Berbagi di dalam menjalani kehidupan sehari-hari



Tentunya kita baik itu dari mulai anak kecil sampai orang dewasa sudah tidak asing lagi dengan kata “berbagi”. Apalagi sekarang ini kita hidup di zaman modern yang mana informasi sudah beredar dengan sangat cepatnya membuat kata sampai pengertian dari berbagai sangat mudah ditemukan di internet. Secara garis besar berbagi adalah sebuah kegiatan baik itu memberi maupun menerima dari mulai barang sampai makanan di dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini bisa saja dilakukan dari sesame manusia ataupun yang lainnya.

Namun tidak menutup kemungkinan bahwa ketika kita mau melakukan kegiatan berbagi terkadang ada rasa keraguan dari dalam hati. Ada saja berbagai alasan-alasan mengapa ada timbul rasa keraguan dari dalam hati ketika mau melakukan kegiatan berbagai salah satunya adalah ketika kita mau berbagi sebuah makanan tentunya kita akan selalu merugi karena makanan yang awalnya hanya untuk diri sendiri harus dibagi dua dengan orang lain.

Padahal di beberapa sumber bacaan baik itu yang berada di dalam literasi bacaan maupun di intertnet banyak sekali tulisan yang menjelaskan dampak positif dari kegiatan berbagai ini. Memang tidak dapat menutup kemungkinan bahwa kegiatan berbagai ini memiliki banyak sekali dampak positif salah satu contohnya adalah pertama meningkatkan rasa saling tolong menolong, kedua meningkatkan rasa kebersamaan , dan masih banyak sekali dampak positif yang diberikan ketika kita melakukan kegiatan berbagai.

Bahkan penuli juga pernah mengalami dampak positif dari kegiatan berbagai ini. Waktu dulu beberapa tahun kebelakang pada saat makan siang tentunya banyak orang yang datang ke kantin untuk makan siang maka penulis juga pergi kekanti untuk makan siang. Di dalam kantin penulis memasan banyak sekali makanan baik itu nasi untuk makan siang dan juga makanan riang secara tidak ada niatan saya sebagai penulis membagi saja makanan ringan yang dibeli. Keesokan harinya entah kenapa orang-orang yang dibagi makan riangan oleh penulis malah balik membagikan makan riang yang telah dibelinya dan akhirnya semua orang yang saling memberi makan riang tersebut menjadi teman sampai sekarang ini.

Hidup dizaman yang modern dan teknologi yang sudah semakin berkembang ini pastinya akan berdampak pula pada berbagai aspek kehidupan sehari-hari salah satu aspek yaitu berbagi. Cara berbagi di zaman modern sekarang ini bisa melalui Dompet Dhuafa. Dengan adanya Dompet ini masyarakat yang ingin melakukan berbagi bagi orang lian akan dengan mudah apalagi di dalam Dompet Dhuafa ini bisa melakukan berbagai macam kegiatan seperti zakat, donasi, dan masih banyak lagi. Dompet Dhuafa Republik adalah sebuah lembaga nirlaba yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia yang berfungsi sebagai sebuah lembaga kemanusiaan yang membantu orang-orang yang termasuk kedalam orang-orang yang tidak mampu.

Dengan demikian kita akan dapat menarik sebuah garis besar dari beberapa paragraf diatas bahwa setiap orang pada dasarnya ingin sekali dapat kegiatan berbagi didalam dirinya namun terkadang kegiatan berbagi tersebut terhalang dengan adanyanya khawatirnya dari dalam hatinya. Untuk dapat menekankan rasa khawatiran akan kegiatan berbagi maka solusinya adalah dengan melakukan kegiatan di Dompet Dhuafa. Apalagi di dalam Dompet Dhuafa sendiri orang-orang bisa melakukan berbagai macam kegiatan berbagai seperti donasi, zakat, ataupun yang lainnya dimana kegiatan tersebut akan tetap sasaran kepada orang-orang yang membutuhkan secara aturan yang berlaku. Maka dari itu ayo lakukan kegiatan berbagi di Dompet Dhuafa. Semoga tulisan ini bisa sangat bermanfaat bagi anda khususnya pada pembaca yang ingin melakukan kegiatan berbagi bagi orang lain. Terima kasih.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Kompetisi Blog Jangan Takut Berbagi yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa cek info lomba di donasi.dompetdhuafa.org/lombablog

Sumber tulisan dan gambar:
https://www.dompetdhuafa.org/

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Berbagi di dalam menjalani kehidupan sehari-hari"

Posting Komentar