Yamaha LEXi LX 155 Solusi Mobilitas Mahasiswa

Indonesia merupakan bangsa yang besar terlihat dari berbagai hal salah satunya berupa keberagaman akan kekayaan budaya dan alam. Keberagaman atas budaya dan alam menciptakan landasan kuat dalam memajukan bidang-bidang lainnya seperti sosial, ekonomi, sampai politik. Belum lagi bentuk negara yang kepulauan membuat potensi hasil pertanian, kekayaan tambang, sampai keanekaragaman hayati sangat melimpah. Tidak hanya itu saja didalam masyarakat Indonesia terkandung semangat persatuan dan gotong royong diwariskan dari generasi ke generasi. Semua hal tersebut memperkuat kekokohan bangsa Indonesia sebagai negara terkuat di dunia.

Tentunya kemajuan yang dirasakan saat ini di Indonesia tidak bisa terlepas dari peran penting yang dimainkan oleh para pemuda. Dari sejarah masa lampau yang tertulis menunjukan sangat jelas bahwa peran pemuda menjadi pilar utama dalam perjuangan sebelum dan setelah kemerdekaan Indonesia. Sebelum kemerdekaan peran dari para pemuda menjadi tulang punggu dalam pergerakan nasional yang memperjuangkan cita-cita kemedekaan dan hak-hak rakyat Indonesia dari tangan penjajah.

Buktinya terlihat dari pembentukan organisasi Budi Utomo yang diprakarsai oleh pemuda di tahun 1908. Organisasi tersebut telah berhasil menggalangkan kesadaran nasional dan semangat persatuan di tengah kondisi masyarakat bersifat kedaerahan. Setelah itu munculah pergerakan nasional lainnya yang menyatukan seluruh lapisan masyarakat dari Sabang sampai Merauke melalui Gerakan Sumpah Pemuda tahun 1928. Sumpah tersebut menegaskan semangat pesatuan bangsa Indonesia dalam satu bahasa, satu bangsa, dan satu tanah air. Hasil perjuangan para pemuda tersebut berhasil membawa bangsa Indonesia dalam meraih kemederkaan dari tangan penjajah tanggal 17 Agustus 1945.

Walaupun sudah berlangsung sangat lama dari kemerdekaan tetapi peran pemuda masih terus berlanjut hingga saat ini. Tetapi kini peran dari para pemuda telah mengalami pergeseran yang sangat jauh. Dimana sebelum kemederkaan peran pemuda yaitu menghantarkan masyarakat Indonesia ke pintu kemerdekaan. Dari peran tersebut mempunyai tantangan yang harus dihadapi hanya satu arah yaitu penjajah.

Sedangkan saat kemerdekaan telah didapatkan maka peran pemuda menjadi pihak yang mengisi kemerdekaan. Saat menjalankan peran di masa setelah kemederkaan ada banyak sekali oknum jahat yang menjadi penghalang. Dimana oknum jahat tersebut bisa berasal dari luar negeri ataupun dalam negeri. Walaupun demikian para oknum jahat tersebut tidak segan-segan untuk melakukan hal yang kurang baik bagi masyarakat Indonesia hanya demi kepentingan pribadi tercapai. Dari sekian banyak bentuk kegiatan yang dilakukan oleh oknum jahat salah satunya berupa korupsi.

Kata korupsi berasal dari Bahasa latin yaitu Corruptus dan Corruption dengan arti buruk, menyimpang dari kesucian, atau memfitnah. Sedangkan dalam Black Law Dictionary yang terdapat pada modul Tindak Pidana Korupsi KPK memaparkan bahwa korupsi merupakkan perbuatan yang dilakukan dengan memiliki tujuan untuk mendapatkan berupa keuntungan yang bertentangan dengan tugas resmi dan kebenaran lainnya.

Berdasarkan laporan yang dimiliki oleh Indonesia Corruption Watch (ICW) memaparkan ada 533 penindakan kasus koruspi yang telah dilakukan Aparat Penegak Hukum (APH) sepanjang 2021. Kasus yang dilakukan tersebut memiliki total potensi kerugian negara sebanyak Rp 29,44 triliun. Secara tren akan nilai potensi kerugian cenderung terus meningkat dengan periode 2017-2021 seperti pada gambar diatas.

Jika saja angka biaya yang dikorupsi tersebut dapat benar-benar digunakan untuk kebutuhan masyarakat secara luas seperti pembangunan fasilitas publik. Sudah pasti di kehidupan sehari-hari masyarakat akan dapat merasakan fungsi fasilitas publik seperti sekolah sampai rumah sakit yang terkadang tidak mampu menampung masyarakat yang datang. Jika pun jumlahnya terpenuhi dibeberapa lokasi kondisinya cukup memperihatikan.

Untuk fasilitas sekolah terkadang ada banyak kerusakan dari sisi bangunan ataupun dari jumlah buku atau hal lain. Sedangkan fasilitas rumah sakit daya tampung yang tidak mampu memenuhi jumlah masyarakat yang sakit atau alat yang tidak ada karena rusak atau hal lain. Sehingga dana yang dikorusi seharunsnya dapat memperbai atau mengapgrade akan fasilitas publik bagi masyarakat yang ada di Indonesia.

Berbicara mengenai kasus korupsi di Indonesia seperti penyakit yang selalu menggerogoti kehidupan masyarakat secara perlahan-lahan. Dengan pengibaratan sebagai penyakit maka kasus korupsi sangat sulit dihilangkan dan selalu berpotensi menyerang kehidupan masyarakat. Secara contoh dalam sektor pelayanan publik seringkali terjadi praktek korupsi dari oknum petugas yang meminta suap untuk memberikan pelayanan yang seharusnya gratis atau telah dibayar oleh negara. Begitu pula dalam sektor bisnis akan banyak praktik suap dan nepotisme yang kerap terjadi pada proses perizinan dan pengadaan proyek yang akan dilakukan.

Sedangkan untuk kasus korupsi yang viral di Indonesia salah satunya atas dana investasi yang dilakukan oleh Asuransi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Asabri). Atas penyelidikan yang dilakukan merugikan negara mencapai angka Rp 22,78 triliun. Menurut Badan Pemeriksaan Keuangan RI angka kerugian tersebut dilakukan oleh oknum di PT Asabri tahun 2012-2019. Setelah penyelidikan berlangsung akhirnya para oknum yang terlibat dijatuhi hukuman. Hukuman yang diberikan seperti penjara 15-20 tahun sebagai bentuk pertanggungjawaban atas perbuatan korupsi yang dilakukan.

Kasus korupsi tersebut tidak hanya merugikan negara secara finansial saja tetapi juga turut menggerogoti kepercayaan masyarakat terhadap lembaga keuangan dan pemerintah. Walaupun sudah dijatuhkan hukuman yang cukup setimpal tetapi nyatanya masih banyak kasus korupsi yang terjadi. Menurut Laporan Transparency Internasional terbaru menunjukkan bahwa indeks persepsi korupsi (IPK) Indonesia tercatat berada di angka 34 poin dari skala 0-100 pada 2022. 

Dari nilai tersebut mengalami penurunan 4 poin dari pada tahun sebelumnya. Penurunan IPK tersebut turut mempengaruhi akan urutan IPK Indonesia di kanca global. Sehingga hal tersebut di tahun 2022 IPK Indonesia berada di peringkat ke-110 yang sebelumnya berada di peringkat ke-96 secara global.

Jika kasus korupsi yang terjadi terus di Indonesia akan turut mempengaruhi masa depan ke arah yang merugikan. Hal tersebut karena adanya kasus korupsi akan dapat merusak struktur sosial, ekonomi, sampai politik di Indonesia. Dilihat secara global adanya korupsi akan menghambat pertumbuhan ekonomi karena investor merasa tidak aman karena ketidak percayaan terhadap Indonesia. Ketidak percayaan tersebut membuat perputaran ekonomi yang digerakan oleh investor dari penanaman modal tidak berjalan. Ketika hal tersebut terjadi akan membuat masyarakat menjadi sulit mencari pekerjaan sampai memenuhi kebutuhan sehari-hari dalam menjalani kehidupannya.

Untuk mencegah tindakan kasus korupsi yang merusak di tubuh Indonesia diperlukan solusi yang komprehensif dan terkoordinasi. Langkah-langkah yang perlu diambil antara lain adalah memperkuat sistem pengawasan dan transparansi dalam pengelolaan keuangan publik serta proses pengadaan proyek, meningkatkan integritas dan etika di kalangan pejabat pemerintah. Selain itu diberikan pula pendidikan dan penyuluhan publik mengenai bahaya sampai konsekuensi korupsi juga sangat penting dibarengi akan penegakan hukum yang tegas dan adil terhadap pelaku korupsi. Dengan adanya solusi tersebut diharapkan akan dapat diciptakan lingkungan yang lebih bersih, transparan, dan akuntabel. Semua hal tersebut bertujuan untuk dapat mengurangi risiko terjadinya kasus korupsi di masa depan dan memastikan kemajuan yang berkelanjutan bagi Indonesia.

Tetapi untuk merealisasikan tindakan yang dipaparkan diatas diperlukan kontribusi yang besar dari Sumber Daya Manusia (SDM) yang berasal dari para pemuda khususnya para mahasiswa. Para mahasiswa akan memiliki peran penting sebagai agen perubahan dalam memerangi korupsi yang akan terjadi saat melakukan pekerjaan dimana depan. Apalagi para mahasiswa Indonesia merupakan generasi penerus yang akan membentuk masa depan Indonesia ke arah yang lebih baik. Maka dari itu para mahasiswa tersebut harus diberikan pendidikan yang berkualitas sebagai garda terdapat menciptakan budaya anti-korupsi di masyarakat.

Namun untuk mendapatkan pendidikan berkualitas aksesnya sangat sulit. Hal tersebut karena pendidikan berkualitas biasanya terdapat di fasilitas pendidikan yang dilengkapi oleh dosen sampai hal lainnya berada di kota-kota besar. Maka untuk mendorong mahasiswa dapat meraih pendidikan berkualtias dari fasilitas pendidikan dibutuhkan moda transportasi darat yang handal dan terjangkau bagi mahasiswa. Moda transportasi yang dibutuhkan tersebut sudah sangat ditopang oleh perusahaan otomotif yang sudah terkenal di Indonesia dengan nama Yamaha.

Yamaha jika diberikan kepada para pembaca yang ada di masyarakat terkadang terdapat perbedaan pendapat. Dimana perbedaan tersebut karena Yamaha dikenal oleh masyarakat sebagai perusahaan yang memproduksi akan alat musik. Banyak sekali produk alat musik yang dihasilkan seperti piano, drum, gitar, sampai biola. Produk musik tersebut dikenal juga memiliki standar mutu yang tinggi agar dapat memenuhi kebutuhan profesional para musisi untuk tampil di aatas panggung. Sehingga adanya berbagai alat musik yang diproduksi oleh Yamaha telah berkontribusi sangat besar dalam memberikan pengalaman yang berwarna di seluruh dunia.

Berbicara produk Yamaha tidak hanya berfokus kepada peralatan musik saja tetapi masih banyak lagi seperti sepedah motor. Dimana produk sepedah motor diproduksi oleh Yamaha Motor Co., Ltd. yang didirikan tahun 1955. Dibentuknya produk sepedah motor tersebut dibawah kepemimpinan dari Genichi Kawakami yang berhasil sukses melalui produksi sepeda motor YA-1.

Melalui produk sepedah motor YA-1 dengan kapasitas 125cc telah memenangkan berbagai macam lomba serta turut memperkuat reputasi Yamaha dalam industri sepedah motor. Setelah berjalannya waktu maka produksi Yamaha tidak hanya sepedah motor saja tetapi juga skuter. Sekian banyak skuter yang dihasilkan oleh Yamaha salah satunya dikenal oleh masyarakat dengan nama Yamaha LEXi (Yamaha LEXi) 155.

Yamaha LEXi LX 155 menawarkan variasi yang sangat beragam berbeda-beda yaitu Standar, S version, dan ABS. Dalam variasi Standar menyediakan fitur kunci seperti mesin 155 VVA BlueCore untuk performa yang optimal. Selain itu juga terdapat garansi 5 tahun yang mencakup berbagai komponen penting seperti rangka, sistem injeksi bahan bakar (Fi), dan silinder Diasil serta piston yang disempurnakan.

Fitur lainnya meliputi flat footboard untuk kenyamanan pengendara, jok yang panjang, serta lampu depan dan belakang LED untuk visibilitas yang lebih baik. Dengan bobot yang paling ringan di kelasnya dan desain maksimal yang menawan membuat varian Lexi LX 155 Standar juga dilengkapi dengan fitur-fitur modern seperti handle switch control, soket daya elektrik untuk pengisian gadget, dan speedometer full digital.

Sementara itu untuk varian S ada beberapa tambahan dalam sentuhan premium dengan fitur-fitur tambahan seperti Velg berwarna emas yang menambahkan kesan mewah serta Smart Key System dan Start-Stop System untuk kenyamanan dan keamanan tambahan. Sokbreaker model tabung memberikan peningkatan dalam kenyamanan berkendara. 

Sedangkan untuk varian ABS selain menyertakan semua fitur dari varian S juga menambahkan sistem rem ABS yang memberikan keamanan ekstra saat berkendara di berbagai kondisi jalan. Tambahan koneksi Y-Connect juga memberikan kemampuan untuk terhubung dengan berbagai fitur dan layanan modern yang terintegrasi dengan aplikasi Yamaha. Dengan pilihan varian yang beragam pada Yamaha LEXi LX 155 menawarkan pengalaman berkendara yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pengendara modern.

Bagaimana Yamaha LEXi LX 155 dapat menjadi solusi kebutuhan berkendara mahasiswa saat ini?

Pada produk Yamaha LEXi LX 155 akan dapat menjadi sebuah solusi untuk kebutuhan berkendara mahasiswa dalam mencapai fasilitas pendidikan terbaik yang sangat jauh ditopang oleh berbagai fitur yang ada. Maka dari itu berikut ini pemaparan dalam menjawab pertanyaan diatas melalui fitur yang dimiliki oleh Yamaha LEXi LX 155 yaitu:

Teknologi MAXi Power 155cc Blue Core & VVA pada Yamaha LEXi LX 155 membuat mahasiswa akan dengan mudah menaklukkan berbagai tantangan medan terutama tanjakan curam yang kadang menghalangi akses ke fasilitas pendidikan terbaik yang letaknya jauh dan berliku-liku. Mesin Blue Core berkapasitas 155cc yang dilengkapi dengan liquid cooled, SOHC, dan 4 valves yang memberikan daya yang kuat, efisien, dan andal di setiap putaran mesin. Sehingga memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan yang akan memungkinkan mahasiswa untuk mencapai tujuan mereka dengan lebih lancar dan cepat walaupun harus melewati tanjakan yang sanagt curam. Selain itu adanya teknologi tersebut pada Yamaha LEXi LX155 pengalaman mundur atau tidak kuat menanjak akan tidak dirasakan lagi oleh mahasiswa saat menggunakan produk Yamaha LEXi LX 155.

Anti-Lock Braking System (ABS) adalah fitur penting dalam kendaraan. Hal tersebut karena akan dapat memberikan kontrol pengereman yang lebih optimal yang akan meningkatkan kenyamanan bagi pengendara. Dengan adanya ABS membuat mahasiwa sebagai pengguna akan dapat merasakan rem tidak akan terkunci saat menghadapi kondisi pengereman mendadak terutama pada turunan yang curam. Keunggulan lainnya dari ABS terletak pada kemampuannya untuk menjaga traksi ban dengan permukaan jalan yang baik sehingga menjadikannya sebagai fitur keselamatan yang sangat penting dalam situasi pengereman yang kritis. Dengan adanya ABS membuat mahasiswa sebagai pengendara dapat merasa lebih percaya diri dan aman saat berkendara terutama saat melewati turunan yang curam.

MAXi Long Seat pada Yamaha LEXi LX 155 merupakan fitur yang sangat mendukung kenyamanan berkendara baik saat solo maupun berboncengan. Dengan desain yang elegan dan berukuran panjang membuat seat ini memberikan ruang yang cukup untuk mahasiwa baik itu sebagai pengendara maupun penumpang. Meskipun menempuh perjalanan berpuluh-puluh kilometer para pengguna LEXi LX 155 dapat merasa nyaman berkat seat yang dirancang dengan memperhatikan aspek kenyamanan. Dengan demikian maka Yamaha LEXi LX 155 tidak hanya memberikan performa yang handal tetapi juga menawarkan kenyamanan optimal bagi penggunanya. Sehingga akan dapat memastikan bahwa perjalanan menuju pendidikan yang lebih baik menjadi pengalaman yang menyenangkan dan nyaman bagi para mahasiswa.

Electric Power Socket pada Yamaha LEXi LX 155 merupakan fitur yang sangat berguna bagi mahasiswa yang sering melakukan perjalanan jarak jauh. Dengan adanya soket daya listrik ini membuat mahasiswa senagai pengendara dapat dengan mudah mengisi daya gadget selama perjalanan. Hal tersebut hanya demi memastikan bahwa komunikasi selalu terhubung dan tidak terganggu dari gadget yang digunakan walaupun diperjalanan. Dengan Electric Power Socket membuat mahasiswa tidak perlu khawatir kehabisan daya gadgetnya. Sehingga mahasiswa masih tetap dapat tetap terhubung dengan informasi penting selama perjalanan melalui grop komunikasi mahasiswa yang ada di gadgetnya.

Sub-Tank Suspension pada Yamaha LEXi LX 155 adalah tambahan yang sangat berharga untuk mendukung performa berkendara yang nyaman. Dengan teknologi suspensi tersebut maka mahasiswa sebagai pengguna dapat melewati jalan-jalan yang rusak dengan lebih mudah dan nyaman. Sub-Tank Suspension membantu meredam goncangan dan getaran dari permukaan jalan yang tidak rata sehingga memberikan pengalaman berkendara yang lebih halus dan stabil. Sehingga adanya fitur tersebut maka mahasiswa akan dapat dengan mudah mencapai fasilitas pendidikan terbaik walaupun terdapat tantangan akan jalan yang sulit dan rusak sekalipun akan terasa nyaman dan aman.

Tubeless Wide Tire pada Yamaha LEXi LX 155 dengan ukuran ban depan 90/90 - 14" dan ukuran ban belakang 100/90 - 14". Ukuran tersbebut akan memberikan pengalaman berkendara yang nyaman dan stabil saat bermanuver saat melintasi jalan yang rusak atau tidak rata. Untuk mahasiswa yang berusaha mencapai fasilitas pendidikan yang berkualitas demi mendapatkan ilmu pengetahuan terbaik fitur ini menjadi sangat penting. Ban yang lebih lebar dan tidak menggunakan tabung memberikan daya cengkram yang lebih baik pada permukaan jalan. Sehingga memungkinkan mahasiswa untuk melewati rintangan jalan dengan lebih mudah dan aman.

LED Front & Rear Lamp pada Yamaha LEXiLX 155 tidak hanya memberikan pencahayaan yang terang dan awet. Lampu depan dilengkapi dengan blue lense berbentuk V-Lines yang menambah daya tarik estetika sekaligus memberikan pencahayaan yang optimal. Bagi mahasiswa yang sering melewati jalan yang rusak atau gelap saat menuju fasilitas pendidikan yang berkualitas adanya fitur ini sangat membantu dalam meningkatkan visibilitas dan keamanan. Dengan pencahayaan yang terang dan tidak menyilaukan dari lampu LED maka mahasiswa dapat menghadapi tantangan jalan yang gelap dengan lebih percaya diri dan aman.

Stop & Start System (SSS) pada Yamaha LEXi LX 155 memberikan kontribusi signifikan dalam membantu mahasiswa melewati perjalanan menuju fasilitas pendidikan yang berkualitas dengan lebih efisien. Ketika motor berhenti maka SSS secara otomatis mematikan mesin untuk mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu. Terutama saat melewati jalan yang rusak atau macet sering kali terjadi berhenti sejenak maka fitur SSS ini memberikan manfaat ekstra dalam mengoptimalkan penggunaan bahan bakar. Sehingga dana yang dibelikan untuk bahan bakar menjadi lebih minimal dan dapat dialih fungsikan dana tersebut untuk hal lain dalam aktifitas perkualiahan mahasiswa.

Smart Key System pada Yamaha LEXi LX 155 memberikan kontribusi yang signifikan dalam memudahkan mahasiswa dalam aktivitas sehari-hari. Dengan sistem kunci canggih tanpa anak kunci (keyless) membuat mahasiswa tidak perlu lagi khawatir tentang membawa kunci fisik. Adanya fitur answer back system akan memudahkan dalam menemukan posisi parkir yang juga turut memberikan kenyamanan tambahan. Adanya fitur tersebut tidak hanya menghemat waktu dan usaha tetapi juga memberikan rasa aman dan kepraktisan bagi mahasiswa yang memiliki jadwal padat dan mobilitas tinggi dalam menemukan Yamaha LEXi LX 155 ketika berada luar saat parkir.

Selain itu terdapat juga garansi 5 Tahun/50.000 Km yang ditawarkan oleh Yamaha LEXi LX 155 mencakup perlindungan terhadap rangka, komponen FI, DiASil Cylinder, dan Forged Piston. Hal tersebut akan memberikan kepastian dan jaminan tambahan bagi mahasiswa yang menggunakan kendaraan ini dalam rutinitas aktifitas mobilitas mahasiswa. Apalagi mahasiswa sebagai pengguna memiliki mobilitas yang tinggi dan jadwal yang padat maka garansi yang luas seperti ini memberikan ketenangan pikiran ekstra. Selain itu mahasiswa juga dapat yakin bahwa kendaraan yang digunakan akan melindungi selama bertahun-tahun ketika digunakan. Kondisi tersebut memberikan mahasiwa fokus yang lebih besar pada studi dan kegiatan ekstrakurikuler tanpa khawatir tentang masalah kendaraan yang tak terduga.

Dalam melihat kebutuhan mobilitas masa kini bagi mahasiswa maka adanya produk Yamaha LEXi LX 155 telah membuktikan dirinya sebagai solusi untuk mendukung dalam mobilitas ke fasilitas pendidikan. Dengan fitur-fitur canggih seperti Smart Key System dan Stop & Start System membuat Yamaha LEXi LX 155 memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam penggunaan sehari-hari mahasiswa. Sementara adanya garansi 5 tahun memberikan kepastian tambahan.

Dalam konteks pasar skutik klasik produk Yamaha LEXi LX 155 menyajikan nilai yang luar biasa sebagai motor skutik maxi paling terjangkau. Meskipun memiliki sejumlah fitur unggulan yang biasanya terkait dengan motor kelas atas seperti Yamaha Nmax. Tetapi Yamaha LEXi LX 155 tetap mempertahankan pesona dan kepraktisan motor skutik klasik. Dengan demikian maka Yamaha LEXi LX 155 bukan hanya sekadar pilihan kendaraan tetapi juga representasi dari inovasi dan kesesuaian dengan kebutuhan masa kini bagi mahasiswa yang ingin menjalani gaya hidup yang dinamis dan efisien.

Sumber tulisan, gambar, dan video:

  1. https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/manokwari/id/data-publikasi/berita-terbaru/3026-tindak-pidana-korupsi-pengertian-dan-unsur-unsurnya.html
  2. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/04/19/tren-kerugian-negara-akibat-korupsi-meningkat-dalam-5-tahun-terakhir
  3. https://aclc.kpk.go.id/aksi-informasi/Eksplorasi/20231120-tiga-kasus-korupsi-dengan-kerugian-negara-terbesar-di-indonesia
  4. https://id.wikipedia.org/wiki/Yamaha
  5. https://id.wikipedia.org/wiki/Yamaha_Motor_Company
  6. https://id.wikipedia.org/wiki/Yamaha_Lexi
  7. https://www.yamaha-motor.co.id/product/lexi-lx-155/
  8. https://youtu.be/PXyG09MwdtI
  9. https://www.youtube.com/watch?v=FHD76yh3Ddw
  10. https://www.youtube.com/watch?v=7l9VlHYm2Og
  11. https://www.youtube.com/watch?v=-nwZHYZ303s
  12. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/01/indeks-persepsi-korupsi-indonesia-memburuk-pada-2022
  13. https://www.youtube.com/watch?v=e2fWQulBcIM
  14. https://www.youtube.com/watch?v=ctF7exBOECk
  15. https://www.youtube.com/watch?v=4PQ1FU5Jn9c
  16. https://www.alfascorpii.co.id/

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Yamaha LEXi LX 155 Solusi Mobilitas Mahasiswa"

Posting Komentar