Hoax Dan Ancaman Keberagaman



Seperti yang sudah kita ketahui semua bahwa negara Indonesia merupakan negara yang terdiri dari berbagai kepulauan. Selain terdiri dari berbagai kepulauan negara Indonesia juga memiliki berbagai macam kelebihan seperti memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah dan memiliki keragaman budaya, ras, suku, agama, dan masih banyak lagi keberagaman yang ada di negara Indonesia. Walaupun memiliki keberagaman yang sangat melimpah namun negara Indonesia ini tetap dengan semboyannya yaitu Bhineka Tunggal Ika yang artinya berbeda beda tapi tetap satu.

Dengan berbagai keberagaman yang ada di negara ini tentunya kita sebagai masyarakat harus patut berbangga dengan negara Indonesia. Selain bangga tentunya disini juga masyarakat dituntut untuk selalu dapat menghargai dan menghormati setiap perbedaan yang ada. Adanya keberagaman yang ada di negara ini juga memiliki berbagai manfaat salah satunya manfaatnya yaitu menjadi daya tarik wisatawan untuk datang. Dengan datangnya wisatawan maka otomatis ekonomipun tutur terkena dampak dari datangnya wisatawan tersebut.

Memang disatu sisi dengan memiliki keberagaman yang tinggi menjadi suatu nilai plus bagi suatu negara. Namun disatu sisi juga dengan keberagaman menjadi suatu bom waktu yang akan meledak di kemudian hari. Bom waktu dapat berupa perpecahan, pertikaian, maupun hal hal lainnya yang dapat memecahkan kesatuan. Agar bom waktu itu tidak meledak dikemudian hari maka setiap elemen di masyarakat harus dapat menciptakan perdamaian di dalam banyaknya keberagaman yang ada.

Nyatanya untuk hidup nyaman di dalam kehidupan bermasyarakat yang memiliki banyak keberagaman tidaklah gampang seperti yang dipikirkan. Ada banyak sekali hal hal yang dapat merusak kehidupan masyarakat di dalam keberagaman seperti egoisme, rasisme, pelecehan terhadap keberagaman yang ada, dan masih banyak lagi. Namun ada satu hal yang tidak dapat merusak kehidupan masyarakat bahkan dapat mempengarui orang lain yaitu adalah berita HOAX.

Memang jika kita membahas berita HOAX tentunya akan selalu menjadi sesuatu hal  yang hangat untuk diperbincangkan. Belum lagi sekarang ini pemerintah mulai gencar gencarnya dalam memerangi berita HOAX yang beredar baik itu di media social maupun di media laiinya. Tentunya dari berita HOAX yang beredar memiliki dampak salah satu dampaknya yaitu merugikan suatu pihak, menyebarkan berita yang tidak benar, menyudutkan suatu pihak, dan masih banyak lagi dampak negatif yang diberikan dari berita HOAX.

Jika kita melihat dampak yang diberikan dari berita HOAX ini tentunya akan sangat membahayakan. Apalagi jika berita HOAX ini sampai tersebar di masyarakat tentunya akan menimbulkan suatu perpecahan di dalam masyarakat. Agar tidak terjadi perpecahan itu maka disini masyarakat dituntut untuk selalu berhati hati dalam membaca berita baik itu yang beredar di media social maupun di media laiinya. Selain itu juga masyarakat harus dapat menyaring dan mencari kebenaran akan berita berita yang beredar.

Memang tidak mudah untuk menjaga perdamian di negara ini yang memiliki keberagaman yang tinggi. Ada banyak sekali hal hal yang merusak perdamaian seperti egoisme, rasisme, penistaan terhadap sesuatu, maupun berita HOAX. Untuk terciptanya perdamaian di negeri yang memiliki keberagaman yang tinggi maka dari itu perlunya pemerintah maupun  seluruh elemen yang ada di negara ini agar dapat  saling berkontribusi dalam memperkecil hal hal yang dapat merusak perdamaian di negeri ini. Namun dalam melaksanakan memperkecil gerakan yang dapat merusak perdamaian itu harus tetap dapat saling menghormati, menjunjung tinggi, maupun yang laiinya dalam menjaga perdamaian.

Sumber :




Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Hoax Dan Ancaman Keberagaman"

Posting Komentar