Adaptasi
merupakan proses di mana makhluk hidup melakukan penyesuaian diri dengan
lingkungan untuk meningkatkan peluang bertahan hidup dan reproduksi. Proses
yang dilakukan mencakup perubahan fisik, perilaku, atau karakteristik lainnya
yang memungkinkan spesies untuk menghadapi berbagai tantangan yang berubah dari
lingkungan tempat tinggalnya. Dengan beradapatasi maka seseorang spesies akan
dapat memaksimalkan sumber daya yang tersedia dan mengurangi resiko dari
ancaman eksternal yang dapat keberlangsungan hidup menjadi terjamin.
Selain
itu fungsi dari melakukan adaptasi juga mampu menjaga keseimbangan ekosistem.
Adaptasi yang dilakukan juga membantu spesies untuk berinteraksi lebih efektif
dengan tempat tinggal melalui perubahan dalam pola makan, reproduksi, sampai
cara berinteraksi dengan spesies lainnya. Tidak hanya itu saja adaptasi juga
mampu berperan dalam evolusi karena spesies akan menjadi lebih baik atas
lingkungannya. Kondisi tersebut membuat peluang spesies untuk bertahan dan
berkembang biak menjadi besar lagi. Pada akhirnya hasil adaptasi tersebut mampu
diwariskan kepada generasi berikutnya dalam menjalani kehidupan sehari-hari.
Untuk
contoh adaptasi terlihat jelas pada hewan yang dapat ditemukan pada penguin.
Dimana penguin terlihat memiliki tubuh yang berbentuk aerodinamis dengan
lapisan lemak yang tebal. Kondisi tersebut akan membantu penguin untuk dapat
bertahan di iklim dingin Antartika. Belum lagi kaki penguin yang pendek dan
sayap yang diadaptasi menjadi sirip membuat kegiatan berenang menjadi efesien
khususnya saat mencari makanan di bawah air. perilaku sosial penguin yang
sering berkumpul dalam koloni mampu untuk saling menghangatkan. Berbagai bentuk
adaptasi yang dilakukan oleh penguin mampu berkontribusi pada kesejahteraan
spesies dalam menghadapi tantangan lingkungan yang selalu menghantam.
Berbicara
mengenai adaptasi tidak hanya dapat dilakukan oleh penguin saja tetapi manusia
juga menunjukkan kemampuan adaptasi yang luar biasa dalam menghadapi berbagai
tantangan lingkungan. Salah satu bentuk adaptasi yang cukup signifikan berupa
cara manusia melakukan transaksi. Berdasarkan berbagai informasi yang beredar
dipaparkan bahwa cara manusia bertransaksi menggunakan sistem barter.
Penggunaan sistem tersebut merupakan metode pertukaran barang dan jasa secara
langsung antara individu atau kelompok tanpa menggunakan alat tukar. Namun
seiringnya perubahan waktu ditambah meningkatnya kompleksitas ekonomi sistem
tersebut menjadi kurang praktis.
Seiring
berjalannya waktu pada akhirnya manusia menemukan penggunaan logam mulia
seperti emas sebagai alat tukar yang lebih efektif. Belum lagi penggunaan emas
menjadi nilai yang diakui secara luas oleh masyarakat. Selain itu emas juga
dilihat secara fisik sangat mudah untuk dibawa dan dibagi. Penggunaan transaksi
yang menggunakan emas menjadi lebih terstuktur karena dapat dilakukan lebih
cepat dan tanpa kesulitan dalam penilaian nilannya. Adaptasi yang dilakukan
mampu mempercepat perdagangan dan membantu menciptakan sistem ekonomi yang
lebih kompleks.
Meskipun
penggunaan emas sebagai alat tukar membawa banyak keuntungan namun didalamnya
terdapat sejumlah kekurangan. Salah satu masalah utama berupa keterbatasan
dalam jumlah emas yang tersedia menyebabkan fluktuasi nilai dan kesulitan dalam
memenuhi kebutuhan transaksi yang meningkat atas kegiatan manusia. Belum lagi
mobilitas emas cukup berat dan sulit untuk dibawa dalam jumlah banyak.
Kelemahan yang dimiliki transaksi emas mendorong memunculkan sebuah lembaga
yang dapat menyimpan, mengelola, sampai memfasilitas transaksi emas. Pada
akhirnya kini masyarakat menyebut lembaha tersebut dengan sebuah nama berupa
bank. Salah satu bank yang sangat populer pada masyarakat Indonesia memiliki
nama berupa Bank Rakyat Indonesia atau biasa disingkat BRI.
Berdasarkan
informasi yang beredar memapakar bahwa BRI merupakan salah satu badan usaha milik negara Indonesia yang menyediakan jasa
keuangan bagi masyarakat. Target dari operasional BRI kepada pengembangan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah
(UMKM) dalam memberdayakan ekonomi lokal sampai mendukung pertumbuhan bisnis di
seluruh Indonesia. Hingga pada akhir tahun 2022 operasional dari BRI didukung oleh 449 unit kantor
cabang dan 13.863 unit ATM yang tersebar pada berbagai daerah di Indonesia.
Untuk
lebih menjangkau masyarakat yang berada di berbagai negara kini pihak BRI juga telah berada di New York, Hong
Kong, Singapura, Cayman Islands, dan Taiwan. Berbagai dukungan yang dimiliki
oleh BRI untuk memenuhi komitmen
dalam memenuhi kebutuhan finansial masyarakat supaya mendukung pertumbuhan
ekonomi nasional yang berkelanjutan. Hal yang lebih mengejutkan lagi dari BRI berupa layanan transaksi yang
diberikan digolongkan ke dalam beberapa bagian seperti individu, UMKM, dan
korporasi.
Layanan
Transaksi Untuk Individu
Pada
layanan perbankan BRI yang ditujukan
bagi para pengguna individu selalu menawarkan kemudahan dalam menunjang
aktivitas seseorang dalam kehidupannya. Hal tersebut membuat pihak pengguna
dalam hal ini berupa nasabah dapat melakukan berbagai macam tagihan secara
cepat dan praktis. Berikut ini beberapa layanan perbankan dari BRI yang ditujukan untuk para pengguna
sebagai individu yaitu:
Pertama
berupa Pembayaran Bill. Pada layanan transaksi ini pihak BRI memberikan kemudahan bagi para nasabah untuk menyelesaikan
berbagai macam tagihan secara efisien. Tagihan yang dapat diselesaikan pada
layanan transaksi tersebut seperti PLN, telepon, sampai Telkomsel. Secara
spesifik akan contoh pada tagihan PLN maka para nasabah dapat melakukan
pembayaran secara online melalui ATM atau teller di kantor cabang BRI. Kantor cabang BRI yang dapat melakukan transaksi tersebut baru hanya tersedia
pada wilayah Jakarta dan Tangerang. Tidak hanya pembayaran tagihan PLN juga
dapat dilakukan secara offline melalui payment point yang tersedia di seluruh
unit kerja BRI.
Namun
dalam hal tagihan telepon dan layanan seluler seperti Telkomsel maka pihak BRI menawarkan fleksibilitas dalam cara
pembayaran. Untuk tagihan telepon dapat dilakukan secara online melalui ATM
atau teller yang berada di kantor cabang BRI pada wilayah Divre II dan Divre V Telkom. Sedangkan jika pengguna memilih
menggunakan metode offline maka ada dua cara yang dipilih berupa petugas
payment point di kantor cabang atau dengan sistem SOPP. Pada tagihan Telkomsel
para nasabah melalui pembayaran di ATM BRI atau teller baik secara tunai maupun over booking dalam tagihan sistem
pascabayar.
Kedua
berupa Jasa Penerimaan Setoran. Layanan tersebut menyediakan berbagai kemudahan
bagi nasabah untuk melakukan transaksi berupa setoran untuk berbagai macam
keperluan. Banyak sekali transaksi dalam setoran seperti pembayaran tagihan
rekening listrik dan telepon dan kewajiban pajak seperti Pajak Bumi Bangunan.
Belum lagi pihak nasabah juga mampu menggunakan layanan tersebut untuk setoran
pembayaran gaji pegawai, pensiun pegawai melalui Taspen, dan biaya perjalanan
ibadah haji (BPIH) secara lunas. Apalagi layanan transaksi setoran tersebut
didukung oleh jaringan yang luas dan akses yang mudah memastikan akan setiap
transaksi dilakukan dengan cepat dan efesien.
Ketiga
berupa Transaksi Online. Layanan transaksi tersebut mampu menawarkan kemudahan
bagi nasabah dalam mengelola rekening secara digital. Didukung melalui produk BRItAma membuat nasabah dapat melakukan
berbagai transaksi termasuk penarikan dan penyetoran dengan mudah tanpa harus
mengunjungi kantor cabang. Selain itu adanya layanan GiroBRI mampu mendukung transaksi online yang memungkinkan pengguna
untuk melakukan penyetoran dengan cepat dan efisien.
Keempat
berupa BRIfast Remittance. BRIfast Remittance merupakan layanan
pengiriman uang valas antar bank yang disediakan oleh pihak BRI. Layanan tersebut mampu menawarkan
fleksibilitas bagi nasabah dalam melakukan transaksi internasional. Tidak hanya
itu saja layanan tersebut juga sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan bisnis
maupun pengiriman uang kepada keluarga yang berada di luar negeri menggunakan
Swift Code BRINIDJAXXX dalam
memastikan keamanan dan efisiensi dalam setiap transaksi yang dilakukan. Keunggulan
dari layanan BRIfast Remittance
berupa kecepatan dan keandalan dalam pengiriman dana baik untuk tujuan secara
personal maupun profesional.
Hal
yang mengejutkan lagi pada layanan BRIfast
Remittance terbagi menjadi dua jenis berupa incoming remittance dan outgoing
remittance. Incoming remittance membuat nasabah mampu menerima uang dari luar
negeri melalui telegraphic transfer dan BRIfast
web services. Sedangkan untuk outgoing remittance mampu memfasilitasi melakukan
pengiriman dana valas kepada rekan bisnis atau keluarga di luar negeri melalui
lebih dari 1.200 bank korespondensi. Jaringan yang luas mampu membuat proses
menjadi mudah sehingga menjadi solusi ideal bagi nasabah yang membutuhkan
layanan pengiriman uang dengan cepat dan terpecaya.
Demi
meningkatkan layanan secara spesifik pada BRIfast
Remittance maka dapat melakukan pengiriman valas ke Indonesia karena BRI telah menjalin kemitraan dengan
berbagai pihak contohnya di Malaysia. Cara pengiriman uang juga cukup mudah
dengan mengunjungi “Kedai Kirim Uang” yang dikelola oleh 14 mitra kerja sama
resmi BRI di seluruh Malaysia.
Proses yang dilakukan juga sangatlah sederhana karena nasabah perlu membawa
secara detail identitas diri dan detail penerima.
Tidak
hanya itu data lain yang dibutuhkan juga seperti jumlah uang yang akan
dikirimkan. Setelah berbagai data didutuhkan telah diterima maka pengguna akan
mendapatkan informasi mengenai nilai kurs dan biaya yang dikenakan. Sebelum
dana benar-benar dikirimkan maka nasabah akan dipersilahkan untuk memeriksa
kembali atas detail pengiriman supaya tidak terjadi kesalahan. Melalui cara
tersebut maka uang akan dapat diproses untuk diterima di Indonesia pada hari
yang sama sebagai solusi yang cepat dan efisien untuk memenuhi kebutuhan
pengiriman dana.
Setelah memahami akan proses pengiriman dana ke Indonesia maka para nasabah juga dapat memanfaatkan layanan BRIfast Remittance untuk melakukan pengiriman valas ke luar negeri dengan efisien. Dalam melakukan pengiriman dana valas ke luar negeri maka nasabah hanya cukup mengunjungi kantor cabang atau kantor cabang pembantu BRI terdekat. Langkah selanjutnya yang dilakukan berupa pengisian formulir aplikasi pengiriman uang yang didalamnya terdapat berbagai informasi seperti nama lengkap penerima transfer, bank tujuan, dan nomor rekening penerima.
Jika formulir tersebut telah diisi maka nasabah harus menyediakan cover dana yang telah disesuaikan dengan jumlah uang yang akan dikirim ditambah biaya proses pengiriman yang disesuaikan dengan ketentuan. Melalui mekanisme yang jelas dan prosedur yang mudah diikuti harapannya pengiriman valas ke luar negeri menjadi mudah dan dilakukan dengan cepat untuk emmastikan kebutuhan transfer dana nasabah terpenuhi tanpa hambatan.
Kelima
berupa Transfer & LLG. Layanan tersebut memungkinkan pihak nasabah untuk
dapat melakukan transaksi rupiah dengan mudah melalui berbagai saluran seperti
ATM BRI, kantor cabang, sampai BRI Unit. Biaya untuk transfer juga
sangat bervariasi yang informasinya dapat diakses di kantor cabang BRI terdekat. Contohnya saja jika
pengguna melakukan transfer antar rekening BRItAma
melalui ATM maka akan dikenakan biaya sebesar Rp 750. Tetapi untuk melakukan
setoran tunai dengan jumlah di atas Rp 50 juta maka akan dikenakan biaya surcharge
minimal sebesar 0,5% dari jumlah yang disetorkan.
Di
dalam BRI juga menyediakan layanan
transfer valas yang mencakup outgoing transfer dan transfer antar kantor
cabang. Dimana untuk outgoing transfer valas maka pihak nasabah akan dikenakan
biaya komunikasi telex sebanyak USD 25 terlepas dari jumlah yang ditransferkan.
Selain itu juga terdapat biaya provisi mencapai 1/8% dari jumlah transfer dalam
bentuk USD. Sedangkan untuk transfer valas antar kantor cabang BRI akan dikenakan biaya komunikasi
sebesar USD 3 dengan biaya provisi yang sama sebanyak 1/8% dari jumlah setoran
tunai di atas USD 5.000. Berbagai pilihan dan transparansi biaya tersebut untuk
memastikan bahwa nasabah dapat melakukan transaksi dengan nyaman dan efisien.
Layanan
Transaksi Untuk UMKM
Untuk
layanan transaksi UMKM pihak BRI secara spesifik memberikan melalui sistem merchant yang memberikan kemudahan
bagi para pelaku usaha dalam menerima pembayaran dari pihak pelanggan. Di dalam
merchant yang diberikan BRI terbagi
menjadi tiga bagian yang dapat digunakan berupa EDC + QRIS Dinamis BRI, QRIS Statis, dan Online Acquiring BRI.
Pada
layanan merchant EDC + QRIS Dinamis BRI maka pihak pelaku usaha akan dapat menerima transaksi dengan menggunakan kartu
debit, kartu kredit, dan kartu prepaid. Penggunaan mesin EDC membuat transaksi
menjadi lebih cepat dan efisien memberikan kenyamanan bagi pemilik usaha maupun
pelanggan. Ditambah lagi pada layanan tersebut pihak BRI memberikan ekstra berupa QRIS Dinamis yang merupakan standar
pembayaran menggunakan QR Code dari Bank Indonesia. QRIS Dinamis tersebut tidak
hanya mempermudah proses transaksi tetapi mampu menjaga keamanan data
transaksi. Sehingga pihak nasabah mampu melakukan transaksi dengan tenang dan
nyaman.
QRIS
Statis akan sangat membantu para pelaku UMKM untuk memudahkan pembayaran
menjadi lebih praktis. Adanya QRIS Statis yang terdapat pada merchant membuat
penerimaan akan pembayaran dari pelanggan menjadi mudah karena tidak memerlukan
mesin EDC. Bahkan para pelanggan cukup memindai kode QR menggunakan aplikasi
perbankan atau dompet digital yang membuat proses transaksi menjadi lebih cepat
dan efisien. QRIS Statis juga sangat cocok untuk para pelaku usaha yang telah
memiliki volume transaksi tinggi untuk kemudahan bagi pelanggan dalam melakukan
pembayaran.
Sedangkan
untuk Online Qcquiring BRI mampu
memberikan fasilitas transaksi secara online menggunakan kartu debit dan kartu
kredit baik menggunakan BRI maupun
bank lainnya. Metode tersebut dirancang untuk mempermudahkan para pelaku usaha
dalam menerima pembayaran dari pelanggan di platform digitalnya. Sistem yang
cepat dan aman membuat Online Qcquiring memastikan bahwa setiap transaksi
berjalan dengan lancar tanpa hambatan membuat pelaku UMKM dapat fokus pada
pengembangan bisnis tanpa merasa khawatir tentang proses pembayaran terganggu.
Supaya
merasakan berbagai manfaat dari merchant BRI maka seseorang harus melakukan pendaftaran yang caranya sangat mudah dilakukan.
Hal pertama yang dilakukan berupa memilih produk merchant BRI yang dibutuhkan. Setelah itu maka langkah selanjutnya berupa
mengisi formulir pendaftaran dengan teliti untuk memastikan semua informasi
yang diberikan akurat dan tidak terdapat kesalahan. Jika sudah diisi maka
dilakukan berupa pengiriman formulir untuk diproses oleh pihak BRI. Ketika sudah dikirim maka langkah
selanjutnya yang dilakukan hanya menunggu pihak BRI untuk menghubungi guna melakukan konfirmasi pendaftaran. Proses
yang sederhana dalam mendaftarakan merchant BRI untuk meningkatkan layanan transaksi diharapakan mampu
mempermudah dan memberikan kenyamanan saat bertransaksi.
Setelah
memahami akan berbagai seluk beluk atas layanan transaksi UMKM yang ditawarkan
oleh BRI melalui produk merchant
diharapakan dapat membantu transaksi menjadi mudah. Jika harus memaparkan lebih
dalam lagi ada beberapa alasan-alasan lainnya mengapa para pemilik UMKM harus
menggunakan merchant dari BRI sebagai media transaksinya. Supaya lebih mudah dalam memahami alasan-alasan
tersebut dipaparkan melalui gambar dibawah:
Layanan
Transaksi Untuk Korporasi
Layanan
transaksi yang digunakan untuk korporasi merupakan komponen penting dalam
mengelola keuangan dan operasional perusahaan. Hal tersebut karena berbagai
korporasi menjadi lebih efisiensi, transparansi, sampai keamanan dalam proses
layanannya. Sistem yang telah teintegrasi membuat korporasi mampu melakukan
berbagai hal seperti transaksi pembayaran dengan lebih cepat. Maka dari itu
disini pihak BRI dalam menyediakan
layanan transaksi untuk korporasi terbagi dalam berbagai macam berupa:
Pertama
berupa QLola. Dapat dikatakan bahwa Qlola by BRI merupakan sebuah produk layanan yang cukup inovasi dan terbaru
dari BRI berupa Integrated Corporate
Solution Platform. Hal tersebut membuat penggunaan QLola mampu memudahkan
melakukan ke berbagai macam produk sampai layanan dari BRI hanya dalam satu kali log in (Single Sign On). Platform bernama
QLola juga mampu mengintegrasikan terhadap berbagai fitur unggulan seperti Cash
Management, Trade Finance, Supply Chain Management, Foreign Exchange, Investment
Services, sampai Financial Dashboard.
Kedua
berupa jasa bisnis yang terbagi menjadi dua yaitu Bisnis Garansi dan Bisnis
Kliring. Secara arti akan layanan bisnis garansi yang disediakan oleh bank BRI mampu memperlancar bagi para pelaku
UMKM dengan mengeluarkan Jaminan Bank dalam bentuk Bank Garansi. Sedangkan
untuk Bisnis Kliring pihak korporasi dapat mempercayakan kepada BRI untuk menyelesaikan terhadap surat
berharga dengan cepat dan aman.
Ketiga
berupa jasa keuangan yang terdiri dari bill payment, transfer, setoran,
transaksi online, hingga remitansi. Bill payment merupakan sarana transaksi
pembayaran berbagai macam tagihan publik yang memanfaatkan terhadap fasilitas
ATM dan layanan di Teller BRI.
Transfer & LLG merupakan layanan pengiriman uang dalam bentuk rupiah dan
valas kepada pihak lain menggunakan sistem kliring. Untuk lebih jelasnya akan
jasa keuangan bagi korporasi para pembaca dapat melihat pada halaman website
yang dimiliki oleh BRI.
Keempat
berupa jasa kelembagaan. Layanan dari BRI terhadap jasa kelembagaan terbagi menjadi dua beruap SPP Online dan Cash
Manajemen BRI. SPP Online merupakan
penerimaan terhadap setoran mahasisa yang dilakukan secara online menggunakan
jaringan pelayanan BRI. Sedangkan
layanan Cash Managemen BRI merupakan
layanan perbankan elektronik menggunakan basis internet bagi para nasabah dalam
memperoleh informasi. Kelima berupa jasa treasury. Dalam jasa treasury yang
diberikan oleh pihak BRI terdiri
dari berbagai banyak hal seperti Foreign Exchange (FOREX), Money Market, Fixed
Income, Produk Derivatif, Keunggulan & Prosedur, dan Local Currency Settlement.
Keenam
berupa Jasa Kustodian. Bank BRI yang
telah menjadi sosok badan usaha sebagai Bank Kustodian sejak 1996 telah menjadi
5 Bank Kustodian pertama di Indonesia. Maka sebagai pihak penyedia layanan
Kustodian dari BRI merupakan jasa
penitipan dan administrasi terhadap surat-surat berharga. Adanya Kustodian BRI juga termasuk dalam mewakili
nasabah dalam melakukan kegiatan Rapat Umum Pemegang Saham dan Rapat Umum
Pemegang Obligasi terkait efek yang dimiliki. Secara lebih jelas dapat
dikatakan ketika menggunakan layanan dari pihak BRI akan mendapatkan berbagai macam keuntungan sebagai berikut:
Ketujuh
berupa Jasa Wali Amanat. Kini pihak BRI telah melakukan berpengalaman dalam melakukan berbagai tindakan seperti menjadi
wali amanat karena telah mendapatkan kepercayaan dari berbagai pihak seperti
perusahaan BUMN, perbankan, sampai korporasi dalam peneribitan obligasi/MNT.
Layanan tersebut membuat BRI mampu
menjadi pewakil dan melindungi kepentingan terhadap para pemegang obligasi/MNT
yang telah disesuaikan dengan ketentuan yang telah diselaraskan terhadap akta
perjanjian perwaliamanatan.
Kedelapan
berupa Cash Managment. Didalam layanan tersebut memungkinkan membuat para
nasabah sebagai pengguna mampu memperoleh informasi mengenai rekening,
manajemen likuiditas, sampai bertransaksi secara swalayan secara online
real-time tanpa akan adanya hambatan berupa waktu dan tempat. Adanya layanan
tersebut ditunjuk terhadap berbagai para pemilik bisnis dalam memerlukan solusi
terhadap perbankan yang mudah digunakan, modern, aman, sampai dinasis. Selain
itu dengan menggunakan layanan tersebut juga pengguna akan mendapatkan berbagai
macam keuntungan seperti:
Kesembilan
berupa jadi merchant. Pada layanan jadi merchant untuk korporasi menurut penulis
harmpir sama seperti pada UMKM. Namun setelah dianalisis cukup dalam terdapat
perbedaan dalam sisi penggunaan antara layanan jadi merchant di UMKM dan
korporasi berupa pihak pengguna.
Kesepuluh
berupa BRIAPI. BRIAPI merupakan sebuah layanan antarmuka untuk pemograman aplikasi
atau Application Programming Interface (API) dikembangkan oleh BRI memungkinkan terjadi integrasi
antara aplikasi pihak ketiga dengan layanan BRI. Didalam BRIAPI akan
terhubung dengan mudah terhadap layanan BRI seperti BRI Direct Debit, BRIZZI, sampai BRIVA Web Service. Bahkan para pengguna yang telah menggunakan
layanan BRIAPI telah memberikan
dampak cukup besar terlihat dari testimoni seperti dibawah.
Supaya
seseorang pengguna dapat merasakan layanan dari BRIAPI maka harus terlebih dahulu mendaftar. Cara mendaftar untuk
akun BRIAPI sangatlah mudah
dilakukan sampai hanya cukup 4 langkah dilakukan. Agar lebih jelas terhadap
langkah pendaftaran BRIAPI maka pada
pemaparan pada tulisan ini dibuat dalam bentuk gambar supaya mudah dihapami.
Berkat
konsistensi dalam inovasi terhadap layanan transaksi & digitalisasi BRI mampu meraih kinerja yang sangat
gemilang. Saking gemilangnya pihak BRI terhadap layanan transaksi & digitalisasi BRI mampu memborong 12 penghargaan dalam ajang 13th
Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024. Acara tersebut diinisiasi oleh
pihak Infobank Media Group dan Isentia dilaksanakan pada tanggal 1 April 2024
di Jakarta. Atas hasil kinerja dari BRI dalam memeBRIkan layanan transaksi & digitalisasi BRI membuat
Direktur Utama BRI pada saat itu
dipegang oleh Sunarso dinobatkan sebagai The Best CEO in Digital Brand 2024.
Didalam
bidang lainnya atas kinerja layanan dari BRI mendapatkan penghargaan sebanyak 11 buah. Dimana penghargaan tersebut bernama The
Best Overall Tabungan Bank Umum Konvensional 2024, The Best Overall Tabungan
Bank Umum Konvensional 2024-KBMI 4 (Modal Inti di atas Rp70 triliun), The 2nd
Best Overall KPR Bank Umum Konvensional 2024, The 2nd Best Overall Wealth
Management Bank Umum Konvensional 2024, The 2nd Best Overall Mobile Banking
Bank Umum Konvensional 2024, The 2nd Best Deposito Bank Umum Konvensional
2024-KBMI 4 (Modal Inti di atas Rp70 triliun).
Terhadap
pencapaian yang didapatkan maka pihak SDM yang terlibat dalam hal ini berupa
Direktur Utama BRI yang dipegang
oleh Sunarso memaparkan bahwa penghargaan tersebut atas dedikasi seluruh Insan BRILian atau pekerja BRI. Pihak tersebut bahkan memberikan
apresiasi sangat tinggi sekali kepada para pihak khususnya Insan BRILian yang telah berkontribusi secara
optimal dalam memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah sebagai pengguna.
Pihak
Direktur BRI juga memaparkan akan
selalu konsisten menjadikan BRI sebagai bank dengan jaringan terluas di Indonesia yang menjalankan transaksi & digitalisasi BRI yang lebih
berkelanjutan. Bahkan kini transformasi yang dilakukan telah difokuskan kepada
dua aspek penting yaitu digital & culture. Maka dari itu kini layanan yang
diberikan oleh BRI secara perlahan
namun pasti mulai ke arah digital. Hal tersebut BRI lakukan untuk dapat menjawab kebutuhan dan perubahan atas pola
transaksi masyarakat yang lebih modern.
Transaksi
& digitalisasi BRI menjadi bukti
telah cukup sukses dibuktikan atas catatan selama tahun 2023. Dalam catatan
tersebut dipaparkan telah sebanyak 99% dari total transaksi yang terjadi pada
layanan BRI dilakukan melalui kanal
digital. Sedangkan sisa dari angka tersebut masih dilakukan dengan cara
konvensional berupa datang di cabang atau unit kerja BRI. Diharapkan dengan adanya transaksi & digitalisasi BRI mampu memudahkan masyarakat dalam
melakukan transkasi yang menunjang aktivitas sehari-harinya. Pada akhirnya yang
dengan berbagai hal yang dilakukan BRI khususnya pada transaksi & digitalisai mampu menopang realisasi Indonesai
Emas 2045 yang akan terjadi di depan mata.
Sumber
tulisan, gambar, dan video:
- https://id.wikipedia.org/wiki/Bank_Rakyat_Indonesia
- https://www.BRI.co.id/en/web/ppid/detail-news?title=dirut-BRI-sunarso-dinobatkan-the-best-ceo-in-digital-brand-BRI-borong-12-penghargaan-13th-infobank-isentia-digital-brand-recognition-2024
- https://www.youtube.com/watch?v=zYXTNoO4iHE
- https://www.youtube.com/watch?v=Wqw-SbqLYmQ
- https://brifast.co.id/pengiriman-uang-ke-indonesia-incoming-remittance/
- https://www.kanalkalimantan.com/jadi-merchant-bri-bisa-bikin-usaha-makin-moncer-begini-cara-daftarnya/
- https://www.youtube.com/watch?v=4nmf_HlZ9qU
- https://www.youtube.com/watch?v=r1ZnoqvTZIo
- https://www.instagram.com/bankbri_id/p/C6KwFYpPicp/?img_index=1
- https://bri.co.id/
- https://www.facebook.com/100076954773224/photos/510994791475676/?_rdr
- https://www.youtube.com/watch?v=bvRDwjmimc4
- https://pixabay.com/id/photos/pinguin-burung-margasatwa-1867414/
- https://www.youtube.com/watch?v=vDldp05xxck
- https://www.youtube.com/watch?v=kmbbu53koHU
Belum ada tanggapan untuk "Adaptasi dalam Kehidupan dan Ekonomi dari Lingkungan Alami ke Layanan Keuangan BRI"
Posting Komentar