Kehidupan
ini senantiasa untuk selalu berkembang seiring perubahan zaman yang terus berkembang
pula. Bukti perkembangan tersebut terlihat dari setiap perubahan waktu selalu
saja melahirkan beragam macam ide, konsep, sampai teknologi. Semua hal tersebut
berdampak secara langsung maupun tidak langsung kepada cara manusia untuk
berpikir sampai berinteraksi saat menjalani kehidupan sehari-hari.
Disamping
itu juga muncul beragam istilah yang menjadi bagian penting dari perbendarahaan
bahasa yang digunakan. Istilah-istilah yang dihasilkan mampu menggambarkan
beragam fenomena baru baik itu dalam bidang ilmu pengetahuan, sosial,
teknologi, sampai budaya. Maka dengan begituh kehidupan sehari-hari ini tidak
hanya akan berkembang dalam bentuk fisik namun juga dalam bentuk pengetahuan
dan pemahaman yang semakin berevolusi.
Dari
sekian banyak contoh istilah yang muncul seiring perkembangan zaman seperti
“The Power of Beauty”. Jika diartikan istilah tersebut menggambarkan akan
pengaruh yang cukup besar atas kecantikan baik secara fisik maupun non fisik
terhadap kehidupan manusia. Terlebih di era modern seperti saat ini sisi
kecantikan tidak hanya dilihat dari dalam diri saja tetapi juga dari segi
penampilan luar. Kedua kecantikaan tersebut akan saling berkolaborasi untuk
dapat mempengaruhi citra diri, hubungan interpersonal, hingga kesuksesan dalam
beragai aspek kehidupan.
Fenomena
akan kecantikan nyatanya cukup ditopang sangat kuat oleh para pelaku industri
tersebut. Secara spesifik kondisi tersebut muncul saat pascapandemi Covid-19
alias fase endemi karena terjadi peningkatan baik dari sisi jumlah pemain,
volume produksi, dan pangsa pasarnya. Data yang dimiliki oleh Perhimpunan
Perusahaan dan Asosiasi Kosmetika Indonesia (PPA Kosmetika Indonesia)
memaparkan pertumbuhan jumlah industri kosmetika Indonesia mencapai 21,9
persen. Angka tersebut ditopang oleh 913 perusahaan di tahun 2022 dan saat
pertengahan 2023 sebanyak 1.010 perusahaan. Dari total produksi perawatan kosmetik
lokal terdapat segmen pasar terbesar berupa segmen perawatan diri volume pasar
diangka USD3,18 miliar saat di tahun 2022. Sedangkan untuk posisi selanjutnya
dipegang oleh skin care sebesar USD2,05 miliar, kosmetik USD1,61 miliar, dan
wewangian USD39 juta.
Meskipun
industri kecantikan mengalami pertumbuhan yang cepat tetapi tidak dapat
dipungkiri terdapat oknum yang tidak bertanggung jawab. Para oknum memanfaatkan
celah untuk dapat melancarkan aksinya untuk mendapatkan keuntungan pribadi
secara besar-besaran. Contoh nyata seperti beberapa produk yang beredar di
pasaran mengabaikan standar kualitas dan keamanan yang telah diterapkan oleh
pemerintah. Bahkan dibeberapa produk kecantikan ada yang ilegal, klaim
berlebihan yang tidak didukung oleh bukti ilmiah, sampai penggunaan akan
bahan-bahan yang berbahaya. Berbagai contoh tersebut telah menjadi tantangan
yang besar dan serius dihadapi oleh pihak berwenang. Untuk di Indonesia salah
satu pihak yang diberikan kewenangan untuk menangani masalah tersebut dikenal dengan
nama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
Jika
harus dipaparkan BPOM merupakan lembaga di Indonesia yang memiliki tugas untuk
mengawasi peredaran obat-obatan dan makanan bagi masyarakat di Indonesia. Dapat
dikatakan BPOM ini memiliki fungsi dan tugas seperti lembaga lainnya yang
bernama Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat dan European
Medicines Agency di Uni Eropa. Kehadiran BPOM di masyarakat untuk memastikan
akan keamanan terhadap obat-obatan, makanan, sampai minuman yang dikonsumsi
oleh konsumen yang ada di masyarakat Indonesia.
Hasil
kerja yang dilakukan oleh BPOM selama periode September 2022 hingga Oktober
2023 telah menemukan 51 item (satu juta pieces) obat tradisional (OT)
mengandung bahan kimia obat (BKO) dan 181 item (1,2 juta pieces) kosmetik
mengandung bahan dilarang/berbahaya. Secara total hasil pengawasan sampai
penindakan OT dan suplemen kesehatan (SK) ilegal dan atau mengandung BKO dalam
periode tersebut memiliki nilai ekonomi di angka lebih dari Rp 39 miliar.
Berdasarkan
pemaparan oleh Plt. Kepala BPOM RI yang pada saat itu dipegang oleh L. Rizka
Andalucia pada Konferensi Pers Penjelasan Publik Obat Tradisional, Suplemen
Kesehatan, dan Kosmetik digelar pada Jumat (08/12/2023) di kantor BPOM
memaparkan total nilai ekonomi temuan kosmetik mencapai Rp 42 miliar dari
seluruh Indonesia. Contoh penemuan yang dilakukan pada beberapa daerah seperti
DKI Jakarta, Jawa Timur, Sumatra Utara, dan Sulawesi Selatan. Disamping itu
temuan tersebut merupakan hasil temuan rutin serta tindak lanjut atas laporan
beberapa otoritas pengawas obat dan makanan di ASEAN melalui Post-Market Alert
System (PMAS) Brunei Darussalam, Malaysia, Myanmar, Thailand, dan Singapura.
“Dari laporan dan informasi tersebut, diketahui sebanyak 143 item OT dan SK mengandung BKO, serta sebanyak 43 item kosmetik mengandung bahan dilarang/berbahaya,” tutur L. Rizka Andalucia. Lebih lanjut, disampaikan bahwa semua produk tersebut tidak terdaftar di Indonesia. Namun, beberapa produk beredar di Indonesia secara ilegal. “Sudah beredar ilegal, mengandung bahan berbahaya pula. BPOM sudah menindaklanjuti hal ini,” tegas Plt. Kepala BPOM.
Dilihat
secara temuan tahun ke tahun berdasarkan Plt. Kepala BPOM memaparkan terjadi
peningkatan temuan kosmetik berbahaya dalam tiga tahun terakhir. Jika dihitung
secara angka setidaknya 10-20% terjadi peningkatan pada setiap tahunnya kasus
tersebut. Sedangkan untuk kasus kosmetik yang mengandung bahan pewarna yang
dilarang ditemukan jumlahnya hanya mencapai 5%. Walaupun jumlahnya cukup
sedikit karena digunakan dalam kosmetik dekoratif tetapi tetap saja berbicara
akan dampaknya berbahaya.
Dampak
dari kasus bahaya produk perawatan kecantikan dirasakan oleh seseorang yang
sempat viral melalui sosial media. Seseorang tersebut merupakan wanita yang
berasal dari Kalimantan Timur yang bernama Tya. Dimana ia harus mengalami
perubahan warna kulit wajah yang menjadi gosong. Hal tersebut terjadi lantaran
Tya berhenti menggunakan sebuah produk krim wajah yang nyatanya mengandung
merkuri. Diawal-awal Tya merasakan adanya bercak yang terjadi pada sebagian
wajah setelah itu mulai melebar ke seluruh bagian wajah. Maka dari itu untuk
menghindari kasus tersebut di kemudian hari dibutuhkan beberapa tips dalam
mencari produk perawatan kecantikan sebagai berikut:
Tips
pertama yang dilakukan berupa memilih produk perawatan kecantikan dengan
memeriksa kandungan bahan pada label produk. Disini pihak konsumen harus dapat
menghindari akan produk-produk kencantikan yang mengandung bahan berbahaya
seperti merkuri, hidroquinon, dan lain-lain. Adanya berbagai kandungan
berbahaya tersebut tentunya akan dapat menyebabkan terjadinya beberapa penyakit
seperti iritasi sampai kerusakan kulit dalam jangka panjang. Untuk itu maka
para konsumen harus dapat memastikan secara baik bahwa produk yang digunakan
telah memiliki sertifikasi BPOM agar terjamin keamanan. Pada point pertama ini
pihak konsumen harus cermat dan teliti lagi dalam membaca komposisi yang
tertera dalam kemasan sambil melihat adanya sertifikasi dari BPOM pada produk
kecantikan yang digunakan.
Tips
kedua berupa memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit seseorang. Sudah
pasti setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda seperti kulit kering,
berminyak, sampai sensitif. Oleh karena itu pada tips kedua ini pihak konsumen
harus dapat memastikan memilih produk yang menggunakan formulasi disesuaikan
dengan jenis kulitnya. Contohnya bagi konsumen yang memiliki kulit sensitif
maka produk kecantikan yang dipilih maka mengandung bahan yang lebih ringan dan
tidak akan menimbulkan iritasi. Diharapkan dengan penggunaan produk yang cocok
dengan jenis kulit akan dapat menyelesaikan permasalahan pada kulit seseorang
sangat efektif.
Tips
berikutnya yang dapat dilakukan berupa melakukan pengujian terlebih dahulu pada
sebagian kecil kulit contohnya pada bagian lengan. Disini ditekankan sebelum
benar-benar memutuskan untuk menggunakan produk bagian badan kulit yang
diperlukan. Adanya uji coba pada sebagian kecil kulit dapat menghindari reaksi
akan alergi yang mungkin ditimbulkan. Saat uji coba tersebut berlangsung kurang
lebih 24 jam serta tidak menimbulkna reaksi negatif maka produk yang digunakan
tersebut dapat dikatakan aman untuk digunakan. Didalam pengujian yang dilakukan
juga sangat berguna untuk mengetahui apakah kulit seseorang pengguna tersebut
nyaman dengan produk yang dibeli atau justru merasa gatal, perih, atau muncul
ruam.
Sedangkan
tips terakhir yaitu jangan ragu untuk selalu berkonsultasi dengan dokter kulit
atau ahli kecantikan profesional sebelum menggunakan produk perawatan baru.
Sosok tersebut tentunya akan dapat membantu dalam menentukan produk yang tepat
berdasarkan kondisi kulit atau masalah yang sedang terjadi. Penggunaan produk
yang tepat atas saran dan bantuan profesional akan dapat meminimalkan resiko
kerusakan kulit sambil memberikan hasil maksimal.
Pada dasarnya jika harus memaparkan dalam memilih tips dalam produk kecantikan akan ada banyak sekali. Namun menurut penulis beberapa point yang penting dan utama telah dipaparkan diatas. Apakah para pembaca memiliki pemahaman yang berbeda?. Jika iya, maka tidak ada salah untuk memaparkan pemahaman yang berbeda tersebut didalam kolom komentar. Adanya pemaparan yang berbeda diberikan oleh para pembaca diharapkan akan ada interaksi antara penulis dan pembaca. Setelah membaca beberapa hal pastinya para pembaca memiliki pertanyaan lanjutan mengenai produk perawatan tubuh yang berkualitas. Dari sekian banyak merek akan produk perawatan tubuh berkualitas para pembaca sebagai konsumen dapat menggunakan Pherini.
Pherini merupakan baran lokal yang asli dari Indonesia dengan produk dihasilkan memiliki fokus kepada penyediaan terhadap perawatan tubuh yang berkualitas tinggi. Komitmen yang dimiliki oleh Pherini mampu memberikan sebuah solusi akan perawatan tubuh yang efektif. Dengan berbagai produk tersebut membuat para konsumen memiliki percaya diri tinggi karena penampilan menjadi lebih sempurna. Disamping itu berbagai produk Pherini selalu dirancang dengan kualitas terbaik dan aman ketika digunakan. Bahkan slogan yang dimiliki oleh berbagai produk Pherini berupa “Sempurnakan Penampilanmu”. Slogan tersebut mampu menggambarkan misi yang diusung oleh Pherini berupa membantu setiap individu tanpa melihat latar belakangnnya untuk selalu merasa lebih baik atas dirinya melalui perawatan tubuh yang optimal. Hal mengejutkan lagi dari Pherini berupa banyaknya produk perawatan tubuh yang dihasilkan seperti:
Pherini Breast Care Serum merupakan produk yang dirancang secara khusus untuk dapat
merawat payudara kendur. Permasalahan tersebut merupakan masalah yang sangat
sering kali dialami oleh banyak wanita seiring bertambahnya usia atau setelah
proses menyusui. Diharapkan melalui penggunaan serum tersebut akan dapat
membantu mengembalikan kekenyalan dan keindahan payudara tetapi dengan cara
yang efektif dan aman. Pada produk juga dilengkapi berbagai bahan alami seperti
Niacinamide, Kigelia Africana Fruit Extract, Centella Asiatica Extract,
Allantoin, Helianthus Seed Oil, dan Olea Europaea Oil. Penggunaan berbagai
bahan tersebut mampu memberikan manfaat ganda seperti melembapkan, menutrisi,
dan mengencangkan kulit di area payudara. Pada bahan-bahan tersebut juga akan
bekerja secara sinergis untuk dapat mampu meningkatkan volume payudara dan
menjaga elastisitas kulit dalam kondisi terjaga baik sehingga menjadikan
payudara lebih kencang, padat, dan terangkat.
Pherini Armpit Brightening Cream merupakan sebuah produk yang memberikan solusi untuk
mencerahkan dan merawat beberapa area seperti ketiak, selangkangan, sampai
lipatan gelap pada kulit. Formulasi dari produk tersebut menggunakan bahan
unggulan seperti Centella Asiatica, Alpha Arbutin, Collagen, Olive Oil, dan
Niacinamide. Manfaat yang akan dirasakan setelah menggunakan produk tersebut
berupa memutihkan dan meratakan warna kulit. Disamping itu juga produk tersebut
mampu menjaga kelembapan kulit yang cenderung kasar bagi seseorang. Pherini Armpit Brightening Cream juga
memiliki efek deodorizing yang mampu memberikan kesegaran sepanjang hari dengan
aroma wangi yang menyenangkan.
Pherini Cautiva Eau de Perfume merupakan produk yang termasuk kategori parfum premium
dikeluarkan oleh Pherini. Parfum
tersebut menghadirkan pengalaman aromatik unik dengan 3 aroma yang berbeda
dalam satu kali semprotan. Formula pada produk tersebut menggunakan bibit
parfum berkualitas tinggi dari Barcelona. Bahkan produk parfum ini menggunakan
pelarut 0% alkohol methanol sehingga ketahanan aroma dapat tahan lama hingga 12
jam. Dengan berbagai kombinasi top notes plum, citrus, dan lemon, middle notes
water lily, hyacinth, dan freesia, serta base notes cotton candy, musk, dan
woodsy notes mampu menciptakan aroma yang soft dan menyenangkan. Aroma yang
dihasilkan cocok baik digunakan oleh pria maupun wanita dalam berbagai acara
formal maupun non-formal. Tidak hanya itu aroma yang dihasilkan benar-benar
berkelas dan elegan mampu mendongkrak kepercayaan diri seseorang saat berada di
berbagai acara.
Pherini Dell Acne Gel - Acne Spot Treatment merupakan produk untuk menjadi solusi akan
merawat kulit yang mengalami berjerawat dan mengatasi bekas jerawat dengan
efektif. Formulasi dari produk tersebut menggunakan kombinasi antara Sulfur dan
BHA yang mampu mengatasi jerawat dan meradakan peradangan kulit. Kandungan
Salicylic Acid pada gel bekerja dengan cara eksfoliasi untuk menghilangkan
kotoran dan minyak berlebih yang dapat menyumbat pori-pori sebagai penyebab
jerawat. Kandungan Sulfur pada produk tersebut akan berfungsi untuk menghambat
akan perkembangan bakteri yang menjadi penyebab jerawat dan mengangkat sel
kulit mati agar menjaga tekstur kulit tetap sehat dan halus. Selain itu adanya
Aloe Vera Extract yang terkandung mampu menjaga kelembapan kulit, mempercepat
penyembuhan luka akibat jerawat, dan bahkan meratakan bekas jerawat.
Sebagai
penutup dapat dikatakan bahwa Pherini telah mampu membuktikan sebagai Pherini body care terbaik dengan beragam rangkaian produk unggulannnya. Berbagai
macam produk tersebut dirancang dengan sangat baik agar memenuhi kebutuhan
perawatan tubuh setiap individu. Dari mulai produk perawatan wajah hingga body
care yang meliputi area-area sensitif mampu dihadirkan oleh Pherini. Setiap produk yang dihasilkan
oleh Pherini memiliki kualitas yang
terjaga dan pastinya aman digunakan sehari-hari. Semua yang dimiliki tersebut
semakin menunjukan bahwa Pherini merupakan Body Care Terbaik di Indonesia
yang dapat diandalkan oleh semua kalangan.
Untuk
dapat merasakan kualitas yang terbaik dalam produk perawatan tubuh para pembaca
dapat membeli produk Pherini dengan
mudah melalui Pherini Official di
platform terpercaya. Disini pihak Pherini tidak hanya memberikan produk dengan kualitas unggulan saja tetapi menawarkan
harga yang terjangkau bagi konsumen di Indonesia. Jadi...... janganlah para
pembaca ragu untuk memilih Pherini sebagai brand perawatan tubuh pilihan. Selain itu saat menggunakan Pherini para konsumen akan dapat
merasakan manfaat yang maksimal dari setiap produk yang digunakan. Semua
tersebut akan membantu para konsumen mendapatkan label “The Power of Beauty”
yang menunjang kesuksesan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.
Sumber
tulisan, gambar, dan video:
- https://indonesia.go.id/kategori/editorial/7804/fenomena-cantik-industri-kosmetik?lang=1
- https://id.wikipedia.org/wiki/Badan_Pengawas_Obat_dan_Makanan
- https://www.pom.go.id/berita/bpom-temukan-lebih-dari-2-juta-pieces-produk-mengandung-bahan-dilarang-berbahaya
- https://www.um-surabaya.ac.id/article/viral-wajah-wanita-gosong-gegara-skincare-bermerkuri-dosen-fk-um-surabaya-berikan-tanggapan
- https://Pherini.id/
- https://www.liputan6.com/showbiz/read/5207198/sempurnakan-penampilan-dengan-rangkaian-body-care-dari-Pherini?page=5
- https://www.youtube.com/watch?v=ygVWNUy1bI0
- https://www.youtube.com/watch?v=k0msoHVW7DM
- https://www.youtube.com/watch?v=i3OkFu915Ak
- https://www.instagram.com/pherini.indonesia/
- https://www.youtube.com/watch?v=tqaM1vsqYpI
- https://pixabay.com/id/photos/jam-alarm-2175382/
Belum ada tanggapan untuk "Body Care Terbaik di Indonesia"
Posting Komentar