Tips Menabung Untuk Mahasiswa


Uang merupakan sebuah alat tukar yang sangat dibutuhkan oleh semua orang yang ada di bumi, namun tidak semua orang bisa memfaatkan uang ini dengan sangat bijak. Bahkan sebagian orang ada saja yang menghamburakan uang-uang yang dia punya hanya untuk pamer di media sosial. Sebagai mahasiswa yang masih dibiayai kehidupanya oleh orang tua harusnya anda bisa lebih menghargai jerih payah orang tua dalam mencari uang untuk dapat memenuhi kebutuhan yang anda butuhkan termasuk salah satunya dengan biaya kuliah anda.

Ketika anda beranjak menjadi seorang mahasiswa, banyak di antara anda yang mendapatkan uang saku secara berkala misalnya dengan bulananan atau mingguan. Ketika anda mendapatkan kiriman uang dari orang tua anda, anda dituntut untuk terampil dalam mengarut pemasukan dan pengeluaran dalam memenuhi kebutahan hidup anda. Jangan sampe anda pengeluaranya lebih banyak dari pada pemasukan dan kadang kala juga anda mungkin akan mengalami kebabisan uang saku padahal tanggal kiriman uang masih jauh . Tentunya hal ini akan berdapak pada kegiatan kamu kedepanya seperti makan. Tentunya anda pastinya tidak mau kan mengalami kejadian seperti diatas, oleh karena itu maka anda harus bisa melakukan salah satu kegiatan berikut ini :

Sisikan Uang Yang Dikasih 5-25%
Dengan mesisikan uang yang dikasih, maka anda ibaratnya anda membuat uang cadangan untuk keperluan yang mendadak seperti tiba-tiba ada aja urusan yang mengharuskan anda membayar dengan biaya yang cukup besar. Jika anda sudah terbiasa dengan menyisikan uang 5-25% maka anda tidak perlu kawati karena anda sudah anda menyisikan uang untuk keperluan yang mendadak.

Sediakan Tempat Penyimpan Uang Selain Dompet
Sediakan tempat yang sulit terjangkau seperti misalnya saja dilekatakn di dompet atau tempat-tempat yang jarang anda menyentuhnya.Tujuan dari simpat uang anda di tempat yang sulit terjangkau yaitu untuk menghindari anda yang biasanya kebiasanya selalu mengambil uang tanpa dikontrol dengan baik.

Tahan Hawa Nafsu Anda Untuk Membeli Barang
Anda harus dapat menghilangkan rasa gensi, apalagi gensi ketika teman kamu mengajak pergi kamu dan otomatisnya anda pasti akan ikut karena tidak ingin tidak dianggap gaul oleh teman-teman anda. Anda harus dapat menghilangkan perasaan seperti itu. Sama halnya dengan anda pergi sesuatu toko dan kemudian anda melihat teman mu membeli barang saat berpegian dengan anda, itu bukan bearti anda harus juga mebelinya. Sia-sia membeli barang yang tidak anda butuhkan tapi anda membeli karena hanya sebatas gengsi dengan teman anda.


Berikut ini salah satu cara agar anda padat menghemat pengeluaran bagi para mahasiswa yang sedang menembuh pendidikan. Semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Menabung Untuk Mahasiswa"

Posting Komentar