Menghidupkan Semangat Kebangsaan dan Ekonomi Indonesia di Tengah Tantangan Melalui Sponsor BRI pada Kompetisi Sepak Bola

Indonesia memiliki sejarah yang sangat panjang dan kaya akan makna didalamnya terdapat berbagai momen pembentuk identitas bangsa. Salah satu contoh momen bersejarah yang sangat signifikan adalah Sumpah Pemuda yang terjadi 28 Oktober 1928. Momen tersebut bukan hanya sekadar deklarasi semata tetapi menjadi tonggakan penting dalam perjuangan untuk mencapai kemerdekaan. Sehingga ditinjau dalam konteks sosial dapat dikatakan bahwa Sumpah Pemuda telah berhasil menyatukan berbagai suku, agama, sampai daerah di Indonesia dalam semangat kebangsaan yang menyatu dan kuat.

Momen Sumpah Pemuda dipelopori oleh sekelompok pemuda yang berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda namun berkumpul dalam Kongres Pemuda II di Jakarta. Hasil dari deklarasi yang dilakukan mengikrarkan tiga poin penting berupa satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa yaitu Bahasa Indonesia. Pertanyaan tersebut merupakan cerminan dari tekad kuat para pemuda yang menginginkan untuk bersatu demi mencapai cita-cita bersama berupa persatuan ditengah perbedaan. Selain itu juga pernyataan tersebut juga menegaskan pentingnya identitas nasional yang mampu mengikat keberagaman yang ada di Indonesia. Bahkan momen Sumpah Pemuda menjadi harapan dan semangat juang yang mampu menginspirasi generasi selanjutnya untuk membangun bangsa ke arah yang lebih baik.

Sebelum Indonesia meraih kemerdekaan salah satu momen bersejarah yang sangat berarti bagi persatuan dan identitas bangsa berupa Sumpah Pemuda. Namun seiring berjalannya waktu khususnya setelah proklamasi kemerdekaan maka masyarakat Indonesia mengalami perubahan yang mampu memperkuat ikatan pada masyarakatnya. Salah satu momen bersejarah yang kini mampu menyatukan seluruh lapisan masyarakat Indonesia melalui olahraga khususnya sepak bola. Kondisi tersebut selaras dengan survei yang dilakukan perusahaan riset multinasional Ipsos pada 26 Agustus – 9 September 2022 di 34 negara. Hasil dari survei yang dilakukan memaparkan penggemar sepak bola di Indonesia paling banyak di dunia dengan proporsi 69%. Angka tersebut mengambarkan 69% penduduk Indonesia menyukai sepak bola.

Antusiasme masyarakat Indonesia terhadap sepak bola tercemin terhadap jumlah penonton yang berangkat jauh ke luar negeri untuk mendukung tim nasional. Contohnya saja saat Timnas Indonesia U-23 berhasil lolos ke perempat final Piala Asia U-23. Di momen tersebut Timnas Indonesia harus melawan yang cukup kuat berupa Korea Selatan. Pertandingan yang sengit tersebut di Stadion Abdullah bin Khalifa dengan berhasil menarik 4.000-5.000 WNI untuk menonton secara langsung. Banyaknya jumlah WNI yang menonton menunjukan bahwa masyarakat Indonesia memiliki kecintaan terhadap sepak bola melalui Timnas.

Berbicara mengenai olahraga sepak bola di Indonesia tidak hanya berfokus pada Timnas saja tetapi didukung secara kuat dan besar oleh Liga 1. Dapat dikatakan Liga 1 merupakan kasta teratas dari liga sepak bola profesional di Indonesia sejak musim 2008-09. Pada awal pembentukannya memiliki nama berupa Indonesia Super League (Liga Super Indonesia) sampai pada tahun 2015. Sebelum dilakukan reformasi pada tahun 2008 kompetisi nasional tersebut menggunakan format turnamen. Namun sejak 2017 mulai mengalami perubahan nama liga menjadi Liga 1. Kini Liga 1 diikuti oleh 18 klub dengan menggunakan sistem promosi dan degradasi yang dijalankan oleh operator resmi liga bernama PT Liga Indonesia Baru.

Adanya kompetisi Liga 1 Indonesia telah memberikan dampak signifikan terhadap industri sepak bola. Hal tersebut karena kompetisi sepak bola di Indonesia kini menjadi lebih terstuktur dan profesional yang secara tidak langsung terjadi peningkatan kualitas pemain. Belum lagi berbagai klub yang berpartisipasi dalam Liga 1 Indonesia pastinya akan serius mengelola timnya untuk meraih kemenangan. Dengan hal tersebut maka secara tidak langsung berbagai klub tersebut mampu menciptakan pemain sepak bola yang berkualitas sebagai roda penggerak industri sepak bola di Indonesia.

Selain itu jika ditinjau dari sisi media dan pemasaran adanya kompetisi Liga 1 Indonesia membuka peluang bagi sponsor dan brand untuk berinvestasi. Apalagi dengan terjadinya peningkatan popularitas akan banyak sekali perusahaan yang menjalin kemitraan dan menyelenggarakan kampanye pemasaran yang terkait klub atau pemain. Tentunya hal tersebut tidak akan hanya memberikan keuntungan secara finansial bagi klub yang terlibat tetapi meningkatkan eksposur sepak bola Indonesia secara nasional. Harus diakui bahwa Liga 1 Indonesia bukan hanya sekedar komposisi semata tetapi menjadi pilar penting dalam perkembangan sepak bola di Indonesia.

Walaupun Liga 1 Indonesia memberikan banyak manfaat dalam industri sepak bola. Namun tidak dapat dipungkiri dalam operasionalnya terdapat hambatan salah satunya pandemik Covid-19. Angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia sampai pada pertengahan Oktober 2021 mencapai 187.905 jiwa. Jumlah tersebut terdiri dari kasus kematian akibat positif Covid-19 159.109 orang dan 28.796 kasus kematian probable. Data yang dimiliki tersebut berasal dari pemerintah kabupaten/kota yang mencatat akan perkembangan kasus Covid-19.

Data yang dimiliki baik pemerintah pusat tercatat akan kasus kematian Covid-19 diangka 142.651 orang lebih rendah 45.000 kasus dibandingkan data pemeritah daerah. Meskipun terdapat perbedaan antara data tersebut tetapi kasus kematian terkait Covid-19 terus terjadi. Kasus kematian yang terjadi pada masyarakat tampak terjadi penurunan dari 510 kota/kabupaten selama 2 pekan hingga 23 Oktober 2021. Dimana 73% akan kasus kematian berasal dai Pulau Jawa. Sedangkan untuk Jawa Tengah menjadi provinsi dengan jumlah kematian terbesar diangka 46.287. Adapaun untuk DKI Jakarta menjadi provinsi dengan jumlah kematian probable terbanyak, yakni sebesar 17.941.

Semakin menyebarnya masyarakat yang terinfeksi pada akhirnya meningkatkan kasus kematian membuat banyak hal harus dihentikan. Salah satu contohnya seperti operasional Liga 1 Indonesia yang dihentikan. Hal tersebut dilakukan demi menekan penyebaran sambil melindungi kesehatan masyarakat secara bersama-sama. Nyatanya keputusan penghetian operasional Liga 1 Indonesia membawa dampak kurang baik bagi hal lainnya seperti para pemain dan staf klub.

Pihak tersebut menghadapi ketidakpastian akan masa depan karier sampai potensi pemotongan gaji maupun pemecatan dari manajemen klub. Tidak hanya itu para pemain juga harus tidak dapat mengeluarkan potensi akan kemampuan sepak bola yang dimilikinya. Di ujungnya penutupan Liga 1 Indonesia tidak hanya akan berdampak secara sosial tetapi juga emosional bagi pihak yang terlibat dalam ekosistem sepak bola Indonesia.

Ditinjau secara ekonomi berhentinya kompetisi Liga 1 2020 akibat pandemik memberikan pukulan tekak. Menurut penelitian yang dilakukan oleh akademisi Universitas Indonesia kerugian yang dihasilkan berkisar 2,7-3 triliun rupiah dalam satu tahun. Pemaparan tersebut disampaikan oleh Kepala Kajian Iklim Usaha dan Rantai Nilai Global LPEM Universitas Indonesa yang dipegang oleh Mohamad Dian Revindo saat berkunjung ke kantor PSSI. Pada saat kondisi terpuruk maka untuk dapat bangkit dan kembali beroperasional rasanya sangat sulit bagi kompetisi Liga 1 Indonesia. Maka dari itu untuk membangkitkan industri sepak bola maka pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bersama PSSI menggelar Piala Menpora 2021.

Diselenggarakannya Piala Menpora 2021 menjadi langkah awal untuk pemulihan Liga 1 Indonesia setelah dipukul bertubi-tubi oleh pandemik Covid-19. Maka dari itu penyelenggaraan turnamen tersebut dilakukan dengan berbagai aturan yang sangat ketat. Contoh aturan tersebut seperti larangan penonton di stadion sampai penerapan protokol kesehatan berupa tes Covid-19 bagi pemain dan ofisial. Hasilnya membuat penonton tidak dapat hadir secara langsung ke stadion untuk menonton kbuk kesayangannya bertanding. Walaupun demikian nyatanya antusiasme masyarakat masih tergolong tinggi yang membuktikan akan gairah sepak bola di Indonesia masih tetap hidup walaupun telah dipukul oleh pandemik Covid-19.

Piala Menpora 2021 diadakan di empat kota seperti Bandung, Sleman, Solo, sampai Malang dengan 17 klub dari Liga 1 yang berpartisipasi. Pertarungan yang hebat dari berbagai klub tersebut berhasil dimenangkan oleh Persija Jakarta. Sedangkan untuk posisi kedua ditempati oleh Persib Bandung dan untuk posisi ketiga diraih oleh PSS Sleman. Kesuksesan menyelenggarakan akan Piala Menpora 2021 menjadi secerah harapan untuk kembali beroperasional akan Liga 1 Indonesia dengan pondasi yang lebih kuat lagi.

Suksesnya Piala Menpora 2021 memberikan angin segar bagi Liga 1 Indonesia untuk diselenggarakan tetapi masih terdapat tantangan besar yang harus dihadapi. Apalagi tidak berjalannya semestinya ditambah dengan banyak klub yang mengalami kesulitan finansial membuat Liga 1 Indonesia sulit terwujudkan. Maka dari itu untuk tetap bergulir Liga 1 Indonesia dibutuhkan sponsor yang mampu mengucurkan dana cukup besar. Namun mendapatkan sponsor ditengah hantaman pandemik rasanya sangat sulit karena banyak perusahaan yang mengalami guncangan hebat. Namun salah satu perusahaan yang masih memiliki kekuatan finansial besar dan mampu untuk mendukung operasional Liga 1 Indonesia dikenal dengan nama Bank Rakyat Indonesia atau disingkat BRI.

Kuatnya BRI dapat dibuktikan akan keberhasilan dalam mencetak laba bersih secara bank only atau individual diangka Rp 32,22 triliun sepanjang 2022. Angka laba tersebut mengalami pertumbuhan 75,53 persen secara tahunan (year-on-year) atau dari Rp18,35 triliun menjadi Rp32,22 triliun. Pada sisi kredit juga BRI mampu menyalurkan kredit secara bank only tumbuh 7,16 persen secara tahunan. Pertumbuhan tersebut bisa dikatakan cukup tinggi jika dibandingkan pertumbuhan kredit secara perbankan nasional diangka 5,24 persen.

“Penopang utama pertumbuhan laba BRI itu ada pada kinerja kredit dan juga penghimpunan dana pihak ketiga yang tumbuh secara positif disertai penurunan biaya bunga yang signifikan,” kata Sunarso dalam konferensi pers Laporan Kinerja Keuangan Triwulan IV/2021 secara virtual, Kamis (3/2/2022).

Selain kuatnya finansial yang dimiliki oleh BRI terdapat beberapa alasan lainnya. Berikut adalah beberapa alasan tersebut:

Selain kuat secara finansial yang dimiliki oleh BRI terdapat alasan lainnya yang mendasari seperti transformasi digital. Sejak tahun 2016 pihak BRI telah berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat secara luas. Untuk membuat masyarakat mengetahui akan transformasi BRI dilakukan sponsor pada Liga 1 Indonesia sebagai langkah strategis. Apalagi mengingat di masyarakat Indonesia sepak bola khususnya pada Liga 1 Indonesia merupakan olaha raga populer. Melalui dukungan sponsor dari BRI diharapakan secara tidak langsung mampu meningkatkan visibilitas brand sampai mempererat hubungan dengan masyarakat. Pada akhirnya mampu mendorong secara cepat penyebaran informasi transformasi digital BRI untuk memberikan layanan kepada masyarakat Indonesia.

Pihak BRI sebagai sponsor pada Liga 1 Indonesia sebagai sarana efektif dan efisien untuk mengomunikasikan layanan dan produk ungglan seperti BRImo. Kerjasama yang dilakukan diharapakan secara tidak langsung mampu menyampaikan informasi mengenai kemudahan sampai keuntungan saat menggunakan BRImo khususnya kepada penggemar sepak bola yang banyak di Indonesia. Promosi yang telah dintegrasi dalam event olahraga diharapkan dapat menarik perhatian masyarakat untuk beralih ke layanan perbangkan untuk mendapatkan manfaatnya dalam menjalani aktivitasnya. Sehingga dapat dikatakan BRI tidak hanya menjadi bagian dari ekosisitem olahraga tetapi secara tidak langsung mengedukasi masyarakat akan digitalisasi dalam dunia perbankan.

BRI juga memiliki alasan social value yang memperkuat komitmen untuk mendukung perkembangan sepak bola di Indonesia. Menjadi sponsor dalam Liga 1 Indonesia akan memudahkan pihak PSSI dalam memilih pemain terbaik dari yang terbaik untuk memperkuat Timnas Indonesia. Hal tersebut karena kompetisi sepak pola bergulir tanpa hambatan dan lebih terstuktur dan profesional untuk memberikan platform bagi atlet untuk mengeluarkan kemampuan sepak bolannya. Pada akhirnya pihak BRI secara aktif dan terlibat langsung dalam mengangkat prestasi sepak bola Indonesi ke arah yang lebih baik dan berkualitas. Sinergi yang dilakukan tidak hanya berkontribusi pada pengembangan sumber daya manusia saja tetapi mampu membawa nama Indonesia jauh ke kompetisi internasional.

Saat berada di tengah pandemik Covid-19 masyarakat Indonesia pasti membutuhkan suntikan moral dan optimisme untuk bersama-sama menghadapi kondisi tersebut. Maka dari itu pihak BRI menyadari bahwa sepak bola merupakan olaharaga yang paling digemari memiliki potensi besar untuk menjadi sumber semangat dan motivasi bagi masyarakat Indonesia. Selain itu harapan lainnya yang diinginkan BRI berupa menghadirkan kembali euforia saat menyaksikan pertandingian yang mampu mengangkat moral masyarakat. Ketika sudah terangkat moralnya secara tidak langsung akan mampu menciptakan momen positif di tengah kondisi kesulitan karena pandemik Covid-19. Sehingga masyarakat mampu mencari bertahan dan solusi walaupun kondisi sedang sulit-sulitnya karena pandemik.

Terlebih lagi sudah dari dahulu sampai saat ini pihak BRI memiliki komitmen akan fokus kepada pengembangan UMKM. Melalui Badan Pusat Statistik mengumumkan bahwa ekonomi Indonesia sedang tumbuh diangka 7,02 persen. Maka dari itu BRI sangat optimis dengan hal tersebut oleh karena itu langkah awal yang dilakukan berupa pemulihan dengan berpartisipasi secara langsung pada kegiatan BRI Liga 1 Indonesia. Keterlibatan BRI akan mampu mendorong kompetisi kembali bergulir yang secara tidak langsung menggerakan perekonomian nasional melalui UMKM yang terlibat pada sepak bola. Contoh UMKM yang merasakan dampak seperti konveksi jersey, penjual souvenir, sampai sepaku sepak bola.

Hal yang mengejutkan dari BRI berupa menjadi sponsor secara berturut-turut hingga musim BRI Liga 1 Indonesia 2024/2025. Kondisi tersebut secara tidak langsung menegaskan akan komitmen jangka panjang untuk mendukung industri sepak bola Indonesia. Keterlibatan yang berkelanjutan tersebut tidak hanya memperkuat posisi BRI di mata publik tetapi menciptakan dampak besar bagi ekonomi melalui operasional UMKM yang kembali jalan. Jalannya operasional UMKM seperti konveksi jersey, perjualan souvenir, sampai industri sepak bola mampu menciptakan lapangan kerja mampu berkontribusi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia.

Partisipasi BRI menjadi sponsor utama pada Liga 1 Indonesia dalam 3 tahun ke belakang mampu berdampak baik kepada peningkatan awareness masyarakat terhadap brand korporat BRI melalui produk BRImo. Hal tersebut didasarkan riset yang dilakukan BRI Research Institute yang mengalami peningkatan awareness dari tahun ke tahun. Di tahun 2021 awareness berada di angka 79% penonton yang tahu BRI menjadi sponsor utama. Namun saat berada di tahun 2022 menglami peningkatan menjadi 98,6% dan tahun 2023 telah mencapai 100% akan awareness terhadap BRI Liga 1 Indonesia.

Selain dari sisi awareness keterlibatan BRI dalam perhelatan Liga 1 Indonesia juga memberikan dampak kepada ekonomi. Menurut survei yang dilakukan dari LPEM Universitas Indonesia di tahun 2020 memaparkan perputaran ekonomi dari Liga 1 Indonesia diproyeksikan perputaran uang mencapai Rp2,7 hingga Rp3 triliun dalam satu tahun. Riset lain yang dilakukan oleh pihak lain seperti BRI Research Institute pada Juli 2024 atas penyelenggaraan akan kegiatan BRI Liga 1 Indonesia berpotensi perputaran uang (output ekonomi) jauh lebih besar dari perekonomian Indonesia mencapai Rp 10,42 Triliun. 

Dari angka tersebut perputaran uang yang dapat tercipta nilai tambah ekonomi diangka Rp 5,93 triliun. Tidak hanya itu terdapat pula tambahan pendapatan rumah tangga pekerja mencapai Rp 2,27 triliun dengan potensi pendapatan pajak tidak langsung bagi pemerintah mencapai Rp 866 miliar. Pada akhirnya akan tercipta pula kesempatan kerja mencapai kurang lebih 45 ribu orang.

Berbagai dampak yang dihasilkan dari keterlibatan BRI sebagai sponsor pada kompetisi Liga 1 Indonesia didukung oleh Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru yang dipegang oleh Ferry Paulus. Bahkan Ferry Paulus menyampaikan kebanggaan atas kemitraan yang dilakukan dengan BRI.

Kita merasakan bagaimana manfaat exposure dan efek kepada para pengusaha di daerah yang merasakan kerja sama antara LIB dan BRI. Ke depan, kita akan meningkatkan kerja sama melalui ticketing dan semua klub sudah setuju bahwa ticketing akan melalui BRI,” imbuh Ferry.

Kolaborasi yang dilakukan tidak hanya memberikan dukungan secara finansial tetapi mendorong pertumbuhan ekonomi pada sektor industri sepak bola. Sehingga kompetisi Liga 1 Indonesia dapat menjadi ajang yang lebih profesional dan menarik yang akan menciptakan lapangan kerja dan pendapatan yang berkelanjutan. Hal ini mampu mencerminkan sinergi yang saling menguntungkan antara BRI, pengelola Liga 1 Indonesia, dan pihak lain yang terlibat dalam industri sepak bola yang mampu memberikan manfaatkan jangka panjang bagi masyarakat dan ekonomi Indonesia secara keseluruhan yang sedang dipukul keras oleh pandemik Covid-19.

Komitmen yang kuat dibuktikan selama empat tahun berturut-turut sebagai sponsor dari Liga 1 Indonesia menunjukan BRI berinvestasi pada masa depan sepak bola Indonesia. Apalagi pada saat pandemik berbagai liga sepak bola mengalami penghentikan secara total. Dalam kondisi tersebut pihak BRI secara berani mengambil posisi menyelamati sepak bola di Indonesia agar kembali hidup dan berkembang ke arah yang lebih baik.

Keberanian yang dilakukan tersebut dapat dikatakan seperti sebuah panggilan untuk mendukung semangat masyarakat yang sama-sama sedang terpuruk untuk kembali hidup dan bergairah kembali. Nyatanya kegiatan sponsor yang dilakukan BRI pada Liga 1 Indonesia memberikan hasil positif baik dalam peningkatan kualitas liga, pertumbuhan ekonomi di sektor terkait, sampai menciptakan kesempatan bagi UMKM untuk tumbuh dan berkembang. Dengan demikian maka pihak BRI tidak hanya berkontribusi pada kemajuan sepak bola tetapi berperan penting dalam pemulihan dan perkembangan ekonomi Indonesia dari pukulan pandemik Covid-19. Pada akhirnya dapat dikatakan menurut penulis sponsor yang dilakukan BRI untuk Sepak Bola Indonesia benar-benar berdampak dan memajukan. Terima kasih.

Sumber tulisan, gambar, dan video:

  1. https://kolom.espos.id/mencintai-sepak-bola-dengan-sederhana-1815724#:~:text=Berdasar%20survei%20perusahaan%20riset%20multinasional,penduduk%20Indonesia%20menyukai%20sepak%20bola
  2. https://www.antaranews.com/berita/4071537/suporter-ri-di-qatar-semakin-antusias-dukung-timnas-u-23-di-piala-asia
  3. https://id.wikipedia.org/wiki/Liga_1_(Indonesia)
  4. https://laporcovid19.org/post/tingkat-kematian-akibat-covid-19-turun-kewaspadaan-pantang-turun
  5. https://www.bolasport.com/read/312215944/kerugian-akibat-berhentinya-liga-ditaksir-mencapai-3-triliun
  6. https://www.antaranews.com/berita/2611121/jalan-panjang-kompetisi-liga-1-di-tengah-gelombang-pandemi
  7. https://ekbis.harianjogja.com/read/2022/02/03/502/1094583/ini-penyebab-laba-BRI-bBRI-rp32-triliun-pada-2021
  8. https://www.bola.com/indonesia/read/4630409/5-alasan-BRI-jadi-sponsor-utama-BRI-liga-1-2021-2022?page=2
  9. https://BRI.co.id/web/promo/what-s-new/-/asset_publisher/hjhmhT9GPOtq/content/ciptakan-perputaran-ekonomi-rp10-42-triliun-BRI-kembali-jadi-sponsor-utama-liga-1-2024-2025#:~:text=Partisipasi%20BRI%20sebagai%20sponsor%20utama,brand%20produk%20BRI%20khususnya%20BRImo
  10. https://www.antaranews.com/berita/4242339/ciptakan-perputaran-ekonomi-rp1042-triliun-BRI-kembali-jadi-sponsor-utama-liga-1-2024-2025
  11. https://www.youtube.com/watch?v=kPnfJJnJwI0
  12. https://www.youtube.com/watch?v=kzLFCkUTP4U
  13. https://www.youtube.com/watch?v=JBIN6yX-4W8
  14. https://www.youtube.com/watch?v=vDldp05xxck
  15. https://www.youtube.com/watch?v=8R_1APg4_ZY
  16. https://www.youtube.com/watch?v=PdRoFlr03bM
  17. https://www.youtube.com/watch?v=mi7-Af0i1JA
  18. https://www.youtube.com/watch?v=V8cQJy5AuVw
  19. https://www.youtube.com/watch?v=k4UVCqoVUeA 
  20. https://www.youtube.com/watch?v=WVr99oNHCGQ

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Menghidupkan Semangat Kebangsaan dan Ekonomi Indonesia di Tengah Tantangan Melalui Sponsor BRI pada Kompetisi Sepak Bola"

Posting Komentar