Macan Asia yang sedang tertidur
merupakan julukan yang dapat diberikan kepada negara Indonesia ini. Tentunya
julukan macam Asia yang sedang tertidur bukan tanpa alasan diberikan kepada
negara Indonesia ini. Ada banyak sekali alasan – alasan mengapa negara
Indonesia mendapakan julukan Macam Asia salah satunya adalah bonus domografi
didepan mata, munculnya Unicorn miliaran dolar, dan masih banyak lagi. Dengan
banyanya alasan tersebut maka tidak dapat dibantahkan bahwa negara Indonesia
ini digadang – gadang akan menjadi macam Asia.
Untuk dapat mewujudkan julukan dari
negara Indonesia sebagai macam Asia pastinya tidak akan mudah seperti
membalikan telapak tangan atau secepat membuat mie instan. Namun bukan berarti
untuk dapat mewujudkan tersebut tidak dapat dilakukan. Mewujudkan macam Asia
bagi negara Indonesia ini dibutuhkan proses yang sangat panjang. Namun ada
salah satu contoh yang harus dipersiapkan untuk dapat mewujudkan macam Asia
bagi negara Indonesia yaitu infrastuktur.
Infrastuktur jika kita ibartakan sebagai
alat akan menjadi pisau bermata dua. Dimana disatu sisi dengan kualitas
infrastuktur kurang baik didalam sebuah negara khususnya negara Indonesia maka
akan berdampak pada rendahnya daya tarik iklim investasi. Bukan hanya akan
berdampak pada daya tarik iklmi investasi yang rendah biaya logistik bisa
dibilang akan melambung. Dengan melambung tersebut maka para investor akan yang
akan membangun pabrik akan berfikir dua kali. Namun disisi lainnya dengan
infrastuktur yang baik akan meningkatkan daya tarik investasi baik itu dari
dalam negeri maupun luar negeri.
Bukan hanya sebagai daya tarik investasi
pembangunan infrastuktur yang baik juga akan menjadi sebuah roda penggerak bagi
negara Indonesia ini. Roda penggerak dari pembangunan infrastuktur ini dikarenakan
sudah terkoneksinya satu wilayah dengan wilayah lainnya. Sehingga antar wilayah
yang berada di negara Indonesia ataupun terhadap negara lain akan mudah untuk
saling melakukan kegiatan ekspor dan impor demi memenuhi kebutuhan hidup sehari
– hari.
Dengan hal tersebut maka pemerintah dari
negara Indonesia ini sudah sangat sadar bahwa infrastuktur merupakan hal yang
akan sangat penting dan juga bermanfaat bagi masa depan terutama dalam hal
meningkatkan iklim investasi maupun roda ekonomi. Namun harus digaris bawahi
bahwa negara Indonesia ini merupakan negara dengan berbentuk kepulauan maka
akan berbeda infrastuktur yang harus dibangunnya. Untuk beberapa negara yang
wilayahnya lebih didominasi oleh dataran dibandingkan lautan pastinya akan
lebih banyak membangun infrastuktur darat dibandingkan lautnya. Namun jika kita
berbicara negara Indonesia yang berbentuk kepulauan dan lebih didominasi oleh
lautan maka infrastuktur harus yang berkaitan dengan lautan.
Sumber |
Dalam hal ini infrastuktur laut salah
satu contohnya adalah tol laut. Namun untuk dapat lebih memaksimalkan infrastuktur
laut bukan hanya tol laut tetapi didalamnya terdapat pelabuhan. Pembangunan
dilaut dan didarat pastinya akan ada banyak sekali perbedaan salah satu
contohnya adalah dalam hal material yang digunakan. Dimana dilaut terdapat
kandungan asam yang sangat tinggi yang berasal dari laut sedangkan didarat bisa
dibilang cukup rendah kandungan asam kecuali di pada beberapa tempat yang ada
di darat. Maka akan timbul sebuah pertanyaan bagaimana kontribusi PT. Semen
Padang ini membantu membangun negeri terutama dalam hal pembangunan
infrastuktur ?.
Dari namanya yaitu PT. Semen Padang maka
kontribusi yang dapat diberikan untuk membangun negeri dalam hal infrastuktur
adalah menyediakan bahan baku yaitu berupa semen. Seperti yang sudah kita
ketahui semua bahwa sebagian besar infrastuktur yang dibangun merupakan
berbahan beton bertulang. Dimana untuk dapat membuat beton dengan kualitas yang
baik bukan hanya dilihat dari perencanaan dan pelaksanaan yang baik tetapi
dilihat pula dari kualitas material terutama dari material semen yang
digunakan.
Sumber |
PT. Semen Padang sendiri banyak sekali
mengeluarkan produk yang berkaitan dengan semen ini salah satunya seperti Semen
Portland Tipe I (Ordinary Portland Cement), Semen Portland Tipe Ii (Moderate
Sulphate Resistance), Semen Portland Tipe Iii (High Early Strength Cement),
Semen Portland Tipe V (High Sulphate Resistance), Semen Pemboran Owc (Kelas
G-Hsr), Semen Portland Komposit (PCC), Semen Portland Pozzolan (PPC), Dan Semen
Portland Tipe I (Ordinary Portland Cement). Dengan banyaknya produk semen yang
diproduksi maka diharapkan dapat memenuhi kebutuhan akan material pembentuk
beton bertulang yang akan digunakan dalam pembangunan infrastuktur laut ataupun
darat bagi negara Indonesia ini.
Tentunya produk semen yang dibuat oleh
PT. Semen Padang ini memiliki kegunaan yang berbeda – beda. Maka dari itu
seseorang pengguna baik itu sebagai konsultan perencana atau bahkan kontraktor
harus mengetahui kegunaan setiap semen yang dihasilkan oleh PT. Semen Padang
ini. Untuk lebih mengetahui akan kegunaan dari produk semen yang dibuat oleh
PT. Semen Padang maka disini juga PT. Semen Padang harus dapat mempromosikan
produknya kepada para calon pengguna.
Diharapkan dengan dilakukannya promosi
produk semen yang dibuat oleh PT. Semen Padang ini akan memberikan dampak mutualisme
yang sangat tinggi kepada pihak – pihak yang terlibat dari mulai pengguna
sampai masyarakat. Bagi PT. Semen Padang maka memberikan dampak produknya akan
banyak digunakan dalam proyek pembangunan infrastuktur. Bagi pengguna yaitu
kontraktor atau konsultan perencana akan menghasilkan infrastuktur yang
memiliki kualitas yang baik sesuai dengan rencana. Sedangkan untuk pihak
masyarakat maka masyarakat dapat menggunakan infrastuktur yang telah dibangun
untuk dapat mendongkrak roda ekonomi didaerah tersebut.
Memang tidak mudah untuk membangun macam
Asia yang sedang tertidur pulas dalam diri negara Indonesai ini namun untuk
membangunkannya dibutuhkan koneksi yang baik dari hulu ke hilir. Dimana hulunya
yaitu PT. Semen Padang selalu perusahaan pembuat bahan baku semen bagi
pembangunan infrastruktur. Sedangkan disepanjang jalan dipegang oleh pihak
kontraktor sampai konsultan perencana. Kedua pihak baik kontraktor sampai
konsultan perencana memegang peran perencana dan pelaksana infrastuktur yang
akan dikerjakan. Terakhir yaitu hulu dipegang oleh masyarakat sebagai pihak
yang akan menggerakan roda perekonomian negara Indonesia.
Dengan adanya koneksi yang baik dari
hulu ke hilir diharapkan dapat membangunkan macam Asia yang sedang tertidur
puas dari dalam diri negara Indonesia ini. Selain itu juga diharapkan dapat
memberikan sebuah kesejahteraan bukan hanya dibeberapa bidang tetapi disemua
bidang baik itu bidang ekonomi, sosial, politik, pendidikan, teknologi, dan
masih banyak lagi. Sehingga negara Indonesia ini benar – benar kuat dalam
segala bidang dan menjadi negara yang acuan dalam berbagai bidang dan membangun
macan Asia yang sudah tertidur sangat lama.
Daftar pustaka:
Boombastis.
(-). 6 Julukan Indonesia Ini Bisa
Mengingatkanmu Betapa Bangganya Kamu Lahir Sebagai Bangsa Indonesia.
Diakses pada 23 Februari 2020, dari https://www.boombastis.com/julukan-indonesia/69810.
Indonesia-Investments.
(-). Infrastruktur di Indonesia.
Diakses pada 23 Februari 2020, dari https://www.indonesia-investments.com/id/bisnis/risiko/infrastruktur/item381.
Semenpadang.
(-). Produk. Diakses pada 23 Februari
2020, dari http://www.semenpadang.co.id/index.php?mod=produk.
Uniq.
(2019, 2 Juli). Indonesia Mendapat Julukan Macan Asia Tenggara. Diakses pada 23
Februari 2020, dari https://www.uniq.id/blog/indonesia-mendapat-julukan-macan-asia-tenggara/.
Belum ada tanggapan untuk "Pembangunan Infrasktruktur Demi Membangunkan Macam Asia Yang Tertidur Panjang"
Posting Komentar