Belajar Programan Dari Komunitas Program Supaya Bisa Memenuhi Proporsi Yang Dibutuhkan

Perkembangan teknologi memang bergerak dengan cepat seperti tanpa hambatan didalamnya. Perkembangan teknologi bisa juga dapat diibaratkan seperti sebuah mobil didalam jalan tol. Dimana seperti yang kita ketahui bahwa kendaraan berupa mobil ketika didalam tol pasti akan memacu kendaraan secepat-cepatnya seperti tanpa adanya hambatan. Bahkan ketika ada sebuah mobil yang berhenti sejenak di rest area/tempat peristirahatan maka akan banyak mobil lainnya yang mendahulu mobil yang sedang berhenti tersebut. Jika sudah demikian maka bisa dikatakan mobil yang sedang berisirahat tersebut sudah tertinggal sangat jauh geraknya dibandingkan mobil yang sedang bergerak di tol. Dikarenakan kondisi tersebut maka agar tetap bertahan dan tidak ketinggalan dengan orang lain maka pengemudi harus tetap menjalankan kendaraanya ketika didalam tol begitupun dengan perkembangan teknologi.

Untuk lebih jelas mengenai perkembangan teknologi haruslah diberikan sebuah contoh agar kita semua dapat mengetahui bahwa benar perkembangan teknologi bergerak cepat seperti tanpa adanya hambatan. Contoh yang akan diberikan terkait perkembangan teknologi khususnya dalam hal pemograman. Bisa para pembaca cek terlebih dahulu akan versi PHP yang digunakan. Padahal jika kita melihat kebelakang awal mulannya PHP didirikan kurang lebih pada tahun 1993. Setelah beberapa waktu berlalu pada beberapa bulan kedepan ditahun saat ini kini sudah muncul versi terbaru dari PHP dengan nama versi PHP 8.0 yang akan digunakan.

Dengan perkembangan teknologi khususnya pada pemograman yang cepat tanpa hambatan tersebut tentunya harus dapat didukung oleh perkembangan sumber daya manusia. Bisa dikatakan bahwa proporsi antara teknologi pemograman dengan sumber daya manusia memiliki besaran sebanyak 50% banding 50%. Untuk bagian teknologi pemograman untuk mencapai bagian proporsi sebanyak 50% bukanlah hal yang sulit karena tidak tahun sudah mengalami perkembangan. Tetapi untuk sumber daya manusia rasanya cukup sulit untuk mencapai proporsi dengan angka 50% tersebut.

Ada banyak sekali tantangan sampai rintangan yang akan selalu meruntuhkan proporsi yang harus dipenuhi oleh sumber daya manusia tersebut. Dimana tantangan sampai rintangan tersebut bisa saja berasal dari dua hal yaitu sisi internal dan sisi eksternal. Contoh dari sisi internal dalam tantangan sampai rintangan yang dapat meruntuhkan proporsi atas sumber daya manusia seperti rasa malas, tidak mau belajar, tidak mau mencoba, sampai tidak tahan banting. Sedangkan contoh nyata dari sisi eksternal dalam tantangan sampai rintangan yang dapat meruntuhkan proporsi dari sumber daya manusia seperti fasilitas yang tidak mendukung, tidak adanya akses terhadap peluang, sampai keuangan yang tidak memenuhi.

Walaupun banyak tantangan sampai rintangan yang dapat menghambat terpenuhinya proporsi sumber daya manusia tetapi harapan akan terpenuhinya proporsi sumber daya manusia masih dapat tercapai. Secara benang merah yang dapat dilakukan agar sumber daya manusia dapat memenuhi proporsi tersebut adalah dengan belajar. Arti dari melakukan belajar disini adalah belajar mengenai berbagai macam seluk beluk yang berkaitan dengan perkembangan pemograman khususnya lebih spesifik pada pemograman.

Berdasarkan informasi yang sudah beredar didalam masyarakat mengatakan bahwa ada beberapa tipe pembelajar pada masyarakat umum. Pertama tipe auditori, merupakan orang-orang yang memiliki jenis belajar yang didominasi melalui pendengaran. Kedua tipe visual, merupakan orang-orang yang memiliki jenis belajar yang didominasi melalui pengelihatan. Ketiga tipe kinestetik, merupakan orang-orang yang memiliki jenis belajar yang didominasi melalui sentuhan dalam hal ini melalui praktek. Walaupun terdapat tipe-tipe belajar tetapi cara belajar masih tetap sama. Dimana cara belajar yang paling efektif menurut penulis adalah melalui berlajar secara berkelompok melalui sebuah grup atau komunitas.

Belajar melalui sebuah komunitas bisa diibaratkan seperti sebuah pribahasa yaitu sekali mendayung dua pulau terlewati. Pastinya ada banyak sekali manfaat dengan belajar melalui sebuah komunitas. Salah satu contoh manfaat belajar melalui sebuah komunitas yaitu melatih skill berkomunikasi, melihat perspektif berbeda dari anggota lain dikomunitas, berdiskusi dalam menyelesaikan masalah dengan cara musyawarah, dan masih banyak lagi manfaat dari belajar melalui sebuah komunitas. Terkadang dibeberapa kasus belajar melalui sebuah komunitas juga dapat berpeluang mendapatkan kesempatan-kesempatan baru baik itu pekerjaan, pengalaman hidup, sampai percintaan.

Didalam kehidupan bermasyarakat ini ada banyak sekali komunitas yang bergerak didalam bidang pendidikan. Namun jika berkaitan dengan komunitas belajar yang berkaitan dengan dunia IT khususnya pemograman maka penulis akan menginat sebuah nama. Dimana nama yang dikenal oleh masyarakat tersebut bernama Kotakode.

Apa itu Kotakode???

Secara arti kita sebagai masyarakat dapat mengatakan bahwa Kotakode merupakan sebuah platform bagi berbagai macam komunitas yang bergerak di dalam bidang IT di negara Indonesia. Didalam Kotakode juga setiap orang yang menggunakan layanan tersebut dapat belajar dan berbagi mengenai ilmu pengetahuan yang dimilikinya yag berkaitan dengan dunia IT yang sedang hanagat-hangatnya.

Adanya beberapa hal tersebut didalam Kotakode dapat menjadi sebuah dukungan dalam pertumbuhan sehingga dapat bergerak ekonomi yang ada di negara Indonesia melalui sumber daya manusia yang dapat menguasai skill akan ilmu pengetahuan berkaitan dengan IT sampai pemograman.

Agar dapat bersahabat dan terlihat lebih menyenangkan pihak Kotakode juga memiliki sebuah maskot yang lucu. Maskot dari Kotakode merupakan kucing robot dengan nama koko. Warna dari koko merupakan sebuah kombinasi dari warna hijau dan putih. Koko sendiri merupakan sebuah robot fanatik terhadap teknologi apalagi teknologi yang berkaitan dengan IT. Dikatakan bahwa koko ini merupakan robot yang berasal dari masa depan dengan diprogram untuk membantu orang-orang untuk memahami lebih dalam mengenai bidang IT dan pemograman namun tetap dengan memiliki sifat yang menyenangkan.

Setiap orang atau programmer yang mau menggunakan Kotakode akan mendapatkan dan merasakan sebuah berbagai macam layanan. Layanan-layanan yang ada di Kotakode tersebut dapat membantu setiap orang atau programmer dalam menyelesaikan berbagai masalah akan yang berkaitan dengan dunia teknologi dalam hal ini berkaitan dengan pemrograman. 

Berikut ini adalah beberapa layanan yang ada didalam Kotakode yaitu:

#1. Layanan Q&A

Kita sebagai masyarkat yang sudah berkaitan dengan media sosial pastinya sudah akrab dengan layanan Q&A. Bisa diartikan bahwa layanan Q&A merupakan layanan tanya jawab jika disederhanakan dalam Bahasa Indonesia. Karena layanan Q&A diartikan layanan tanya jawab maka setiap orang yang menggunakan layanan dari Kotakode dapat menanyakan berbagai macam hal masalah yang berkaitan dengan IT khususnya dalam pemograman. Tentunya agar dapat para pengguna merasakan layanan Q&A maka disini penulis memberikan link. Agar lebih jelas maka penulis akan memberikan sebuah contoh pertanyaan akan layanan Q&A yang digunakan oleh pengguna dalam layanan didalam Kotakode.


#2. Layanan Blog

Didalam Kotakode juga terdapat layanan blog yang dapat berbagai berbagai macam artikel didalamnya. Artikel didalam Kotakode juga terbagi kedalam beberapa hal dari mulai populer, terbaru, mingguan, bulanan, dan tahunan. Artikel didalam Kotakode juga pastinya berkaitan dengan dunia IT yang lebih tepatnya berkaitan dengan pemograman. Artikel-artikel dapat dijadikan sebuah sumber referensi bagi para pengguna dalam mencari ilmu pengetahuan akan dunia IT khususnya dalam pemograman. Tidak hanya dapat membaca artikel pada layanan blog tetapi didalam layanan blog tersebut juga dapat diberikan komentar, disukai, dan dilihat.

#3. Layanan Jobs (Coming Soon)

Hal yang lebih mengejutkan lagi didalam layanan yang diberikan Kotakode adalah layanan Jobs. Karena layanan Jobs tersebut masih akan datang maka untuk memaparkan secara umum penulis masih kesulitan. Maka dari itu disini harus digaris bawahi terlebih dahulu bahwa layanan yang ketika dengan nama layanan jobs tersebut masih berputar sekitar opini. Predikit penulis layanan yang ada di Kotakode akan seperti sebuah wadah bagi para freelance dalam mendapatkan pundi-pundi uang jajan bagi para programmer. Sehingga didalam Kotakode tidak hanya mendapatkan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan dunia teknologi IT khususnya dalam hal pemograman tetapi juga dapat mendapatkan pundi-pundi uang yang akan digunakan dalam memenuhi kehidupan sehari-hari.

Tidak hanya ketiga layanan yang telah dipaparkan tetapi juga ada layanan lainnya. Dimana layanan lainnya tersebut bernama layanan event. Event tersebut memiliki nama KotaTalks 3: Cara menjadi programmer siap kerja. Pada event tersebut yang menjadi pembicara bernama Anthony Leonard dan moderatornya bernama Peter Tanugraha. Pada event tersebut akan membahas mengenai tentang seluk belik akan cara-cara yang dapat digunakan oleh pihak programmer untuk dapat siap kerja. Untuk mengetahui event tersebut tidak ada salahnya para pembaca untuk melihat video dibawah.

Diharapkan dengan dengan adanya informasi mengenai seluk beluk akan Kotakode dapat menjadi sebuah jalan keluar bagi para sumber daya manusia dalam memenuhi proporsi yang dibutuhkan. Apalagi didalam Kotakode terdapat beberapa hal seperti blog programming indonesia, webinar pemrograman, sampai platform diskusi pemrograman. Maka diujungnya dapat dikatakan bahwa Kotakode merupakan sebuah Komunitas programmer Indonesia yang dapat memberikan ilmu pengetahuan tentang teknologi IT khususnya pemograman bagi sumber daya manusia di negara Indonesia agar dapat memenuhi proporsi yang dibutuhkan bagi masa depan.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih.

Sumber gambar, tulisan, dan video:

  1. https://www.youtube.com/watch?v=mXP8WGvhVW4
  2. https://kotakode.com/blogs/10488/Mengenal-Jenis-Jenis-Error-pada-Pemrograman
  3. https://id.wikipedia.org/wiki/PHP
  4. https://pixabay.com/id/photos/keyboard-tombol-kunci-memasuki-417090/
  5. https://pixabay.com/id/photos/anak-membaca-alkitab-tempat-tidur-945422/
  6. https://pixabay.com/id/illustrations/kecerdasan-buatan-otak-berpikir-3382507/
  7. https://www.instagram.com/p/CQI-YTHFCQj/
  8. https://kotakode.com/
  9. https://kotakode.com/pertanyaan
  10. https://kotakode.com/events
  11. https://kotakode.com/blogs?page=0

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Belajar Programan Dari Komunitas Program Supaya Bisa Memenuhi Proporsi Yang Dibutuhkan "

Posting Komentar