Pentingnya Penggunaan SSL dalam Keamanan Online

Dalam perjalanan kehidupan manusia secara alami akan terlibat dalam banyak proses perubahan. Dimana perubahan tersebut tidak dapat dipisahkan dari evolusi manusia baik secara individu maupun sebagai masyarakat. Salah satu bentuk perubahan yang paling mencolok berupa perubahan akan revolusi. Dimana saat revolusi terlangsung terjadi transformasi besar-besaran dalam berbagai aspek kehidupan. Transformasi tersebut dapat dimulai dari teknologi, ekonomi, sampai sosial. Melalui perubahan revolusi tersebut masyarakat mampu beradaptasi dan menghadapi tantangan  yang baru. Dampaknya akan membuka jalan menuju perkembangan kehidupan yang lebih baik lagi ke depannya.

Dalam sejarah yang beredar memaparkan bahwa masyarakat di kehidupan ini telah terjadi revolusi industri beberapa kali. Revolusi Industri pertama dimulai saat memasuki akhir abad ke-18 yang ditandai oleh mesin uap dan mekanisasi produksi. Pada masa tersebut membuat kehidupan mulai beralih dari produksi tangan menjadi produksi massal. Perubahan yang terjadi sangatlah besar dalam memproduksi dan distribusi sebuah barang yang dihasilkan. Revolusi Industri kedua dimulai ketika memasuki akhir abad ke-19 atau awal abad ke-20. Dalam revolusi tersebut ditandai akan adanya teknologi listrik, jalur produksi bergerak, sampai produksi massal yang lebih efisien. Hasilnya perubahan tersebut mempercepat laju produksi serta membawa kemajuan dalam sektor manufaktur.

Saat berada di Revolusi Industri ketiga dimulai saat berada di pertengahan abad ke-20 ditandai dengan masuknya teknologi digital dan otomatisasi. Belum lagi adanya komputer dan teknologi informasi mengubah lanskap industri. Dengan demikian maka mengubah cara masyarakat dalam bekerja, berkomunikasi, sampai berinteraksi dengan teknologi. Terakhir merupakan Revolusi Industri keempat yang berlangsung saat ini. Pada revolusi tersebut ditandai akan era konektivitas yang lebih dalam antara dunia fisik sampai digital. Teknologi yang terdapat pada revolusi sangatlah beragam seperti kecerdasan buatan, Internet of Things (IoT), dan robotika. Berbagai hal tersebut mengubah fundamental akan cara masyarakat saat ini hidup sampai bekerja. Walaupun demikian adanya hal tersebut menciptakan sebuah sistem yang lebih adaptif dan cerdas.

Meskipun setiap Revolusi Industri membawa kemajuan besar dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Namun nyatanya tidak dapat dipungkiri bahwa setiap perubahan yang terjadi membawa bayangan hitam dibelakangnnya. Pada Revolusi Industri pertama menyebabkan kondisi kerja yang buruk khususnya para pekerjaan pabrik. Secara nyata dapat terlihat dari jam kerja yang panjang, kondisi kerja yang tidak aman, sampai eksploitasi tenaga kerja. Kondisi tersebut memicu berbagai pergerakan yang dilakukan oleh para buruh untuk memperjuangkan haknya.

Sedangkan Revolusi Industri kedua berupa terjadi ketimpangan sosial dan ekonomi yang lebar antara pemilik modal dengan pekerja. Tetapi bayangan hitam ketika berada di Revolusi Industri ketiga berupa ancaman terhadap pekerjaan manusia karena mulai terganti oleh mesin dan robot pada berbagai sektor. Kini dengan mamasuki Revolusi Industri keempat maka bayangan hitam yang mengancam berupa privasi dan keamanan data. Selain itu munculnya kekhawatiran akan munculnya robotika dan otomatisasi yang semakin canggih.

Indonesia yang saat ini berada di Revolusi Industri keempat juga menghadapi sejumlah bayangan hitam yang menghantui. Salah satu bentuk bayangan hitam berupa meningkatnya ketimpangan digital antara daerah perkotaan dengan pedesaan. Pernyataan tersebut selaras akan survei Status Literasi Digital Indonesia 2021 yang dilakukan oleh Katadata Insight Center (KIC) dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo). Hasilnya atas responden di daerah perkotaan (urban) memiliki indeks literasi digital yang tinggi dengan 52,5 persen. Sedangkan untuk di desa porsi atas tingkat literasi digital di angka 49,8 persen. Artinya terdapat selisih sebanyak 2,7 persen antara pedesaan dan urban. Data atas literasi digital yang diukur merujuk kepada pilar digital skills, digital ethics, digital safety, dan digital culture.

Selain itu dampak bayangan hitam lainnya berupa tantangan baru dalam penciptaan lapangan kerja bagi masyarakat. Kemajuan dalam otomatisasi dan kecerdasan buatan mengancam karena dapat menggantikan para pekerjaan tradisional dengan mesin dan robot. Pergantian yang dilakukan akan berpotensi menyebabkan tingkat pengganguran yang lebih tinggi. Padahal di Indonesia sendiri berdasarkan laporan dari Badan Pusat Statistik (BPS) di Februari 2023 memaparkan jumlah pengangguran emncapai 7,99 juta orang. Walaupun jika dibandingkan dengan tahun lalu dalam bulan yang sama mengalami pengurangan sekitar 410 ribu. Tetapi secara jumlah masih tergolong banyak karena berada di angka jutaan. Angka tersebut akan semakin besar ketika banyak perusahaan mulai mengubah tenaga kerja manusia menjadi mesin atau robot.

Di tengah bayangan hitam yang menghantui dari Revolusi Industri keempat tetapi masih terdapat cahaya terang dalam bentuk kemudahan akses informasi dan interaksi melalui website. Munculnya website memberikan dampak positif yang signifikan terhadap kehidupan modern seluruh masyarakat. Hal tersebut karena masyarakat akan dapat mengakses beragam informasi dengan cepat dan mudah dari mulai berita terkini, tutorial, sampai riset ilmiah. Selain itu adanya website juga mengubah lanskap perdagangan dalam memberikan fasilitas jual beli barang secara online.

Sehingga adanya website memberikan kemudahan bagi pelaku usama kecil dan menengah dalam memasarkan produknya ke konsumen yang lebih luas tanpa terhalang atas batasan geografis. Tetapi untuk konsumen dampak baik yang dirasakan berupa kemudahan dalam menemukan produk barang yang dibutuhkan. Pada akhirnya dapat dikatakan bahwa adanya website telah menjadi salah satu pendorong utama bagi masyarakat dalam hal berinteraksi, berbelanja, dan berbisnis dalam era Revolusi Industri keempat ini.

Jika melihat ke dalam sosok nyata yang berhasil menggunakan website dikenal oleh masyarakat dengan nama Jeff Bezos. Dimana sosok tersebut merupakan pendiri dari website yang sangat terkenal bernama Amazon. Dari namanya saja masyarakat pasti sudah mengetahui bahwa Amazon merupakan salah satu perusahaan terkemuka dalam bidang e-commerce yang didirikan tahun 1994. Adanya website Amazon telah mengubah cara masyarakat dalam berbelanja secara drastis. Apalagi didalam website tersebut juga menyediakan berbagai macam produk dengan harga yang kompetitif. Website yang dijalankan oleh Amazon juga sangatlah user-friendly yang memungkian konsumen menemukan produk dengan mudah, membandingkan harga, sampai membaca ulasan dari penggunaan sebelumnya. Adanya berbagai kegiatan tersebut membuat konsumen dapat lebih bijak lagi dalam mengambil keputusan pembelian suatu barang di Amazon.

Pada tanggal 19-03-2024 hari Selasa dari data Companies Market Cap memaparkan bahwa Amazon menjadi e-commerce yang paling bernilai di dunia. Apabila harus ditaksir melalui angka maka kapasitas pasarnya dapat menembus angka US$1,81 triliun. Belum lagi jika dilihat secara kategori umum perusahaan website Amazon juga bertengger pada posisi enam dunia. Kini ketika berada di tahun 2024 kapasitas pasar melalui rerata 2023 untuk Amazon telah menyentuh US$1,57 triliun. Angka untuk kapasitas pasar tersebut sangatlah jauh dibandingkan beberapa e-commerce lainnya. Urutan kedua ditempati oleh e-commerce China yang dibangun oleh Jack Ma dengan kapasitas pasar US$184,06 miliar. Sedangkan untuk urutan ketiga masih berasal dari China dengan nama Pinduoduo yang memiliki dengan kapasitas pasar di angka US$171 miliar.

Berbicara mengenai e-commerce website tidak hanya dibuat oleh orang asing saja. Secara perlahan-lahan namun pasti para anak muda Indonesia turut juga terjun dalam hal tersebut. Salah satu anak muda tersebut bernama Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono, dan Fajrin Rasyid yang berhasil mendirikan Bukalapak. Dimana Bukalapak merupakan platform e-commerce yang didirikan pada tanggal 10 Januari 2010. Saat peluncurkan untuk digunakan oleh masyarakat Bukalapak mampu menunjukan potensi dan kontribusi yang besar pada ekosistem e-commerce Indonesia. Pertumbuhan yang terus meningkat membuat Bukalapak kini dapat mampu bersaing dengan e-commerce lainnya yang berasal dari negara lain.

Selain menjadi platform e-commerce ng sukses perkembangan website juga mencakup penggunaan lain seperti forum komunitas. Kaskus merupakan salah satu forum komunitas Indonesia yang cukup populer di masyarakat. Padahal diawal-awal kemunculkan dipandang sebagai hobi di kalangan masyarakat Indonesia. Kini Kaskus telah tumbuh menjadi salah satu forum komunitas terbesar Indonesia. Hal tersebut terbukti akan jumlah pengguna terdaftar telah berada di angka 6 juta. Tidak hanya itu Kaskus juga telah menjadi tempat berbagai diskusi, pertukaran informasi, sampai interaksi antar anggota. Bahkan Kaskus telah mengumpulkan lebih dari 601 juta posting hingga bulan Juli 2012 serta kunjungan sekitar 900 ribu orang dan lebih dari 15 juta tampilan halaman setiap harinya. Menurut peringkat Alexa.com di bulan Juli 2014 memaparkan bahwa website Kaskus berada di peringkat 285 dunia. Selain itu Kaskus juga menduduki peringkat 7 sebagai situs yang paling banyak di kunjungi oleh masyarakat Indonesia.

Kencangnya dampak yang diberikan oleh penggunaan website ditopang sangat kuat oleh pengguna internet di Indonesia. Laporan yang dimiliki oleh We Are Social memaparkan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia telah mencapai 213 juta orang per Januari 2023. Angka tersebut setara 77% dari total populasi Indonesia yang berada di angka 276,4 juta orang di tahun tersebut. Dilihat dari jumlah pengguna internet di Indonesia tersebut mengalami kenaikan 5,44% dibandingkan tahun sebelumnya (year-on-year/yoy). Padahal di Januari 2022 memaparkan bahwa jumlah pengguna internet baru mencapai angka 202 juta orang.

Selain pengguna internet penopang pengguna website jadi cepat berupa transaksi masyarakat di Indonesia. Untuk pasar perdagangan elektronik (e-commerce) Indonesia diperkirakan menjadi kontributor pertumbuhan utama di Asia Pasifik. Berdasarkan analisis yang dilakukan oleh RedSeer memaparkan bahwa pasar e-commerce Indonesia diproyeksikan meningkat menjadi US$137,5 miliar tahun 2025. Dimana nilai transaksi tersebut merupakan pertumbuhan majemuk tahunan (CAGR) sebesar 25,3% dari pencapaian tahun 2020 sebesar US$44,6 miliar. RedSeer juga memproyeksikan akan nilai transaksi e-commerce Indonesia mencapai US$67,4 miliar pada 2021. 

Pertumbuhan pengguna internet dan transksi online yang pesat nyanya menimbulkan risiko pencurian data melalui website. Oknum-oknum jahat tersebut menggunakan berbagai metode untuk mencuri informasi pribadi seperti kartu kredit, alamat email, sampai kata sandi. Ketika data-data tersebut didapatkan maka akan digunakan untuk tujuan penipuan finansial. Modus operandi seperti phishing maka okum jahat biasanya menggunakan situs palsu atau mengirim email palsu yang menyerupai perusahaan resmi dimasyarakat. Penggunan hal tersebut untuk memancing informasi sensitif dari korban agar mau memberikan data pribadinya.

Selain pencurian data terkadang penyalahgunaan informasi pribadi juga menjadi masalah serius dalam menghadapi pengguna website di Indonesia. Data pribadi yang tidak diamankan dengan sebaik-baiknya akan dapat dieksploitasi oleh oknum jahat. Oknum jahat tersebut agar menggunakannya untuk berbagai kepentingan yang kurang baik seperti penargetan iklan yang tidak diinginkan, penyebaran informasi palsu, sampai pemerasan kepada individu yang datanya telah bocor. Sehingga keamanan data menjadi sebuah hal yang semakin penting di era digital tersebut baik untuk individu maupun perusahaan. Jika sedikit saja terjadi kebocoran data akan menimbulkan potensi kerugian yang diakibatkan pelanggaran data yang besar dikemudian hari.

Berdasarkan laporan Survei Penetrasi Internet Indonesia 2024 yang diperoleh dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Dari data yang diperoleh terdapat sejumlah kasus terkait keamanan data yang dialami oleh pengguna internet Indonesia. Hasilnya berupa penipuan online jadi kasus yang rentang terhadap keamanan data karena dialami oleh 32,50% responden. Untuk lebih jelas melihat hasil dari data terhadap survei tersebut dapat dilihat dari gambar diatas.

Serangan digital di Indonesia bisa dikatakan semakin tinggi selama 2021 berlangsung. Hal tersebut selaras dengan data yang dimiliki oleh Southeast Asia Freedom of Expression Network (SAFEnet). Data tersebut memaparkan ada 193 insiden serangan digital di tahun lalu yang menggunakan WhatsApp dan Instagram. Jumlah serangan digital tersebut mengalami kenaikan sebanyak 38% dibandingkan tahun sebelumnya. Padahal di tahun 2020 saja kasus serangan digital yang terjadi hanya berada di angka 147 kasus. Dari kasus tersebut jumlah korban yang diserang cukup beragam mulai dari aktivis 50 insiden, waga biasa 34 insiden, sampai mahasiswa 27 insiden. Sedangkan untuk jurnalis dan media menerima serangan siber sebanyak 25 insiden.

Atas kebocoran data yang terus terjadi menurut data perusahaan keamanan siber Surfshark menemapatkan Indonesia berada di urutan ke-3 sebagai kasus kebocoran data terbanyak di dunia. Ketika dihitung jumlahnya mencapai 12,74 juta akun yang bocor atas data di tanah air selama kuartal III-2022. Walaupun dari data tersebut Rusia merupakan negara yang mengalami kebocoran data di dunia selama periode tersebut. Tetapi Indonesia masih termasuk ke dalam salah satu negara yang mengalami data bocor yang cukup besar dalam skala dunia.

Untuk dapat melindungi data dari ancaman pencurian data oleh oknum jahat mellaui website maka pengguna harus waspada dan mengikuti praktik keamanan cyber yang baik. Secara contoh praktik tersebut berupa penggunaan kata sandi yang kuat untuk setiap akun, menghindari klik kepada tautan atau lampiran dari sumber yang tidak kenal, sampai memastikan bahwa situs yang dikunjugi memiliki sertifikat keamanan SSL yang valid. Kini pastinya para pembaca sekalian memiliki pertanyaan atas hal yang telah dipaparkan berupa:

Apa itu SSL???

Secure Sockets Layer atau biasa disingkat dengan nama SSL merupakan sebuah protokol keamanan yang digunakan untuk menjaga keamanan komunikasi data antara pengguna dengan server. Adanya SSL akan dapat memastikan bahwa data yang dikirim antara klien (seperti browser web) dan server (seperti situs web) tetap terenkripsi dan terjaga dari serangan pihak ketiga yang tidak diinginkan. Salah satu cara utama SSL dalam menjaga keamanan berupa penggunaan enkripsi. Dimana data yang dikirimkan akan diubah menjadi format yang tidak bisa dibaca oleh orang yang tidak berwenang.

Cara kerja dalam pengoperasian SSL dimulai ketika pengguna mengakses sebuah situs menggunakan SSL. Ketika pada saat itu pengguna yang mengunjungi sebuah situs maka server akan mengirimkan sertifikat digital kepada pengguna. Dalam sertifikat tersebut akan berisikan informasi tentang kunci publik yang digunakan untuk enkripsi. Selain itu didalamnya terdapat informasi tentang menerbitkan sertifikat tersebut. Setelah sertifikat diterima maka browser akan memeriksa keaslian sertifikat tersebut dengan cara mengonfirmasi bahwa sertifikat tersebut berasal dari otoritas sertifikat terpercaya.

Ketika proses autentik sertifikat selesai maka browser dan server akan menggunakan kunci publik yang ada dalam sertifikat untuk menginisialisasi sesi SSL. Dalam sesi tersebut maka kunci publik yang digunakan untuk enkripsi data yang dikirim antara pengguna dan server. Data yang dikirimkan dari pengguna ke server dan sebaliknya akan dienkripsi sebelum dikirim dan hanya bisa didekripsi oleh penerima yang memiliki kunci privat. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa data tetap rahasia dan tidak bisa disadap oleh pihak ketiga yang tidak berwenang.

Penggunaan SSL juga memberikan dampak yang sangat signifikan dalam meningkatkan atas keamanan dan privasi pengguna saat beraktivitas online. Menggunaan SSL pada informasi sensitif seperti informasi login, detail kartu kredit, sampai data pribadi akan tetap terlindung. Apalagi kini banyak serangan hacker sampai pencurian data yang selalu mencari mangsa untuk diterkam. Maka adanya SSL akan memberikan rasa percaya kepada pengguna akan datanya aman saat berinteraksi dengan situs web yang digunakan.

Selain dapat meningkatkan keamanan adanya penggunaan SSL juga memberikan manfaat tambahan dalam sisi kepercayaan dan reputasi. Situs web yang telah menggunakan SSL akan menunjukan tanda pengunci hijau di bilah alamat browser. Tidak hanya itu URL pada website juga akan dimulai https:// sebagai tanda bahwa situs tersebut aman dan terenkripsi. Adanya dua hal tersebut tentunya akan memberikan keyakinan kepada pengguna saat berinteraksi dengan situs yang sah dan terpercaya. Dampak lainnya yang dirasakan berupa terjadi peningkatan kepercayaan pengguna di masyarakat terhadap situs tersebut karena data atau hal sensitif dapat terjaga dengan baik.

Sehingga dapat dikatakan bahwa SSL merupakan protokol keamanan yang penting untuk melindungin keamanan dan privasi pengguna saat beraktivitas online. Apalagi menggunakan enkripsi data dan autentikasi sertifikat digital membuat SSL dapat memastikan data atau informasi sensitif tetap terlindungi. Tidak lupa penggunaan SSL pada website memberikan manfaat tambahan berupa kepercayaan dan reputasi bagi situs web yang mengimplementasikannya. Pada akhirnya penggunaan SSL menjadi salah satu elemen yang dapat memastikan bahwa keamanan dan kepercayaan ekosistem internet menjadi semakin baik. Kini setelah mengetahui secara permukaan atas SSL maka pastinya para pembaca memiliki pertanyaan berupa:

Dimana penyedia SSL terbaik yang dapat digunakan untuk para pemilik website???

Setelah sekian lama mencari pihak penyedia SSL terbaik akhirnya penulis jatuh kepada pihak yang bernama SSL Indonesia. Dimana SSL Indonesia merupakan penyedia SLL terbaik yang digunakan oleh para pemilik website. Selain itu dapat dikatakan bahwa SSL Indonesia juga menawarkan sebuah solusi lengkap untuk pengalaman online yang lebih aman. Hal tersebut karena berbagai macam produk Sertifikat SSL Premium, Email signing seperti S/MIME, Verified Mark Certificate (VMC), dan SOC for Small-Medium Business. Beragam produk tersebut hanya untuk dapat memastikan keamanan dan integritas data penggunannya. SSL Indonesia juga dikenal sebagai Global Platinum Partners dari berbagai Otoritas Sertifikasi (CA) ternama seperti Digicert, Symantec, GeoTrust, Thawte, RapidSSL, Globalsign, dan Sectigo. Kondisi tersebut menciptakan layanan SSL Indonesia atas jaminan kualitas dan keandalan layanan untuk menjaga keamanan online bagi para pemilik website.

Setelah berselancar pada webiste SSL Indonesia ada banyak sekali hal menarik. Salah satu hal menarik tersebut berupa jaminan terhadap kualitas layanan yang diberikan. Jaminan tersebut berupa 30 hari uang kembali. Sudah sangat yakin bahwa dalam dunia SSL terdapat proses penerbinat sertifikat yang rumit dan dipenuhi kendala. Dengan adanya jaminan yang dikeluarga oleh SSL Indonesia akan memberikan kepercayaan bagi para pemilik website. Belum lagi adanya jaminan yang diberikan oleh SSL Indonesia memberikan kepastian bahwa apabila terjadi masalah diluar pengguna maka pengembalian dana penuh dilakukan dalam 30 hari. Jaminan tersebut juga menunjukan komitman SSL Indonesia dalam memberikan layanan terbaik. Selain itu jaminan tersebut juga digunakan untuk memastikan kepuasan pelanggan dalam menjaga keamanan online bagi para pemilik website.

SSL Indonesia juga menawarkan harga yang jauh nyaman bagi para pemilik website dengan berbagai latar belakang. Memang SSL Indonesia memberikan penawaran yang luar biasa dalam sisi harga tanpa harus mengorbankan kualitas layanan. Dimana harga yang ditawarkan sangatlah kompetitif karena memiliki akses ke sumber daya SSL Indonesia terbaik. Para pemilik website akan mendapatkan layanan maksimal dengan harga yang minimal. Pada akhirnya hal tersebut menunjukan bahwa SSL Indonesia tidak hanya fokus kepada layanan saja tetapi juga kesejahteraan finansial pemilik website. Sehingga layanan SSL Indonesia akan terjangkau bagi para pemiliik website dengan beragam latar belakang.

Untuk proses pemesanan Sertifikat SSL dari SSL Indonesia dibuat sangatlah gampang untuk dilakukan. Pertama berupa pastikan server dalam kondisi siap dan catat informasi WHOIS domain yang sudah diperbarui. Disini pastikan lagi informasi Registrant Domain menampilkan data yang akurat tanpa menggunakan alat penyembunyi identitas pemilik domain. Langkah berikutnya berupa melakukan generate terhadap Certificate Signing Request (CSR) kepada server yang akan dipasangkan SSL Certificates. Setelah SCR didapatkan maka masukkan CSR dan informasi yang diminta ke Otoritas Sertifikasi melalui tautan yang disediakan saat melakukan pemesanan. Tidak lupa pastikan juga para pemilik website telah mempersiapkan domain dan informasi untuk proses validasi khususnya jika telah memilih Sertifikat SSL dengan validasi lanjutan seperti SSL with EV (Extended Validation). Setelah semua persyaratan telah terpenuhi maka Sertifikat SSL akan diterbitkan untuk menjaga website terlindungi dan aman. Dengan langkah yang telah dipaparkan membuat proses pemesanan Sertifikat SSL dari SSL Indonesia menjadi lebih lancar dan mudah.

Pengalaman Menggunakan Layanan SSL Indonesia

Untuk pengalaman dalam menggunakan SSL Indonesia diambil dari salah satu teman penulis. Dimana ia saat bertemu dengan penulis dengan senang hati memberikan pengalamannya. Saat itu hal pertama yang keluar dari pemikiran teman penulis berupa keputusan terbaik yang pernah dibuat olehnya. Ia juga memaparkan produk layanan SSL Indonesia juga menawarkan kualitas tertinggi dengan jaminan keamanan terbaik. Sehingga ketika digunakan membuat teman penulis tersebut akan merasa tenang ketika menggunakannya.

Sebelum menggunakan layanannya teman penulis juga terlebih dahulu menjelajahi situs web dari SSL Indonesia. Respon pertama yang dikeluarkannya berupa terkesan karena banyak layanan yang ditawarkan. Walaupun demikian tetapi teman penulis hanya menggunakan Sertifikat SSL Premium hingga Email signing secara spesifik seperti S/MIME dan Verified Mark Certificate (VMC). Dimana layanan yang digunakan tersebut benar-benar membuat teman penulis menjadi nyaman karena keamanan website terjaga. Tidak lupa teman penulis tersebut sangat terkesan atas produk yang ditawarkan yang disesuaikan terhadap kebutuhan pemilik website.

Teman penulis juga sangat menghargai atas komitmen kepuasan pelanggan yang selalu dijunjung tinggi oleh SSL Indonesia. Pihak SSL Indonesia tidak hanya menawarkan layanan berkualitas tetapi harga juga sangatlah nyaman. Saking nyamannya harga yang ditawarkan membuat setiap layanan dari pihak SSL Indonesia menjadi sangat terjangkau tanpa mengorbankan kualitasnya. Bahkan penawaran atas layanan SSL Indonesia sangat terjangkau bagi masyarakat dengan beragam latar belakang. Itu artinya teman penulis akan mendapatkan layanan terbaik dengan harga yang sangat hemat tetapi kualitas tetap terbaik.

Saat proses pemesangan sertifikat di SSL Indonesia menurut teman penulis sangatlah mudah dan transparan. Pihak SSL Indonesia bahkan sampai memberikan panduan atas langkah demi langkah yang harus diikuti. Sehingga saat teman penulis tersebut merasakan kebingungan dalam prosesnya dapat dibantu oleh petunjuk yang diberikan. Saat dilakukan komunikasi juga pihak SSL Indonesia sangat responsif dan membantu menolong atas masalah yang dihadapi. Adanya jaminan 30 hari uang kembali menurut pengalaman teman penulis memberikan jaminan tambahan. Walaupun menurut teman penulis ia masih belum pernah menggunakan layanan tersebut. Tetapi adanya layanan tersebut memberikan perasaan dijaga sampai dihargai sebagai pengguna. Hal tersebut menunjukan betapa seriusnya SSL Indonesia atas memberikan layanan terbaik bagi pelanggan.

Pada akhirnya menurut teman penulis tersebut saat menggunakan layanan dari SSL Indonesia memberikan pengalaman positif bagi dirinya. Dimana ia kini menjadi lebih aman dan tenang karena websitenya telah terlindung oleh Sertifikat SSL yang berkualitas tinggi. Tidak hanya itu ia juga merasa sangat dihargai sebagai pelanggan dengan berbagai jaminan dan layanan yang ditawarkan. Sehingga ia sangat merekomandasikan atas SSL Indonesia kepada seseorang yang sedang mencari keamanan website terbaik seperti penulis. Kini penulis juga sebagai pemilik website mulai tertarik dan ingin menggunakan layanan dari SSL Indonesia untuk melindungi website penulis dari berbagai ancaman.

Harapannya dengan mengandalkan layanan dari SSLIndonesia dalam memperoleh dan mengelola SSL Certificate menjadi jauh lebih lancar. Pemilihan Sertifikat SSL hingga instalasi didukung baik oleh SSL Indonesia dalam setiap langkah yang dilakukan. Berbagai pilihan sertifikat seperti Digicert Secure Site dan Sectigo Enterprise SSL memberikan fleksibilitas dalam menyesuaikan kebutuhan website. Hal menarik lainnya yang ditawarkan berupa harga SSL murah dan TLS murah menjadi salah satu faktor yang diperhatikan penulis. Sehingga adanya dua hal tersebut membuat tawaran dalam menunju langkah keamanan online pada website menjadi lebih terjangkau. Pada akhirnya jika para pembaca yang mencari jual Sertifikat SSL yang terpercaya dan berkualitas maka SSL Indonesia adalah tempatnya.

SSL Indonesia adalah penyedia Sertifikat SSL terbesar di Indonesia.

Sumber tulisan, gambar, dan video:

  1. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/12/indeks-literasi-digital-berdasarkan-wilayah-di-indonesia
  2. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/05/awal-2023-ada-79-juta-pengangguran-di-indonesia
  3. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/03/19/deretan-10-e-commerce-paling-bernilai-di-dunia-amazon-juaranya#:~:text=Amazon%20U%241%2C81%20triliun
  4. https://id.wikipedia.org/wiki/Bukalapak#:~:text=Bukalapak%20didirikan%20pada%20tanggal%2010,sepeda%20lipat%20dan%20fixed%2Dgear
  5. https://id.wikipedia.org/wiki/Kaskus
  6. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/20/pengguna-internet-di-indonesia-tembus-213-juta-orang-hingga-awal-2023
  7. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/18/nilai-transaksi-e-commerce-indonesia-diperkirakan-capai-us1375-miliar-pada-2025
  8. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/02/01/ini-ragam-kasus-kerentanan-keamanan-data-yang-dialami-pengguna-internet-indonesia
  9. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/28/serangan-digital-di-indonesia-meningkat-sepanjang-2021-siapa-saja-korbannya
  10. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/13/indonesia-masuk-3-besar-negara-dengan-kasus-kebocoran-data-terbanyak-dunia
  11. https://sslindonesia.com/
  12. https://www.youtube.com/watch?v=rljXHK23pMk
  13. https://www.youtube.com/watch?v=u-ccqK7SM9M
  14. https://www.youtube.com/watch?v=M1gxbErSFvw
  15. https://www.youtube.com/watch?v=8V1nyFgfEWo
  16. https://www.youtube.com/watch?v=rYRSN0o_pCk
  17. https://pixabay.com/id/photos/tangan-makro-tanaman-tanah-tumbuh-1838658/
  18. https://www.youtube.com/watch?v=Ef2QNHnCmuE
  19. https://www.youtube.com/watch?v=_rDQu7uT0ok
  20. https://www.youtube.com/watch?v=ZoG3ls1GSF0

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pentingnya Penggunaan SSL dalam Keamanan Online"

Posting Komentar