Pembangunan Infrasktruktur Demi Membangunkan Macam Asia Yang Tertidur Panjang



Macan Asia yang sedang tertidur merupakan julukan yang dapat diberikan kepada negara Indonesia ini. Tentunya julukan macam Asia yang sedang tertidur bukan tanpa alasan diberikan kepada negara Indonesia ini. Ada banyak sekali alasan – alasan mengapa negara Indonesia mendapakan julukan Macam Asia salah satunya adalah bonus domografi didepan mata, munculnya Unicorn miliaran dolar, dan masih banyak lagi. Dengan banyanya alasan tersebut maka tidak dapat dibantahkan bahwa negara Indonesia ini digadang – gadang akan menjadi macam Asia.

Untuk dapat mewujudkan julukan dari negara Indonesia sebagai macam Asia pastinya tidak akan mudah seperti membalikan telapak tangan atau secepat membuat mie instan. Namun bukan berarti untuk dapat mewujudkan tersebut tidak dapat dilakukan. Mewujudkan macam Asia bagi negara Indonesia ini dibutuhkan proses yang sangat panjang. Namun ada salah satu contoh yang harus dipersiapkan untuk dapat mewujudkan macam Asia bagi negara Indonesia yaitu infrastuktur.

Infrastuktur jika kita ibartakan sebagai alat akan menjadi pisau bermata dua. Dimana disatu sisi dengan kualitas infrastuktur kurang baik didalam sebuah negara khususnya negara Indonesia maka akan berdampak pada rendahnya daya tarik iklim investasi. Bukan hanya akan berdampak pada daya tarik iklmi investasi yang rendah biaya logistik bisa dibilang akan melambung. Dengan melambung tersebut maka para investor akan yang akan membangun pabrik akan berfikir dua kali. Namun disisi lainnya dengan infrastuktur yang baik akan meningkatkan daya tarik investasi baik itu dari dalam negeri maupun luar negeri. 

Bukan hanya sebagai daya tarik investasi pembangunan infrastuktur yang baik juga akan menjadi sebuah roda penggerak bagi negara Indonesia ini. Roda penggerak dari pembangunan infrastuktur ini dikarenakan sudah terkoneksinya satu wilayah dengan wilayah lainnya. Sehingga antar wilayah yang berada di negara Indonesia ataupun terhadap negara lain akan mudah untuk saling melakukan kegiatan ekspor dan impor demi memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari.

Dengan hal tersebut maka pemerintah dari negara Indonesia ini sudah sangat sadar bahwa infrastuktur merupakan hal yang akan sangat penting dan juga bermanfaat bagi masa depan terutama dalam hal meningkatkan iklim investasi maupun roda ekonomi. Namun harus digaris bawahi bahwa negara Indonesia ini merupakan negara dengan berbentuk kepulauan maka akan berbeda infrastuktur yang harus dibangunnya. Untuk beberapa negara yang wilayahnya lebih didominasi oleh dataran dibandingkan lautan pastinya akan lebih banyak membangun infrastuktur darat dibandingkan lautnya. Namun jika kita berbicara negara Indonesia yang berbentuk kepulauan dan lebih didominasi oleh lautan maka infrastuktur harus yang berkaitan dengan lautan.

Sumber
Dalam hal ini infrastuktur laut salah satu contohnya adalah tol laut. Namun untuk dapat lebih memaksimalkan infrastuktur laut bukan hanya tol laut tetapi didalamnya terdapat pelabuhan. Pembangunan dilaut dan didarat pastinya akan ada banyak sekali perbedaan salah satu contohnya adalah dalam hal material yang digunakan. Dimana dilaut terdapat kandungan asam yang sangat tinggi yang berasal dari laut sedangkan didarat bisa dibilang cukup rendah kandungan asam kecuali di pada beberapa tempat yang ada di darat. Maka akan timbul sebuah pertanyaan bagaimana kontribusi PT. Semen Padang ini membantu membangun negeri terutama dalam hal pembangunan infrastuktur ?.

Dari namanya yaitu PT. Semen Padang maka kontribusi yang dapat diberikan untuk membangun negeri dalam hal infrastuktur adalah menyediakan bahan baku yaitu berupa semen. Seperti yang sudah kita ketahui semua bahwa sebagian besar infrastuktur yang dibangun merupakan berbahan beton bertulang. Dimana untuk dapat membuat beton dengan kualitas yang baik bukan hanya dilihat dari perencanaan dan pelaksanaan yang baik tetapi dilihat pula dari kualitas material terutama dari material semen yang digunakan.

Sumber
PT. Semen Padang sendiri banyak sekali mengeluarkan produk yang berkaitan dengan semen ini salah satunya seperti Semen Portland Tipe I (Ordinary Portland Cement), Semen Portland Tipe Ii (Moderate Sulphate Resistance), Semen Portland Tipe Iii (High Early Strength Cement), Semen Portland Tipe V (High Sulphate Resistance), Semen Pemboran Owc (Kelas G-Hsr), Semen Portland Komposit (PCC), Semen Portland Pozzolan (PPC), Dan Semen Portland Tipe I (Ordinary Portland Cement). Dengan banyaknya produk semen yang diproduksi maka diharapkan dapat memenuhi kebutuhan akan material pembentuk beton bertulang yang akan digunakan dalam pembangunan infrastuktur laut ataupun darat bagi negara Indonesia ini.

Tentunya produk semen yang dibuat oleh PT. Semen Padang ini memiliki kegunaan yang berbeda – beda. Maka dari itu seseorang pengguna baik itu sebagai konsultan perencana atau bahkan kontraktor harus mengetahui kegunaan setiap semen yang dihasilkan oleh PT. Semen Padang ini. Untuk lebih mengetahui akan kegunaan dari produk semen yang dibuat oleh PT. Semen Padang maka disini juga PT. Semen Padang harus dapat mempromosikan produknya kepada para calon pengguna.

Diharapkan dengan dilakukannya promosi produk semen yang dibuat oleh PT. Semen Padang ini akan memberikan dampak mutualisme yang sangat tinggi kepada pihak – pihak yang terlibat dari mulai pengguna sampai masyarakat. Bagi PT. Semen Padang maka memberikan dampak produknya akan banyak digunakan dalam proyek pembangunan infrastuktur. Bagi pengguna yaitu kontraktor atau konsultan perencana akan menghasilkan infrastuktur yang memiliki kualitas yang baik sesuai dengan rencana. Sedangkan untuk pihak masyarakat maka masyarakat dapat menggunakan infrastuktur yang telah dibangun untuk dapat mendongkrak roda ekonomi didaerah tersebut.

Memang tidak mudah untuk membangun macam Asia yang sedang tertidur pulas dalam diri negara Indonesai ini namun untuk membangunkannya dibutuhkan koneksi yang baik dari hulu ke hilir. Dimana hulunya yaitu PT. Semen Padang selalu perusahaan pembuat bahan baku semen bagi pembangunan infrastruktur. Sedangkan disepanjang jalan dipegang oleh pihak kontraktor sampai konsultan perencana. Kedua pihak baik kontraktor sampai konsultan perencana memegang peran perencana dan pelaksana infrastuktur yang akan dikerjakan. Terakhir yaitu hulu dipegang oleh masyarakat sebagai pihak yang akan menggerakan roda perekonomian negara Indonesia.

Dengan adanya koneksi yang baik dari hulu ke hilir diharapkan dapat membangunkan macam Asia yang sedang tertidur puas dari dalam diri negara Indonesia ini. Selain itu juga diharapkan dapat memberikan sebuah kesejahteraan bukan hanya dibeberapa bidang tetapi disemua bidang baik itu bidang ekonomi, sosial, politik, pendidikan, teknologi, dan masih banyak lagi. Sehingga negara Indonesia ini benar – benar kuat dalam segala bidang dan menjadi negara yang acuan dalam berbagai bidang dan membangun macan Asia yang sudah tertidur sangat lama.

Daftar pustaka:
Boombastis. (-). 6 Julukan Indonesia Ini Bisa Mengingatkanmu Betapa Bangganya Kamu Lahir Sebagai Bangsa Indonesia. Diakses pada 23 Februari 2020, dari https://www.boombastis.com/julukan-indonesia/69810.
Indonesia-Investments. (-). Infrastruktur di Indonesia. Diakses pada 23 Februari 2020, dari https://www.indonesia-investments.com/id/bisnis/risiko/infrastruktur/item381.
Semenpadang. (-). Produk. Diakses pada 23 Februari 2020, dari http://www.semenpadang.co.id/index.php?mod=produk.
Uniq. (2019, 2 Juli). Indonesia Mendapat Julukan Macan Asia Tenggara. Diakses pada 23 Februari 2020, dari https://www.uniq.id/blog/indonesia-mendapat-julukan-macan-asia-tenggara/.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pembangunan Infrasktruktur Demi Membangunkan Macam Asia Yang Tertidur Panjang"

Posting Komentar