Berbelanja Bagi Pasangan Muda untuk Kebutuhan Hidup Sehari-hari dengan Pengalaman Berbelanja yang Mengasyikkan

Kehidupan masyarakat Indonesia merupakan cerminan dari keberagaman budaya, tradisi, dan adat istiadat yang sangat melimpah. Belum lagi Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan lebih dari 17.000 pulau. Pada pulau-pulau tersebut terdiri dari 300 suku dan 700 bahasa yang berbeda-beda. Adanya keberagaman tersebut menghasilkan lanskap sosial yang unik. Keunikan tersebut terdapat pada masyarakat Indonesia yang memperlihatkan akan adanya toleransi, keramahan, dan solidaritas yang tinggi walaupun terdapat perbedaan di dalam setiap diri individu.

Selain itu dalam keseharian masyarakat Indonesia juga tercermin hal lain berupa seni, musik, tari, sampai masakan yang kaya akan rasa. Budaya yang ramah taman dibumbui oleh tradisi yang kental sangat diperlihara dan dibangga-banggakan oleh masyarakat Indonesia. Kondisi secara nyata di kehidupan masyarakat menjadi sebuah magnet yang tidak tertandingi bagi para pelancong untuk datang ke wilayah Indonesia. Tetapi dari sekian banyak hal yang menarik untuk dibahas salah satunya mengenai pernikahan.

Pernikahan di Indonesia sering kali terjadi kasus unik karena mencerminkan keberagaman budaya dan adat istiadat dari masing-masing yang ada. Salah satu contoh kasus unik berupa tradisi pernikahan adat suku yang berbeda dari setiap daerah yang memiliki ritual dan upacara yang sangat beragam. Misalnya sesorang berasal dari suku Minangkabau maka tradisi pernikahan adat menggunakan sistem matrilineal yang mana harta warisan dan nama keluarga disandangkan oleh pihak perempuan. Tetapi seseorang dari suku Bata dengan tradisi ulos berupa kain khas Batak digunakan untuk upacara pernikahan. Dari sekian banyak pernikahan yang terjadi di Indonesia ada salah satu yang menarik perhatian masyarakat salah satunya terjadi pada pernikahan wilayah Provinsi Jawa Timur.

Berdasarkan pemaparan dari Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda Kemenko PMK yang dipegang oleh Femmy Eka Kartika Putri bahwa Provinsi Jawa Timur merupakan wilayah yang memiliki angka perkawinan anak paling tinggi. Untuk nilai berada di 10,44% lebih tinggi dari angka secara rata-rata nasional. Selain itu angka permohonan dispensasi perkawinan anak di Provinsi Jawa Timur juga tertinggi se-Indonesia. Untuk angka permohonan berada di angka 15.337 kasus atau 29,4% kasus nasional.

Harus diakui bahwa pernikahan dini masih menjadi masalah serius di Indonesia. Kondisi tersebut dapat terjadi di Indonesia karena ditopang oleh beberapa faktor berupa faktor budaya. Dimana pada beberapa komunitas di Indonesia masih memegang teguh bahwa tradisi pernikahan usia muda merupakan bagian dari norma sosial yang dipegang. Selain itu faktor ekonomi juga masih memainkan peran cukup penting khususnya pada daerah pedesaan yang mengharapkan atas perkawinan yang dilakukan dapat mengurangi beban ekonomi keluarga. Pada dasarnya ada banyak sekali faktor penopang terjadinya pernikahan dini tetapi salah satunya telah dipaparkan diatas.

Sudah pasti dalam menjalani aktifitas dalam menjalani kehidupan akan ada damak yang selalu dibawa begituhpun pernikahan dini. Ada banyak sekali resiko yang ditimbulkan dari pernikahan dini seperti resiko kesehatan pada ibu dan bayi sampai kepada berbagai macam akses menjadi lebih kecil peluangnya khususnya pada pendidikan sampai pekerjaan. Dampak tersebut sudah pasti akan mempengaruhi secara jangka panjang bagi bangsa Indonesia yang sedang bertransformasi ke dalam negara maju.

Tidak udah heran jika sejak dahulu sampai saat ini pihak pemerintah melakukan banyak sekali cara untuk mencegah terjadinya pernikahan dini. Salah satu bukti nyata berupa membuat sebuah kebijakan yang mengatur usia minimal untuk melakukan pernikahan dini. Regulasi tersebut berada di Undang-Undang Pernikahan Nomor 1 Tahun 1974 tentang batas usia minimal bagi wanita dan pria untuk bisa menikah berada di 16-19 tahun. Setelah seseorang berada di usai tersebut maka seseorang dalam melanjut ke tahap pernikahan untuk menjalani kehidupan sehari-harinya.

Berbicara pernikahan sering kali di masyarakat hanya berfokus kepada pesta pernikahan. Hal tersebut dapat terlihat dari persiapan yang banyak dilakukan. Bahkan banyak pasangan yang mempersiapakan pesta pernikahan dengan jangka waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Memang harus tidak ada salahnya untuk mempersiapakan secara matang-matang akan pesta pernikahan. Apalagi alasan yang selalu menjadi senjata utama berupa pesta pernikahan dilakukan sekali seumur hidup. Atas alasan tersebut maka banyak pasangan yang merencakan dengan jenjang waktu yang lama.

Tetapi jika harus membahas mengenai pernikahan tidak hanya didominasi oleh pesta pernikahan saja. Saat sudah memutuskan memasuki tahapan pernikahan harus juga merencakan akan hidup bersama. Sudah pasti ada beberapa yang harus diperhatian dari mulai tempat tinggal sampai berbagai macam peralatan pada tempat tinggal tersebut. Dalam tempat tinggal banyak sekali pilihan yang dapat dipilih tetapi jika melihat ke dalam kehidupan masyarakat terbagi menjadi dua. Pertama tinggal bersama orang tua dan kedua tinggal secara mandiri. Sedangkan untuk bentuk tempat tinggal berupa rumah tapak, apartemen, kosan, dan masih banyak lagi. Pemilihan bentuk tempat tinggal disesuaikan dengan keinginan dan kondisi pasangan sehingga tiap pasangan akan memiliki pilihannya masing-masing.

Setelah tempat tinggal selesai terpenuhi maka tahap selanjutnya berupa pemenuhan peralatan. Terkadang biaya yang digunakan untuk pemenuhan peralatan seperti barang elektronik memlukan biaya yang cukup besar. Jika harus dihitung biasanya terkadang biaya untuk pesta pernikahan hampir sama dengan biaya membeli peralatan barang elekronik. Dalam menutupi biaya yang sudah besar dalam pesta pernikahan tetapi tetap terpenuhi akan biaya terhadap barang elekronik. Maka cara yang dilakukan oleh pasangan menggunakan hasil dari uang yang dikasih dari para tamu yang hadir. Jika hasil uang dari tamu banyak maka dapat digunakan menutupi akan kebutuhan barang elekronik dan masih bisa disimpan untuk keperluan nanti. Dari sekian banyak tempat penyedia kebutuhan barang elektronik berada di Electronic City. Kini timbul sebuah pertanyaan yaitu:

Apa itu Electronic City???

Electronic City merupakan dari kata PT. Electronic City Indonesia, Tbk. Tidak hanya itu Electronic City merupakan salah satu pelopor akan perusahaan riter produk elektronik modern di Indonesia. berbicara berdirinya dimulai tahun 2001 dengan membuka toko standalone sekalogus toko pertama (flagship store) berada di Sudirman Central Business District (SCBD. Setelah perubahan waktu maka mulailah Electronic City memperluas jaringan toko di luar Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) berada di toko pertama di Denpasar tahun 2004. Sedangkan untuk pembukaan toko di Sumatera pada wilayah Medan di tahun 2007.

Belum lagi kini sudah menjadi resmi menjadi perusahaan terbuka di tanggal 3 Juli 2013 dengan dicatat pada PT Bursa Efek Indonesia dengan koda saham ECII. Dimana pihak Electronic City melepaskan sebanyak 333.333.000 saham atau sebanyak 25% dari modal ditempatkan. Harga yang ditawarkan dimulai Rp 4.050 per saham.

Sampai dengan di bulan Desember 2019 pihak Electronic City juga telah mengoperasikan sebanyak 60 toko yang tersebar di wilayah Indonesia. Tidak hanya itu produk yang ditawarkan oleh Electronic City juga sebanyak empat kategori utama berupa audio-video, peralatan rumah tangga, sampai peralatan kantor. Dalam kegiatan operasional pihak Electronic City juga telah didukung oleh 9 gudang distribusi yang berada di Tangerang, Bogor, Bandung, Magelang, Medan, Lampung, Batam, Makassar, dan Palembang.

Electronic City juga dalam menarik pelanggan untuk membeli berbagai macam produk yang tersedia menerapkan dual-branding strategy dengan dua konsep toko Electronic City Store (EC Store) dan Electronic City Outlet (EC Outlet). Adanya metode yang digunakan tersebut untuk target segmen konsumen yang berbeda-beda. Electronic City juga telah meluncurkan sebuah platform melalui situs resmi Perseroan dalam upaya untuk memperkuat citra Perseroan dan menjaring konsumen yang lebih untuk membeli produk secara online.

Seperti yang sudah dipaparkan bahwa Electronic City sudah tersebar di berbagai wilayah akan tokonya seperti pada Alam Sutra, Ampera, Artha Gading Mall, Kendari, dan Bali Discovery. Sudah pasti di setiap toko menawarkan konsep yang berbeda agar para pembeli nyaman melakukan transaksi pada produk yang ditawarkan. Walaupun demikian setiap toko dari Electronic City memiliki satu kesamaan berupa lokasi. Lokasi yang digunakan sangatlah strategis karena berada di pusat kota yang mobilitas transfortasinya sudah tertata dengan baik. Sehingga masyarakat dari berbagai macam daerah yang mau membeli berbagai macam keperluan barang pasca menikah dapat terpenuhi. Banyak sekali moda transportasi seperti mobil sampai dapat digunakan untuk sampai ke toko Electronic City baik itu milik pribadi ataupun umum.

Setelah membahas secara permukaan tentang Electronic City pastinya kurang akan pembahasan diatas. Agar lebih lengkap tidak lupa penulis mamaparkan akan pengalaman kebahagiaan saat berbalanja di Electronic City. Maka tidak lupa pada kesempatan kali ini penulis akan memaparkan mengenai pengalaman kebahagiaannya, selamat membaca.

Hal pertama ketika datang berbelanja di Electronic City adalah kebersihat yang terjaga dengan sangat baik. Setiap sudut toko dipelihara dan dijaga dengan baik sehingga dapat menciptakan lingkungan yang bersih, rapi, dan menyangkan bagi pelanggan seperti penulis. Entah mengapa kebersihan yang diciptakan oleh pihak pengelola dapat menghasilkan atmosfer berbelanja yang menyenangkan. Hal tersebut dapat terbukti para pelanggan saat mencari produk yang diinginkan tidak merasa terganggu karena kebersihannya. Lingkungan toko yang bersih juga membuat pelanggan seperti penulis dapat berfokus kepada produk yang ingin dibeli tanpa sedetik pun terdistraksi akan hal kebersihan.

Pencahayaan toko juga sangat optimal pada store Electronic City. Setiap ruang toko diterangi oleh lampu yang sangat baik untuk membuat pelanggan dapat melihat secara jelas akan detail dari produk yang ingin dibeli. Dikarenakan dapat melihat secara detail maka pelanggan seperti penulis dapat membandingkan antara satu produk dengan produk lain sehingga dipilih yang paling tepat. Sehingga pelanggan seperti penulis tidak akan lagi merasakan kerugian dalam membeli sebuah produk karena pelanggan dapat melihat secara detail produk yang ingin dibeli dengan ditopang oleh pencahayaan yang baik. Adanya kebersihan yang baik ditambah pencahayaan yang terang seolah-olah penulis berada di tempat yang ramah dan bersahabat membuat proses berbelanja menjadi lebih menyenangkan.

Pihak staf toko Electronic City juga harus diberikan apresiasi secara besar-besaran. Hal tersebut karena setiap staf pada toko memiliki pengetahuan yang luas akan produk yang dijual. Sehingga setiap pertanyaan yang kurang dipahami oleh penulis mampu dijawab dengan baik. Walaupun pertanyaan yang diberikan penulis terkadang cukup banyak tetapi dijawab oleh staf toko dengan sangat rinci sampai ke spesifikasi produk. Belum lagi setiap kata yang diucapkan oleh staf toko sangatlah ramah dan siap membantu. Tidak jarang pula pihak toko turut memberikan berbagai macam opsi yang disesuaikan dengan kebutuhan penulis. Keterampilan komunikasi, keramahan, dan pengetahuan tentang produk yang dimiliki oleh staf toko membuat penulis merasa dihargai sebagai pelanggan. Sehingga ketika penulis membutuhkan berbagai macam produk kebutuhan selalu ingat untuk mendapatkan di toko Electronic City.

Keberagaman produk yang ditawarkan oleh Electonic City sangatlah lengkap seperti pribahasa sekali mendayung dua pulau terlewati. Hanya datang ke toko Electronic City penulis sudah dapat berbagai macam produk. Produk yang ditawarkan dari mulai televisi berteknologi canggih dan baru sampai peralatan dapur yang modern semua ada. Produk yang ditawarkan sudah pasti bermerek terkemuka dan kualitas terjamin. Sehingga membuat penulis mencari produk yang diinginkan lebih banyak pilihan dan terjamin sehingga kebutuhan menjalani kehidupan dapat terpenuhi.

Pada proses pembayaran yang disediakan oleh pengelola Electronic City sangatlah mudah dan efisien. Pada opsi pembayaran dapat melalui berbagai macam seperti kartu kredit sampai program kredit. Di dalam setiap pembayaran yang dilakukan juga terdapat berbagai macam diskon dan promo yang ditawarkan. Adanya diskon dan promo tersebut membuat penulis mendapatkan sebuah produk kebutuhan dengan harga yang miring tetapi kualitas terbaik. Mau tidak mau atas hal tersebut membuat penulis dapat menghemat dengan sangat signifikan yang dapat dialih fungsikan untuk kebutuhan lainnya dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Saat setelah selesai memilih dan membeli produk yang ada di Electronic City juga menyediakan layanan pengiriman cepat dan andal. Proses pengiriman barang bisa dikatakan sangatlah efisien dan terkoordinasi dengan baik. Hal tersebut karena pihak informasi dari staf toko sangatlah jelas mengenai proses pengiriman. Dimana pemaparan yang diberikan tentang estimasi waktu pengiriman yang cukup akurat sehingga penulis dapat merencanakan penerimaan barang dengan baik. Belum lagi pihak staf juga memaparkan mengenai nomor pelacakan barang sehingga penulis dapat melacak akan status pengiriman secara online. Pembaharuan informasi juga dilakukan secara berkala sehingga penulis akan mengetahui persisnya kapan barang datang di depan pintu.

Staf yang datang mengantar barang juga sangatlah berhati-hari dan ramah saat menurunkan barang. Sopan santun itulah kata pertama saat melihat staf yang datang ke depan pintu rumah penulis. Tidak lupa pihak staf juga turut memeriksa keadaan barang agar memastikan bahwa semua detail dalam kondisi baik sebelum penulis menerima pengiriman. Pihak staf tersebut juga sangatlah profesional dan responsif terhadap pertanyaan dan permintaan penulis saat memasang produk yang dibeli. Kondisi tersebut membuat penulis merasakan pengalaman pengiriman yang nyaman.

Sudah pasti penulis akan memiliki berbagai macam pertanyaan terhadap kendala. Oleh karena itu sangat sering sekali penulis melakukan komunikasi dengan pihak Electronic City. Saat berkomunikasi dengan tim layanan pelanggan pemaparan yang diberikan sangat cepat dalam merespon dan selalu memberikan solusi dari setiap masalah yang terjadi pada penulis. Penulis merasa dihargai sehingga perasaan seperti pribahasa “habis manis sepah diuang” saat setelah membeli produk barang tidak dilakukan oleh Electonic City pada penulis. Sehingga penuhs merasa dihargai dan selalu ingin kembali saat membeli berbagai macam produk kebutuhan hidup sehari-hari.

Kini berbelanja di Electronic City tidak hanya dapat dilakukan secara konvensional berupa datang langsung ke toko fisik. Tetapi kini berbelanja di Electronic City juga dapat dilakukan secara online melalui situs resmi berupa https://eci.id/. Melalui pemanfaatan akan platform elektronik tersebut akan memberikan pengalaman berbelanja yang lebih efektif dan nyaman bagi pelanggan seperti penulis. Dengan menggunakan situs resmi tersebut maka penulis yang sedang tinggi-tingginya aktifitas sehari-hari masih dapat tetap berbelanja untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari tanpa harus ke toko fisiknya.

Salah satu hal yang benar-benar mempesona akan berbelanja di Electronic City melalui situsnya karena ada fitur Virtual Store. Fitur tersebut membuat penulis dapat merasakan pengalaman berbelanja yang mirip seperti berkunjung langsung ke toko fisik meskipun sedang berada di luar. Adanya Virtual Store penulis dapat menjelajahi toko elektronik melalui dunia maya secara 3D yang interaktif. Sehingga penulis seolah-olah berada secara langsung di toko karena bisa memeriksa produk dari berbagai macam sudut. Penggunaan teknologi tersebut memberikan kenyamanan yang luar biasa saat berbelanja sambil dapat merasakan pengalaman teknologi yang luar biasa didalamnya.

Selain itu didalam berbelanja di Electronic City melalui https://eci.id/ juga terdapat fitur Flash Sale. Fitur tersebut memberikan kesempatan secara luas kepada para pembeli seperti penulis untuk membeli produk barang berkualitas tetapi dengan harga diskon yang sangat miring. Sudah pasti pengumuman atas fitur tersebut sangatlah jelas dan transparan sehingga setiap pembeli dapat memiliki kesempatan yang sama.

Berbelanja di melalui https://eci.id/ memberikan penglaman yang menyenangkan khususnya pada fitur “Trending Minggu Ini”. Fitur tersebut memungkinkan para pembeli dapat melihat produk elektronik yang populer dan diminati oleh konsumen lainnya. Hanya dengan melakukan beberapa klik saja para pembeli seperti penulis dapat mengakses daftar produk yang sedang menjadi favorit untuk minggu ini. Selain itu adanya fitur tersebut juga akan memberikan wawasan tentang berbagai macam produk yang sedang booming sehingga pembeli seperti penulis dapat memenuhi kebutuhan akan produk dengan keluaran terbaru.

Maka dengan berbelanja atas produk elektronik seperti tv, kulkas, dan lain-lain akan dapat membantu penulis dalam menjalani kehidupan sehari-hari menjadi lebih produkfit khususnya saat ditopang oleh Electronic City. Sehingga penulis menjadi lebih bahagia di ujungnya karena adanya topangan akan produk elektronik dari Electronic City.

Pada dasarnya masih banyak sekali pengalaman kebahagiaan yang ditawarkan oleh Electronic City dalam berbelanja baik secara datang ketoko atau secara online. Apakah para pembaca memiliki pemikiran atau pemahaman yang berbeda?. Jika iya, maka tidak ada salahnya untuk memaparkan hal tersebut di dalam kolom komentar.

Pengalaman menarik penulis yang dipaparkan diatas dapat menjadi bahan pertimbangan bagi para pasangan muda dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya dalam hal produk rumah tangga. Dimana belum lagi pihak Electronic City juga telah memciptakan pengalaman berbalanja yang menarik sehingga pasangan muda dapat dengan nyaman untuk menjelajahi setiap produk terbaru, membandingkan opsi, dan dan mendapatkan panduan dari staf-staf yang berpengetahuan. Belum lagi dibeberapa layanan juga diberikan fitur inovatif Virtual Store, Flash Sale, dan informasi Trending Minggu yang membantu pasangan muda dalam mendapatkan produk yang diinginkan.

Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk para pasangan muda untuk memanfaatkan secara maksimal akan berbagai macma penawaran yang diberikan oleh Electronic City dalam berbelanja produk yang disediakan. Apalagi produk berkualitas, harga yang kompetitif, dan berbagai promosi menarik membuat pihak Electronic City menjadi mitra berbelanja yang sempurna bagi pasangan muda yang menginginkan kualitas tanpa mengorbankan anggaran yang menguras dompet sangat dalam. Jadi ayo coba dan rasakan akan keunggulan dari Electronic City sebagai pilihan utama dalam memenuhi kebutuhan kehidupan sehari-hari bagi pasangan muda dan rasakan pengalaman berbelanja yang tak terlupakan. Diakhirnya permasalahan dalam menjalani kehidupan pernikahan menjadi sangat lancar karena kebutuhan akan berbagai macam produk sudah ditopang oleh Electronic City.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca. Terima kasih.

Sumber tulisan, gambar, dan video:

  1. https://www.kemenkopmk.go.id/mendesak-jawa-timur-darurat-perkawinan-anak
  2. https://indonesiabaik.id/index.php/infografis/masih-anak-anak-yakin-mau-nikah#:~:text=Dampak%20Perkawinan%20Anak%2F%20Pernikahan%20Dini&text=Hal%20itu%20di%20antaranya%20yaitu,angka%20kemiskinan%2C%20serta%20dampak%20lainnya
  3. https://jatengprov.go.id/beritadaerah/tekan-masalah-reproduksi-batas-usia-nikah-dinaikkan/#:~:text=Regulasi%20tersebut%20mengubah%20ketentuan%20dalam,minimal%20bagi%20pria%20untuk%20menikah
  4. https://eci.id/
  5. https://www.youtube.com/watch?v=qUvgk3aubyE
  6. https://www.youtube.com/watch?v=W0kgAw1e9v4
  7. https://www.youtube.com/watch?v=cGjueCyKb5g
  8. https://www.youtube.com/watch?v=6a8EKdEWR1o&list=PLdqotO2GQLpughAa4-z20fYsDtjtc3_l-
  9. https://www.instagram.com/reel/CzDnzSELZaT/?igshid=MTc4MmM1YmI2Ng==
  10. https://www.instagram.com/reel/Cy5i12IyGDF/?igshid=MTc4MmM1YmI2Ng==
  11. https://www.instagram.com/reel/Cy5i12IyGDF/?igshid=MTc4MmM1YmI2Ng==

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Berbelanja Bagi Pasangan Muda untuk Kebutuhan Hidup Sehari-hari dengan Pengalaman Berbelanja yang Mengasyikkan"

Posting Komentar