Memandang Masa Depan melalui Jejak Kekuatan dan Keteguhan pada Usia 128 Tahun menuju Indonesia Emas 2045

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki tanah air yang subut lengkap dengan kekayaan akan keberagaman di kehidupan masyarakat. Tetapi selain itu Indonesia juga dikenal sebagai masyarakat dengan daya juang yang membara dan ketangguhan sebagai bangsa. Hal tersebut dapat terlihat dari sejarah panjang Indonesia akan banyaknya cerita heroik tentang perjuangan. Dimana perjuangan tersebut dilakukan tanpa kenal lelah yang bermodal bambu runcing untuk merealisasikan kemerdekaan. Bahkan setiap langkah atas perjuangan yang dilakukan sampai setiap tetes keringan para pahlawan bukti akan keteguhan hati dan tekad untuk menggapai mimpi akan Indonesia yang merdeka, sejahtera, dan berdaulat.

Tentunya semangat kerja keras yang membara dari para pahlawan di masa lampau masih terasa sampai ke genearasi selanjutnya. Sehingga hal tersebut mendorong generasi mendatang untuk terus mengatasi tantangan agar dapat mengejar cita-cita luhur dalam menciptakan Indonesia yang lebih baik. Walaupun sudah pasti terdapat perbedaan akan tindakan yang dilakukan oleh para pahlawan dengan generasi muda saat ini. Jika tindakan yang dilakukan para pahlawan melalui tindakan fisik berupa perlawan menggunakan bambu runcing. Kini tindakan para pahlawan tersebut mulai bertransformasi karena sudah berhasil mendapatkan kemerdekaan berupa mengisi kemerdekaan. Tetapi didalam kenyataan ada juga para pahlawan yang melakukan perlawanan melalui gerakan fisik seperti membantu kehidupan masyarakat melalui bidang ekonomi. Salah satunay dilakukan oleh para pendiri dari Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Berdasarkan sejarah yang selalu dipaparkan pada berbagai macam media BRI didirikan di Purwokerto. Dimana sosok pendirinya dikenal dengan nama Raden Aria Wiriatmaja. Pada awalnya nama pertama bukan BRI tetapi De Poerwokertosche Hulpen Spaarbank der Indlandsche Hoofden. Awal mula bidang yang dikelola berupa dana kas masjid yang akan disalurkan kepada masyarakat melalui skema yang cukup efektif dan efesien. Kegiatan tersebut terjadi di tahun sebelum kemerdekaan yang lebih tepatnya tahun 1895.

Tetapi di tanggal 16 Desember 1895 secara resmi dibentuklah Hulpen Spaarbank der Indlandsche Bestuurs Ambtenareen atau dikenal oleh masyarakat dengan nama “Bank Perkreditan Rakyat” pertama di Indonesia. Beberapa waktupun berlalu sehingga mengalami perubahan nama seperti yang terjadi tahun 1897 menjadi De Poerwokertosche Hulpen Spaar-en Landbouw Credietbank (Volksbank) atau dikenal dengan “Bank Rakyat”. Tetapi ketika memasuki tahun 1912 berubah lagi menjadi Centrale Kas Voor Volkscredietwezen Algemene. Ketika sudah berada di tahun 1934 menjadi Algemene Volkscredietbak (AVB). Pada masa pendudukan Jepang di tahun 1942 nama AVB berubah menjadi Syomin Ginko.

Tanggal 22 Februari 1946 barulah pihak Pemerintah Indonesia mengubah lembaga ini menjadi Bank Rakjat Indonesia (BRI). Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Pemerintah No.1 tahun 1946. Kondisi tersebut membuat Pemerintah Republik Indonesia memiliki bank pertamanya. Tetapi saat memasuki tahun 1960 pemerintah mengubah nama BRI menjadi Bank Koperasi Tani dan Nelayan (BKTN). Bank-bank yang terlibat peleburan berupa BRI, Bank Tani dan Nelayan (BTN) dan Nederlandsche Handels Maatschapij (NHM).

Saat memasuki tahun 1965 barulah dilakukan integrasi ke dalam Bank Indonesia melalui nama Bank Indonesia Urusan Koperasi, Tani, dan Nelayan (BIUKTN) dan Bank Negara Indonesia Unit II Bidang Ekspor-Impor. Hal tersebut dilakukan sesuai dengan aturan berupa Undang-Undang No.21 Tahun 1968. Sehingga pada saat itu pihak pemerintah menetapkan kembali nama Bank Rakyat Indonesia sebagai bank Umum.

Berdasarkan aturan berupa Undang-Undang Perbankan No.7 tahun 1992 maka pada Bank BRI berubah status secara hukum menjadi PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero). Tanggal 10 November 2003 barulah bank BRI menjadi Perseroan Tebuka. Hal tersebut tercatat sahamnya pada Bursa Efek Jakarta atau Bursa Efek Indonesia dengan kode saham BBRI. Langkah stategis pun dilakukan bank BRI melalui berbagai macam cara seperti mengakuisisi. Salah satu bank yang diakusisi berupa Bank Jasa Artha (BJA) di tahun 2007. Hasil dari akuisisi tersebut berupa dikonversi menjadi PT. Bank Syariah BRI. Maka unit Usaha Syariah BRI dilakukan pemisahan (spin off) dari bank BRI dan digabungkan ke dalam PT. Bank Syariah BRI pada 1 Januari 2009.

Ketika memasuki tahun 2011 lebih tepatnya di tanggal 11 Januari 2011 maka bank BRI melakukan stock split. Dari kegiatan stock split tersebut berupa saham yang semula di jual Rp 500 per saham kini dipecah menjadi Rp 250 per saham. Tujuan dilakukan stock split tersebut untuk meningkatkan likuiditas perdagangan saham dan memperluas penyebaran kepemilikan saham Perseroan di Bursa Efek Indonesia. Sedangkan saat berada di tanggal 3 Maret 2011 maka bank BRI nyatanya kembali melakukan corporate action dengan melakukan pendatanganan Akta Akusisi dengan Dana Pensiun Perkebunan (Daperbun) untuk mengakuisisi dan menjadi pemagam saham pengendali bagi PT Bank Agroniaga Tbk.

Tidak hanya itu saat berada di tahun 2011 lebih tepatnya di tanggal 16 Desember 2016 diperingati oleh HUT (Hari Ulang Tahun) Bank BRI ke-116 tahun. Tepat di tanggal tersebut Bank BRI melakukan corporate action melalui penandatanganan Instrument of Transfer dan Bought dan Sold Notes antara pihak Bank BRI dengan Asuransi Jiwa BRIngin Jiwa Sejahtera atas saham BRIngin Remittance Co.Ltd (Hong Kong). Memasuki tahun 2013 maka Bank BRI menjadi bank pertama menyediakan layanan self-service banking di Indonesia melalui BRI Hybrid Banking.

Pihak Bank BRI juga terus saja memberikan layanan terbaik kepada para nasabahnya. Dimana hal tersebut dapat terlihat dari pertumbuhan jumlah Automated Teller Machine (ATM) mencapai 20.792 unit ATM. Selain itu terdapat pula mesin Electronic Data Capture (EDC) yang telah mencapai 131.204 unit. Dengan angka tersebut membawa Bank BRI menjadi bank yang memiliki jaringan ATM dan EDC terbesar di Indonesia.

Tanggal 28 April 2014 juga pihak Bank BRI melakukan sebuah langkah yang besar bagi bangsa Indonesia. Dimana Bank BRI melakukan penandatanganan Kontrak Pengadaan Satelit dan Peluncuran Satelit BRI (BRIsat) dengan Space Systems/Loral (SSL) dan Arianespace. Adanya hal tersebut membuat bank BRI menjadi satu-satunya bank pertama dan satu-satunya di dunia yang mengoprasikan satelit secara mandiri.

Dalam rangka kembali memperluas dan memperkuat jaringan bisnis perbankan di kawasan Asia maka bank BRI kembali menambah jumlah jaringan kerja konvensional. Melalui pembukaan kantor di jantung kota Singapura yang lokasinya berada di OUE Bayfront, 50 Collyer Quay, Singapura. Pembukaan kantor cabang tidak hanya di Singapura saja tetapi ditempat lain juga dilakukan seperti BRI New York Agency, BRI Cayman Island Branch, Hong Kong Representative Office, dan BRI Remittance Hong Kong.

Inovasi yang dilakukan bank BRI tidak hanya itu saja masih banyak lagi khususnya di tahun 2015 bank BRI menjadi satu-satunya bank yang mengoperasikan unit kerja dalam bentuk kapal dikenal dengan nama “Teras BRI Kapal”. Pada pengoperasian layanan tersebut didukung oleh teknologi informasi yang canggih dilengkapi oleh sumber daya manusia yang handal. Agar lebih maksimal dalam memberikan layanan maka layanan tersebut dilengkapi juga oleh petugas teller dan customer service serta petugas kredit mikro. Paling istimewa dari layanan tersebut berupa adanya 1 unit ATM yang ada di atas kapal dengan operasional selama 24 jam secara Online.

Meskipun telah berdiri selama bertahun-tahun lamanya nyata bank BRI tidak luput dari tantangan dalam setiap operasional kegiatan yang dilakukan. Dimana BRI juga menghadapai berbagai masalah yang dapat mempengaruhi kualitas pelayanan kepada nasabahnya. Beberapa masalah tersebut melibatkan teknologi sampai keamanan yang dapat mempengaruhi ketidakpuasan pelanggan. Berikut ini beberapa contoh tantangan yang diharapi oleh bank BRI dalam memberikan layanan kepada masyarakat berupa:

Pertama berupa pelayanan BRI yang kurang profesional. Hal tersebut dipaparkan oleh salah satu nasabah BRI BRITA yang merasakan layanan di Cabang Jatibarang. Dimana pelanggan tersebut sering melakukan penarikan di lain Cabang atau Unit Online tidak ada masalah walaupun terbebani oleh biaya administrasi. Tetapi saat melakukan penarikan di tanggal 8 Desember 2010 dengan menggunakan KTP baru bukan KTP mala pada saat pembukaan rekening. Tetapi di tanggal 25 Februari 2011 pelanggan tersebut melakukan penarikan di Unit Klayan Cabang BRI Cirebon.

Nyatanya penarikan tersebut ditolak oleh Teller dengan alasan Nomor KTP yang tertera di Buku Tabungan tidak sesuai dengan No. KTP barunya. Sehingga pelanggan tersebut harus terlebih dahulu menggubungi Kantor Cabang dimana saya membuka Rekening. Dimana pelanggan tersebut menjadi bertanya-tanya akan apakah Sistem Online BRI demikian jeleknya?. Apalagi menurut pemahaman dari nasabah tersebut adanya perubahan data statis merupakan urusan Interen BRI bukan urusan Nasabah.

Kedua berupa BRImo alami gangguan. Gangguan tersebut disampaikan melalui media sosial berupa twitter. Kendala yang terjadi di BRImo tersebut sampai menjadi perbincangan dari sejak siang sampai sore hari. Maka pihak BRI melalui akun @BANKBRI_ID pun telah memberikan penjelasan terhadap permasalahan di aplikasi BRImo.

"Mohon maaf atas kendala yang dialami. Kami informasikan saat ini aplikasi BRImo sedang dilakukan proses pemeliharaan sistem untuk meningkatkan layanan BRI menjadi lebih baik," tulis akun twitter BRI, Senin, 10 Oktober 2022.

Ketiga munculnya informasi hoax yang mengatas namakan bank BRI. Biasanya hal tersebut berupa stiker yang memaparkan nomor kontak bank BRI menempel pad amesin ATM BRI. Tidak hanya itu stiker tersebut berisi beberapa hal lains eperti layanan pengaduan 24 jam sampai nomor petugas yang dapat dihubungi. Maka tidak usah heran atas informasi hoax tersebut banyak para pengguna jadi mengalami kerugian karena melakukan komunikasi dengan informasi hoax tersebut.

Pada dasarnya ada banyak tantangan yang menerjang bank BRI tetapi salah satunya telah dipaparkan diatas. Walaupun demikian tetapi pihak BRI tetap bisa saja melewati setiap masalah tersebut dengan baik. Bahkan setiap masalah tersebut diselesaikan sampai ke akar-akarnya sehingga membuat pengguna merasa nyaman dan aman saat menggunakan layanan dari bank BRI.

Bukti nyata tersebut dapat terlihat banyaknya prestasi yang didapatkan oleh bank BRI atas kinerja yang dilakukan. Dapat dikatakan bahwa semakin banyak prestasi didapatkan menandatang bahwa seseorang tersebut mampu menyelesaikan setiap tantangan yang ada dengan standar yang setinggi-tingginya sampai mendapatkan prestasi tersebut. Jika melihat ke situs dari bank BRI ada banyak sekali pengghargaan yang telah didapatkan salah satunya dipaparkan melalui gambar diatas.

Bukti bank BRI mampu menyelesaikan setiap tantangan dapat terlihat dari sisi lainnya berupa laporan keuangannya. Mengutip publikasi atas laporan keuangan yang ada di media massa memaparkan bahwa BRI telah berhasil mencatat kinerja impresif pada paruh pertama tahun dengan laba bersih sebesar Rp 29,56 triliun yang naik 18,7% secara tahunan (yoy). Tidak hanya itu pada penyaluran kredit pihak BRI juga telah tercatat berada di angka Rp 1.202,13 triliun yang meningkat 5,54% yoy pada semester I-2023. Untuk lebih jelasnya mengenai laporan keuangan dari BRI para pembaca bisa langsung mengunjungi ke situs BRI atau menanyakan secara langsung ke pihak BRI.

Adanya laporan keuangan yang solid ditambah diraihnya berbagai macam prestasi bergengsi membuat BRI tidak hanya menceriminkan kestabilan dari lembaga keuangan ini tetapi bukti nyata BRI telah bertumbuh secara kuat. Keberhasilan tersebut tidak hanya menggambarkan keandalan manajemen dan strategi perbankan yang efisien tetapi juga mencerminkan kepercayaan masyarakat sebagai pelanggan dari bank BRI. Adanya pencapaian gemilang dalam laporan keuangan dan kinerja yang konsisten membuat BRI tidak hanya menjadi bank semata bagi masyarakat. Tetapi kini BRI telah menjadi pilar keuangan yang kokoh dan dapat diandalkan bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Kini setelah mencapai usia ke 128 tahun untuk BRI maka dapat menjadi penopang utama dalam mewujudkan visi besar berupa Indonesia Emas 2045 melalui sektor keuangan. Melalui landasan keuangan yang kuat maka BRI tidak hanya sebagai lendasan keuangan semata tetapi lebih menjadi mitra strategis yang krusial dalam menggerakan roda ekonomi bangsa. Maka melalui peran tersebut juga dipercaya oleh jutaan nasabah dalam memberikan akses keuangan khususnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang merupakan tulangg punggu ekonomi Indonesia. 

Hal tersebut karena bank BRI telah menyediakan berbagai layanan berupa produk keuangan inovatif sampai layanan perbangkakan digital akan memperkuat ketahanan ekonomi. Sehingga adanya komitmen yang tidak kenal lelah ditambah dedikasi yang tinggi membuat BRI dapat menjadi bank semata tetapi kini menjadi kekuatan pendorong dalam perubahan yang akan membawa Indonesia ke arah masa depan yang gemila berupa terealisasinya visi berupa Indonesia Emas 2045 yang akan terjadi beberapa tahun ke depan. Diakhirnya bank BRI akan dikenal sebagai Pahlawan UMKM, Digitalisasi BRI, dan BRI Untuk Indonesia.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca. Terima kasih.

Sumber gambar, video, dan tulisan:

  1. https://bri.co.id/o/com.BRI.corporate.website.ebook.reader.web/pdf-viewer.html?read=/documents/20123/56789/CP_Bank_BRI_27Juni.pdf
  2. https://news.detik.com/suara-pembaca/d-1599712/pelayanan-bri-yang-kurang-profesional
  3. https://bisnis.tempo.co/read/1643728/brimo-alami-gangguan-bank-bri-sarankan-transaksi-melalui-atm
  4. https://www.kominfo.go.id/content/detail/36829/hoaks-stiker-nomor-kontak-bri-di-mesin-atm-bri/0/laporan_isu_hoaks
  5. https://www.cnbcindonesia.com/market/20230830084800-17-467363/laba-bank-bri-naik-188-jadi-rp-2956-t-di-semester-i-2023
  6. https://www.youtube.com/watch?v=UelElSP-pAk&t=119s
  7. https://www.youtube.com/watch?v=vDldp05xxck
  8. https://www.youtube.com/watch?v=lEWmCY_2jw0
  9. https://www.youtube.com/watch?v=I5ys6T7KaMQ
  10. https://www.youtube.com/watch?v=SuFM38-ztGA
  11. https://www.youtube.com/watch?v=fXwOZjzzht8
  12. https://www.youtube.com/watch?v=vAIhEHfkBMs
  13. https://www.youtube.com/watch?v=JYtvyRs2Z3c
  14. https://bri.co.id/
  15. https://www.youtube.com/watch?v=TR-cmoaNj0I
  16. https://bri.co.id/infografis-detail?title=memberi-makna-indonesia-bri-cetak-laba-rp32-22-triliun 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Memandang Masa Depan melalui Jejak Kekuatan dan Keteguhan pada Usia 128 Tahun menuju Indonesia Emas 2045"

Posting Komentar