Masih
ingatkah kita semua akan pandemik yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari
masyarakat. Berdasarkan laporan yang dimiliki oleh Satgas Penanganan Covid-19
hari Jumat 5 Mei 2023 memaparkan bahwa jumlah kasus aktif Covid-19 di Indonesia
mencapai 17.909 kasus. Adapun secara total telah mencapai 6,78 juta kasus. Dari
angka tersebut sebanyak 161,4 ribu dinyatakan meninggal dunia dan 6,6 juta
sembuh. Menjalani kehidupan di tengah pandemik beberapa waktu yang lalu juga
cukup menghantui dan mencekam. Hal tersebut tidak hanya karena banyak masyarakat
yang terinveksi tetapi juga terdapat dua subvarian virus Omicron baru yakni
BA.4 dan BA.5.
Melalui
pandemik yang menyerang kehidupan masyarakat memberikan dampak kepada rutinitas
kehidupan sehari-hari. Pada umumnya masyarakat dapat melakukan banyak kegiatan
di luar ruangan seperti kegiatan sosial sampai berinteraksi antar individu.
Namun adanya pandemik kegiatan di luar ruangan tidak bisa dilakukan. Pemerintah
juga mengeluarkan berbagai kebijakan seperti pembatasan sosial sampai lockdown
bagi masyarakat. Hasilnya memaksa masyarakat untuk beradapatasi dalam menjalani
kehidupan sehari-harinya. Salah satu contoh adaptasi tersebut dapat terlihat
dari konsumsi hiburan oleh masyarakat.
Sebelum
pandemi biasanya masyarakat mendapatkan hiburan melalui berkunjung ke berbagai
tempat viral atau destinasi wisata. Pemilihan hiburan tersebut mengharuskan
masyarakat untuk melakukan mobilitas di luar ruangan. Namun saat pandemik
muncul melakukan mobilitas menjadi sangatlah sulit dilakukan oleh seluruh
masyarakat. Padahal hiburan merupakan cara bagi masyarakat untuk mengembalikan
energi dalam menghadapi kehidupan penuh tantangan dan rintangan. Keterbatasan
akses terhadap hiburan mengakibatkan penurunan semangat pada kehidupan
sehari-hari masyarakat. Hasilnya akan berdampak secara tidak langsung kepada
munculnya stres dan kelelahan. Kondisi tersebut akan mengganggu produktivitas
masyarakat yang dapat mengancam keberlangsungan pekerjaan seseorang di dunia
kerja.
Tentunya
pihak masyarakat yang telah bekerja tidak mau mengalami hal tidak diinginkan di
dunia pekerjaan. Maka kini tidak usah heran jika walaupun saat pandemik
masyarakat melakukan berbagai cara untuk tetap mendapatkan hiburan. Salah satu
hiburan yang masih dapat dinikmati oleh masyarakat berupa menonton film. Walaupun
kini melakukan kegiatan menonton film mengalami perubahan karena tidak bisa
dilakukan di bioskop tetapi masih dapat dilakukan melalui streaming film.
Menonton
melalui streaming film menawarkan berbagai macam kelebihan bagi masyarakat.
Akses yang mudah dan fleksibilitas terhadap waktu merupakan kelebihan utama
yang ditawarkan. Belum lagi jika seseorang berlangganan platform streaming akan
memberikan pilihan film yang luas dan beragam. Teknologi tersebut juga
memberikan pengalaman menonton yang lebih interkatif karena menyediakan fitur
menonaktifkan iklan dan penyesuaian subtitle. Pemaparan tersebut membuat kegiatan
streaming film tidak hanya menyediakan hiburan semata. Namun kini kegiatan
tersebut telah menjadi bagian integral dari gaya hidup modern yang dinamis.
Menggunakan
media streaming film memberikan akses yang luas terhadap produksi film dari
berbagai negara. Salah satu negara yang menjadi penghasil film cukup banyak dan
digemari oleh masyarakat dunia berasal dari Amerika Serikat (AS). Saking
disukainya membuat film yang diproduksi oleh dikenal dengan istilah film
Hollywood. Kini Hollywood telah menjadi pusat produksi film terbesar di dunia
yang menjadi kiblat industri perfilman dunia. Berbagai genre dihasilkan untuk
memenuhi kebutuhan hiburan film masyarakat dunia. Semua hal yang ada di
Hollywood memperkuat posisi sebagai ikon industri hiburan global. Banyak sekali
film yang dihasilkan oleh Hollywood salah satunya memiliki judul Hidden
Figures.
Film
tersebut mengisahkan tentang tiga wanita berkulit hitam yang menjadi kaum
monoritas di AS pada sat itu. Ketiga tokoh tersebut bernama Mary Jackson
(Janelle MonĂ¡e), Dorothy Vaughan (Octavia Spencer), dan Katherine Goble (Taraji
P. Henson). Mary merupakan seorang ahli teknik yang harus melawan diskriminasi
rasial dalam mengapai impian di NASA. Dorothy harus berkuang untuk mendapatkan
pengakuan atas kemampuan sebagai supervisor. Tetapi untuk Katherine yang
menjadi tokoh sentral dalam cerita ini ketika NASA menyadari akan bakar luar
biasanya di bidang matematika. Ketiga tokoh tersebut harus dapat membuktikan
kecerdasan dan keinginan untuk melebihi natasan yang ada. Bahkan mereka
ditugaskan untuk menghitung misi penting dengan melibatkan astronot John Glenn.
Dalam perjalanan yang dilalui ada banyak sekali rintangan gender harus
dilewati. Namun karena dedikasi yang kuat membuat ketiga tokoh tersebut berhasil
menjadi pahlawan dalam sejarah AS serta mengukit sejarah baru dalam bidang
eksplorasi angkasa.
Dapat dikatakan bahwa kisah yang diangkat pada film tersebut dikenal sebagai manusia komputer. Hal tersebut karena perjalanan yang harus diselesaikan para tokoh ketika di NASA yang penuh perjuangan. Film tersebut juga tidak hanya menyoroti akan pencapaian para tokoh dalam bidang teknologi dan matematika saja. Tetapi pada film tersebut juga digambarkan secara jelas akan pentingnya peran para tokoh dalam mengubah pandangan masyarakat terhadap ras dan gender di lingkungan kerja. Cepatnya kenaikan pangkat di NASA telah membutikan bahwa setiap orang dapat meraih mimpi besarnya. Tentunya untuk mencapai mimpi tersebut akan banyak pengorbanan dan dedikasi yang harus diorbankan tetapi semua akan terbayarkan diakhir dengan kesuksesan nantinya.
Setelah
menonton film tersebut para penonton akan diberikan gambaran yang kuat akan
bagaimana teknologi dapat menjadi alat untuk mengatasi hambatan rasial dan
gender. Selain itu manfaat yang ditawarkan berupa mendorong para anak-anak
untuk mengejar impiannya. Melalui kisah inspirasi yang ditampilkan menunjukan
kepada anak-anak bahwa batasan di dalam kehidupan tidak ada batas jika
seseorang memiliki tekad dan keberanian yang kuat. Apalagi melihat peran
teknologi didalam membantu ketiga tokoh tersebut dalam menaklukkan rintangan
dalam mencapai kesuksesan di NASA. Secara tidak langsung akan mengajarkan
kepada anak-anak tentang pentingnya memanfaatkan sains dan teknologi untuk
meraih impian. Bahkan para anak-anak dalam mengejar impian harus dapat
melepaskan akan latar belakang ataupun batasan yang akan menghampiri.
Peran
karakter Mary Jackson juga harus berjuang untuk mendapatkan pendidikan teknik
juga harus diakui. Penggambaran tersebut membuat anak-anak harus dapat memahami
akan pentingnya akses pendidikan yang berkualitas bagi dirinya. Didalam film
tersebut juga diterangkat bahwa teknologi tidak hanya menjadi pintu akan
kesempatan baru dalam kehidupan. Tidak hanya itu saja bahkan dapat pula menjadi
alat untuk mengatasi ketidakadilan dan ketimpangan dalam masyarakat. Ini akan
dapat memberikan pelajaran berharga kepada anak-anak untuk memperjuangkan hak
mereka agar mendapatkan akses belajar dan berkembang di bidang teknologi.
Selain
itu film tersebut juga menyoroti akan peran dari komunitas dan dukungan satu
sama lain dalam mencapai tujuan. Ketiga tokoh tersebut tentunya saling
mendukung dan memberdayakan satu sama lain. Kondisi tersebut menunjukan kepada
anak-anak bahwa melalui kerja sama dan dukungan antarindividu akan mempercepat
kesuksesan dalam impiannya. Dalam hal tersebut mengajarkan para anak-anak akan
pentingnya membangun hubungan positif dan saling mendukung untuk mengejar minat
dan bakatnya. Sehingga dapat dikatakan dengan menonton film berjudul Hidden
Figures memberikan inspirasi yang berharga bagi anak-anak untuk mengejar karier
dan prestasi di bidang teknologi.
Melalui
film yang dibahas diatas ditambah dengan perkembangan teknologi yang pesat
mendorong banyak anak muda untuk mengejar prestasi di bidang teknologi. Kondisi
tersebut akan turut pula mempengaruhi kemajuan setiap individu di masyarakat
secara signifikan para perkembangannya. Semakin banyak anak muda yang tertarik
dan berprestasi pada teknologi akan menjadi Sumber Daya Manusia (SDM)
berkualitas. Dimana SDM berkualitas dapat menjadi pilar realisasikan visi
Indonesia Emas 2045 yang akan terjadi sebentar lagi. Melalui pendidikan yang
diberikan dapat mendorong anak-anak untuk mengeksplorasi minat dan bakar dalam
bidang teknologi. Hal tersebut akan dapat memastikan bahwa generasi mendatang
memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan bagi masa depannya.
Potensi
anak muda Indonesia menjadi SDM berkualitas sangatlah besar. Hal tersebut dapat
terlihat dari jumlahnya yang banyak di masyarakat. Berdasarkan hasil Survei
Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Badan Pusat Statistik (BPS) di Maret 2022
memaparkan bahwa 68,82 juta jiwa termasuk ketegori pemuda. Dengan angka
tersebut menunjukan porsi berada di anga 24% dari total penduduk di Indonesia.
Walaupun dilihat dari sisi jumlah anak muda Indonesia tetapi disisi lainnya
masih terdapat banyak hal yang harus diperbaiki.
Perbaikan
pertama yang harus dilakukan berupa penguasaan bahasa Inggris baik secara
menulis, membaca, dan berbicara. Indeks Kecapakan Bahasa Inggris (EPI) versi
Education First (EF) di Asia Tenggara masih dipimpin oleh Singapura. Nilai
Singapura berada di angka 611 poin dari 800 poin sehingga membawa negara
tersebut berada di posisi 10 dunia dari 100 negara. Sedangkan untuk Indonesia
hanya mampu mengumpulkan EPI 453 poin. Berdasarkan poin tersebut Indonesia
berada di peringkat lima Asia Tenggara atau 74 dunia. Walaupun demikian
Indonesia masih termasuk ke dalam kategori rendah.
Sisi
yang kedua harus diperbaiki berupa kemampuan matematika. Secara rata-rata kemampuan
matematika pelajar Indonesia menurun pada 2022. Hal tersebut selaras dengan
laporan Programme for International Student Assessment (PISA) 2022 yang dirilis
Organization for Economic Co-operation and Development (OECD). Menurut PISA
pengertian dari kemampuan matematika merupakan kemampuan untuk merumuskan,
menggunakan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks untuk
menggambarkan, memprediksi, dan menjelaskan suatu fenomena. Jika dilihat tahun
2022 pelajar Indonesia mampu meperoleh skor kemampuan di angka 366 poin. Adanya
poin tersebut menunjukan bahwa kemampuan matematika pelajar Indonesia masih
berada di level 1a.
Kendati
telah diperbaiki dalam bidang bahasa Inggris dan kemampuan matematika tetapi
masih ada masalah yang harus diperbaiki. Masalah tersebut berupa sulitnya anak
muda untuk memahami teknologi menjadi persoalan mendesak. Pendidikan yang
kurang memadai karena adanya kesenjangan teknologi antara Indonesia dengan
negara maju atau antar wilayah di Indonesia. Dalam era digital seperti saat ini
memiliki keahlian teknologi menjadi modal utama untuk bersaing di pasar global.
Tanpa adanya pemahaman yang memadai para anak muda Indonesia akan mengalami
kesulitan untuk mengikuti perkembangan teknologi yang bergerak cepat. Jika
tidak melakukan pengejaran secara cepat akan berpotensi terpinggirkan dalam
berbagai bidang khususnya dunia kerja.
Kondisi
tersebut semakin parah ketika melihat dilapangan secara langsung akan adanya
keterbatasan akses pendidikan berkualitas di berbagai daerah Indonesia. Terbatasnya
infrastuktur pendidikan dan kurangnya fasilitas memadai juga membuat pendidikan
yang diterima kian tidak merata. Akibatnya banyak terjadi kesenjangan
pendidikan diantara anak muda Indonesia semakin besar. Data Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan yang dilansir dari laman data.go.id memperhatikan
bahwa mayoritas ruang kelas sekolah di Indonesia berada di kondisi rusak. Dari
1,6 juta ruang kelas hanya 29,3% yang berada dalam kondisi baik. Kondisi ruang
kelas yang paling banyak rusak berada di sekolah dasar sebanyak 774 ribu ruang
kelas.
Kerusakan
fasilitas sekolah tidak hanya terlihat dari ruang kelasnya saja tetapi juga
dari kelayakan sanitasi. Dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan
Teknologi (Kemendikbudristek) menunjukkan masih sekitar 29% sekolah di
Indonesia tidak memiliki sarana air, sanitasi, dan kebersihan pada 2020.
Sedangkan sebanyak 55% sekolah tidak memiliki salah satu atau kombinasi dari
tiga sarana tersebut. Walaupun demikian hanya 16% sekolah di Indonesia yang
memiliki sarana air, sanitasi, dan kebersihan secara lengkap.
Berbagai
masalah yang ada tersebut membuat pemerintah Indonesia melakukan berbagai macam
stategi untuk menyelesaikannya. Dibawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo
(Jokowi) membuat Indonesia mampu melakukan perbaikan atas fasilitas pendidikan.
Jika harus dihitung sudah mencapai 1.671 pembangunan dan renovasi sekolah untuk
tahun 2019. Tentunya dengan perubahan waktu membuat pembangunan dan renovasi
sekolah menjadi kian banyak. Hal tersebut memiliki tujuan agar para anak muda
nyaman mendapatkan ilmu pengetahuan dari tenaga pengajar.
Selain
melakukan pembangunan dan perbaikan fasilitas pendidikan pemerintah juga
melakukan berbagai kebijakan. Salah satu kebijakan yang diterapkan bertujuan
untuk meningkatkan peran teknologi dalam pendidikan anak. Munculnya mata
pelajaran bernama Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di sekolah formal
merupakan contohnya. Adanya mata pelajaran tersebut diharapkan anak-anak yang
berstatus pelajar dapat menggunakan dengan mudah perangkat teknologi seperti
komputer. Sehingga anak-anak tersebut dapat mengakses sumber belajar digital
untuk meningkatkan keterampilan mereka di masa depan.
Pemerintah
Indonesia juga mengembangkan berbagai platform dan aplikasi pendidikan digital
yang dapat diakses secara gratis. Platform tersebut menyediakan beragam konten
pembelajaran interaktif, modul pelajaran, sampai ujian atau latihan soal yang
membantu para siswa memahami ilmu pengetahuan. Bahkan aplikasi tersebut juga
akan memfasilitasi komunikasi antara guru, siswa, dan orang tua. Adanya
aplikasi tersebut akan dapat memperkuat kolaborasi dalam proses pembelajaran
yang berlangsung.
Tak
hanya itu pihak pemerintah juga telah meluncurkan program pelatihan dan
peningkatan keterampilan bagi guru. Tentunya pihak guru dituntut untuk dapat
memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran agar lebih menarik. Pelatihan
kepada guru tersebut agar aktifitas mengajar dapat menggunakan berbagai
aplikasi dan platform pendidikan digital. Harapannya peran teknologi dalam
pendidikan anak dapat ditingkatkan secara menyeluruh. Sehingga diakhirnya
Indonesia akan memiliki SDM yang berkualitas dalam menghadapi tantangan masa
depan.
Meskipun pemerintah telah melakukan berbagai kebijakan tetapi sampai saat ini dampak yang diberikan belum maksimal. Untuk mencapai hasil yang maksimal maka dibutuhkan kerja sama depan pihak lainnya. Dari sekian banyak pihak yang turut membantu dalam bidang peran teknologi dalam pendidikan anak bernama Kumon. Sebelum membahas lebih lanjut akan seluk beluk peran teknologi dalam pendidikan anak oleh Kumon alangkah baiknya jika membahas secara permukaan terlebih dahulu mengenai Kumon. Apalagi tentunya tidak semua masyarakat mengetahui akan seluk beluk Kumon. Maka dari itu disini penulis akan memaparkan secara permukaan mengenai Kumon agar masyarakat sebagai pembaca mengetahuinya.
Pendirian
Kumon diawali oleh kisah seorang
ayah yang bernama Toru Kumon. Pada
saat itu ia peduli terhadap perkembangan pendidikan anaknya yang bernama
Takeshi. Semua hal tersebut berawal tahun 1954 ketika Takeshi yang merupakan
siswa SD kelas dua menunjukan hasil matametika. Dengan melihat nilai tersebut
membuat Toru Kumon merasa
bertanggung jawab atas kondisi tersebut. Melalui keyakinan membuat Toru Kumon membuat lebar kerja matamatika
untuk Takeshi dalam mengembangkan kemampuan secara mandiri. Dari penerapan
tersebutlah muncul konsep Kumon
terbentuk yang memiliki fokus pada pengembangan kemampuan belajar mandiri dari
setiap siswa.
Dalam
menjalankan operasionalnya pihak Kumon
memiliki visi dan misi yang kuat. Misi yang dibawa oleh Kumon yaitu menggali setiap potensi yang ada pada setiap individu
dan mengembangkan kemampuan semaksimal mungkin. Tentunya tujuan agar dapat
membentuk manusia yang sehat dan cakap untuk berkontribusi kepada masyarakat
global. Untuk visi yang dibawa Kumon
yaitu agar orang-orang di berbagai negara dan wilayah di seluruh dunia memiliki
kesempatan untuk belajar menggunakan metode Kumon. Sehingga setiap siswa akan dapat belajar secara mandiri
dengan antusias dalam mewujudkan impian dan targetnya.
Di dalam Kumon terdapat berbagai program yang disediakan salah satunya bernama program Matematika. Program tersebut memiliki fokus untuk pengembangan kemampuan hitung tingkat tinggi. Dimana program tersebut terdiri dari 20 level inti yang di mulai dari level 6A, level O, sampai 5 level lanjutan. Lembar kerja yang disediakan juga memusatkan perhatian kepada aspek atas esensisal matematika tanpa harus memasukan materi yang tidak diperlukan. Selain itu pada program tersebut juga tidak hanya membentuk kemampuan hitung cepat tetapi lebih kepada pemberian pondasi yang kokoh. Adanya pondasi tersebut akan dapat mengembangkan kemampuan matematika yang kompleks di tingkat SMA atau masa depan.
Selain
itu program yang disediakan oleh Kumon
berupa program Bahasa Inggris (EE) memiliki keunggulan. Dimana keunggulan yang
ditawarkan berupa pengembangan kemampuan bacaan dan membentuk kebiasaan membaca
yang baik. Pada program tersebut tidak hanya memiliki fokus kepada kemahiran
bahasa Inggris saja. Tetapi fokus program tersebut berupa pondasi penting
sebagai mata pelajaran di sekolah. Akhirnya para siswa yang menerima program akan
menguasai kosakata dan pembentukan kemampuan membaca dasar dengan baik. Atas
hal tersebut akan dapat memudahkan dalam mempelajari stuktur kalimat,
pengembangan paragraf, pembuatan ringkasan, sampai pembacaan kritis. Sehingga
akan dapat membantu para siswa dalam menghadapi tantangan dalam pemahaman
bacaan yang kompleks di masa depan.
Program
Bahasa Inggris Kumon (EFL)
menawarkan keunggulan dalam mengembangkan kemampuan pemahaman bacaan bahasa
Inggris tingkat lanjut. Program tersebut para siswa tidak hanya difokuskan
kepada belajar bahasa Inggris saja. Nyatanya program tersebut untuk dapat
membangun kebiasaan membaca yang kuat. Harapannya akan dapat memperluas
kosakata dan memahami unsur tata bahasa baru. Selain itu juga ditekankan akan
melatih keterampilan menulis atas kalimat tes yang telah dibaca. Hasilnya para
siswa akan memperkaya pemahaman tentang bahasa Inggris secara menyeluruh
melalui interaksi yang aktif dengan materi pembelajaran.
Kumon
juga tidak hanya menawarkan program yang beragam saja tetapi juga fleksibilitas
jangkauan. Kini walaupun geografis yang sangat jauh sudah mulai ada kantor Kumon. Untuk kantor di ASIA &
OCEANIA seperti Australia, Brunei, Kamboja, India, hingga Indonesia sudah
tersedia. Di wilayah Amerika Utara, Afrika, sampai Timur Tengah kini sudah
mulai ada. Jumlahnya yang sudah tersebar di berbagai wilayah pada belahan dunia
membuat ribuan anak siswa dapat dirangkul. Selain itu Kumon juga memberikan akses yang lebih luas terhadap pendidikan
berkualitas disesuaikan kebutuhan individunya.
Mendapatkan
ilmu pengetahuan yang diberikan oleh Kumon
tidak hanya berfokus kepada memberikan pengalaman belajar saja. Tetapi di ruang
lingkung dibuat senyaman mungkin agar menciptakan lingkungan kondusif. Meja
belajar yang dibuat ergonomis agar memastikan posisi duduk siswa selama proses
belajar nyaman. Pencahayaan yang diberikan dari susunan lampu dibuat strategis
agar organ mata tidak merasa kelelahan. Sirkulasi udara dibuat tetap segar dan
sejuk untuk meningkatkan konsentrasi dan kenyamanan belajar. Semua hal yang
dibuat tersebut hanya untuk satu tujuan berupa menciptakan pengalaman belajar
yang menyenangkan bagi setiap siswa Kumon.
Saat
berbicara Kumon tidak hanya
difokuskan kepada bidang pendidikan saja. Telah sejak lama hingga kini Kumon juga turut terlibat dalam menjaga
lingkungan. Bukti nyatanya dapat dilihat dari jumlah daur ulang kertas yang
dihasilkan oleh Kumon. Pada tahun
2021 jumlah kertas yang di daur ulang 19,677 kg tetapi di tahun 2022 sebanyak
18,491 kg. Jumlah tersebut menujukan Kumon
atas komitmen dalam mengurangi dampak nagatif terhadap lingkungan. Tindakan
yang dilakukan tersebut untuk mengurangi limbah kertas yang dihasilkan dari
kegiatan operasional. Selain itu diharapkan akan dapat membantu mengurangi
jejak karbon dan kontribusi terhadap perubahan iklim secara keseluruhan.
Setelah membahas secara permukaan atas seluk beluk dari Kumon pastinya para pembaca memiliki pertanyaan berupa:
Bagaimana konstribusi yang dilakukan oleh
Kumon terhadap teknologi atas
pendidikan anak di Indonesia???
Banyak
sekali hal-hal yang dilakukan oleh Kumon
dalam menggunakan peran teknologi atas pendidikan anak di Indonesia. Dari
sekian banyak hal salah satu buktinya dapat terlihat akan adanya KUMON CONNECT. Secara permukaan KUMON CONNECT merupakan cara terbaru
dalam belajar Kumon secara digital.
Tujuan adanya KUMON CONNECT untuk
dapat menjalani kedekatan lebih dalam antara anak-anak, orang tua, sampai
pembimbing Kumon. Hal tersebut
terjadi karena adanya komunikasi yang intens serta personal yang erat antara beberapa
pihak tersebut. KUMON CONNECT
merupakan program belajar mandiri dalam mengerjakan soal menggunakan lembar
kerja kertas Kumon. Cara yang
dilakukan tersebut akan dapat menumbuhkan rasa percaya diri, kemampuan belajar,
dan memacu anak-anak untuk memaksimalkan potensi yang terpendam pada dirinya.
Untuk melaksanakan KUMON CONNECT para siswa tersebut membutuhkan perangkat tablet. Tablet yang digunakan dihubungkan dengan perangkat berupa stylus pen untuk menulis lembar kerja Kumon. Disamping itu pembimbing Kumon akan memantau kemajuan belajar harian siswa dengan memberikan feedback agar memotivasi siswanya. Pihak orang tua juga dapat memantau belajar anaknya kapan pun. Selain itu pihak orang tua juga dapat terhubung untuk mendukung proses belajar sang anak. Dengan hal tersebut diharapakan para siswa yang menggunakan program KUMON CONNECT akan benar-benar berdampak bagi kehidupannya kelak.
KUMON CONNECT
menawarkan berbagai fitur inovatif dalam mengubah cara siswa belajar. Fitur
tersebut dikenal dengan nama “Belajar Kapan Saja, Di Mana Saja”. Fitur tersebut
memungkinkan para siswa untuk mengakses semua ilmu pengetahuan yang diberikan
melalui perangkat tablet. Dengan hanya menggunakan satu ketukan layar para
siswa dapat membuka lembar kerja untuk mengerjakan. Setelah selesai mengerjakan
maka akan dapat langsung mengirimkan hasilnya kepada pembimbing tanpa terikat
waktu dan tempat. Flesibilitas yang diberikan disesuaikan dengan jadwal dan
kebutuhan para siswa. Sehingga kegiatan belajar akan menjadi lebih efektif dan
efesien bagi para siswa.
Fitur lainnya yang ditawarkan bernama “Optimalkan Potensi Belajar”. Adanya fitur tersebut untuk menghadirkan catatan belajar digital yang dibuat berdasarkan lembar kerja yang diselesaikan oleh siswa. Pihak pembimbing akan menggunakan data yang diperoleh untuk mengamati kondisi belajar, kemampuan, dan perkembangan para siswa secara rinci. Hasilnya para siswa akan dibimbing sesuai dengan kekurangan atas hasil kerjaan lembar soal tersebut. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa siswa akan diberikan dukungan yang dibutuhkan untuk mencapai hasil yang maksimal di pembelajarannya.
Fitur
yang ditawarkan lainnya oleh KUMON CONNECT dikenal dengan nama “Akses dan Evaluasi Kemajuan Belajar yang
Mudah”. Siswa dan orang tua akan dengan mudah mengakses dan meninjau catatan
belajar melalui perangkat teblet. Hanya bermodal satu klik siswa dapat melihat
nilai, waktu, dan kemajuan belajar secara akurat atas evaluasinya. Tidak hanya
itu para siswa juga akan diberikan pemahaman lebih dalam terkait untuk prestasi
pembelajarannya. Bahkan pihak orang tua akan dapat mengakses untuk mengapresiasi
pencapaian sang anak ketika telah terjadi peningkatan. Adanya apresiasi
tersebut akan dapat menguatkan hubungan antara orang tua dan anak dalam
mendukung proses pembelajaran.
Selain
itu hal lainnya yang ditawarkan berupa pengalaman berharga bagi orang tua atas
informasi dari pembimbing Kumon.
Pihak pembimbing akan memberikan informasi secara rinci mengenai kondisi
belajar sang anak sebagai siswanya. Orang tua akan dapat memahami atas
rutinitas belajar sang anak serta mengetahui atas kemajuan setiap harinya.
Informasi yang diberikan untuk memungkinkan orang tua terlibat untuk mendukung
proses perkembangan sang anak dalam belajar. Keterlibatan orang tua akan
membuat perkembangan belajar menjadi semakin maksimal karena sang anak
mendapatkan dukungan dari orang tercintannya.
Sudah
pasti banyak siswa yang telah memanfaatkan layanan KUMON CONNECT. Hal tersebut dapat dilihat testimoni yang
disampaikan oleh para siswa. Testimoni tersebut mencerminkan akan pengalaman
secara nyata para siswa saat menggunakan layanan tersebut. Dari berbagai
testimoni yang diberikan tergambar akan efektifnya KUMON CONNECT dalam meningkatkan keterlibatan siswa untuk
memudahkan materi pembelajaran. Ada beberapa contoh testimoni dari para siswa
yang telah menggunakan layanan KUMON CONNECT yang dapat dilihat dibawah:
Kumon
tidak hanya memberikan kontribusi pada peran teknologi dalam pendidikan anak
melalui KUMON CONNECT. Kini mulai
juga dibentuk platform pembelajaran online seperti aplikasi My Kumon yang tersedia di perangkat teknologi
para siswa. Adanya aplikasi tersebut membuat para siswa akan memiliki akses yang
mudah ke berbagai materi pembelajaran di Kumon
tanpa terhalang waktu dan tempat. My Kumon
juga telah memperluas jangkauan pembelajaran Kumon yang memungkinkan siswa untuk terus mengasak kemampuan secara
mandiri. Setelah selesai hasilnya akan diberikan untuk dinilai oleh pembimbing
agar lebih terarah kegiatan belajarnya. Dapat dikatakan adanya dua hal tersebut
maka kontribusi Kumon dalam
pendidikan tidak hanya sebatas kelas fisik saja. Tetapi nyatanya lebih dari itu
dengan merangkul teknologi untuk mendukung kemajuan dan keterlibatan siswa
dalam pembelajaran online yang fleksibel dan efektif.
Untuk
memberikan gambar sedetail mungkin atas layanan Kumon maka kini terdapat layanan “Coba Gratis Kumon”. Layanan tersebut memberikan kesempatan kepada para siswa
untuk merasakan secara langsung manfaat dari pembelajaran Kumon yang terintegrasi dengan teknologi. Melalui pengalaman
sendiri secara langsung diharapkan orang tua akan dapat memahami efektifnya Kumon dalam membantu anak mengeluarkan
potensi belajar secara maksimal. Tindakan mencoba layanan Kumon merupakan langkah proaktif yang dilakukan pihak Kumon dalam menjawab keraguan yang ada
di masyarakat khususnya orang tua. Selain itu pihak Kumon juga membuka pintu selebar—lebarnya bagi orang tua untuk
memperoleh keyakinan lebih besar terhadap nilai dan manfaat dari pembelajaran Kumon melalui mencoba terlebih dahulu.
Kini
dalam era yang serba digital peran teknologi akan semakin menjadi bagian dari
integral dalam pendidikan anak. Kumon
juga turut memanfaatkan perkembangan teknologi untuk menghadirkan layanan
terbaru seperti “KUMON CONNECT”.
Melalui platform tersebut para siswa dapat mengakses materi pembelajaran secara
digital. Hal tersebut memungkinkan para siswa untuk belajar kapan pun dan di
mana pu melalui perangkat elektronik yang terhubung internet. Tidak hanya itu
pihak Kumon yang bertransformasi
digital membuat pelajaran menjadi lebih interaktif dan menyenangkan bagi
anak-anak. Kondisi tersebut mengubah persepsi bahwa les matematika online atau kursus bahasa inggris online dapat menyenangkan dibandingkan metode konvensional
yang kurang menarik.
Penerapan
teknologi dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan Kumon akan memberikan pengalaman belajar lebih personal dan
adaptif. Dengan diberikan berbagai fitur canggih dalam platform digital membuat
Kumon melihat perkembangan setiap
siswa secara rinci dan detail. Selain itu setiap siswa akan disajikan materi
yang disesuaikan dengan tingkat pemahamannya. Ini dapat memastikan bahwa setiap
anak akan mendapatkan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan
kemampuannya. Hal tersebut akan menjadikan bimbil matematika anak dan les
bahasa Inggris yang diberikan Kumon
kepada anak lebih efektif dan efisien.
Intergrasi
teknologi ke dalam metode pembelajaran yang dilakukan oleh Kumon akan membantu anak berstatus siswa menguasai materi akademik.
Selain itu akan memberikan dampak kepada pengembangan kemampuan dalam berpikir
kritis, memecahkan masalah, dan belajar mandiri. Dampak tersebut akan menjadi
investasi dalam pembentukan generasi muda yang lebih kompeten dan berkualitas. Diharapakan
dengan adanya Kumon digital yang didalamnya terdapat bimbel Matematika anak sampai les Bahasa Inggris anak dapat membentuk SDM
berkualitas di masa depan. Sehingga di ujungnya akan memberikan kontribusi
positif bagi kemajuan bangsa Indonesia khususnya dalam merealisasikan Indonesia
Emas 2045 kian nyata.
Sumber
tulisan, gambar, dan video:
- https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/05/kasus-aktif-covid-19-di-indonesia-tercatat-17-909-kasus
- https://tirto.id/sinopsis-hidden-figures-perjuangan-3-wanita-kaum-minoritas-di-as-f1Vd
- https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/01/10/hampir-seperempat-penduduk-indonesia-adalah-pemuda-pada-2022
- https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/12/14/ef-kemampuan-berbahasa-inggris-masyarakat-indonesia-berkategori-rendah
- https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/01/25/pisa-2022-kemampuan-matematika-pelajar-indonesia-turun
- https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/10/06/70-ruang-kelas-di-indonesia-dalam-kondisi-rusak
- https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/23/ada-29-sekolah-tak-memiliki-layanan-sanitasi-pada-2020
- https://news.detik.com/berita/d-4908755/jokowi-total-1-671-sekolah-dibangun-dan-direnovasi-di-tahun-2019
- https://id.Kumonglobal.com/
- https://www.youtube.com/watch?v=5wfrDhgUMGI
- https://en.wikipedia.org/wiki/Hidden_Figures
- https://www.youtube.com/watch?v=3BduFTGooO4
- https://www.youtube.com/watch?v=UBZfgsUFUAA
- https://pixabay.com/id/illustrations/televisi-menonton-layar-7725366/
- https://www.youtube.com/watch?v=HYGVAaKzjYM
Belum ada tanggapan untuk "Transformasi Pendidikan Anak melalui Teknologi dengan KUMON CONNECT"
Posting Komentar