword Permutation: menghasilkan serangkaian kombinasi kata
- Plagiarism Checker: memeriksa orisinalitas tulisan.
- Ping Tool: memeriksa konektivitas jaringan dan situs web.
- HTTP Header Checker: mengecek permintaan dan respon pada situs web.
- robots.txt Checker: memeriksa validitas robots.txt agar pengindeksan lebih efisien
- SERP Simulator: mengoptimasi elemen-elemen dan meninjau bagaimana website muncul dalam laman hasil pencarian (SERP)
Banyaknya
beberapa hal telah dipaparkan diatas pastinya para pembaca sekalian. Berikut
ini adalah satu pertanyaan tersebut yaitu:
Bagaimana Kontribusi Dilakukan Oleh cmlabs Dalam Mengangkat Derajat Literasi Di Indonesia?
Saat
menghadapi tantangan agar dapat meningkatkan literasi di Indonesia kini cmlabs sebagai salah satu pionier tidak
kenal lelah dalam memajukan hal tersebut. Banyak sekali gagasan dibumbui akan
inisiatif kreatif dalam mengangkat derajat literasi di kalangan masyarakat.
Dimana cmlabs akan menawarkan sebuah
pendekatan sangat revolusioner melalui aplikasi pembelajaran digital canggih
dengan rancangan dapat memikat hati dan membuka pikiran penggunannya. Adanya
teknologi berupe kecerdasan buatan tersebut akan dapat menghadirkan sebuah
pengalaman belajar disesuaikan terhadap setiap siswa dengan latar belakang
berbeda-beda.
Kontribusi
diberikan oleh cmlabs dalam
menyelesaikan masalah literasi tidak hanya dari sisi pendidikan menakjubkan
saja. Tetapi kini kontribusi dilakukan oleh cmlabs juga membuka sebuah pintu akses lebar kepada dunia literasi
melalui alat-alat pendidikan secara gratis. Pada buku elektronik sampai video
pembelajaran ineraktif tersebut pihak cmlabs
juga memastikan bahwa ilmu pengetahuan merupakan sebuah hak bagi setiap orang
tanpa terkecuali.
Banyaknya solusi inovatif diberikan maka dapat dikatakan hahwa cmlabs tidak hanya menjadi agen perubahan dalam bidang literasi semata. Tetapi kini adanya kontribusi dari cmlabs juga menjadi sebah teladan bagi pihak lain agar dapat saling bahu membahu dalam meningkatkan literasi pada masyarakat Indonesia. Ketika sudah meningat literasi maka pembentukan SDM di Indonesia akan menjadi berkualtias. Diakhirnya SDM tersebut akan menjadi roda penggerak dalam merealisasikan cita-cita dimasa depan bagi Indonesia salah satunya Indonesia Emas 2045 akan terjadi di depan mata nanti.
Semoga
tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca. Terima kasih.
#EmpowerWithWords dan #cmlabsBlogCompetition
Sumber
tulisan, gambar, dan video:
- https://perpustakaan.kemendagri.go.id/2021/03/tingkat-literasi-indonesia-di-dunia-rendah-ranking-62-dari-70-negara/
- https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/07/perkuat-semangat-literasi-siswa-pemerintah-sediakan-29-juta-buku-untuk-daerah-3t-di-ntt-dan-ntb
- https://www.youtube.com/watch?v=XlLMjzEfoqU
- https://www.youtube.com/watch?v=iel0ifWCD3k
- https://www.youtube.com/watch?v=w50dGmkf8m8
- https://www.youtube.com/watch?v=XPabWCQTj4k
- https://cmlabs.co/id-id
Belum ada tanggapan untuk "Meniti Masa Depan Cerah terhadap Peran cmlabs dalam Meningkatkan Literasi di Indonesia"
Posting Komentar