Membentuk Golden Age yang Berperilaku GERMA Didalam Kehidupannya



Ketika kita mendengar kata ”anak kecil” dan melihat anak kecil maka dengan pastinya hal pertama yang terlintas di dalam benak anda sebagai pembaca adalah gemas. Pastinya gemasnya terhadap anak kecil ini setiap orang memiliki alasan-alasan tersendiri namun salah satu alasan mengapa orang dewasa gemas ketika mendengar kata “anak kecil” dan melihat anak kecil adalah karena tingkah laku anak kecil. Memang ketika kita melihat baik itu secara langsung ataupun melalui berbagai macam video tentang tingkah laku anak kecil akan membuat kita khususnya orang dewasa gemas. Namun tidak menutup kemungkinan pula beberapa orang khususnya orang dewasa tidak begitu menyukai anak kecil khususnya dikarenakan tingkah laku yang dibuat olehnya.

Selain dari tingkah laku yang dibuat oleh anak kecil ada salah satu moment yang sangat berharga bagi anak kecil yaitu golden age. Secara garis besar golden age adalah sebuah masa yang bisa dikatakan masa penting atau masa emas bagi anak kecil. Masa-masa golden age pada anak kecil menurut berbagai sumber yang ada di internet kira-kira kurang lebih sekitar usia dari 0 sampai dengan 6 tahun. Berdasarkan kata golden age tersebut dapat diibarakatkan sebagai emas. Dikarenakan diibaratkan emas maka untuk membentuk emas sangatlah sulit dan untuk mendapatkan emas yang berkualitas sangatlah sulit. Begitu pula dengan membentuk maka anak kecil harus dibentuk apalagi ketika anak kecil tersebut memasuki moment golden age agar dimasa depannya anak kecil tersebut menjadi sumber daya manusia yang berkualitas dimasa yang akan datangnya. 

Kesehatan merupakan salah satu hal yang sangat terpenting didalam menjalani kehidupan sehari-hari. Diberbagai macam bacaan baik itu yang berada dimedia elektronik, media cetak, sampai diinternet ada banyak sekali hal-hal yang menjelaskan akan pentingnya kesehatan didalam menjalani kehidupan sehari-hari. Namun jika membahas mengenai jenis penyakit sendiri ada yang menular dan tidak menular namun pada tulisan ini lebih khusus membahas mengenai penyakit tidak menular. Penyakit tidak menular memang ada banyak contohnya namun salah satunya adalah depresi, penyakit jantung, dan penyakit lainnya. Jika kita melihat baik itu secara nyata langsung bahwa dari hari ke hari biaya untuk mendapatkan kesehatan yang baik dan berkualitas bisa dikatakan cukup sangat lah mahal. Apabila kita mengambil sebuah contoh ketika kita berobat ke dokter biaya yang harus dikeluarkan misalnya Rp100.000 maka jika dalam sebulan seseorang tersebut 4x kedokter maka sebulan seseorang tersebut mengeluarkan uang sebesar Rp400.000 dalam sebulan apabila kita akumulasikan dalam satu tahun maka seseorang tersebut Rp4.800.000. Tentunya hitungan contoh uang yang biasa digunakan untuk kebutuhan hidup menjadi teralihkan kekesehatan terlebih dahulu.

Jalan keluar untuk mencegah biaya yang tinggi akan kesehatan adalah dengan hidup sehat. Namun selain hidup sehat seseorang indivudu juga harus memiliki pola pikir sehat. Waktu pembentuk pola pikir sehat terbaik adalah ketika seseorang tersebut masih anak kecil khususnya ketika memasuki masa golden age. Dimasa golden age ini adalah masa dimana segala informasi yang diterima oleh anak kecil tersebut akan membentuk baik itu tingkah laku sampai cara berbicara anak tersebut. Maka karena hal tersebut apabila jika orang tua menanamkan pola pikir sehat kepada anak kecil khususnya ketika memasuki masa golden age maka secara tidak langsung pula membentuk anak kecil tersebut menjadi indivudu yang sehat. Cara konkrit orang tua untuk membentuk anak kecil dalam memiliki pola pikir sehat adalah dengan menerapkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Secara garis besar bahwa menerapkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) adalah sebuah kegiatan yang dilakukan secara sadar yang bertujuan untuk menjadi individu yang sehat. Kegiatan menerapkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) harus dilakukan dari lingkaran terkecil yaitu sebuah keluarga lebih khususnya adalah orang tua kepada anaknya yang masih kecil. Kegiatan contoh dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) adalah pertama rutin melakukan kegiatan olahraga setiap minggunya, kedua adalah mengonsumsi buah maupun sayur sesuai dengan standar yang telah ditentukan oleh para pakar kesehatan, ketiga adalah memeriksakan diri secara berkala seperti enam bulan sekali agar ketika ada sebuah penyakit dapat segera diatasi, dan masih banyak contoh-contoh lainnya dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) untuk sebuah keluarga khususnya oran tua bagi anaknya. Memang pada dasarnya tidak semudah mudah seperti membalikan telapak tangan untuk membentuk masyarakat khususnya orang tua yang memiliki anaknya agar anaknya yang masih kecil untuk memiliki pola pikir hidup sehat ataupun melakukan kegiatan sebuah dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) namun bukan berarti tidak bisa diwujudkan. Maka dari itu disini diperlukan peranan pemerintah yang lebih kuat.

Untuk lebih maksimal dalam membuat keluarga khususnya orang tua melakukan penerapan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) bagi anaknya khususnya yang bagi kecil maka disini perlu peranan pemerintah. Disini peran pemerintah sangatlah besar dan lebih ditekankan pada beberapa hal seperti pertama adalah melakukan sosialisasi kepada masyarakat secara terus menerus sampai masyarakat tertarik melakukan GERMAS, kedua adalah melakukan sebuah kegiatan-kegiatan yang dilakukan pemerintah berkaitan dengan hal-hal mengacu kepada Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), ketiga adalah melakukan sebuah kebijakan-kebijakan sampai peraturan-peraturan yang ada agar masyarakat khususnya orang tua yang memiliki anak kecil yang masih kecil agar mau melakukan kegiatan dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Memang anak kecil khususnya yang masuk kedalam masa golden age merupakan masa yang sangat pas untuk membentuk anak tersebut memiliki sebuah pola pikir hidup sehat dan melakukan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Apalagi dengan dua hal tersebut dapat menjadi anak kecil dapat menjadi sebuah individu yang sehat dan juga dapat menjadi sumber daya manusia yang berkualitas sehingga dapat memajukan negara Indonesia ini menjadi lebih baik lagi. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda khususnya para pembaca berstatus orang tua yang memiliki anak kecil dimana anak kecil anda mulai memasuki masa golden age. Agar masa golden age dapat dibentuk menjadi lebih baik agar masa depan sang anak menjadi lebih baik lagi. Terima kasih.


Sumber tulisan:

Sumber gambar:

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Membentuk Golden Age yang Berperilaku GERMA Didalam Kehidupannya"

Posting Komentar