Memiliki manajemen Bisnis Digital Agar Lebih Baik

Kita sebagai manusia didalam menjalani kehidupan sehari-hari pastinya selalu dituntut untuk dapat memenuhi kehidupan sehari-hari. Dimana kebutuhan sehari-hari manusia ada banyak sekali tetapi kebutuhan yang harus dipenuhi adalah kebutuhan primer. Kebutuhan primer terbagi kedalam beberapa hal yaitu sandang, papan, dan pangan. Ketiga kebutuhan tersebut saling berkaitan tetapi ujungnya ketika seseorang tidak memenuhi salah satu hal tersebut akan membuat seseorang terganggu dalam menjalani kehidupan.

Untuk dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari tersebut adalah dengan bekerja. Dari hasil bekerja tersebut seseorang mendapatkan uang untuk membeli berbagai macam kebutuhan hidup terutama kebutuhan primer. Namun nyatanya kini hanya mengandalkan penghasilan dari bekerja saja rasanya tidak cukup untuk mengcover semua kebutuhan terutama kebutuhan primer yang dari tahun ke tahun mengalami peningkatkan. Terjadinya peningkatan tersebut salah satu faktor penyebabnya terjadi sebuah inflasi.

Peristiwa inflasi yang dibarengi dengan kejadian-kejadian lainnya membuat nilai uang dari tahun ke tahun mengalami penurunan serta kenaikan harga didalam waktu yang bersamaan. Ketika kedua hal tersebut pastinya mau tidak mau akan menambah beban yang lebih berat lagi kepada isi dompet. Maka untuk dapat tetap memenuhi kebutuhan hidup yang makin tinggi solusinya adalah membuka bisnis sampingan.

Melakukan dua hal secara bersamaan seperti bekerja yang dibarengi dengan berbisnis rasanya tidak mudah. Walaupun harus diakui banyak sekali orang-orang bisa melakukan dua hal diwaktu bersamaan tetapi ada beberapa kekuranganya. Dimana salah satu contoh kekurangannya yaitu tidak bisa fokus dalam satu hal, merasa lelah sampai cape karena kegiatan yang tinggi, dan peluang hasil pekerjaan tidak bisa maksimal.

Rasa-rasanya kekurangan tersebut tentunya akan berdampak kurang baik bagi seseorang didalam menjalani kehidupan sehari-hari. Desakan untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari membuat seseorang mau tidak mau melakukan akan dua hal secara bersamaan tersebut. Maka tidak ada salahnya seseorang melakukan berbisnis dengan mengusung tema bisnis sewa.

Perlu diakui bisnis sewa disini memiliki sistem yang cukup mudah dibandingkan dengan bisnis lainnya seperti bisnis makan sampai bisnis minuman. Bisnis sewa akan bekerja ketika seseorang ada yang mau menyewa. Terkadang bisnis sewa bisa dilakukan ketika sudah pulang bekerja dan tidak perlu ada seseorang yang menjaga seperti bisnis makanan atau bisnis minuman. Untuk memulai bisnis sewa caranya cukup mudah hanya bermodal barang yang disewakan, alat komunikasi, dan perjanjian sewa sudah dapat melaksanakan bisnis sewa.

Didalam kehidupan ini ada banyak sekali barang-barang yang dapat dijadikan sebagai benda dalam bisnis sewa. Pertama alat berat pada bidang pembangunan baik itu rumah sampai bangunan bertingkat seperti excavator, bulldozer, sampai forklift. Kedua tempat tinggial seperti kosan, apartemen, gedung, sampai rumah. Ketiga alat transportasi baik itu berupa mobil, motor, sampai bus. Semua barang-barang yang dimiliki oleh seseorang tersebut dapat dijadikan sumber pendapatan baru dari melakukan bisnis sewa.

Ketika sudah memulai sebuah bisnis pastinya ada banyak rintangan yang harus dilalui. Bahkan terkadang rintangan yang harus dilalui tersebut dapat menjadi sebuah batu lompatan untuk bergerak maju ke depan atau terpuruk sampai terjadi gulung tikar. Dimana rintangan tersebut adalah manajemen bisnis. Ketika sebuah bisnis berjalan dengan baik pastinya didukung pula oleh manajemen bisnis yang baik. Terkadang dibeberapa kasus terjadi gulung tikar atau merugi dalam sebuah bisnis dikarenakan manajemen bisnis yang kurang baik. Maka untuk mencegah terjadi peristiwa didalam bisnis yang berkaitan dengan manajemen bisnis tidak ada salahnya menggunakan layanan dari RentBook.

Rentbook Untuk Manajemen Bisnis

RentBook merupakan sebuah aplikasi yang bergerak didalam bidang manajemen bisnis penyewaan. Tenderd merupakan pihak startup yang digawangi oleh investor asal Sillicon Valley yang merupakan kiblat dari starup dunia yang berkantor pusat di Dubai, Uni Emirat Arab yang meluncurkan aplikasi bernama RentBook. Aplikasi dari RentBook kini sudah tersedia diberbagai wilayah seperti Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Afrika, dan berbagai negara lainnya.

RentBook memiliki visi yaitu mempermudah vendor untuk mengatur bisnis sewa dengan teknologi terkini. Visi tersebut tentunya sangat cocok untuk pihak-pihak yang sedang menjalankan bisnis sewa. Didalam pihak RentBook juga tidak membatasi akan barang-barang tertentu dengan nilai aset tinggi saja yang bisa masuk. Kondisi tersebut tentunya disini memberikan berbagai macam pihak dari mulai Usaha Mikro, Kecil, dan Menangah (UMKM) sampai ekonomi rumah tangga dalam masuk kedalam bisnis sewaan yang ada di RentBook.

Fitur-Fitur Yang Ada Didalam Rentbook

Fitur berbagai bahasa. Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya bahwa aplikasi yang bernama RentBook merupakan aplikasi yang didirikan dari luar. Maka biasanya bahasa yang digunakan merupakan bahasa Inggris. Dari hal tersebut tentunya akan timbul kembali permasalahan yaitu masalah bahasa. Namun jangan khawatir karena didalam aplikasi RentBook sudah dapat tersedia berbagai macam bahasa yang dapat diatur. Sehingga dengan dapat dirubahnya kedalam berbagai macam bahasa permasalahan mengenai bahasa dapat dihilangkan atau diperkecil. Selain itu juga dengan kondisi demikian membuat peluang pelanggan menjadi lebih besar terutama luar negeri karena masalah bahasa sudah bisa diatasi.

Fitur SMS pengingat jatoh tempo. Begitu ada pihak penyewa barang yang sudah diupload didalam RentBook maka kita sebagai pemiliki alat akan menerima sebuah notifikasi. Dimana notifikasi yang masuk melalui SMS maka akan menyuruh untuk menghubungi secara langsung calin pelangan tersebut. Kelebihan dari adanya fitur SMS ini selalu salah satu fitur yang populer di RentBook yaitu adalah fitur SMS ini gratis. Bukan hanya itu saja fitur SMS ini juga akan mengingatkan mengenai pembayaran ke pelanggan secara terjadwal. Fitur pengingat juga bisa melalui dua hal yaitu melalui SMS secara gratis ataupun melalui sebuah aplikasi WhatsApp.

Fitur pencatat sewa. Ketika sudah selesai sebuah transaksi yang sudah terjadi maka kita sebagai pemilik barang-barang sewa akan mencat persewaan tersebut melalui sebuah menu persewaan kemudian catat persewaan baru. Disini ada banyak sekali data pelanggan yang harus diimput baik secara manual atau menambahkan kontak yang telah tersimpan seperti jenis aset yang disewakan, periode sewa (apakah satu kali, harian, mingguan, bulanan, bahkan tahunan), mulai sewa dan durasi, hingga tarifnya. Dengan hal tersebut maka aset tersebut akan terus berputar menghasilkan pendapatan baru bagi pemiliki dan tidak ada aset yang nganggur.

Fitur pembuatan website tokosewa. Didalam aplikasi RentBook kita sebagai pemilik berbagai aset dapat membuat website tokosewa atau membuat katalog mengenai produk aset yang dimiliki. Apabila seseorang sudah memiliki katalog atau website tokosewa didalam aplikasi RentBook maka secara tidak langsung membuat peluang sumber keuangan menjadi kian besar. Terlebih ketika semua aset bergerak tidak ada yang berdiam diri.

Bagaimana Cara Mendaftar Aplikasi Rentbook???



Hal yang pertama yang harus dilakukan untuk dapat mengakses layanan didalam sebuah aplikasi RentBook adalah memiliki sarana dan prasarana untuk dapat mengakses aplikasik RentBook. Setelah itu sesorang harus mengunduh aplikasi tersebut. Apabila proses mengunduh aplikasi telah selesai selanjutnya dapat melaksanakan pendaftara melalu nomor ponsel atau bisa melalui Facebook atau Google. Ketika seseorang mendaftar melalui nomor maka seseorang akan menerima sebuah kote OTP yang dikirim melalui SMS agar memverifikasi bahwa nomor yang didaftarkan benar nomor pemilik aset. Tehap selanjutnya adalah mengisi biodata dan beberapa hal seperti nama, email, beserta pilihan mata uang.

Bisa dikatakan bahwa aplikasi RentBook ini memiliki nama lain yaitu aplikasi sewa. Dimana aplikasi sewa disini bergerak didalam sebuah bisnis sewa atau rental yang dijalankan secara sewa online agar memudahkan menarik pada pelanggan. Diharapkan dengan kondisi tersebut dapat menjadi sebuah sumber pendapatan baru bagi pihak yang menjalankannya. Dimana diujungnya diharapkan dapat menjadi sebuah cara mendapatkan uang yang baru yang dapat mengcover segala macam kebutuhan hidup yang ada.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca. Terima kasih.

Sumber tulisan, gambar, dan video:

  1. https://catatanpringadi.com/lomba-menulis-blog-review-rentbook/
  2. https://catatanpringadi.com/kabar-gembira-dari-rentbook-aplikasi-manajemen-penyewaan-baru-di-indonesia/#Bagaimana_Cara_Menggunakan_RentBook
  3. https://www.rentbook.com/id
  4. https://kumparan.com/pringadi-abdi1499910935519/rentbook-kini-hadir-di-indonesia-1umLPpwc9ik 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Memiliki manajemen Bisnis Digital Agar Lebih Baik"

Posting Komentar