Adaptasi dalam Kehidupan dan Ekonomi dari Lingkungan Alami ke Layanan Keuangan BRI

Adaptasi merupakan proses di mana makhluk hidup melakukan penyesuaian diri dengan lingkungan untuk meningkatkan peluang bertahan hidup dan reproduksi. Proses yang dilakukan mencakup perubahan fisik, perilaku, atau karakteristik lainnya yang memungkinkan spesies untuk menghadapi berbagai tantangan yang berubah dari lingkungan tempat tinggalnya. Dengan beradapatasi maka seseorang spesies akan dapat memaksimalkan sumber daya yang tersedia dan mengurangi resiko dari ancaman eksternal yang dapat keberlangsungan hidup menjadi terjamin.

Selain itu fungsi dari melakukan adaptasi juga mampu menjaga keseimbangan ekosistem. Adaptasi yang dilakukan juga membantu spesies untuk berinteraksi lebih efektif dengan tempat tinggal melalui perubahan dalam pola makan, reproduksi, sampai cara berinteraksi dengan spesies lainnya. Tidak hanya itu saja adaptasi juga mampu berperan dalam evolusi karena spesies akan menjadi lebih baik atas lingkungannya. Kondisi tersebut membuat peluang spesies untuk bertahan dan berkembang biak menjadi besar lagi. Pada akhirnya hasil adaptasi tersebut mampu diwariskan kepada generasi berikutnya dalam menjalani kehidupan sehari-hari. 

Untuk contoh adaptasi terlihat jelas pada hewan yang dapat ditemukan pada penguin. Dimana penguin terlihat memiliki tubuh yang berbentuk aerodinamis dengan lapisan lemak yang tebal. Kondisi tersebut akan membantu penguin untuk dapat bertahan di iklim dingin Antartika. Belum lagi kaki penguin yang pendek dan sayap yang diadaptasi menjadi sirip membuat kegiatan berenang menjadi efesien khususnya saat mencari makanan di bawah air. perilaku sosial penguin yang sering berkumpul dalam koloni mampu untuk saling menghangatkan. Berbagai bentuk adaptasi yang dilakukan oleh penguin mampu berkontribusi pada kesejahteraan spesies dalam menghadapi tantangan lingkungan yang selalu menghantam.

Berbicara mengenai adaptasi tidak hanya dapat dilakukan oleh penguin saja tetapi manusia juga menunjukkan kemampuan adaptasi yang luar biasa dalam menghadapi berbagai tantangan lingkungan. Salah satu bentuk adaptasi yang cukup signifikan berupa cara manusia melakukan transaksi. Berdasarkan berbagai informasi yang beredar dipaparkan bahwa cara manusia bertransaksi menggunakan sistem barter. Penggunaan sistem tersebut merupakan metode pertukaran barang dan jasa secara langsung antara individu atau kelompok tanpa menggunakan alat tukar. Namun seiringnya perubahan waktu ditambah meningkatnya kompleksitas ekonomi sistem tersebut menjadi kurang praktis.

Seiring berjalannya waktu pada akhirnya manusia menemukan penggunaan logam mulia seperti emas sebagai alat tukar yang lebih efektif. Belum lagi penggunaan emas menjadi nilai yang diakui secara luas oleh masyarakat. Selain itu emas juga dilihat secara fisik sangat mudah untuk dibawa dan dibagi. Penggunaan transaksi yang menggunakan emas menjadi lebih terstuktur karena dapat dilakukan lebih cepat dan tanpa kesulitan dalam penilaian nilannya. Adaptasi yang dilakukan mampu mempercepat perdagangan dan membantu menciptakan sistem ekonomi yang lebih kompleks.

Meskipun penggunaan emas sebagai alat tukar membawa banyak keuntungan namun didalamnya terdapat sejumlah kekurangan. Salah satu masalah utama berupa keterbatasan dalam jumlah emas yang tersedia menyebabkan fluktuasi nilai dan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan transaksi yang meningkat atas kegiatan manusia. Belum lagi mobilitas emas cukup berat dan sulit untuk dibawa dalam jumlah banyak. Kelemahan yang dimiliki transaksi emas mendorong memunculkan sebuah lembaga yang dapat menyimpan, mengelola, sampai memfasilitas transaksi emas. Pada akhirnya kini masyarakat menyebut lembaha tersebut dengan sebuah nama berupa bank. Salah satu bank yang sangat populer pada masyarakat Indonesia memiliki nama berupa Bank Rakyat Indonesia atau biasa disingkat BRI.

Berdasarkan informasi yang beredar memapakar bahwa BRI merupakan salah satu badan usaha milik negara Indonesia yang menyediakan jasa keuangan bagi masyarakat. Target dari operasional BRI kepada pengembangan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam memberdayakan ekonomi lokal sampai mendukung pertumbuhan bisnis di seluruh Indonesia. Hingga pada akhir tahun 2022 operasional dari BRI didukung oleh 449 unit kantor cabang dan 13.863 unit ATM yang tersebar pada berbagai daerah di Indonesia.

Untuk lebih menjangkau masyarakat yang berada di berbagai negara kini pihak BRI juga telah berada di New York, Hong Kong, Singapura, Cayman Islands, dan Taiwan. Berbagai dukungan yang dimiliki oleh BRI untuk memenuhi komitmen dalam memenuhi kebutuhan finansial masyarakat supaya mendukung pertumbuhan ekonomi nasional yang berkelanjutan. Hal yang lebih mengejutkan lagi dari BRI berupa layanan transaksi yang diberikan digolongkan ke dalam beberapa bagian seperti individu, UMKM, dan korporasi.

Layanan Transaksi Untuk Individu

Pada layanan perbankan BRI yang ditujukan bagi para pengguna individu selalu menawarkan kemudahan dalam menunjang aktivitas seseorang dalam kehidupannya. Hal tersebut membuat pihak pengguna dalam hal ini berupa nasabah dapat melakukan berbagai macam tagihan secara cepat dan praktis. Berikut ini beberapa layanan perbankan dari BRI yang ditujukan untuk para pengguna sebagai individu yaitu:

Pertama berupa Pembayaran Bill. Pada layanan transaksi ini pihak BRI memberikan kemudahan bagi para nasabah untuk menyelesaikan berbagai macam tagihan secara efisien. Tagihan yang dapat diselesaikan pada layanan transaksi tersebut seperti PLN, telepon, sampai Telkomsel. Secara spesifik akan contoh pada tagihan PLN maka para nasabah dapat melakukan pembayaran secara online melalui ATM atau teller di kantor cabang BRI. Kantor cabang BRI yang dapat melakukan transaksi tersebut baru hanya tersedia pada wilayah Jakarta dan Tangerang. Tidak hanya pembayaran tagihan PLN juga dapat dilakukan secara offline melalui payment point yang tersedia di seluruh unit kerja BRI.

Namun dalam hal tagihan telepon dan layanan seluler seperti Telkomsel maka pihak BRI menawarkan fleksibilitas dalam cara pembayaran. Untuk tagihan telepon dapat dilakukan secara online melalui ATM atau teller yang berada di kantor cabang BRI pada wilayah Divre II dan Divre V Telkom. Sedangkan jika pengguna memilih menggunakan metode offline maka ada dua cara yang dipilih berupa petugas payment point di kantor cabang atau dengan sistem SOPP. Pada tagihan Telkomsel para nasabah melalui pembayaran di ATM BRI atau teller baik secara tunai maupun over booking dalam tagihan sistem pascabayar.

Kedua berupa Jasa Penerimaan Setoran. Layanan tersebut menyediakan berbagai kemudahan bagi nasabah untuk melakukan transaksi berupa setoran untuk berbagai macam keperluan. Banyak sekali transaksi dalam setoran seperti pembayaran tagihan rekening listrik dan telepon dan kewajiban pajak seperti Pajak Bumi Bangunan. Belum lagi pihak nasabah juga mampu menggunakan layanan tersebut untuk setoran pembayaran gaji pegawai, pensiun pegawai melalui Taspen, dan biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) secara lunas. Apalagi layanan transaksi setoran tersebut didukung oleh jaringan yang luas dan akses yang mudah memastikan akan setiap transaksi dilakukan dengan cepat dan efesien.

Ketiga berupa Transaksi Online. Layanan transaksi tersebut mampu menawarkan kemudahan bagi nasabah dalam mengelola rekening secara digital. Didukung melalui produk BRItAma membuat nasabah dapat melakukan berbagai transaksi termasuk penarikan dan penyetoran dengan mudah tanpa harus mengunjungi kantor cabang. Selain itu adanya layanan GiroBRI mampu mendukung transaksi online yang memungkinkan pengguna untuk melakukan penyetoran dengan cepat dan efisien.

Keempat berupa BRIfast Remittance. BRIfast Remittance merupakan layanan pengiriman uang valas antar bank yang disediakan oleh pihak BRI. Layanan tersebut mampu menawarkan fleksibilitas bagi nasabah dalam melakukan transaksi internasional. Tidak hanya itu saja layanan tersebut juga sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan bisnis maupun pengiriman uang kepada keluarga yang berada di luar negeri menggunakan Swift Code BRINIDJAXXX dalam memastikan keamanan dan efisiensi dalam setiap transaksi yang dilakukan. Keunggulan dari layanan BRIfast Remittance berupa kecepatan dan keandalan dalam pengiriman dana baik untuk tujuan secara personal maupun profesional.

Hal yang mengejutkan lagi pada layanan BRIfast Remittance terbagi menjadi dua jenis berupa incoming remittance dan outgoing remittance. Incoming remittance membuat nasabah mampu menerima uang dari luar negeri melalui telegraphic transfer dan BRIfast web services. Sedangkan untuk outgoing remittance mampu memfasilitasi melakukan pengiriman dana valas kepada rekan bisnis atau keluarga di luar negeri melalui lebih dari 1.200 bank korespondensi. Jaringan yang luas mampu membuat proses menjadi mudah sehingga menjadi solusi ideal bagi nasabah yang membutuhkan layanan pengiriman uang dengan cepat dan terpecaya.

Demi meningkatkan layanan secara spesifik pada BRIfast Remittance maka dapat melakukan pengiriman valas ke Indonesia karena BRI telah menjalin kemitraan dengan berbagai pihak contohnya di Malaysia. Cara pengiriman uang juga cukup mudah dengan mengunjungi “Kedai Kirim Uang” yang dikelola oleh 14 mitra kerja sama resmi BRI di seluruh Malaysia. Proses yang dilakukan juga sangatlah sederhana karena nasabah perlu membawa secara detail identitas diri dan detail penerima.

Tidak hanya itu data lain yang dibutuhkan juga seperti jumlah uang yang akan dikirimkan. Setelah berbagai data didutuhkan telah diterima maka pengguna akan mendapatkan informasi mengenai nilai kurs dan biaya yang dikenakan. Sebelum dana benar-benar dikirimkan maka nasabah akan dipersilahkan untuk memeriksa kembali atas detail pengiriman supaya tidak terjadi kesalahan. Melalui cara tersebut maka uang akan dapat diproses untuk diterima di Indonesia pada hari yang sama sebagai solusi yang cepat dan efisien untuk memenuhi kebutuhan pengiriman dana.

Setelah memahami akan proses pengiriman dana ke Indonesia maka para nasabah juga dapat memanfaatkan layanan BRIfast Remittance untuk melakukan pengiriman valas ke luar negeri dengan efisien. Dalam melakukan pengiriman dana valas ke luar negeri maka nasabah hanya cukup mengunjungi kantor cabang atau kantor cabang pembantu BRI terdekat. Langkah selanjutnya yang dilakukan berupa pengisian formulir aplikasi pengiriman uang yang didalamnya terdapat berbagai informasi seperti nama lengkap penerima transfer, bank tujuan, dan nomor rekening penerima. 

Jika formulir tersebut telah diisi maka nasabah harus menyediakan cover dana yang telah disesuaikan dengan jumlah uang yang akan dikirim ditambah biaya proses pengiriman yang disesuaikan dengan ketentuan. Melalui mekanisme yang jelas dan prosedur yang mudah diikuti harapannya pengiriman valas ke luar negeri menjadi mudah dan dilakukan dengan cepat untuk emmastikan kebutuhan transfer dana nasabah terpenuhi tanpa hambatan.

Kelima berupa Transfer & LLG. Layanan tersebut memungkinkan pihak nasabah untuk dapat melakukan transaksi rupiah dengan mudah melalui berbagai saluran seperti ATM BRI, kantor cabang, sampai BRI Unit. Biaya untuk transfer juga sangat bervariasi yang informasinya dapat diakses di kantor cabang BRI terdekat. Contohnya saja jika pengguna melakukan transfer antar rekening BRItAma melalui ATM maka akan dikenakan biaya sebesar Rp 750. Tetapi untuk melakukan setoran tunai dengan jumlah di atas Rp 50 juta maka akan dikenakan biaya surcharge minimal sebesar 0,5% dari jumlah yang disetorkan.

Di dalam BRI juga menyediakan layanan transfer valas yang mencakup outgoing transfer dan transfer antar kantor cabang. Dimana untuk outgoing transfer valas maka pihak nasabah akan dikenakan biaya komunikasi telex sebanyak USD 25 terlepas dari jumlah yang ditransferkan. Selain itu juga terdapat biaya provisi mencapai 1/8% dari jumlah transfer dalam bentuk USD. Sedangkan untuk transfer valas antar kantor cabang BRI akan dikenakan biaya komunikasi sebesar USD 3 dengan biaya provisi yang sama sebanyak 1/8% dari jumlah setoran tunai di atas USD 5.000. Berbagai pilihan dan transparansi biaya tersebut untuk memastikan bahwa nasabah dapat melakukan transaksi dengan nyaman dan efisien.

Layanan Transaksi Untuk UMKM

Untuk layanan transaksi UMKM pihak BRI secara spesifik memberikan melalui sistem merchant yang memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha dalam menerima pembayaran dari pihak pelanggan. Di dalam merchant yang diberikan BRI terbagi menjadi tiga bagian yang dapat digunakan berupa EDC + QRIS Dinamis BRI, QRIS Statis, dan Online Acquiring BRI.

Pada layanan merchant EDC + QRIS Dinamis BRI maka pihak pelaku usaha akan dapat menerima transaksi dengan menggunakan kartu debit, kartu kredit, dan kartu prepaid. Penggunaan mesin EDC membuat transaksi menjadi lebih cepat dan efisien memberikan kenyamanan bagi pemilik usaha maupun pelanggan. Ditambah lagi pada layanan tersebut pihak BRI memberikan ekstra berupa QRIS Dinamis yang merupakan standar pembayaran menggunakan QR Code dari Bank Indonesia. QRIS Dinamis tersebut tidak hanya mempermudah proses transaksi tetapi mampu menjaga keamanan data transaksi. Sehingga pihak nasabah mampu melakukan transaksi dengan tenang dan nyaman.

QRIS Statis akan sangat membantu para pelaku UMKM untuk memudahkan pembayaran menjadi lebih praktis. Adanya QRIS Statis yang terdapat pada merchant membuat penerimaan akan pembayaran dari pelanggan menjadi mudah karena tidak memerlukan mesin EDC. Bahkan para pelanggan cukup memindai kode QR menggunakan aplikasi perbankan atau dompet digital yang membuat proses transaksi menjadi lebih cepat dan efisien. QRIS Statis juga sangat cocok untuk para pelaku usaha yang telah memiliki volume transaksi tinggi untuk kemudahan bagi pelanggan dalam melakukan pembayaran.

Sedangkan untuk Online Qcquiring BRI mampu memberikan fasilitas transaksi secara online menggunakan kartu debit dan kartu kredit baik menggunakan BRI maupun bank lainnya. Metode tersebut dirancang untuk mempermudahkan para pelaku usaha dalam menerima pembayaran dari pelanggan di platform digitalnya. Sistem yang cepat dan aman membuat Online Qcquiring memastikan bahwa setiap transaksi berjalan dengan lancar tanpa hambatan membuat pelaku UMKM dapat fokus pada pengembangan bisnis tanpa merasa khawatir tentang proses pembayaran terganggu.

Supaya merasakan berbagai manfaat dari merchant BRI maka seseorang harus melakukan pendaftaran yang caranya sangat mudah dilakukan. Hal pertama yang dilakukan berupa memilih produk merchant BRI yang dibutuhkan. Setelah itu maka langkah selanjutnya berupa mengisi formulir pendaftaran dengan teliti untuk memastikan semua informasi yang diberikan akurat dan tidak terdapat kesalahan. Jika sudah diisi maka dilakukan berupa pengiriman formulir untuk diproses oleh pihak BRI. Ketika sudah dikirim maka langkah selanjutnya yang dilakukan hanya menunggu pihak BRI untuk menghubungi guna melakukan konfirmasi pendaftaran. Proses yang sederhana dalam mendaftarakan merchant BRI untuk meningkatkan layanan transaksi diharapakan mampu mempermudah dan memberikan kenyamanan saat bertransaksi.

Setelah memahami akan berbagai seluk beluk atas layanan transaksi UMKM yang ditawarkan oleh BRI melalui produk merchant diharapakan dapat membantu transaksi menjadi mudah. Jika harus memaparkan lebih dalam lagi ada beberapa alasan-alasan lainnya mengapa para pemilik UMKM harus menggunakan merchant dari BRI sebagai media transaksinya. Supaya lebih mudah dalam memahami alasan-alasan tersebut dipaparkan melalui gambar dibawah:

Layanan Transaksi Untuk Korporasi

Layanan transaksi yang digunakan untuk korporasi merupakan komponen penting dalam mengelola keuangan dan operasional perusahaan. Hal tersebut karena berbagai korporasi menjadi lebih efisiensi, transparansi, sampai keamanan dalam proses layanannya. Sistem yang telah teintegrasi membuat korporasi mampu melakukan berbagai hal seperti transaksi pembayaran dengan lebih cepat. Maka dari itu disini pihak BRI dalam menyediakan layanan transaksi untuk korporasi terbagi dalam berbagai macam berupa:

Pertama berupa QLola. Dapat dikatakan bahwa Qlola by BRI merupakan sebuah produk layanan yang cukup inovasi dan terbaru dari BRI berupa Integrated Corporate Solution Platform. Hal tersebut membuat penggunaan QLola mampu memudahkan melakukan ke berbagai macam produk sampai layanan dari BRI hanya dalam satu kali log in (Single Sign On). Platform bernama QLola juga mampu mengintegrasikan terhadap berbagai fitur unggulan seperti Cash Management, Trade Finance, Supply Chain Management, Foreign Exchange, Investment Services, sampai Financial Dashboard.

Kedua berupa jasa bisnis yang terbagi menjadi dua yaitu Bisnis Garansi dan Bisnis Kliring. Secara arti akan layanan bisnis garansi yang disediakan oleh bank BRI mampu memperlancar bagi para pelaku UMKM dengan mengeluarkan Jaminan Bank dalam bentuk Bank Garansi. Sedangkan untuk Bisnis Kliring pihak korporasi dapat mempercayakan kepada BRI untuk menyelesaikan terhadap surat berharga dengan cepat dan aman.

Ketiga berupa jasa keuangan yang terdiri dari bill payment, transfer, setoran, transaksi online, hingga remitansi. Bill payment merupakan sarana transaksi pembayaran berbagai macam tagihan publik yang memanfaatkan terhadap fasilitas ATM dan layanan di Teller BRI. Transfer & LLG merupakan layanan pengiriman uang dalam bentuk rupiah dan valas kepada pihak lain menggunakan sistem kliring. Untuk lebih jelasnya akan jasa keuangan bagi korporasi para pembaca dapat melihat pada halaman website yang dimiliki oleh BRI.

Keempat berupa jasa kelembagaan. Layanan dari BRI terhadap jasa kelembagaan terbagi menjadi dua beruap SPP Online dan Cash Manajemen BRI. SPP Online merupakan penerimaan terhadap setoran mahasisa yang dilakukan secara online menggunakan jaringan pelayanan BRI. Sedangkan layanan Cash Managemen BRI merupakan layanan perbankan elektronik menggunakan basis internet bagi para nasabah dalam memperoleh informasi. Kelima berupa jasa treasury. Dalam jasa treasury yang diberikan oleh pihak BRI terdiri dari berbagai banyak hal seperti Foreign Exchange (FOREX), Money Market, Fixed Income, Produk Derivatif, Keunggulan & Prosedur, dan Local Currency Settlement.

Keenam berupa Jasa Kustodian. Bank BRI yang telah menjadi sosok badan usaha sebagai Bank Kustodian sejak 1996 telah menjadi 5 Bank Kustodian pertama di Indonesia. Maka sebagai pihak penyedia layanan Kustodian dari BRI merupakan jasa penitipan dan administrasi terhadap surat-surat berharga. Adanya Kustodian BRI juga termasuk dalam mewakili nasabah dalam melakukan kegiatan Rapat Umum Pemegang Saham dan Rapat Umum Pemegang Obligasi terkait efek yang dimiliki. Secara lebih jelas dapat dikatakan ketika menggunakan layanan dari pihak BRI akan mendapatkan berbagai macam keuntungan sebagai berikut:

Ketujuh berupa Jasa Wali Amanat. Kini pihak BRI telah melakukan berpengalaman dalam melakukan berbagai tindakan seperti menjadi wali amanat karena telah mendapatkan kepercayaan dari berbagai pihak seperti perusahaan BUMN, perbankan, sampai korporasi dalam peneribitan obligasi/MNT. Layanan tersebut membuat BRI mampu menjadi pewakil dan melindungi kepentingan terhadap para pemegang obligasi/MNT yang telah disesuaikan dengan ketentuan yang telah diselaraskan terhadap akta perjanjian perwaliamanatan.

Kedelapan berupa Cash Managment. Didalam layanan tersebut memungkinkan membuat para nasabah sebagai pengguna mampu memperoleh informasi mengenai rekening, manajemen likuiditas, sampai bertransaksi secara swalayan secara online real-time tanpa akan adanya hambatan berupa waktu dan tempat. Adanya layanan tersebut ditunjuk terhadap berbagai para pemilik bisnis dalam memerlukan solusi terhadap perbankan yang mudah digunakan, modern, aman, sampai dinasis. Selain itu dengan menggunakan layanan tersebut juga pengguna akan mendapatkan berbagai macam keuntungan seperti:

Kesembilan berupa jadi merchant. Pada layanan jadi merchant untuk korporasi menurut penulis harmpir sama seperti pada UMKM. Namun setelah dianalisis cukup dalam terdapat perbedaan dalam sisi penggunaan antara layanan jadi merchant di UMKM dan korporasi berupa pihak pengguna.

Kesepuluh berupa BRIAPI. BRIAPI merupakan sebuah layanan antarmuka untuk pemograman aplikasi atau Application Programming Interface (API) dikembangkan oleh BRI memungkinkan terjadi integrasi antara aplikasi pihak ketiga dengan layanan BRI. Didalam BRIAPI akan terhubung dengan mudah terhadap layanan BRI seperti BRI Direct Debit, BRIZZI, sampai BRIVA Web Service. Bahkan para pengguna yang telah menggunakan layanan BRIAPI telah memberikan dampak cukup besar terlihat dari testimoni seperti dibawah.

Supaya seseorang pengguna dapat merasakan layanan dari BRIAPI maka harus terlebih dahulu mendaftar. Cara mendaftar untuk akun BRIAPI sangatlah mudah dilakukan sampai hanya cukup 4 langkah dilakukan. Agar lebih jelas terhadap langkah pendaftaran BRIAPI maka pada pemaparan pada tulisan ini dibuat dalam bentuk gambar supaya mudah dihapami.

Berkat konsistensi dalam inovasi terhadap layanan transaksi & digitalisasi BRI mampu meraih kinerja yang sangat gemilang. Saking gemilangnya pihak BRI terhadap layanan transaksi & digitalisasi BRI mampu memborong 12 penghargaan dalam ajang 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024. Acara tersebut diinisiasi oleh pihak Infobank Media Group dan Isentia dilaksanakan pada tanggal 1 April 2024 di Jakarta. Atas hasil kinerja dari BRI dalam memeBRIkan layanan transaksi & digitalisasi BRI membuat Direktur Utama BRI pada saat itu dipegang oleh Sunarso dinobatkan sebagai The Best CEO in Digital Brand 2024.

Didalam bidang lainnya atas kinerja layanan dari BRI mendapatkan penghargaan sebanyak 11 buah. Dimana penghargaan tersebut bernama The Best Overall Tabungan Bank Umum Konvensional 2024, The Best Overall Tabungan Bank Umum Konvensional 2024-KBMI 4 (Modal Inti di atas Rp70 triliun), The 2nd Best Overall KPR Bank Umum Konvensional 2024, The 2nd Best Overall Wealth Management Bank Umum Konvensional 2024, The 2nd Best Overall Mobile Banking Bank Umum Konvensional 2024, The 2nd Best Deposito Bank Umum Konvensional 2024-KBMI 4 (Modal Inti di atas Rp70 triliun).

Terhadap pencapaian yang didapatkan maka pihak SDM yang terlibat dalam hal ini berupa Direktur Utama BRI yang dipegang oleh Sunarso memaparkan bahwa penghargaan tersebut atas dedikasi seluruh Insan BRILian atau pekerja BRI. Pihak tersebut bahkan memberikan apresiasi sangat tinggi sekali kepada para pihak khususnya Insan BRILian yang telah berkontribusi secara optimal dalam memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah sebagai pengguna.

Pihak Direktur BRI juga memaparkan akan selalu konsisten menjadikan BRI sebagai bank dengan jaringan terluas di Indonesia yang menjalankan transaksi & digitalisasi BRI yang lebih berkelanjutan. Bahkan kini transformasi yang dilakukan telah difokuskan kepada dua aspek penting yaitu digital & culture. Maka dari itu kini layanan yang diberikan oleh BRI secara perlahan namun pasti mulai ke arah digital. Hal tersebut BRI lakukan untuk dapat menjawab kebutuhan dan perubahan atas pola transaksi masyarakat yang lebih modern.

Transaksi & digitalisasi BRI menjadi bukti telah cukup sukses dibuktikan atas catatan selama tahun 2023. Dalam catatan tersebut dipaparkan telah sebanyak 99% dari total transaksi yang terjadi pada layanan BRI dilakukan melalui kanal digital. Sedangkan sisa dari angka tersebut masih dilakukan dengan cara konvensional berupa datang di cabang atau unit kerja BRI. Diharapkan dengan adanya transaksi & digitalisasi BRI mampu memudahkan masyarakat dalam melakukan transkasi yang menunjang aktivitas sehari-harinya. Pada akhirnya yang dengan berbagai hal yang dilakukan BRI khususnya pada transaksi & digitalisai mampu menopang realisasi Indonesai Emas 2045 yang akan terjadi di depan mata.

Sumber tulisan, gambar, dan video:

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Bank_Rakyat_Indonesia
  2. https://www.BRI.co.id/en/web/ppid/detail-news?title=dirut-BRI-sunarso-dinobatkan-the-best-ceo-in-digital-brand-BRI-borong-12-penghargaan-13th-infobank-isentia-digital-brand-recognition-2024
  3. https://www.youtube.com/watch?v=zYXTNoO4iHE
  4. https://www.youtube.com/watch?v=Wqw-SbqLYmQ
  5. https://brifast.co.id/pengiriman-uang-ke-indonesia-incoming-remittance/
  6. https://www.kanalkalimantan.com/jadi-merchant-bri-bisa-bikin-usaha-makin-moncer-begini-cara-daftarnya/
  7. https://www.youtube.com/watch?v=4nmf_HlZ9qU
  8. https://www.youtube.com/watch?v=r1ZnoqvTZIo
  9. https://www.instagram.com/bankbri_id/p/C6KwFYpPicp/?img_index=1
  10. https://bri.co.id/
  11. https://www.facebook.com/100076954773224/photos/510994791475676/?_rdr
  12. https://www.youtube.com/watch?v=bvRDwjmimc4
  13. https://pixabay.com/id/photos/pinguin-burung-margasatwa-1867414/
  14. https://www.youtube.com/watch?v=vDldp05xxck
  15. https://www.youtube.com/watch?v=kmbbu53koHU

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Adaptasi dalam Kehidupan dan Ekonomi dari Lingkungan Alami ke Layanan Keuangan BRI"

Posting Komentar