Pentingnya Kesehatan Mental Bagi Mahasiswa Saat Sedang Depresi

Mahasiswa merupakan sosok yang selalu dibanggakan oleh setiap negara seperti Indonesia. Kebanggan mahasiswa tersebut karena peran mahasiswa yang sangat penting bagi negara. Berdasarkan infromasi yang beredar peran mahasiswa terdapat banyak sekali salah satunya yaitu agen perubahan atau biasa disebut dengan agent of change. Adanya peran tersebut menandakan bahwa mahasiswa memiliki peran sebagai pihak penggerak bagi masyarakat untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik lagi. Perubahan yang dilakukan tersebut tidak hanya sebatas pada gagasan saja tetapi juga harus dapat direalisasikan secara nyata pada kehidupan masyarakat.

Kondisi tersebut memaksa setiap orang-orang yang memiliki peran sebagai mahasiswa untuk menjadi garda terdepan sebagai pihak yang melakukan perubahan. Di Indonesia sendiri banyak sekali mahasiswa yang sudah mulai mengemban akan peran tersebut salah satu bukti terlihat dari banyaknya penghargaan yang didapatkan. Penghargaan tersebut tidak hanya didapatkan secara nasional tetapi juga internasional.

Dari sekian banyak mahasiswa tersebut berasal dari ITB dengan nama Ilham Subandoro. Ilham Subandoro merupakan mahasiswa yang berasal dari Sekolah Bisnis dan Manajemen Institus Teknologi Bandung (SBM ITB) dengan program studi Manajemen. Dimana mahasiswa tersebut terpilih sebagai mahasiswa berprestasi dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) ITB tahun 2020. Selain mendapatkan penghargaan secara nasional mahasiswa tersebut juga penghargaan secara internasional. Salah satu penghargaan tersebut seperti Juara 1 International Business Solution Competition 2020. Ia juga berhasil meraih mendali emas dalam International Business Plan Competition-Indonesia Inventor Day 2020 serta beberapa penghargaan lainnya.

Penghargaan yang didapatkan oleh mahasiswa tidak hanya di dominasi yang berasal dari Jawa Barat saja tetapi juga mahasiswa lainnya juga turut menorehkan. Fauzan Aziz Maulana merupakan mahasiswa yang berasal dari Provinsi Riau yang berhasil memenangkan penghargaan secara internasional. Dimana ia saat sedang menempuh pendidikan S2 pada salah satu kampus Tiongkok lebih tepatnya di Provinsi Anhui Kota Hefei memenangkan sebuah kompetisi penulisan esai secara internasional menggunakan bahasa China.

Banyaknya mahasiswa dari Indonesia tersebut menorehkan sebuah penghargaan secara nasional maupun internasional menandakan bahwa para mahasiswa Indonesia dapat menjadi agen of chance atas pergerakan roda Indonesia ke arah yang lebih baik. Walaupun banyaknya mahasiswa yang dapat menjadi agen of chance bermodal penghargaan tersebut tetapi ada sebuah banyangan hitam didalamnya. Dimana bayangan hitam tersebut selalu saja menghantui para mahasiswa. Saking kejamnya bayangan hitam tersebut terkadang sampai memberikan dampak yang sangat besar bagi aktifitas mahasiswa tersebut. Bayangan hitam yang menghantui mahasiswa tersebut yaitu depresi.

Merealisasikan peran yang dibarengi akan aktifitas kampus serta berbagai macam kegiatan lainnya yang bertujuan untuk perkembangan diri merupakan beban dari mahasiswa. Belum lagi dibeberapa kasus mahasiswa terkadang sudah mulai menambah kegiatan lainnya dengan mencari tambahan uang untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Banyaknya peran ditambah ekspektasi dari masyarakat yang tinggi membuat banyak mahasiswa yang mengalami depresi. Perasaan depresi tersebut kian besar ketika banyak beban yang harus ditahan oleh mahasiswa sehingga dampak buruknya juga akan membesar.

Salah satu dampak yang sangat besar terjadi pada seseorang mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Teknik Sipil. Dimana seseorang mahasiswa tersebut dikabarkan meninggal dunia dengan inisial AN di hari Minggu (22/8/2021). Berdasarkan analisa dari pakaer kejiwaan dari RS Melinda 2 Bandung yang bernama Teddy bahwa angka gejala depresi pada mahasiswa berada dibilang tertinggi.

Pemaparan yang diberikan oleh Teddy selaras akan sebuah survey yang dilakukan. Survey Ruang Empat yang bekerja sama dengan pihak FK Unjani menggunakan data 1.800 mahasiswa yang berasal dari seluruh Indonesia. Kegiatan survey tersebut dilakukan secara daring menggunakan isntrumen DASS-21 yang di mulai dari Juni-Agustus 2021. Hasil kegiatan survey yang dilakukan menghasilkan sebuah angka gejala deptesi dengan angka 47-50%.

"Kenaikkan angka depresi yang demikian tinggi dibandingkan awal pandemi yaitu 25 persen atau dengan angka Riskesdas Kemenkes RI 2018 yaitu 6,1 persen sudah dapat disebut sebagai krisis kesehatan mental," ujar Teddy dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Senin (23/8/2021).

Depresi yang dialami mahasiswa akan memberikan dampak kurang baik pada jangka pendek maupun jangka panjang. Untuk jangka pendek dari perasaan depresi yang dirasakan oleh mahasiwa yaitu menganggunya aktifitas kegiatan belajar mengajar karena tidak ada semangat dalam menjalani kehidupan. Bahkan di beberapa kasus yang terjadi pada mahasiswa akan terjadi mengurung diri dengan jenjang waktu yang lama. Dampak jangka panjang dari kegiatan mengurung diri pada kosan akan membuat banyak nilai menjadi menurun sehingga harapan orang tua agar anaknya yang berstatus mahasiswa dapat lulus menjadi harus dikubur dalam dalam.

Tentunya hal tersebut tidak mau diinginkan oleh siapapun akan dampak dari depresi pada mahasiswa. Maka dari itu dibutuhkan sebuah tes akan depresi yang ada di dalam pikiran mahasiswa tersebut. Tetapi jika harus datang ke sebuah tempat pengetesan rasanya mahasiswa tersebut tidak memiliki banyak waktu. Oleh karena itu berikut ini adalah tempat pengetesan perasaan depresi yang ada di dalam diri mahasiswa secara online seperti:

Pertama yaitu Mental health America. Bisa dikatakan bahwa Mental health America merupakan sebuah komunitas yang termasuk ke dalam non-profit yang berasal dari Amerika dengan bidang yang ditekuninya yaitu kesehatan mental. Secara sejarah komunitas tersebut didirikan dimulai sejak 1909. Didalam tersebut sudah dikembangkan sebuah tes untuk mengecek kesehatan mental secara online dan tidak berbayar pada situs yang mereka punya.

Kedua yaitu Clinical Partners. Clinical Partners merupakan sebuah pihak penyedia layanan kesehatan mental di Inggris yang telah melakukan kerja sama dengan NHS. Tujuan dari adanya pihak tersebut yaitu untuk membantu banyak orang dalam mengatasi sebuah masalah akan mental dan emosional. Selain itu pihak tersebut juga menyediakan sebuah tes bagi orang-orang yang mau mengetahui akan kondisi kesehatan mental secara online dan gratis.

Ketiga yaitu Psychology Today. Tentunya Psychology Today sudah cukup banyak dikenal oleh masyarakat sebagai situs yang menawarkan berbagai macam artikel mengenai kesehatan mental yang berasal dari pakar dan para praktisi kesehatan mental. Didalam Psychology Today tidak hanya memberikan sebuah ilmu akan kesehatan mental yang berupa artikel saja tetapi didalam situs tersebut juga menyediakan sebuah tes pengecekan kondisi kesehatan mental seseorang secara online serta tidak perlu dipungut biaya atas pengecekan tersebut.

Memang harus diakui sampai saat ini ada banyak sekali tempat tes dalam melakukan pengecekan kesehatan mental seseorang tetapi salah satunya telah dipaparkan diatas. Dengan sudah melakukan pengetesan akan kesehatan mental seseorang mahasiswa dapat mengetahui akan kondisi kesehatan mental yang dirasakan. Ketika sudah mengetahui akan kesehatan mental seseorang mahasiswa ketika sedang mengalami kurang baik akan segera dengan mudah diperbaiki. Akibat perbaikan yang dimulai secara awal tersebut maka dampak kurang baik dari kondisi mental yang buruk dapat ditekan lebih maksimal lagi sehingga kasus-kasus yang sudah terjadi akibat kondisi mental dapat ditekan lagi. Setelah membaca beberapa hal yang dipaparkan diatas maka akan timbul sebuah pertanyaan yaitu:

APA ITU DEPRESI YANG DIALAMI OLEH PARA MAHASISWA???

Diartikan bahwa depresi merupakan sebuah gangguan dari suasana hati atau mood yang ditantai oleh munculnya perasaan sedih, kosong, sampai putus asa. Kondisi tersebut terjadi dengan jenjang waktu yang cukup panjang serta terkadang terjadi secara tiba-tiba tanpa adanya sebuah alasan yang jelas. Sampai saat ini belum ditemukan sebuah kesimpulan akan penyebab yang jelas dari munculnya perasaan depresi. Tetapi berdasarkan berbagai macam literatur memaparkan bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan depresi tersebut muncul antara lain faktor genetik, ketidakseimbangan hormon dalam tubuh, sampai faktor sosial dan lingkungan. Nyatanya kini depresi sudah mulai banyak sekali jenisnya salah satunya yaitu:

Gangguan Depresi Mayor. Dilihat dari jenisnya depresi jenis ini merupakan yang paling banyak ditemui pada setiap orang seperti mahasiswa atau masyarakat umum. Dimana tanda dari depresi jenis ini yaitu munculnya rasa sedih dan putus asa secara mendalam. Bahkan dibeberapa kasus ditandai akan sebuah perasaan merasa tidak dihargai oleh orang lain. Seseorang yang terserang penyakit depresi jenis ini akan mengalami kehilangan minat pada hal-hal yang disukai.

Gangguan Depresi Mayor dengan Pola Musiman. Diawal-awal depresi jenis ini biasa dikenal dengan sebuah nama seasonal affective disorder (SAD). Depresi jenis ini biasanya timbul saat musim dingi atau gugur ketika intensitas sinar matahari sedang mengalami pengurangan. Biasanya jenis depresi ini dialami oleh masyarakat yang memiliki kondisi musim dingin yang durasinya cukup panjang.

Gangguan Depresi Postpartum. Depresi jenis ini muncul ketika seseorang sehabis melakukan masa persalinan. Biasanya durasi dari depresi jenis ini terjadi selama beberapa bulan atau tahun. Maka dari itu biasanya jenis depresi ini terjadi pada sang ibu yang sudah selesai melakukan melahirkan sang buah hati yang dicintainya.

Gangguan Depresi Persisten. Pada jenis depresi jenis ini biasa dikenal dengan sebuah nama distimia. Distimia merupakan jenis depresi yang memiliki gejalanya dapat berlangsung selama dua tahun. Walaupun terasa lama yaitu dalam dua tahun tetapi ciri-ciri dari depresi yang dialami tersebut tidak akan separah pada gangguan depresi mayor dan periode depresi cenderung hilang timbul.

Biasanya seseorang seperti mahasiswa yang menderi gangguan depresi biasanya akan merasakan beberapa hal seperti putus asa, tidak berharga, dan kehilangan minat. Beberapa hal tersebut saling berkolaborasi antara satu sama lain yang diujungnya menghasilkan penurunan produktifitas sebagai mahasiswa. Padahal mahasiswa sedang dituntut untuk memiliki produktifitas yang sangat tinggi dari mulai berlajar, organisasi, maupun kegiatan lainnya untuk perkembangan diri ke arah yang lebih baik. Maka dari itu ketika mahasiswa sedang merasakan depresi dibutuhkan sebuah solusi, salah satu contoh solusi mental health.

Saat ini istilah akan mental health atau kesehatan mental saat ini sedang merak dibicarakan oleh masyarakat luas. Mungkin dibeberapa tahun kebelakang yang menjadi pembahasan mendalam yaitu akan kesehatan fisik tetapi tidak kesehatan mental. Padahal baik itu ksehatan fisik maupun kesehatan mental sebenarnya memiliki pengaruh satu sama lain. Kini kembali timbul sebuah pertanyaan yaitu:

APA ITU MENTAL HEALTH???

Dapat diartikan bahwa mental health merupakan kondisi kesejahteraan prikologis, sosial, dan emosinal. Mental health merupakan sebuah hal yang dapat memberikan pengaruh kepada seseorang terhadap pola pikir, perilaku, dan perasaan. Baik dan kurang baiknya mental health seseorang dalam hal ini mahasiswa bergantung pada pengalaman hidup, pola asuh keluarga, sampai faktor biologis. Walaupun demikian seseorang seperti mahasiswa dapat memiliki mental health agar terhindar dari depresi dengan melakukan beberapa hal antara lain:

Pertama self-care. Tingginya aktifitas sehari-hari para mahasiswa tersebut membuat mahasiswa terkadang lupa akan kebutuhan sebenarnya dari diri sendiri. Dengan teralihkan akan kebutuhan terhadap diri sendiri membuat energi dari psikik dan mental dari mahasiswa menjadi terganggu yang ujung-ujungnya akan menghacurkan mental health mahasiswa. Ada banyak sekali cara-cara yang dapat dilakukan oleh mahasiswa untuk mengetahui akan kebutuhan sebenarnya seperti meluangkan waktu untuk refleksi diri, melakukan hobi, dan mencoba berbagai macam hal baru.

Kedua mengelola stres. Tingginya stres yang diterima oleh mahasiswa terkadang turut juga mempengaruhi akan mental health mahasiswa. Maka dari itu untuk tidak mempengaruhi akan mental health mahasiswa dibutuhkan pengelolaan stres. Pengelola stres yang diterima oleh para mahasiswa dengan cara melakukan kegiatan yang dapat mengeluarkan stres yang ada seperti journaling, berjalan santai di lingkungan baru, sampai mengikuti kelas yoga.

Ketiga perubahan rutinitas. Sebagai mahasiswa sudah sangat dipastikan bahwa kehidupannya akan selalu berkaitan dengan kampus tempat mengenyam pendidikan. Rutinitas yang selalu sama tanpa adanya perubahan tetapi beban yang terima semakin besar membuat mental health mahasiswa terserang. Maka dari itu untuk mencegah mental health terhadap beban semakin tinggi dibutuhkan perubahan rutinitas. Ada banyak sekali hal-hal sederhana yang dapat dilakukan mahasiswa dalam melakukan perubahan rutinitas dari mulai bangun, mencari makan, sampai jalan yang ditempuh untuk ke kampus. Semakin banyaknya perubahan rutinitas akan membuat pengalaman baru pada mahasiswa sehingga akan terhindar dari mental health yang kurang baik.

Pada dasarnya ada banyak sekali cara-cara yang dapat dilakukan oleh para mahasiswa untuk memiliki mental health yang baik sehingga terhindar dari depresi salah satunya telah dipaparkan diatas. Tentunya tidak ada salahnya para mahasiwa mengecek akan mental health pada situs yang telah dipaparkan. Setelah melihat hasil pengecekan yang dibarengi telah melakukan beberapa hal untuk mengembalikan akan mental health mahasiswa tetapi hasilnya masih kurang baik. Tidak ada salahnya para mahasiswa ini untuk datang berkonsultasi kepada para tenaga ahli seperti psikolog, terapis, konselor, atau psikiater untuk mengubah mental healthnya. Untuk dapat merubah kondisi mental health seseorang mahasiswa maka dibutuhkan sebuah tempat infromasi akan hal tersebut. Sekian banyak tempat informasi tersebut yang dapat diakses yaitu dearsenja.com.

Bisa diaktakan bahwa dearsenja.com merupakan pihak yang selalu memberikan informasi sampai dukungan yang bertujuan untuk dapat membantu sebuah orang di Indonesia agar memiliki kesehatan mental terbaik tanpa melihat latar belakang seperti usia dan tinggalnya. Fokus utama dari pihak dearsenja.com untuk dapat mendukung orang-orang akan dapat keluar dari dampak kecemasan, depresi, dan bunuh diri pada kehidupan terutama dalam kaitan mental health. Sedangkan berikut ini visi dan misi dari dearsenja.com yaitu:

Setelah berselanjar sangat dalam pada dearsenja.com ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh pihak tersebut dibandingkan dengan pihak lainnya. Agar lebih mudah dipahami oleh para pembaca maka penulis hanya memberikan tiga point. Berikut ini akan pemaparan akan tiga point tersebut yaitu:

Menerapkan konsep bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan. Ya, pada website dari dearsenja.com ada sebuah bukti nyata dalam melaksanakan konsep tersebut. Dimana bukti nyata tersebut dapat terlihat dari donasi. Dimana donasi tersebut pastinya digunakan untuk membantu masyarakat secara luas seperti mahasiswa agar dapat terbebas dari depresi dan memiliki kesehatan mental yang baik. Sehingga diujungnya para mahasiswa tersebut dapat menjalankan perannya dimasa depan nanti bagi Indonesia ke arah yang lebih baik.

Sudah banyak testimoni dari masyarakat luas akan kinerja dari dearsenja.com tersebut yang benar-benar berdampak pada perubahan kehidupan ke arah yang lebih baik lagi. Untuk point kedua ini agar lebih jelas maka penulis memberikan sebuah bukti akan testimoni dari masyarakat.

Pekerjaan yang dilakukan sangat banyak dapat dikatakan seperti sebuah pribahasa yaitu sekali mendayung dua atau tiga pulau terlewati. Salah satu contoh yang dilakukan oleh dearsenja.com seperti:

Dengan adanya beberapa pemaparan yang dipaparkan pada tulisan ini dari mulai peran mahasiswa sampai kelebihan dari dearsenja.com harapannya dapat menekan terjadinya depresi pada mahasiswa. Menurunya tingkat depresi mahasiswa membuat peran mahasiswa menjadi lebih maksimal lagi untuk masa depan Indonesia yang lebih baik. Semoga tulisan ini dapat menolong para pembaca khususnya mahasiswa dalam menghadapi depresi yang sedang dihadapi. Terima kasih.

#DearSenjaBlogCompetition

Sumber tulisan, gambar, dan video:

  1. https://www.detik.com/edu/edutainment/d-5928606/sederet-mahasiswa-ini-berhasil-raih-prestasi-internasional-ada-dari-kampusmu
  2. https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-5692730/mahasiswa-s2-itb-tewas-bunuh-diri-pakar-kejiwaan-ungkap-fakta-ini
  3. https://www.blog.dearsenja.com/mental-health/wajib-coba-5-rekomendasi-cek-kondisi-kesehatan-mental-online/
  4. https://www.blog.dearsenja.com/mental-health/depresi-adalah-gangguan-mental-yang-harus-diwaspadai-berikut-penjelasan-dan-ciri-ciri-depresi/
  5. https://www.blog.dearsenja.com/mental-health/apa-itu-mental-health-berikut-pengertian-menurut-para-ahli-dan-9-cara-menjaganya/
  6. https://youtu.be/xDUy5dmhHcM
  7. https://www.youtube.com/watch?v=PIvHSwa0sQM
  8. https://www.youtube.com/watch?v=ohoWqiFQMxM
  9. https://www.youtube.com/watch?v=SPMCsfXfh_I
  10. https://www.youtube.com/watch?v=wr2IqS8bsS4
  11. https://pixabay.com/id/photos/wanita-sendiri-kerumunan-sedih-2666433/
  12. https://pixabay.com/id/photos/pria-murung-duduk-di-lantai-2734073/

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pentingnya Kesehatan Mental Bagi Mahasiswa Saat Sedang Depresi"

Posting Komentar