Zakal Dan Wakaf Untuk Membantu Keluar Dari Roda Kemiskinan Bagi Negara Indonesia



Kemiskinan merupakan sebuah masalah yang selalu menyerang berbagai negara yang ada di dunia ini. Dengan selalu menyerang berbagai negara maka tidak menutup kemungkinan pula bahwa kemiskinan ini akan menyerang negara Indonesia ini. Memang bisa dikatakan bahwa masalah kemiskinan ini merupakan masalah yang bisa dikatagorikan sebagai masalah laten bagi negara Indonesia ini.

Memang jika kita membaca sampai dengan menganalisis tentang berbagai hal yang berkaitan dengan masalah kemiskinan ini maka kita dapat mengetahui bahwa kemiskinan ini ada banyak sekali faktor faktor penyumbangnya namun salah satunya adalah kemapuan beradaptasi yang tidak baik. Maksud dari kurangnya adaptasi ini adalah seseorang terlalu nyaman dengan zona nyamanya dan ketika ada sesuatu yang baru cenderung untuk tidak melakukannya. Ketika tidak melakukan hal tersebut maka para pesaing yang telah belajar hal baru tersebut akan melindas seseorang yang hanya nyaman didalam zona nyaman tersebut.

                Berdasarkan beberapa data sampai dengan berita ada banyak sekali tulisan sampai dengan video yang menjelaskan bahwa negara Indonesia ini juga mendapatkan masalah kemiskinan ini. Walaupun pemerintah dari negara Indonesia ini sudah banyak sekali cara cara yang dilakukan untuk dapat menekang angka kemiskinan bagi masyarakatnya namun ternyata hasilnya tetap tidak dapat membuat negara Indonesia ini menjadi terbebas dari kemiskinan.

            Tentunya sebagai pemerintah dan juga masyarakat untuk dapat terbebas dari permaslahan kemiskinan ini harus diselesaikan dengan melalui kelebihan yang berada didalam negara tersebut. Jika kita melihat dari negara Indonesia ini bahwa ada banyak sekali kelebihan dari negara Indonesia namun salah satunya adalah bahwa negara Indonesia ini sebagai besar masyarakatnya adalah menganut agama islam. Dengan demikian maka untuk dapat terbebas dari kemiskinan negara Indonesia ini harus menggunakan cara yang sesuai dengan ajaran islam.

            Jika kita melihat berdasarkan ajaran islam maka didalam ajaran islam sendiri ada banyak sekali cara – cara yang bisa dilakukan oleh masyarakat untuk dapat keluar dari permsalahan kemiskinan ini. Namun pada tulisan ini untuk dapat terbebas dari permaslahan kemiskinan adalah dengan cara zakal dan wakaf. Maka timbul sebuah pertanyaan apa itu zakat dan wakaf ?.

Secara garis besar zakat adalah sebuah harta yang tergolong wajib untuk dikeluarkan oleh seseorang yang memeluk agama islam untuk diberikan kepada seseorang yang membutuhkan seperti fakir miskin dan masih bnyak lagi. Sedangkan secara garis besar wakaf adalah sebuah cara untuk untuk menyedekahkan harta seseorang yang berlebih untuk kepentingan ummat. Dengan adanya kedua hal tersebut bisa ditarik sebuah benang merahnya adalah untuk menyisikan harta untuk digunakan oleh umat atau seseorang. Maka akan menjadi sebuah timbul pertanyaan bagaimana cara agar uang yang telah dikerluarkan tersebut akan membuat masyarakat yang tergolong membutuhkan dapat keluar dari kehidupan kemiskinan?.

Memang bisa dikatakan bahwa zakat dan wakaf apabila digunakan secara benar dan baik sesuai dengan kebutuhan akan menjadi sebuah jalan keluar bagi masyarakat dari zona kemiskinan. Namun perlu sebuah perancangan dan tindakan yang harus sangat diperhatikan agar tepat sesuai sasaran. Perlu digaris bawahi bahwa zakat dan wakaf ini jangan hanya memberikan ikannya saja tetapi harus juga pancingannya. Sehingga ketika masyarakat tersebut ketika tidak menerima bantuan dapat menjalani kehidupannya akan dapat mandiri dalam keluar dari kemiskinan. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca. Terima kasih banyak.

Sumber tulisan:

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Zakal Dan Wakaf Untuk Membantu Keluar Dari Roda Kemiskinan Bagi Negara Indonesia"

Posting Komentar