Mencegah Diabetes Di Usia Remaja Melalui Penggunaan Alat Teknologi

Koran walaupun termasuk ke dalam media yang ketinggalan di zaman modern ini tetapi masih diminati oleh banyak orang salah satunya penulis. Ya, penulis merupakan seseorang yang sampai saat ini masih langganan koran setiap harinya. Sehingga setiap hari di pagi hari seperti pada film-film maka tukang koran akan selalu datang memberikan berita baru yang sedang terjadi beberapa waktu ke belakang atau berita informasi lainnya.

Biasanya waktu baca yang paling ideal untuk membaca koran yaitu pagi hari sebelum melakukan aktifitas yang tinggi. Dengan membaca informasi dari koran tersebut pastinya memberikan dampak yang sangat besar bagi penulis. Banyak bahan bacaan, kosa kata melimpah, dan mengetahui informasi terkini merupakan salah satu dampak yang diberikan dengan membaca koran baru setiap paginya.

Didalam koran tersebut banyak sekali hal-hal yang dibahas. Ekonomi, kuliner, sampai berita terkini merupakan pembahasan yang menarik untuk dibaca dalam koran. Selagi asik-asiknya membaca berbagai berita didalam koran ada sebuah berita yang cukup mengejutkan penulis membacanya. Dimana secara garis besar berita yang disajikan yaitu mengenai penyakti diabetes yang biasanya terjadi pada seseorang yang usia dewasa tetapi kini mulai juga menyerang ke anak-anak kecil. Pemaparan akan berita yang pada koran tersebut sejalan dengan sebuah berita yang beredar melaui sebuah video dibawah ini:

Setelah memlihat video diatas penulis menjadi teringat akan sebuah pengalaman teman penulis yang mengalami penyakit diabetes. Teman penulis sebut saja dengan nama X mulai mengalami penyakit tersebut di umur belasan tahun atau setara dengan kelas 2 SMA. Tentunya dia tidak percaya akan penyakit diabeters tersebut menyerang tubuhnya. Alasan tidak percaya tersebut karena penyakit diabetes dialami oleh orang yang sudah dewasa tetapi kini diidap oleh anak muda umur belasan tahun.

Tentunya sebelum terserang penyakit diabetes pada X kehidupan seperti pada umumnya semua berjalan normal. Tetapi semua itu berubah ketika saat sedang mengikuti kegiatan di SMA setelah pulang sekolah. Saat itu X merasakan dirinya sangat letih dengan berat badan terasa turun. Pada saat itu anggapan X akan kondisi tersebut karena kelelahan sehingga menganggap hal tersebut adalah hal normal.

Hari belalu semenjak terjadi peristiwa tersebut biasa saja tapi tubuh X ini merasa menjadi tidak bugar seperti pada biasanya. Dibeberapa waktu khususnya saat jam istirahat dan jam kosong berlangsung si X itu sering kali merasakan ngantuk dan akhirnya tertidur. Selain selalu ngantuk dan tertidur disekolah juga si X ini selalu merasa haus. Untuk menyelesaikan perasaan haus tersebut biasanya si X ini bukannya meminum air putih tetapi malah meminum air manis berbentuk kemasan yang kondisinya dingin agar lebih segar dikonsumsi.

Hal yang mengagetkan dari konsumsi air manis kemasan oleh si X dikonsumsi bukan satu atau doa gelas tetapi terkadang porsi yang dikonsumsi sangatlah banyak. Hasil dari konsumsi air minum tersebut pastinya si X akan melakukan buang air kecil dengan intensitas cukup sering. Tidak hanya itu saja dalam hal melihat sebuah tulisan di papan tulis pun pengelihan si X terganggu. Semua hal-hal yang terjadi tersebut berkolaborasi menghasilkan sebuah peristiwa saat si X ini mulai meras mual dibarengin dengan sesak napas. Kondisi tersebut membuat orang tua si X membawanya untuk ke rumah sakit agar mendapatkan pemeriksaan atas kondisinya.

Sesampainya di fasilitas pendidikan semua hal yang ada didalam tubuh si X dilakukan pemeriksaan. Salah satu pemeriksaan yang dilakukan terhadap si X dengan melakukan pengecekan laboratorium. Setelah melihat hasil tersebut dinyatakan bahwa si X tersebut memiliki kadar gula yang cukup tinggi yang mengakibatkan menderita diabetes. Maka dari itu si X tersebut mau tidak mau harus melakukan sebuah perawatan melalui opname serta dibawa ke ruang HCU untuk mendapatkan sebuah perawatan intensif. Hasilnya setelah mendapatkan perawatan intensif membuat si X tersebut dapat kembali secara normal dengan dipindahkan ke ruangan biasa. Hal tersebut menujukan bahwa si X mengalami perubahan ke arah yang lebih baik ke arah kesembuhan.

Adanya peristiwa yang terjadi pada si X merupakan sebuah peringatan bagi penulis agar lebih berhati-hati akan penyakit diabetes. Sehingga penulis kini harus menjaga diri agar terhindar dari penyakit diabetes seperti pada si X. Hal yang lebih mengejutkan lagi akan sebuah data pengidap penyakit diabetes di Indonesia. berdasarkan data yang dimiliki oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memaparkan bahwa diabetes merupakan 10 penyakit dengan kematian tertinggi pada masyarakat Indonesia. Dimana penyakit diabetes di Indonesia meliputi 40,78 kasus yang terjadi.

Selain itu penyakit diabetes kini juga termasuk ke dalam penyakit yang cukup mematikan dengan termasuk ke dalam penyakit ketiga di Indonesia setelah penyakit stroke dan jantung dengan jumlah sekitar 10 juta orang. Jumlah tersebut pastinya akan mengalami pertumbuhan dimasa mencapai dua atau tiga kali lipat. Itulah pemaparan yang dipaparkan oleh seseorang konsultan endroktrin, metabolik, diabetes di Jakarta bernama Dr Susie Setyowati. Untuk mencegah penyakit diabetes yang menyerang maka seseorang harus mengetahui akan seluk beluk dari penyakit tersebut. Berikut ini pemaparan akan penyakit diabetes melalui sebuah video yaitu:

Diabetes melitus biasa disebut-sebut oleh masyarakat dengan sebuah nama diabetes. Selain itu juga diabetes dikenal juga dengan penyakit kencing manis atau penyakit gula. Akibat pengrtian tersebut dapat dipastikan bahwa kadar gula didalam diri seseorang tersebut berada di kadar yang tinggi pada tubuh. Berdasarkan ilmu pengetahuan kesehatan penyakit bernama diabetes tersebut dibagi kedalam dua jenis yaitu tipe 1 dan 2. Untuk tipe pertama seseorang yang mengidap tersebut terjadi karena penyakit autoimun sehingga bagian pankreas tidak dapat memproduksi insulin sebagai pencegah penyakit diabetes. Sedangkan untuk tipe kedua merupakan seseorang mengidap penyakit diabetes karena dampak dari pola hidup yang tidak sesuai standar kesehatan khususnya pada asupan gula yang masuk ke dalam tubuh.

Dilihat dari jenis diabetes berdasarkan pola hidup maka si X yang telah dipaparkan diatas merupakan seseorang yang termasuk ke dalam jenis kedua dari diabetes karena konsumsi gula dari minuman kemasan. Memang di usia muda seseorang akan lebih cenderung memiliki pola makan yang tidak sesuai standar kesehatan. Apalagi kini banyak sekali makanan fast food sampai minuman atau makanan memiliki kandungan gula yang sangat tinggi beredar didalam masyarakat. Banyaknya makanan dan minuman tersebut bahkan ketika dikonsumsi rasanya sangat enak sehingga selalu ingin sekali mengonsumsinya secara terus menerus.

Tigginya kadar gula didalam tubuh juga mengakibatkan terjadi peningkatan pula akan insulin. Tetapi terjadinya peningkatan hasil insulin didalam tubuh membuat tubuh tidak dapat memproses kelebihan gula yang terjadi. Jika hal tersebut terjadi kepada seseorang dengan waktu cukup lama membuat seseorang akan mengalami penyakit diabetes tipe 2. Baik itu diabetes tipe 1 maupun tipe 2 memiliki dampak yang sangat kurang baik bagi tubuh. Bahkan dibeberapa kasus yang terjadi adanya diabetes didalam tubuh tersebut dapat merusakan bagian-bagian didalam tubuh dari mulai pembuluh darah yang berada di berbagai lokasi seperti ginjal, jantung, mata, sampai sistem saraf. Ketika penyakit diabetes tersebut tidak mendapatkan penanganan dengan baik oleh tenaga kesehatan maka dapat berpeluang akan menyebabkan penyakit lainnya dimulai dari jantung, stroke, penyakit ginjal sampai lainnya.

Berdasarkan berbagai macam literatur akan kesehatan juga memaparkan ada banyak sekali ciri-ciri seseorang mengidap penyakit diabetes. Bahkan beberapa ciri-ciri tersebut sudah sempat penulis paparkan akan cerita si X diatas. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri seseorang termasuk ke dalam pengidap penyakit diabetes yaitu: Pertama kelaparan dan kelelahan, hal tersebut karena tubuh dipaksa untuk mengubah makanan menjadi glukosa memerlukan energi sehingga ketika insulin tidak optimal maka tubuh akan mudah cepat lelah dan lapar. Kedua kencing lebih sering dibarengin mudah haus. Hal tersebut terjadi kerena ginjal akan menyerap glukosa berserta penyerapan air tetapi ketika penderita penyakit tersebut maka kadar gula dalam darah sudah meningkat sehingga tubuh tidak mungkin menyerap ulang glukosa sehingga air mudah melewati ginjal lebih banyak. Ketiga pengelihan menjadi kabur, hal tersebut karena tingkat cairan didalam tubuh membuat lensa pada mata menjadi membengkat sehingga lensa mata berubah bentuk dan mengalami kehilangan kemampuan untuk fokusnya.

Untuk lebih lengkap pembahasan akan penyakit diabetes maka tidak hanya pengertian, jenis, dampak, dan ciri-ciri saja tetapi juga harus memaparkan akan pencegahan. Ada banyak sekali pencegahan yang dapat dilakukan antara lain mengubah pola makan yang sesuai standar kesehatan. Selain itu juga harus dibarengin akan kegiatan olahraga secara teratur. Akhirnya kadar gula didalam tubuh seseorang tersebut akan mengalami penurunan yang membuat seseorang terbebas dari penyakit diabetes tersebut. Agar lebih maksimal dalam menurunkan kadar gula dalam makanan agar masuknya kadar gula juga turut rendah maka dibutuhkan sebuah teknologi yang Sekai CMW 720 LS.

Sekai CMW 720 LS merupakan sebuah alat teknologi yang dirancang sebagai rice cooker digital. Tetapi rice cooker digital yang bernama Sekai CMW 720 LS berbeda dengan produk lainnya. Dimana keunggulan dari produk ini yaitu nasi yang dibuat menggunakannya akan menghasilkan low sugar. Hal tersebut nyatanya selaras dengan hasil riset secara resmi yang dilakukan oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN). Hasil riset tersebut mamaparkan bahwa produk rice cooker yang tersedia empat warna mampu mengurangi akan kadar gula 50% dan kalori 46% dibandingkan rice cooker biasanya untuk memasak nasi.

Nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia sehingga hampir setiap hari nasi akan selalu hadir didalam makanan. Tetapi nyatanya nasi memiliki beberapa kandungan didalamnya salah satunya yaitu akan kadar gula. Dimana kadar gula didalam nasi memiliki fungsi sebagai bahan bakar untuk orang yang mengonsumsinya. Jika kadar gula tinggi pada nasi yang dikonsumsi oleh seseorang akan menghasilkan penyakit diabetes. Kini dengan hadirnya Sekai CMW 720 LS dapat mengangi akan kadar gula didalam nasi sampai 50%. Sehingga kini dengan mengonsumsi banyak nasi sebagai karbohidrat bagi masyarakat Indonesia akan lebih nyaman karena peluang munculnya penyakit diabetes akibat mengonsumsi nasi menjadi lebih rendah.

Ketika masyarakat menggunakan produk tersebut juga telah dilengkapi oleh 5 layer inner pot. Adanya hal tersebut juga dilengkapi oleh panci honeycom yang mampu membuat nasi yang dipanaskan menjadi lebih merata. Sehingga hasil nasi yang panaskan akan menjadi lebih bersih, sehat, sampai rendah kalori maupun gula. Produk tersebut juga dilengkapi oleh teknologi High Power Super Heating yang dapat meratakan panas yang langsung ke dalam inti dari beras yang dimasak sehingga dapat menjaga esensi nutri dari beras yang dimasak. Belum lagi adanya Super LID menjaga agar beras yang dimasak airn uapnya tidak langsung menetes ke dalam.

Produk bernama rice cooker Sekai CMW 720 LS juga terdapat 6 fungsi berbeda-beda. Fungsi-fungsi tersebut antara lain memasak nasi secara umum, nasi low sugar, bubur, kue maupun sup, hingga hanya untuk menghangatkan makanan yang dimiliki. Tidak hanya dari fungsi yang banyak digunakan produk tersebut juga secara tampilan juga sangat menarik dan terlihat sangat elegan. Untuk warna dari produk tersebut terdiri dari warna yang sangat cantik dari mulai yakni hitam, baby pink, tosca dan lilac.

Kapasitas beras yang dapat ditampung oleh produk rice cooker Sekai CMW 720 LS sebanyak 1 liter sedangkan untuk kapasitas nasi mencapai 3 liter. Untuk daya yang dibutuhkan untuk menggunakan produk ini hanya mencapai 500 Watt. Untuk pengukus pada produk ini terbuat dari Stainless yang food grade dan tahan lama ketika digunakan. Sisi bagian panci juga dilengkapi oleh lapisan anti lengkep sehingga umur penggunaan akan lebih lama dibandingkan panci lainnya. Keamanan juga ada didalam produk ini dengan diberikan pada sektring pengaman agar masyarakat lebih aman menggunakan oleh masyarakat.

Ketika masyarakat membeli produk tersebut maka akan mendapatkan hal-hal lainnya. Salah hal yang akan didapatkan dari mulai sendok nasi, gelas takaran, pengukus, kabel listrik, manual, sampai kartu garansi. Berbicara garansi akan produk yang dibeli oleh masyarakat ketika membelinya selama 1 tahun. Sehingga produsen produk tersebut benar-benar menjamin bahwa produknya tersebut benar-benar aman digunakan oleh masyarakat. Jika masyarakat tidak mau akan produk rice cooker Sekai CMW 720 LS dapat juga menggunakan lainnya seperti rice cooker Sekai CMW 552. Berikut ini gambarkan akan produk rice cooker Sekai CMW 552 dipaparkan melalui gambar agar lebih jelas dan mudah dipahami.

Pastinya akan timbul sebuah pertanyaan setelah membaca beberapa hal diatas yaitu:

Mengapa masyarakat harus menggunakan produk rice cooker Sekai CMW 720 LS atau rice cooker Sekai CMW 552 dikeluarkan oleh PT. Tripasific Electrindo dalam hidupnya?.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka pemaparan sebuah gambar agar lebih mudah dipahami.

Harapannya dengan adanya produk yang dikeluarkan oleh PT. Tripasific Electrindo berupa produk rice cooker Sekai CMW 720 LS atau rice cooker Sekai CMW 552 masyarakat akan lebih tenang lagi ketika mengonsumsi nasi. Apalagi nasi yang dibuat menggunakan produk tersebut dapat mengurangi kadar gula mencapai 50% sehingga ketika mengonsumsinya masyarakat akan terhindar dari penyakit diabetes karena nasi yang dikonsumsi. Agar lebih jelas tidak ada salahnya para pembaca sekalian untuk mengakses sekaihome.co.id atau ke Instagram Sekai. Tetapi jika para pembaca mau memilikinya kini juga sudah mulai tersedia secara online sehingga masyarakat tidak usah pusing keluar rumah hanya cukup belanja online produk tersebut akan datang ke rumah masyarakat.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca. Terima kasih.

Sumber tulisan, gambar, dan video:

  1. https://www.youtube.com/watch?v=SRLRBoy6ee0
  2. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/07/stroke-dan-tbc-masuk-dalam-10-penyakit-penyebab-kematian-tertinggi-di-indonesia
  3. https://p2ptm.kemkes.go.id/tag/diabetes-penderita-di-indonesia-bisa-mencapai-30-juta-orang-pada-tahun-2030
  4. https://www.youtube.com/watch?v=BlO24liTpQ0
  5. https://www.mitrakeluarga.com/artikel/artikel-kesehatan/penyebab-diabetes-melitus-di-usia-muda
  6. http://rsp.unand.ac.id/artikel/mengenal-diabetes-mellitus
  7. https://bogorkab.go.id/post/detail/diabetes-penyebab-gejala-dan-pengobatan#:~:text=Tingginya%20kadar%20glukosa%20darah%20dapat,dan%20kerusakan%20saraf%20di%20kaki
  8. https://sekaihome.co.id/produk/detailproduk/Penanak-Nasi-SEKAI-CMW-720-LS
  9. https://sekaihome.co.id/Profile
  10. https://youtu.be/4mrERROFZEA
  11. https://www.instagram.com/p/CoWb6OlA6Pk/
  12. https://pixabay.com/id/photos/berita-koran-harian-tekan-koran-1172463/
  13. https://pixabay.com/id/photos/coklat-panas-minum-susu-1058197/
  14. https://pixabay.com/id/photos/diabetes-gula-darah-528678/
  15. https://www.instagram.com/sekaihome_id/  
  16. https://www.youtube.com/watch?v=NisV79Cx0CA&t=1s

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mencegah Diabetes Di Usia Remaja Melalui Penggunaan Alat Teknologi"

Posting Komentar