Keluarga, Literasi, dan Masyarakat Didalam Dunia Pendidikan



Memang tidak dapat menutup kemungkinan bahwa sekarang ini pendidikan merupakan sebuah atau sesuatu hal yang sangat penting di dalam menjalani kehidupan sehari – hari. Apalagi di berbagai literasi bacaan baik itu yang berada di dalam media elektronik maupun di media cetak memang ada banyak sekali berbagai tulisan – tulisan yang membahas mengenai pentingnya pendidikan bagi seseorang individu. Jika membaca secara garis besar bahwa pendidikan ini merupakan sebuah alat yang sangat penting dimana alat tersebut dapat merubah baik itu dari mulai kehidupan sampai dengan merubah sebuah bangsa menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Jika kita meibaratkan pendidikan merupakan sebuah kunci untuk dapat membuka sebuah gembok dimana gembok tersebut merupakan sebuah berbagai masalah – masalah yang ada di dalam kehidupan ini. Jika kita melihat sejarah dunia khususnya sejarah mengenai negara Jepang dimana negara tersebut pernah mengalami bom atom di Hiroshima dan Nagasaki. Dengan dibom atom negara Jepang tersebut oleh sekutu membuat negara Jepang ini mengalami kerusakan yang sangat parah. Namun setelah terjadi peristiwa tersebut bisa kita lihat bahwa sekarang ini negara Jepang masuk ke dalam salah satu negara maju yang ada di dunia.

Tentunya perubahan yang dialami oleh negara Jepang itu bukan sesuatu hal yang mudah seperti membalikan sebuah telapak tangan. Perubahan yang dialami negara Jepang pula merupakan hasil dari pendidikan yang telah ditanamkan oleh pemerintah Jepang kepada rakyatnya. Maka dari itu untuk dapat sejajar dengan negara Jepang ataupun menjadi salah satu negara maju lainnya negara Indonesia harus dapat lebih meningkatkan kualitas pendidikan yang diberikan kepada rakyatnya agar rakyatnya ini dapat menjadi sebuah sumber daya manusia yang berkualitas dimasa yang akan datang dan dapat mengubah negara Indonesia ini menjadi lebih baik lagi dari pada sebelumnya.

Berbicara tentang pendidikan tidak akan terlepas dari dua hal ini yaitu keluarga dan masyarakat. Maksud dari keluarga disini karena pendidikan pertama adalah pendidikan yang berasal dari keluarga. Sedangkan maksud dari masyarakat disini karena setelah seseorang individu berhasil ataupun bisa dikatakan sukses dalam menyelesaikan sebuah pendidikan khususnya pendidikan yang berbentuk formal maka seseorang tersebut akan kembali lagi menjadi sebuah bagian dari masyarakat. Dengan demikian maka bisa ditarik sebuah benang merah ataupun inti dari tulisan paragraf bahwa keluarga dan masyarakat merupakan hal yang penting di dalam sebuah pendidikan.

Jika kita meilhat dari berbagai literasi bacaan baik itu yang berada dimedia elektronik maupun di media cetak bisa dibilang bahwa secara garis besar literisi dapat diartikan merupakan sebuah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang individu dalam mengelola sampai memahami mengenai sebuah informasi ketika seseorang tersebut melakukan kegiatan baik itu menulis maupun membaca. Dengan secara garis besar mengenai literasi tersebut maka literasi tidak bisa dipisahkan dengan hal – hal yang berkaitan dengan pendidikan. Bisa dikatakan pula bahwa bahwa literasi ini merupakan sebuah wadah bagi para pelajar dalam memahami, mengenal, sampai mengaplikasikan mengenai ilmu yang telah diterima kedalam kehidupan sehari – hari.

Tentunya dengan membaca dua paragraf diatas maka ada sebuah hubungan antara paragraf atas dengan paragraf yang ada di bawahnya. Jika diparagraf awal membahas mengenai tentang pentingnya keluarga dan masyarakat, maka di paragraf yang kedua membahas mengenai secara garis besar mengenai apa itu literasi. Maka setelah membaca kedua paragraf tersebut akan memiliki sebuah hubunga antara keluarga, literasi, dan juga dengan masyarakat. Hubungan tersebut adalah keluarga merupakan sebuah pendidikan yang didapatkan pertama kali oleh seseorang individu maka dari itu untuk dapat memperlancar mengenai literasi dalam dunia pendidikan formal yang akan didapatkan seseorang individu tersebut. Setelah dengan mudahnya memahami mengenai ilmu pengetahuan yang didapatkan di pendidikan formal maka seseorang tersebut akan kembali lagi kepada masyarakat. Namun bukan hanya kembali kemasyarakat tetapi pula menjadi sebuah sumber daya manusia yang berkualitas sehingga dapat memajukan masyarakat dan juga membuat negara Indonesia ini menjadi lebih baik lagi dari pada sebelumnya. Untuk lebih dapat memaksimalkan hal tersebut maka kita sebagai seseorang individu baik itu keluarga, individu, ataupun pemerintah bisa melakukan bebarapa hal sebagai berikut:

Pertama adalah untuk keluarga caranya adalah sang anak diharapkan dapat dilatih menjadi seseorang yang memiliki sifat yang bagus seperti memiliki kreatifitas yang tinggi sampai pantang menyerah. Salah satu contoh kegiatannya adalah dengan membelikan permainan yang dapat melatih bukan hanya kreatifitasnya tetapi juga dapat meningkatkan daya juang sang anak agar sang anak dapat menjadi individu yang akan menjadi sumber daya manusia yang berkualitas dimasa yang akan datangnya. Dengan demikian diharapkan sang anak tersebut ketika mengalami proses literasi didalam dunia pendidikan khususnya pendidikan yang berbentuk formal akan dapat dengan mudah dan juga membuat negara Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Kedua adalah point ini untuk seseorang individu yang memiliki status sebagai pelajar ataupun mahasiswa. Seperti yang sudah kita ketahui semua bahwa banyak sekali dari tingkah laku yang dilakukan oleh para penerus bangsa yang tidak mencerminkan akan menjadi sumber daya manusia yang berkualitas. Dikarenakan adanya hal demikian maka disini harus ditekan baik itu tingkah laku maupun cara berbicara dari para generasi muda ini sehingga dalam proses literasi dalam hal dunia pendidikan akan lebih maksimal sehingga dapat membentuk sumber daya manusia yang berkualitas demi membentuk negara Indonesia ini menjadi lebih baik lagi.

Ketiga adalah point ini ditujukan untuk masyarakat. Memang ketika seseorang yang awalnya memiliki status pelajar maupun mahasiswa mulai terjun ke dalam masyarakat akan ada sebuah peluang penolakan akan masyarakat. Maka dari itu untuk tidak terjadi hal demikian maka disini masyarakat harus harus dapat memberikan kepada generasi muda khususnya yang baru peluang – peluang agar para generasi muda ini dapat diliatih menjadi sumber daya manusia yang dapat menyelesaikan berbagai masalah – masalah yang ada di dalam lingkungan masyarakat. Memang ada banyak sekali cara – cara yang bisa dilakukan oleh berbagai macam orang baik itu yang berada di pemerintah maupun non pemerintah dalam membuat hubungan antara masyarakat, literasi, maupun keluarga sehingga dapat terbentuk sumber daya manusia yang berkualitas namun salah satunya telah disebutka diatas. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih banyak.

Sumber tulisan:

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Keluarga, Literasi, dan Masyarakat Didalam Dunia Pendidikan"

Posting Komentar