Transformasi Pandangan Keluarga dalam Membangun Masa Depan Berkualitas

Di dalam menjalani kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia banyak sekali berbagai pepatah yang dipegang teguh. Dari sekian banyak pepatan yang ada salah satunya berbunyi “banyak anak banyak rezeki” telah menjadi bagian tak terpisahkan dari pandangan hidup masyarakat. Buktinya pepatah tersebut masih dipercaya jika bertanya yang menyangkut akan memiliki jumlah anak pasti pepatah tersebut akan diutarakan. Dibalik pepatah tersebut terdapat keyakinan akan adanya sebuah anugerah sampai berkah yang akan datang ketika kelahiran sang anak di dalam sebuah keluarga itu muncul. Adanya banyak anak di dalam sebuah keluarga kecil menjadi simbol kebahagiaan dan keberlimpahan rezeki bagi keluarga tersebut. Hal tersebut selaras dengan ajaran agama yang memaparkan mengenai memiliki keturunan akan secara tidak langsung membawa rezeki dari sang pencipta dalam keluarga kecil tersebut.

Memiliki banyak anak di dalam sebuah keluarga kecil tidak hanya tercermin dalam pandangan hidup dan ajaran agama yang diyakini saja. Tetapi secara perlahan-lahan namun pasti kondisi tersebut membawa konsekuensi yang nyata dalam kehidupan sehari-hari pada keluarga kecil tersebut. Salah satunya berupa meningkatnya rasa kebersamaan dan solidaritas di antara anggota keluarga. Memiliki banyak anak dalam keluarga kecil akan membuat lebih aktif yang memincu interaksi secara intens di antara sesama anggota keluarga. Hal ini dapat mempererat ikatan emosional dan sosial antara orang tua dan anak sampai antar saudara kandung.

Selain itu memiliki banyak anak juga akan menjadi sumber kebahagiaan yang tidak ternilai bagi orang tua karena dapat menyaksikan perkembangan dan pencapaian sang buah hati dalam berbagai aspek kehidupan. Disisi lainnya dengan memiliki anak juga berpotensi meningkatkan dukungan sosial di dalam komunitas. Hal tersebut dikarenakan dalam keluarga besar sering kali menjadi pusat perhatian dan bantuan bagi tetangga sampai kerabat yang membutuhkan.

Namun di sisi lainnya dengan memiliki banyak anak dalam keluarga kecil membawa dampak kurang baik. Dari sekian banyak dampak kurang baik salah satunya berupa tekanan finansial yang cukup banyak bagi pihak orang tua. Bertambahnya buah hati secara tidak langsung membuat biaya hidup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari akan meningkat. Kebutuhan yang harus dipenuhi mencakup kebutuhan seperti makanan, pendidikan, kesehatan, dan kebutuhan lainnya. Banyaknya kebutuhan tersebut kian besar tatkala adanya inlasi yang menggerogoti dana yang dibutuhkan.

Data yang dimiliki oleh Badan Pusat Statistik (BPS) memaparkan bahwa inflasi Indonesia berada di angka 3,05% secara tahunan (year-on-year/yoy) pada Maret 2024. Angka inflasi tersebut turun 1,92 poin persen ketika berada di Maret 2023 yang hanya 4,97% (yoy). Tetapi saat di Maret 2024 mengalami kenaikan sebanyak 0,3 poin persen dibandingkan Februari 2024 yag lalu diangka 2,75% (yoy). Dengan adanya inflasi maka kenaikan harga dalam memenuhi kebutuhan hidup ekonomi yang kian meningkat akan menimbulkan stres dan kecemasan bagi orang tua. Selain itu dengan memiliki banyak anak juga akan dapat mengurangi waktu dan perhatian yang diberikan dari orang tua kepada setiap anaknya. Jika hal tersebut terjadi dengan jenjang yang cukup lama maka akan berdampak kepada perkembangan sang anak khususnya pada keterampilan sosial, emosional, dan intelektual.

Inflasi yang ada menjadi beban tambahan bagi keluarga dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Melalui situasi ekonomi yang sulit membuat para orang tua dengan mudah mengelami stres yang besar saat menjalani perannya. Hal ini akan dapat mengarah kepada penurunan waktu sampai perhatian yang akan diberikan kepada setiap anak yang pada gilirannya berpotensi menyebabkan penelantaran anak. Keterbatasan sumber daya baik secara finansial sampai waktu akan menghambat kemampuan orang tua untuk memberikan perhatian yang cukup terhadap perkembangan sosial, emosional, sampai intelektual dari setiap anak.

Kondisi keluarga yang memiliki ketidakstabilan dalam ekonomi membuat para anak-anak cenderung mengalami tantangan yang besar dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam upayah untuk mengatasi kekurangan atau ketidakpuasan terkadang anak-anak akan tergoda untuk mencari cara yang tidak biasa atau tidak pantas. Misalnya saja para anak akan memiliki peluang akan terlibat dalam perilaku merusak atau pencurian untuk memperoleh barang yang diinginkan tanpa harus membeli atau mendapatkannya sesuai aturan di masyarakat. Selain itu dalam keadaan yang kurang pengawasan dari orang tua karena sibuk memenuhi kebutuhan maka anak-anak dalam keluarga tersebut juga sangat dengan mudah terpengaruh kurang baik dari lingkungan sekitar. Contohnya sedehana saja dalam hal berbicara yang biasanya tidak menggunakan bahasa kurang pantas ketika bersosialisasi dengan anak-anak atau hal lain dilingkungan maka akan berdampak kepada munculnya bahasa kurang pantas terucap.

Dalam keluarga yang memiliki banyak anak juga secara tidak langsung akan memiliki perawatan yang memadai menjadi tugas menantang. Setiap anak memiliki kebutuhan dan kepribadian yang unik sehingga memerlukan perlakuan yang berbeda-beda. Dikarenakan memiliki perbedaan tersebut biasanya para orang tuaakan  mengambil sebuah jalan cepat dengan mengandalkan teknologi seperti handphone. Penggunaan handphone tersebut memiliki tujuan untuk mengalihkan perhatian setiap anak untuk menjaga agar tetap tenang atau sibuk. Namun nyatanya penggunaan handphone memiliki risiko tersendiri seperti penyalahgunaan waktu layar sampai perkembangan sang anak.

Menurut data yang dimiliki oleh BPS menunjukan bahwa anak usia dini di Indonesia menggunakan handphone mengakses internet pada tahun 2022. Secara total ada 33,44% anak usia dini di Indonesia menggunakan handphone sedangkan anak usia dini mengakses internet diangka 24,96%. Tetapi secara rinci terhadap perbedaan yang cukup jauh pada karakteristik kelompok umur. Secara persentase yang menggunakan handphone secara spesifik pada usia 0-4 tahun atau balita berada di angka 25,5%. Sedangkan pada usia 5-6 tahun 52,76%. Pola yang sama juga terlihat pada anak-anak yang mengakses internet. Dimana pada usia balita memiliki angka 18,79% sedangkan anak usia 5-6 tahun berada di angka 39,97%.

Kasus gadget yang terjadi di kalangan anak-anak cukup marak terjadi di berbagai wilayah Indonesia. Dari salah satu kasus tersebut cukup memilukan dan menarik perhatian masyarakat terjadi di Jawa Barat. Secara spesifik terjadi pada siswa SMP kelas 1 di Subang yang meninggal dunia karena kecanduan game. Fenomena tersebut diperparah dengan meningkatkan jumlah pasien anak yang mengalami kecanduan gadget yang dirawat di RS Jiwa Cisarua Bandung Barat. Kisah Raden Tri Sakti yang mengeluhkan sakit sulit untuk menggerakan tubuhnya. Kondisi yang dialami anak kecil tersebut diduga disebabkan oleh radiasi dari penggunaan handphone.

Ketika harus memaparkan mengenai dampak kurang dari memiliki banyak anak pastinya akan ada banyak sekali. Namun dari banyaknya tersebut salah satunya telah dipaparkan diatas. Apakah para pembaca memiliki pemahaman atau sudut pandang yang berbeda mengenai dampak lainnya?. Jika ada maka tidak ada salahnya para pembaca untuk memaparkan dalam kolom komentar. Komentar yang diberikan oleh para pembaca diharapakan akan terjadi saling transfer ilmu pengetahuan antara pembaca dan penulis.

Adanya pepatah “banyak anak banyak rejeki” yang telah lama menjadi pegangan para orang tua dalam memiliki keinginan memiliki banyak anak dalam keluarga kecilnya. Namun setelah seiring berjalannya waktu maka menjalankan pepatah tersebut dibutuhkan pertimbangan yang sangat matang dari berbagai sisi. Hal tersebut mengingat dalam kehidupan telah terjadi perubahan dinamika sosial dan ekonomi saat ini. Kesadaran akan tantangan finansial, pendidikan, sampai perawatan terkait banyak anak telah meningkat dalam kehidupan masyarakat. Oleh karena itu kini pepatah tersebut menurut penulis telah bertransformasi menjadi slogan dengan nama “Dua Anak Cukup”. Slogan tersebut mengajak masyarakat untuk mempertimbangkan secara bijak atas jumlah anak yang akan dimiliki. Selain itu slogan tersebut juga mengajak masyarakat untuk lebih menekankan atas kepentingan kualitas perhatian sampai pendidikan yang diberikan kepada sang anak. Melalui slogan tersebut tidak hanya akan bertujuan untuk mengontrol pertumbuhan populasi tetapi juga memastikan kesejahteraan, perkembangan optimal bagi setiap anak, dan stabilitas ekonomi keluarga secara keseluruhan.

Slogan berbunyi “Dua Anak Lebih Sehat” merupakan hasil dari upaya yang dilakukan oleh pihak Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Tujuan adanya slogan tersebut untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia untuk melakukan perecanaan keluarga kecilnya khususnya dalam hal pernikahan sampai kehamilan. Bahkan menurut Kepala BKKBN yang dipegang oleh Haston Wardoyo memaparkan bahwa slogan tersebut didasarkan pada berbagai bukti ilmiah yang menunjukan bahwa memiliki dua anak dapat menurunkan angka kematian ibu dan bayi. Melalui penelitian ilmiah tersebut juga menunjukan bahwa kehamilan multiparitas atau grandemultiparitas (melahirkan lebih dari 5 anak) dapat meningkatkan risiko kematian ibu dan bayi. Oleh karena itu pihak BKKBN menyarankan bahwa memiliki dua anak akan lebih sehat secara medis dibandingkan memiliki tiga atau lebih anak.

Meskipun adanya slogan tersebut merupakan langkah yang positif dalam meningkatkan kesadaran tentang perecanaan keluarga. Namun disisi lainnya perlu pula diingatkan bahwa kualitas perhatian dan pengasuhan kepada sang buah hati merupakan masalah yang krusial. Fokus kepada jumlah anak saja tidak akan cukup untuk menjamin kesejahteraan keluarga dan anak-anak. Mempertimbangkan atas kualitas hubungan antara orang tua dengan anak, pendidikan berkualitas, akses layanan kesehatan yang baik, sampai lingkungan keluarga yang mendukung merupakan faktor yang sama pentingnya dibandingan dengan jumlah anak dalam mementukan kesejahteraan keluarga. Maka dari itu melalui slogan tersebut hanya akan membantu mengendalukan pertumbuhan populasi dan mengurangi resiko kesehatan yang terkait kehamilan multiparitas saja. Tetapi sangat penting pula memberikan memberikan perhatian dan perawatan berkualitas kepada setiap anak demi memastikan tumbuh kembang sang anak untuk masa depannya.

Kemampuan sains pelajar Indonesia dapat termasuk ke dalam golongan rendah untuk skala ASEAN. Hal tersebut selaras dengan data yang dimiliki oleh Programme for International Student Assessment (PISA) 2022 yang dirilis oleh Organization for Economic Co-operation and Development (OECD). Data tersebut menunjukan bahwa pelajar Indonesia hanya mampu meraih skor kemampuan sains berada di angka 383 poin. Poin tersebut menempatkan Indonesia ke dalam peringkat ke-6 dari 8 negara ASEAN dari hasil tes PISA.

Tidak hanya itu adanya pandemik Covid-19 menyebabkan siswa Indonesia kehilangan kesempatan belajar (learning losser) akibat penutupan sekolah untuk menekan laju penularan. Bahkan menurut Human Capital Indek 2020 memaparkan mengenai anak Indonesia diharapkan dapat menyelesaikan 12,4 tahun sekolah tetapi pengetahuan yang diterima hanya 7,8 tahun belajar. Indikator tersebut disebut dengan learning adjustment years of schooling (LAYS). Dari Afkar dan Yarron dalam laporan Bank Dunia Deseber 2021 memaparkana bahwa penutupan sekolah hingga akhir Juni 2021 menurunkan LAYS menjadi 6,9 tahun. Sehingga diperkirakan efektivitas pembelajaran jarak jauh adalah 40 persen.

Tetapi jika melihat negara lainnya seperti Singapura telah menempati urutan teratas dalam survei pendidikan di bandingkan 72 negara yang dilakukan dilakukan Program Penilaian Siswa Internasional (PISA). Hasil dari program tersebut diumumkan oleh Organisasi Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD). Survei PISA sangatlah bergengsi untuk menguji kemampuan siswa usia 15 tahun di bidang sains, matematika, sampai membaca. Dengan demikian dapat dikatakan secara rata-rata dalam satu dari empat mencatat skor tertinggi di bidang sains. Hal lebih mengejutkan berupa survei yang dilakukan atas siswa Singapura memperoleh nilai tertinggi disusul oleh siswa dari negara lainnya seperti Jepang, Estonia, Taiwan, Finlandia, Macao, Kanada, Vietnam, Hong Kong, China, dan Korea Selatan.

Dari negara lainnya seperti Jepang juga telah melakukan inovasi dalam sistem transportasinya yang canggih dan efisien. Jaringan angkutan antarkota di Jepang kini dapat menggunakan kereta api cepat yang dikenal dengan nama Shinkansen. Dimana kereta api Shinkansen mampu mencapai kecepatan hingga 270 km per jam. Kecepatan yang dimiliki oleh Shinkansen membuat jarak tempuh dari kedua kota tersebut membutuhkan waktu 2 jam 30 menit. Kecepatan sampai waktu tempuh tersebut menjadikan Shinkansen menjadi salah satu moda transportasi yang diandalkan bagi masyarakat dalam beraktifitas sehari-hari. Selain itu dengan menaiki Shinkansen juga menjadi pengalaman yang menyenangkan. Hal tersebut dikaranakan gerbong kereta yang bersih, layanan petugas yang ramah, dan keheningan yang terjaga membuat penumpang dapat duduk atau bahkan tidur dengan nyaman selama perjalanan.

Amerika Serikat kini juga melakukan berbagai macam revolusi transporatasi global melalui perusahaan inovatif dengan nama Tesla. Dimana Tesla merupakan perusahaan yang dipimpin oleh Elon Mush dalam mengubah paradigma industri otomotif dengan menghadirkan mobil listrik yang canggih dan ramah lingkungan. Tesla mengeluarkan berbagai inovasi utama dengan berbagai model seperti Model S, Model 3, Model X, dan Model Y. Berbagai model tersebut tidak hanya dapat mengurangi emisi karbon tetapi menawarkan kinerja yang luar biasa dalam sisi akselerasi yang cepat dengan desain elegan. Salah satu daya tarik utama dari inovasi Tesla yang diberikan berupa teknologi self-driving atau otonom dengan sisitem Autopilot. Teknologi tersebut tentunya akan dapat membantu dalam mengurangi kecelakaan lalu lintas sambil memberikan kenyamanan ekstra kepada pengguna.

Untuk menciptakan kesetaraan dalam kapasitas inovasi seperti negara yang telah disebutkan diatas sangat penting bagi setiap anak-anak di Indonesia memiliki kemahiran dalam Bahasa Inggris. Bahasa Inggris telah menjadi bahasa internasional yang dominan dalam berkomunikasi bisnis, teknologi, sampai ilmu pengetahuan. 

Kemahiran dalam menggunakan Bahasa Inggris juga memungkinkan setiap individu untuk berpartisipasi dalam diskusi global. Tidak hanya itu juga dapat melakukan kegiatan lain seperti menjalin koneksi sampai mengakses ke berbagai sumber informasi terkini. Dapat dikatakan bahwa Bahasa Inggris menjadi kunci untuk memperluas wawasan serta meningkatkan mobilitas sosial. Sehingga pada akhirnya setiap individu untuk belajar sampai bekerja di lingkungan internasional bukan harus di nasional saja.

Bahasa Inggris juga menjadi bahasa dominan untuk publikasi ilmiah sampai penelitian yang dilakukan. Kondisi tersebut secara tidak langsung menjadikan penyebaran sampai pertukaran pengetahuan menggunakan Bahasa Inggris. Banyak jurnal ilmiah, konferensi, sampai literatur riset menggunakan Bahasa Inggris sebagai medium utamanya. Penggunaan Bahasa Inggris tersebut memungkinkan ilmuan sampai akademik dari seluruh dunia untuk berkolaborasi dalam menemukan berbagai penemuan yang mutahir dalam berbagai bidang.

Kemahiran dalam penggunaan Bahasa Inggirs juga menjadi kunci untuk memahami sampai mengikuti perkembangan terbaru dalam industri teknologi sampai otomotif yang terus berkembang. Informasi mengenai teknologi terbaru, panduan penggunaan, sampai diskusi komunitas sering sekali menggunakan Bahasa Inggris. Sehingga jika seseorang mahir dalam menggunakan Bahasa Inggris akan dengan mudah menguasai akan hal tersebut.

Selain itu jika melihat ke dalam konteks globalisasi sampai interkoneksi ekonomi maka kemahiran dalam Bahasa Inggris juga menjadi aset berharga dalam mencarai peluang kerja di tingkat internasional. Sudah sejak dahulu sampai saat ini perusahaan multinasional menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa resmi untuk berkomunikasi secara internal dan eksternal. Kondisi tersebut secara tidak langsung jika seseorang mahir dalam Bahasa Inggirs akan meningkatkan daya saing sampai peluang karir seseorang di pasar kerja global. Pada akhirnya investasi dalam pembelajaran Bahasa Inggris tidak hanya memberikan keuntungan pribadi tetapi juga ekonomi bagi masyarakat sampai negara secara keseluruhan.

Pastinya para pembaca sekalian memiliki pertanyaan seperti “Kapan waktu yang tepat bagi seseorang untuk belajar Bahasa Inggris?”. Jawaban untuk pertanyaan tersebut bagi penulis yaitu ketika seseorang tersebut masih kecil. Hal tersebut karena anak-anak memiliki kemampuan alami untuk menyerap sampai mempelajari bahasa baru dengan cepat dan mudah. Apalagi saat usia muda otak anak masih dalam tahap perkembangan yang sangat dinamis. Dengan masih berada di kondisi dinamis membuat belajar Bahasa Inggris menjadi sangat fleksibel dalam menangkap sampai memahamai stuktur bahasa serta kosakata baru. Proses pembelajaran pada masa juga harus disesuaikan dengan berorientasi pada pemahaman intuitif dari pada penalaran logis. Dengan demikian diharapkan sang anak cenderung belajar Bahasa Inggris menjadi lebih alami tanpa adanya hambatan. 

Memulai pembelajaran Bahasa Inggris sejak usia dini juga memberikan kepada sang anak kesempatan sebesar-besarnya untuk mengembangkan kemahiran bahasa yang kuat dan fasih. Bahasa Inggris yang dikuasai sejak kecil akan menjadi bagian alami dari kemampuan berkomunikasi anak. Sehingga sang anak akan menjadi lebih percaya diri serta mampu beradapatasi dengan lingkungan global yang semakin terhubung. Pada akhirnya akan membuka pintu bagi sang anak untuk mengakses peluang pendidikan sampai karir di masa depan yang lebih luas.

Pembelajaran Bahasa Inggris diberikan sejak usia dini akan membuka wawasan anak terhadap budaya dan perspektif yang berbeda-beda. Dengan belajar Bahasa Inggris banyak anak-anak akan dapat saling terhubung dengan cerita, lagu, sampai tradisi dari berbagai negara yang ada di seluruh dunia. Sehingga akan memperluas pandangan anak-anak tentang dunia agar dapat meningkatkan pemahaman tentang keragaman budaya. Banyaknya informasi yang dipaparkan diatas sudah pasti para pembaca memiliki pertanyaan seperti:

DIMANA PIHAK YANG MENYEDIAKAN TEMPAT KURSUS BAHASA INGGRIS BAGI ANAK-ANAK???

Pihak yang menyediakan tempat kursus Bahasa Inggirs bagi anak-anak menurut penulis dikenal dengan nama Cakap. Cakat dapat dikatakan sebagai sebuah perusahaan pendidikan di Indonesia yang sedang berkembang pesat pada masyarakat. Dalam menjalankan operasionalnya Cakap menggunakan teknologi untuk dapat menyediakan kursus berkualitas tinggi dan sertifikasi terpecaya dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Selain itu dengan adanya Cakap berfungsi sebagai penghubung antara siswa dengan pengajar berkualitas untuk meningkatkan keterampilan keterampilan bagi para siswa. Pendekatan yang dilakukan oleh Cakap berupa inovatif sampai integratif agar memberikan akses yang mudah dan efisien bagi anak-anak agar mahir dalam Bahasa Inggris untuk masa depan yang lebih cerah.

Nilai yang selalu dijunjung tinggi oleh Cakap terdiri dari lima. Pertama berupa Contribution yang aritnya pihak Cakap akan merasa bangga dan berkomitman pada peran mereka sendiri serta meninggalkan warisan bagi orang lain. Kedua berupa Advancement yang tercemin dari semangat dan ketekukan dalam segala situasi untuk menjadi pembelajar mandiri serta tegas. Ketiga berupa Kindness yang tercemin dalam upaya untuk menCakap kesetaraan dan empati terhadap orang lain melalui kolaborasi. Keempat berupa Agility yang tercemin dalam kemampuan untuk menyesuaikan pikiran sampai tubuh untuk memecahkan masalah dan menghadapi tantangan berikutnya. Sedangkan nilai terakhir berupa Professionalism tercemin dalam perhatian terhadap etika sampai ketepatan waktu di tempat kerja untuk tujuan mencapai keunggulan layanan dalam perjalanan. Berbagai nilai yang dipaparkan tersebut sudah pasti adanya Cakap akan memberikan pengalaman pembelajaran yang holistik dan bermakna bagi para siswanya.

Cakap juga telah membuktikan komitmen dalam memberikan pengalaman atas pembelajaran yang holistik dan bermakna melalui berbagai macam prestasi dan pencapaian yang diraih. Jika dihitung Cakap telah lebih dari 4.5 juta murid terdaftar, 2.300 lebih guru Glocal yang berpengalaman (baik global maupun lokal), serta melayani lebih dari 1.100 klien institusi di 38 provinsi. Tidak hanya itu pihak Cakap juga telah menjadi salah satu pemimpin di industri pendidikan untuk masyarakat Indonesia. Hal tersebut dapat terlihat dari jumlah unduhan aplikasi mereka yang mencapai lebih dari 2.9 juta, dengan rating aplikasi yang tinggi, sampai mencapai 4.9 dari 5.0. Sehingga dapat dikatakan bahwa Cakap tidak hanya akan menghadirkan pembelajaran Bahasa Inggris yang berkualitas saja. Tetapi kini pihak Cakap juga telah berhasil menciptakan akan komunitas belajar yang luas dan beragam tercemin dalam dedikasi untuk memberikan dampak positif dalam bidang pendidikan.

Seiring berjalannya waktu kini Cakap akan terus melangkah maju dalam memberikan akses serta kemudahan kepada para pembelajarnya dengan menyediakan layanan Tes Simulasi. Melalui Tes Simulasi kepada para siswanya untuk dapat mengintip gambaran dari berbagai tes kefasihan bahasa melalui skor yang secara akurat melalui simulai tes online dari Cakap. Untuk mengakses layanan tersebut hanya melalui tiga tahap yang sama mudah. Tahap pertama berupa mendaftarkan diri dengan menuliskan nama, email, sampai nomor telepon. Tahap kedua yang dilakukan menjalani tes dengan batas waktu yang telah ditentukan. Sedangkan tahap terakhir akan mendapatkan hasil secara instan setelah tes selesai dilakukan. Harapannya dengan layanan yang digunakan pada Cakap tidak hanya akan memberikan pembelajaran Bahasa Inggris yang berkualitas. Tetapi nyatanya akan pula membantu para siswa untuk mempersiapkan diri agar lebih baik dalam menghadapai berbagai jenis tes kefasihan bahasa dengan percaya diri.

Kini Cakap juga terus melakukan mengeksplorasi berbagai inovasi dalam memberikan layanan pendidikan yang holistik seperti Kids Academy. Dimana Kisd Academy merupakan tempat seru untuk anak-anak usia dini untuk belajar Bahasa Inggris dengan format kelas offline. Saat memasuki layanan tersebut para anak akan dilatih dalam kemampuan kognitif, motorik, sampai sensorik melalui pembelajaran soft skill dan hard skill yang terintegrasi dengan baik. Kids Academy tidak hanya menganjarkan Bahasa Inggris saja tetapi membantu dalam pengembangan berbagai aspek penting dalam perkembangan anak. Pada akhirnya melalui Kids Academy akan menjadi pilihan yang ideal bagi orang tua yang ingin memberikan pendidikan yang berkualitas bagi anak-anak mereka sejak usia dini.

Dalam menjalankan visi yang dimiliki oleh Cakap juga menyediakan terhadap pendidikan karyawan dalam lingkungan perusahaan melalui layanan Training Karyawan. Layanan tersebut merupakan kunci kesuksesan bisnis perusahaan dan Cakap Korporasi akan menawarkan solusi yang efektif dengan menyediakan berbagai pelatihan yang komprehensif atas berbagai hal. Mengejutkan lagi melalui layanan tersebut telah digunakan lebih dari 20.000 pelajar mahir dan 300 lebih perusahaan telah merasakan manfaatnya. Bahkan tingkap kepuasan yang tinggi atas layanan tersebut mencapai 4,90 dari 5 akibat keefektifan layanan pelatihan yang disediakan oleh Cakap.

Jika harus memaparkan memang ada banyak sekali layanan yang disediakan oleh Cakap. Namun salah satu layanan yang dapat digunakan telah dipaparkan diatas. Tetapi jika para pembaca memiliki pemahaman atas layanan yang berbeda maka tidak ada salahnya untuk memaparkan dalam kolom komentar. Dengan adanya pemaparan yang dari pembaca diharapakan akan adanya transfer ilmu pengetahuan antara para pembaca dengan penulis. Setelah membaca berbagai hal mengenai Cakap maka ada berbagai macam hal alasan mengapa para orang tua menggunakan layanan Cakap sebagai berikut:

Pertama karena operasional Cakap menggunakan kualitas dari sumber daya manusia yang terlibat. Salah satu sumber daya manusia yang terlibat salah satunya Tomy Yunus sebagai Chief Executive Officer, Yohan Limerta sebagai Chief Technology Officer, Jonathan Mario Dharmasoeka sebagai Chief Financial Officer, sampai Margarita Tan sebagai Chief Growth Officer. Berbagai sumber daya manusia yang terlibat memiliki tujuan agar para pengguna layanan Cakap supaya memberikan layanan pendidikan terbaik, unggulan, sampai inovatif. Pada akhirnya agar menjadikan Cakap sebagai pilihan yang andal bagi pengguna khususnya anak kecil yang menginginkan pendidikan berkualitas dan berorientasi pada perkembangan bagi masa depan.

Kedua layanan Cakap menyediakan berbagai promo seperti promo spesial pada bulan Mei. Untuk promo tersebut dimulai dari 6-31 Mei 2024. Promo yang diberikan tersebut sangatlah istimewa karena menawarkan Placement Test senilai Rp 200rb secara GRATIS dan bonus tambahan berupa pilihan antara boneka atau lunch box. Tidak hanya itu promo tersebut juga sangat berlaku eksklusif untuk Cakap Kids Academy online dalam pembelajaran Bahasa Inggris & Mandarin. Kesempatan promo tersebut membuat pengguna seperti anak kecil akan mendapatkan layanan maksimal tetapi harga yang sangat nyaman bagi dompet para orang tua yang membayar layanan tersebut.

Pengalaman Menggunakan Layanan Kids Academy Dari Cakap Untuk Belajar Bahasa Inggris

Pengalaman ini merupakan diambil dari salah satu teman penulis yang anaknya telah mencoba akan layanan Kids Academy yang berikan oleh Cakap. Menurut pemaparan teman penulis yang diambil dari anaknya tersebut. Dimana anaknya saat menggunakan layanan tersebut seperti berada dalam sebuah petualangan yang menggugah hati dalam Bahasa Inggris. Hal tersebut dapat terbukti karena sang anak sangat menantikan untuk belajar Bahasa Inggris di Cakap. Bahkan ketika melangkah masuk ke dalam kelas sang anak akan selalu disambut dengan senyuman hangat dan semangat membara dari tenaga pengajarnya. Tentunya dengan pelayanan yang diberikan tersebut sensasi kegembiraan sampai antusiasme terpancar dari tenaga pengajar yang terlibat didalamnya. Kondisi tersebut membuat sang anak sangat siap untuk mengeksplorasi dunia bahasa baru khususnya Bahasa Inggris. Ketika sudah terlibat dalam pembelajaran nyatanya sang anak akan timbul perasaan bangga sampai percaya diri atas Bahasa Inggris yang telah dikuasai.

Berada di kelas tersebut juga sang anak akan selalu merasakan sentuhan magis belajar dalam suasana yang interaktif dan ramah anak. Sang anak juga tidak hanya difokuskan kedalam pembelajaran kata-kata sampai tata bahasa sehingga terlihat membosankan. Tetapi nyatanya perasaan tersebut sangat jauh berbeda karena didalam kelas hanya ada perasaan kegembiraan. Setiap kali sang anak telah berhasil memahami sebuah konsep atau menyelesaikan sebuah latihan. Maka sudah pasti sang anak akan merasakan rasa kebahagiaan dan kepuasan yang terpancar dari matanya.

Tidak hanya itu ketika masuk ke kelas tematik juga menjadi wahana dimana kreativitas sang anak akan mekar dalam harmoni dengan pembelajaran Bahasa Inggris. Ditempat tersebut juga sang anak akan mengekspresikan dirinya melalui seni sampai kerajinan tangan sambil memperkaya kosakata. Kegiatan lainnya terdapat praktik akan kemampuan berbicara dalam Bahasa Inggris yang baru saja dipelajari. Pada akhirnya setiap karya seni yang dihasilkan akan menjadi bukti atas pertumbuhan dalam pelajaran Bahasa Inggris yang sedang diikuti.

Saat sedang menghadiri bimbingan akademik serta sesi konsultasi maka sang anak juga akan selalu merasa didukung dan dipandu dalam setiap langkah perjalanan belajar. Dengan bimbingan dari para tenaga pengajar yang sangat berpengalaman maka setiap tantangan yang sangat sulit akan mampu diatasi dengan mudah. Ketika tantangan tersebut berhasil dilalui maka sang anak akan merasa bangga akan pencapaiannya. Selain itu sang anak juga akan merasa sangat yakin atas kemampuan dalam penggunaan Bahasa Inggris.

Hubungan yang terjalin antara sang anak dengan tenaga pengajar seperti Teacher Yoshi sampai Teacher Ivan adalah sebuah ikatan emosional yang kuat. Sang anak tidak hanya difokuskan kepada sisi belajar saja tetapi juga akan terinspirasi serta didorong untuk mencapai yang terbaik dalam pembelajaran. Setiap momen yang dihabiskan bersama tenaga pengajar akan menjadi pengalaman pembelajaran yang menyenangkan dan berharga bagi sang anak.

Dengan telah berhasilnya setiap tantangan yang dihadapi serta kemajuan yang dicapai maka sang anak akan merasakan kebanggaan sampai kepuasan yang mendalam. Sang anak juga akan merasa kerja keras, ketekukan, sampai adanya dukungan yang tepat telah memberikan hasil. Maka melalui Cakap Kids Academy sang anak tidak hanya diajarkan Bahasa Inggris. Tetapi sang anak juga akan belajar mengenai kekuatan diri sendiri serta potensi tidak terbatas yang selama ini sedang tertidur untuk dibangunkan. Sehingga pada akhirnya sang anak akan menjadi sumber daya manusia yang berkualitas untuk memberikan dampak dimasa depannya.

Dengan cerita yang dipaparkan tentunya penulis mau mengajar para pembaca untuk merasakan pengalaman yang sama atau berbeda dari yang telah dipaparkan dari Cakap Kids Academy. Apalagi dengan mahir dalam Bahasa Inggris maka akan membuka pintu menuju masa depan yang lebih cerah lain. Maka dari itu jangan pernah lewatkan kesempatan untuk merasakan secara langsung atas layanan Kids Academy yang diberikan oleh Cakap menggunakan kode referral penulis berupa MUHCKPSGYQLVC. Penggunaan kode referral tersebut digunakan ketika para pembaca melakukan pendaftaran untuk kursus Bahasa Inggris di Cakap. Dengan para pembaca sebagai orang tua memberikan fasilitas dari Cakap Kids Academy kepada sang anak untuk diberikan kesempatan dalam meraih potensi terbaik untuk menguasai Bahasa Inggris.

Saat menguasai Bahasa Inggris melalui Cakap Kids Academy akan membuka pintu secara besar dan luas untuk menjadi sumber daya mansuai terbaik di masa depan. Dengan mengikuti Kursus Bahasa Inggris Anak Online atau offline anak yang disesuaikan dengan Parenting yang peduli sampai efektif. Melalui hal tersebut maka diharapakan akan menjadi langkah yang menuju pembelajaran Bahasa Inggris anak secara efektif yang memiliki keunggulan kompetitif di dunia global yang semakin terintegrasi. Sehingga sang anak akan dapat mampu meraih segala macam peluang kehidupan dengan percaya diri dan kemampuan yang luar biasa. Pada akhirnya menurut penulis melalui Cakap Kids Academy tidak hanya menjadi tempat belajar tetapi sebagai tempat investasi berharga bagi sang anak bagi masa depannya melalui Kursus Bahasa Asing Anak.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca. Terima kasih.

Sumber tulisan, gambar, dan video:

  1. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/04/01/inflasi-indonesia-sentuh-305-pada-maret-2024
  2. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/16/hampir-separuh-anak-usia-dini-sudah-gunakan-hp-dan-mengakses-internet-pada-2022
  3. https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-5501680/kasus-anak-kecanduan-gadget-di-jabar-belasan-rawat-jalan-ada-yang-meninggal
  4. https://kampungkb.bkkbn.go.id/kampung/12121/intervensi/777198/keluarga-berkualitas-dua-anak-lebih-sehat
  5. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/01/25/kemampuan-sains-pelajar-indonesia-peringkat-ke-6-asean
  6. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/06/akibat-pandemi-pengetahuan-siswa-indonesia-hanya-setara-7-tahun-belajar
  7. https://news.detik.com/bbc-world/d-3365424/survei-global-pisa-pendidikan-singapura-teratas-indonesia-di-papan-bawah
  8. https://perkim.id/transportasi/belajar-dari-sistem-transportasi-di-jepang/#:~:text=Kereta%20api%20cepat%20di%20Jepang,tempo%202%20jam%2030%20menit
  9. https://kumparan.com/baladewi-mahanani/inovasi-dan-teknologi-ai-otonom-pada-tesla-1zV8pjFvOUS/2
  10. https://www.youtube.com/watch?v=-CV14txxrIs
  11. https://www.youtube.com/watch?v=YF7bEMdjBBo
  12. https://www.youtube.com/watch?v=PG-WPufAEPg
  13. https://www.youtube.com/watch?v=AUyOot5u9Zs
  14. https://www.youtube.com/watch?v=anPdiCeLa-I
  15. https://www.youtube.com/watch?v=aDpCq0r82Ho
  16. https://www.youtube.com/watch?v=urIDvQHCxZc
  17. https://www.youtube.com/watch?v=y04HDDKcBac
  18. https://www.youtube.com/watch?v=bTaVMcr_XwU
  19. https://www.youtube.com/watch?v=iKot2L6-KG8
  20. https://pixabay.com/id/photos/bayi-boneka-beruang-bermain-mainan-623417/
  21. https://pixabay.com/id/photos/catur-strategi-bidak-3801531/
  22. https://cakap.com/

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Transformasi Pandangan Keluarga dalam Membangun Masa Depan Berkualitas"

Posting Komentar