Sumber Daya Manusia



Pastinya para pembaca sudah tidak asing lagi dengan kata sumber daya manusia. Memang jika kita berbicara mengenai sumber daya khususnya yang berkaitan dengan manusia maka akan selalu saja menjadi tokoh yang hangat jika kita bahas bersama. Tentunya berbicara sumber daya akan selalu berkaitan dengan masyarkat yang lebih spesifik lagi berbicara tentang anak muda. Anak muda didalam suatu negara merupakan calon-calon dimasa yang akan datangnya akan menjadi sumber daya manusia bagi negara tersebut.

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa sumber daya manusia merupakan sesuatu hal yang sangat penting bagi suatu negara. Dengan sangat pentingnya sumber daya manusia ini maka tidak heran bahwa setiap negara selalu saja berlomba-lomba untuk membentuk masyarakatnya untuk dapat menjadi sumber daya manusia yang berkualitas. Jika kita analogikan atau diibaratkan maka sumber daya manusia didalam suatu negara dapat kita analogikan atau diibaratkan sebagai ujung tombak.

Tentunya bukan tanpa alasan bahwa sumber daya manusia didalam suatu negara dapat dianalogikan atau diibaratkan sebagai ujung tombak. Ada banyak sekali alasan-alasan mengapa sumber daya manusia dapat dianalogikan dan diibaratkan salah satu contohnya yaitu karena sumber daya manusia didalam suatu negara ini merupakan salah satu elemen yang dapat membawa sebuah perubahan yang besar bagi negara dan bangsa. Dengan alasan tersebut maka sumber daya manusia bisa diibarakan sebagai ujung tombak.

Bukan hanya itu saja berkembang kearah baik buruknya suatu negara juga dapat kita lihat berdasarkan sumber daya manusia didalam suatu negara tersebut. Dengan hal demikian maka tidak menutup kemungkinan bahwa banyak negara selalu saja berlomba-lomba dengan berbagai macam cara untuk dapat selalu membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Pastinya diberbagai bahan bacaan baik itu yang beredar didalam media cetak, media elektronik, atau bahkan sampai ke media internet ada banyak sekali cara-cara yang bisa dilakukan oleh suatu negara untuk dapat membentuk masyarakatnya khususnya anak mudanya agar dimasa yang akan datang menjadi sumber daya manusia yang berkualitas namun salah satu cara yang paling utamanya adalah dengan melalui jalur pendidikan.

Memang didalam negara Indonesia sendiri ada banyak sekali jenis-jenis pendidikan baik itu yang formal atau non-formal. Tentunya baik itu pendidikan formal maupun non-formal tetap harus memiliki tujuan yang sama yaitu untuk dapat membentuk sumber daya manusia yang bekualitas. Namun akan menjadi sebuah pertanyaan lagi apakah pendidikan sekarang dengan dizaman yang sudah canggih ini sudah cukup ?.

Tentunya jawab akan pertanyaan tersebut akan berbeda-beda namun untuk pendapat pribadi sebagai seseorang penulis jawaban yang saya berikan adalah tidak cukup apabila seseorang hanya mengandalkan pendidikan formal saja dalam menghadapi tantangan dunia kerja. Memang sangat setuju apabila pendidikan formal itu penting namun jika kita hidup dizaman yang sudah modern ini maka pendidikan formal saja tidak akan cukup. Maka dari seseorang harus dapat mengkobinasikan pendidikan formal dengan berbagai macam skill lainnya. Dengan adanya skill yang sudah ditanamkan kedalam masyarakat  khususnya anak muda ini diharapkan akan menjadi sumber daya manusia yang berkualitas bukan hanya untuk pendidikan formal tetapi juga untuk hal lainnya seperti skill untuk dapat menghadapi dunia kerja.

Dengan adanya kombinasi antara pendidikan formal dengan skill diharapakan akan membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Bukan hanya berkualitas tetapi dapat membentuk negara Indonesia ini menjadi lebih baik lagi melalui pengelolaan akan Kadin & Kadin Indonesia ini agar menjadi lebih baik lagi. Somoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca. Terima kasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sumber Daya Manusia"

Posting Komentar