Pembangunan Daerah 3T Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik



Jika kita melihat di berbagai literasi bacaan baik itu yang berada di media elektronik maupun di media cetak letak geografis negara Indonesia ini terletak di wilayah yang sangat strategis. Tentunya akan ada sebuah alasan mengapa pendapat mengenai stategisnya letak negara Indonesia salah satu alasanya adalah bisa dilihat dari letak negara Indonesia secara geografis. Letak negara Indonesia dilihat secara geografis ini dihampit oleh 2 benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia, sedangkan 2 samudra yaitu Samudera Hinda dan Samudera Pasifik. Dengan dihampit  oleh 2 samudra dan 2 benua membuat negara Indonesia ini menjadi negara yang sangat strategis untuk jalur perdagangan.

Selain dari memiliki letak yang sangat strategis untuk jalur perdagangan negara Indonesia juga memiliki berbagai macam kelebihan lainnya seperti negara Indonesia ini terdiri dari berbagai kepulauan. Dengan negara yang terdiri dari berbagai kepulauan tersebut membuat negara Indonesia ini memiliki berbagai macam kebudayaan. Namun negara Indonesia yang terdiri berbagai macam pulau tersebut jika diibaratkan sebagai pisau bermata dua. Memang disatu sisi memberikan kebudayaan yang beragam namun disisi lain juga untuk pembangunan tidak merata karena untuk pembangunan satu wilayah sangat berjauhan sehingga membutuhkan uang sangat banyak untuk pemerataan pembangunan.

Pembangunan yang tidak merata antara satu wilayah dengan wilayah lain memang salah satu masalah yang sedang dihadapi oleh negara Indonesia ini. Ada banyak sekali bukti – bukti yang menunjukan bahwa pembangunan tidak merata di negara Indonesia salah satu contohnya yaitu berada di dalam internet banyak sekali berbagai macam artikel yang menjelaskan bahwa negara Indonesia ini belum merata dalam hal pembangunan khususnya pada daerah 3T.

Dengan pembangunan yang belum merata ini maka munculnya berbagai istilah seperti daerah 3T. Daerah 3T sendiri merupakan daerah yang tertinggal, terdepan, dan terluar dari negara Indonesia ini. Memang jika dilihat dari secara garis besarnya tentang daerah 3T ini bisa kita temukan di daerah – daerah salah satunya yang berada di daerah perbatasan dengan negara lain. Letak yang jauh dari kota khususnya kota besar yang ada menjadikan daerah – daerah perbatasan ini bisa memiliki peluang yang lebih besar menjadi daerah 3T akibat pembangunan  kurang diperhatikan.

Tentunya untuk dapat mencari jalan keluar yang paling efektif dan juga cepat maka baik itu dari mulai pemerintah, swasta, sampai masyarakat harus lebih dahulu mengetahui berbagai macam alasan – alasan mengapa ada daerah 3T tersebut di negara Indonesia ini. Namun jika kita membaca berbagai macam tulisan baik itu yang berada di dalam media elektronik maupun media cetak yang membahas mengenai 3T ada banyak sekali alasan – alasan mengapa ada daerah 3T di negara Indonesia ini. Alasan yang paling utama terjadi daerah 3T tentunya adalah karena pembangunan tidak merata namun alasan lainnya salah satunya yaitu pertama berdimensi sektoral, kedua adalah kekurangan dana maka pemerataan menjadi terganggu, dan masih banyak lagi alasan – alasan lainnya yang menyebabkan pembangunan tidak merata.

Dengan telah mengetahui berbagai macam alasan – alasan mengapa terjadi daerah 3T di negara Indonesia maka kita dapat dengan mudah mencari secara garis besar cara yang untuk menanggulanginya. Memang cara utama untuk menanggulangi daerah 3T adalah dengan menyediakan uang pembangunan agar pembangunan dapat merata dari ujung pulau sampai ujung pulau negara Indonesia ini. Tentunya untuk dapat mewujudkan cara utama tersebut tidak mudah seperti membalikan telapak tangan maka dari itu berikut ini merupakan cara – cara yang bisa dilakukan untuk dapat mengoptimalkan tujuan utama yaitu untuk mengilangkan daerah 3T yaitu:

Pertama adalah transfer di berbagai bidang khususnya di bidang pendidikan. Seperti yang sudah banyak diketahui semua orang bahwa pendidikan merupakan sesuatu hal yang sangat penting dan dapat membuat maupun membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Dengan adanya transfer ilmu tersebut diharapkan memberikan berbagai dampak positif bukan hanya menghilangkan daerah 3T saja tetapi juga diharapkan dapat membuat masyarakat tersebut menjadi sumber daya manusia yang berkulitas sehingga dengan adanya sumber daya manusia yang berkualitas didalam daerah tersebut dapat memberikan jalan keluar dari berbagai permasalahan yang ada didalam daerah 3T tersebut.

Kedua adalah membangun jalur – jalur penting yang akan mendorong akan terjadiinya baik itu ekomoni. Dengan membangun jalur – jalur penting untuk mendorong ekonomi tersebut diharapkan masyarakat yang ada di dalam daerah 3T tersebut dapat merubah kehidupannya. Ketika kehidupannya sudah menjadi lebih baik lagi maka masyarakat tersebut dapat saling bahu membahu dalam membangun fasilitas lainnya agar kehidupan masyarakat di dalam daerah tertinggal tersebut dapat menjadi lebih baik lagi.

Ketiga adalah melakukan sebuah kerjasama baik itu pemerintah dengan swasta maupun pemerintah dengan pihak investor yang berada di dalam negeri maupun di luar negeri. Memang untuk cara yang satu ini tentunya harus memiliki sebuah syarat yang harus dipenuhi salah satunya seperti bahwa didalam daerah 3T tersebut memiliki sebuah potensi dalam menarik para wisatawan baik itu dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Tentunya dengan adanya syarat demikian maka daerah – daerah yang tidak memiliki potensi akan daya tarik wisatawan akan sulit untuk dapat menerima pembangunan dan memperbaiki daerahnya. Maka dari itu disini perlunya peran pemerintah yang lebih besar agar tidak hanya daerah yang memiliki potensi wisata saja yang diperhatikan tetapi juga daerah yang tidak berpotensi wisata juga ikut dibangun sehingga daerah yang termasuk ke dalam daerah 3T dapat diselesaikan secara perlahan – lahan.

Keempat dengan melibatkan orang – orang yang terlibat dengan industry kreatif. Memang bisa dikatakan dengan hidup di zaman yang sudah semakin canggih sekarang memiliki potensi yang sangat besar dalam memberikan kritik maupun masukan kapada pemerintah mengenai kinerja atau pekerjaan yang perlu diselesaikan. Tentunya pada point ini sebuah aturan maupun cara dimana ketika orang – orang yang bekerja di dunia industry kreatif mau memberikan sebuah masukan kepada pemerintah mengenai daerah 3T agar mendapatkan pemerataan pembangunan. Selain itu juga diharapkan setelah bukan hanya pemerintah saja tetapi juga diharapka dapat menarik sebuah investor agar mau menanamkan modal sehingga dapat membuat daerah 3T ini mengalami sebuah pembangunan yang merata demi kehidupan yang lebih baik lagi.

Pada point tiga menjelaskan perlunya adanya sebuah kerja sama baik itu dengan pemerintah maupun dengan swasta salah satu contohnya yaitu berkerja sama dengan KORINDO. KORINDO merupakan sebuah perusahaan Indonesia yang didirikan pada tahun 1969 dan telah beroperasi selama 48 tahun. KORINDO Grup, merupakan perusahaan terdepan di berbagai industri di pasar Asia Tenggara yang memiliki banyak hal yang bisa dibanggakan. Selama 48 tahun beroperasi, kami telah membangun bisnis dengan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perkembangan ekonomi negara serta menjunjung tinggi praktik-praktik ramah lingkungan dan berorientasi masa depan. Apalagi dengan visi yaitu Membangun hubungan yang harmonis antara kegiatan bisnis perusahaan dengan masyarakat dan pemangku kepentingan terkait lainnya, yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian secara terus-menerus. Diharapkan dapat menjadikanPerubahan Untuk Indonesia yang Lebih Baik.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pembangunan Daerah 3T Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik"

Posting Komentar