Gudang Ilmu



Perpustakaan di dalam sebuah dunia pendidikan merupakan salah satu bagian yang terpenting dan harus ada. Apalagi di dalam perpustakaan ini menyediakan berbagai buku. Seperti yang sudah kita ketahui semuanya bahwa buku menyimpan banyak sekali ilmu pengetahuan dan informasi bagi setiap orang khususnya bagi para pelajar ataupun mahasiswa dalam mencari ilmu pengetahuan yang tidak diketahuinya.

Fungsi dari perpustakaan sendiri memiliki beberapa fungsi. Jika melihat dari segi edukasi maka fungsi perpustakaan ini adalah untuk menyedikan bagi setiap orang khususnya bagi para pelajar ataupun mahasiswa untuk mendapatkan bahan ilmu ataupun infomasi yang dibutukan oleh mereka. Sedangkan jika melihat dari segi hiburan maka perpustakaan adalah sebagai tempat dimana seseorang meminjam buku hiburan seperti novel.


Dengan banyaknya fungsi sampai ilmu yang ada di dalam perpustakaan seharusnya dapat menarik banyak pengunjung. Pada kenyataanya tidak dapat menutup peluang bahwa perpusatakaan jarang sekali penggunjungny atau bahwa ada saja tidak menutup kemungkinan pula terjadi kekosongan pengunjung. Memang ada beberapa faktor yang menyebabkan masyarakat khususnya para pelajar enggan mengunjungi perpustakaan salah satu alasanya adalah sebagai berikut:

Pertama adalah suasana yang diberikan oleh perpusatakaan tidak membuat nyaman pengunjungnya. Memang ada saja peluang akan hal-hal yang bekaitan dengan perpustakaan yang tidak membuat nyaman seperti desain dari perpusatakaannya. Dengan desain yang tidak membuat daya tarik pengunjung maka akan berdampak pula pada sepinya perpustakaan.

Kedua adalah fasilitas yang disediakan kurang memadai. Tidak dapat menutup kemungkinan di beberapa perpustakaan di luar sana ada saja fasilitas yang kurang memadai yang disediakan oleh pihak perpustakaan. Salah satu fasilitas yang kurang bisa saja dari mulai buku kurang lengkap, buku yang disetiakan tidak ditata rapih sehingga orang yang mau mencari buku tersebut sulit untuk menemukannya, dan masih banyak lagi. Dengan hal demikian maka memiliki peluang akan seseorang menjadi tidak suku mengunjungi perpustakaan.

Ketiga adalah pelayanan yang diberikan tidak memberikan sebuah kesan yang dapat membuat seseorang khususnya para pelajar memiliki keinginan untuk kembali lagi ke perpustakaan. Dengan tidak adanya sebuah kesan positif tersebut maka memiliki peluang seseorang khususnya para pelajar menjadi kurang dalam mengunjungi perpustakaan.

Hal hal yang menarik di dalam perpustakaan yang telah disebutkan di atas berapa di salah satu perpusakaan yang berada di perpustakaan Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH). Perpustakaan Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH) didirikan pada tahun 1970, pada saat itu masih menggunakan gedung fakultas Ekonomi. Perpustakaan berstatus sebagai Unit Pelayanan Teknis (UPT) pada tahun 1980. Pada tahun 1994 gedung perpustakaan memiliki gedung sendiri yang didirikan berdampingan dengan Kantor Pusat Administrasi (KPA) Unsyiah. Sejak April 1994, dengan Surat Keputusan Rektor No. 060 tahun 1994, pendayagunaan UPT Perpustakaan Unsyiah ditingkatkan, yaitu dengan menyatukan semua perpustakaan yang ada di lingkungan Unsyiah di dalam satu wadah UPT Perpustakaan. Sejak tahun 1970 sampai dengan sekarang perpustakaan telah mengalami beberapa kali pergantian pimpinan. Jadi ayo tunggu apalagi rasakanlah kenyamanan dari perpustakaan Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH). Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencari infomasi mengenai perpusakaan. Terima kasih.

Sumber tulisan, gambar, dan video:

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Gudang Ilmu"

Posting Komentar