Memiliki
sebuah bisnis yang sukses merupakan sebuah keinginan bagi banyak masyarakat
didalam menjalani kehidupan sehari-hari terutama bagi anak-anak muda. Dengan
memiliki label sukses dalam bisnis yang dijalankan maka pundi-pundi keuangan
yang masuk bisa dibilang cukup melimpah dibandingkan bekerja pada umumnya.
Bahkan terkadang ketika sebuah bisnis sudah memiliki label sukses maka bisa
dibilang bisnis tersebut sudah dapat berjalan secara autopilot.
Agar
dapat memiliki sebuah bisnis yang autopilot tidaklah mudah apalagi berpikira
membuat bisnis autopilot seperti membuat mie instan yang cukup beberapa menit
saja sudah langsung jadi dan bisa dinikmati. Proses dan pengorbanan yang
dikeluarkan untuk membuat bisnis dapat berjalan secara autopilot sangatlah
panjang dan besar. Mungkin ada beberapa bisnis yang harus berjalan beberapa
tahun lamanya sebelum berjalan secara autopilot. Bahkan mungkin dibeberapa
bisnis lainnya ada banyak hal yang dikorbankan dari mulai tenaga, waktu, sampai
pikiran dikeluarkan. Dari proses yang naik turun serta pengorbanan yang besar
tersebut akhirnya seseorang pemilik bisnis dapat meraih label autopilot
terhadap bisnis yang dibangunnya.
Seperti
yang sudah kita ketahui semua bahwa memiliki bisnis apalagi yang sudah bisa
autopilot tidaklah mudah. Pastinya akan ada banyak sekali hambatan yang harus
dilalui. Dimana salah satu contoh hambatan tersebut yaitu pandemik virus
Corona. Ya, harus diakui bahwa kini seluruh negara sedang dilandai sebuah virus
yang berbahaya dengan nama virus Corona. Virus tersebut bisa dibilang merubah
segala hal kehidupan masyarakat seperti dalam berbisnis.
Kita
tahu bahwa sebelum adanya pandemik virus Corona melanda kehidupan di negara
Indonesia mungkin banyak bisnis yang dilakukan secara offline ataupun datang ke
toko secara langsung. Namun kini kegiatan berbelanja melalui cara tersebut yang
telah dipaparkan sudah tidak lagi didominasi. Kini masyarakat lebih memilih
untuk melakukan kegiatan berbelanja secara online. Kondisi berbelanja masyarakat
tersebut selaras dengan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah seperti
pembatasan jumlah pengunjung yang datang ataupun kebijakan lainnya.
Akibat
peralihan kegiatan berbelanja serta adanya kebijakan pembatasan yang dibuat
oleh pemerintah tentunya memiliki dampak yang cukup besar dalam dunia bisnis.
Mungkin kita bisa lihat ke beberapa pusat-pusat pembelanjaan ada banyak sekali
tempat-tempat yang awalnya rame pembeli untuk bertransaksi berbelanja kini
menjadi sepi. Bukan hanya sepi bahkan kini tempat tersebut sudah mulai kosong
dan sepertinya menjadi mati (tanpa pengunjung sama sekali). Jika terus saja
kosong maka tidak usah heran apabila dalam beberapa waktu kedepan pemilik
bisnis tersebut akan mengalami sebuah kejadian yang tidak mengenakan yaitu
gulung tikar.
Tentunya
kita dalam hal ini sebagai pihak pemilik bisnis tidak mau untuk merasakan
kegiatan gulung tikar pada bisnis yang sedang dijalani. Tidak usah heran jika
kini untuk dapat bertahan dan meraih sukses dalam menjalankan bisnis ada
beberapa hal yang dilakukan oleh para pemilik bisnis. Salah satu contoh hal
yang dilakukan tersebut adalah dengan melakukan berbagai diskon yang cukup
menarik untuk para pembeli ataupun hal lainnya. Jika kita lihat untuk bisnis
yang berkaitan dengan makan dan minuman cara beradaptasi adalah dengan
kebijakan pembatasan adalah dengan menerapkan makan dan minum dimobil. Adanya
cara tersebut harapannya dapat setidaknya dapat menarik jumlah pengunjug
seperti biasa walaupun ditengah-tengah kondisi pembatasan jumlah pengunjung
yang masuk kedalam tempat bisnis.
Cara
makan dan minum dimobil memang cocok untuk bisnis yang berkaitan dengan makanan
dan minuman. Namun cara tersebut nyatanya tidak cocok untuk dilakukan oleh
bisnis fashion. Bisa kita bayangkan cara yang dilakukan bisnis makanan dan
minuman dilakukan pada bisnis fashion. Tentunya para pelanggan tidak nyaman
karena harus melihat fashion yang mau dibelinya dimasukan kedalam mobil
sehingga membuat sesak keadaan mobil pengunjung tersebut. Tidak hanya sesak
pada mobil yang digunakan pelanggan adanya fashion yang sudah masuk didalam
mobil juga berpotensi terjadi pencurian oleh para pelanggan walaupun peluang
melakukan pencurian kecil.
Online,
merupakan cara yang dilakukan para bisnis yang berjualan fashion. Ada banyak
sekali kelebihan dari menggunakan cara online seperti tidak mengenal waktu buka
maupun tutup toko, jaringan pelanggan lebih luas bahkan bisa sampai seluruh
dunia, dan masih banyak lagi. Akibat beberapa kelebihan tersebut tidak usah
heran bahwa kalau saat ini toko bisnis online sudah banyak sekali beredar
didalam masyarakat.
Akibatnya
kini untuk dapat meraih kata bisnis sukses secara online untuk fashion yang
dijual cukup sulit. Banyak sekali faktor-faktor penyebab seseorang pembisnis fashion
tidak bisa sukses secara online yaitu fashion-fashion yang dijual terlalu mahal
sehingga kalah saing dengan kompetitor, packing paket yang kurang baik sehingga
merusak barang pakain yang dijual, sampai sulitnya ketika dikomplain. Ketika
sudah cukup seringnya terjadi hal yang telah dipaparkan akan membuat para
pelanggan menjadi tidak mau berbelanja di bisnis fashion yang kita lakukan
secara online tersebut.
Walaupun
sudah ada transaksi bisnis fashion secara online tetapi tantangan masih tetap
ada. Bahkan kini bisa dikatakan bahwa tantangan yang harus dilewati oleh para
pemilik bisnis fashion untuk dapat meraih kata sukses berbisnis dan autopilot
menjadi besar. Berikut ini adalah beberapa contoh akan tantangan para pemilik
bisnis fashion dalam membuat bisnis online menjadi sukses dan autopilot syaitu:
Pertama
adalah sumber daya manusia yang meminta hak yang tinggi tetapi kualitas dan
produktifitas tidak sesuai target. Didalam sebuah bisnis pastinya membutuhkan
sumber daya manusia agar bisnsi tersebut bisa berjalan lebih baik. Semakin
banyak sumber daya manusia didalamnya pastinya pemilik bisnis harus memenuhi
hak yang dimiliki oleh sumber daya manusia tersebut. Dimana ada banyak sekali
hak yang harus dipenuhi dari mulai gajih, kesehatan, dan masih banyak lagi.
Terkadang ketika sudah banyak hak penuhi para sumber daya manusia yang
tergabung tidak memberikan kualitas dan produktifitas yang baik sehingga target
sulit untuk dipenuhi. Ketika sumber daya manusia tidak dapat produktif sesuai
target maka bisnis yang dijalankan akan terhambat.
Kedua
adalah produk yang diberikan tidak sesuai dengan harapan pembeli. Sudah banyak
sekali para pembeli secara online yang menuangkan kekesalannya akibat
berbelanja secara online. Contoh yang paling nyata penulis pernah mengalaminya
sendiri secara langsung. Waktu itu penulis membeli sebuah barang secara online
tentunya harapan penulis akan mendapatkan barang yang baik tanpa adanya kerusakan
dibeberapa bagian. Namun ketika penulis datang ternyata barang yang diberikan
sudah banyak kerusakan dibeberapa sisi seperti adanya kerusakan disisinya, ada
beberapa komponen yang hilang, dan banyak. Tentunya jika pembeli merasakan
ketidak nyaman atas barang yang dibelinya maka akan menjadi bom waktu yang akan
meledak. Akibat meledaknya bom waktu tersebut bisa saja menurunkan nama baik
dari binsis fashion yang dimiliki.
Ketiga
adalah kurang baiknya pencatatan arus pengeluaran dan pemasukan. Ya, pada point
ketiga ini merupakan hal terpenting. Bisa dibilang pancatatan arus pengeluaran
dan pemasukan menjadi sebuah roda didalam gerobak. Sehingga apabila pencatatan
arus pengeluaran dan pemasukan baik maka bisnis tersebut akan berjalan lancar.
Dengan pencatatan yang baik maka keuangan tidak tercampur antara bisnis dan
keuangan pribadi. Ketika tidak baiknya pencatatan arus pengeluaran dan
pemasukan maka peluang dipakainya uang bisnis menjadi keperluar pribadi. Jika
sudah digunakan keuangan bisnis untuk memenuhi keperluan pribadi maka bisa
dilatakan bahwa jurang kehancuran bisnis fashion yang dibuat sudah menanti
kedatangan para pemiliki bisnis tersebut.
Keempat
adalah jaringan yang kurang baik dari pemilik bisnis. Ya, bisnis online
pastinya membuat sebuah fasilitas jaringan yang baik. Apalagi pelanggan dari
bisnis online pastinya sudah seluruh dunia sehingga mau tidak mau para pemilik
bisnsi harus dilengkapi akan kualitas jaringan yang baik. Tentunya ketika
jaringan yang baik maka pemilik bisnis akan dengan mudah berkomunikasi dengan
para pembeli diseluruh dunia tanpa harus merasakan internet yang lemot atau
internet bermasalah.
Kelima
adalah sudah banyak kompetior. Saking tingginya persaingan bahkan kini
kompetitor pun menawarkan barang yang sama persis dengan yang dimiliki oleh
kita. Tentunya kondisi tersebut apabila tidak bisa diatasi dengan baik akan
menjadi sebuah tantangan yang cukup berat. Tidak hanya berat tetapi juga
apabila kompetitor dirasa lebih baik dibandingkan bisnis kita yang dimiliki
maka para pelanggan akan lebih memilih membeli barangnya di kompetitor
dibandingan dengan dikita.
Pada
dasarnya ada banyak sekali tantangan yang harus dilewati oleh para pemiliki
bisnis fashion dalam meraih kata sukses serta autopilot akan bisnis yang
dijalankan ditengan pandemik virus Corona berlangsung. Dari sekian tantangan
yang telah dipaparkan ada satu tantangan yang cukup serius bagi para pemilik
bisnis fashion. Dimana satu tantang tersebut yaitu pasokan fashion harus baik
sampai kualitas baik sehingga. Berbicara pasokan fashion untuk para pemilik
bisnis menurut penulis bisa mendapatkan disebuah tempat yang bernama Amigo Group.
Apa itu Amigo Group???
Amigo Group
merupakan sebuah perusahaan yang bergerak didalam bidang fashion retail. Kini Amigo Group telah berdiri selama lebih
dari 4 dekade dengan melayani akan kebutuhan masyarakat akan fashion dan shoes
masyarakat Eks Karesidenan Surakarta dan Yogkarta. Pada awal didirikan Amigo Group senantiasa selalu
memberikan sebuah layanan terbaik agar para pelanggan dapat betah dan nyaman. Seiring
perubahan waktu kini Amigo Group
memiliki sebuah wajah baru. Dimana wajab baru tersebut dapat terlihat didalam
toko yang kini lebih megah serta didukung oleh desain interior yang modern dan
elegan. Harapan adanya perubahan tersebut dapat membuat para pelanggan ataupun
pembeli dapat lebih nyaman berbelanjanya.
Visi
dari Amigo Group adalah menjadi
perusahaan yang kokoh dan megah, memiliki karyawan yang profesional dan punya
komitmen sosial yang tinggi. Sedangkan Misi yang dipegang oleh Amigo Group ada banyak dari mulai mewujudkan
toko-toko, karyawan, produk, dan kepedulian sosial. Tidak hanya itu saja
didalam Amigo Group juga mengemban nilai-nilai
seperti jujur, tanggung jawab, team spirit bisnis, loyal, belajar untuk
kompetitif, dan mandiri.
Setelah
melihat sampai menjelajahi akan Amigo Group menurut penulis ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Amigo Group. Dimana berikut ini adalah contoh
kelebihan yang ditawarkan oleh Amigo Group bagi para pelangganya yaitu:
Pertama
fasilitas yang banyak dan beragam yang diberikan oleh Amigo Group. Potongan celana gratis, fasilitas tersebut tentunya
sangat cocok bagi para pelanggan yang cocok akan produk celana (jeans, casual,
atau formal) tetapi memiliki panjang yang berlebih sehingga produk celana
tersebut dapat nyaman digunakan. Fasilitas potong celana yang diberikan oleh Amigo Group juga gratis sehingga para
pembeli ataupun pelanggan tidak usah mengeluarkan biaya tambahan untuk
mendapatkan layanan potong celana gratis tersebut.
Kedua
kemas mahar & kado gratis. Pada kelebihan kedua ini tentunya sangat cocok
bagi seseorang yang mau melaksanakan kegiatan nikah. Seseorang yang telah
membeli produk di toko-toko Amigo Group
dapat juga dikemas menjadi mahar & kado. Apalagi fasilitas kelebihan
tersebut diberkan secara gratis tentunya menjadi sebuah fasilitas kelebihan
yang menarik untuk digunakan oleh seseorang yang mau melaksanakan kegiatan
pernikahan.
Ketiga
pesan antar barang secara gratis. Amigo Group tidak hanya melayani para pelanggan atau pembeli secara mandiri
tetapi juga melayani akan segala kebutuhan seperti seragam komunitas, organisasi,
instansi, ataupun hal lainnya. Kini beberapa ketbuhan tersebut bisa diantarakan
oleh Amigo Group kealamat sesuai
yang dituju dalam hal ini masih dalam area kebupaten tidak aka dikenakan biaya
tambahan.
Keempat
layanan retun. Tentunya layanan retur sangat dibutuhkan bagi para pembeli
ataupun pelanggan. Apalagi jika hal yang dibeli merupakan tentang fashion
pastinya layanan retur sangat dibutuhkan. Tentunya tidak semua barang dapat
merasakan layanan retur karena hanya barang yang telah dibeli tidak sesuati
atau ada kerusakan saja yang dapat merasakan layanan retun. Harapannya dengan
adanya layanan retun tersebut para pelanggan dapat puas ketika mendapatkan
kerusakan fashion yang telah dibeli di Amigo Group.
Kelima
promo yang diberikan sangat banyak dan beragam. Agar lebih jelas tentunya pada
point kelima ini harus diberikan sebuah contoh. Salah satu contoh promo yang
diberikan bernama Redeem Poin Amigo. Supaya lebih jelas mengenai promo tersebut
kini penulis akan memberikan gambar mengenai promo tersebut.
Jika
disuruh memaparkan lebih panjang tentang kelebihan yang ada di Amigo Group pastinya akan sangat banyak
dan membutuhkan berlembar-lembar. Agar mempersingkat tulisan maka penulis hanya
memberikan lima contoh akan kelebihan yang dimiliki oleh Amigo Group yang sudah penulis paparkan diatas.
Didalam
Amigo Grup juga atau bisa disebut dengan Toko Baju Amigo menyediakan beberapa hal dari mulai Toko Baju Klaten, Toko Baju Boyolali, Toko Baju Sukoharjo, Toko Baju Karanganyar, Toko Baju Wonosari, Toko Baju Pedan, Toko Baju Delanggu, dan Toko Baju Prambanan. Tidak hanya itu saja Toko Baju Amigo juga menyediakan beberapa hal lainnya seperti Pakaian Pria, Pakaian Wanita, Pakaian Muslim, dan Pakaian Anak.
Diharapnnya
dengan adanya tulisan ini para pemilik bisnis fashion dapat tetap bertahan
dengan tantangan pandemik virus Corona yang sedang berlangsung. Harapan
akhirnya para pemilik binis fashion dapat meraih kata sukses dalam memiliki
sebuah label sukses dalam berbisnis serta bisnis yang dimilikinya sudah
autopilot.
Terima kasih sudah membaca tulisan ini semoga bermanfaat.
Sumber gambar, video, dan tulisan:
- https://www.youtube.com/watch?v=Eh2la1PeiIU
- https://amigogroup.co.id/event/redeem-poin-amigo/#.YWJgWhpBzIV
- https://amigogroup.co.id/style-hijab-selebgram-ternama-yang-patut-kamu-coba-saat-ramadhan/#.YWJmLhpBzIU
- https://pixabay.com/id/photos/arsitek-meja-kantor-ruang-kerja-569361/
- https://pixabay.com/id/photos/gulat-lengan-bertaruh-satu-warna-567950/
Belum ada tanggapan untuk "Tantangan Pandemi Covid-19 Untuk Bisnis Fashion"
Posting Komentar