Melibatkan Anak Muda Dalam Merawat Cagar Budaya Indonesia


Berbicara tentang anak muda pastinya akan sangat luas sekali bahas yang akan dibahas. Apalagi jika kita melihat dari peran anak muda memang ada banyak sekali namun satu peran yang akan dibahas pada tulisan kali ini adalah agent of change. Tentunya dari maksud dari peran agent of change didalam anak muda adalah bahwa anak muda ini diharapkan didalam menjalani kehidupan sehari harinya dapat membuat sebuah perubahan khususnya bagi negara Indonesia agar menjadi lebih baik lagi dari pada sebelumnya.

Tidak dapat menutup kemungkinan bahwa negara Indonesia ini memiliki banyak sekali kelebihannya yang dimilikinya. Salah satu contoh kelebihan yang dimiliki negara Indonesia ini adalah budaya yang sangat banyak. Namun bukan berarti bahwa dengan memiliki kelebihan khususnya didalam budaya yang sangat banyak tidak memiliki banyak tantangan atau rintangan. Pastinya setiap negara memiliki banyak sekali tantangan ataupun rintangan dalam menjalankan roda pemerintahannya salah satu contohnya yaitu dalam hal yang berkaitan dengan cagar budaya.

Memang setiap negara pastinya memiliki cagar budaya sendiri sendiri. Namun jika kita kaitkan dengan negara Indonesia yang memiliki banyak budaya maka bisa dipastikan bahwa negara Indonesia ini memiliki banyak sekali cagar budayanya. Memang dengan adanya cagar budaya ini bisa kita ibartakan sebagai pisau bermata dua. Dimana disatu sisi dengan adanya cagar budaya ini bisa dijadikan sebagai tempat wisata edukasi. Namun disatu sisi lainnya menimbulkan sebuah masalah yaitu perawatannya.

Tentunya tidak dapat menutup kemungkinan bahwa didalam perawatan cagar budaya ini bisa dikatakan menjadi sebuah permasalahan yang sangat serius. Untuk dapat membuat sebuah perawatan cagar budaya bukanlah perkara yang mudah dan cepat seperti membalikan telapak tangan. Maka untuk dapat melakukan perawatan cagar budaya ini bisa dengan bantuan dari anak muda dari negara Indonesia ini. Sebelum melakukan perawatan cagar budaya dengan menarik bantuan dari anak muda terlebih dahulu harus dapat menarik perhatian dari anak muda itu sendiri. Pada dasarnya ada banyak sekali cara cara yang bisa dilakukan untuk dapat menarik anak muda untuk dapat tertarik kedalam cagar budaya. Namun berikut ini merupakan beberapa contoh kegiatan yang dapat menarik anak muda agar dapat tertarik dengan cagar budaya:

Pertama adalah dengan selalu mengubungkan berbagai kegiatan dengan cagar budaya seperti melakukan wisata ke cagar budaya. Tentunya dengan adanya kegiatan wisata yang ada kaitannya dengan cagar budaya ini akan membuat anak muda ini dapat secara tidak langsung akan tertarik dengan cagar budaya. Alasan tertarik ini karena didalam didalam kegiatannya khususnya yang berkaitan dengan wisata selalu dihubungkan dengan cagar budaya.

Kedua adalah selalu disisipkan didalam mata pelajarannya. Tentunya pada point ini lebih ditekankan kepada anak muda yang masih memiliki status pelajar ataupun mahasiswa. Diharapkan dengan disisipkannya materi cagar budaya ini akan memberikan dampak yang tidak sadar bagi anak muda untuk dapat mencintai cagar budaya yang dimiliki oleh negara Indonesia.

Ketiga ini lebih ditekan kepada para pengola cagar itu sendiri. Para pengelola cagar budaya ini harus dapat selalu beradaptasi dengan kondisi saat ini. Dengan melakukannya adaptasi ini diharapkan para pengurus cagar budaya ini dapat selalu berbenah diri khususnya agar dapat menarik anak muda lebih mencintai cagar budaya yang ada didalam negaranya sendiri.

Tentunya akan ada banyak sekali cara cara yang bisa dilakukan untuk dapat menarik anak muda agar mencintai cagar budayanya sebelum anak muda ini dapat terlibat dapat memelihara cagar budaya yang dimilikinya. Cara cara yang telah disebutkan diatas tidak akan maksimal apabila hanya ditekankan kepada dua hal yaitu pengelola cagar budaya dan anak muda saja. Untuk lebih dapat menarik perhatian anak muda dan melibatkan anak muda dalam menjaga cagar budayanya diperlukan melibatkan beberapa pihak salah satunya dari mulai pemerintah, masyarakat, dan juga organisasi yang ada didalam masyarakat. Diharapkan dengan banyaknya yang terlibat ini akan dapat menarik anak muda untuk dapat mencintai cagar budaya yang ada dinegaranya. Setelah anak muda ini sudah mulai menyukai hal hal yang berkaitan dengan cagar budaya maka akan diarahnya anak muda ini agar dapat terlibat untuk dapat memelihara dan menjaga cagar budaya ini. Diharapkan ketika sudah terpeliharannya cagar budaya yang ada dinegara Indonesia ini cagar budaya ini akan menjadi wisata edukasi dan dapat menjadi penompang ekonomi masyarakat disekitar cagar budaya tersebut.  

Sumber tulisan ;

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Melibatkan Anak Muda Dalam Merawat Cagar Budaya Indonesia "

Posting Komentar