Bersama UNTAN Membangun Negeri

Sumber daya manusia 

Sumber daya manusia atau biasa disingkat dengan SDM memang memiliki peran yang sangat penting di dalam menjalankan sebuah negara. Maksud dari menjalankan sebuah negara disini adalah dengan SDM yang berkualitas dapat mempercepat pembangunan di suatu negara. Maka dari itu disini pemerintah harus dapat menjamin dan membentuk masyarakatnya agar di masa depan masyarakat tersebut menjadi sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satu faktor pembentuk sumber daya manusia yang berkualitas adalah dengan pendidikan.

Di dalam UU No. 20 tahun 2013 Pasal 13 ayat 1 menyatakan bahwa jalur pendidikan terdiri dari pendidikan formal, non formal, dan informal. Berdasarkan definisi pendidikan formal adalah sebuah jalur pendidikan yang didalamnya sudah terstruktur dan berjenjang. Jenjangnya sendiri terdiri dari pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Jika melihat dari definisi pendidikan formal bisa didapat salah satunya adalah dengan kuliah.

Logo Universitas Tanjungpura
sumber gambar
Salah satu tempat untuk mendapatkan pendidikan formal dengan cara kuliah adalah di Universitas Tanjungpura. Universitas Tanjungpura atau bisa disingkat dengan UNTAN merupakan universitas negeri yang ada di kota Pontianak. Universita Tanjungpura ini berdiri pada tanggal 20 mei 1959 dengan nama Universitas Daya Nasional di bawah naungan Yayasan Perguruan Tinggi Daya Nasional. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 53 Tahun 1963 Tanggal 16 Mei 1963 berubahlah status Universitas Daya Nasional menjadi Universitas Negeri Pontianak. Dengan berubah status maka ditantai pula dengan dibukanya 2 fakultas baru yaitu Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik serta mengubah nama Fakultas Tata Niaga menjadi Fakultas Ekonomi. Seiring dengan waktu dan situasi politik tahun 1965 maka Universitas Negeri Pontianak berubah lagi menjadi Universitas Dwikora berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 278 Tahun 1965 tanggal 14 September 1965 dan membukan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol). Namun pada akhirnya nama Universitas Dwikora berubah lagi menjadi Universitas Tanjungpura berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 171Tahun 1967. Sedangkan untuk visi, misi, dan tujuan dari Universitas Tanjungpura sebagai berikut :

a.       Visi Untan
Pada tahun 2020 Untan menjadi institusi preservasi dan pusat informasi ilmiah Kalimantan Barat serta menghasilkan luaran yang bermoral Pancasila dan mampu berkompetisi baik di tingkat daerah, nasional, regional, maupun internasional.

b.      Misi Untan
Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat secara bermutu sehingga dapat menghasilkan luaran yang mampu mengikuti, mengembangkan dan memajukan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta mampu memberikan arah bagi pengembangan sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing.

c.       Tujuan Untan
Dalam tahun 2015-2019 seluruh kegiatan Untan ditujukan untuk membangun Untan sebagai perguruan tinggi yang mampu menjadi Pembelajaran Unggul Menuju Peningkatan Daya Saing Untan dalam rangka merealisasikan Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH/BLU).
 
Visi, Misi, dan Tujuan Universitas Tanjungpura 


Cara Universitas Tanjungpura membangun negeri khususnya membentuk sumber daya manusia yang berkualitas bagi bangsa adalah dengan memberikan pendidikan seluas luasnya bagi masyarakat. Arti dari masyarakat disini adalah mahasiswa, mahasiswa yang telah diterima di Universitas Tanjungpura ini diberikan beberapa pilihan program yang dapat di ditempuh seperti program sarjana, program pascasarjana, program diploma, dan lain lain. Sehingga diharapkan setelah mahasiswa yang telah diterima, lulus, dan menyerap berbagai macam pendidikan formal di Universitas Tanjungpura para mahasiswa tersebut kedepannya dapat menjadi sumber daya manusia yang berkualitas bagi bangsa. Sehingga diharapkan setelah menjadi sumber daya manusia yang berkualitas akan membantu membentuk dan membuat negara ini menjadi lebih baik lagi.

Untuk lebih mengetahui tentang lebih mengetahi tentang hal hal yang berkaitan dengan Universitas Tangjungpura atau bisa singkat dengan UNTAN maka sebaiknya anda para pembaca khusunya mahasiswa agar langsung mengakses web dari Universitas Tangjungpura. Demikianlah penjelasan sekilas mengenai hal hal tentang Universitas Tangjungpura dan bagaimana Universitas Tangjungpura membangun negeri. Semoga tulisan artikel ini bermanfaat bagi para pembaca khusunya bagi mahasiswa. Saya sebagai penulis meminta maaf jika ada tulisan saya ada kesalahan baik itu tulisan ataupun dari segi materinya. Terima kasih.





Sumber tulisan :

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bersama UNTAN Membangun Negeri"

Posting Komentar