Mengembangkan Sumedang Dalam Dunia Kreatif Demi Perekonomian Yang Meningkat



Dunia kreatif merupakan sebuah peluang yang sangat besar bagi setiap negara tak terkecuali terhadap negara Indonesai ini. Memang jika kita ibaratkan dunia kreatif bagi negara Indonesia ini dapat diibaratkan sebagai pisau bermata dua. Dimana disatu sisi dengan adanya dunia kreatif ini memberikan dampak negatif seperti pengangguran menjadi lebih besar karena orang – orang yang dapat bekerjaan hanyalah orang – orang yang memiliki kreatifitas yang tinggi. Namun disisi lainnya dengan adanya dunia kreatif ini menjadi sebuah peluang yang sangat besar untuk membawa sebuah perubahan khususnya didalam bidang ekonomi di negara Indonesia ini.

Berbicara negara Indonesai pastinya tidak akan lepas dari yang namanya kelebihan yang dimilikinya. Memang bisa dilihat langsung dengan menggunakan mata telanjang bahwa ada banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh negara Indonesia salah satunya yaitu didalam bidang kebudayaan. Bisa dikatakan bahwa negara Indonesai ini terdiri dari berbagai kebudayaan. Buktinya didalam semboyan Bhineka Tunggal Ika. Dimana arti dari kata Bhineka Tunggal Ika adalah berbeda – beda namun tetap satu.

Sumber
Pastinya akan melebar pembahasnya apabila membahas tentang kebudayaan yang banyak dari negara Indonesia ini maka dari itu diperlukan pembatasan didalam tulisan ini. Pada tulisan kali pembatasan adalah sebuah kebudayaan yang berasal dari Sumedang. Sumedang merupakan sebuah kabupaten yang berasal dari wilayah Jawa Barat. Untuk luas dari wilayah Sumedang sebesar 153.124 ha. Selain luas wilayah yang besar ditambah dengan perkembangan penduduk dan juga potensi sumber daya alam yang menjanjikan. Maka akan timbul pertanyaan bagaimana caranya mengembangkan kebudayaan Sumedang dengan dunia kreatif untuk meningkatkan dalam bidang ekonomi ?.

Memang tidak mudah untuk dapat menjadikan suatu wilayah Sumedang dalam menggabungkan kebudayaan dengan dunia kreatif. Apalagi jika meminta menjadikan hal tersebut dilakukan secepat membalikan telapak tangan atau se instan membuat mie instan. Pastinya untuk menjadikan hal tersebut dibutuhkan proses yang sangat panjang. Namun untuk lebih memiliki peluang yang besar akan menjadikan hal tersebut maka dibutuhkan kerja sama mutualisme antara beberapa pihak dari mulai pemerintah, masyarakat, sampai seseorang yang bekerja didalam bidang kebudayaan dan juga dunia kreatif.

Sebelum menghubungkan antara dunia kreatif dengan kebudayaan untuk meningkatkan perekonomian diwilayah Sumedang maka terlebih dahulu harus memahami kebudayaan apa saja yang ada didalam wilayah Sumedang ini. Ada banyak sekali kebudayaan yang dapat diangkat dan dikolaborasikan dengan dunia kreatif dari wilayah Sumedang ini. Berikut ini adalah salah satu contoh dari kebudayaan yang dapat dikolaborasi dengan dunia kreatif yang berasal dari Sumedang:

Pertama yaitu Museum Prabu Geusan Ulum. Untuk beberapa orang yang tinggal di daerah Sumedang pastinya akan tau tentang Museum Prabu Geusan Ulum ini. Namun tidak menutup kemungkinan lainnya bahwa orang – orang yang tinggal di wilayah Sumedang ini tidak mengetahui akan Museum Prabu Geusan Ulum. Secara garis besar bahwa adalah Museum Prabu Geusan Ulum adalah sebuah tempat yang digunakan sebagai tempat penyimpanan berbagai jenis barang pusaka peninggalan yang berasar dari Kerajaan Sumedanglarang dan juga berasal dari Kerajaan Padjajaran.

Tentunya tidak lengkap rasanya membahas hanya garis besarnya saja dari Museum Prabu Geusan Ulum. Maka untuk lebih komplit tentang informasi tersebut maka dibahas pula lokasi dari Museum Prabu Geusan Ulum ini. Untuk lokasi dari dari Museum Prabu Geusan Ulum ini berada di tengah kota. Lebih spesifik lagi lokasi dari Museum Geusan Ulum ini berada di kmpleks kantor Pemda Sumedang atau di sekitar alun – alun kota.

Kedua yaitu tahu sumedang. Memang bisa dikatakan bahwa pada point pertama lebih ditekankan kepada lokasi wisata namun pada point ke dua ini lebih ditekankan kepada makanan khas yang berasal dari daerah Sumedang ini. Pastinya setiap orang khususnya para pembaca ini sudah mengetahui makanan apa itu tahu sumedang ini. Bukan hanya tahunya saja yang menjadi ciri khas dari tahu sumedang ini. Bahkan apabila kita membeli tahu sumedang ini tempat menyimpan tahu dari pembeli pun sangat untuk yaitu berasal dari sebuah ayaman bambu.

Memang pada dasarnya ada banyak sekali kebudayaan yang dapat diangkat dari wilayah Sumedang ini namun salah satu yaitu dari Museum Geusan Ulum dan juga makanan khas yaitu tahu sumedang. Sebelum berbicara langkah konkrit dari kolaborasi antara kebudayaan dan dunia kreatif maka tidak ada salahnya mengambil sebuah contoh dari dalam negeri yaitu pada kasus tahu sumedang. Pastinya sebagain orang dari kita sudah ada yang pernah mendengar lagu dengan lirik tahu sumedang tetapi dengan musik anime yang cukup terkenal yaitu Naruto.

Tentunya dengan adanya musik naruto dengan lirik tahu sumedang ini merupakan contoh konkrit menggabungkan kebudayaan dengan dunia kreatif. Pastinya ada dampak positif dari adanya musik naruto dengan lirik tahu sumedang ini. Namun apabila diihat dari dampak positif ada banyak sekali dampaknya salah satunya yaitu media promosi yang sangat menarik perhatian masyarakat terhadap makanan tahu sumedang. Maka timbul lagi sebuah pertanyaan bagaimana cara konkrit lainnya agar dapat membuat produk seperti musik naruto dengan lirik tahu sumedang dengan menggunakan kebudayaan Sumedang untuk meningkatkan perekonomian?.

Pertama adalah dengan mengadakan sebuah perlombaan yang memiliki tema kebudayaan dari wilayah Sumedang. Seperti yang kita ketahui semua bahwa ketika seseorang mengikuti perlombaan akan ada banyak sekali ide – ide kreatif yang muncul sehingga membuat berbagai macam produk yang sangat menarik. Dengan adanya hal kreatif tersebut maka dapat diarahkan untuk menghasilkan produk yang kreatif dengan memiliki sisi kebudayaan dari wilayan Sumedang. Apalagi jika pemenangnya mendapatkan hal yang sangat menarik. Maka dapat dipastikan para peserta lomba tersebut dapat mengeluarkan berbagai macam produk yang sangat manarik bagi masyarakat.

Kedua adalah mengadakan kerja sama dengan pihak – pihak yang bekerja dalam dunia industri kreatif. Pastinya pemerintah disini ada banyak sekali kegiatan – kegiatan apalagi yang berkaitan untuk menarik pariwisata. Dengan adanya kegiatan untuk menarik wisatawan tersebut maka tidak ada salahnya untuk melibatkan pihak – pihak yang bekerja didalam bidang kreatif. Apalagi seperti yang sudah kita ketahui semua bahwa ketika seseorang sudah memilih pekerjaan dibidang kreatif akan selalu dituntut untuk selalu kreatif sehingga dapat menarik masyarakat untuk membeli atau mengunjungi produk yang dihasilkan tersebut.
Ketiga adalah memberikan wadah kreasi khususnya bagi produk yang dapat membawa kebudayaan Sumedang dalam produknya. Memang jika kita membahas tentang dunia kreatif ini salah satu hambatannya yaitu wadah kreasinya terkadang tidak ada yang mau menampung akan hal tersebut. Maka dari itu disini pemerintah harus dapat menyediakan wadah kreasi bagi para pekerja didalam bidang kreatif dalam menyalurkan sebuah karya yang telah dibuatnya. Namun bukan hanya wadahnya saja tetapi pemerintah disini juga memerlukan kesempatan yang seluas – luasnya agar pada pekerja didunia kreatif ini dapat menyalurkan karya yang berkaitan dengan wilayah Sumedang ini dapat lebih maksimal.

Keempat adalah sumber daya manusia yang agar menjadi penerus harus dapat dipertahankan. Memang didalam dunia kreatif ini ada banyak sekali hambatan dan rintangan yang harus dilewati salah satunya yaitu generasi penerus. Generasi penerus ini tentunya memegang peran yang sangat penting agar keberlangsungan dunia kreatif yang mengangkat kebudayaan dari wilayah Sumedang ini dapat terus bertahan hingga lama. Maka solusi dari permasalahan ini adalah pemerintah harus dapat membuat sebuah sekolah atau sarana bagi para sumber daya manusia yang masih muda untuk dapat dididik dan diberikan ilmu yang agar berguna dimasa depan dalam perkembangan dunia kreatif terutama yang berkaitan dengan kebudayaan yang berasal dari wilayah Sumedang.

Pastinya ada banyak sekali cara – cara konkrit yang dapat dilakukan untuk dapat membuat menghubungkan antara dunia kreatif dengan kebudayaan yang berasal dari wilayah Sumedang untuk dapat meningkatkan perekonomian wilayah Sumadang tersebut. Namun salah satu cara konkritnya telah disebutkan dari mulai point satu sampai dengan point empat. Maka timbul lagi sebuah pertanyaan apakah cara itu akan efektif untuk meningkatkan perekonomian dengan menggabungkan dunia kreatif dengan kebudayaan yang ada didalam wilayah Sumedang ?.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut memang jawabanya tidak pasti atau bahkan bisa dikatakan tergantung. Memang jawaban tergantung merupakan jawaban yang pas untuk pertanyaan diatas. Untuk berbicara efektif atau tidak pastinya dibutuhkan sebuah kerja sama antara beberapa pihak. Ada banyak sekali pihak – pihak yang harus terlibat agar dapat mengefektifkan dalam meningkatkan perekenomian wilayah Sumedang melalui pengabungan hal yaitu dunia kreatif dengan kebudayaan yang ada didalam wilayah Sumedang. Salah satu contoh pihak yang terlibat dari mulai pemerintah, masyakarat, sampai dengan orang – orang yang bekerja didalam bidang kreatifitas.

Bisa dibilang bahwa ketiga komponen ini memiliki peranan yang sangat besar didalam membuat pertumbuhan ekonomi yang bersumber dari dunia kreatif dan juga kebudayaan yang ada didalam wilayah Sumedang ini. Peran pemerintah disini adalah memberikan seluas – luasnya kesempatan sampai peluang kepada orang – orang yang bekerja di dunia kreatif agar dapat menyalurkan kreatiftasnya untuk membuat produk yang mengangkat kebudayaan yang ada didalam wilayah Sumedang. Peran orang – orang yang bekerja didalam bidang kreatif harus dapat memberikan sebuah produk yang tidak hanya menarik untuk dibeli tetapi juga harus dapat memperhatikan baik itu sisi fungsi, sisi kebudayaan dari wilayah Sumedang, sampai dengan sisi harga. Dengan diperhatikan hal tersebut maka diharapkan produk yang telah dibuat dapat diterima oleh masyarakat yang akan menggunakan produk tersebut. Sedangkan untuk peran dari masyarakat disini adalah diharapkan masyarakat ini didalam menjalani kehidupan sehari – harinya jangan sampai lebih senang menggunakan produk – produk yang berasal dari luar negeri. Maka disini diharapkan secara perlahan – lahan masyarakat ini mau untuk menggunakan produk – produk yang dibuat oleh orang – orang yang bekerja didalam bidang kreatif terutama produk yang menganggkat kebudayaan dari Sumedang ini.

Diharapkan dengan adanya sebuah kelaborasi antara pihak dari mulai pemerintah, masyarakat, sampai orang – orang yang bekerja didalam bidang kreatif agar dapat menghasilkan sebuah produk atau barang yang akan sangat berguna juga dikombinasikan dengan kebudayaan wilayah Sumedang. Dengan sudah dilakukan hal tersebut akan memiliki harapan besar yaitu peningkatkan didalam bidang ekonomi agar perekonomian wilayah Sumedang ini akan menjadi ujung tompak perkerakan ekonomi nasional dan di contoh oleh wilayah lainnya yang ada di negara Indonesia ini.

Sumber tulisan:

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengembangkan Sumedang Dalam Dunia Kreatif Demi Perekonomian Yang Meningkat"

Posting Komentar