Penyakit Mengintai Kehidupan Ini



Sumber
Tidak dapat menutup kemungkinan bahwa setiap orang yang hidup ini pastinya memiliki banyak sekali potensi akan penyakit yang menyerang tubuhnya. Memang jika kita menganalisis lebih jauh lagi ada banyak sekali faktor – faktor penyebab seseorang mengalami penyakit didalam menjalani kehidupan sehari – hari namun salah satu contohnya dari pola hidup. Pola hidup ini bisa dikatakan dari mulai makanan, minuman, sampai dengan tidur. Dengan hal tersebut maka seseorang harus dapat memperhatikan pola hidupnya agar menekan menyerang penyakit didalam kehidupannya.

Sumber
Seperti yang sudah banyak dibahas baik itu dimedia cetak, media elektronik, sampai dengan media yang berkaitan dengan internet bahwa ada banyak sekali penyakit yang dapat menyerang tubuh seseorang. Namun salah satu contoh penyakit yang dapat menyerang tubuh adalah penyakit kanker. Secara garis besar bahwa penyakit kanker ini merupakan sebuah penyakit dengan karakteristik dengan adanya perkembangan sel abnormal yang melakukan pembelahan diri di luar kendali. Selain itu sel abnormal ini memiliki kemampuan lain yaitu dapat masuk kedalam sebuah tubuh normal dan berusaha untuk menghancurkan jaringan tersebut. Penyakit kanker juga bisa dikatakan sebagai penyakit yang memiliki kemampuan untuk menyebar kedalam bagian tubuh lainnya. Walaupun ada banyak sekali macam – macam penyakit kanker ini namun secara garis besarnya bahwa awal mulanya penyakit kanker ini dimulai dengan mulai tumbuhnya sela yang tidak normal dan tidak bisa dikendalikan.

Untuk saat ini juga bisa dikatakan bahwa penyakit kanker ini merupakan salah satu penyebab penyakit yang memiliki peluang akan kematikan yang cukup besar di negara berkembang. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa penyakit kanker ini memiliki obatnya dan dapat disembuhkan. Perlu digaris bawahi untuk lebih memiliki peluang yang besar akan kesembuahannya maka harus dilakukan lebih dini atau ketika sudah mengetahui seseorang mendapatkan berita akan menderita penyakit kanker ini.

Sumber
Dengan seiring berjalannya waktu ditambah dengan perkembangan yang sangat pesat baik itu dibidang ilmu pengetahuan ataupun teknologi maka munculah berbagai macam penemuan untuk menyembuhkan penyakit kanker ini. Salah satu contoh cara yang ditemukan untuk menyebuhkan penyakti kanker adalah Imunoterapi kanker.

Pastinya sebagai orang umum atau bahkan penulis sendiri belum mengetahui apa itu Imunoterapi kanker. Namun bisa dikatakan bahwa secara umum Imunoterapi kanker ini memiliki tujuan untuk dapat menstimulasi sistem imun didalam tubuh untuk dapat melakukan secara lebih spesifik untuk menargetkan dan membutuh sel kanker yang akan muncul. Namun didalam kondisi normal sistem imun tubuh ini berfungsi untuk dapat mendeteksi dan menghancurkan sel asing atau sel abnormal didalam tubuh dengan menggerakan pasukan sel T. untuk kerja sistem imun ini sebagai berikut:

Sumber
Pertama adalah dimana sel T ini mencari sel – sel yang berbahaya bagi tubuh. Pada tahap ini bisa dikatakan sebagai tahap mencari. Kedua adalah dimana sel T ini mulai membedakan antara beberapa sel yang bersifat normal dan sel yang abnormal (asing). Pada tahap ini bisa dikatakan sebagai tahap memindai. Ketiga adalah sel T mulai menyerang sel abnormal dan menyingkirkan. Tahap ini bisa dikatakan sebagai tahap menyingkirkan.

Untuk dapat melawan sel kanker tubuh ini memiliki imunitas atau kekebalan terhadap sel kanker. Namun PD - L1 yang menjadi penhambat sistem imun (sel T) untuk menyerang dan menghancurkan sel kanker. Perlu digaris bawahi bahwa penggunaan cara ini harus melalui dilakukan oleh dokter yang ahlinya. Maka dari itu diperlukan tenaga medis yang ahli ketika mau menggunakan cara yang satu ini.

Sumber tulisan:

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Penyakit Mengintai Kehidupan Ini"

Posting Komentar