Membentuk SDM Unggul Agar Membuat Produk Demi Pertahanan Nasional Secara Mandiri



Tidak bisa dibantahkan lagi bahwa sumber daya manusia didalam suatu negara memegang peranan yang sangat penting. Apalagi bisa dikatakan bahwa maju atau mundurnya salah satu faktor pendukungnya adalah sumber daya manusia didalam negara tersebut. Dengan hal tersebut maka tidak dapat menutup kemungkinan bahwa banyak sekali berbagai negara-negara yang ada di dunia ini selalu saja berlomba-lomba untuk didalam negaranya membentuk sumber daya manusia yang unggul.

Secara garis besar untuk dapat menciptakan sumber daya manusia yang unggul pastinya melalui beberapa cara namun salah satu cara yang paling ampuh adalah melalui pendidikan. Bisa dikatakan pula bahwa pendidikan yang berkualitas berbanding lurus dengan sumber daya manusia yang unggul. Namun seiring perubahan waktu dan perkembangan baik itu dalam hal teknologi ataupun hal lainnya membuat pendidikan formal saja tidak begitu cukup untuk menciptakan berbagai macam produk khususnya didalam bidang pertahanan nasional. Maka dari itu untuk dapat mencukupkan dalam membentuk sumber daya manusia diperlukan beberapa hal salah satunya yaitu:

Pertama adalah kreatifitas. Memang bukan hal yang aneh dengan kreatifitas yang dimiliki seseorang maka membuat seseorang tersebut dapat menciptakan berbagai macam produk yang baru untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik. Dengan adanya pendidikan dikombinasikan dengan kreatifitas maka dapat menciptakan produk yang sangat berguna bagi pertahanan nasional yang dibuat oleh anak muda dalam negeri.

Kedua adalah sifat menyelesaikan masalah. Pastinya didalam membentuk sumber daya manusia akan ditemukan berbagai macam masalah yang tidak bisa dijelaskan secara teori. Diharapkan dengan calon-calon sumber daya memiliki sifat menyelesaikan masalah maka dapat memberikan jalan keluar dari setiap masalah yang dihadapi khususnya dalam membentuk produk yang akan berguna dalam menciptakan pertahanan nasional secara mandiri oleh anak muda dalam negeri.

Ketiga adalah tahan banting. Pastinya akan sangat percuma apabila para calon sumber daya manusia yang ada didalam suatu negeri jika tidak memiliki sifat ini. Sifat tahan banting ini akan membuat para calon sumber daya manusia didalam negara tersebut tidak akan mudah menyerah ketika menemukan sebuah jalan buntu dalam membuat suatu produk yang akan sangat berguna bagi pertahanan nasional.

Sumber gambar
Memang ada banyak sekali sifat-sifat yang harus dimiliki oleh para calon sumber daya manusia didalam suatu negara namun salah satunya telah disebutkan diatas. Berbicara tentang pertahanannasional pasti akan berbicara tentang senjata. PT Pindad merupakan salah satu perusahaan yang ada didalam negara Indonesia yang memproduksi berbagai jenis senjata. Pastinya ada banyak sekali senjata yang diproduksi oleh PT Pindat yaitu SS3, SPR-3 KAL. 7.62 MM, SPR-2 KAL. 12.7 MM, dan masih banyak lagi.

Dengan banyaknya produk yang telah diproduksi oleh PT Pindad tersebut maka menandakan bahwa negara Indonesia ini sebenarnya sangat mampu untuk dapat memenuhi industri pertahanan nasional secara mandiri. Namun tentunya penyokong agar dapat memenuhi industripertahanan nasional secara mandiri dibutuhkan sumber daya manusia yang unggul. Diharapkan para calon sumber daya manusia didalam negara Indonesia ini jangan hanya berfokus kepada pendidikan formal saja tetapi harus juga berfokus kepada pendidikan yang tidak diajarkan dipendidikan formal. Dengan adanya pengisian didalam kedua belah pihak ini akan membentuk sumber daya manusia yang sangat unggul yang dapat memenuhi kebutuhan akan sumber daya manusia didalam industri pertahanan nasional. Kemudian dapat menjadikan negara Indonesia ini unggul akan produk pertahanan nasional dan mencitpakan secara mandiri produk-pruduk yang akan digunakan untuk pertahanan nasional.

Sumber tulisan:

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Membentuk SDM Unggul Agar Membuat Produk Demi Pertahanan Nasional Secara Mandiri"