Perjalanan Panjang dari Kehidupan Harmonis hingga Tantangan Investasi Kripto

Hidup di Indonesia tentunya memberikan pengalaman yang sangat indah bagi penduduknya. Hal tersebut terjadi karena Indonesia memiliki kekayaan budaya yang melimpah, keindahan alam yang menakjubkan, sampai keramahan serta keberagaman yang melekat di masyarakatnya. Semua hal tersebut membuat Indonesia menawarkan suasana yang menyenangkan bagi siapa pun yang tinggal di dalamnya. Dilihat dari sisi kehidupan perkotaan yang sangat dinamis ditambah keindahan pedesaan yang tenang menciptakan pengalaman kehidupan yang sangat nyaman untuk ditinggali. Belum lagi dari sisi kuliner banyak sekali keberagaman yang akan memberikan pengalaman baru bagi para pemburu kuliner. Sehingga pada akhirnya seseorang yang tinggal di Indonesia akan dapat mengeksplorasi dan menikmati keberagaman yang luar biasa dalam suasana yang damai dan harmonis.

Namun semua kenyamanan itu seketika terganggu ketika Indonesia turut merasakan dampak dari pandemi virus Corona yang melanda global. Padahal kehidupan sebelumnya diwarnai oleh kedamaian dan harmonis tetapi kini telah bertransformasi menjadi penuh dengan ketidakpastian dan kekhawatiran. Pembatasan sosial, lockdown, dan ketidakpastian kesehatan telah mengubah wajah kehidupan sehari-hari di Indonesia. Kegiatan sosial yang dahulu ramai dan penuh semangat yang dilaksanakan secara berkala terpaksa ditiadakan. Tidak hanya itu saja kegiatan ekonomi baik itu di perkotaan sampai pedesaan dengan kondisi ramai penuh sesak kini terpaksa harus dilakukan pengereman secara mandadak. Kondisi tersebut membuat masyarakat dalam menjalani kehidupannya seperti di dalam sebuah penjara karena aktivitas sehari-harinya selalu terdapat batasan.

Berdasarkan laporan yang dimiliki oleh Satgas Penanganan Covid-19 memberikan gambaran atas kekhawatiran terhadap pandemik di Indonesia semakin memperdalam rasa ketidakpastian. Jumlah kasus aktif Covid-19 telah mencapai angka 12.450 kasus aktif per Rabu di tanggal 31 Mei 2023. Adanya jumlah kasus aktif tersebut menunjukan bahwa tantangan yang dihadapi oleh masyarakat karena pandemik masih jauh dari kata berakhir. Secara total akan kasus Covid-19 di Indonesia telah mencapai angka 6,81 juta. Dari angka total kasus tersebut terdapat 161,77 ribu orang yang telah kehilangan nyawa akibat virus tersebut. Tentunya adanya angka kasus aktif yang terjadi di masyarakat Indonesia menandakan ancaman kesehatan di kehidupan sehari-hari masih nyata dan ada. Meskipun jika dilihat secara angka atas kesembuhan telah berada di 6,63 juta kasus tentunya memberikan sebuah cahaya harapan bagi masyarakat. Namun tetap saja dibalik itu semua terdapat tantangan untuk menjaga keselamatan dan kesejahteraan masyarakat menjadi prioritas utama bagi pemerintah dan seluruh elemen masyarakat.

Pandemik virus Corona yang ada di masyarakat memberikan dampak tidak hanya kepada aspek kesehatan saja tetapi juga merambah ke sektor ekonomi. Pembatasan sosial sampai lockdown dengan tujuan mengendalikan penyebaran virus mengakibatkan penurunan aktivitas ekonomi yang signifikan. Banyak sekali Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terpaksa harus merasakan pahitnya gulung tikar ditengah pandemik yang terjadi. Data yang dimiliki oleh Ketua Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) yang dipegang oleh Ikhsan Ingratubun memaparkan selama tahun 2020 ada sekitar 30 juta UMKM yang bangkrut dikarenakan Covid-19. Padahal jika melihat di tahun 2019 jumlah UMKM di Indonesia berada di angka 64,7 juta.

Selain itu dampak lain adanya pandemik virus Corona juga membuat pengangguran semakin meningkat. Hal tersebut karena pihak tempat pekerjaan tidak mampu melaksanakan operasional karena arus keuangan yang tidak stabil. Untuk tetap bertahan maka tempat pekerjaan di masyarakat harus berat hati melakukan pemutusan pekerjaan bagi tenaga kerjanya. Berdasarkan data yang dimiliki oleh Badan Pusat Statistik (BPS) memaparkan pada Februari 2022 ada sekitar 954,6 ribu penduduk usia kerja yang terpaksa menganggur akibat pandemik Covid-19. Dari jumlah tersebut sebanyak 46,69% berasal dari kelompok usia pekerja awal dan paruh bawa sebanyak 25-44 tahun. Sedangkan 40,05% berasal dari kelompok usia muda dengan jenjang tahun 15-24 tahun. Selain itu sebanyak 13,26% masuk ke dalam kelompok usia pra-pensiun hingga usia lanjut dengan usia 45 tahun ke atas. Dengan demikian maka dapat dikatakan ekonomi masyarakat sudah terganggu dan yang pasti akan menimbulkan dampak sosial yang serius seperti meningkatnya tingkat kemiskinan dan ketidaksetaraan sosial.

Dalam menghadapi peningkatan pengangguran dan ketidakstabilan ekonomi yang disebabkan oleh pandemik Covid-19 menyebabkan banyak individu mulai mempertimbangkan untuk mengamankan kekayaan melalui investasi. Investasi menjadi sebuah solusi bagi masyarakat untuk dapat menjaga nilai aset yang dimiliki sambil berharap memperoleh keuntungan di kondisi ekonomi sulit. Selain itu meningkatnya kesadaran akan pentingnya perencanaan keuangan dan investasi jangka panjang juga menjadi tanggapan atas ketidakpastian ekonomi yang sedang terjadi. Banyak orang-orang yang mulai mencari informasi dan pendidikan mengenai cara berinvestasi yang tepat untuk membangun keuangan yang kokok bagi masa depannya.

Di masyarakat Indonesia juga memiliki beragam pilihan produk investasi seperti pasar saham, reksa dana, properti, hingga emas. Banyaknya produk investasi tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masyarakat. Walaupun demikian setiap jenis investasi nyatanya memiliki kekurangan sendiri-sendiri. Misalnya saja pada produk investasi pasar saham tentunya akan sangat rentang terhadap fluktuasi harga. Pada akhirnya seseorang akan merasakan kerugian karena tidak memahami resiko yang dihasilkan dari produk investasi tersebut. Menggunakan investasi properti juga membutuhkan modal yang besar dengan risiko likuiditas yang tinggi khususnya saat tidak dikelola dengan baik. Tetapi untuk investasi emas yang dianggap oleh masyarakat sebagai aset safe heaven juga nyata dapat menglami penurunan nilai yang signifikan tergantung pada kondisi pasar dan permintaan global. Oleh karena itu sangat penting bagi seseorang masyarakat yang mau berinvestasi untuk memahami dengan baik akan karakteristik dan risiko dari setiap jenis investasi sebelum memutuskan untuk melakukan investasi. Supaya keuntungan yang didapatkan lebih maksimal maka seseorang harus melakukan diversifikasi portofolio untuk mengurangi risiko yang akan ditanggung.

Banyaknya jenis investasi yang telah paparkan memiliki kekurangan maka berbagai individu mulai melakukan pengeluaran akan jenis produk investasi lainnya. Salah satu produk investasi yang semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia beberapa tahun kebelakang dikenal dengan nama NFT. Dimana kepanjangan dari NFT berupa Non-Fungible Token yang berarti adalah representasi digital dari aset unik atau koleksi digital yang menggunakan teknologi blockchain untuk memberikan keaslian dan kepemilikan yang tidak dapat dipalsukan. Bentuk dari produk investasi NFT sangatlah banyak seperti karya seni digital, koleksi musik, video, bahkan meme. Keunikan yang ditawarkan oleh NFT terletak pada sifatnya yang tidak dapat atau sulit untuk dilakukan replikasi. Sulitnya untuk dilakukan replikasi membuat NFT menjadi barang koleksi yang bernilai. Di Indonesia sendiri ada seseorang yang dapat dikatakan berhasil mendapatkan keuntungan material yang besar bernama Ghozali

Pada saat itu konsep yang diusung oleh Ghozali berupa Ghozali Everyday yang telah viral dalam beberapa waktu terakhir karena penjualan foto selfie. Hasil jualan foto selfie tersebut menghasilkan keuntungan yang fantastis mencapai miliaran rupiah. Tentunya keuntungan tersebut didapatkan dari konsistensi dalam menjual foto selfie yang diambil dalam kurung lima tahun. Keberhasilan yang dilakukan oleh Ghozali Everyday menandakan potensi besar dari NFT sebagai produk investasi yang menjanjikan. Hal tersebut karena kini aset digital yang baru dan unik tersebut akan dapat berpotensi menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan bagi seseorang seperti Ghozali.

Konsep dari Ghozali Everyday dilakukan oleh seseorang yang bernama Sultan AL Ghozali yang kini telah menjadi mahasiswa semester 7 Fakultas Ilmu Komputer Produk Animasi D-4 Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang. Sultan Gustaf AL Ghozali merupakan putra kedua dari tiga bersaudara atas pasangan Erna Setyawati dan Heru Kamdani. Orang tua Ghozali tentunya kaget atas hal yang dilakukan oleh Ghozali dengan menjual foto dirinya yang sampai viral di masyarakat Indonesia. Tidak hanya itu saja pihak Ghozali pada awalnya tentunya tidak menyangka akan mendapatkan cuan miliaran karena mengambil foto selfie dalam kurun 5 tahun. Padahal diawal tujuan awal dari Ghozali dijadikan sebagai video timelapse atas perubahan dirinya sejak lulus dari SMK 5 Semarang di tahun 2017.

Atas kegiatan yang dilakukan secara konsisten berfoto selfie dalam kurun waktu 5 tahun tersebut diapesiasi secara maskimal oleh para kolektor NFT dan laris dibeli. Koleksi NFT yang dibuat oleh Ghozali Everyday tersebut dijual harga termurahnya dengan angka 0,28 ETH atau kurang lebih Rp 13,5 juta. Jika dilihat secara total koleksi yang dimiliki telah berada di angka 939 koleksi maka kegiatan NFT yang dilakukan oleh Ghozali telah hampir Rp 12,6 miliar. Nilai angka keseluruhan yang mencapai Rp 12 M tersebut secara contoh saja ada seseorang yang melakukan transaksi diangka Rp 20 juta maka pihak Ghozali akan mendapatkan 10% begituh seterusnya. Pada akhirnya jika harus ditotal pendapatan yang didapatkan oleh Ghozali telah mencapai Rp 1,5 M.

Selain NFT produk investasi yang semakin digemari oleh masyarakat Indonesia saat ini jatuh ke produk investasi yang dikenal dengan nama kripto. Fenomena yang terjadi di masyarakat Indonesia tersebut tidak bisa lepas dari peningkatan minat global terhadap aset digital yang dipicu oleh pertumbuhan teknologi blockchain dan ketidakpastian dalam pasar keuangan konvensional. Banyaknya individu yang melihat potensi besar dalam investasi kripto sebagai alternatif yang menarik untuk diversifikasi portofolio untuk memperoleh keuntungan yang signifikan dalam jangka panjang.

Kripto merupakan instrumen investasi keuangan yang mulai banyak diminati oleh para investor dunia termasuk Indonesia. Menurut laporan We Are Social dan Hootsuite memaparkan Indonesia menempati peringkat keenam negara pemilik kripto terbesar di dunia. Secara spesifik berada di angka 20,1% dari pengguna internet berusia 16-24 tahun di Indonesia memiliki kripto pada Januari 2023. Sedangkan untuk posisi teratas atas kepemilikan kripto terbesar di dunia berada di tangan negara Turki sebanyak 27,1%. Untuk lebih jelasnya negara-negara atas kepemilikan kripto dapat terlihat digambar diatas. Fenomena tersebut mencerminkan daya tarik yang kuat dari investasi kripto di tengah masyarakat Indonesia.

Perdagangan akan aset kripto makin meningkat di Indonesia dari tahun ke tahun. Berdasarkan data yang dimiliki oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mencatat mengenai nilai transaksi aset kripto di Indonesia berada di angka Rp 859,4 triliun untuk tahun 2021. Nilai transaksi aset kripto telah meroket sampai angka 1.222% dibandingkan untuk tahun sebelumnya. Ketika berada di tahun 2020 nilai transaksi aset kripto untuk dalam negeri mencapai dana sebesar Rp 64,9 triliun. Laporan Bappebti menunjukan secara rata-rata pertumbuhan nilai transaksi aset kripto telah berada di angka 16,2% per bulan sepanjang 2021.

Data lainnya yang dimiliki oleh Bappebti mencatat akan jumlah investor akan aset kripto di Indonesia telah mencapai 12,4 juta per Februari 2022. Angka tersebut mengalami peningkatan sebanyak 532.102 orang dari tahun 2021. Tentunya angka melampaui jumlah investor di pasar modal, reksa dana, dan surat berharga negara (SBN). Untuk lebih jelasnya akan data tersebut dapat terlihat dari foto dibawah:

Dalam fenomena yang terus berkembang dalam pasar kripto ada banyak sekali keberhasilan individu seperti Kalimasada menjadi sorotan yang menginspirasi. Kalimasada merupakan sosok yang misterius karena saat memaparkan identitasnya selalu menggunakan anonim di media sosial. Dengan penggunaan hal tersebut membuat Kalimasada menambah kesan legenda dari kisah kesuksesan hidupanya. Berbagai macam sumber yang memparkan Kalimasada hanya membutuhkan kurun waktu dua tahun dapat mengubah investasinya yang awalnya diangka Rp 30 juta menjadi Rp 7 miliar. Kenaikan dari investasi yang dilakukan Kalimasada tentunya menginsiprasi banyak orang untuk dapat merasakan kesuksesan atas kripto.

Upaya untuk meraih kesuksesan di dunia kripto pastinya terdapat beberapa tips yang dapat diambil dari perjalanan sukses Kalimasada. Pertama adalah pentingnya pendidikan dan pengetahuan yang mendalam mengenai pasar kripto. Tentunya Kalimasada tidak hanya bertumpu pada keberuntungan semata tetapi juga meluangkan waktu yang cukup banyak untuk mempelajari tren pasar, analisis teknis, sampai fundamental dalam dunia kripto. Kedua berupa kedisiplinan dalam strategi investasi yang merupakan kunci kesuksesan yang tidak bisa diabaikan sebelah mata. Meskipun pasar kripto sangatlah fluktuatif dan penuh dengan ketidakpastian tetapi Kalimasada telah menunjukan bahwa dengan disiplin yang kuat maka investasi tersebut masih memberikan keuntungan yang signifikan.

Tips yang ketiga berupa pentingnya kesabaran dan ketekukan. Kesuksesan yang diraih oleh Kalimasada terjadi tidak dalam satu malam. Pastinya untuk meraih kesuksesan tersebut memerlukan waktu dan usaha yang konsisten dalam jangka waktu cukup panjang. Hal tersebut menunjukan bahwa dalam dunia kripto pastinya tidak akan ada jalan pintas menuju keberhasilan. Kesabaran dilengkapi oleh ketekukan dalam menghadapi tantangan dan perubahan pasar yang sangat penting. Untuk dapat meningkatkan peluang sukses di pasar kripto maka seseorang dapat menggunakan media transaksi yang disediakan oleh Bittime.

Dapat dikatakan bahwa Bittime merupakan sebuah perusahaan yang berbasis teknologi yang ada pada bidang blockchain dan aset kripto yang memperjual berbagai hal seperti Bitcoin, Ethereum, Ripple, dan aset kripto lain dari seluruh dunia dengan aktivitas market 24 jam. Dilihat dari sejarahnya Bittme didirikan pada tanggal 28 September 2021 di Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia. 

Kantor pusat yang dimiliki oleh Bittime berada di AIA Central Jalan Jenderal Sudirman No.Kav 48A Lt. 41 RT.5/RW.4 Kota Jakarta Selatan Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12930 Indonesia, Indonesia. Produk yang dijual oleh Bittime juga sangat beragam tetapi secara benang merah mengenai jual beli & staking aset kripto dimulai dari Bitcoin, Ethereum, Doge, XRP, USDT, USDC, Cardano, Solana. Tidak hanya itu didalam Bittime juga terdapat komunitas yang anggotanya telah mencapai 120.326 member.

Dalam melaksanakan operasional dari Bittime juga telah mendapatkan izin dari pihak pemerintah Indonesia. Izin staking pada Bittime didasarkan kepada Keputusan Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Nomor 001/BAPPEBTI/SP-RL/03/2024 tentang Persetujuan Penambahan Ruang Lingkup Kegiatan Calon Pedagang Fisik Aset Kripto PT Utama Aset Digital Indonesia. Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa operasional yang dilakukan oleh Bittime telah melewati proses regulasi yang sangat ketat untuk memperoleh persetujuan secara resmi dalam menjalankan kegiatan. Keberadaan izin tersebut diharapkan setiap operasional yang dilakukan oleh Bittime dapat memberikan keamanan sampai kepercayaan kepada pengguna dalam melakukan transaksi sampai kegiatan staking pada aset kripto menggunakan platform tersebut.

Saat menggunakan platform Bittime akan banyak penawaran dengan berbagai pilihan akan aset kripto untuk melakukan staking dengan tingkat return yang menarik bagi penggunanya. Contohnya saja pengguna dapat memilih untuk melakukan staking pada USDT Tether dengan periode 30 hari dapat menghasilkan tingkat return 12% atau pada Ethereum dengan periode yang sama menghasilkan tingkat return yang sama. Tidak hanya itu terdapat pilihan lainnya jika mau melakukan staking seperti pada Polkadot atau XDC Network dengan periode yang lebih singkat selama 7 hari mampu menghasilkan tingkat return yang lebih tinggi mencapai 15%. Berbagai pilihan aset dan periode staking yang disediakan membuat pengguna dapat mengoptimalkan portofolio agar memperoleh keuntungan yang sesuai dengan preferensi dan tujuan investasi masing-masing. Melalui fitur staking yang aman sampai fleksibel tersebut membuat platform Bittime memberikan kesempatan secara luas bagi pengguna untuk mendapatkan profit yang maksimal dari aset kripto.

Platform Bittime juga menawarkan kepada akses ke berbagai informasi terkini mengenai pasar kripto yang ada. Pengguna dapat dengan mudah melihat daftar aset kripto yang sedang populer di pasar (Top Trading) atau yang mengalami kenaikan harga yang signifikan (Top Gainer). Selain itu pada platform Bittime juga secara rutin melakukan perbarui akan daftar listing terbaik. Perubahan secara berkala untuk memberikan pengguna kesempatan dalam mengikuti perkembangan terbaru pada dunia kripto sambil melakukan investasi diwaktu tepat. Menyediakan informasi pasar secara akurat dan terkini membuat Bittime dapat membantu pengguna dalam membuat keputusan investasi yang lebih baik lagi. Sehingga pada akhirnya pengguna akan mampu mengoptimalkan potensi keuntungan dari aset kripto yang dimilikinya.

Kini juga Bittime juga memberikan fitur khusus yang memungkinkan pengguna untuk melacak koin yang sedang trending. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk mengetahui koin yang sedang menjadi pusat perhatian pada pasar kripto. Memantau koin-koin yang sedang trending membuat pengguna dapat mendapatkan wawasan tambahan untuk membuat keputusan investasi yang lebih cerdas dan berpotensi untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Menyediakan akses yang mudah dan cepat ke dalam informasi tentang koin trending. Bittime adanya informasi tersebut akan membantu pengguna untuk tetap up-to-date dengan perubahan pasar dan membuat keputusan investasi yang lebih tepat untuk memasimalkan keuntungan yang didapatkan.

Bittime juga memberikan peluang eksklusif kepada pengguna baru dan yang sudah lama dengan berbagai program airdrop yang menarik. Salah satunya berupa menawarkan hadiah dengan total $500.000 PLPA dalam program airdrop eksklusif untuk pengguna baru hingga tanggal 31 Mei 2024. Bahkan hadiah yang ditawarkan sampai berada diangka menjadi $3.000.000 PLPA dalam program airdrop baru hingga tanggal 7 Juni 2024. Bittime juga memberikan insentif yang sangat menggiurkan bagi pengguna untuk bergabung dan aktif berpatisipasi di platform tersebut. Tidak hanya itu saja pengguna juga akan memberikan kesempatan untuk mendapatkan PLPA lebih banyak melalui program "Deposit to Earn". Berbagai macam program seperti yang disediakan oleh Bittime tidak hanya akan memperluas jangkauan pengguna saja tetapi juga memberikan nilai tambah bagi komunitas kripto.

Tidak lupa pihak Bittime juga memberikan kesempatan yang menarik bagi pengguna untuk memenangkan hadiah secara uang tunai melalui berbagai program yang ditawarkan. Salah satu program yang menarik bernama "Daftar untuk Memenangkan Hadiah Uang Tunai hingga Rp 15.000.000". Program tersebut memberikan kesempatan kepada para pengguna untuk memenangkan hadiah yang besar dengan hanya mendaftar dan aktif berpartisipasi di platform Bittime. Total hadiah yang ditawarkan mencapai Rp 15.000.000 maka program tersebut akan menawarkan insentif yang sangat menggiurkan kepada para pengguna untuk terlibat dan menjelajahi berbagai fitur maupun layanan yang disediakan oleh Bittime.

Hal menarik yang disediakan pada Bittime terdapat komunitas yang membahas mengenai akses informasi seputar dunia kripto sampai berbagai kegiatan maupun eksklusif lainnya. Komunitas Bittime tersebut akan memberikan kesempatan kepada para pengguna untuk saling terhubung, berdiskusi, sampai berbagi pengalaman seputar investasi kripto. Dengan bergabung dalam komunitas Bittime maka pengguna akan dapat memperluas jarinagan, belajar ke sesama investor, sampai mendapatkan wawasan berharga untuk meningkatkan keberhasilan dalam dunia kripto.

Pusat bantuan Bittime merupakan sumber informasi yang sangat lengkap dan berguna untuk saling menolong ketika terjadi sebuah masalah bagi pengguna. Belum lagi adanya pusat bantuan Bittime tersebut membuat pengguna dapat memahami lebih dalam tentang cara transaksi dengan mudah di platform tersebut. Dengan mengakses pusat bantuan dari Bittime maka pengguna dapat menemukan sebuah jawaban atas berbagai pertanyaan yang dihadapai saat menggunakan platform Bittime. Sehingga para pengguna dengan berkomunikasi pada pusat bantuan Bittime akan dengan mudah dan lancar melakukan transaksi.

Untuk mengakses layanan Bittime melalui App Store atau Google Play. Langkah pertama yang digunakan pengguna melalui membuka aplikasi App Store di perangkat iOS atau Google Play di perangkat Android. Tahap selanjutnya pengguna dapat melakukan pencarian dengan mengetikan kata kunci “Bittime” di kolom pencarian. Setelah menemukan aplikasi Bittime maka pengguna dapat mengetuk ikon aplikasi tersebut untuk membuka halaman detail. Pada halaman detail tersebut maka pengguna dapat membaca deskripsi aplikasi, melihat tangkapan layar, sampai membaca ulasan maupun rating dari pengguna lainnya. Pada akhirnya pengguna dapat mengetuk tombol “Unduh” atau “Instal” untuk mengunduh dan menginstal aplikasi Bittime pada perangkat. Ketika pengunduhan dan instalasi selesai maka pengguna dapat membuka aplikasi Bittime untuk menggunakan berbagai fitur yang ada dalam menghasilkan keuntungan dalam investasi dunia kripto.

Pengalaman Menggunakan Platform Bittime Untuk Meraih Investasi Kripto Maksimal

Sebagai seseorang mahasiswa penulis percaya bahwa sangat penting untuk tidak hanya berfokus kepada urusan akademik saja. Tetapi mahasiswa harus juga mampu menjalajahi dunia yang terus berkembang di kehidupan sehari-hari. Salah satu contoh eksplorasi yang dilakukan penulis sebagai mahasiswa dalam dunia kripto. Meskipun tugas sampai ujian akdemik memang menjadi prioritas utama. Namun ketika sedang ada waktu yang kosong penulis memanfaatkan secara maksimal untuk mempelajari akan hal-hal terkait investasi kripto.

Penulis percaya dengan mengeksplorasi dalam dunia kripto akan menawarkan kesempatan untuk belajar sampai mengembangkan keterampilan yang berharga ketika berada di luar ruang kelas. Apalagi dunia kripto merupakan sebuah tempat yang dinamis dengan penuh inovasi didalamnya. Selain itu di dalam dunia kripto penulis juga akan dapat terlibat dalam pembelajaran yang aktif dan praktis. Ketika penulis terjun ke dalam dunia kripto penulis juga belajar mengenai berbagai konsep ekonomi sampai teknologi kompleks didalamnya yang tidak diajarkan di dalam kelas. Tidak hanya itu penulis juga belajar tentang teknologi blockchain yang mendasari atas terbentuknya kripto. Ketika mempelajari hal tersebut dapat dikatakan bagi penulis merupakan sebuah inovasi yang menarik dan berpotensi mengubah paradigma dalam kehidupan sehari-hari.

Mengeksplorasi dunia kripto juga memberikan penulis kesempatan untuk terlibat dalam komunitas yang dinamis dan berkembang. Penulis juga dapat berinteraksi dengan berbagai pihak dengan latar belakang yang berbeda mulai dari mahasiswa, profesional, sampai para ahli dari kampus maupun luar kampus. Hal tersebut tentunya akan dapat memperluas jaringan sosial yang secara tidak langsung membuka berbagai peluang kolaborasi dan pembelajaran yang lebih dalam.

Walaupun demikian penulis untuk tahapan pertama yang harus dilalui berupa mengeksplorasi dunia kripto melalui platform yang tepat untuk memulai perjalanan investasi. Dalam hal tersebut penulis sangat yakin dalam urusan platform untuk menjelajahi akan menggunakan yang bernama Bittime. Hal tersebut dikarenakan plaform Bittime menawarkan kemudahan akses dan antarmuka pengguna yang sangat ramah. Sebagai seseorang mahasiswa yang sering kali sibuk dengan berbagai tugas maupun keperluan kuliah pastinya tidak punya waktu kosong sangat panjang. Sehingga penulis selalu menginginkan plafrom untuk masuk kapaun pun dan dimanapun serta mudah untuk digunakan. Kebutuhan tersebut nyatanya mampu dipenuhi oleh plaform yang bernama Bittime. Selain itu didalam Bittime juga terdapat berbagai fitur yang mempelancar bagi penulis untuk menjelajahi berbagai aset kripto dan melakukan transaksi dengan cepat dan efisien.

Bittime juga terdapat fitur staking yang disediakan yang telah menjadi pilihan menarik bagi penulis untuk mengoptimalkan portofolio investasi penulis. Melakukan staking pada beberapa aset kripto membuat penulis dapat memanfaatkan potensi penghasilan pasif income sambil tetap mempertahankan eksposur penulis terhadap pasar kripto yang terus berkembang. Penggunana fitur tersebut memberikan penulis kesempatan untuk meraih keuntungan tambahan dari aset kripto yang dimiliki.

Dengan menggunakan platform Bittime juga ditawarkan kepada penulis atas berbagai macam promosi dan insentif kepada pengguna. Salah satu bentuk nyata atas hal tersebut berupa program airdrop sampai hadiah uang tunai. Sebagai seseorang mahasiswa yang tentunya memiliki sumber daya finansial terbatas. Melalui kesempatan tersebut maka penulis akan mendapatkan hadiah tambahan atau bonus dari event pada platform Bittime sangatlah berharga bagi penulis. Pada akhirnya kesempatan sampai kemenangan yang didapatkan oleh penulis akan menjadi motivasi tambahan untuk terus aktif berpartisipasi pada platform tersebut untuk mendapatkan keuntungan secara maksimal tanpa ada peluang terbuang percuma.

Tidak lupa penulis juga ucapkan terima kasih kepada pihak tim Bittime karena memberikan komunikasi secara luas melalui pusat bantuan. Dimana melalui pusat bantuan Bittime tersebut ketika penulis mendapatkan kesulitan ataupun pertanyaan mengenai penggunaan platform tersebut akan selalu dijawab. Bahkan tim yang menjawab sangatlah responsif dan informatif untuk menyelesaikan sebuah kesulitan sampai tantangan yang ada. Sehingga ketika ada sebuah masalah kecil sampai besar yang dikomunikasi dengan pusat bantuan Bittime akan selalu diselesaikan dengan cepat dan efisien. Sehingga penulis tidak usah pusing-pusing lagi ketika terdapat masalah karena sudah mampu diselesaikan tanpa tersisa oleh pihak pusat bantuan Bittime. Pada akhirnya penulis dapat fokus secara maksimal dalam mengelola portofolio investasi kripto yang dimiliki tanpa harus pusing memikirkan hal lainnya yang menganggu.

Harus diakui menurut sudut pandang penulis dari tahun ke tahun khususnya 2024 narasi akan hal-hal yang berkaitan dengan aset kripdo berkembang sangat pesat di Indonesia. Perkembangan tersebut semakin cepat dengan didorongnya oleh kehadiran perusahaan teknologi yang bernama Bittime. Sejak didirikan sekitar bulan September 2021 Bittime telah memkokoh sebagai platform perdagangan aset kripto yang terpercaya di Indonesia. Munculnya pengakuan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) pada November 2021 dilengkapi Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) pada April 2022 membuat Bittime mampu menyediakan layanan aman dan sesuai regulasi yang berlaku.

Jika dilihat nilai Bitcoin dan aset kripto lainnya sudah mencapai angka ratusan juta Rupiah per unitnya. Namun dengan melakukan transaksi menggunakan Bittime diberikan aksesibilitas dengan melakukan transaksi mulai dari Rp 10 ribu Rupiah. Visi Bittime untuk mempermudahkan dan mempercepat akses ke aset kripto dapat terwujud melalui platform yang bersih dan ramah bagi pengguna. Dengan misi yang dipegang sangat teguh membuat Bittime berkomitmen untuk memberikan layanan yang andal bagi investor dari berbagai latar belakang di Indonesia.

Berbagai fitur memudahkan masyarakat untuk bertransaksi aset kripto dilakukan oleh Bittime menjadi daya tarik utamanya. Tidak hanya itu saja pasar sport juga menawarkan berbagai aset kripto menarik untuk diperdagangkan seperti seperti Bitcoin, Ethereum, Doge, XRP, USDT, dan Cardano. Bittime juga menyediakan sebuah layanan staking yang memungkinkan para pengguna di masyarakat untuk mendapatkan imbalan hasil dari aset kripto yang digepang. Adanya wallet aset kripto yang aman juga tersedia untuk memastikan keamanan investasi penggunanya.

Di dalam operasional Bittime juga sisi edukasi mengenai blockchain sampai aset kripto menjadi bagian integral yang tidak dapat dipisahkan dari misi yang dijalankan. Perusahaan Bittime tidak hanya memiliki fokus kepada memberikan fasilitas perdagangan. Tetapi dilihat secara dalam operasional yang dilakukan oleh Bittime juga berorientasi kepada peningkatan pemahaman masyarakat mengenai teknologi blockchain dan potensi investasi di pasar aset kripto. Dengan demikian maka Bittime mengajak seluruh masyarakat tanpa memandang latar belakang untuk dapat meraih kesuksesan dalam berinteraksi aset kripto. Hal tersebut dapat terlihat secara nyata melalui pemberian akses yang lebih mudah dan menyeluruh bagi semua pihak untuk ikut serta dalam revolusi keuangan secara global tersebut.

Memasuki tahun 2024 industri cryptocurrency mengalami perkembangan yang signifikan dengan banyak perusahaan besar sampai institusi keuangan terlibat di dalam ekosistem tersebut. mata uang digital seperti Bitcoin sampai Ethereum menjadi aset investasi populer tetapi menjadi subjek utama dalam diskusi mengenai masa depan keuangan global. Selain itu kini juga bermunculan berbagai macam altcoin yang baru dengan menunjukan diversifikasi yang meningkat pada industri tersebut. Berbagai hal tersebut menciptakan peningkatan atas minat dari investor ritel hingga institusional di seluruh dunia untuk menjadi bagian dari industri tersebut.

Teknologi blockchain juga menjadi landasan yang kuat bagi cryptocurrency dalam menjalankan operasionalnya. Terbukti tidak hanya menjadi sebagai sosok inovasi teknologi tetapi juga menjadi katalisator dalam transformasi yang mendalam pada sistem keuangan global. Dengan memberikan fasilitas transaksi yang aman, transparan, sampai tanpa perantara membuat blockchain mampu mentransformasi cara tradisional dalam penyelesaian transaksi.

Munculnya peranan penting yang dibawa oleh teknologi blockchain di tahun 2024 telah menciptakan sistem keuangan yang lebih inklusif. Teknologi tersebut bahkan mampu memberikan akses yang mudah bagi para individu yang sebelumnya terabaikan oleh sistem keuangan tradisional seperti underbanked di berbagai belahan dunia. Maka dapat dikatakan bahwa blockchain kini tidak hanya menjadi sekedar alat untuk merespon terhadap tantangan teknis dalam pengelolaan aset digital. Tetapi kini telah menjadi pendorong yang inklusif terhadap keuangan yang mampu memberdayakan individu dalam mengelola keuangan menjadi lebih efisien sampai aman.

Terakhir melalui pengalaman menggunakan platform bernama Bittime membuat penulis mempelajari tidak hanya tentang dunia kripto. Tetapi kini secara pelahan-lahan penulis juga diajarkan mengenai disiplin sampai kesabaran yang berguna saat menjalani kehidupan sehari-hari. Penulis juga menyadari bahwa untuk meraih kesuksesan dalam dunia investasi seperti kripto tidak bisa dicapai secara instan. Sudah pasti untuk mencapai kesuksesan penulis memerlukan waktu, pengetahuan, sampai ketekukan. Belum lagi penulis juga harus terus belajar untuk mengembangkan strategi investasi sehingga pada akhirnya penulis dapat meraih kesuksesan yang lebih besar dan maksimal di masa depan.

Dalam menutup pembahas mengenai dunia kripto dan peran Bittime sebagai platform investasi sangat penting untuk menggarisbawahi akan pentingnya memanfaatkan sumber daya yang tepat ketika melakukan perjalanan investasi. Bittime dengan berbagai fitur canggih sampai layanan komprehensif telah membuka pintu bagi para individu seperti penulis berstatus mahasiswa untuk merasakan dan meraih dari investasi kripto secara maksimal. Apalagi Bittime juga menyediakan akses ke berbagai aset kripto dengan lingkungan yang aman dan ramah bagi pengguna seperti penulis. Dengan demikian menurut penulis layanan dari Bittime telah menjadi mitra yang tepat untuk memulai atau meningkatkan portofolio investasi kriptonya. Melalui komunitas yang dibangun oleh Bittime membuat penulis mendapatkan banyak sekali pembelajaran sampai ilmu pengetahuan dari sesama pengguna Bittime. Diskusi strategis investasi sampai berbagai informasi atas tren pasar kripto didapatkan dari komunitas tersebut. Oleh karena itu penulis sangat mendorong untuk setiap individu sebelum benar-benar masuk ke dalam dunia investasi kripto terlebih dahulu untuk bergabung dengan komunitas Bittime.

Partisipasi yang aktif dalam komunitas kripto dibuat oleh Bittime juga telah menjadi kunci dalam perjalanan investasi kripto. Melalui komunikasi yang dinamis sampai inklusif membuat penulis belajar sangat banyak dari pengalaman dan pengetahuan yang dibagikan oleh sesama pengguna Bittime. Diskusi strategi investasi sampai berbagai informasi yang tren di pasar kripto. Oleh karena itu penulis sangat mendorong setiap individu sebelum masuk ke dalam dunia investasi kripto terlebih dahulu untuk bergabung dengan komunitas Bittime dan memanfaatkan kesempatan didalam komunitas tersebut.

Terkahir penulis selalu menekankan akan pentingnya belajar dan berkembang dalam dunia kripto. Investasi kripto merupakan arena yang terus berubah dan berkembang sehingga sangat penting untuk selalu update dengan perkembangan terbaru dan memperdalam pemahaman. Dimana pemahaman yang harus selalu diupdate seperti konsep sampai strategi investasi agar lebih relevan. Penggunaan Bittime sebagai platform utama untuk melakukan trading Bitcoin (BTC IDR)Pepe coin (PEPE IDR), atau Ticker IDR membuat penulis merasa yakin bahwa sumber daya yang dibutuhkan untuk terus tumbuh dalam investasi kripto sudah berada di tangan. Sehingga ayo para pembaca sekalian untuk sama-sama menjelajahi serta memanfaatkan peluang yang ditawari oleh dunia kripto dengan Bittime sebagai mitra setiap dalam perjalannya.

Sumber tulisan, gambar, dan video:

  1. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/31/kasus-aktif-covid-19-di-indonesia-tercatat-12-450-kasus
  2. https://www.cnbcindonesia.com/news/20210326144212-4-233127/sad-30-juta-umkm-gulung-tikar-karena-corona
  3. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/05/10/pengangguran-akibat-covid-19-mayoritas-berusia-25-44-tahun
  4. https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-5900096/miliarder-dadakan-begini-cerita-ghozali-everyday-cuan-miliaran-dari-nft
  5. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/04/12/jumlah-investor-kripto-ri-lampaui-saham-reksa-dana-dan-sbn
  6. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/14/indonesia-peringkat-ke-6-negara-pemilik-mata-uang-kripto-terbesar-dunia
  7. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/04/12/nilai-transaksi-aset-kripto-di-indonesia-meroket-1222-pada-2021
  8. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/04/12/jumlah-investor-kripto-ri-lampaui-saham-reksa-dana-dan-sbn
  9. https://www.suara.com/lifestyle/2024/04/17/152904/mengenal-siapa-kalimasada-rekan-timothy-ronald-sesama-pendiri-akademi-crypto
  10. https://support.Bittime.com/hc/id/articles/5584842730255-Apa-itu-BITTIME
  11. https://id.wikipedia.org/wiki/Bittime
  12. https://www.liputan6.com/crypto/read/5581629/Bittime-dapat-izin-staking-aset-kripto-dari-bappebti?page=2
  13. https://www.Bittime.com/
  14. https://www.youtube.com/watch?v=TR-cmoaNj0I
  15. https://www.youtube.com/watch?v=OsWuAcamIlU
  16. https://www.youtube.com/watch?v=_11YfRxlHGM
  17. https://www.youtube.com/watch?v=WSXf286qGQ0
  18. https://www.youtube.com/watch?v=ZQhLC4Kh5JQ
  19. https://pixabay.com/id/photos/mata-uang-kripto-bisnis-keuangan-3085139/
  20. https://youtu.be/Q-14DnFRNIk
  21. https://youtu.be/No7bQPdlb2U
  22. https://id.wikipedia.org/wiki/Bittime 
  23. https://www.youtube.com/watch?v=Q-14DnFRNIk

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Perjalanan Panjang dari Kehidupan Harmonis hingga Tantangan Investasi Kripto"

Posting Komentar