Di
dalam menjalani kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia banyak sekali
berbagai pepatah yang dipegang teguh. Dari sekian banyak pepatan yang ada salah
satunya berbunyi “banyak anak banyak rezeki” telah menjadi bagian tak
terpisahkan dari pandangan hidup masyarakat. Buktinya pepatah tersebut masih
dipercaya jika bertanya yang menyangkut akan memiliki jumlah anak pasti pepatah
tersebut akan diutarakan. Dibalik pepatah tersebut terdapat keyakinan akan
adanya sebuah anugerah sampai berkah yang akan datang ketika kelahiran sang
anak di dalam sebuah keluarga itu muncul. Adanya banyak anak di dalam sebuah
keluarga kecil menjadi simbol kebahagiaan dan keberlimpahan rezeki bagi
keluarga tersebut. Hal tersebut selaras dengan ajaran agama yang memaparkan
mengenai memiliki keturunan akan secara tidak langsung membawa rezeki dari sang
pencipta dalam keluarga kecil tersebut.
Memiliki
banyak anak di dalam sebuah keluarga kecil tidak hanya tercermin dalam
pandangan hidup dan ajaran agama yang diyakini saja. Tetapi secara
perlahan-lahan namun pasti kondisi tersebut membawa konsekuensi yang nyata
dalam kehidupan sehari-hari pada keluarga kecil tersebut. Salah satunya berupa
meningkatnya rasa kebersamaan dan solidaritas di antara anggota keluarga.
Memiliki banyak anak dalam keluarga kecil akan membuat lebih aktif yang memincu
interaksi secara intens di antara sesama anggota keluarga. Hal ini dapat
mempererat ikatan emosional dan sosial antara orang tua dan anak sampai antar
saudara kandung.
Selain
itu memiliki banyak anak juga akan menjadi sumber kebahagiaan yang tidak
ternilai bagi orang tua karena dapat menyaksikan perkembangan dan pencapaian
sang buah hati dalam berbagai aspek kehidupan. Disisi lainnya dengan memiliki
anak juga berpotensi meningkatkan dukungan sosial di dalam komunitas. Hal
tersebut dikarenakan dalam keluarga besar sering kali menjadi pusat perhatian
dan bantuan bagi tetangga sampai kerabat yang membutuhkan.
Namun
di sisi lainnya dengan memiliki banyak anak dalam keluarga kecil membawa dampak
kurang baik. Dari sekian banyak dampak kurang baik salah satunya berupa tekanan
finansial yang cukup banyak bagi pihak orang tua. Bertambahnya buah hati secara
tidak langsung membuat biaya hidup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari akan
meningkat. Kebutuhan yang harus dipenuhi mencakup kebutuhan seperti makanan,
pendidikan, kesehatan, dan kebutuhan lainnya. Banyaknya kebutuhan tersebut kian
besar tatkala adanya inlasi yang menggerogoti dana yang dibutuhkan.
Data
yang dimiliki oleh Badan Pusat Statistik (BPS) memaparkan bahwa inflasi
Indonesia berada di angka 3,05% secara tahunan (year-on-year/yoy) pada Maret
2024. Angka inflasi tersebut turun 1,92 poin persen ketika berada di Maret 2023
yang hanya 4,97% (yoy). Tetapi saat di Maret 2024 mengalami kenaikan sebanyak
0,3 poin persen dibandingkan Februari 2024 yag lalu diangka 2,75% (yoy). Dengan
adanya inflasi maka kenaikan harga dalam memenuhi kebutuhan hidup ekonomi yang
kian meningkat akan menimbulkan stres dan kecemasan bagi orang tua. Selain itu
dengan memiliki banyak anak juga akan dapat mengurangi waktu dan perhatian yang
diberikan dari orang tua kepada setiap anaknya. Jika hal tersebut terjadi
dengan jenjang yang cukup lama maka akan berdampak kepada perkembangan sang
anak khususnya pada keterampilan sosial, emosional, dan intelektual.
Inflasi
yang ada menjadi beban tambahan bagi keluarga dalam memenuhi kebutuhan hidup
sehari-hari. Melalui situasi ekonomi yang sulit membuat para orang tua dengan
mudah mengelami stres yang besar saat menjalani perannya. Hal ini akan dapat
mengarah kepada penurunan waktu sampai perhatian yang akan diberikan kepada
setiap anak yang pada gilirannya berpotensi menyebabkan penelantaran anak.
Keterbatasan sumber daya baik secara finansial sampai waktu akan menghambat
kemampuan orang tua untuk memberikan perhatian yang cukup terhadap perkembangan
sosial, emosional, sampai intelektual dari setiap anak.
Dalam
keluarga yang memiliki banyak anak juga secara tidak langsung akan memiliki
perawatan yang memadai menjadi tugas menantang. Setiap anak memiliki kebutuhan
dan kepribadian yang unik sehingga memerlukan perlakuan yang berbeda-beda. Dikarenakan
memiliki perbedaan tersebut biasanya para orang tuaakan mengambil sebuah jalan cepat dengan
mengandalkan teknologi seperti handphone. Penggunaan handphone tersebut
memiliki tujuan untuk mengalihkan perhatian setiap anak untuk menjaga agar
tetap tenang atau sibuk. Namun nyatanya penggunaan handphone memiliki risiko
tersendiri seperti penyalahgunaan waktu layar sampai perkembangan sang anak.
Menurut
data yang dimiliki oleh BPS menunjukan bahwa anak usia dini di Indonesia
menggunakan handphone mengakses internet pada tahun 2022. Secara total ada
33,44% anak usia dini di Indonesia menggunakan handphone sedangkan anak usia
dini mengakses internet diangka 24,96%. Tetapi secara rinci terhadap perbedaan yang
cukup jauh pada karakteristik kelompok umur. Secara persentase yang menggunakan
handphone secara spesifik pada usia 0-4 tahun atau balita berada di angka
25,5%. Sedangkan pada usia 5-6 tahun 52,76%. Pola yang sama juga terlihat pada
anak-anak yang mengakses internet. Dimana pada usia balita memiliki angka
18,79% sedangkan anak usia 5-6 tahun berada di angka 39,97%.
Kasus
gadget yang terjadi di kalangan anak-anak cukup marak terjadi di berbagai
wilayah Indonesia. Dari salah satu kasus tersebut cukup memilukan dan menarik
perhatian masyarakat terjadi di Jawa Barat. Secara spesifik terjadi pada siswa
SMP kelas 1 di Subang yang meninggal dunia karena kecanduan game. Fenomena
tersebut diperparah dengan meningkatkan jumlah pasien anak yang mengalami
kecanduan gadget yang dirawat di RS Jiwa Cisarua Bandung Barat. Kisah Raden Tri
Sakti yang mengeluhkan sakit sulit untuk menggerakan tubuhnya. Kondisi yang
dialami anak kecil tersebut diduga disebabkan oleh radiasi dari penggunaan
handphone.
Ketika
harus memaparkan mengenai dampak kurang dari memiliki banyak anak pastinya akan
ada banyak sekali. Namun dari banyaknya tersebut salah satunya telah dipaparkan
diatas. Apakah para pembaca memiliki pemahaman atau sudut pandang yang berbeda
mengenai dampak lainnya?. Jika ada maka tidak ada salahnya para pembaca untuk memaparkan
dalam kolom komentar. Komentar yang diberikan oleh para pembaca diharapakan
akan terjadi saling transfer ilmu pengetahuan antara pembaca dan penulis.
Adanya
pepatah “banyak anak banyak rejeki” yang telah lama menjadi pegangan para orang
tua dalam memiliki keinginan memiliki banyak anak dalam keluarga kecilnya.
Namun setelah seiring berjalannya waktu maka menjalankan pepatah tersebut
dibutuhkan pertimbangan yang sangat matang dari berbagai sisi. Hal tersebut
mengingat dalam kehidupan telah terjadi perubahan dinamika sosial dan ekonomi
saat ini. Kesadaran akan tantangan finansial, pendidikan, sampai perawatan
terkait banyak anak telah meningkat dalam kehidupan masyarakat. Oleh karena itu
kini pepatah tersebut menurut penulis telah bertransformasi menjadi slogan
dengan nama “Dua Anak Cukup”. Slogan tersebut mengajak masyarakat untuk
mempertimbangkan secara bijak atas jumlah anak yang akan dimiliki. Selain itu
slogan tersebut juga mengajak masyarakat untuk lebih menekankan atas
kepentingan kualitas perhatian sampai pendidikan yang diberikan kepada sang
anak. Melalui slogan tersebut tidak hanya akan bertujuan untuk mengontrol
pertumbuhan populasi tetapi juga memastikan kesejahteraan, perkembangan optimal
bagi setiap anak, dan stabilitas ekonomi keluarga secara keseluruhan.
Slogan
berbunyi “Dua Anak Lebih Sehat” merupakan hasil dari upaya yang dilakukan oleh
pihak Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Tujuan adanya
slogan tersebut untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia untuk
melakukan perecanaan keluarga kecilnya khususnya dalam hal pernikahan sampai
kehamilan. Bahkan menurut Kepala BKKBN yang dipegang oleh Haston Wardoyo
memaparkan bahwa slogan tersebut didasarkan pada berbagai bukti ilmiah yang
menunjukan bahwa memiliki dua anak dapat menurunkan angka kematian ibu dan
bayi. Melalui penelitian ilmiah tersebut juga menunjukan bahwa kehamilan
multiparitas atau grandemultiparitas (melahirkan lebih dari 5 anak) dapat
meningkatkan risiko kematian ibu dan bayi. Oleh karena itu pihak BKKBN
menyarankan bahwa memiliki dua anak akan lebih sehat secara medis dibandingkan
memiliki tiga atau lebih anak.
Meskipun
adanya slogan tersebut merupakan langkah yang positif dalam meningkatkan
kesadaran tentang perecanaan keluarga. Namun disisi lainnya perlu pula diingatkan
bahwa kualitas perhatian dan pengasuhan kepada sang buah hati merupakan masalah
yang krusial. Fokus kepada jumlah anak saja tidak akan cukup untuk menjamin kesejahteraan
keluarga dan anak-anak. Mempertimbangkan atas kualitas hubungan antara orang
tua dengan anak, pendidikan berkualitas, akses layanan kesehatan yang baik,
sampai lingkungan keluarga yang mendukung merupakan faktor yang sama pentingnya
dibandingan dengan jumlah anak dalam mementukan kesejahteraan keluarga. Maka
dari itu melalui slogan tersebut hanya akan membantu mengendalukan pertumbuhan
populasi dan mengurangi resiko kesehatan yang terkait kehamilan multiparitas
saja. Tetapi sangat penting pula memberikan memberikan perhatian dan perawatan
berkualitas kepada setiap anak demi memastikan tumbuh kembang sang anak untuk
masa depannya.
Kemampuan
sains pelajar Indonesia dapat termasuk ke dalam golongan rendah untuk skala
ASEAN. Hal tersebut selaras dengan data yang dimiliki oleh Programme for
International Student Assessment (PISA) 2022 yang dirilis oleh Organization for
Economic Co-operation and Development (OECD). Data tersebut menunjukan bahwa
pelajar Indonesia hanya mampu meraih skor kemampuan sains berada di angka 383
poin. Poin tersebut menempatkan Indonesia ke dalam peringkat ke-6 dari 8 negara
ASEAN dari hasil tes PISA.
Tidak
hanya itu adanya pandemik Covid-19 menyebabkan siswa Indonesia kehilangan
kesempatan belajar (learning losser) akibat penutupan sekolah untuk menekan
laju penularan. Bahkan menurut Human Capital Indek 2020 memaparkan mengenai
anak Indonesia diharapkan dapat menyelesaikan 12,4 tahun sekolah tetapi
pengetahuan yang diterima hanya 7,8 tahun belajar. Indikator tersebut disebut
dengan learning adjustment years of schooling (LAYS). Dari Afkar dan Yarron
dalam laporan Bank Dunia Deseber 2021 memaparkana bahwa penutupan sekolah
hingga akhir Juni 2021 menurunkan LAYS menjadi 6,9 tahun. Sehingga diperkirakan
efektivitas pembelajaran jarak jauh adalah 40 persen.
Tetapi
jika melihat negara lainnya seperti Singapura telah menempati urutan teratas
dalam survei pendidikan di bandingkan 72 negara yang dilakukan dilakukan
Program Penilaian Siswa Internasional (PISA). Hasil dari program tersebut
diumumkan oleh Organisasi Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD). Survei
PISA sangatlah bergengsi untuk menguji kemampuan siswa usia 15 tahun di bidang
sains, matematika, sampai membaca. Dengan demikian dapat dikatakan secara
rata-rata dalam satu dari empat mencatat skor tertinggi di bidang sains. Hal
lebih mengejutkan berupa survei yang dilakukan atas siswa Singapura memperoleh
nilai tertinggi disusul oleh siswa dari negara lainnya seperti Jepang, Estonia,
Taiwan, Finlandia, Macao, Kanada, Vietnam, Hong Kong, China, dan Korea Selatan.
Dari
negara lainnya seperti Jepang juga telah melakukan inovasi dalam sistem
transportasinya yang canggih dan efisien. Jaringan angkutan antarkota di Jepang
kini dapat menggunakan kereta api cepat yang dikenal dengan nama Shinkansen.
Dimana kereta api Shinkansen mampu mencapai kecepatan hingga 270 km per jam.
Kecepatan yang dimiliki oleh Shinkansen membuat jarak tempuh dari kedua kota
tersebut membutuhkan waktu 2 jam 30 menit. Kecepatan sampai waktu tempuh
tersebut menjadikan Shinkansen menjadi salah satu moda transportasi yang
diandalkan bagi masyarakat dalam beraktifitas sehari-hari. Selain itu dengan
menaiki Shinkansen juga menjadi pengalaman yang menyenangkan. Hal tersebut
dikaranakan gerbong kereta yang bersih, layanan petugas yang ramah, dan
keheningan yang terjaga membuat penumpang dapat duduk atau bahkan tidur dengan
nyaman selama perjalanan.
Amerika
Serikat kini juga melakukan berbagai macam revolusi transporatasi global
melalui perusahaan inovatif dengan nama Tesla. Dimana Tesla merupakan
perusahaan yang dipimpin oleh Elon Mush dalam mengubah paradigma industri
otomotif dengan menghadirkan mobil listrik yang canggih dan ramah lingkungan. Tesla
mengeluarkan berbagai inovasi utama dengan berbagai model seperti Model S,
Model 3, Model X, dan Model Y. Berbagai model tersebut tidak hanya dapat
mengurangi emisi karbon tetapi menawarkan kinerja yang luar biasa dalam sisi
akselerasi yang cepat dengan desain elegan. Salah satu daya tarik utama dari
inovasi Tesla yang diberikan berupa teknologi self-driving atau otonom
dengan sisitem Autopilot. Teknologi tersebut tentunya akan dapat membantu dalam
mengurangi kecelakaan lalu lintas sambil memberikan kenyamanan ekstra kepada
pengguna.
Untuk menciptakan kesetaraan dalam kapasitas inovasi seperti negara yang telah disebutkan diatas sangat penting bagi setiap anak-anak di Indonesia memiliki kemahiran dalam Bahasa Inggris. Bahasa Inggris telah menjadi bahasa internasional yang dominan dalam berkomunikasi bisnis, teknologi, sampai ilmu pengetahuan.
Kemahiran dalam menggunakan Bahasa Inggris juga memungkinkan setiap individu untuk berpartisipasi dalam diskusi global. Tidak hanya itu juga dapat melakukan kegiatan lain seperti menjalin koneksi sampai mengakses ke berbagai sumber informasi terkini. Dapat dikatakan bahwa Bahasa Inggris menjadi kunci untuk memperluas wawasan serta meningkatkan mobilitas sosial. Sehingga pada akhirnya setiap individu untuk belajar sampai bekerja di lingkungan internasional bukan harus di nasional saja.
Bahasa
Inggris juga menjadi bahasa dominan untuk publikasi ilmiah sampai penelitian
yang dilakukan. Kondisi tersebut secara tidak langsung menjadikan penyebaran
sampai pertukaran pengetahuan menggunakan Bahasa Inggris. Banyak jurnal ilmiah,
konferensi, sampai literatur riset menggunakan Bahasa Inggris sebagai medium
utamanya. Penggunaan Bahasa Inggris tersebut memungkinkan ilmuan sampai
akademik dari seluruh dunia untuk berkolaborasi dalam menemukan berbagai
penemuan yang mutahir dalam berbagai bidang.
Kemahiran
dalam penggunaan Bahasa Inggirs juga menjadi kunci untuk memahami sampai
mengikuti perkembangan terbaru dalam industri teknologi sampai otomotif yang
terus berkembang. Informasi mengenai teknologi terbaru, panduan penggunaan,
sampai diskusi komunitas sering sekali menggunakan Bahasa Inggris. Sehingga
jika seseorang mahir dalam menggunakan Bahasa Inggris akan dengan mudah
menguasai akan hal tersebut.
Selain
itu jika melihat ke dalam konteks globalisasi sampai interkoneksi ekonomi maka
kemahiran dalam Bahasa Inggris juga menjadi aset berharga dalam mencarai
peluang kerja di tingkat internasional. Sudah sejak dahulu sampai saat ini
perusahaan multinasional menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa resmi untuk
berkomunikasi secara internal dan eksternal. Kondisi tersebut secara tidak
langsung jika seseorang mahir dalam Bahasa Inggirs akan meningkatkan daya saing
sampai peluang karir seseorang di pasar kerja global. Pada akhirnya investasi
dalam pembelajaran Bahasa Inggris tidak hanya memberikan keuntungan pribadi
tetapi juga ekonomi bagi masyarakat sampai negara secara keseluruhan.
Pastinya
para pembaca sekalian memiliki pertanyaan seperti “Kapan waktu yang tepat bagi
seseorang untuk belajar Bahasa Inggris?”. Jawaban untuk pertanyaan tersebut
bagi penulis yaitu ketika seseorang tersebut masih kecil. Hal tersebut karena
anak-anak memiliki kemampuan alami untuk menyerap sampai mempelajari bahasa
baru dengan cepat dan mudah. Apalagi saat usia muda otak anak masih dalam tahap
perkembangan yang sangat dinamis. Dengan masih berada di kondisi dinamis
membuat belajar Bahasa Inggris menjadi sangat fleksibel dalam menangkap sampai
memahamai stuktur bahasa serta kosakata baru. Proses pembelajaran pada masa
juga harus disesuaikan dengan berorientasi pada pemahaman intuitif dari pada
penalaran logis. Dengan demikian diharapkan sang anak cenderung belajar Bahasa
Inggris menjadi lebih alami tanpa adanya hambatan.
Memulai
pembelajaran Bahasa Inggris sejak usia dini juga memberikan kepada sang anak
kesempatan sebesar-besarnya untuk mengembangkan kemahiran bahasa yang kuat dan
fasih. Bahasa Inggris yang dikuasai sejak kecil akan menjadi bagian alami dari
kemampuan berkomunikasi anak. Sehingga sang anak akan menjadi lebih percaya
diri serta mampu beradapatasi dengan lingkungan global yang semakin terhubung.
Pada akhirnya akan membuka pintu bagi sang anak untuk mengakses peluang
pendidikan sampai karir di masa depan yang lebih luas.
Pembelajaran
Bahasa Inggris diberikan sejak usia dini akan membuka wawasan anak terhadap
budaya dan perspektif yang berbeda-beda. Dengan belajar Bahasa Inggris banyak
anak-anak akan dapat saling terhubung dengan cerita, lagu, sampai tradisi dari
berbagai negara yang ada di seluruh dunia. Sehingga akan memperluas pandangan
anak-anak tentang dunia agar dapat meningkatkan pemahaman tentang keragaman
budaya. Banyaknya informasi yang dipaparkan diatas sudah pasti para pembaca memiliki
pertanyaan seperti:
DIMANA PIHAK YANG MENYEDIAKAN TEMPAT
KURSUS BAHASA INGGRIS BAGI ANAK-ANAK???
Pihak
yang menyediakan tempat kursus Bahasa Inggirs bagi anak-anak menurut penulis
dikenal dengan nama Cakap. Cakat
dapat dikatakan sebagai sebuah perusahaan pendidikan di Indonesia yang sedang
berkembang pesat pada masyarakat. Dalam menjalankan operasionalnya Cakap menggunakan teknologi untuk dapat
menyediakan kursus berkualitas tinggi dan sertifikasi terpecaya dalam
pembelajaran Bahasa Inggris. Selain itu dengan adanya Cakap berfungsi sebagai penghubung antara siswa dengan pengajar
berkualitas untuk meningkatkan keterampilan keterampilan bagi para siswa.
Pendekatan yang dilakukan oleh Cakap berupa inovatif sampai integratif agar memberikan akses yang mudah dan efisien
bagi anak-anak agar mahir dalam Bahasa Inggris untuk masa depan yang lebih
cerah.
Nilai
yang selalu dijunjung tinggi oleh Cakap terdiri dari lima. Pertama berupa Contribution yang aritnya pihak Cakap akan merasa bangga dan
berkomitman pada peran mereka sendiri serta meninggalkan warisan bagi orang
lain. Kedua berupa Advancement yang tercemin dari semangat dan ketekukan dalam
segala situasi untuk menjadi pembelajar mandiri serta tegas. Ketiga berupa Kindness
yang tercemin dalam upaya untuk menCakap kesetaraan dan empati terhadap orang lain melalui kolaborasi. Keempat berupa
Agility yang tercemin dalam kemampuan untuk menyesuaikan pikiran sampai tubuh
untuk memecahkan masalah dan menghadapi tantangan berikutnya. Sedangkan nilai
terakhir berupa Professionalism tercemin dalam perhatian terhadap etika sampai
ketepatan waktu di tempat kerja untuk tujuan mencapai keunggulan layanan dalam
perjalanan. Berbagai nilai yang dipaparkan tersebut sudah pasti adanya Cakap akan memberikan pengalaman
pembelajaran yang holistik dan bermakna bagi para siswanya.
Cakap juga telah membuktikan komitmen dalam memberikan pengalaman atas pembelajaran
yang holistik dan bermakna melalui berbagai macam prestasi dan pencapaian yang
diraih. Jika dihitung Cakap telah
lebih dari 4.5 juta murid terdaftar, 2.300 lebih guru Glocal yang berpengalaman
(baik global maupun lokal), serta melayani lebih dari 1.100 klien institusi di
38 provinsi. Tidak hanya itu pihak Cakap juga telah menjadi salah satu pemimpin di industri pendidikan untuk masyarakat
Indonesia. Hal tersebut dapat terlihat dari jumlah unduhan aplikasi mereka yang
mencapai lebih dari 2.9 juta, dengan rating aplikasi yang tinggi, sampai
mencapai 4.9 dari 5.0. Sehingga dapat dikatakan bahwa Cakap tidak hanya akan menghadirkan pembelajaran Bahasa Inggris
yang berkualitas saja. Tetapi kini pihak Cakap juga telah berhasil menciptakan akan komunitas belajar yang luas dan beragam
tercemin dalam dedikasi untuk memberikan dampak positif dalam bidang
pendidikan.
Seiring
berjalannya waktu kini Cakap akan
terus melangkah maju dalam memberikan akses serta kemudahan kepada para
pembelajarnya dengan menyediakan layanan Tes Simulasi. Melalui Tes Simulasi
kepada para siswanya untuk dapat mengintip gambaran dari berbagai tes kefasihan
bahasa melalui skor yang secara akurat melalui simulai tes online dari Cakap. Untuk mengakses layanan tersebut
hanya melalui tiga tahap yang sama mudah. Tahap pertama berupa mendaftarkan
diri dengan menuliskan nama, email, sampai nomor telepon. Tahap kedua yang
dilakukan menjalani tes dengan batas waktu yang telah ditentukan. Sedangkan
tahap terakhir akan mendapatkan hasil secara instan setelah tes selesai
dilakukan. Harapannya dengan layanan yang digunakan pada Cakap tidak hanya akan memberikan pembelajaran Bahasa Inggris yang
berkualitas. Tetapi nyatanya akan pula membantu para siswa untuk mempersiapkan
diri agar lebih baik dalam menghadapai berbagai jenis tes kefasihan bahasa
dengan percaya diri.
Kini Cakap juga terus melakukan
mengeksplorasi berbagai inovasi dalam memberikan layanan pendidikan yang
holistik seperti Kids Academy.
Dimana Kisd Academy merupakan tempat seru untuk anak-anak usia dini untuk
belajar Bahasa Inggris dengan format kelas offline. Saat memasuki layanan
tersebut para anak akan dilatih dalam kemampuan kognitif, motorik, sampai
sensorik melalui pembelajaran soft skill dan hard skill yang terintegrasi
dengan baik. Kids Academy tidak
hanya menganjarkan Bahasa Inggris saja tetapi membantu dalam pengembangan
berbagai aspek penting dalam perkembangan anak. Pada akhirnya melalui Kids Academy akan menjadi pilihan yang
ideal bagi orang tua yang ingin memberikan pendidikan yang berkualitas bagi
anak-anak mereka sejak usia dini.
Dalam
menjalankan visi yang dimiliki oleh Cakap juga menyediakan terhadap pendidikan karyawan dalam lingkungan perusahaan
melalui layanan Training Karyawan. Layanan tersebut merupakan kunci kesuksesan
bisnis perusahaan dan Cakap Korporasi akan menawarkan solusi yang efektif dengan menyediakan berbagai
pelatihan yang komprehensif atas berbagai hal. Mengejutkan lagi melalui layanan
tersebut telah digunakan lebih dari 20.000 pelajar mahir dan 300 lebih
perusahaan telah merasakan manfaatnya. Bahkan tingkap kepuasan yang tinggi atas
layanan tersebut mencapai 4,90 dari 5 akibat keefektifan layanan pelatihan yang
disediakan oleh Cakap.
Jika
harus memaparkan memang ada banyak sekali layanan yang disediakan oleh Cakap. Namun salah satu layanan yang
dapat digunakan telah dipaparkan diatas. Tetapi jika para pembaca memiliki
pemahaman atas layanan yang berbeda maka tidak ada salahnya untuk memaparkan
dalam kolom komentar. Dengan adanya pemaparan yang dari pembaca diharapakan
akan adanya transfer ilmu pengetahuan antara para pembaca dengan penulis.
Setelah membaca berbagai hal mengenai Cakap maka ada berbagai macam hal alasan mengapa para orang tua menggunakan layanan Cakap sebagai berikut:
Pertama
karena operasional Cakap menggunakan
kualitas dari sumber daya manusia yang terlibat. Salah satu sumber daya manusia
yang terlibat salah satunya Tomy Yunus sebagai Chief Executive Officer, Yohan
Limerta sebagai Chief Technology Officer, Jonathan Mario Dharmasoeka sebagai
Chief Financial Officer, sampai Margarita Tan sebagai Chief Growth Officer.
Berbagai sumber daya manusia yang terlibat memiliki tujuan agar para pengguna
layanan Cakap supaya memberikan
layanan pendidikan terbaik, unggulan, sampai inovatif. Pada akhirnya agar
menjadikan Cakap sebagai pilihan
yang andal bagi pengguna khususnya anak kecil yang menginginkan pendidikan
berkualitas dan berorientasi pada perkembangan bagi masa depan.
Kedua layanan Cakap menyediakan berbagai promo seperti promo spesial pada bulan Mei. Untuk promo tersebut dimulai dari 6-31 Mei 2024. Promo yang diberikan tersebut sangatlah istimewa karena menawarkan Placement Test senilai Rp 200rb secara GRATIS dan bonus tambahan berupa pilihan antara boneka atau lunch box. Tidak hanya itu promo tersebut juga sangat berlaku eksklusif untuk Cakap Kids Academy online dalam pembelajaran Bahasa Inggris & Mandarin. Kesempatan promo tersebut membuat pengguna seperti anak kecil akan mendapatkan layanan maksimal tetapi harga yang sangat nyaman bagi dompet para orang tua yang membayar layanan tersebut.
Pengalaman Menggunakan Layanan Kids Academy Dari Cakap Untuk Belajar Bahasa Inggris
Pengalaman ini merupakan diambil dari salah satu teman penulis yang anaknya telah mencoba akan layanan Kids Academy yang berikan oleh Cakap. Menurut pemaparan teman penulis yang diambil dari anaknya tersebut. Dimana anaknya saat menggunakan layanan tersebut seperti berada dalam sebuah petualangan yang menggugah hati dalam Bahasa Inggris. Hal tersebut dapat terbukti karena sang anak sangat menantikan untuk belajar Bahasa Inggris di Cakap. Bahkan ketika melangkah masuk ke dalam kelas sang anak akan selalu disambut dengan senyuman hangat dan semangat membara dari tenaga pengajarnya. Tentunya dengan pelayanan yang diberikan tersebut sensasi kegembiraan sampai antusiasme terpancar dari tenaga pengajar yang terlibat didalamnya. Kondisi tersebut membuat sang anak sangat siap untuk mengeksplorasi dunia bahasa baru khususnya Bahasa Inggris. Ketika sudah terlibat dalam pembelajaran nyatanya sang anak akan timbul perasaan bangga sampai percaya diri atas Bahasa Inggris yang telah dikuasai.
Berada
di kelas tersebut juga sang anak akan selalu merasakan sentuhan magis belajar
dalam suasana yang interaktif dan ramah anak. Sang anak juga tidak hanya
difokuskan kedalam pembelajaran kata-kata sampai tata bahasa sehingga terlihat
membosankan. Tetapi nyatanya perasaan tersebut sangat jauh berbeda karena
didalam kelas hanya ada perasaan kegembiraan. Setiap kali sang anak telah
berhasil memahami sebuah konsep atau menyelesaikan sebuah latihan. Maka sudah
pasti sang anak akan merasakan rasa kebahagiaan dan kepuasan yang terpancar
dari matanya.
Tidak
hanya itu ketika masuk ke kelas tematik juga menjadi wahana dimana kreativitas
sang anak akan mekar dalam harmoni dengan pembelajaran Bahasa Inggris. Ditempat
tersebut juga sang anak akan mengekspresikan dirinya melalui seni sampai
kerajinan tangan sambil memperkaya kosakata. Kegiatan lainnya terdapat praktik
akan kemampuan berbicara dalam Bahasa Inggris yang baru saja dipelajari. Pada
akhirnya setiap karya seni yang dihasilkan akan menjadi bukti atas pertumbuhan
dalam pelajaran Bahasa Inggris yang sedang diikuti.
Saat
sedang menghadiri bimbingan akademik serta sesi konsultasi maka sang anak juga
akan selalu merasa didukung dan dipandu dalam setiap langkah perjalanan
belajar. Dengan bimbingan dari para tenaga pengajar yang sangat berpengalaman
maka setiap tantangan yang sangat sulit akan mampu diatasi dengan mudah. Ketika
tantangan tersebut berhasil dilalui maka sang anak akan merasa bangga akan
pencapaiannya. Selain itu sang anak juga akan merasa sangat yakin atas
kemampuan dalam penggunaan Bahasa Inggris.
Hubungan
yang terjalin antara sang anak dengan tenaga pengajar seperti Teacher Yoshi sampai
Teacher Ivan adalah sebuah ikatan emosional yang kuat. Sang anak tidak hanya
difokuskan kepada sisi belajar saja tetapi juga akan terinspirasi serta
didorong untuk mencapai yang terbaik dalam pembelajaran. Setiap momen yang
dihabiskan bersama tenaga pengajar akan menjadi pengalaman pembelajaran yang
menyenangkan dan berharga bagi sang anak.
Dengan
telah berhasilnya setiap tantangan yang dihadapi serta kemajuan yang dicapai
maka sang anak akan merasakan kebanggaan sampai kepuasan yang mendalam. Sang
anak juga akan merasa kerja keras, ketekukan, sampai adanya dukungan yang tepat
telah memberikan hasil. Maka melalui Cakap Kids Academy sang anak tidak hanya diajarkan Bahasa Inggris. Tetapi sang
anak juga akan belajar mengenai kekuatan diri sendiri serta potensi tidak
terbatas yang selama ini sedang tertidur untuk dibangunkan. Sehingga pada
akhirnya sang anak akan menjadi sumber daya manusia yang berkualitas untuk
memberikan dampak dimasa depannya.
Dengan cerita yang dipaparkan tentunya penulis mau mengajar para pembaca untuk merasakan pengalaman yang sama atau berbeda dari yang telah dipaparkan dari Cakap Kids Academy. Apalagi dengan mahir dalam Bahasa Inggris maka akan membuka pintu menuju masa depan yang lebih cerah lain. Maka dari itu jangan pernah lewatkan kesempatan untuk merasakan secara langsung atas layanan Kids Academy yang diberikan oleh Cakap menggunakan kode referral penulis berupa MUHCKPSGYQLVC. Penggunaan kode referral tersebut digunakan ketika para pembaca melakukan pendaftaran untuk kursus Bahasa Inggris di Cakap. Dengan para pembaca sebagai orang tua memberikan fasilitas dari Cakap Kids Academy kepada sang anak untuk diberikan kesempatan dalam meraih potensi terbaik untuk menguasai Bahasa Inggris.
Saat
menguasai Bahasa Inggris melalui Cakap Kids Academy akan membuka pintu secara besar dan luas untuk menjadi sumber daya
mansuai terbaik di masa depan. Dengan mengikuti Kursus Bahasa Inggris Anak Online atau offline anak yang
disesuaikan dengan Parenting yang
peduli sampai efektif. Melalui hal tersebut maka diharapakan akan menjadi
langkah yang menuju pembelajaran Bahasa Inggris anak secara efektif yang
memiliki keunggulan kompetitif di dunia global yang semakin terintegrasi.
Sehingga sang anak akan dapat mampu meraih segala macam peluang kehidupan
dengan percaya diri dan kemampuan yang luar biasa. Pada akhirnya menurut
penulis melalui Cakap Kids Academy
tidak hanya menjadi tempat belajar tetapi sebagai tempat investasi berharga
bagi sang anak bagi masa depannya melalui Kursus Bahasa Asing Anak.
Semoga
tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca. Terima kasih.
Sumber tulisan, gambar, dan video:
- https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/04/01/inflasi-indonesia-sentuh-305-pada-maret-2024
- https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/16/hampir-separuh-anak-usia-dini-sudah-gunakan-hp-dan-mengakses-internet-pada-2022
- https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-5501680/kasus-anak-kecanduan-gadget-di-jabar-belasan-rawat-jalan-ada-yang-meninggal
- https://kampungkb.bkkbn.go.id/kampung/12121/intervensi/777198/keluarga-berkualitas-dua-anak-lebih-sehat
- https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/01/25/kemampuan-sains-pelajar-indonesia-peringkat-ke-6-asean
- https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/06/akibat-pandemi-pengetahuan-siswa-indonesia-hanya-setara-7-tahun-belajar
- https://news.detik.com/bbc-world/d-3365424/survei-global-pisa-pendidikan-singapura-teratas-indonesia-di-papan-bawah
- https://perkim.id/transportasi/belajar-dari-sistem-transportasi-di-jepang/#:~:text=Kereta%20api%20cepat%20di%20Jepang,tempo%202%20jam%2030%20menit
- https://kumparan.com/baladewi-mahanani/inovasi-dan-teknologi-ai-otonom-pada-tesla-1zV8pjFvOUS/2
- https://www.youtube.com/watch?v=-CV14txxrIs
- https://www.youtube.com/watch?v=YF7bEMdjBBo
- https://www.youtube.com/watch?v=PG-WPufAEPg
- https://www.youtube.com/watch?v=AUyOot5u9Zs
- https://www.youtube.com/watch?v=anPdiCeLa-I
- https://www.youtube.com/watch?v=aDpCq0r82Ho
- https://www.youtube.com/watch?v=urIDvQHCxZc
- https://www.youtube.com/watch?v=y04HDDKcBac
- https://www.youtube.com/watch?v=bTaVMcr_XwU
- https://www.youtube.com/watch?v=iKot2L6-KG8
- https://pixabay.com/id/photos/bayi-boneka-beruang-bermain-mainan-623417/
- https://pixabay.com/id/photos/catur-strategi-bidak-3801531/
- https://cakap.com/
Belum ada tanggapan untuk "Transformasi Pandangan Keluarga dalam Membangun Masa Depan Berkualitas"
Posting Komentar