Sumber Daya Manusia Untuk Mengadapi Revolusi Industry 4.0



Tidak dapat menutup kemungkinan bahwa sekarang ini kita hidup di zaman baik itu dari  ilmu pengetahuan maupun teknologi sudah sangat berkembang dengan sangat maju dan pesat. Bukti sudah maju ilmu pengetahuan ada teknologi adalah adanya berbagai macam penemuan seperti computer canggih, robot pintar, dan masih banyak lagi. Dengan hal tersebut maka tidak dapat menutup kemungkinan akan terjadi lagi sebuah revolusi khususnya revolusi industry 4.0.

Secara garis besar bahwa revolusi industry 4.0 ini adalah sebuah trend di dunia yang menggabungkan baik itu teknologi otomatis dengan teknologi cybrer.  Revolusi indutri 4.0 ini jika diibaratkan akan menjadi pisau bermata dua, disatu sisi dengan adanya revolusi ini akan berdampak positif bagi kehidupan sehari-hari namun disatu sisi juga pastinya menimbulkan dampak negatif bagi kehidupan. Namun jika kita melihat secara keseluruh bagi negara Indonesia revolusi industry 4.0 ini merupakan sebuah tantangan yang akan terjadi dan pasti terjadi dimasa yang akan datang.

Dengan adanya revolusi industry 4.0 ini membuat berbagai negara yang ada di dunia ini mempersiapkan diri menjadi negara yang dapat tetap dapat bertahan dan tetap maju. Maka jika melihat hal tersebut maka harusnya negara Indonesia ikut turut juga mempersipakan diri agar tetap bertahan ketika revolusi industry 4.0 terjadi. Memang jika melihat secara luas tentunya akan ada banyak sekali hal-hal yang harus disiapkan namun salah satu contoh yang harus disiapkan dalam menghadapi revolusi industry 4.0 adalah sumber daya manusia.

 Diberbagai bahan bacaan baik itu yang berada di media cetak maupun media elektronik pastinya ada saja bacaan yang menerangkan bahwa sumber daya manusia yang berada didalam suatu negara akan mempengaruhi negara tersebut maka begitu juga dengan revolusi 4.0. berbicara mengenai sumber daya manusia ini pastinya akan mengenai mahasiswa. Seperti yang sudah kita ketahui semua bahwa mahasiswa ini memiliki fungsi sebagai iron stock maka dari itu jika membahas mengenai sumber daya manusia membahas pula mengenai mahasiswa.

Untuk dapat mempersiapkan mahasiswa menjadi pemeran utama dalam revolusi 4.0 untuk negara Indonesia ini adalah dengan cara mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang didapatkan di bangku kuliah dengan kebutuhan kerja. Memang tidak dapat menutup kemungkinan peluang bahwa mahasiswa terkadang ketika belajar untuk mendapatkan ilmu pengetahuan di bangku kuliah tidak dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat dibangku kuliah di dunia kerja. Untuk dapat menekan hal tersebut yang terjadi di mahasiswa maka disini baik itu pihak pemerintah yang mengurusi bidang pendidikan, universitas, sampai mahasiswa harus dapat saling bahu-membahu dalam menangai hal tersebut. Memang ada banyak sekali cara-cara yang dilakukan agar membentuk mahasiswa bisa menerapkan ilmu yang didapat di bangku kuliah untuk dunia kerja dan juga memegang peran utama dalam revolusi industry 4.0 untuk negara Indonesia ini salah adalah berikut ini:

Pertama adalah dengan disisipkannya sebuah proyek-proyek ataupun tugas-tugas yang bekaitan dengan kebutuhan dunia kerja dengan ilmu pengetahuan yang diterima di bangku kuliah. Dengan dilakukannya hal demikian diharapakan dapat menekang peluang terjadinya mahasiswa yang tidak dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang sudah didapat. Selain itu juga diharapkan pula bahwa mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat agar dapat mengambil peranan dalam menyongsong revolusi industry 4.0 bagi negara Indonesia ini.

Kedua adalah kunjungan ke dunia kerja yang berkaitan dengan jurusan yang diambil. Perlu ditekankan disini bahwa kunjungan ke tempat dunia kerja disini bukan hanya datang setelah itu pulang tanpa menghasilkan atau memberikan dampak bagi mahasiswa. Maka untuk dapat menghasilkan atau memberikan dapak dari proses kunjungan ke dunia kerja disini mahasiswa harus diberikan tugas dimana tugas tersebut dapat secara tidak langsung menimbulkan sebuah keinginan ataupun daya tarik mahasiswa untuk lebih mencari tau tentang dunia kerja.

Ketiga adalah dengan praktek kerja lapangan ataupun melakukan sebuah kegiatan magang. Memang ketika seseorang yang memiliki status mahasiswa melakukan baik itu praktek kerja lapangan maupun melakukan kegiatan magang akan sangat berbeda dengan mahasiswa yang tidak melakukan kegiatan tersebut walaupun kegiatan tersebut hanya di lakukan dengan waktu yang sangat singkat. Diharapkan dengan mahasiswa melakukan kegiatan tersebut akan dapat mengenalkan mahasiswa dengan dunia kerja walaupun hanya secara luarnya saja.

Selain itu tentunya untuk dapat lebih menunjang ataupun nilai positif lebih dari mahasiswa untuk dapat menjadi sumber daya manusia berkualitas untuk menghadapai revolusi industry 4.0 adalah dengan diajarkan ilmu yang berkaitan dengan teknologi sesuai dengan jurusan yang telah dipilihnya. Dengan adanya teknologi diharapkan mahasiswa ini dapat bersaing kecepatan dalam menyelesaikan tugas-tugas ataupun proyek-proyek pekerjaan dengan mahasiswa dari negara yang mana negara tersebut sudah menggunakan teknologi-teknologi canggih dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Tentunya bukan hanya dapat mengaplikasikan ilmu di bangku kuliah sampai ilmu yang berkaitan dengan teknologi sesuai jurusan yang dipilihnya namun juga harus dibentuk sikap dari mahasiswa tersebut. Dengan dibentuk sikap dari mahasiswa bertujuan untuk dapat menimimalis akan terjadinya sebuah kasus-kasus yang tidak diinginkan ataupun hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecurangan dalam mengerjakan tugas-tugas atau proyek yang dikerjakannya. Apabila sumber daya manusia khususnya mahasiswa ini sudah mulai ada peluang akan terjadinya sebuah kecurangan dalam mengerjakan tugas ataupun proyek yang dikerjakan oleh mahasiswa akan berdampak pula pada sumber daya manusia bagi revolusi industry 4.0 bagi negara Indonesia ini. Dampaknya yaitu ketika ada sebuah kecurangan yang dilakukan oleh sumber daya manusia khususnya mahasiswa maka akan menjadi sebuah peluang yang besar bagi mahasiswa asing dalam mengambil tugas ataupun proyek yang ada di dalam negeri apabila tugas ataupun proyek sudah diambil oleh mahasiswa asing maka akan membuat mahasiswa dari negara Indonesia ini sulit untuk dapat berkembang dan mencicipi seperti apa aplikasi dari ilmu pengetahuan yang ada di bangku kuliah untuk diaplikasikan ke dalam dunia kerja. Jika sudah terjadi hal demikian maka akan membuat negara Indonesia ini menjadi lebih tidak mudah lagi dalam menyambut revolusi industry 4.0.

Oleh sebab itu pengaplikasian dari ilmu yang didapat di bangku kuliah, teknologi yang mendukung mengembangkan dari jurusan yang telah dipilih, dan pembentukan sikap merupakan hal-hal yang harus diajarkan sejak dini sampai mahasiswa agar di kedepannya hal-hal tersebut dapat menjadi sebuah sumbangsing yang sangat penting terhadap bangsa dan negara Indonesia ini untuk dapat menghadapi semua tantangan sampai hambatan dalam menyongsong revolusi industry 4.0 yang ada di Indonesia ini. Namun untuk dapat lebih maksimal dalam menyambut revolusi industry 4.0 bagi Indonesia ini tentunya harus juga didukung oleh baik itu dari pemerintah, swasta, sampai berbagai organisasi masyarakat dalam membantu membentuk sumber daya manusia khususnya mahasiswa dalam menyambut revolusi industry 4.0 bagi negara Indonesia. Sehingga dari hal tersebut dapat menjadikan negara Indonesia tidak hanya menjadi negara yang konsumtif saja namun juga beranjang menjadi negara yang produktif secara bertahan dan menjadi lebih baik lagi untuk menyongsong revolusi industry 4.0.


Sumber tulisan:

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sumber Daya Manusia Untuk Mengadapi Revolusi Industry 4.0"

Posting Komentar