Bagaimana Manfaat Hasil Tambang Bagi Negara Dan Masyarkat Papua ?



Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa negara Indonesia ini dikenal dengan negara yang memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah. Saking melimpahnya sumber daya alam yang dimiliki oleh negara Indonesia ini membuat berbagai perusahaan baik itu yang dimiliki oleh pemerintah atau tidak sangat tertarik untuk mengelola sumber daya alam tersebut. Salah satu perusahaan yang mengelola sumber daya alam yang ada di negara Indonesia khususnya yang berkaitan dengan tambang tembaga adalah PT Freeport Indonesia.
Sumber gambar

PT Freeport Indonesia merupakan sebuah perusahaan yang tercipta akibat adanya sebuah afiliasi dari Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc. dan PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) (Inalum). Untuk oprasi dari PT Freeport Indonesia terletak pada daerah dataran tinggi yang berada di Tembagapura, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, Indonesia. Dengan hal tersebut timbulah sebuah pertanyaan bagaimana manfaat hasil tambang yang dilakukan oleh PT Freeport Indonesia bagi negara dan yang terlebih bagi masyarakat Papua ?

Sumber gif 
Pastinya ketika sebuah perusahaan khususnya yang mengelola tambag tembaga PT Freeport Indonesia akan memiliki dampak yang besar bagi negara Indonesia atau bahkan berdampak bagi masyarakat Papua. Tentunya dampak bagi negara Indonesia dengan adanya PT Freeport Indonesia menyumpang sangat besar yaitu pajak yang bisa diberikan kepada negara Indonesia. Dimana pajak yang diterima tersebut dapat digunakan oleh pemerintah untuk kelangsungan hidup masyarakat Papua. Maka timbul sebuah pertanyaan tentang bagaimana agar dampak PT Freeport Indonesia dapat lebih bermanfaat bagi masyarakat Papua ?. Solusi yang bisa dikalukan oleh PT Freeport Indonesia bagi masyarkat Papua adalah sebagai berikut:

Pertama melalui jalur pendidikan. Contoh nyata jalur pendidikan adalah dengan melalukan sebuah kegiatan beasiswa dimana para masyarakat yang berada diPapua tersebut dapat melihat pendidikan diluar pulau Papua. Diharapkan ketika hal tersebut dilakukan akan membuka pemikiran dan pemahaman yang akan berdampak berkontribusi kenegara Indonesia dipulau Papua.

Sumber gambar
Kedua melalui jalur kesehatan. Contoh nyata melalui jalur kesehatan adalah PT Freeport Indonesia melakukan kegiatan kesehatan atau membangun rumah sakit yang akan digunakan oleh masyarakat Papua ketika sedang mengalami kurang sehat.

Ketiga melalui jalur sumber daya manusia. Contoh nyata melalui jalur sumber daya manusia ini adalah PT FreeportIndonesia menarik sumber daya manusia yang berada diPapua khususnya masyarakat lokal. Tentunya diharapkan dengan melakukan hal tersebut dapat terjadi sebuah transfer baik itu dari mulai pendidikan, etos kerja, sampai dengan teknologi.

Sumber gambar
Ketiga hal yang telah disebutkan tersebut sudah termasuk kedalam program keberkelanjutan pada point Nilai-Nilai PTFI sampai PTFI Di Masyarakat. Diharapkan PT Freeport Indonesia tidak hanya berhenti sampai disitu atau program yang diberikan tanpa tujuan dan arahan yang jelas. Untuk lebih jelasnya perlu adanya sebuah koodinasi antara pemerintah, PT Freeport Indonesia, dan juga masyarakat Papua agar program-program yang dibuat tersebut akan tetap sasaran sesuai dengan kebutuhan akan keadaan masyarakat Papua.

Diharapkan ketika program yang diberikan sudah tetap sasaran dan proses pelaksanaan tidak mengalami berbagai macam hambatan maka akan berdampak disegala bidang baik itu bidang ekonomi, bidang pendidikan, bidang trasfer teknologi, ataupun bidang lainnya. Bukan hanya itu saja tetapi dapat melepaskan masyarakat Papua dari berbagai persoalan yang terjadi didalam menjalani kehidupan sehari-harinya. Selain itu juga akan dapat membuat negara Indonesia ini menjadi negara maju melalui masyarakat yang berada diwilayah Papua melalui program yang telah dilaksanakan.

Sumber tulisan:

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bagaimana Manfaat Hasil Tambang Bagi Negara Dan Masyarkat Papua ?"

Posting Komentar