Masyarakat
Indonesia dikenal sangat luas sebagai bangsa yang memiliki sifat ramah tamah
dan penuh keramahan. Ungkapan tersebut selaran dari Detikedu.com yang
memaparkan Indonesia menempati urutan ketujuh sebagai negara teramah di dunia.
Posisi tersebut didukung oleh mayoritas para turis yang memaparkan bahwa
masyarakat Indonesia mudah untuk diajak berkomunikasi. Tidak hanya itu
kebanyakan masyarakat Indonesia juga sangat mudah tersenyum. Beberapa kondisi
yang ada pada masyarakat Indonesia itulah yang menjadikan layak dalam
mendapatkan posisi tersebut.
Contoh
nyata lainnya dapat terlihat pada berbagai kesempatan baik dalam konteks formal
maupun informal. Dimana masyarakat Indonesia akan selalu menyambut para tamu
dengan senyuman hangat dan bersikap terbuka. Keramahan yang dimiliki oleh
masyarakat Indonesia tidak hanya terlihat dalam interaksi sehari-hari tetapi
juga tercermin dalam tradisi dan budaya yang mengedepanka nilai-nilai saling
menghormati dan mengahargai satu sama lain. Maka dari wilayah Sabang sampai
Merauke yang terdiri dari setiap suku akan selalu memiliki cara untuk dalam
menunjukan hospitality. Cara unik tersebut menjadikan pengalaman akan
berinteraksi dengan masyarakat Indonesia yang berkesan.
Keberadaan
akan sikap ramah tamah juga memberikan dampak karena menjadi salah satu daya
tarik utama bagi bagi wisatawan untuk datang ke Indonesia. Para wisatawan
tersebut ketika datang ke Indonesia tidak hanya disambut akan pemandangan alam
yang menakjubkan secara visual saja tetapi kehangatan masyarakat lokal yang
selalu ingin berbagi cerita, kebudayaan, sampai kuliner khas. Hal tersebut
membuat setiap kunjungan yang dilakukan oleh para wisatawan sering kali merasa
seperti menjadi bagian dari keluarga besar karena interaksi yang hangat dan
bersahabat. Secara tidak langsung kondisi tersebut mampu menciptakan sebuah
jembatan yang kuat antara budaya lokal dengan para wisatawan. Pada akhirnya
mampu menjadikan wilayah Indonesia sebagai salah satu destinasi yang menarik
untuk dijelajahi.
Kepemilikan
atas sifat ramah tamah pada masyarakat Indonesia tidak hanya terlihat dalam
interaksi pribadi tetapi juga mulai meresap ke dalam operasional berbagai
perusahaan di tanah air. Banyak sekali berbagai perusahaan baik skala besar
maupun kecil menyadari terhadap pentingnya menciptakan pengalaman positif bagi
pelanggan melalui layanan yang penuh kehangatan. Contoh nyata dapat terlihat
dalam sektor perhotelan dan pariwisata dari para staf yang terlibat didalamnya.
Dimana para staf tersebut akan dilatih secara maksimal untuk melakukan berbagai
hal seperti memenuhi kebutuhan para tamu sampai berinteraksi secara personal.
Tujuan dilakukan oleh para staf tersebut untuk mampu menjalin hubungan yang
lebih dekat dan akrab sehingga mampu menciptakan momen berkesan. Ketika sudah
tercipta momen berkesan membuat peluang pelanggan akan selalu balik lagi
menggunakan layanan tersebut.
Penerapan sifat ramah tamah yang selalu ada di sektor perhotelan dan pariwisata lakukan mulai dilirik oleh sektor lain seperti perbankan. Dari sekian banyak contoh perbankan tersebut salah satunya perusahaan tersebut dikenal oleh masyarakat dengan nama Bank Rakyat Indonesia atau biasa disingkat menjadi BRI. Dalam operasionalnya para staf yang dimiliki oleh BRI selalu diberikan pelatihan untuk dapat memberikan pelayanan terbaik dengan perhatian maksimal. Hasil dari pelatihan tersebut diharapkan para nasabah akan merasa dipahami dan dihargai. Pendekatan yang dilakukan mampu membuat BRI mampu menciptakan lingkungan yang nyaman karena nasabah merasa aman dalam melakukan transaksi dalam beraktivitas sehari-harinya.
Supaya
lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat pihak BRI menghadirkan kantor cabang yang tersebar secara luas. Jika
dihitung secara angka terhadap kantor cabang yang dimiliki BRI pada Maret 2024 mencapai 7.608 buah. Selain dari sisi jumlah
kantor cabang yang cukup banyak juga disokong oleh staf yang berpengalaman.
Satpam merupakan salah satu staf yang bertugas untuk memastikan keamanan sambil
membantu pengguna dalam mendapatkan layanan dari BRI. Staf lainnya seperti Customer Service (SC) akan selalu membantu
dalam menjawab pertanyaan sampai menyelesaikan berbagai permasalahan para
pelanggan. Tidak hanya itu staf lain seperti teller juga akan membantu
memproses berbagai transaksi keuangan dengan cepat dan akurat bagi para
pengguna. Sementara didalam operasionalnya akan terdapat staf berupa manajer
cabang yang bertanggung jawab untuk mengelola seluruh operasional serta
memastikan semua staf yang ada memberikan layanan terbaik kepada nasabah.
Lokasi
dari kantor cabang BRI ditempatkan
pada pusat wilayah atau lokasi dengan tingkat keramaian yang tinggi pada
masyarakat. Penempatan lokasi strategis tersebut mampu memudahkan akan akses
bagi masyarakat yang membutuhkan layanan perbankan. Keberadaan dari kantor
cabang juga sangat mudah sekali untuk dijangkau yang membuat para nasabah tidak
perlu menghabiskan energi sampai waktu untuk sampai ke kantor cabang. Untuk
membantu kantor cabang lebih mendekatkan bagi masyarakat sampai pelosok wilayah
di Indonesia maka pihak BRI bekerja
sama dengan masyarakat untuk dalam menghadirkan layanan Agen BRILink.
Agen BRILink merupakan inovasi penting
yang dijalankan oleh BRI dengan
tujuan memperluas jangkauan layanan perbankan sampai ke pelosok wilayah
Indonesia. Hal tersebut terjadi karena melakukan kerjasama dengan nasabah BRI di masyarakat sebagai Agennya. Pada
layanan tersebut membuat peluang masyarakat untuk melakukan transaksi perbankan
secara real-time dan online menjadi besar tanpa harus bergantung kepada kantor
cabang. Jenis transaksi yang dapat digunakan sangat beragam seperti transfer
antar bank, setor, sampai tarik tunai. Tidak hanya itu pada Agen BRILink juga menyediakan layanan
terhadap pembelian token listrik, pulsa, dan kebutuhan rumah tangga yang
semakin praktik dan mudah diakses oleh masyarakat. Banyaknya transaksi oleh
masyarakat membuat pemilik dari Agen BRILink
akan mendapatkan keuntungan melalui konsep sharing fee.
Selain
adanya kantor cabang dan Agen BRILink
juga diperkuat oleh layanan dengan jaringan yang lebih dari 12 ribu ATM yang
tersebar di lokasi strategis seperti mall atau tempat ramai lainnya. Keberadaan
ATM memiliki fungsi sebagai sarana pendukung yang mampu memudahkan nasabah
untuk melakukan berbagai transaksi secara mandiri dan cepat seperti penarikan
tunai, pengecekan saldo, sampai transfer antar rekening. Fasilitas ATM yang ada
membuat nasabah dalam menggunakan layanan perbankan tidak perlu lagi
mengunjungi kantor cabang atau Agen BRILink.
Pihak BRI juga menawarkan layanan
perbankan yang semakin lengkap dengan adanya lebih dari 9.000 Cash Recycle
Machines (CRM) dan lebih dari 664 ribu Electronic Data Capture (EDC) tersebar
di wilayah Indonesia. CRM memiliki fungsi sebagai mesin setoran tunai yang
membuat nasabah dapat melakukan penyetoran uang secara langsung tanpa perlu
mengantri di terller pada kantor cabang. Sementara itu pada EDC juga digunakan
untuk melakukan transaksi pembayaran menggunakan kartu debit atau kredit di
berbagai merchant pada toko retail hingga restoran. Keberadaan CRM dan EDC
diberikan oleh BRI tidak hanya mampu
meningkatkan kenyamanan dan efisiensi dalam bertransaksi di kehidupan
sehari-hari yang mampu mendukung cashless society di Indonesia pada masyarakat
modern.
Berbagai
sistem yang telah dipaparkan seperti kantor cabang sampai Agen BRILink yang diberikan oleh BRI pada dasarnya masih beroperasi
dalam kerangka sistem konvensional. Dapat diartikan atas sistem konvensional
berarti pihak nasabah sebagai pengguna tetap perlu melakukan interaksi secara
tatap muka langsung dengan pihak pengelola layanan keuangan dari BRI. Walaupun masih menerapkan sistem
konvensional pada layanan perbankan tetapi memberikan kemudahan bagi masyarakat
dalam mendapatkan layanan prima dari BRI.
Setelah beberapa waktu secara spesifik pada saat pandemik Covid-19 terjadi
membuat sistem konvesional perbankan dari BRI mengalami gangguan.
Di
Indonesia sendiri khususnya setelah pengumuman atas kasus positif Covid-19
pertama di Indonesia yang terjadi pada Maret 2020 memberikan dampak kepada
sektor perbankan. Dampak tersebut kian menjadi besar takala pihak pemerintah
menerapkan kebijakan atas pembatasan sosial dan protokol kesehatan bagi
masyarakat secara ketat. Kondisi tersebut menyebabkan gangguan dalam layanan
perbankan karena nasabah telah terbiasa melakukan transaksi secara langsung
bertatap muka menjadi sulit untuk dilaksanakan. Maka untuk tetap lancar dalam
merasakan layanan perbankan dari BRI maka dilakukan inovasi khususnya dalam hal digitalisasi.
Langkah
nyata yang dilakukan oleh BRI dalam
mendukung inovasi infrastuktur digital berupa meluncurkan satelit BRIsat ditanggal 18 Juni 2016.
Peluncuran satelit oleh pihak perbankan berupa BRI menjadi bank pertama di dunia yang memiliki satelit secara
sendiri. Bahkan adanya BRIsat mampu
memainkan peran penting dalam memperluas akan jangkauan layanan ke seluruh
pelosok Indonesia tanpa hambatan yang sebelumnya belum mampu terjangkau. Dapat
dikatakan juga adanya BRIsat mampu
menjaga layanan perbankan BRI agar memiliki
kualitas dan hal kecepatan baik pada seluruh wilayah di Indonesia.
Peluncuran
atas satelit BRIsat tidak hanya
berdampak kepada jangkauan layanan perbankan BRI namun mengefisiensi biaya komunikasi secara signifikan. Hal
tersebut sesuai atas pemaparan dari Direktur Keuangan BRI yang dipegang oleh Haru Koesmahargyo dimana BRI sebelum menghabiskan sekitar Rp 500
miliar setiap tahunnya hanya untuk biaya komunikasi. Keberadaan BRIsat yang beroperasi selama 15 tahun
dengan potensi usia pemakaian mencapai 17 tahun mampu menghembat biaya
komunikasi hingga 40% per tahun. Pengematan yang dihasilkan membuat BRI mampu mengalihfungsikan biaya
dihemat untuk kebutuhan lainnya yang lebih membutuhkan.
Inovasi
digital demi pelayanan prima oleh BRI dengan meluncurkan aplikasi BRI Mobile (BRImo) sebagai komitmen BRI demi memudahkan layanan transaksi
perbankan bagi nasabah sebagai pengguna. Menurut Direktur komsumen Bank BRI yang pada saat itu dipegang oleh
Handayani memaparkan bahwa adanya BRImo
merupakan pengembangan teerbaru yang sebelumnya dari aplikasi BRI Mobilie yang sebelumnya.
“BRImo menggabungkan fungsi internet banking, mobile banking, dan uang elektronik ke dalam satu aplikasi BRImo dengan menu transaksi yang lebih lengkap dan menarik.” Ujar Handayani di acara launching BRImo yang diselenggarakan di Innovation Center Bank BRI, Jakarta Rabu 27 Febuari 2019.
Hadirnya BRImo mampu memberikan dampak cukup
signifikan bagi masyarakat hal tersebut terlihat dari banyaknya jumlah
pengguna. Dilihat secara angka pengguna BRImo
telah mencapai 13 juta pengguna dengan 575 juta transaksi untuk tahun 2018.
Pihak Handayani memaparkan keberadaan BRImo
memiliki segmen masyarakat berupa milenial, women, dan netizen yang
menginginkan kemudahan dalam melakukan transaksi dalam menjalani kehidupan.
Banyaknya jumlah pengguna dari BRImo
waktu ke waktu diharapkan mampu menarik 54 juta nasabah BRItama untuk beralih menggunakan aplikasi tersebut. Dalam
mendukung jumlah pengguna maka di tahun 2019 pihak BRI secara aktif melakukan promosi serta edukasi kepada para
nasabah yang berada di setiap kotanya.
Inovasi
dalam digitalisasi yang dilakukan oleh BRI berupa mengubah landscape layanan banking hall dari service centre menjadi
sales centre yang dilakukan secara bertahap. Buktinya dibuktikan dengan
hadirnya teknologi yang bernama Mesin New SSB (Digi UB) untuk diimplementasikan
pada Unit Kerja Operasional BRI.
Kondisi tersebut selaras dengan pemaparan oleh Direktur Jaringan dan Layanan BRI dipegang oleh Andrijanto. Menurut
Andrijanto memaparkan bahwa keberadaan layanan tersebut memiliki tujuan untuk
memberikan kemudahan akses dan pengalaman bertransaksi bagi nasabah dengan
tetap mempertahankan aspek kebersamaan di layanan perbankan.
Mesin
yang dikenal dengan nama Digital CS atau bisa disebut dengan mesin one stop
service memiliki fungsi melayani transaksi nasabah menggunakan konsep self
service. Belum lagi adanya digital CS merupakan konsep atas layanan perbankan
yang mampu menggabungkan teknologi digital dengan layanan pelanggan secara
personal. Sehingga layanan prima (service excellence) akan mampu diberikan oleh
pihak BRI dalam meningkatkan
terhadap customer experience. Layanan yang dapat dilakukan oleh digital CS
mampu melayani berbagai hal seperti pembukaan rekening (Tabungan BRI BRItama, BRItama Bisnis, BRItama Muda, Simpedes, Simpedes
Usaha), penggantian kartu, Reissue PIN, enable kartu, passbook printing (Card
& Cardless), cetak rekening koran (Card & Cardless), kirim rekening
koran via email (Card & Cardless), cetak 5 transaksi terakhir (Card &
Cardless), sampai penerbitan kartu debit.
Mesin
Digital CS juga menawarkan berbagai macam kelebihan yang signifikan dalam
meningkatkan efesiensi layanan BRI.
Pertama berupa mengurai antrian yang cukup panjang terjadi pada kantor-kantor
cabang. Sehingga para nasabah dapat dilayani secara lebih cepat dan efisien.
Tidak hanya itu adanya Digital CS mempercepat proses layanan sampai sangat
mulus dari awal sampai akhir bagi nasabah. Proses validasi bagi nasabah yang
menggunakan Digital CS juga sangatlah mudah dapat melalui tap E-KTP sampai
pemindaian sidik jari demi kemanan dan kenyamanan saat bertransaksi. Dalam sisi
keamanan pada Digital CS juga selalu dipantau dan terintegrasi dengan seluruh
kinerja perangkat dalam satu platform untuk memastikan setiap sistem beroperasi
secara optimal tanpa gangguan. Berbagai kelebihan yang dihadirkan oleh Digital
CS mampu menciptakan service excellence dalam melakukan berbagai transaksi
dengan lebih nyaman dan cepat.
Membahas
mengenai sisi perlayanan maka pihak BRI tidak hanya didukung oleh Digital CS saja tetapi juga BRI Digital Saving yang praktis dan tanpa ribet. Nasabah sebagai
pengguna dapat melakukan pendaftaran rekening tabungan BRI secara online tanpa harus datang mengunjungi kantor cabang. Hal
tersebut tercipta hanya untuk memudahkan nasabah dalam mengakses layanan
perbankan karena layanan tersebut diakses melalui digital. Dari mulai mengisi
formulir, mengunggah dokumen, sampai verifikasi dilakukan serba digital dalam
hitungan menit. Pada layanan BRI Digital Saving para nasabah dapat membuat berbagai jenis tabungan BRI seperti BRI BRItAma, BRI BRItAma Muda (BRItAma X),
sampai BRI BRItAma Bisnis.
Tahapan
membuka rekening pada BRI Digital
Saving sangatlah mudah dan pratis. Langkah pertama yang dilakukan berupa
nasabah harus memilih akan jenis tabungan yang diinginkan untuk memenuhi
kebutuhan sehari-hari. Setelah itu nasabah cukup membuka menggunakan teknologi
seperti ponsel pada laman laman https://bukarekening.BRI.co.id/digital-saving/info_open.
Ketika sudah dibuka nasabah akan diminta untuk memasukan nama atau lokasi
kantor cabang untuk mengelola rekening. Tidak lupa nasabah untuk menyiapkan
berbagai dokumen seperti KTP sampai NPWP untuk diunggah. Pada proses yang
dilakukan juga perlu data diri yang lengkap dan benar serta diikuti akan
verifikasi diri menggunakan video recording. Jika semua langkah telah selesai
maka nasabah hanya perlu untuk melakukan setoran awal dalam mengaktifkan
rekening. Supaya lebih maksimal dalam pengalaman layanan perbankan maka nasabah
disarankan untuk membuka akun BRIMO
untuk mengakses ke berbagai layanan digital BRI.
Keunggulan
yang ditawarkan dalam membuka rekening menggunakan BRI Digital Saving cukup banyak. Pertama berupa proses pendaftaran
tanpa harus mengunjungi kantor cabang BRI tetapi hanya menggunakan ponsel. Dengan hanya menggunakan cara tersebut nasabah
dapat menghemat waktu sampai tenaga. Kedua nasabah tidak perlu melakukan
pengunduhan aplikasi secara terpisah karena layanan dapat diakses melalui situs
web bukarekening.BRI.co.id atau
dengan memindai QR Code di halaman resmi BRI.
Ketiga nasabah tidak perlu menunggu dengan antrean panjang dan melelahkan
karena seluruh proses hanya membutuhkan waktu kurang lebih 5 menit. Keempat
sisi keamanan juga sangat tinggi karena menggunakan teknologi face recognition
yang didukung oleh PERURI. Semua tersebut hanya untuk memberikan pelayanan
terbaik bagi nasabah sebagai pengguna BRI.
Layanan
prima yang ditawarkan oleh BRI mulai
mengalami inovasi dibutikan akan platform artificial intelligence dan machine
learning dikenal dengan nama BRIBRAIN.
Diawal-awal kehadiran dari BRIBRAIN
berfokus kepada layanan savings dan lending tetapi kini telah menjadi central
hub untuk solusi AI dalam memenuhi kebutuhan bisnis dan operasinal BRI di berbagai bisnis. Apalagi BRIBRAIN juga didukung dengan kemampuan
analisis yang canggih sehingga berdampak kepada peningkatan profitabilitas
bank, mengurangi resiko, sampai efisiensi biaya. Bahkan adanya BRIBRAIN memungkinkan BRI untuk mengoptimalkan pengalaman
nasabah dengan memanfaatkan dana dan analitik yang membuat interaksi dapat
menjadi lebih efektif. Secara permukaan dapat dikatakan keberadaan BRIBRAIN telah mampu mengembangkan
empat kapabilitas utama berupa:
Pertama
berupa Customer Engagement. Dimana didalamnya BRI memiliki fokus untuk membangun koneksi dan interaksi mendalam
dengan nasabah dapat menciptakan hubungan jangka panjang dengan produk dan
layanan BRI. Salah satu bentuk
medium adalah recommender system, lead management system untuk akuisisi nasabah
baru, next-best offer, sampai customer service Chatbot SaBRIna. Kedua Credit Underwriting yang memanfaatkan machine learning
dalam memprediksi skor kelayakan calon debitur didasarkan data historis
finansialnya demi mencegah gagal bayar. Model scoring yang digunakan oleh BRIBRAIN mampu menganalisis yang
didasarkan kepada pengajuan kredit, behavioral scoring, sampai prediksi churn
atau collection scoring.
Ketiga
berupa Fraud & Risk Analytics. Fungsi tersebut memiliki fokus untuk dapat
memprediksi, mendeteksi, sampai pencegahan fraud. Dimana salah satu cara untuk
mendapatkan fokus tersebut melalui pendeteksian akan anomali di dalam beberapa
hal seperti transaksi, suspicious login, dan memberikan Early Warning System.
Sedangkan untuk keembat berupa Smart Services & Operations. Adanya fungsi
tersebut dengan menggunakan AI mampu meningkatkan otomasi dengan berbagai
aktivitas back office dalam mengefisiensi kerja. Contohnya berupa penggunaan
robotic process automation (RPA) untuk pengganti entri data manual, AIOps untuk
penyederhanaan manajemen operasional IT, sampai model prediktif untuk mengelola
keluhan nasabah.
Hasil
dari penggunaan BRIBRAIN mampu
mendorong secara maksimum akan akuisisi debitur namun tetap menjaga kualitas
kredit. Dengan demikian kondisi tersebut mampu menunjukan implementasi pada
Link5 dalam platform internal BRI yang mambantu akan deteksi value chain dan ekosisitem bisnis nasabah UKM BRI demi closed-loop payment ecosystem.
Bahkan Link5 mampu mengakuisisi 8.000 debitur baru dengan nilai platfon
mencapai Rp 1,7 triliun dengan NPL hanya 0,009 persen. Tidak hanya itu saja
implementasi BRI melalui pipeline
usaha mikro mampu mengakuisisi 3,6 juta debitur baru dengan nilai plafon Rp
163,4 triliun, dan NPL terjaga di 0,05 persen.
Disepanjang tahun 2023 atas rekomendasi yang diberikan oleh BRIBRAIN mampu mengakuisisi mencapai 22.000 AgenBRILink baru. Para Agen yang baru tersebut menjadi tumpuan inklusi akan keuangan dari layanan BRI untuk masyarakat ke pelosok yang sulit terjangkau. Banyaknya para Agen tersebut hingga pada kuartal ketiga tahun tersebut mampu menghasilkan nilai sales volum diangka Rp 1,04 kuadriliun.
Inovasi
layanan yang prima oleh BRI pada
bidang AI dilakukan tahun 2018 dengan menciptakan Smart BRI New Assistant atau bisa disingkat SaBRIna. Dapat dikatakan bahwa SaBRIna
merupakan asisten virtual untuk memenuhi kebutuhan nasabah BRI dengan lebih efisien dan responsif. Sampai saat ini jumlah
pengguna dari layanan SaBRIna telah
mencapai 231.000 pengguna. Angka tersebut menunjukan akan betapa besarnya
antusiasme masyarakat terhadap layanan SaBRIna
dalam memudahkan nasabah. Fitur yang ditawarkan oleh SaBRIna tidak hanya berfokus kepada customer service tetapi juga
kepada pendampingan nasabah dalam menjalani aktivitas perbankan setiap harinya.
Layanan
SaBRIna juga dapat diakses melalui
berbagai cara seperti Facebook Messenger dan WhatsApp. Setelah menghubungi maka
SaBRIna akan memberikan berbagai
kemudahan kepada nasabah dalam berbagai informasi seperti lokasi kantor cabang,
ATM BRI, sampai detail produk sampai
promo terkini. Tidak hanya layanan SaBRIna
juga mampu menyelesaikan masalah yang banyak dialami para nasabah perbankan
tetapi dengan cara menyenangkan. Sehingga para nasabah sebagai pengguna dapat
menikmati layanan perbankan dengan cepat, akurat, aman, dan nyaman untuk
kepuasan nasabah sebagai pengguna BRI.
Teknologi
di balik terciptanya SaBRIna yang
merupakan inovasi yang sangat interaksi yang lebih manusiawi antara pihak
nasabah dengan layanan perbankan BRI.
Pemanfaatan akan AI pada SaBRIna
dirancang untuk berkomunikasi menggunakan format percakapan yang intuitif.
Kondisi tersebut membuat pengguna saat merasakan layanan SaBRIna seakan-akan berbicara dengan seseorang manusia. Kunci dari
adanya layanan SaBRIna berupa
teknologi Natural Language Processing (NLP) yang membuat SaBRIna dapat memahami sampai memproses bahasa alami manusia. Bahkan
dengan proses ekstraksi pesan menggunakan NLP membuat SaBRIna mampu menangkap akan maksud dan tujuan dari pertanyaan maupun
permintaan nasabah. Tidak hanya itu layanan SaBRIna juga mampu memberikan respon yang tepat dan relevan untuk
menciptakan interaksi dengan baik dan lancar tanpa hambatan. Penerapan
teknologi canggih seperti SaBRIna
tidak hanya sekedar chatbot semata tetapi bertransformasi menjadi asisten
digital dalam memberikan solusi perbankan yang personal dan responsif.
Pengaplikasian
yang dilakukan oleh BRI melalui
layanan SaBRIna mampu meraih penghargaan
untuk kategori Best in Personalization Strategy. Penghargaan tersebut diberikan
pada acara Mata Lokal Fest yang mengusung tema "Local Thriving in the
Digital Era" di Menara Peninsula Hotel Jakarta. Keberadaan penghargaan
tersebut pada BRI mencerinkan
komitmen atas BRI dalam memberikan
layanan prima dengan memanfaatkan teknologi canggih didalamnya. Bahkan
penerapan Large Language Model (LLM) pada SaBRIna mampu merespon berbagai bahasa daerah yang ada di Indonesia.
Kondisi tersebut membuat alat komunikasi menjadi lebih inklusif dalam
menjangkau beragam lapisan masyarakt Indonesia yang kental menggunakan bahasa
daerah dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Pada akhirnya keberadaan SaBRIna diharapkan tidak hanya menjadi
sosok asisten digital tetapi menjadi jembatan untuk menghubungkan layanan
perbankan di BRI.
Keberadaan
akan layanan konvensional yang ramah sampai teknologi mutakhir seperti yang
telah dipaparkan diatas oleh BRI mampu menciptakan layanan perbankan yang tidak hanya efisien tetapi lebih
personal. Kehadiran dari mulai kantor cabang, Agen BRILink, sampai inovasi digital berupa BRImo sampai SaBRIna
memberikan akses yang luas dan mudah bagi nasabah di seluruh penjuru Indonesia.
Sehingga berbagai layanan prima BRI
mampu mendekatkan nasabah dengan perbankan menciptakan pengalaman yang
menyenangkan tetapi tetap bermanfaat. Upayah yang dilakukan oleh BRI dalam memberikan layanan prima
sampai tetap mempertahankan nilai keramahan dapat meningkatkan adaptasi demi
memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin modern.
Di
depan nanti yang akan terjadi sebentar lagi adanya layanan prima BRI mampu menjadi landasan kuat demi mendukung visi
Indonesia Emas 2045. Pengaplikasikan teknologi digital sampai AI menjadi
komitmen kuat untuk meningkatkan kualitas layanan demi memenuhi kebutuhan
sampai harapan nasabah yang semakin modern. Sehingga BRI tidak hanya menjadi sosok lembaga keuangan semata tetapi juga
sebagai mitra strategis dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dengan pondasi
yang kokoh melalui layanan prima BRI
akan mampu menghadapi tantangan masa depan yang semakin kompleks juga
berkontribusi secara nyata bagi kemajuan masyarakat serta negara Indonesia
menjadi lebih baik.
Sumber
tulisan, gambar, dan video:
- https://kumparan.com/aidadhas22/masyarakat-indonesia-dinilai-paling-ramah-di-dunia-1zTG9SYF9aP/1
- https://www.BRI.co.id/detail-news?title=sediakan-layanan-lengkap-perbankan-BRI-dukung-keberhasilan-otorita-ibu-kota-nusantara-2#:~:text=Kemudian%20BRI%20juga%20memiliki%20jaringan,yang%20tersebar%20di%20seluruh%20Indonesia
- https://money.kompas.com/read/2024/05/10/223022626/jumlah-kantor-cabang-bank-menyusut-pada-awal-2024#:~:text=Selanjutnya%20BRI%20yang%20dikenal%20memiliki,7.608%20kantor%20pada%20Maret%202024
- https://www.BRI.co.id/detail-news?title=sediakan-layanan-lengkap-perbankan-BRI-dukung-keberhasilan-otorita-ibu-kota-nusantara-2
- https://pos-pintar.digides.id/web/program/Agen-BRIlink#:~:text=Agen%20BRILINK%20merupakan%20perluasan%20layanan,sesama%20BRI%20dan%20Bank%20lain
- https://indonesia.go.id/narasi/indonesia-dalam-angka/ekonomi/kasus-covid-19-pertama-masyarakat-jangan-panik
- https://finance.detik.com/moneter/d-3236734/ini-manfaat-punya-satelit-buat-BRI
- https://infobanknews.com/permudah-nasabah-BRI-luncurkan-aplikasi-BRImo/
- https://www.BRI.co.id/en/detail-news?title=buat-kamu-yang-anti-ribet-BRI-sediakan-layanan-digital-customer-service
- https://kumparan.com/berita-bisnis/buka-rekening-BRI-digital-saving-tanpa-ke-bank-ini-caranya-1z5JuwlMeI0/full
- https://digital.BRI.co.id/article/BRIbrain-bawa-masa-depan-BRI-dari-mobile-first-jadi-4xz6
- https://kumparan.com/kumparanbisnis/mengenal-BRIbrain-yang-bikin-BRI-yang-dapat-penghargaan-future-of-intelligence-21WdVtffUcH/full
- https://id.wikipedia.org/wiki/Bank_Rakyat_Indonesia
- https://digital.BRI.co.id/article/berkenalan-dengan-saBRIna-robot-customer-service-8dfm
- https://www.cnbcindonesia.com/tech/20240524121114-37-540897/chatbot-BRI-saBRIna-raih-penghargaan-best-in-personalization-strategy
- https://www.youtube.com/watch?v=vDldp05xxck
- https://id.pinterest.com/pin/358880664037293197/
- https://brilink.bri.co.id/index.php/component/k2/itemlist/category/9-berita-agen
- https://www.youtube.com/watch?v=b0ireJ8eFgU
- https://www.youtube.com/watch?v=xlPSJ0qRX2E
- https://www.youtube.com/watch?v=_X9oj8QjAJE
- https://www.youtube.com/watch?v=Tr-cxs2SMh4
- https://www.instagram.com/bri_regionalmedan/p/CyCa1vwyBSd/
- https://digital.bri.co.id/article/bribrain-bawa-masa-depan-bri-dari-mobile-first-jadi-4xz6
- https://www.youtube.com/watch?v=8KXNrCUdjcM
- https://www.youtube.com/watch?v=E8g7Bo4WQOQ
- https://www.facebook.com/photo.php?fbid=1973095396231012&id=432336723640228&set=a.1227178484156044&locale=te_IN
- https://thecolumnist.id/artikel/ramah-tamah-perbuatan-yang-mulia-2205
- https://www.youtube.com/watch?v=Ea5fAKsZ8Mc
- https://bri.co.id/
Belum ada tanggapan untuk "Menyelami Keberagaman Keramahan Indonesia serta Transformasi Layanan Prima BRI di Era Digital"
Posting Komentar